Adakah ATM yang Gratis Biaya Transaksi di mesin ATM Bank Lain, Tanpa Syarat?

  • June 12, 2013

Terkoneksinya jaringan ATM semua bank di Indonesia adalah hal yang menyenangkan. Cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank, yang sebelumnya terbatas, sekarang bisa dilakukan di semua ATM bank lain. Tidak perlu lagi repot – repot mencari keberadaan mesin ATM bank sendiri jika ingin ambil uang. Tidak perlu mengantri di teller jika ingin transfer ke bank lain yang tidak terkoneksi. Semuanya menjadi lebih mudah.

Fasilitas ini tidaklah gratis. Ada tarif layanan yang harus dibayar nasabah ke bank. Jumlahnya kecil jika dihitung per transaksi.

Seiring meningkatnya frekuensi memanfaatkan fasilitas ATM bank lain, jumlah biaya akan membengkak. Setelah di total setiap bulan, bahkan jika pernah melakukannya, jumlahnya lumayan besar. Coba saja iseng-iseng dihitung.

Dapatkan Gratis – Panduan Cara Mengelola Keuangan Keluarga.

Ini yang men-trigger saya untuk mencari, adakah kartu ATM yang benar – benar gratis, tanpa embel – embel, tidak men-charge biaya tambahan saat digunakan bertransaksi di mesin ATM bank lain.

Masak sih ada?

Awalnya, tidak percaya, ada yang gratis tanpa tanda asteriks dibawahnya (syarat dan ketentuan berlaku).

Namun setelah cek ricek beberapa kali dan menggunakan sendiri, baru percaya, masih ada toh ATM yang bebas biaya yang tanpa embel-embel tambahan.

Tanda asteriks menjadi penting ketika berhubungan dengan produk bank. Banyak hal kritikal buat nasabah yang tidak tampak di penawaran awal, nyatanya tercantum di penjelasan tanda asteriks.

Sialnya, seringkali hal yang tersembunyi itu terkait biaya.

Saya mengalami sendiri.

Karena tertarik gencarnya iklan sebuah bank yang mengklaim ATM nya paling ekonomis, karena bebas biaya transaksi di semua jaringan ATM, saya buru – buru buka tabungan di bank tersebut. Setelah beberapa kali menggunakan ATM-nya, saya baru sadar kok tetap kena biaya.

Berbeda dengan yang dijanjikan di iklan dulu.

Oh, ternyata.

Saya lupa baca tanda asteriknya. Ada yang disembunyikan dalam lipatan rupanya.

Ada minimum saldo yang harus ditempatkan di tabungan kalau ingin bebas biaya. Saldonya tidak kecil.

Jika dihitung, kehilangan bunga, karena bunga yang kelewat kecil, dari jumlah minimum saldo mengendap yang lumayan tersebut sepadan dengan biaya tramsaksi yang digratiskan.

There’s no free lunch.

Survei ATM

Sejak itu, saya jadi penasaran dan rajin menelisik sejumlah iklan bank yang mengklaim ATM bebas biaya. Apakah benar – benar bebas biaya atau banyak syaratnya. Ada tidak ATM yang benar-benar ekonomis, bebas biaya tanpa syarat, titik.

  • Tabungan X-Tra CIMB Niaga. Diklaim bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank di ATM bank lain.  Nyatanya, bebas biaya hanya berlaku jika saldo rata – rata harian >= Rp 25 juta. Untuk bebas biaya transfer dengan saldo >= 25 juta itu pun, masih ada syarat tambahan, hanya transaksi melalui internet banking. Jika transfer melalui ATM, berapa pun saldo tabungan, kena biaya transfer Rp 5 ribu. Cek saldo di ATM Bersama sama saja, kena biaya Rp 3rb, berapa pun saldo nasabah.
  • Tahapan BCA. Tidak ada program bebas biaya untuk penggunaan ATM BCA di jaringan bank lain. Semuanya bayar. Cek saldo Rp3.000, tarif transfer dan tarik tunai Rp5.000 antar bank.
  • Tabungan Permata BEBAS. Harus punya saldo >= Rp 2.5 juta untuk menikmati bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank di ATM bank lain. Untuk gratis biaya transfer, masih ada syarat tambahan selain minimum saldo Rp 2.5 juta, yaitu hanya berlaku maksimum 3 kali dalam sebulan, selebihnya kena biaya transfer.
  • Tabungan Danamon LEBIH. Sama dengan yang lain, ada saldo minimum Rp 2.5 juta jika ingin gratis cek saldo dan tarik tunai di mesin ATM bank lain. Saldo dibawah itu kena biaya, cek saldo Rp 3500 dan tarik tunai Rp 5500. Untuk Transfer antar bank, tidak ada bebas biaya, bayar Rp 5 ribu, berapapun saldo di tabungan.
  • Tabungan Mandiri dan Tabungan BNI. Tidak ada bebas biaya di kedua bank BUMN. Jika ATM Mandiri dan BNI digunakan di mesin ATM bank lain dikenakan biaya, cek saldo 3rb, tarik tunai 5rb dan transfer antar bank 5rb.

