Aplikasi Mobile Banking Terbaik 2018: BCA, CIMB Niaga, Permata, Mandiri

  • November 20, 2018

Di zaman era milenial ini, saat harga ponsel kian murah dan koneksi internet kian cepat, penggunaan aplikasi mobile banking sudah jadi kewajiban karena kemudahan yang ditawarkan. Apa aplikasi Mobile Banking Terbaik 2018: BCA, CIMB Niaga, Permata, atau Mandiri. Simak pembahasannya.

Kehadiran aplikasi mobile banking membuka inovasi perbankan yang sangat luas. Banyak hal yang dulu sulit, sekarang jadi lebih mudah, yang dulu lambat, sekarang jadi lebih cepat, dengan kehadiran mobile banking.

Bank – bank berlomba – lomba menawarkan berbagai inovasi terbaru. Apa saja inovasi tersebut ? Apa fitur – fitur terbaru aplikasi internet banking ?

Aplikasi Mobile Banking Terbaik 2018

Siapa aplikasi mobile banking terbaik 2018 ?

BCA – Bank Central Asia

aplikasi mobile banking terbaik bca

BCA mobile (m-BCA) merupakan aplikasi mobile banking pada smartphone yang dapat digunakan untuk transaksi perbankan, kapan dan dimanapun Anda berada.

Syarat menggunakan BCA mobile: (1) download aplikasi BCA mobile; (2) registrasi m-BCA atau KlikBCA melalui ATM/Cabang BCA untuk dapat melakukan transaksi; (3) Pengguna smartphone dan Pelanggan operator GSM.

Kekuatan m-BCA adalah dalam fitur pembayaran dan transaksi lainnya. Salah satunya, nasabah bisa melakukan tarik tunai di ATM, tanpa perlu kartu ATM, cukup dengan aplikasi mobile banking m-BCA yang akan memberikan kode untuk digunakan di mesin ATM dalam pilihan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, m-BCA meluncurkan fitur baru, yaitu menghubungkan dengan kartu kredit, sehingga nasabah bisa melakukan aktivasi kartu; aktivasi PIN dan Blokir Kartu di BCA Mobile.

Namun, layanan m-BCA hanya memberikan informasi rekening maksimal 31 hari yang lalu, dan periode mutasi 7 hari. Ini berbeda dengan layanan mobile banking bank lain yang bisa sampai 12 bulan ke belakang.

Disamping itu, pembatasan transfer yang maksimum hanya sampai Rp 25 juta per hari. m-BCA juga belum menggunakan sidik jari untuk mengakses aplikasi mobile banking.

Satu hal lain adalah top up kartu flazz belum bisa dilakukan di aplikasi m BCA. Nasabah harus top up di mesin atm atau cabang. Hal ini kalah saing dengan salah satu bank yang sudah bisa melakukan top up e-money di aplikasi mobile banking mereka.

CIMB Niaga

aplikasi mobile banking terbaik

CIMB Niaga memiliki aplikasi Go Mobile internet banking terbaik. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menikmati kemudahan melakukan cek saldo, transfer ke rekening bank di seluruh Indonesia dan dunia, kemudahan bayar tagihan, dan isi pulsa prabayar kapanpun dan dimanapun.

CIMB Niaga menjanjikan sejumlah fitur terbaru dalam mobile banking, yang membedakan dengan bank lain, yaitu:

Pertama, login dengan sidik jari, login lebih cepat dan semudah menyentuh ponsel Anda. Fitur ini sangat membantu karena kita tidak perlu bolak balik menulis dan mengingat ingat user ID dan password untuk login ke aplikasi. Cukup menempelkan sidik jari ke ponsel, maka aplikasi rekening mobile banking sudah bisa dibuka.

Tentu saja, untuk bisa menggunakan fitur login sidik jari ini, ponsel yang kita pakai harus mendukung yaitu bisa merekam sidik jari.

Kedua, laporan rekening tersedia lengkap, bisa di cetak atau hanya lihat di aplikasi. Tersedia laporan rekening bulanan sampai dengan 6 bulan ke belakang.

Ketiga, fasilitas transfer online antar bank tersedia di aplikasi mobile banking sehingga kapanpun dan dimanapun ingin mengirim dana bisa segera dilakukan dan dana pun efektif seketika. Maksimum transaksi transfer online adalah Rp 25 juta per transaksi dan Rp 50 juta per hari.

Fitur yang belum ada di Go Mobile adalah tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM yang belum bisa dilakukan. Selain itu, fitur transaksi investasi seperti Reksadana belum tersedia di aplikasi mobile banking CIMB Niaga ini.

Bank Permata

aplikasi mobile banking terbaik bank permata

Bank Permata meluncurkan aplikasi mobile banking terbaik 2018, “Permata Mobile X”.

