5 Pilihan Bank Penjual Reksadana Terbaik BCA Mandiri BRI

  • November 5, 2017

Ingin transaksi produk Reksadana ? Salah satunya adalah lewat perbankan karena jaringan paling luas dan paling dikenal. Saya mencatat 5 bank penjual Reksadana terbaik, antara lain BCA, Mandiri, BRI, BNI, yang menawarkan online maupun datang ke cabang.

Saya paham kekhawatiran banyak orang ketika ingin mencoba investasi Reksadana. Mereka khawatir apakah ini investasi bodong atau tidak.

Kita harus akui bahwa banyaknya kasus investasi bodong belakangan ini membuat kepercayaan banyak orang terhadap instrumen investasi menjadi luntur. Orang jadi lebih memilih instrumen konvensional, seperti tabungan, deposito, untuk menempatkan uang.

Sementara, seperti sudah berulang kali saya sampaikan, simpanan di tabungan atau deposito punya banyak keterbatasan. Banyak tujuan keuangan yang tidak bisa dicapai dengan hanya menabung.

Dalam kondisi ini, penjualan Reksadana lewat jaringan perbankan menjadi penting dan strategis.

Pertama, orang menjadi lebih percaya dan yakin jika membeli Reksadana lewat jaringan bank karena bank dianggap institusi keuangan terpercaya.

Kedua, proses jual beli lewat kantor cabang dengan bertatap muka membangun trust sekaligus mengedukasi soal Reksadana.

Apa Bank yang Jual Reksadana ?

Saya mencatat sejumlah bank memiliki komitmen bagus dalam menyediakan Reksadana untuk nasabahnya. Sebagian besar yang saya jelaskan disini, prosesnya sudah saya alami sendiri.

#1 Commonwealth Bank

Commonwealth Bank Jual Reksadana

Bank ini adalah salah satu yang paling pionir menjual Reksadana kepada masyarakat awam. Khususnya menyediakan minimum transaksi yang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu.

Reksadana pertama saya, saya beli via Bank Commbank ini. Saat itu, hanya Commonwealth yang menyediakan fasilitas transaksi investasi online dengan jumlah terjangkau.

Terkait proses di Commbank, Anda tetap harus datang ke kantor cabang tetapi hanya untuk pembukaan rekening pertama kali. Setelah itu, Anda cukup bertransaksi via aplikasi mobile Commbank dan tidak perlu datang lagi ke cabang.

Salah satu keunggulan bank ini adalah pilihan produk Reksadana yang cukup banyak dan beragam. Karena ada banyak Manajer Investasi yang menjual produk mereka disini.

Saya lihat beberapa produk tidak mengenakan biaya pembelian alias 0%. Dan dibarengi pula fasilitas auto-invest yang memungkinkan Anda melakukan investasi secara rutin dan otomatis, tanpa perlu setiap saat melakukan pembelian.

Tetapi, karena jumlah cabang Commbank masih terbatas, sementara tetap ada kewajiban harus datang ke kantor cabang meskipun hanya untuk pembukaan pertama, itu bisa jadi kendala. Khususnya buat mereka yang di daerahnya tidak ada kantor cabang bank ini.

#2 Bank Permata

Bank Permata Jual Reksadana

Bank ini menyediakan transaksi Reksadana via PermataNet.com, aplikasi online banking buat nasabah Bank Permata.

Karena prosesnya dalam satu aplikasi, nasabah dimudahkan untuk melakukan transaksi beli dan jual secara one-stop shopping. Tidak perlu pindah aplikasi, cukup di PermataNet.

Saya perhatikan aplikasi ini sangat lengkap memberikan informasi soal Reksadana. Ada pilihan Reksadana terbaik, biaya jual beli, dan lain-lainnya.

Namun, yang penting diperhatikan, untuk bisa melakukan investasi Reksadana maka nasabah harus mendaftarkan diri di kantor cabang Bank Permata. Kedatangan ke kantor cabang ini hanya satu kali saja.

Nanti setelah terdaftar, nasabah bisa melakukan proses selanjutnya secara online. Tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

Biaya pembelian lewat cabang dan online dibedakan. Online lebih murah.

#3 Reksadana Mandiri

Cara Investasi Mandiri Reksadana

Mandiri Reksadana menyediakan penjualan Reksadana di kantor cabang Bank Mandiri. Selain itu, Anda bisa pula akses online via most.co.id, yang merupakan aplikasi jual beli saham dan Reksadana yang dimiliki anak perusahaan Bank Mandiri, yaitu Mandiri Sekuritas.

Pilihan investasi Reksadana Mandiri cukup beragam dan tidak hanya yang dikelola oleh Mandiri Investasi tetapi juga Manajer Investasi lain. Salah satu yang menarik adalah minimum investasi bisa mulai dari Rp 50 ribu.

Buka Reksadana Mandiri di most.co.id

Saya menyarankan Anda buka Mandiri Reksadana dengan fasilitas online di most.co.id. Most adalah kanal investasi online Reksadana Mandiri.