Setelah lelah mencari dan mendekati putus asa, saya ketemu satu ATM dari bank yang tidak terlalu besar. Bank itu mengklaim ATMnya bebas biaya.

Jelas saya pesimis dan tidak percaya diawal. Setelah buka rekeningan dan melakukan transaksi, ternyata benar. ATMnya bebas biaya.

Bank tersebut adalah Commonwealth Bank.

ATM-nya menyediakan fasilitas yang benar –benar murah, menurut saya. Aturannya juga simpel dan jelas.

Transaksi ATM Commonwealth di jaringan bank lain, yaitu ATM Bersama dan ATM BCA, tidak dikenakan biaya apapun alias gratis untuk cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank. Full stop. Tidak ada tanda asteriks, tidak ada embel-embel tambahan.

Ada ketentuan saldo minimum, yaitu 100 ribu rupiah. Namun, jika saldo dibawah minimum, nasabah hanya dikenakan biaya administrasi, sementara bebas biaya di penggunaan ATM di mesin bank lain tetap berlaku. Kecilnya saldo tidak menghapuskan fasilitas bebas biaya.

Kekurangan Bank Commonwealth adalah mesin ATM dan cabang yang terbatas.

ATM bank ini juga tidak memiliki banyak channel pembayaran.  Makanya, ATM ini, buat saya, lebih cocok digunakan untuk transaksi tarik tunai dan transfer ke bank lain.

Biaya ATM

Untuk alat pembayaran sebaiknya memilih ATM lain yang lebih lengkap daftar kerjasama pembayarannya.

Yang biasa saya lakukan, uang bulanan di pool semua di satu ATM Commonwealth. Cukup bawa satu ATM ini karena ia bisa digunakan di semua jaringan ATM Bersama dan ATM BCA tanpa biaya sepeser pun.

GRATIS Konsultasi Premi Asuransi

92 Responses

      • SUWITO

        Malah di BRI Syariah GRATIS biaya admin, GRATIS transfer ATM ke 83 bank lain, GRATIS tarik tunai, transfer, dan cek saldo di ATM bank lain. Masih banyak GRATISAN lainnya. Coba aja deh..

    • agam

      BRI Syariah memang bank yang paling bagus sejauh ini apa lg untuk nasabah dengan tabungan dibawah 100jt yang di bank lain bunganya tak terasa malah potongan sana sini mengurangi saldo hehe

      Reply
      • win

        boleh juga tuh info nya.
        tp bank syariah boleh untuk siapa saja kah? tanpa harus org beragama islam saja kah? tks

      • Naya

        Waktu awal-awal BRI Syari’ah memang gratis transfer. Tapi sekarang sudah berbayar… Bagi yang butuh transfer banyak dalam sebulan, lebih baik buka tabungan Bank Commonwealth. Gratis transfer ke bank lain dari ATM Bersama/Prima.

      • Eman

        Transfer antar rekening di BRIS sudah gratis lag sejak 6 Mei 2015.
        Kalau saya beralih ke Commonwealth. Sekarang malahan sudah ada Android App nya. Jadi ga perlu ke ATM.

    • wahidatun nisa

      saya mau tanya ?
      saya kan punya atm bri syariah katanya kalau ambil uang ke semua atm itu pengambilan dipotong 7000 ribu. kalau ke atm bri syariah sendiri itu memang gratis….apa benar bayar kalau pengambilan uang di mesin ATM selain BRI SYARIAH

      Reply
    • miwi racing

      buset. baru pertama kali pakai bca. 1x tarik tunai diatm kena cas 50rb. pdahal penarikan cman nominal 400rb.

