Cara Memulai Usaha Sendiri agar Tidak Mudah Menyerah

  • February 27, 2014

Apa tantangan paling berat dalam memulai usaha sendiri? Bukan tidak ada modal, bukan tidak ada ide baru. Yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan.  Bagaimana cara memulai bisnis sendiri supaya tidak mudah menyerah ?

Membuka usaha sendiri membutuhkan waktu, tidak bisa instan. Ada proses yang harus dilalui. Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Dalam proses ini, banyak sekali tantangan dan rintangan. Baik dari internal pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal.

Simak Kiat Memulai Usaha.

Tantangan ini tidak jarang menyebabkan pebisnis layu sebelum berkembang. Tidak kuat dan stress melihat usaha yang dibangun lambat tumbuh, penjualan seret, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan. Akhirnya memilih mundur, menyerah. Ibarat kepompong, usahanya gagal menjadi kupu – kupu yang bisa terbang.

Statistik dari beberapa survei enterpreunership menunjukkan bahwa sebagian besar pebisnis yang buka usaha sendiri, gagal pada tahap awal. Saya menduga bahwa kegagalan mempertahankan endurance menjadi penyebab utama banyak pebisnis pemula gugur di masa – masa awal.

Namun, bukan berarti bahwa endurance bisnis tidak bisa dilatih atau dibangun. Buktinya, pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa – masa paling kelam.

Membangun Daya Tahan dalam Memulai Usaha Sendiri

Berikut catatan mengenai bagaimana membangun dan mempertahankan endurance berbisnis, supaya bisa tetap fokus saat buka usaha, meskipun kesulitan dan tantangan datang bertubi.

1. Punya Mimpi Besar

Mimpi mampu memindahkan gunung, begitu kata salah satu kiasan. Ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh mimpi,  termasuk dalam berusaha. Makanya, saat memutuskan usaha sendiri, kita sebaiknya punya mimpi atau cita – cita yang jelas dan spesifik yang menjadi raison d etre memulai bisnis sendiri.

Mimpi tersebut sebaiknya sesuatu yang pantas, worthed, untuk dikejar dan diperjuangkan. Jika tidak, mimpi akan mudah dikalahkan atau dinomorduakan oleh tekanan dari kebutuhan dan tuntutan jangka pendek yang biasanya terlihat lebih urgen untuk dipenuhi.

Ketika berondongan kesulitan muncul, mimpi menjadi penyemangat yang menopang kita untuk tidak menyerah, tetapi malahan mencari jalan keluar. Mimpi menjadi benteng terakhir.

Beberapa motivator terkenal menyarankan bahwa mimpi tersebut harus spesik dan jelas. Dituliskan dalam secarik kertas, kemudian diresapi dan diingat setiap waktu. Dengan demikian, cita – cita itu terinternalisasi dalam diri secara kuat dan mengakar.

2. Bekerja berdasarkan Passion

Bekerja karena dorongan cinta atau hobi pasti hasilnya akan berbeda. Ada keinginan kuat memberikan yang terbaik. Kasarnya, tidak dibayar pun, kita mau mengerjakan hal tersebut.

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan,  namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik.

Konsistensi berkarya pada ujungnya akan mendatangkan apresiasi.

Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur. Tidak ada motivasi dari dalam yang menjaga semangat.

Umumnya, membangun usaha sendiri membutuhkan waktu. Jarang yang bisa berhasil dalam waktu pendek. Stamina untuk bertahan paling efektif  dalah motivasi yang muncul dari dalam. Itulah passion.

panduan modal usaha

3. Belajar dari Orang Sukses

Banyaklah belajar dari orang – orang yang sudah berhasil. Dari mereka, kita akan paham bahwa jalan memulai usaha itu tidaklah mudah. Ada proses berliku, naik dan turun, terjal, yang mau tidak mau harus dilewati jika ingin berhasil.

Yang sukses pun pernah melewatinya. Mereka berhasil karena bisa bertahan. Coba dulu berhenti ditengah jalan, pasti keberhasilan yang mereka dapatkan sekarang tidak akan pernah terwujud.

Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah.

Makanya, hadir di seminar, mendengarkan talkshow di radio atau membaca di tabloid mengenai berbagai sharing kisah sukses adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan. Bukan hanya untuk menimba ilmu, tetapi lebih dari itu, menjadi booster semangat ditengah tantangan memulai usaha sendiri.

4. Pentingnya Support keluarga

Saat bisnis sedang sulit, biasanya cash flow rumah tangga kena imbasnya. Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha. (simak disini Cara Mengelola Keuangan Keluarga).

Keluarga yang paling merasakan dampaknya. Dan reaksi keluarga ikut menentukan terus tidaknya usaha tersebut.

