6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018

  • September 18, 2018

Biaya pendidikan itu jauh dari murah. Makanya, orang tua menabung dan berinvestasi untuk itu. Salah satunya menggunakan Tabungan Pendidikan Anak Syariah. Kami mengevaluasi 6Tabungan Pendidikan Anak Syariah terbaik di 2018.

Saya pernah menghitung berapa kebutuhan biaya pendidikan anak dari SD, SMP, SMA dan Universitas. Jumlahnya fantastis.

Biaya tersebut hanya bisa dikejar dengan orang tua menabung atau berinvestasi. Jika mengandalkan gaji, saat nanti anak masuk sekolah, keuangan keluarga sudah pasti akan goyah.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menabung di Tabungan Pendidikan Anak.

Sekarang sejumlah bank syariah sudah meluncurkan jenis tabungan pendidikan yang berakad syariah. Sehingga orang tua tidak perlu lagi kuatir jika ingin mempersiapkan dana pendidikan lewat instrumen tabungan yang sesuai keyakinan agama.

Apa saja produknya di 2018 dan mana yang terbaik ?

Tabungan Pendidikan Anak Syariah 2018

Tipikal tabungan pendidikan adalah orang tua menabung secara rutin dengan kesepakatan jangka waktu tertentu (makanya disebut tabungan berjangka atau berencana) dimana dalam masa tersebut tabungan tidak boleh ditarik dan jika orang tua meninggal dunia maka asuransi akan melanjutkan menabung sampai jangka waktu selesai.

Tabungan pendidikan anak syariah di 2018 menawarkan akad yang sesuai syariah. Karena banyak orang tua yang membutuhkan produk yang sesuai akidah agama.

#1 Bank Muamalat

Tabungan Pendidikan Anak Syariah Bank Muamalat

Tabungan pendidikan syariah muamalat adalah Tabungan iB Muamalat Rencana yang memberikan solusi perencanaan keuangan untuk mewujudkan impian di masa depan sesuai prinsip syariah. Adanya tabungan ini merupakan keunggulan bank muamalat dibanding bank syariah lainnya.

Jenis akad adalah Mudharabah Muthlaqah dengan setoran minimum Rp 100.000. Orang tua harus punya komitmen menjalankan tabungan ini dalam jangka waktu tertentu, yaitu minimum 3 bulan dan maksimum 20 tahun.

Usia saat pembukaan rekening minimal 17 tahun, maksimal 60 tahun Usia pada saat tabungan Muamalat Rencana iB jatuh tempo maksimal 65 tahun.

Untuk penyetoran produk bank muamalat ini, nasabah wajib memiliki rekening Tabungan Muamalat iB sebagai rekening sumber dana nasabah. Bank akan melakukan pendebetan dari rekening ini untuk disetorkan ke tabungan pendidikan.

Dalam hal penutupan Rekening adalah jika telah jatuh tempo, apabila gagal debet setoran selama 3 bulan berturut-turut, atas permintaan Nasabah atau apabila saldo hasil klaim nasabah telah dikreditkan ke rekening sumber dana nasabah

#2 Bank Syariah Mandiri

Tabungan Pendidikan Anak Syariah Bank Syariah Mandiri

Tabungan anak mandiri syariah adalah tabungan berjangka yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan.

Sebagai salah satu jenis tabungan mandiri syariah, Tabungan berjangka ini bisa digunakan untuk membantu perencanaan keuangan dalam jangka panjang. Tabungan dijalankan berdasarkan prinsip syariah mudharabah muthlaqah dengan bagi hasil yang kompetitif.

Periode tabungan mulai dari 1 tahun sd 10 tahun. Usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun saat jatuh tempo.

Bank ini menetapkan setoran bulanan minimal Rp100 ribu. Terkait setoran berlaku ketentuan bahwa jumlah setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah. Tidak dapat pula menerima setoran diluar setoran bulanan

Saldo tabungan tidak bisa ditarik, dan bila ditutup sebelum jatuh tempo (akhir biaya masa kontrak) akan dikenakan administrasi. Tujuannya adalah memperoleh jaminan pencapaian target dana.

Bagaimana jika orang tua kena musibah ?

Tabungan berjangka mandiri syariah ini menyediakan perlindungan asuransi secara gratis dan otomatis, tanpa pemeriksaan kesehatan. Manfaat asuransi adalah sebesar kekurangan target dana dari setoran bulanan yang telah dibayarkan, sehingga manfaat asuransi dihitung dengan cara sbb.:

Manfaat asuransi = Target dana – Jumlah pembayaran setoran bulanan pada saat klaim jumlah pembayaran setoran bulanan.

