Cara Menghitung Untung Rugi Reksadana

  • April 19, 2015

Saya menerima pertanyaan mengenai bagaimana cara menghitung untung rugi berinvestasi di Reksadana. Ini cara perhitungannya.

Tulisan ini bagian dari Panduan Investasi Reksadana.

Ini adalah salah satu pertanyaan yang diajukan pengunjung blog:

Setelah sy beli RD di salah satu MI yg ada di IPOTFund, kemudian saya diamkan/pasif (tidak saya jual ketika NAB tinggi) apakah masih ada keuntungan setelah jangka waktu tertentu; misal 5 tahun (kan provitnya naik turun)?

Perhitungan untung rugi investasi Reksadana mudah dan tidak rumit. Yang penting paham informasi apa yang perlu dicari.

Dalam investasi Reksadana, Anda akan membeli yang namanya: Unit Penyertaan. Unit penyertaan adalah satuan yang menunjukkan kepemilikan di Reksadana tersebut.

Jumlah unit penyertaan ini akan berubah seiring dengan pembelian atau penjualan Reksadana.

Unit penyertaan ada harganya, yaitu Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value (NAV). Jumlah unit penyertaan yang Anda peroleh tergantung dari harga NAB/NAV per unit pada hari dimana Anda membeli Reksadana tersebut.

Naik turunnya nilai investasi di Reksadana ditentukan oleh perkembangan harga NAB per unit.

Untuk memahami transaksi dalam Reksadana, silahkan perhatikan ilustrasi di bawah ini :

  • Pada tanggal 30 Mei 2012, Anda membeli Reksadana Schroders Istimewa sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp. 2.000 Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000/2.000 = 2.500 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 10 April 2013, Anda menjual seluruh Reksadana Schroder. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp 3.000. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 3.000 x 2.500 = Rp.7.500.000

Berapa keuntungan investasi di Reksadana ? Nilai investasi naik dari awal 5 juta menjadi 7.5 juta sehingga return adalah 50%.

Ilustrasi lain dibawah ini:

  • Pada tanggal 30 Mei 2012, Anda membeli Reksadana Schroders Istimewa sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp. 2.000 Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000/2.000 = 2.500 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 10 April 2013, Anda menjual seluruh Reksadana Schroder. NAB/unit Reksadana Schroder pada hari itu adalah Rp 1.500. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 1.500 x 2.500 = Rp.3.750.000.

Berapa keuntungan investasi di Reksadana ? Nilai investasi turun dari awal 5 juta menjadi 3.75 juta sehingga return adalah minus 25%.

Dari penjelasan ini, Anda dapat melakukan perhitungan Reksadana dengan melihat informasi NAB per unit dan Unit Penyertaan.

#1 NAB per unit

NAB per unit adalah ‘harga’ dari Reksadana yang Anda miliki. NAB ini berubah setiap  hari sesuai dengan kinerja Reksadana.

Jadi jika NAB ini turun artinya per hari ini nilai investasi Reksadana turun. Misalnya karena harga – harga saham dimana Reksadana tersebut menempatkan dananya mengalami penurunan. Begitu pula sebaliknya.

Ini adalah contoh perhitungan NAB/NAV yang disediakan oleh salah satu platform Reksadana Online. Nilai NAV adalah Rp 1.142 per unit untuk Reksadana BNP Paribas Omega.

Nilai Aktiva Bersih Reksadana

NAB ini tersedia setiap hari di Reksadana Online atau di koran tertentu. Untuk Reksadana Online informasi lebih mudah karena tersedia secara online sehingga tidak perlu mencari-cari lagi.

#2 Unit Penyertaan

Setiap kali membeli Reksadana, Anda akan mendapatkan info berapa unit penyertaan yang diperoleh. Setiap bulan, pihak Manajer Investasi akan mengirimkan surat pemberitahun kepada Anda yang menyebutkan jumlah unit penyertaan Reksadana yang Anda miliki saat ini.

