Keuntungan Reksadana Bukalapak, Bisa Investasi Mulai Rp 10 Ribu

Hadirnya semakin banyak kanal pembelian Reksadana sangat membantu investor. Yang terbaru adalah lewat e-commerce Bukalapak. Saya mencatat tidak hanya keuntungan Reksadana Bukalapak, tetapi juga tantangannya bagi calon investor.

Dulu saya tidak pernah membayangkan proses investasi bisa dilakukan semudah sekarang dengan cara online. Lima tahun lalu, saya masih harus bolak balik ke kantor bank untuk bisa membeli Reksadana.

Sekarang, dunia berubah. Salah satunya, investasi bisa via toko online Bukalapak.

Selama ini, investasi Reksadana selalu dijual lewat platform yang dimiliki lembaga keuangan. Tidak terbayangkan bahwa toko online akan menjual instrumen investasi ini.

Ini sebuah upaya terobosan yang menarik. Karena kita semua paham bahwa proses melalui perbankan itu tidak hanya memakan waktu, tetapi juga dilakukan secara manual dan offline.

Cara Reksadana Bukalapak

Setelah mendengar toko online menawarkan investasi Reksadana, jujur saya penasaran karena tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Cara satu-satunya untuk membuktikan adalah dengan mencoba sendiri. Saya putuskan berinvestasi via Bukareksa di Bukalapak.

Pengalaman itu, saya tulis dalam catatan singkat berikut ini:

#1 Daftar

Anda masuk ke situs Bukalapak dan memilih BukaReksa. Tombolnya tersedia di baris atas homepage toko online ini.

Setelah itu, silahkan klik ‘Daftar Sekarang’. Jika belum punya akun di Bukalapak, Anda harus membuat dengan mengisi data – data. Jika sudah punya, Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk langsung melakukan transaksi.

#2 Memilih

Setelah masuk ke BukaReksa, Anda mendapatkan pilihan produk Reksadana. Saat ini, produk yang ditawarkan adalah jenis Pasar Uang, yaitu:

  • Bukareksa Pasar Uang – CIMB-PRINCIPAL
  • Bukareksa Pasar Uang – Reksa Dana Syariah Mandiri

Tidak tahu alasan kenapa Bukalapak hanya menawarkan jenis Pasar Uang. Dugaan saya, karena ini adalah jenis reksadana yang paling aman.

Sebelum membeli, Anda bisa membandingkan kinerja antar reksadana, dengan membandingkan trend return dalam periode tertentu. Tinggal klik dibagian kanan ‘Lihat Grafik’.

#3 Membeli

JIka sudah yakin, Anda mau beli, maka klik ‘Beli’. Anda akan dibawa ke halaman yang berisi penjelasan lengkap soal produk Reksadana yang dipilih.

Dua hal yang perlu jadi perhatian dan wajib dibaca adalah (1) Prospektus dan (2) Keterangan Ringkas. Dokumen tersebut membahas pengelolaan dan resiko investasi di Reksadana.

Perlu Anda ketahui bahwa seaman-amannya Reksadana, pasti tetap ada resikonya. Apa resikonya, bisa Anda ketahui sedari awal dari kedua dokumen tersebut.

Berapa nilai investasi yang diijinkan ? Biasanya ada ketentuan minimum investasi.

Ini yang menurut saya paling keren dan belum pernah saya lihat di platform lain. Bukalapak membuka minimum investasi mulai dari Rp 10,000. Betul, Rp 10 ribu sudah bisa.

Buat Anda, yang belum familiar dan masih takut-takut, bisa memulai dengan nilai investasi yang kecil ini. Ini bisa jadi sarana pembelajaran.

Setelah memutuskan beli, Anda harus menempatkan dana. Bisa dilakukan via e-wallet BukaDompet dengan mengisi saldonya terlebih dahulu atau berbagai macam cara pembayaran yang lain.

Keuntungan Reksadana Bukalapak

Saya mencatat sejumlah keunggulan Reksadana Bukalapak, jika saya bandingkan dengan channel pembelian lain, seperti Bank, Platform Online dan lainnya.

#1 Bisa Investasi Rp 10 ribu

Ini yang menurut saya paling keren. Investasi cukup Rp 10 ribu.

Bayangkan Anda bisa menikmati layanan investasi dari professional dengan jumlah investasi sekecil ini. Itu luar biasa, menurut saya.

Cocok sekali dengan segment pasar Bukalapak, yaitu generasi millennial. Generasi yang mungkin mayoritas masih 1st jobber atau bahkan mahasiswa, dengan kemampuan keuangan terbatas. Tetapi, jika mereka ingin belajar investasi, bisa mencoba di BukaReksa.

Dengan minimum investasi yang sekecil itu, anak muda ini tentu saja sangat terbantu. Mereka bisa mencoba dan seiring kenaikkan kelas pendapatan akan bisa meningkatkan nilai investasi.