Keluarga yang tidak mendukung pasti kerap mengeluh dan tidak mau kompromi. Saya melihat beberapa orang yang akhirnya mundur dari berbisnis karena tekanan dari keluarga, yang ingin tetap mempertahankan gaya hidup, tidak mau prihatin, padahal kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan.

Sebaliknya, keluarga yang mendukung, memberikan semangat dan yang paling penting mau ikut prihatin. Mereka paham bahwa kesulitan sekarang akan mendatangkan kebahagiaan yang lebih besar nantinya.

Makanya, ketika ingin mulai usaha, penting membicarakan dan bicara terbuka kepada keluarga. Menjelaskan bahwa memulai bisnis akan menghadapi masa – masa sulit diawal, tantangan yang tidak mudah, yang membutuhkan dukungan dan pengorbanan dari keluarga.

Kunci sukses memulai usaha sendiri, tidak hanya produk bagus, strategi pemasaran brilian dan business model, tetapi lebih dari itu, butuh kekuatan dan keuletan untuk terus bertahan. Bisnis itu penuh tantangan dan rintangan. Karena ketika pebisnis mundur sebelum sampai tujuan, segala strategi dan rencana yang jitu serta produk yang mumpuni menjadi sia – sia semuanya.

92 Responses

  1. Wahid Rahman Ali

    Salam Semangat Bg,,,,,
    Saya ini seorang pegawai rendahan di instansi pemerintah kabupaten sarolangun. saya mengeluhkan soal gaji yang saya dapatkan perbulan’nya hanya 800.000 (delapan ratus ribu rupiah). jadi, pokok masalahanya saya beberapa terakhir ini kecenderungan istilah gede pasak dari pada tiang,,
    untuk itu saya berencana mau membuka usaha layangan dan gelasan. tapi, tempat saya tinggal belum ada anak-anak yang suka permainan ini. tapi, karna ini adalah hobi saya kecil maka kepikiran membuka usaha ini semakin kuat.
    maka dari itu saya minta tips’nya karna saya masih pemula banget.

    Reply
    • maria

      Semoga bapak kini sudah lebih baik kehidupannya.. karena sudah 2 tahun yang lalu ya.. mungkin juga bapak gak ingat pernah nulis di blog ini.. smg penghasilan bapak bertambah sekarang.. karena doa dan usaha bapak juga… gak bisa kasih pendapat… soalnya saya pun sedang mengalami hal yang sama.. heheheh

      Bersemangatt!!!

      Reply
  2. SAIDATUL MAR'AH

    saya mengikuti bisnis qnet tahun 2012.. tapi karena belum dapat hasil, modal tipis untuk mengerjakannya,,, jarena saya juga harus membiayai kuliyah saya dengan kerja.biaya hidup,keluarga tidak memdukung lagi, kini saya bingung. mau lanjut lagi ata mengikhlaskannya,
    apa yang bai saya lakukan, >
    mohon bantuannya…….
    terima kasih

    Reply
  3. anasrullah

    assalamualaikum wr.wb. Permisi admin,saya seorang yg baru mau memulai bisnis,saya punya modal sedikit,keterampilan,dan bhkan itu jg hobi saya,tapi saya masih ragu menjalnkn bisnis ini karena persaingan d bidang yg saya geluti sangat ketat,bhkan sdah bnyk yg kalah cz persaingn tsb, bgaimana solusi dri anda? Bisnis kita yaitu bisnis besi2an(pandai besi). Produk seperti,parang,pedang,pisau,pisau sadap karet,dodos sawit,DLL. se x an promosi gunakan produk yg brlebel ANASFIR,kualits terjamin 😀 terima kasih sblmny!

    Reply
    • Zidan

      coba bisnis didaerah saya pasti cepat berkembang, di Martapura, Belitang Kabupaten OKU Timur Propinsi Sumatera Selatan.

      Reply
    • admin

      Mulai saja bertahap karena bisnis itu pasti ada naik turunnya. sesuaikan dengan kemampuan kita menghadapi risiko.

      Reply
  4. ahmad efendy

    asslm W.R.WB,,,,SAYA…seorang pembisnis ,pemula……saya tanya ,,,kalau modal saya udh ada,,,saya buka bisnis fashion…atau pakaian……pertanyaan saya..gmna cara saya memulai usaha ..butik …..sementara saya ……belum pernah bisnis butik

    Reply
  5. iyadh

    gini mas bro,gmna ya lo qt mw buka usaha toko dengan berperan sebagai tokoh utama,sedangkan saat ini saya masih bekerja??
    mohon bantuannya ya mas bro!
    terima kasih

    Reply
  6. Akhlis

    Assalamu Alaikum wr.wb saya tertarik atas argumennya dan aku mempunyai rencana untuk membangun usaha jual barang semacam baju,celana,sepatu dan sendal nahh saya mau minta masukan bagaimana caranya saya memulai usaha ini sedangkan barang itu aku beli di mall jika diskon murah dan juga aku tidak tau mengatur waktu saya karena aku kuliah dan kerja.kemudian dimana aku harus pasarkan barang-barang itu supaya dapat diketahui banyak orang. Mohon Masukkannya terima kasih

    Wassalam

    Reply
    • admin

      jadi Anda ingin melakukan 3 hal sekaligus: kuliah, kerja dan bisnis? kalau bisa itu luar bisa. Umumnya, orang jarang yang berhasil jika tidak fokus. Kalau fokus, biasanya nanti akan banyak ide-ide baru bermunculan.

