5 Sifat Buruk yang Bisa Bikin Kamu Jadi Pengusaha

  • December 4, 2015

Menjadi seorang pengusaha sukses memang memerlukan kerja keras, kerja cerdas, disiplin, pantang menyerah dan sifat positif lainnya.

Namun siapa sangka ada banyak sifat buruk yang ternyata bisa membuat Anda jadi pengusaha yang sukses. Tentu saja selama Anda bisa menggarahkan sifat-sifat buruk ini ke tempat yang positif dan menguntungkan.

Misalnya saja lima sifat buruk dibawah ini:

#1 Gampang bosan

Jika Anda gampang bosan, mungkin orang melihatnya sebagai sifat yang buruk karena membuat Anda tidak konsisten. Kemungkinan rasa bosan tersebut muncul karena aktivitas atau pekerjaan yang Anda lakukan monoton dan tidak ada tantangannya sama sekali.

Beberapa pengusaha sukses di dunia juga memiliki sifat ini. Misal, Bill Gates, atau Mark Zuckerberg yang memilih drop out dari kampusnya karena bosan belajar dan memilih mengutak-atik komputer.

#2 Dinilai Pemberontak

Kalau Anda adalah orang yang suka kebebasan, yang tidak bisa diatur dengan peraturan, kebijakan atau hukum, sudah pasti Anda bakal dinilai sebagai pemberontak di tempat kerja.

Apa itu buruk? Ya, bagi perusahaan dan bos karena Anda menjadi orang yang sulit diatur.

Sejatinya, itu justru membuktikan Anda berani berada di luar zona nyaman demi prinsip. Anda juga berani membela dan memperjuangkan prinsip, meski dijauhi banyak orang.

Sifat yang bebas ini justru sangat membantu Anda untuk menjadi pengusaha karena berani mempenjuangkan keinginan Anda.

#3 Keras Kepala

Orang yang memiliki sifat keras kepala menjadi tidak menyenangkan jika sifat itu tiba-tiba muncul. Sulit bagi orang yang keras kepala untuk mengubah pendiriannya. Kadang orang memilih menjauh karena lelah dibanding harus berhadapan dengan si keras kepala ini.

Tapi bagi dunia usaha, sifat ini justru dibutuhkan. Di sini Anda akan mempertahankan pendapat, sehingga akan terlihat kuat, gigih dan tidak mudah menyerah.

Anda akan terus bangun meski sudah jatuh berkali-kali untuk mencapai keinginan tersebut.

#4 Merasa Lebih Jago dari Lainnya

Orang yang merasa lebih jago dalam suatu hal atau bidang tertentu cenderung menyebalkan. Jika Anda memiliki sifat ini, kemungkinan Anda menganggap diri Anda lebih pintar atau jago dibanding orang lain dan biasanya meremehkan orang lain.

Namun sifat ini membuat Anda jadi percaya diri dalam negosiasi bisnis. Anda yakin dapat mengalahkan saingan Anda dan bisa mendapatkan proyek dari klien.

Pengusaha memang kadang terlihat lebih ahli atau membuat dirinya tampak berbeda dari lainnya karena mereka menganggap capaian tersebut berasal dari kemampuannya.

Baca juga: 5 Lubang Neraka Terindah di Dunia Untuk Tujuan Travelingmu!

#5 Tak bisa berhenti

Bagi Anda sosok yang tidak bisa diam, Anda kadang dilihat sebagai sosok yang workoholic atau gila kerja. Padahal Anda hanya tidak bisa membiarkan pekerjaan tidak selesai tepat waktu, tidak sempurna atau ide tidak tersalurkan dengan tepat.

Anda tidak bisa berhenti berkreasi atau beraktivitas meski sudah berada di luar kantor. Hal ini membuat teman-teman kantor sering menjadi gerah dan tidak nyaman dengan Anda yang terlalu bersemangat.

Sementara di dunia bisnis, sifat Anda yang tidak bisa berhenti ini sangat dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses.

Kalau  kamu masih membutuhkan modal untuk usaha, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

Suka artikel ini? Baca ratusan artikel finansial menarik lainnya di sini!

 

3 Responses

  1. danu adji

    Sifat aku banget itu pak, tapi karena yang mengatur masih orang tua, bagaimanapun aku harus lebih bisa dewasa. hehe

    Reply
  2. Bambang Riyanto

    Hehehe..terima kasih.
    Saya kuliah gak lulus,kerja cepat bosan,pindah-pindah terus,dan keras kepala bagi orang-orang terdekat saya.
    Orang-orang dulu heran dan gak habis pikir melihat saya jadi pengamen,jualan kolak di perempatan lampu merah saat bulan ramadhan,jualan panci di arisan ibu-ibu,padahal seringkali orang2 menawarkan pekerjaan kepada saya.
    Tapi Alhamdulillah sekarang bisa bikin usaha,ngasih lapangan kerja buat orang lain,dan tidak menggantungkan hidup dari gaji…

    Reply
  3. Moch Rizal

    Dalam semua sifat yang di sebutkan tadi ada energinya kalau di arahkan yang positif bisa jadi baik kalau sebaliknya jadi kontraproduktif, jadi jangan seneng dulu punya sifat-sifat tersebut, yang paling berat adalah mengalahkan diri sendiri untuk mengarahkan energinya ke yang positif

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.