4 Manajer Investasi Reksadana Terbaik

  • September 25, 2017

Apa Reksadana terbaik yang layak saya beli ? Itu pertanyaan yang paling kerap diajukan di blog ini. Untuk itu, kami membahas 4 Manajer Investasi Reksadana yang menurut kami layak beli dan terpercaya.

Maraknya kasus investasi bodong membuat banyak orang takut berinvestasi. Maklum, cerita penipuan itu membuat orang trauma.

Sementara itu, Anda wajib berinvestasi demi mewujudkan tujuan keuangan. Tanpa investasi, cita – cita keuangan Anda akan kujur, hancur.

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang menurut kami paling sesuai untuk kita yang awam dan memiliki dana terbatas. Instrumen ini murah, dan mudah.

Pasalnya, banyak yang ingin mencoba tapi bingung memilih Reksadana mana yang terbaik.

Salah satu caranya, melihat siapa Manajer Investasi yang mengelola Reksadana tersebut.

Who is the man behind the gun ?

Manajer Terbaik

Kami mencatat 4 Manajer Investasi yang menurut kami paling mumpuni dan bisa dipercaya. Belum tentu, mereka mencatat kinerja return tertinggi, tetapi yang pasti memiliki track record yang baik dan senantiasa menyabet award dari berbagai lembaga sebagai Reksadana terbaik.

Schroders

Manajer Investasi Schroders

Schroders adalah Manajer Investasi dengan dana kelolaan terbesar di Indonesia. Total dana kelolaan mencapai Rp 88 T.

Ini Reksadana yang saya beli pertama kali. Sejauh ini kinerjanya tidak mengecewakan.

Schroders memiliki beberapa produk yang kerap menyabet penghargaan, antara lain:

  • Schroder Dana Prestasi Plus. Reksadana Saham yang berusia 17 tahun (mulai 2000) dengan total dana kelolaan Rp 16 T per Agustus 2017. Total keuntungan 24% per tahun sejak diluncurkan.
  • Schroders Dana Prestasi. Reksadana Saham yang berusia 20 tahun (mulai 1997) dengan total dana kelolaan Rp 4 T per Agustus 2017. Total keuntungan 20% per tahun sejak dimulai.
  • Schroders Dana Mantap Plus II. Reksadana Campuran yang berusia 20 tahun (mulai 1997) dengan total dana kelolaan Rp 4 T per Agustus 2017. Total keuntungan 20% per tahun sejak dimulai.

BNP Paribas

Manajer Investasi BNP Paribas

BNP Paribas adalah Manajer Investasi asal Prancis dan termasuk 5 besar dalam hal dana kelolaan di Indonesia. Total dana kelolaan Rp 32 T.

Keunggulannya adalah banyak Reksadana mereka yang menerima award terbaik. Produk yang mereka tawarkan cukup spesifik dalam arti target investasi ke sektor tertentu, misalnya infrastruktur, sehingga cocok buat Anda yang ingin berinvestasi dengan tingkat keuntungan lebih tinggi dan siap menerima resiko lebih besar.

Beberapa yang saya sudah pernah berinvestasi adalah:

  • BNP Paribas Ekuitas.Reksadana Saham yang berusia 16 tahun (mulai 2001) dengan total dana kelolaan Rp 2 T per Agustus 2017. Total keuntungan 19.59% per tahun sejak dimulai.
  • BNP Paribas Infrastruktur. Reksadana Saham Infrastruktur yang berusia 10 tahun (mulai 2007) dengan total dana kelolaan Rp 3 T per Agustus 2017. Total keuntungan 11.47% per tahun sejak diluncurkan.
  • BNP Paribas Ekuitra. Reksadana Pendapatan Tetap yang berusia 12 tahun (mulai 2005) dengan total dana kelolaan Rp 72 M per Agustus 2017. Total keuntungan 11.68% per tahun sejak diluncurkan.

Manulife

Manajer Investasi Manulife

Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) adalah bagian dari perusahaan asuransi Manulife, Canada. Di Indonesia, MAMI mengelola sejumlah Reksadana dengan Total dana kelolaan Rp 32 T.

Sejauh ini kinerjanya cukup konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki Reksadana berbasis Syariah yang cukup bagus kinerjanya. Anda bisa langsung investasi online di website MAMI (www.klikmami.com) dengan minimum investasi mulai dari 100 ribu.

Beberapa Reksadana andalan dari Manulife adalah

  • Manulife Dana Saham. Reksadana Saham yang berusia 14 tahun (mulai 2003) dengan total dana kelolaan Rp 890 M per Agustus 2017. Total keuntungan 19.49% per tahun sejak diluncurkan.
  • Manulife Syariah Sektoral Amanah. Reksadana Saham yang berusia 8 tahun (mulai 2009) dengan total dana kelolaan Rp 488 M per Agustus 2017. Total keuntungan 17.13% per tahun sejak diluncurkan.
  • Manulife Dana Kas II. Reksadana Pasar Uang yang berusia 12 tahun (mulai 2009) dengan total dana kelolaan Rp 394 M per Agustus 2017. Total keuntungan 5.36% per tahun sejak diluncurkan.

Mandiri Investasi

Manajer Investasi Mandiri

Mandiri investasi adalah Manajer Investasi lokal yang terbesar saat ini. Jumlah dana kelolaan 70 T per Agustus 2017.

Produk yang ditawarkan Mandiri Investasi cukup komprehensif dan bisa dibeli secara online via aplikasi Most.co.id.

Reksadana dari Mandiri yang cukup dikenal adalah:

  • Mandiri Investa Pasar Uang. Reksadana Pasar Uang yang berusia 12 tahun (mulai 2005) dengan total dana kelolaan Rp 8 T per Agustus 2017. Total keuntungan 5.49% per tahun sejak diluncurkan.
  • Mandiri Saham Atraktif. Reksadana Saham yang berusia 6 tahun (mulai 2011) dengan total dana kelolaan Rp 4.92 T per Agustus 2017. Total keuntungan 6.00% per tahun sejak diluncurkan.

Konsultasi Asuransi Kesehatan

Kesimpulan

Daftar Manajer Investasi terbaik diatas tentu saja adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Tidak ada jaminan bahwa saat Anda mencoba hasilnya akan sama persis seperti yang saya alami. Karena investasi ditentukan oleh banyak sekali faktor.

Namun, paling tidak daftar tersebut bisa menjadi panduan awal untuk menjawab pertanyaan, “Apa Reksadana dana Terbaik yang saya bisa beli?”, yang sering masuk ke dalam inbox pertanyaan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!