      Reply
  7. IBAS

    Mohon saran boss, saya mau memulai untuk usaha penjualan bahan-bahan untuk pembersih mobil, hal – hal apa yang harus saya perhatikan?

    Reply
    • admin

      di marketing dikenal 4 P : price, product, place and promotion. Anda fokus ke 4 hal tersebut.

      Reply
  8. andy

    Saya memiliki banyak rekanan yang bisa kasih harga barang dengan harga pokok, namun saya masih bekerja senin-jum’at 7 s.d 18. Bagaimana cara memulai usaha tsb? Skrg saya baru coba tawarkan produk kelingkungan sekitar dan teman” saya. Mohon bantuan dan solusi terbaiknya. Terima kasih

    Reply
  9. wiwin

    salam bang yang senior dalam menjalankan usahanya, ku bukan orang yang sydah mempunyai usaha sendiri, tapi saha hanya ingin bertanya. padasaat memulai usaha sendiri, ga tau mesti ngapain lagi, malah bingung bagai mana biar usaha tersebut bisa meningkat. dan juga apa bila udah mendapat masalah dalam usaha sendiri, malah ga ada yang memberi motivasi. bahkan udah berpikir buat menutup usaha tersebut. gimana tu jalan keluarnya, mohon di respon

    Reply
  10. miftah

    assalammualaikum.
    Pak gini saya mau buka usaha.tapi saya blm nemuin.usaha apa yg harus saya ambil di masa sekarang,??saya cenderung pingin ke dagang,gmna solusinya ?gimana pak mulai awal usaaha???tolong bantuannya.

    Reply
    • admin

      Usaha yang memang sesuai keahlian, passion Anda. Anda pasti lebih tahu kemampuan Anda sendiri dibandingkan orang lain.

      Reply
  11. askar

    sian gan, artikel yang sangat menarik…

    saya mau sedikit curhat :D…
    saya berencana ingin kelaur dari zona aman saya..
    saat ini saya bekerja disalah satu pabrik beton di jawa barat… dan saya juga salah satu orang kepercayaan boss saya…
    nah saat ini saya ingin mulai membangun mimpi saya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri…
    saya berencana ingin menjual produk yang diproduksi oleh perusahaan saya bekerja saat ini,, yang jadi masalah modal saya hanya pas2an, yang mana hanya cukup untuk menyewa tempat atau membeli prodak…

    yang ingin saya tanyakan bagaiman menurut admin dengan cerita saya diatas… apa yang seharusnya saya lakukan…

    ada beberapa ide yang ingin saya lakukan antara lain :

    1. saya tetap bekerja dan mengumpulkan kekurangan modal saya ? ( yang saya takutkan semangat saya akan hilang 😀 )

    2. saya ajak boss saya berbicara 4 mata dan saya meminta pertimbangan beliau untuk berkenan mengisi barang pada toko saya dengan perjanjian ? ( tapi saya bingung cara ngomongnya, takut saya tidak diperkenankan keluar dari perusahaan ini )

    3. saya keluar dan memperkenalkan produk hanya menggunakan sample barang, ketika ada yang coco saya langsung orderkan.

    kira2 jalan yang mana yang harus saya ambil min… atau mungkin ada jalan lain thx sebelemunya saya tunggu tanggapanya…

    salam sukses
    askar

    Reply
    • admin

      Umurnya berapa? Kalau masih muda, fokus ke salah satu, usaha atau kerja. Yang fokus, hasilnya biasanya lebih bagus, meskipun mungkin sulit diawal. No Pain No Gain.

      Reply
  12. rasya bass'is

    Minta tips untuk menghitung keuangan di dalam bisnis untung maupun rugi nya dong

    Reply
  13. zailani eko

    saya ingin memulai usaha kecil yaitu Usaha warnet kira kira brp modalnya ???
    saya butuh jawaban anda pak

    Reply
  14. ThePresident

    Hallo, makasih ya info ini. saya benar2 termotivasi. Saya masih kelas 2 SMA, tapi orang tua saya sudah menyiapkan modal untuk berbisnis yaitu sebuah toko bangunan dan electronik. Saya sangat bersemangat karena memang saya sedang kasmaran dengan seorang wanita yang mau menerima saya dengan syarat harus bisa melampaui kekayaannya, padahal dia termasuk orang terkaya di kota saya XD. tapi dengan semangat saya optimis pasti bisa. trimakasih

    Reply
  15. wendy

    Bagaimana dgn bisnis antar jemput sekolah, apakah bisa untuk penghasilan utama ? Sy keluarga dgn 1 anak. Baru saja keluar dari suatu perusahaan dgn jabatan yg lumayan. Saat ini baru memiliki 2 anak jemputan
    Trims

    Reply
    • admin

      Bagaimana studi kelayakan yang Anda lakukan? Tidak ada orang yang bisa bilang bisnis ini bagus atau tidak selain Anda sendiri. Karena yang menjalankan nanti Anda, bukan orang lain.