Jika terjadi penambahan atau pencairan nilai investasi di Reksadana, hasilnya akan tercermin di perubahan jumlah unit penyertaan.

Di Reksadana Online, info unit penyertaan ini bisa dengan mudah Anda lihat.

Ini adalah contoh perhitungan nilai investasi Reksadana yang ditampilkan dalam platform online.

Reksadana Commonwealth

Unit Holding adalah jumlah unit penyertaan yang dimiliki. NAV/unit adalah NAB unit per hari ini. Estimation adalah jumlah nilai investasi Reksadana.

Dengan laporan yang online, pemilik bisa dengan mudah dan cepat mengetahui posisi nilai investasinya.

Pastikan untuk selalu mengecek jumlah unit penyertaan karena itu pada dasarnya menunjukkan nilai investasi. Terutama saat setelah membeli atau menjual Reksadana.

[grwebform url=”https://app.getresponse.com/view_webform_v2.js?u=hGHte&webforms_id=13553505″ css=”on” center=”off” center_margin=”200″/]

Kesimpulan

Cara perhitungan untung rugi Reksadana cukup sederhana. Pengalaman saya menggunakan fasilitas platform Reksadana Online adalah cara paling mudah untuk mendapatkan informasi mengenai hasil investasi. Karena semuanya tersedia secara cepat dan online (bisa diakses dari mana saja).

Ingin tahu bagaimana cara investasi yang mudah dan murah, silahkan baca Panduan Investasi Reksadana.

GRATIS Daftar 5 Reksadana Saham Terbaik

38 Responses

  1. intan

    Pak, saya ingin berinvestasi di reksadana, tapi banyak tidak mengertinya. Saya mau tanya ya pak utk beberapa hal seperti: 1. Dana yg ditrasnfer ke rekening investor bisa diatur rutin bulanan seperti bayar premi asuransi atau ada kewajiban menambah kapan saja. 2. Dana yg ditransfer ke rek investor misal 400rb/bln apakah harus kita belanjakan (beli) produk RD dengan inisiatif sendiri atau bisa auto oleh MI? 3. Begitupun utk menjual, apakah harus kita juga yg melakukannya, bukan dikerjakan oleh MI? 4. Jika harus kita sendiri artinya mau invest harus bener2 ngerti ya pak kalau tidak dana kita di rekening investor ga berguna / mengendap sajaka? Mohon pencerahan ya pak, utk mengerti sebelum memulai.

    Reply
    • admin

      (1) Terserah mau investasi kapan saja di Reksadana. Reksadana BUKAN Asuransi Unit Link yang wajib setor setiap bulan.
      (2) Anda setor 400rb maka MI yang akan mengelola dana tersebut. Anda duduk manis saja.
      (3) Perintah jual, tentu saja, datang dari Anda. MI akan mengeksekusinya sehingga dana Anda cair.
      (4) MI yang mengelola semuanya. Anda tinggal setor dana ke Rek Investor. Makanya disebut Reksadana karena ada MI yang mengeloa.

      Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan simak Serba Serbi Reksadana.

      Reply
  2. Giovanni martin

    Malam Pak, saya mau investasi di reksadana. Adakah investasi reksadana yang return nya bisa saya cairkan secara bulanan? Sy membutuhkan dana tsb utk kebutuhan harian. Mohon pencerahannya. Trims Pak Rio

    Reply
  3. Lestyo

    Pagi Pak, saya mau bertanya tentang reksadana dan saya ingin sekali investasi di RD tetapi saya sangat2 tidak mengerti ttg itu, 1. Apaka setiap bulanya kita wajib menyetor? 2.Apakah kita yg berinvestasi di RD akan dikenkan denda jika NAB nya rendah atau nilai investasi kita anjlok? 3.Dimana kita bisa melihat gerak gerik investasi kita?
    Maaf ya pak jika pertanyaan ini tidak masuk akal, ini karena saya benar benar blm mengerti dan saat ini juga masih dalam tahap belajar. Terima Kasih

