≡ Menu

Suku Bunga KPR 2013, Mencari yang Murah Setelah Bunga Naik

Yang punya pinjaman lagi harap-harap cemas melihat naiknya suku bunga KPR yang sebentar lagi berimbas pada pembayaran cicilan kredit rumah yang lebih mahal. Yang punya rencana beli rumah pakai kredit sama juga, bisa gak ya bayar cicilan yang lebih mahal. Dua-duanya punya pertanyaan yang sama, suku bunga KPR di bank mana yang masih murah?

Sejak ekonomi mulai bergejolak di pertengahan tahun ini, Bank Indonesia sudah mengerek naik bunga acuan tiga kali. Sampai yang terakhir bunga acuan naik ke 7.25%. Cost of fund, atau biaya mengumpulkan dana yang harus dibayar bank, ikutan naik. Akibatnya, suku bunga pinjaman ikut naik, termasuk KPR.

Dapatkan GRATIS Panduan Mengambil KPR & Excel Menghitung Cicilan KPRklik disini.

Untuk melihat bagaimana kondisi suku bunga KPR saat ini, dua minggu berselang, saya melakukan survei ke beberapa bank besar. Bertemu dengan marketing KPR di kantor caban bank – bank ini. Bertanya soal suku bunga KPR yang baru setelah kenaikkan bunga acuan dari BI dan mencari bank yang menawarkan bunga kredit rumah lebih murah dibandingkan yang lain.

Ini hasilnya.

Hasil Survei Suku Bunga KPR

Secara umum, bank sudah menaikkan suku bunga KPR. Bunga fixed yang sebelumnya berada dikisaran 7% sudah naik ke tingkat 8-9%, sementara bunga mengambang melonjak ke level 12-13% dari sebelumnya di 9-10% (baca disini soal bunga KPR fixed vs. bunga KPR mengambang).

Siap – siapa buat Anda yang tidak lama lagi masa bunga fixed-nya berakhir. Bisa dipastikan, cicilan pinjaman akan naik cukup tajam dengan tingginya bunga mengambang yang baru.

Sementara, buat Anda yang merencanakan mengambil rumah dan lagi bersusah payah mengumpulkan uang muka, saran saya simulasi kembali menggunakan suku bunga yang baru, berapa jumlah cicilan KPR  yang harus dibayar. Pastikan bahwa Anda masih punya cukup kapasitas untuk membayar cicilan, maksimum 35% dari pendapatan. Simak disini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga.

Tabel dibawah ini merangkum kondisi bunga KPR dari hasil survei yang saya lakukan. Perlu saya ingatkan bahwa kondisi bunga ini mungkin sekali sudah berubah ketika Anda datang ke bank sekarang. Bunga di bank saat ini cepat berubah seiring kondisi ekonomi yang sedang bergoyang lumayan kencang. Tapi bisa dipastikan, kalaupun bunga KPR berubah, berubahnya naik keatas, bukannya turun selama bunga acuan dari BI masih belum turun.

suku bunga KPR

Beberapa catatan dari survei:

  • Survei bunga yang disajikan disini adalah untuk pembelian rumah baru. Untuk kredit rumah bekas, umumnya suku bunga KPR lebih tinggi dibandingkan rumah baru. Walaupun, beberapa bank menerapkan bunga kredit rumah yang sama antara rumah baru dan bekas. Yang jelas, bunga kredit rumah bekas tidak mungkin lebih rendah dari rumah baru.
  • Bunga KPR mengambang berada di kisaran yang cukup tinggi, 12-13%. Hanya KPR BCA yang punya bunga KPR mengambang paling murah dalam survei ini, yaitu 11%.
  • Bunga KPR tetap tahun pertama sudah berada di 8% lebih. KPR BCA kembali yang KPR paling murah untuk fixed tahun pertama, sebesar 8.25%.
  • Yang menarik adalah suku bunga Bank Mandiri, yang saat survei dilakukan, tidak memiliki bunga fixed tetapi menerapkan bunga mengambang sepenuhnya. Apakah bunga KPR Mandiri akan terus menggunakan bunga mengambang, saya tidak tahu. Harus dipantau terus perkembangannya karena situasi bisa berubah setiap saat. Hanya saja, dengan bunga mengambang sejak awal masa kredit, kondisinya kurang menguntungkan bagi peminjam karena setiap saat bunga bisa berubah sesuai kebijakan bank.
  • Bunga KPR tetap fixed 5 tahun sudah tidak ditawarkan lagi oleh banyak bank, kecuali BCA. Makin panjang masa bunga fixed sebenarnya makin menguntungkan bagi Anda yang berpendapatan tetap (fixed income earner) seperti karyawan karena sifat gaji yang relatif tetap cocok dengan pembayaran cicilan yang juga tetap jumlahnya. Hilangnya bunga fixed 5 tahun di bank konvensional, sebenarnya membuka peluang buat KPR syariah yang menawarkan cicilan tetap sampai dengan akhir pinjaman.
  • Selain KPR BCA yang memang terkenal punya bunga murah, karena didukung sumber dana murah dari jaringan ATM dan kuatnya transaction banking mereka, KPR  BTN menawarkan bunga yang relatif murah dibandingkan yang lain. Hanya saja, suku bunga bank BTN tidak ada yang fixed dua tahun, terbatas di 1 tahun saja. Namun, dengan bunga mengambang yang juga relatif lebih rendah, KPR BTN bisa jadi pilihan yang menarik dari sisi tingkat suku bunga.

Bank mana yang punya suku bunga KPR murah? Tampaknya semua bank yang di survei disini sudah menaikkan bunga KPR mereka. Namun, ada bank yang punya bunga KPR relatif lebih murah dibandingkan yang lain. Ini bisa jadi pilihan Anda.

Baca dan unduh disini GRATIS – Panduan Reksadana untuk Mendapatkan Return Lebih Tinggi.

Saran saya, sebelum memutuskan bank mana yang dipilih, lakukan survei ke beberapa bank dan simulasi untuk mendapatkan cicilan yang paling optimal. Ditengah kenaikkan suku bunga KPR seperti sekarang, mencari tingkat bunga yang relatif rendah adalah kegiatan yang pantas dilakukan sebelum memutuskan mengambil pinjaman rumah. Selamat berburu! Simak update terbaru Suku Bunga KPR 2014 dan Bagaimana Mengelola Keuangan supaya bisa mencicil KPR dengan lancar.

Artikel lain soal KPR:

{ 9 comments… add one }

  • Ronal October 8, 2013, 6:07 am

    Nice info gan

  • gita November 7, 2013, 10:20 am

    bagaimana dgn floating mandiri yg 8,5%
    tampaknya lebih rendah dr yg lain?

    • admin November 9, 2013, 4:29 pm

      Meskipun floating bunganya rendah tetapi setiap saat bank berhak mengubah tingkat bunga.

      • aris maulana November 15, 2013, 3:11 am

        Jadi bank yang mana menurut mas yang suku bunga kprnya yg lebih murah untuk kredit jangka panjang..?? Klo bank bri mura ngk tuw.. mohon solusinya mas..

  • bunga December 7, 2013, 5:53 pm

    info yang sangat menarik..kalo nggak ada KPR kapan punya rumah.

  • yopi December 21, 2013, 1:40 pm

    saya make kpr BRI fix 2th bunga di 7% setalah ke tahun ke 3 kira kira bunga nya bisa mencapai berapa?

    • admin January 13, 2014, 10:06 am

      Saat ini, kita tidak bisa tahu dengan pasti berapa bunga mengambang yang harus Anda bayar, ketika masa bunga fixed berakhir. Karena tingkat bunga mengambang nanti akan ditentukan oleh kondisi bunga secara umum pada saat itu. Umumnya, jumlah cicilan bungan mengambang akan lebih tinggi dari bunga fix. Tetapi, seberapa tinggi kenaikkannya kita tidak bisa tahu dengan pasti.

  • moozn April 4, 2014, 10:55 am

    Wah..info bagus,,kebetulan saya sekarang mau jadi pengembang,,,,

    • admin April 17, 2014, 6:26 pm

      Terima kasih sudah berkunjung. Semoga berguna. Salam

Leave a Comment