      Reply
  16. saripin

    Slamat mlm,sya tinggl dipedesaan sya ingin bangt buka usaha tpi sya bingung mo usaha apa,
    Mnta tolong bimbing sya berikan jenis usaha apa dan bagaimana caranya,mksh ats bantuannya

    Reply
    • admin

      Cari usaha yang paling sesuai dengan keahlian atau passion Anda. Yang bisa menemukan apa usaha yang terbaik untuk Anda adalah Anda sendiri. Bukan orang lain.

      Reply
  17. asep sumantri

    Assalamualaikum, saya mau buka usaha yang saya sukai ya itu gulung sepul dan servis dinamo, saya suka elektro, saya baru punya tempat, alat dan keahlian blum ada, orang tua setengah” mendukung saya, pdhal usaha ini rekomdasi orang tua saya, Skrang sesudah saya yakin akan menjalankan bisnis ini, org tua malah merekomendasikan pekerjaan yang lain, yaitu merantau, sekarang saya dilema harapan dan visi saya seakan roboh, mhon sarannya

    Reply
    • admin

      Saya percaya sesuatu yang kita lakukan berdasarkan passion dan keinginan kita hasilnya akan lebih baik. Bicarakan baik-baik dengan orang tua karena saya yakin jika disampaikan dengan baik mereka akan mengerti.

      Reply
  18. lasmaria hutabarat

    sore gan………………….
    saya mau nanya, gimana caranya , memulai usaha yang saya rintis sebagai pengelola macam macam ikan hias….tips apa yang saya pegang kedepannya …
    mohon share nya admin….
    thank’s lasmaria hutabarat

    Reply
  19. rio

    askum misi pak perknalkan nama saya rio usia 22 untuk saat ini saya sdh pnya 2 wrnet, awal thun ini rencana pgn buka cucian motor tapi kendala yg saya hadapi setiap memulai usaha yaitu dari orang tua sndri, dlu saya mw buka wrnet jg hrus berdebat pnjang sampe akhrnya saya buka wrnet mskipun ortu mlrang, alhmdllh ada hslnya. apa yg hrus saya lakukan pak untuk mnghadapi ortu yg slalu mengekang saya, saya ingin berbisnis sesui kapasitas dan kemampuan saya pak.

    Reply
  20. wulan

    saya ingin usaha dagang masakan , tp saya punya kendala modal terbatas dan saya kesulitan membagi waktu mengurus anak2 karena saya ga bs melepas anak2 bersama orang lain. mohon saran dan solusinya. terimakasih.

    Reply
    • admin

      Untuk sukses, usaha itu butuh komitmen dan konsistensi. Jika belum siap, lebih baik jangan. Modal itu bisa dicari, misalnya pinjam saudara, jual asset, pinjam bank, tabungan dan lain-lain. Tapi komitmen dan konsistensi harus dari diri kita sendiri.

      Reply
      • Ahmad Sumartono

        Saya sarankan untuk di awal jangan buru2 pinjam modal di bank, ia klw usaha kita langsung berkembang, klw tidak kita yg malah di bikin pusing sama tagihan2 dari bank, dan akhirnyabkita jadi kefikiran terus, dan akan menghambat diri kita sendiri untuk mengembangkan usaha itu sendiri…

  21. Rio

    Saya pengen buka usaha, tp bingung. Saya punya keahlian main gitar. Saya di dukung orangtua untuk buka usaha. Nah yg jd masalah saya tinnggal di pedesaan, dimana segala sesuatunya rumit. Nah kira2 usaha apa yg cocok di pedesaan. Thanks.

    Reply
    • admin

      Anda yang harus cari tahu sendiri. Ini akan jadi usaha Anda, kan? Bukan orang lain. Intinya cara usaha yang bisa 3K: sesuai Kemauan, bisa Komitmen dan bisa Konsisten.

      Reply
  22. Andi

    Slmat Malam Admin.
    Trimakasih atas solusi dan tips dalam memuali sebuah usaha.
    saya ingin tau saran admin kepada saya, saya mempunyai modal 500 – 700 juta.
    saya bingung mau buka usaha apa dan memulainya dari mana.mohon balasannya admin.
    Trimakasih

    Reply
    • admin

      Usaha itu sebaiknya yang (1) passion Anda, atau (2) keahlian Anda. Apa itu? Anda yang paling tahu.