Aplikasi Permata ini menawarkan banyak fitur inovatif, yaitu:

Pertama, Intip Saldo Tanpa Login yang bisa dilakukan di PermataMobile X. Buat kita yang sering hanya ingin mengecek saldo secara cepat, fitur ini membantu. Seringkali kita hanya butuh tahu informasi posisi saldo, tanpa ingin melakukan transaksi lain.

Kedua, selain menyediakan login dengan sidik jari, mobile banking Permata menyediakan login dengan wajah, disebut Face Login. Saat ini Face Login hanya tersedia melalui ponsel jenis IPhone X. Fasilitas login ini mempercepat dan mempermudah, tidak perlu ingat-ingat password dan user ID setiap saat.

Ketiga, Permata mobile banking menyediakan mutasi sampai 12 Bulan. Nasabah tidak perlu repot lagi karena transaksi hingga 12 bulan ke belakang sudah tercatat secara otomatis.

Keempat, fitur lain adalah jual beli Reksa dana dan Obligasi di mana saja, kapan saja. Ini fitur yang penting karena kegiatan investasi sudah bisa dilakukan dalam satu aplikasi sehingga sangat memudahkan.

Kelima, ambil uang tanpa kartu ATM. Tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM, sehingga nasabah yang ketinggalan kartu ATM tetap bisa menarik uang tunai dengan aplikasi mobile banking.

Limit transaksi harian di mobile banking Pertama dibatasi maksimum Rp 25 juta per hari. Bisa sampai Rp 50 juta jika nasabah upgrade kartu menjadi Priority.

Disamping itu, meskipun fiturnya bejibun dan inovatif, tantangannya adalah jaringan ATM bank ini masih terbatas, sementara fitur seperti tarik tunai tanpa ATM hanya tersedia di ATM Permata.

Bank Mandiri

aplikasi mobile banking terbaik bank mandiri

Mandiri internet banking adalah salah satu yang paling populer. Salah satunya adalah aplikasi Mandiri mobile banking, yang sering disebut sebagai Mandiri Online.

Yang bagus dari aplikasi mobile banking Mandiri Online adalah:

Pertama, top up e money Mandiri bisa dilakukan via Mandiri online dengan cara menyentuhkan kartu ke ponsel yang kemudian akan dibaca oleh aplikasi mobile banking Mandiri. Fitur ini sangat membantu buat kita yang sering menggunakan jalan tol karena e-money Mandiri adalah salah satu yang diterima.

Kedua, PIN untuk transaksi finansial, seperti transfer dan pembayaran, cukup dilakukan dengan memasukkan PIN langsung di aplikasi Mandiri Online. Nasabah tidak perlu menggunakan sms token yang menghabiskan biaya pulsa setiap kali akan transaksi.

Ketiga, batasan transfer online ke rekening bank lain paling tinggi, yaitu Rp. 100 juta/hari dan Rp. 50 juta/transaksi

Yang masih kurang di Mandiri Online adalah belum bisa melakukan login dengan sidik jari. Semuanya masih harus via user ID dan password.

Kemudian belum ada fasilitas tarik tunai tanpa kartu atm. Penarikan tunai harus menggunakan kartu ATM. Jika lupa kartu ATM, belum bisa tarik tunai dengan aplikasi mobile banking.

Perbandingan Aplikasi Mobile Banking

Agar lebih mudah, saya membuat perbandingan fitur kunci di antara aplikasi mobile banking yang dijelaskan sebelumnya.

BankLimit Transaksi HarianHistori RekeningInvestasi Reksadana
Sidik Jarie-Money Top Up
BCARp 25 juta1 BulanTidak BisaTidak BisaTidak Bisa
CIMB NiagaRp 50 juta6 bulanTidak BisaBisaTidak Bisa
PermataRp 25 juta12 bulanBisaBisaTidak Bisa
MandiriRp 100 juta6 bulanTidak BisaTidak BisaBisa

Kita bisa melihat bahwa tidak ada aplikasi mobile banking yang ‘perfect’. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri – sendiri.

Tugas kita memilih aplikasi internet banking terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Karena yang paling paham kebutuhan adalah kita sendiri, tidak ada aplikasi mobile yang ‘fit for all’

Kesimpulan

Seiring penetrasi internat yang makin dalam di Indonesia, bank – bank menawarkan aplikasi mobile banking. Aplikasi ini diyakini memberikan banyak kemudahan bagi nasabah.

Dari perbandingan diatas, kita bisa melihat bahwa aplikasi mobile bank terbaik 2018 itu sangat tergantung kepada kebutuhan nasabah masing- masing. Karena tidak ada satu aplikasi yang unggul di semua fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.