#3 BNI Syariah

Tabungan Pendidikan Anak Syariah BNI Syariah

Tabungan pendidikan bni syariah adalah BNI Tapenas iB Hasanah. Ini adalah tabungan berjangka dengan akad Mudharabah untuk perencanaan masa depan yang dikelola berdasarkan prinsip syariah dengan sistem setoran bulanan.

Manfaat tabungan anak bni syariah adalah bagi hasil lebih tinggi dengan setoran kecil mulai dari setoran tetap bulanan minimal Rp.100.000,- s/d Rp. 5.000.000,-.

Proses penyetoran mudah, yaitu Autodebet untuk setoran bulanan dari rekening Tabungan iB Hasanah/Bisnis Hasanah/Prima Hasanah.

Pilihan jangka waktu minimal 1 tahun hingga 18 tahun.

Jika orang tua kena musibah, tabungan pendidikan BNI syariah memberikan manfaat perlindungan asuransi jiwa hingga senilai Rp. 1.000.000.000,-. Adanya proteksi asuransi ini menjamin dana tabungan pendidikan anak tetap aman.

Jangan khawatir soal premi asuransi. Karena asuransi ini otomatis bebas premi.

Persyaratan dan Tata Cara pembukaan produk bni syariah ini adalah: Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor), setoran awal minimal Rp. 100.000,- dan mempunyai Rekening Afiliasi di Bank BNI Syariah.

#4 BCA Syariah

tabungan anak syariah BCA

Tahapan Rencana iB adalah tabungan pendidikan anak syariah dari BCA Syariah. Tabungan investasi ini berdasarkan prinsip mudharabah yang membantu perencanaan keuangan nasabah.

Sejumlah manfaat yang ditawarkan adalah alternatif investasi bagi nasabah untuk jangka pendek dan menengah, memperoleh kepastian pencapaian dana untuk perencanaan keuangan dan memperoleh manfaat ganda yaitu bagi hasil yang lebih kompetitif sekaligus manfaat proteksi asuransi jiwa.

Manfaat Proteksi Asuransi Jiwa adalah: (1) sebab sakit maka asuransi akan membayarkan sisa setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah secara lumpsump/sekaligus kepada ahli waris melalui Bank BCA Syariah; (2) sebab kecelakaan: asuransi akan membayarkan sisa setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah secara lumpsump/sekaligus kepada ahli waris melalui Bank BCA Syariah dengan ketentuan santunan duka 40x setoran bulanan

Persyaratan adalah memiliki Tahapan iB atau Giro iB sebagai rekening induk dengan usia Nasabah 17 s/d 55 tahun pada saat pembukaan rekening serta usia Nasabah maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo rekening.

#5 CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB Pendidikan adalah tabungan rutin bulanan untuk mempersiapkan dana pendidikan dengan jangka waktu sesuai dengan tujuan pendidikan. Tabungan iB Pendidikan menggunakan prinsip Mudharabah Muthlaqah untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan si kecil sedini mungkin untuk mewujudkan cita-citanya kelak

Keuntungannya adalah fleksibel dalam menentukan jangka waktu tabungan dan menetapkan jumlah setoran rutin bulanan, minimal IDR 100.000,- Diperbolehkan menambah dana diluar setoran rutin bulanan dengan melakukan penyetoran langsung ke rekening Tabungan iB Pendidikan.

Selain itu, CIMB Niaga Syariah memperbolehkan nasabah menetapkan tanggal setoran rutin bulanan dan melakukan perubahan dalam hal meningkatkan jumlah setoran rutin bulanan dan tabungan yang menjadi sumber dana.

Hasil Investasi yang tinggi dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif. Ditambah manfaat asuransi berupa perlindungan asuransi jiwa tanpa pemeriksaan kesehatan.

Untuk pembukaan nominal setoran awal tidak ada. Tetapi berikutnya harus melakukan setoran bulanan Rp 100 ribu dengan jangka waktu minimum 6 bulan.

Jika nasabah mengalami musibah, asuransi akan memberikan perlindungan dalam bentuk setoran rutin bulanan akan di lanjutkan sampai dengan jatuh tempo sebesar max. IDR 5.000.000 perbulan per nasabah.

Tetapi, Niaga Syariah menetapkan ketentuan untuk bisa diproteksi asuransi, yaitu (1) Min. Usia penabung 18 tahun dan max. 60 tahun saat jatuh tempo; (2) Min. Tenor tabungan 2 tahun, max. 20 tahun.