      Reply
  23. Ahmad Sumartono

    Terimakasih atas motivasinya, tapi saya masih punya satu pertanyaan lagi,
    Saya mempunyai satu usaha, dan saya menganggapnya usaha saya itu biasa biasa saja, dan menghasilkan uang yang lumayanlah, nah.. pertanyaan saya, : Bagaimana cara memotivasi diri saya sendiri agar tetap serius dan giat untuk memajukan usaha yang saya punyai ini, sedangkan saya menganggap usaha saya ini tidak menjanjikan, mohon di jawab ???
    (BAJU MUSLIM)

    Reply
  24. jual beli mobil bekas

    numpang gan, sudah beberapa kali buka usaha selalu gagal karena masalah yang sama yakni masalah permodalan, bagaimana solusinya gan, thanks

    Reply
  25. zhapyra

    Assaamualaikum,,
    Sya pgen bgtz pnya usha sndri tp ga’ada modal ,, ga’ada keahlian,sya pun ga’trlalu bisa brdialog ma org2 baru bisa d blag sya minder dgn keada’an sya,,

    Kira2 sya hrus gimana ea,,,? Trimkasih jwban nya…

    Reply
  26. Kris-kebumen

    Terima kasih banyak atas artikelnya.
    saya menjadi semangat untuk memulai sebuah usaha baru.
    Mohon doa dari semua pembaca..

    Reply
  27. lapak jam

    selamat siang pak,
    artikelnya bagus ,
    mau tanya pak,apakah salah jika saya promo diartikel2 seperti ini?mohon jawabanya
    trimakasih

    Reply
  28. aly

    di dkt rumah saya ada sebuah pt dgn ribuan karyawan. dgn itu saya bermaksut buka angkringan di dekat pt itu. yg jd masalah. apakah angkringan itu cocok untuk karyawan pabrik. sementara klo mau buka warung mkn udah bnyk sekali di sekitar pabrik. mohon penjelasan..

    Reply
  29. andi ricky

    Saya orang miskin, saya ingin memulai usaha sendiri saya dengan jeri payah sendiri , saya ingin mendirikan sebuah pabrik itu adalah mimpi saya, saya sudah menyelesaikan sekolah saya itu karena saya selalu bertahan dan tidak menyerah, dan sekarang saya sudah ingin memulai usaha saya sendiri tapi saya tetap saja orang miskin yg tidak punya modal. apa saya punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi saya yang tadi? Mhon sarannya..

    Reply
    • fitri

      Kita harus mempunyai target dalam suatu bisnis.
      Walaupun kita org miskin tpi kita harus berusaha dalam mengembangkan bakat kita.kita meminta jalan kepada yg di atas.selalu berdoa dan berkerja kras jangann gampang berputus asa..kegagalan yg ada pada bisnis kita.itu semua ujian dari yg di atas untuk kita lebih berhati” dlm mnjalankannya dan kita lebih giat untuk mnjlnkan bisnis kita..
      Saya juga org miskin dari kls 5 sd_2 smk saya berkerja mncari uang sndiri untk mmbntu ortu ..dg berjualn di mana saja untuk mndptkan uang .dengan mengembangkan hobi saya dalam berbisnis.saya bersyhkur telah di mudahkan untuk berkerja.
      Kini saya duduk di kls2 smk
      Saya skolh sambil berjualn brmacam” barang.saya tidak malu dg semua yg saya kerjakan .saya ingin membuka usaha sendiri dari sejak masuk smp sampai sekarang .tetapi saya terkenadala dengan modal .saya harus berkerja untuk mencapai semua cita” saya dengan mmbuka usaha dengan saya menabung uang hasil saya berjualan seribu duaribu
      Do,ain ya untuk yg baca
      Semoga cita” saya bisa trwujud
      Dan cita” saudara saudari di kabulkan oleh yg di atas.amin
      Ma’af saya komen dg panjang lebar dan curhat dari pengalmn saya ini.

      Reply
      • supri

        Salam sukses untuk semuanya.. wah saya tertarik dengan ceritanya fitri.. Usaha itu memang butuh ketekunan dan tdak gampang menyerah. Mulai dari yang mampu kita lakukan. Punya mimpi atau target yang besar itu memang perlu, namun untuk mencapainya tidak bisa langsung besar, harus dimulai dari apa yang bisa dilakukan terlebih dahulu, jika nunggu kaya atau banyak uang dulu mungkin mimpi2 yg besar hanya akan tetap menjadi mimpi., Trims fitri atas critanya.. sangat menginspirasi.. Dulu waktu di SMA juga pernah mengalami..

