Tabungan Pendidikan Anak BCA Terbaik 2018, Apa 4 Keunggulannya

  • September 30, 2018

Menghadapi lonjakan biaya pendidikan anak, orang tua perlu menabung. Salah satunya adalah di tabungan pendidikan anak BCA. Ini merupakan salah satu pilihan terbaik di 2018.

Ketika belum paham soal perencanaan keuangan, saya tidak memperhatikan besarnya biaya sekolah anak dalam pengeluaran keluarga. Saya pikir, saat itu, gaji akan cukup menutupi biaya pendidikan.

Kenyataannya tidak. Biaya sekolah menyedot pengeluaran bulanan keluarga saya sangat signifikan.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya sangat menganjurkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin. Memulai menabung untuk biaya pendidikan itu sangat penting.

Salah satu pilihannya adalah di Tabungan Pendidikan Anak. Karena BCA adalah bank yang paling populer, tabungan pendidikan bisa menjadi pilihan terbaik di 2018.

Tabungan Pendidikan Anak BCA

Di BCA, nama produk tabungan pendidikan anak adalah Tahapan Berjangka BCA.

Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, ditambah asuransi jiwa untuk proteksi kenapa anak atas kemungkinan orang tua kena musibah.

#1 Fitur Produk

Cara kerjanya adalah Tabungan dalam mata uang Rupiah dengan jangka waktu menabung minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan.

Penting dicatat bahwa: Tidak dapat dilakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.

Penyetoran dilakukan via autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana. Sumber dana rekening Tahapan Berjangka bisa berasal dari Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.

Setoran bulanan mulai dari Rp. 500.000 per bulan (kelipatan Rp 50.000). Pengecekan via fasilitas e-statement setiap bulan sampai dengan 2 tahun berjalan di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.

Nasabah dapat memiliki lebih dari 1 rekening Tahapan Berjangka yang dihubungkan ke 1 rekening utama (sumber dana). Kepemilikan rekening dibuktikan melalui identitas kepemilikan dari rekening sumber dana. Kemudahan pengecekan saldo di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.

#2 Keuntungan Tabungan Pendidikan Anak

Sebagai salah satu produk tabungan dengan setoran rutin, tabungan pendidikan anak BCA memberikan ragam keuntungan seperti berikut:

Pertama, dengan punya rencana tabungan yang disetor secara rutin, Anda bisa mengumpulkan dana untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

Kedua, membentuk kebiasaan menabung secara rutin karena ini adalah salah satu tantangan banyak orang, yaitu sulit menabung secara teratur. Adanya produk tabungan berjangka ‘memaksa’ kebiasaan menabung secara rutin

Ketiga, suku bunga di atas tabungan reguler dengan imbal hasil yang menarik yang ditawarkan Bank BCA untuk jenis tabungan ini.

Keempat, bebas menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan. Fitur ini menarik karena di bank-bank lain untuk tabungan pendidikan tidak diperbolehkan menambah setoran di luar jadwal setoran rutin.

Kelima, gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu tabungan pendidikan. Ini fitur yang amat penting karena jika musibah menimpa orang tua maka setoran rutin tabungan pendidikan tetap dilanjutkan oleh pihak asuransi.

#3 Syarat dan Ketentuan

Dalam pembukaan Tabungan Pendidikan Anak BCA, berlaku persyaratan berikut:

  • WNI, usia minimal 12 tahun, maksimal 60 tahun.
  • Jangka waktu menabung adalah maksimal sampai dengan usia ulang tahun 65 tahun.
  • Memiliki produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA. Mengisi formulir pembukaan Tahapan Berjangka.
  • Menyetujui Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening serta Syarat dan Ketentuan Produk Asuransi Jiwa.
  • Tidak diperbolehkan membuka rekening joint account “DAN” maupun “ATAU”.

Untuk menjaga kenyamanan dalam transaksi perbankan, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:

  • Jika dana tidak tersedia pada tanggal pendebetan, akan dilakukan pendebetan ulang pada akhir bulan berjalan.
  • Jika pendebetan gagal 3 bulan berturut-turut, rekening Tahapan Berjangka otomatis ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana.
  • Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana atau penutupan rekening sebelum jangka waktu menabung berakhir. Apabila dilakukan penarikan dana atau penutupan rekening, nasabah akan dikenakan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo.

#4 Suku Bunga Tabungan Pendidikan

Suku bunga ditentukan lebih tinggi dari tabungan reguler dan berbeda tergantung jumlah setoran rutin bulanan. Bunga ini bisa berubah sewaktu – waktu.

Setoran rutin bulananSuku Bunga per Tahun
1 -< 3th3 -< 5th
5 -< 10th
>= 10 th
< Rp 1.000.0002,75%
3,25%3,50%3,75%
>= Rp 1.000.000

3,25%3,50%3,75%3,75%

Tabungan pendidikan anak BCA memberikan sejumlah bebas biaya, yaitu Transaksi setoran di counter, Administrasi bulanan, Gagal debet dan Premi asuransi.

Jika melakukan penutupan rekening sebelum jatuh tempo maka berlaku biaya denda, yaitu: 1% x saldo akhir Tahapan Berjangka, dengan ketentuan: minimal Rp 50.000, atau maksimal sebesar akumulasi bunga yang sudah dibayarkan kepada nasabah dipilih yang lebih besar.

Berapa hasil menabung di tabungan pendidikan BCA secara rutin ? Di website disediakan simulasi yang bisa digunakan untuk menghitung hasil tabungan.

Saya ambil contoh dengan menabung Rp 1 juta per bulan selama 5 tahun maka hasilnya adalah Rp 66,086,725. Berikut ini perhitungannya:

Tabungan Pendidikan Anak BCA 2018

Hasil simulasi menunjukkan Total dana terkumpul saat program tabungan pendidikan selesai.


Tabungan Pendidikan Anak BCA Terbaik

Kesimpulan

Sebagai salah satu bank dengan jaringan terbesar, bank BCA memiliki Tabungan Pendidikan Anak terbaik di 2018. Tabungan ini bisa menjadi pilihan bagi para orang tua.

Tabungan pendidikan memberikan rasa aman karena bunga yang relatif tetap dan proteksi asuransi jika terjadi musibah menimpa orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.