      Reply
    • Allan

      Kalo transfer antar bank via atm bersama dari commbank itu free juga ya Pak? soalnya lom coba sih… di websitenya gak tersurat ngejelasin…

      Reply
      • admin

        seingat saya, kalau pakai ATM Commbank melakukan transfer via jaringan ATM Bersama melalui mesin ATM bank lain, biayanya free.

      • Naya

        Iya… Saya juga beralih ke Bank Commonwealth. Gratis transfer ke Bank mana saja

  1. Daniel

    Mungkin karena foreign bank, pernah check HSBC & SCB? Kalau tidak salah SCB saya jg gratis di ATM bank lain.
    Satu yang saya suka tentang Comm Bank adalah internet bankingnya, disitu ada menu pembelian reksadana dimana kita bisa melihat kinerja reksadana tersebut & NAB hari ini, lengkap..

    Reply
    • admin

      ya memang Commbank memiliki fasilitas internet banking untuk transaksi reksadana termasuk yang paling bagus.

      Reply
  2. Lydia

    Wah bagus juga kalau gitu. Cuman nasabahnya belum banyak yah. Kalau kita yg transfer sih gratis, tapi dari Bank lain transfer ke kita tetep aj bayar hehehe…

    Reply
  3. Fuad Zein

    Saya Jg Nasabah Bank Commonwealth dan BRI Syariah, dua2 nya punya keistimewaan tersebut di atas , bahkan BRI Syariah Bebas Biaya bulanan.(cuma ngak ada internet Bankingnya)

    Reply
    • Andy

      sampai skrg BRI Syariah tetap belum ada internet bankingnya ya?
      wah, repot jg ini ya. syg skali. krn home banking tetaplah plg nyaman.

      Reply
      • jamal

        sudah ada brow ibris, ada bannernya cara aktifin ibris ato tanya langsng aj k teller.

      • Demas

        Tidak ada e-banking tetapi mobile banking nya sempurna. Saya memakai mobile apps di iOS saya, dan hasilnya sangat sempurna karena tidak membutuhkan OTP di setiap transaksi finansialnya. Jadi OTP yang biasa dikirim lewat SMS dengan tarif Rp 500 diganti dengan menggunakan PIN mobile banking kita. Cukup memuaskan fitur dari BRI Syariah

  4. mas yan

    kalo mau yg serba gratis yaa ATM BRISyariah bro. coba cek di google.
    BRISyariah serba free 😀

    Reply
  5. tofik

    dalam hal GRATISAN, BRI SYARIAH yg terbaik.
    ak sudah coba sendiri.
    smogah gratis slamanya y BRIS?

    Reply
  6. Dreamer

    Citibank still the best laaaahhhhh…. gratis semuanya, tanpa basa basi tanpa embel2, bener2 straight forward….apalagi online bank nya…mantaaaapppp….

    Reply
    • Andy

      mohon info limit2 transaksi dong, di citibank online (internet banking). untuk rekening tabungan reguler misalnya.
      soalnya saya browse di website nya nggak nemu limit2 transaksinya ini. kecuali “gratis maksimum 10X Transaksi perbankan per hari di jaringan ATM Bersama”
      terimakasih

      Reply
    • Andy

      o iya, mohon juga info biaya administrasi baik administrasi bulanan rekening maupun biaya administrasi bulanan kartu ATM nya.
      terimakasih

      terimakasih juga kpd pak Rio Quiserto pemilik blog/penulis artikel yg sungguh berguna ini.

      Reply
  7. yeye

    Atm BRI SYARIAH is the best,bebas biaya apapun,sy sdh pake 2 tahunan,smoga selamanya….

    Reply
  8. cokro

    atm banking bri atministrasinya berapa per bulan,dan setiap transaksi dikenakanbeaya admin berapa?

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Maaf saya belum punya informasi mengenai biaya administrasi ATM BRI. Bisa dicek di websitenya BRI atau telpon ke call center BRI di 14017. Semoga bermanfaat.