  30. kahfi

    assalammualaikum min. saya mempunyai ide yang begitu banyak dan cemerlang tetapi saya bingung untuk mengkonsultasikannya bagaimana bisa mengaplikasikannya. ke ahlian saya tdak sesuai dari ide saya . saya tahu ke ahlian bisa di dapat bisa dari belajar dari orang yang ahli. pernah sekali bisnis kuliner ketika mencoba sendiri saya selalu gagal dengan experiment saya. saya butuh seorang yang bisa membuat makan yang saya buat untuk ide usaha saya standar usahanya tetapi inovasi terbaik. intinya saya type pemikir dan butuh pendobrak usaha yang mempinyai banyak relasi kerabat yang ahli. umur saya baru 22 th . bagaimana ya min. mungkin admin bisa mengambil kesimpulan dari percakapan saya yang tidak teratur mengalami sebuah kebingungan. mohon pencerahannya.

    Reply
  31. Riant R

    Saya yakin betul kata-kata para pengusaha bahwa kalau mau bisnis mesti fokus. Karena saya mengalami betul bisnis yg ‘nyambi’ kerja atau bahasa pengusahanya ‘amphibi’ (hidup di 2 dunia-karir & bisnis). Kalau ada yg masih kerja dan mau bisnis, coba belajar dengan cara online, bisa dilakukan pas malem sepulang kerja, atau ambil2 waktu senggang kantor 😛

    Reply
  32. pemancar99

    don.t give up selalu tawakal , berusaha dan berdoa itu salah satu kunci kesuksesan dalam menjalani suatu usaha.

    Reply
  33. Fajri

    Minta masukan 0m,
    sekitar akhir tahun 2013 lalu saya memulai usaha dibidang konveksi, tp cuma jadi broker n jual disain kaos fans club.
    Hasilnya bagus dan saya berusaha mengembangkan untk buka toko sendiri.
    Untuk awal saya dapat pinjaman berupa k0mputer dan beberapa alat cetak dari teman, tp untk sewa sama ren0vasi saya dapat dr pinjaman bank.
    Hasilnya luar biasa.
    Tp baru berjalan 6 bulan k0ndisi keluarga berubah. Mengharuskan saya st0p usaha bidang tersebut karena pindah d0misili.
    Di tempat baru saya dah gk mungkin melanjtkan,
    bagaimana saran agan supaya saya bisa bangkit lagi?
    Sementara saya bekerja jadi kuli bangunan yang hasilnya tak cukup untk membayar cicilan bank.
    Saya udah ada beberapa plan, tp terhambt di m0dal, berani pinjam bank lg, tp msh sulit tuk kembali meyakinkan famly.

    Reply
  34. sentral jaya

    Saya adalah karyawan toko bangunan yg mengemban tugas dari bos saya..tpi..bos saya lg diluar negri.beliau bekerja di sana..dan usaha yg di sini telah diamanah kepada saya..beberapa hari yg lalu saya memberhentikan sopir pengantar barang.alasan saya krna dia telah bertingkah yg kurang sedap terhadap pelanggan..saya tidak mau dikarnakan sikap yg kurang ramah dan pelayan yg tidak baik membuat usaha yg saya jaga ini hancur.karna saya lebih mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan.itu adalah moto saya dalam menjalankan usaha toko bangunan..tpi apa yg saya lakukan di campuri keluarga yg memperkerjakan karywan yg saya berhentikan masuk lgi..dan ini mbuat toko lemah terhadap ketegasan.mereka bekerja seenak nya saja.dan toko ini sekarang seprti tidak ada Paraturan lgi.buka toko telat2 dan tutup lebih awal..saya mohon diberi bimbingannya.saya harus bagaimana.krna boss saya di luar negri..

    Reply
    • sule

      Boleh ikut kerja? Insyllh sy yakin bisa berguna di usaha anda ,saya punya tenaga dan ilmu dan kjujuan tuk bekerja. No. Hp sya 085747100383

      Reply
  35. IR

    saya sekarang seorang karyawan di kantor perusahaan swasta
    sy ingin sekali memulai usaha bersama dengan istri
    usahanya membuka toko baju di pasar
    selain cantik istri sy seorang yg sangat teliti soal keuangan dan jago soal jualan,
    bagai mana cara mendapatkan modal sedangakan sertifikat rumah sedang di pinjam orang tua (disekolahin masih lama)
    sering terbesit bagai mana caranya agar saya di PHK lumayan gede kalo pesangon 2 PMTK, lalu cari kerja lagi
    ADUH… bikin pusing…. pusing…. pusing…..
    ide istri sy ini sebenernya sudah lama dan sangat sering dibicarakan, tp hati sy selalu berkata (maaf)
    “ah.. ngacak – ngacak duit aja”
    yang membuat saya ingin sekali usaha dalam waktu dekat ini adalah
    melihat seorang kepala sekolah SMA membawa aplop besar dengan (maaf) wajah melas datang kerumah teman sy
    lalu menyodorkan sertifikat tanah kepada teman saya katanya untuk bayar semeteran (kuliah) anaknya
    bahkan sampai (maaf lagi) memohon karena teman saya sedang tidak ada uang, sampai setuju di bayar 3 kali dalam 9 bulan
    wah… kalo nanti giliran saya datang, saya jual apa….
    mudah – mudahan kita di jauhkan dari hal – hal sedemikian (amin)