Salah satu keunggulannya adalah proses pendaftaran yang tidak perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Anda cukup melakukan video call dengan pihak Mandiri untuk verifikasi nasabah.

Langkah – Langkah melakukan investasi di Reksadana Mandiri:

  • Nasabah membuka Rekening Efek dan melengkapi dokumen.
  • Menyetor dana ke rekening MTBI yang telah dibuka terlebih dahulu
  • Mempelajari investasi reksadana, termasuk membaca prospektus
  • Pastikan bahwa dana di rekening investasi MTBI sudah mencukupi sesuai dengan rencana sebelum melakukan pembelian reksadana
  • Nasabah melakukan input pembelian di most.co.id
  • Nasabah menerima konfirmasi transaksi pembelian dari bank kustodian.

Anda bisa membaca semua Reksadana yang tersedia di Daftar Reksadana Mandiri.

Anda bisa melihat dibawah ini adalah layar di most.co.id yang menunjukkan pilihan investasi Reksadana Mandiri dengan langkah cara memilih serta mengeksekusi transaksi jual beli:

Buka Reksadana Mandiri

#4 Bank BNI

Bank BNI Jual Reksadana

Bank BNI menawarkan Supermarket Reksadana di cabang mereka.Terdapat produk dari 8 Manajer Investasi yang ditawarkan.

Untuk pembelian, Anda harus menjadi nasabah Bank BNI terlebih dahulu. Minimum investasi pertama adalah Rp 10 juta, lalu berikutnya Rp 1 juta.

Nasabah mengisi dan menandatangani formolir yang diperlukan di Kantor Cabang BNI terpilih dengan melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku. Nasabah melakukan penyetoran / transfer dana pembelian dan biaya pembelian sebelum pukol 11.30 WIB.

Saya lihat Bank BNI belum memiliki fasilitas Reksadana online. Semua proses dilakukan lewat cabang – cabang mereka. Anda harus datang ke cabang setiap kali ingin melakukan transaksi Reksadana.

#5Reksadana BCA

BCA Jual Reksadana

Reksadana BCA menawarkan Reksadana di kantor – kantor cabang BCA yang menjual produk ini. Terdapat sekitar 155 kantor cabang yang menjadi agen penjual dan bisa melayani jual beli Reksadana.

Terdapat produk Reksadana dari 8 Manajer Investasi yang ditawarkan lewat BCA. Mereka adalah Manajer Investasi yang sudah cukup dikenal.

Produk Reksadana BCA cukup beragam, yaitu mulai dari pasar uang sampai syariah. Tersedia pula kalkulator untuk melakukan simulasi return keuntungan investasi di Reksadana.

Paling kecil, minimum pembelian pertama adalah Rp 200 ribu dan selanjutnya Rp 100 ribu. Ketentuan soal minimum pembelian ini bisa berbeda – beda tergantung jenis Reksadana.

Terkait cara berinvestasi di BCA, saat ini, saya lihat BCA belum melayani pembelian Reksadana online. Anda harus datang ke kantor cabang untuk melakukan investasi beli atau jual. Tetapi, Anda bisa melihat saldo Reksadana di KlikBCA.com.

#6 Reksadana BRI

BRI sebagai salah satu bank terbesar dan jaringan terluas menawarkan Reksadana BRI. Perlu diingat bahwa fungsi BRI adalah sebagai  Agen Penjual Efek Reksa Dana yang tidak bertanggung jawab atas segala tuntunan dan risiko atas pengelolaan portofolio reksa dana.

Daftar Reksadana BRI adalah:

  • PT. Schroders Investment Management Indonesia
  • PT. BNP Paribas Investment Partners
  • PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT. Danareksa Investment Management
  • PT. Bahana TCW Investment
  • PT. Trimegah Asset Management
  • PT. Kresna Asset Mangement
  • PT. Henan Putihrai Asset Management

Perbandingan Reksadana

Agar lebih jelas, saya merangkum fitur ke lima bank diatas dalam tabel dibawah ini. Anda bisa menilai mana yang paling cocok dengan kondisi Anda.

Perbandingan Bank Penjual Reksadana

Penjelasan soal Resiko Reksadana dan bagaimana mengatasinya.

Kesimpulan

Belum berani investasi Reksadana ? Anda bisa coba melakukan pembelian di jaringan perbankan.

Dengan jumlah minimum investasi yang terjangkau, mulai dari Rp 50 ribu, Anda sudah bisa melakukan investasi Reksadana. Selamat mencoba !

2 Responses

  1. akhmadzaeni

    apakah aturan pendaftaran pertama di mandiri Rp.50.000,- saat ini masih berlaku ?

    Reply
  2. Panduan Investasi Reksadana bagi Pemula – Zaipad

    […] 5 pilihan bank penjual reksadana terbaik BCA Mandiri BRI via Duwitmu […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.