      Reply
  9. marjianto

    Selain BRISyariah Dan commonwealth bank Ada bank apa lagi ya yg gratis transfer ke bank lain via mesin ATM

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Ada banyak bank lain yang menawarkan gratis transfer ke bank lain, TETAPI bank – bank tersebut biasanya mensyaratkan minimum jumlah simpanan agar bisa mendapatkan fasilitas gratis transfer tersebut. Bank Commonwealth menawarkan fasilitas gratis transfer dengan minimum simpanan yang terjangkau. Untuk BRI Syariah, saya belum pernah mencoba tetapi menurut beberapa komentar disini juga menawarkan fasilitas gratis transfer dengan persyaratan yang terjangkau. Semoga berguna.

      Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Bank lain adalah bank yang masuk dalam jaringan ATM, misalnya ATM Bersama. Semoga berguna.

      Reply
  10. yuna

    Kayak ny q harus Coba bri syariah ny ni,, trus kantor ny sm kn di BRI?

    Reply
      • admin

        Ya setahu saya BRI dan BRI Syariah dua lembaga yang berbeda. BRI Syariah itu anak perusahaan BRI.

      • Ades

        Yg dimaksud dg anak perusahaan gmn tu kak?, aku agak kurang paham kak?,,

  11. Roy

    Mohon info, apakah diperbolehkan membuka beberapa rekening sekaligus di BRI Syariah dengan 1 nama saja?
    Kemudian, berapa batas plafond tarik tunai dan transfer hariannya?
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    Salam!

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Maaf saya belum pernah membuka rekening BRI Syariah, sehingga tidak bisa memberikan jawaban. Coba di web BRI Syariah, siapa tahu bisa membantu. Salam

      Reply
  12. syamsul

    BII yang gold, gratis semuanya. syarat minimum pembukaan 11juta. tdk ada minimum saldo.

    Reply
    • admin

      Syarat minimal pembukaan Rp 11 juta? Di tabungan lain cukup 250 rb saja. salam

      Reply
  13. sarah

    Nice info.
    Tapi mau tanya, kl transfer via atm antar bank (dr bni ke mandiri) kan ada biaya 5000. Jika saya ingin transfer 100.000 maka saya harus transfer 105.000 atau 100.000 saja?
    Jadi pertanyaan saya, biaya tambahan 5000 itu terpotong di tabungan saya atau dipotong dr jumlah yg saya transfer ya?
    Terima kasih

    Reply
  14. Diana

    Heheheh benar banget Pak. Saya juga gitu. Tiap bulan saya pool pendapatan ke Commonwealth, bis itu dengan e-bankingnya saya tinggal transfer-transfer ke bank lain GRATIS.

    Reply
  15. edu

    admin, saya cek di website commonwealth, untuk rekening TBH, mulai april 2014 ada biaya admin 10rb/bln. bener ga tuh?

    Reply
    • admin

      Yang saya bahas disini adalah rekening tabungan reguler (Comm cash). Kalau Tabungan Bunga Harian – TBH, yang Anda sebut, wajar ada biaya admin karena bunganya memang lebih besar dari rekening reguler.

      Reply
  16. Aan

    Tambahan:
    BRI Syariah saldo awal cukup Rp. 50.000 doang, utk fasilitas gratis saldo minimal Rp. 25.000..
    Transaksi bulanan minimal Rp. 10.000, 6 bln berturut2 tdk ada transaksi kena biaya adm Rp. 3.000..Low cost High service MANTAP..
    Semoga bermanfaat..

    Reply
    • admin

      Ini sich kurang seru, karena sama saja saldo minimal harus rp 25,000. Di ATM bank lain ada yang saldo minimalnya lebih rendah dari itu. Service TIDAK MANTAP.

      Reply
  17. doni

    Gratis apanya..coba lihat di web nya BRI Syariah ..agan2 akan tertegun ..tarifnya sama aja dengan bank2 lain nya….

    Reply
    • admin

      Terus terang, baru ini saya dengar ada yang buka rekening ditolak. Alasannya apa ya? Biasanya kalau dokumen atau data – data kurang, bank akan menolak karena itu sudah regulasi.