    sy bersyukur kepada Allah SWT. dan tidak sedikitpun menghilangkan setiap rejeki, kesehatan dan semuanya yg sy dapat
    namun ini tidak sy anggap berjudi (klo kalah ya habis, klo menang ya kaya), karena sy yakin Allah bersama orang yang berusaha, berdoa dan sabar

    al hasil sekarang sy menurunkan kinerja, loyalitas dan kedisiplinan
    apakah jalan sy salah,
    kalau salah plis ada yang punya pendapat (admin / pembaca)
    karena sy juga malu dikantor lambat laun rasanya dikucilkan
    masih ada sih kesempatan untuk memperbaikinya
    terima kasih
    IR (lagi bingung)

    Reply
  36. Airmas

    Sangat bermotivasi…
    Sya mau curhat sedikt yia bro…
    Sya tinggal di gorontalo, airmas adalah marga saya, dan sya bekerja di pt.masindo unggul timur di bidang pemasaran, lebih jlasnya marketing. Dan baru sebulan ini sya memasukan surat pemunduran diri bukan karna gaji atau ada masalah dalam perusahaan tersebut tpi sya bosan di gaji terus, sebab kapan saja memberi gaji. Intinya sya bosan jadi karyawan yg slalu patuh dengan aturan, salah benar ttap salah di mata atasan dan selamya atasan itu benar sebab tdk mau di bantah atau di comen, kt ini kerja atau di kerjain,,
    jadi bagi para karyawan saya anjurkan mulai lah berwirausaha agar kt tdk selanya jadi orang gajian, dan alhamdulilah sya skarang mulai berusaha dan i’allah pasti dan pasti akan memberi gaji pada karyawan..

    Bagi pemulah jangan cepat berputus asa, sebab rejeki setia orang sudah di sediahkan oleh yg kuasa tinggal ge mana cara kt untuk meraihnya. Terus berlari dan kerjarlah mimpimu. Slamat sukses guys.. 🙂

    Reply
  37. rahasia pemrograman

    Sangat memotivasi sekali. Artikelnya rapi dan jelas, mudah dipahami. Salam online marketer

    Reply
  38. jasa pembuatan website

    Informasinya sangat membantu. Ada beberapa point yang sangat sering membuat seorang pemula berhenti ditengah jalan, diantaranya membuat sarana pemasarannya

    Reply
  39. abu hisab

    pernah coba beberapa ada hasilnya dikit 🙂 beberapa kali gagal, dan lumayan agak besar(untuk kantong karyawan honorer), cukup merasuk ke jiwa yang paling dalam. dan akhirnya mematikan asa untuk mencoba dan berusaha. keinginan masih ada, tetapi tatkala ada waktu yang seharusnya melakukan usaha kearah yang dicitakan, malah melakukan hal-hal yang tak ada hubungannya dengan target, dan menyedihkannya ini terus berulang. minta sarannya, apa saya harus (saran istri saya) dihipnoterapi 🙁
    terimakasih, saya bookmark

    Reply
  40. yully

    Terimakasih, atas infonya, dan berencana ingin membuka usaha sendiri,dan mohon doanya semoga usaha saya lancar, dan sukses….amiiiin

    Reply
  41. umar

    bagaimana nih kita memulai bisnis jika barang di daerah saya ( Tarakan ) masih banyak yg langkah seperti tinta warna, benang mutiara ? Sedangkan saya baru saja memulai bisni handmade… akan tetapi saya juga kurang percaya dengan online shop terkadang apa yang saya pilih barangnya tidak sesuai dengan pesanan yang saya pilih….

    saya harap jawabannya mass..

    Reply
  42. era

    Akhirnya, Thank You untuk info barunya sob. bermanfaat banget
    buat aku yg sedang memulai bisnis kopi, tolong doanya

    Reply
  43. Ali Muafidz

    Assalamu’alikumm.. wr.wb.
    saya ingin memulai usaha sendiri,saya belum punya ide apa untuk usaha saya.. sya masih sekolah smk kelas 1.. saya ingin solusinya agar saya bisa berusaha meski saya masih dalam keadaan sekolah.. dan ap usaha yang cocok buat saya..
    terimakasih..
    mohon bantuanya

    Reply
  44. Ayo Mapan

    Sekedar menambahkan saja.. Kenapa usaha yg anda rintis selalu gagal?