Imbal Hasil yang diterima nasabah adalah Tabungan iB Pendidikan jangka waktu 1 s.d < 3 tahun dengan nisbah bagi hasil 43% dan tabungan iB Pendidikan jangka waktu 1 s.d > 3 tahun dengan nisbah bagi hasil 45%

#6 BRI Syariah

Tabungan anak bri syariah adalah jenis tabungan berencana bri syariah. Produk simpanan berjangka dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang dirancang untuk mewujudkan impian nasabahnya (kurban, pendidikan, liburan, belanja) dengan terencana memakai mekanisme autodebet setoran rutin bulanan.

Akad adalah Mudharabah Muthlaqah dengan setoran cukup rendah, yaitu setoran awal minimum Rp 50 ribu dengan setoran rutin bulanan minimum : Rp 50.000,- dan kelipatannya.

Periode jangka waktu tabungan pendidikan anak adalah jangka waktu 12 – 240 bulan (kelipatan 12 bulanan) atau hingga usia Penabung saat jatuh tempo maks. 65 tahun

Syarat dan Ketentuan adalah melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan memiliki produk Tabungan Faedah BRISyariah iB sebagai rekening induk.

Dana hanya dapat ditarik pada saat jatuh tempo melalui rekening induk. Dapat dilakukan pemotongan zakat secara otomatis dari bagi hasil yang Anda dapatkan.
Yang penting diperhatikan, tidak dapat dilakukan perubahan jangka waktu, setoran rutin bulanan, rekening induk

Jika terjadi musibah, BRI Syariah memberikan proteksi asuransi secara gratis. Manfaat Asuransi adalah sebagai berikut: Jumlah manfaat asuransi yang diberikan secara sekaligus sebesar akumulasi sisa setoran rutin bulanan yang belum dibayarkan hingga jatuh tempo, maksimum Rp 750.000.000,-/Nasabah.

Perbandingan Produk

Produk tabungan pendidikan anak syariah secara umum tidak jauh berbeda antara satu bank syariah dengan bank syariah lainnya. Fitur produk hampir identik.

Namun jika diperhatikan lebih detil, terdapat perbedaan – perbedaan, yaitu:

  • Minimum setoran bulanan dan jangka waktu. Ada yang paling kecil mulai dari Rp 50,000 sebulan dan jangka waktu paling cepat 3 bulan
  • Fleksibilitas. Ada yang memperbolehkan perubahan jumlah setoran namun ada tidak bisa dirubah sama sekali
  • Proteksi Asuransi. Penggantian musibah yang diganti oleh asuransi berbeda – beda terutama soal jumlah maksimum yang bisa diganti.
  • Imbal Hasil. Ini menunjukkan berapa keuntungan yang diterima. Sayangnya, tidak semua bank syariah menampilkan informasi ini di situs mereka.

Kemudahan seharusnya menjadi faktor utama dalam memilih tabungan pendidikan anak syariah. Berikut ini perbandingan antara tabungan pendidikan anak syariah:

FiturMuamalatSyariah MandiriBNI SyariahBRI SyariahNIaga SyariahBCA Syariah
AkadMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah Muthlaqah

Setoran Minimum
Rp 100,000100,000100,00050,000100,000250,000

Jangka Waktu Minimum
3 bulan1 tahun1 tahun1 tahun6 bulan1 tahun
Proteksi AsuransiLump-sum dibayar sisa setoran bulanan sampai jatuh tempo + 20x setoran bulanan. Manfaat max Rp 1 M / nasabah.Sebesar kekurangan target dana dari setoran bulanan yang telah dibayarkanMax rp 1 M per nasabahLump-sum dibayar akumulasi sisa setoran bulanan hingga jatuh tempo, max Rp 750 juta/nasabahSetoran bulanan di lanjutkan sampai jatuh tempo sebesar max. Rp 5 juta per bulan / nasabahLump-sum dibayar max 40x setoran bulanan.
Imbal HasilTidak Ada InfoTidak Ada InfoTidak Ada InfoTidak Ada Info43%30%

Kesimpulan

Tabungan pendidikan anak syariah bisa menjadi solusi bagi orang tua dalam mempersiapkan dana biaya sekolah anak. Biaya sekolah jadi hal yang membutuhkan persiapan sedini mungkin.

Kami mengevaluasi 6 tabungan pendidikan syariah. Secara umum fitur produk tabungan anak syariah tidak berbeda secara signifikan antara bank syariah.

Tetapi, jika diperhatikan lebih cermat, fitur antara tabungan pendidikan syariah berbeda-beda. Ini yang perlu jadi perhatian saat memutuskan untuk mengambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.