    Reply
    • admin

      Lestyo,

      Reksadana itu bukan Asuransi Unit Link. Dari pertanyaan Anda terlihat menyamakan keduanya. (1) Tidak ada kewajiban setor di Reksadana; (2) Tidak ada denda di Reksdana; (3) Bisa cek secara online dimana tempat Anda beli Reksadana.

      salam

      Reply
  4. wilson

    Pak, saya mau berinvestasi RD pasar uang, pertanyaan nya apakah RD memiliki resiko untuk kehabisan/kerugian total dari jumlah investasi.. bilang lah misalnya saya berinvestasi di 100rb saja…

    Terima kasih pak.

    Reply
      • Hiratya

        Menyimak pertanya sdr wilson saya mau tanya pak .. apakah resiko nya sampai saya kehilangan modal 100% .. bila iya apakah ada solusi untuk menghidari kehilangan modal 100%

      • admin

        Layaknya semua investasi, berlaku hukum High Risk High Return. Anda harus diversifikasi investasi dan memilih instrumen Reksadana yang sesuai dengan tujuan keuangan.

  5. Mella

    Pak, saya sudah mencoba investasi dengan reksadana sebagai pemula saya sangat nyaman dgn reksadana.
    Aman dan sangat mudah. Kemaren hampir terkena jebakan ‘unitlink’ disalah satu bank tapi terselamatkan.
    Skrg mencoba auto invest di commbank. Bahkan disana dibantu langsung oleh personal banker. Sangat membantu bagi investor pemula. Terimakasih atas sharing ilmunya Pak

    Reply
  6. Marsha

    Terima kasih Pak, artikelnya bermanfaat sekali. Namun bagaimana cara menghitung keuntungan untuk pembelian reksadana secara berkala? Misalnya beli RD sebesar Rp. 5.000.000 dengan NAB/unit Rp. 2.000, mendapat 2.500 unit penyertaan. Lalu beli RD lagi sebesar Rp. 5.000.000 dengan NAB/unit Rp. 2.500, mendapat 2.000 UP.

    Keuntungan investasinya jadi berapa Pak? (Misalnya menggunakan data di artikel…seluruh RD dijual dengan NAB/unit pada hari itu adalah Rp 1.500). Terima kasih sebelumnya 🙂

    Reply
    • admin

      tinggal dihitung selisih harga beli dan harga jual di setiap pembelian dikalikan jumlah unit.

      Reply
  7. Deppa

    Selamat siang pak admin, kalau misalnya saya lihat NAB/unit pada hari itu Rp1.000, dan saya perintah MI jual pada hari itu juga, apakah NAB yang dicairkan pada saat itu pasti senilai harga Rp1.000 itu atau ada selisih waktu MI melakukan eksekusi penjualan, misalanya jadi esok harinya dimana NAB/unit misalnya menjadi Rp 900?
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  8. Yulia

    Pak, kalau untuk reksadana yang paling recomended dari Bapak apa ya? Saya baru mau belajar jadi mau cari investasi yang mudah saja dan hasilnya lumayan. Terima kasih.

    Reply
  9. Devid

    Pak, Mohon maaf mau tanya,

    Misalkan saya ikut reksadana pendapatan tetap 10 juta, bisa ga pas sell saya mau jual unit nya sedikit aja ? bukan all in ? karena saya cuma mau ambil seharga untung nya aja.

    terima kasih.

    Reply
  10. yozzedha

    pak, kira-kira di bank mana saya bisa berinvest reksadana. tolong direkomendasikan. sebab saya masih awam dan pemula. makasih.

    Reply
  11. Hany Hendriana

    saya mau tanya, kalau di saham kita mendapatkan keuntungan dari Capital Gain atau Devidend. Nah, untuk Reksadana untuk mendapatkan keuntungannya bagaimana selain dari kenaikan NAB/Unitnya? Apakah ada keuntungan lainnya. Misalnya seperti Devidend Saham jika kita investasi di Saham secara langsung.