      Reply
  18. Wita

    Temen2 smua, ni pada enak ngomongin ATM tarik tunai gratis, cek saldo gratis, transfer gratis, itu transaksinya lancar-lancar aja kagak yah?,,

    Reply
  19. Ira

    Hahaha betuuuul skali
    Pas td masi membaca tulisan dan belum menyebutkan commbank , udah gatel mo nulis d komen klo combank berasa murahnya, ehh sama ternyata
    Commbank sy pakai untuk saving dan invest,,
    Klo mandiri sangat mudah dibelanjakan dari berbagai aplikasinya dr inet banking sampe ecash, dpakai buat belanja hehehe

    Btw blognya keren
    Sy lg baca2 asuransi kesehatannya , trus mampir sbntr kmari
    Thx for sharing

    Reply
  20. guns

    kalo boleh tau commbank ama BRI sy
    ariah ada batasan transfer gak per hari nya brapa kali transaksi…

    Reply
  21. tri

    Waktu saya cek di brisyariah efektif per tgl 10 November 2014 BRISyariah melakukan penyesuaian tarif layanan Tabungan Faedah BRISyariah iB.

    Reply
  22. akbar

    Tabungan prama bank kaltim…wooww bebas tarik atm di manapun. Saldo minimal 2,5 juta seh…

    Reply
  23. susi

    Betul, BRI Syariah ada penyesuaian tarif, sedangkan commbank msh gratis, perubahan hanya untuk cek saldo, dulu gratis sekarang bayar. Cek saldo di ATM bank lain tdk terlalu penting, krn sekarang ada aplikasi android dr commbank cashflow (coba cari di playstore) bisa cek saldo n transfer setiap saat tanpa harus ke ATM. Satu lagi, saya memindahkan invest reksadana dari commbank ke ipotfund dari Indo Premier (googling aj 🙂 ), bebas biaya pembelian reksadana dan untuk reksadana tertentu bebas biaya penjualan, transaksi full online untuk pembelian/penjualan, mantap dah pokoknya 🙂

    Reply
  24. Kurniawan

    Mobile banking BRI Syariah bisa transfer antar bank gak ya? Saya demen banget seperti Mandiri Mobile, bisa transfer ke banyak bank, seperti punya ATM sendiri. Sangat membantu untuk transaksi online.

    Reply
  25. Cintia Lasmi

    Mohon Info : Berapa Biaya Adm jika kita bayar BPJS melalui Kartu ATM BRI sedang mesin ATMnya punya BNI atau ( ATM BERSAMA)?

    Terima Kasih?

    Reply
  26. Tohar

    Kartu debit Bris tidak bisa di gunakan di ATM BUKOPIN. Apa yaa masalahnya…?

    Reply
  27. heriyanto

    Mulai 6 mei bri syariah ga gratis lg, baik ambil uang di jaringan atm bersama/prima, maupun trf antar bank, kayanya jg mau ditutup nih, awal buka kan karena serba gratis, malah jadi tertatik buka di common skrg 🙂

    Reply
  28. risna

    Ada tabungan save BANK CAPITAL gratis tarik tunai di seluruh atm bersama.. Cuma klo cek saldo kena 4000 transfer antar bank kena 7.500… Setoran awal cuma 25.000,, ngga ada biaya bulanan.. Murahh bngt..

    Reply
  29. Hendrico

    Saya punya rekening Commonwealth TBH (Tabungan Bunga Harian), awalnya memang seluruh transaksi via ATM, Teller, dll, gratis. Baik di ATM Commonwealth ataupun bank lain. Tapi sejak pertengahan 2015, ada biaya untuk seluruh transaksi kartu ATM Commonweallth yang digunakan di ATM bank lain. Tapi biaya tersebut akan dikembalikan utuh pada bulan berikutnya. Hal ini berlaku untuk jaringan ATM Prima. Utk Jaringan ATM Bersama, Cirrus, dll, saya tidak tahu. Kesimpulanya adalah semua bayar, Jika mau aman, pakai kartu ATM di bank penerbit kartu ATM.

    Reply
  30. angga saputra

    Kasian ya tarik tunai ud kena biaya. Tp transfer masi gratis ya

    Reply
  31. Ari

    Ada aplikasi baru buatan anak UI untuk transfer beda bank gratis, namanya Flip bisa daftar di https://flip.id

    Namun baru terbatas untuk nasabah BCA, BRI, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, CIMB, dan Muamalat saja. Namun enaknya yang udah jadi nasabah bank tersebut tidak perlu buat akun di bank lain 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!