Dana Darurat Terbaik 2018 dan 4 Cara Menabungnya

  • November 3, 2018

Dana darurat itu penting sekali tetapi banyak yang tidak atau lupa mempersiapkannya. Bagaimana cara menabung dana darurat 2018 ? Ada 4 cara mudah dan murah

Salah satu komponen perencanaan keuangan yang sehat adalah memiliki dana darurat. Tapi, saya mengamati banyak dari kita yang tidak mempunyai dana darurat yang memadai atau bahkan belum tahu apa itu dana darurat.

Apa itu Dana Darurat ?

Dana darurat adalah uang yang tersedia dan mudah diambil sewaktu – waktu Anda membutuhkannya. Pos dana darurat jadi solusi untuk kebutuhan yang tidak disangka-sangka, emergensi, yang memerlukan penanggulangan segera.

Kebutuhan mendesak ini umumnya bersifat musibah, seperti sakit, kecelakaan, serta kerusakan pada rumah. Dana cadangan itu perlu Anda tempatkan di rekening terpisah dari kebutuhan operasional.

Berapa jumlah ideal dana darurat ?

Jumlah tabungan sama atau lebih besar empat kali (4x) sampai enam kali (6x) pengeluaran rutin bulanan; saldonya mencapai 4x – 6x pengeluaran rutin atau bahkan lebih.

Menabung Dana Darurat

Setelah tahu berapa jumlah yang diperlukan, sekarang bagaimana menabung dana darurat ? Ada banyak dan kami menjelaskan 5 cara diantaranya

#1 Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang memiliki kelebihan dibandingkan tabungan atau deposito untuk menyimpan dana darurat.

Pertama, return lebih tinggi karena jenis instrumen investasi yang digunakan Reksadana Pasar Uang cukup beragam dan adanya pengelolaan oleh Manajer Investasi yang membuat pemilihan instrumen bisa lebih optimal.

Kedua, dana di Reksadana Pasar Uang bisa ditarik cukup cepat, yaitu maksimal 3 hari kerja sejak pengajuan. Memang tidak secepat tabungan dan deposito tetapi cukup cepat mengingat return Reksadana Pasar Uang yang lebih tinggi dari tabungan dan deposito.

#2 Tabungan Berencana

Salah satu jenis tabungan dengan tingkat bunga diatas tabungan biasa adalah tabungan berencana. Jenis tabungan ini mensyaratkan setoran rutin selama jangka waktu tertentu.

Umumnya, jenis tabungan ini digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya, dana pendidikan. Tetapi, karena returnnya cukup lumayan, jenis ini bisa menjadi pilihan dana darurat.

Jika di break sebelum jatuh tempo, ada denda, walaupun tidak besar, dan jika dihitung jumlahnya relatif lebih kecil dibandingkan potensi bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Tabungan berencana layak dipilih sebagai tempat menyimpan dana darurat.

#3 Tabungan Emas

tabungan emas untuk dana darurat

Emas selalu jadi pilihan instrumen investasi sejak dahulu kala. Tapi, banyak orang mengalami kendala berinvestasi emas karena (1) nilai minimum investasi cukup tinggi; (2) butuh tempat penyimpanan khusus.

Untungnya, inovasi baru muncul yaitu tabungan emas.

Apa itu tabungan emas ?

Anda menabung dalam bentuk emas, yaitu bisa membeli rutin emas setiap bulan, persis seperti menabung biasa. Keunggulannya adalah:

  • Anda bisa mulai investasi dari 1 gram emas yang sangat terjangkau
  • Anda tidak perlu menyimpan emas karena emas disimpan pengelola tabungan emas.
  • Anda bisa mencairkan tabungan emas dengan cara amat mudah, yaitu menjual kembali ke pengelola, dan uang hasil penjualan kembali akan langsung masuk rekening tabungan Anda.
  • Anda bisa mendapatkan fisik emas dengan meminta pengelola mencetak emas.

Dua penyelenggara tabungan emas, yaitu PT Antam dan Pegadaian. Keduanya adalah BUMN yang sudah biasa menangani emas, sehingga keamanan transaksi cukup terjamin.

Diluar kedua lembaga tersebut, Antam dan Pegadaian, Anda harus extra hati-hati soal legalitas dan izin OJK terhadap lembaga – lembaga yang menawarkan menabung emas.

Jika merasa ragu dengan lembaga yang mengelola tabungan emas, Anda sebaiknya cek ke OJK atau Satgas Investasi untuk memastikan keamanan penawaran tersebut. Lebih baik mencegah daripada terjebak investasi bodong.

#4 ORI, SUKUK

Dana Darurat Sukuk Tabungan

sumber: Investree (https://sbn.investree.id/st)

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan sukuk ritel. Ini adalah surat utang yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia.

Obligasi Ritel Indonesia adalah obligasi atau surat utang yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia dan dijual kepada individu Warga Negara Indonesia melalui agen penjual resmi yang ditunjuk oleh Pemerintah.

ORI menarik karena Anda bisa mendapatkan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Sementara, risiko kehilangan modalnya sangat kecil karena ORI dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Untuk memiliki ORI, Anda akan dikenakan biaya pembukaan rekening tabungan, biaya pembukaan rekening surat berharga, serta biaya transfer dana yang akan digunakan untuk memesan ORI.

Bagaimana cara mencairkan ORI ?

Ada dua cara pencairan ORI, yaitu (1) menunggu sampai ORI jatuh tempo. Ini normalnya investasi di ORI; (2) jika butuh mendadak sebelum jatuh tempo, ORI bisa dijual di pasar sekunder. Anda bisa meminta bantuan ke tempat dimana Anda membeli ORI untuk melakukan penjualan ORI sebelum jatuh tempo.

Alternatif lain adalah berinvestasi syariah di Sukuk Tabungan, contohnya  ST-002, yang saat sedang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia.

Sukuk Tabungan adalah salah satu Surat Berharga Syariah Negara yang merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia.

Imbal hasil adalah 8.3% setahun dengan tenor 2 tahun.  Dijalankan sesuai prinsip syariah (berdasarkan Opini Syariah yang diterbitkan DSN-MUI), yaitu: (a) mengacu Fatwa DSN-MUI (No.95/DSN-MUI/VII/2014) tentang SBSN Wakalah; (b) mendapat pernyataan kesesuaian Syariah (opini Syariah) dari DSN-MUI (B-707/DSN-MUI/X/2018)

Aman dijamin pemerintah, mudah, dan 100% online. Bisa dipesan mulai dari Rp 1 juta dan kelipatannya.

Kesimpulan

Kita semua paham bahwa kondisi emergency, darurat, bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi. Saat kondisi emergency terjadi, Anda perlu dana darurat sebagai backup.

Namun, sedikit dari kita yang memiliki persiapan dana darurat. Anda sebenarnya bisa mempersiapkan dengan mudah dengan menggunakan 4 instrumen investasi untuk menabung dana darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.