    Reply
    • admin

      Jika saham yang dibeli Reksadana memberikan deviden maka diterima sebagai pendapatan oleh Reksadana. Devidend ini meningkatkan nilai NAB Reksadana.

      Reply
  12. ivalgan

    pak berapa fee subscribtion, installment, redemption dari RD. knapa tidak dibahas. krna keuntungan kita masih dikurangi hal tsbt.
    trims

    Reply
  13. Sahasra

    Selamat sore pak rio,
    Saya mau bertanya , misal di sebuah reksadana saham return selama 8 tahun adalah 200%,
    bagaimana cara menghitung return rata2 pertahun nya ?

    Reply
  14. Qath

    Pak untuk RD ada beberapa produk ya.. saya interest sama produk mawar.bisa tolong di jelaskan pak.bagamna cara menghitung profit dan Loss saya kurang paham 🙂 mkasih

    Reply
  15. Jonathan

    Pagi Admin, saya sudah terlanjur ikut investasi unit link di salah satu Bank selama 7 tahun, dan tahun ini merupakan tahun ke 5 dengan nilai sebesar 25 jt per tahun. Menurut admin apakah sebaiknya saya cairkan dana yang ada saat ini yakni sebesar 100 jt dengan menanggung kerugian sebesar 25 jt akibat biaya pinalti karena melanggar kontrak yg telah disepakati selama 7 th, lalu dana tersebut dialihkan ke salah satu jenis RD (RD Pasar Uang atau RD Pendapatan Tetap) selama 2-4 tahun.
    Apakah menurut admin, saya akan lebih untung dengan langkah tersebut dibandingkan tetap bertahan di unit link sampai selesai di 2019? Mohon pencerahannya pak, terimakasih.

    Salam

    Reply
    • admin

      Ini kasus yang cukup sulit karena ada pinalti yang cukup besar. Anda harus hitung, keuntungan jika pindah ke Reksadana (dikurangi denda) vs keuntungan unit link. Dalam kasus yang umum, biasanya saya sarankan tutup Unit Link-nya. Tapi dalam kasus Anda perlu dihitung dgn cermat untung ruginya.

      Reply
  16. Herfiki

    Pagi Pak, saya ingin menanyakan,, misalkan saya mempunyai reksadana dengan jumlah unit penyertaan 1000 unit dan NAB Per unit Rp.1500, kemudian di RD Online menyebutkan ada biaya transaksi penjualan 2% dan pembelian 1%. Nah jika saya ingin menjual Reksa Dana saya pada saat itu apakah masih dikurangi biaya penjualan 2% tersebut? Apakah perhitungan bersih yang saya terima menjadi seperti ini ==> Penjualan = 1000 x 1500 = 1.500.000 – 2%(1.500.000) = 1.470.000,-

    Reply
  17. Tipar

    selamat siang Pak,
    saya mau menanyakan, misalkan saya membeli RD Pendapatan tetap dengan pembelian awal Rp 1.000.000 jangka waktu 3th apakah saya harus setor setiap bulan Pak? karena pada form pembelian ada kolom isian Autodebet untuk memilih setiap tanggal 26/02 setiap bulannya. Dan apakah jika belum 3 tahun jika NAB per unit sedang baik saya bisa cairkan? Mohon penjelasannya. terima kasih

    Reply
  18. alonzo

    Pak, semisal saya beli RD A Rp. 100.000,- dengan NAB Rp. 1.000,- (dapat 100 unit)..STDEV 0,0005..return per tahun 10%..lalu bagaimana cara analisis harga NAB 1 thun kemudian ya pak?mohon penjelasannya..trima kasih

    Reply
    • admin

      Lihat NAB di 1 tahun kemudian. Misalnya, NAB di 1 tahun kemudian adalah Rp 1.500. Maka nilai investasi adalah Rp1.500x100unit =Rp 150.000.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.