#2 Daftar Mudah

Karena bersatu dengan situs e-commerce, proses pendaftaran menjadi sangat mudah. Anda bisa menggunakan akun Bukalapak Anda, yang sudah terdaftar, untuk bertransaksi Reksadana.

Kemudahan ini akan sangat membantu. Karena pengalaman saya selama ini, membuka akun untuk investasi Reksadana tidak gampang sebab Anda harus datang sendiri ke kantor bank atau pengelola, dengan membawa sejumlah dokumen.

#3 Banyak Pilihan Cara Bayar

Buat para investor pemula, salah satu masalah investasi Reksadana adalah pilihan cara bayar yang terbatas. Hanya bisa ke rekening bank tertentu yang ditunjuk oleh pengelola Reksadana.

Bukalapak menawarkan banyak pilihan cara bayar.

Contohnya, setahu saya, belum ada proses pembelian Reksadana lewat e-wallet, sementara pembelian Reksadana di Bukalapak bisa dibayar via e-money BukaDompet.

Selain e-wallet, BukaReksa menyediakan berbagai macam cara pembayaran, antara lain: Indomaret atau Alfamart, BCA KlikPay (KlikBCA Individu), Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel.

Wow, sekarang, Anda bayar Reksadana lewat Indomaret atau Alfamart sudah bisa dilakukan.

Kelemahan

Meskipun banyak keuntungan Reksadana Bukalapak, namun saya juga mencatat sejumlah.

#1 Belum Dikenal

Salah satu tantangan utama adalah membuat orang percaya bahwa aman melakukan investasi di toko online Bukalapak.

Bukalapak dikenal sebagai situs e-commerce, bukan Fintech atau investasi online. Orang pasti bertanya betulkah investasi via Bukalapak aman.

Sejak banyak kasus investasi bodong, masyarakat itu jadi paranoid soal investasi, apalagi yang berbau online. Karena itu, jadi tugas Bukalapak memperkenalkan dan paling penting membangun trust bahwa investasi via platform mereka aman.

Satu hal yang saya lihat penting disampaikan di awal oleh Bukalapak adalah siapa pihak yang memiliki ijin sebagai agen penjual Reksadana. Karena ternyata yang punya, bukan Bukalapak, tetapi Bareksa.com yang bekerjasama dengan Bukalapak.

Soal ini, saya simpulkan setelah kebetulan membaca disclaimer, yang harus disetujui sebelum melakukan pembelian Reksadana, yang berbunyi “BukaReksa adalah wadah yang dihadirkan PT Bukalapak.com sebagai gerai penjualan yang memiliki jaringan luas dan bekerjasama dengan PT Bareksa Portal Investasi sebagai Agen Penjual Reksa Dana yang telah mendapatkan izin dari OJK RI.

Tentu kita jadi bertanya, siapa kah Bareksa.com ?

Nah, dalam situs Buka Reksa ini tidak dijelaskan secara gamblang soal Bareksa.com. Kondisi ini seharusnya dijelaskan secara lebih jelas di halaman muka pembelian BukaReksa.

#2 Hanya 1 Jenis Reksadana

Saat ini baru ada 2 Reksadana dari 1 jenis instrumen, yaitu Pasar Uang.

Dengan terbatasnya pilihan instrumen di BukaReksa, manfaat diversifikasi Reksadana menjadi terbatas. Anda tidak bisa membagi resiko secara efisien dan mendapatkan keuntungan optimal.

Sementara, salah satu keuntungan beli Reksadana adalah bisa melakukan diversifikasi investasi dengan murah dan mudah. Karena Anda bisa memiliki berbagai instrumen keuangan dengan mudah.

#3 Kurang Panduan

Dugaan saya mayoritas pengunjung Bukalapak tidak paham apa itu Reksadana. Itu hal yang wajar karena mereka adalah pengunjung situs e-commerce.

Ditambah lagi, secara umum pemahaman masyarakat soal Reksadana masih terbatas. Itu ditunjukkan oleh fakta bahwa, meskipun sudah berusia cukup lama, jumlah nasabah Reksadana masih amat sedikit (dibandingkan jumlah penduduk).

Karena itu, dalam konteksi ini, perlu panduan investasi yang komprehensif dan mendetail. Khususnya penjelasan soal jargon – jargon investasi, yang tidak semua awam memahaminya.

Sayangnya, panduan tersebut saya lihat masih sangat kurang di BukaReksa. Saya suka dengan iklan – iklan e-commerce Bukalapak yang kreatif dan segar. Seharusnya, iklan atau edukasi yang sama bisa diberikan untuk calon nasabah BukaReksa.

Kesimpulan

Keuntungan Reksadana Bukalapak menurut saya adalah sebuah terobosan kemudahan dalam berinvestasi. Kendala selama ini atas terbatasnya akses pembelian Reksadana menjadi terbuka lebar sekarang.

Sekarang siapapun bisa bertransaksi di Reksadana. Cukup siapkan uang 10 ribu rupiah untuk memulai investasi.

Nikmati keuntungan investasi di Reksadana terbaik.