4 Kesalahan Dalam Menentukan Strategi Bisnis

  • September 9, 2015

Dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, kamu harus memiliki strategi yang tepat. Kesalahan dalam menentukan strategi bisnis akan mempengaruhi perjalanan bisnis kamu. Bagaimana cara mendapatkan strategi yang tepat?

Hindari 4 kesalahan berikut, check this out!

#1 Jangka waktu

Impian Kamu membangun bisnis tentunya dengan harapan dapat tumbuh dan berkembang pesat sepanjang jaman. Perencanaan bisnis yang Kamu susun harus dapat memproyeksikan waktu dari tahun ke tahun. Hindari pemikiran strategi dan solusi ketika masalah datang. Dunia bisnis sangat labil, dibutuhkan sikap waspada dan tanggap dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang. Penyusunan rencana bisnis wajib terdapat poin-poin yang dapat mencegah dan mengatasi kemungkinan kendala penghambat kemajuan bisnis Kamu.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Untuk Kembangkan Bisnis Kamu!

#2 Bidikan target pasar

Sebelum proses produksi dimulai, seharusnya Kamu telah siap dengan daftar calon konsumen. Makalah perencanaan bisnis pasti telah dilengkapi dengan siapa saja yang nantinya akan menjadi pangsa pasar Kamu. Bukan hanya menggali informasi melalui dunia maya, terjun langsung ke lapangan menjadi solusinya. Wawancara beberapa orang di titik yang Kamu bidik menjadi target pemasaran produk. Cara ini mempermudah Kamu ketika produk telah siap di pasarkan. Selain itu, masukan dari individu yang telah Kamu wawancara dapat dijadikan bahan perbaikan kualitias produk.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Kembangkan Bisnis Kamu!

#3 Ruang lingkup

Pebisnis kerap lalai merencanakan strategi untuk mengatasi masalah bisnis yang bersumber dari luar, yakni kompetitor. Mereka hanya matang dalam mengatasi kendala bisnis yang disebabkan oleh pihaknya sendiri. Padahal, kompetitor menjadi momok yang menakutkan pada bisnis yang sedang berjalan. Produk sejenis harus mampu bersaing dengan brand masing-masing. Visi misi Kamu pasti mengunggulkan brand keluaran bisnis milik pribadi. Pantau bisnis tetangga dan bersainglah secara sehat tanpa menjatuhkannya.

Baca juga: Mau Makan Enak Sambil Berhemat Rp 2.3 Juta Pertahun?

#4 Optimis berlebihan

Optimis ialah cerminan tingginya motivasi bagi seorang pebisnis. Sikap ini akan membuat bisnis berkembang jika hadir dalam porsi yang pas. Sayangnya, banyak pebisnis justru gagal karena terlalu optimis. Bisnis bagaikan sebuah mata koin yang memiliki 2 sisi. Jangan hanya fokus pada keuntungannya saja karena peluang rugi juga mungkin Kamu alami. Pertimbangan kerugian dan keuntungan dalam membuat rencana pengelolaan anggaran bisnis.

Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya! Baca juga: Pinjaman Online Modal Usaha Tanpa Jaminan

HM_Logo_new

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.