    Reply
  45. cream pemutih wajah

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Reply
  46. Jamaluddin

    Saya slalu binggun untuk memulai usaha dari mana karna sya tidak tau apa kehalian saya.karna itu sya bingung usaha apa yang harus saya lakukan.

    Reply
  47. penuaan dini

    Dalam hal ini menentukan passion diri sendirilah yang masih sangat sulit gan,,mungkin dapat membagi tipsnya gan!!!

    Reply
  48. JAM DIGITAL JADWAL SHOLAT & RUNNING TEXT

    Terimakasih Artikel dan Motivasinya…
    Alhamdulillah skrng sy sudah memulai usaha kecil2an, walaupun sudah buka toko sendiri tapi masih jadi reseller, krna untuk produksi sendiri masih terkendala modal dan ilmu. Walaupun usaha sy terbilang jauh dari apa yang sy pelajari di bangku kuliah, tapi sy merasa bahwa ini adalah passion sy, jadi agak menyesal knp dlu tdak kuliah di bidang yg cocok dngan usahaku skrang..hee
    Sy sebetulnya pengin sgr mengembangkan usha sy ini agar tidak berjalan di tempat, namun lagi2 masalah dana, sedangkan sy penginnya usaha berkembang tanpa minjam uang ke bank.. krna sudah pinjam ke keluarga tp blum bisa mengembaikan semuanya. Bagaimana Solusinya untuk mengembangkan usaha sy ini pak?? Trims

    Reply
  49. bang heri la'o

    Cakep ni om artikel-artikelnya cukup menggairahkan untuk seorang enterpreneur yg sedang gundah hatinya…semoga jadi ilham tuk menjadi pengusaha sejati…SALAM SUkSES..

    Reply
  50. Rennes

    Setelah membaca soal bisnis saya jadi tergiur ingin membuka usaha
    Misalkan membuat roti atau pertenakan gimana cara langkah selanjutnya ….saya ingin berusaha sekali….untuk memutar uang…terima kasih…mohon diuraikan

    Reply
  51. darwin

    Saya36thn, kerja di toko saudara istri saya, yaitu distributor segala macam kebutuhan sehari2 dan alat2 kantor, namun dikelola secara traditional, menurut saya boss sy ini sangat sukses dikota saya (jember- jatim) mgkn usaha ini bukanlah vaforit saya, namun setelah saya terjun sebagai salah satu salesnya mulai tercium kesempantan betapa mengiurkan bila memiliki usaha seperti ini, walau dalam skup yg kecil, kendala saya adalah ;
    1. Istri saya takut gagal, bagaimana meyakinnya?

    2. Tempat usaha yang sudah padat oleh usaha yg sama.

    Reply
  52. AM FASHION

    Selamat malam, sya adhi, saya ingin sekali mempunyai usaha,sya sudah mulai usaha jual pakaian dari 3 tahun yang lalu,tetapi masi bingung menentukan market nya,karena pakaian yang saya jual selalu mendapat komentar harga nya mahal,padahal saya hanya mengambil keuntungan sedikit dari harga modal, dan barang yang saya beli pun harga nya grosir.tolong minta pencerahannya admin, trims

    Reply
    • Anakdagang

      Kalau soal harga yang selalu mendapat komentar artinya ada 2 cara untuk berkembang gan. Yang pertama adalah merubah penampilan tempat usaha menjadi lebih elegan sehingga target pasar Anda adalah kalangan menengah keatas. Yang kedua adalah mencari suplier baru yang lebih murah sehingga Anda bisa menjual lebih rendah lagi.

      Memang rada rumit kalau sudah menyangkut harga, maka dari itu diperlukan strategi yang lebih baik lagi.

      Reply
  53. Yudhistira

    Artikel top banget Boss. Menambah inspirasi dan semangat untuk terus berjuang mengembangkan bisnis. Kebetulan sy sedang membangun bisnis Travel Wisata di Jogja. Tapi msh ada kendala dg support keluarga, kata orang kalo tak ada support keluarga itu bs menghambat rezeki. Tolong kasih tips cara meyakinkan keluarga yg mindsetnya masih pegawai.

    Reply
  54. Priska Diana

    Untuk masalah modal, apa kah kita harus bicarakan dengan orang tua ? Jika seandainya saya selesaikan sendiri dengan meminjam ke bank, apa boleh ???

    Reply
  55. Alghifari Fikri Santoso

    artikelnya sangat membantu dan bermanfaat sekali, menarik untuk dibaca.

    Reply
  56. Deben Oba

    terima kasih.. artikel sangat membantu karena saya sementara dalam tahap awal memulai suatu bisnis

    Reply
  57. paint teflon

    wahh keren banget dan inspiratif artikelnya, makih juga ya buat artikel nya lumayan buat motifasi juga. semoga bermanfaat buat pembaca yang lain

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.