Reksadana, Alat Investasi Ampuh Buat Mengelola Keuangan Keluarga

  • August 29, 2016

Buat orang tua masa kini, perencanaan keuangan keluarga menjadi hal yang penting. Salah satu yang jadi concern adalah bagaimana mencapai tujuan keuangan, seperti dana pendidikan, dana pensiun atau uang muka rumah. Reksadana hadir sebagai solusi mencapai tujuan – tujuan tersebut karena menawarkan kemudahan dan keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan keuangan keluarga.

Di era milineal ini, para orang tua makin sadar pentingnya mengelola keuangan keluarga dengan baik. Selain karena kebutuhan hidup yang terus meningkat, informasi soal pentingnya keuangan keluarga yang sehat juga semakin disadari.

Orang tua tidak ingin terjebak dalam kesulitan keuangan. Mereka juga ingin mencapai mimpi – mimpi mereka yang salah satu syaratnya adalah punya kondisi finansial yang kuat.

Salah satu pertanyaan para keluarga adalah bagaimana mengembangkan uang secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan kata lain, dimana uang perlu disimpan agar menghasilkan.

Selama ini, sebagian besar keluarga menempatkan di Tabungan dan Deposito. Tingkat keamanannya membuat banyak orang secara otomatis harus menempatkan di dua instrumen tradisional ini.

Namun, seiring waktu, orang sadar bahwa tingkat keuntungan yang diberikan tabungan dan deposito sangat kecil. Tidak akan cukup memenuhi tujuan keuangan.

Salah satu yang kerap jadi perhatian soal dana pendidikan. Biaya sekolah naik sekitar 10 sd 15% setahun. Sementara bunga deposito hanya 5% (nett pajak) setahun.

Oleh karena itu, muncul kebutuhan instrumen alternatif yang bisa menggantikan tabungan dan deposito. Apa itu ?

Definisi Reksadana

Reksadana adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Singkat kata, investor yang membeli Reksadana menyerahkan uang mereka kepada Manajer Investasi yang akan mengelola dana tersebut untuk ditempatkan dalam portfolio investasi pilihan (misalnya saham, obligasi dan lain-lain) guna menghasilkan return yang menguntungkan.

Keunggulannya

Berikut ini adalah keunggulan Reksadana.

#1 Return Diatas Tabungan & Deposito

Reksadana menawarkan tingkat keuntungan diatas tabungan dan deposito. Karena instrumen yang dibeli Reksadana memberikan return relatif lebih tinggi.

Berapa tepatnya tingkat keuntungan Reksadana tergantung jenis yang dipilih.
Paling tinggi adalah Reksadana saham, lalu dibawahnya Reksadana Campuran, kemudian Pendapatan Tetap dan paling rendah Pasar Uang.

Tapi, yang perlu diingat, tingkat keuntungan ini sebanding dengan resikonya. Karena itu, selain melihat keuntungan, tingkat resiko wajib pula diperhitungkan dalam memilih investasi Reksadana.

Pilih yang paling sesuai dengan profil diri kita. Supaya hasilnya bisa sesuai ekspektasi.

#2 Dikelola Manajer Investasi

Salah satu keunggulan Reksadana adalah pengelolaan diserahkan kepada Manajer Investasi yang berpengalaman dan professional.

Pengelolaan portofolio investasi, meliputi pemilihan instrumen, pemilihan pihak-pihak terkait serta administrasi investasinya memerlukan analisa yang sistematis, monitoring yang terus menerus serta keputusan investasi yang tepat. Disamping itu diperlukan keahlian khusus serta hubungan dengan berbagai pihak untuk dapat melakukan pengelolaan suatu portofolio investasi.

Melalui Reksadana, pemodal akan memperoleh kemudahan karena terbebas dari pekerjaan tersebut di atas dan mempercayakan pekerjaan tersebut kepada Manajer Investasi yang profesional di bidangnya.

#3 Bisa Dicairkan Cepat, Mudah

Pencairan Reksadana hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari sejak pengajuan. Ini disebut sebagai T+3.

Selain itu, saat ini sudah ada fasilits Reksadana Online yang membuat pencairan cukup dilakukan via internet. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang pengelola Reksadana untuk melakukan pencairan.

Dana hasil pencairan langsung ditransfer ke rekening nasabah. Nasabah bisa mengambilnya kapan saja.

#4 Minimum Investasi Kecil

Jika deposito minimum saat ini sekitar Rp 5 juta, maka Reksadana hanya mensyaratkan minimum investasi Rp 100 ribu.

Jumlah minimum investasi yang kecil sangat membantu. Pemodal bisa lebih leluasa menanamkan dananya di Reksadana.

Ini sangat cocok buat para keluarga yang ingin segera berinvestasi tetapi modalnya terbatas. mereka bisa segera mulai berinvestasi tanpa harus menunggu dananya terkumpul besar baru mulai.

Kesimpulan

Para keluarga saat ini sudah sadar pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Banyak faktor yang membuat mereka concern terhadap keuangan, misalnya dana pendidikan yang tinggi, dan biaya hidup yang meningkat.

Salah satu masalah utama adalah pilihan instrumen investasi untuk mencapai tujuan keuangan. Karena tabungan dan deposito sudah tidak bisa memenuhi target investasi sehingga diperlukan alternatif penempatan dana.

Reksadana pilihan yang sangat layak dipertimbangkan karena memiliki banyak keunggulan. Keunggulan ini cocok dengan profil dan kebutuhan para keluarga dalam mengelola keuangan mereka.

Kenapa tidak mencoba, sekarang juga ? Why Not ?

3 Responses

    • shifa

      Dear Pa Rio,
      saya mau minta saran, saya orang awam sekali dlm hal ini, tapi sy ingin mencoba terjun ke dunia reksadana.
      motif sya ikut hanya ingin memutar uang yg mengendap di tabungan. untuk pemula, sy ingin coba mulai dengan Rp. 2.000.000,00 . pertanyaan nya:
      1. jenis reksadana apa yang aman buat sy tapi yg akan menguntungkan, anggeplah sy tdk akan mencairkan dlm waktu 6 bulan kdepan.
      2.tidak harus nyetor perbulan kan pa? tapi kalo mau menambah invest bisa?
      3.berapa keuntungan perbulan yg akan didapat? bisa di simulasikan?
      4.anggeplah saya ingin membeli Schroder A yang Rp 3500 sama yang Schroder B Rp 1250, lebih baik mana?

      mohon balasannya ya send to email juga gpp

      trims..
      shifa

      Reply
      • admin

        1. Pasar Uang atau Pendapatan Tetap
        2. Betul
        3. tergantung reksadana apa yang Anda pilih
        4. sama saja. harga beli tidak menentukan return.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!