≡ Menu

Peluang Usaha: Bagaimana Menemukannya?

usaha

Hampir pasti, pertanyaan yang paling sering dilontarkan dan ditanyakan, ketika diskusi soal usaha, adalah apa peluang usaha yang menjanjikan. Usaha apa yang untungnya besar dan modalnya kecil? Seolah – olah usaha yang berhasil menurut seseorang akan dengan mudah direplika dan berhasil ketika dilakukan orang lain. Padahal, banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha. Pertanyaan yang lebih tepat kiranya adalah bagaimana menemukan peluang usaha yang paling cocok dengan kita, sehingga kemungkinan berhasilnya paling besar.

Karena bicara mengenai ‘bagaimana’, maka fokusnya adalah proses. Yang perlu dipelajari adalah langkah – langkah apa yang perlu dilakukan sehingga bisa menemukan peluang usaha, yang tidak hanya menjanjikan, tetapi sesuai dengan minat dan kemampuan kita mengeksekusinya.

Peluang usaha sendiri sebenarnya ada dimana saja dan kapan saja. Kok sepertinya mudah ya? Padahal, banyak yang pusing memikirkan ide memulai bisnis. Ya, karena selama manusia masih hidup dan, mereka memiliki kebutuhan. Menyediakan kebutuhan tersebut adalah peluang.

Peluang Usaha dari Pekerjaan

Cara paling mudah adalah memulai dari pekerjaan Anda saat ini. Kenapa? Karena disitulah ilmu yang paling Anda kuasai. Daripada pusing mencari – cari kesempatan dan belajar lagi sesuatu yang baru , kenapa tidak mulai dari hal yang kita sudah pahami luar dalam. Pasti lebih mudah, bukan.

Apakah dari pekerjaan atau lingkungan pekerjaan kita terdapat peluang membuka bisnis? Apakah ada usaha sampingan yang bisa dirintis dengan keahlian yang Anda miliki? Ini beberapa tipsnya.

  • Berpikir sebagai Wirausaha, meski Masih Bekerja.

    Umumnya, karyawan bekerja pada suatu spesialisasi tertentu. Karena lama di bidang tersebut, jadi paham benar, bagaimana cara kerja dan seluk beluknya. Tetapi, karena selama ini sebagai karyawan, fokusnya adalah menyelesaikan pekerjaan. Efisiensi dan efektivitas jadi tujuan. Bukan melihat celah peluang.

    Coba sekarang fokus dirubah sedikit. Berpikir lah sebagai wirausaha. Adakah peluang yang bisa dimanfaatkan namun belum dilakukan oleh perusahaan? Cobalah kritis. Jangan hanya terpaku pada pekerjaan sehari – hari. Yakinlah bahwa ada peluang disana yang bisa dimanfaatkan.

  • Me-leverage Pengetahuan dan Trust Perusahaan.

    Bisnis itu pada dasarnya ada sisi penjualan dan supplier. Anda bisa mempertimbangkan, apakah bisa menjadi supplier kepada perusahaan.  Karena pernah bekerja dan paham standard kualitas yang dituntut perusahaan, atau bahkan mungkin Anda sendiri yang membuat standard tersebut ketika masih bekerja disitu, Anda punya kemampuan menghasilkan barang atau jasa sesuai tuntutan kualitas yang dipersyaratkan perusahaan.

    Saya banyak bertemu teman yang setelah pensiun menjadi supplier terpercaya perusahaan dia sebelumnya. Ternyata, perusahaan menaruh trust yang besar kepada bekas karyawannya. Hal yang wajar bukan. Anda pasti lebih ingin berbisnis dengan seseorang yang sudah kenal lama dan tahu kualitas kerjanya, dibandingkan dengan seseorang yang baru dikenal dan tidak tahu reputasinya seperti apa.

    Apalagi sebagai supplier, perusahaan pasti membutuhkan partner yang bisa dipercaya. Sebagai orang yang pernah bisa bekerja disitu, Anda pasti punya trust yang lebih dimata perusahaan.

Peluang Usaha dari Passion

Peluang usaha bisa datang dari hobi atau passion. Ini mungkin sesuatu yang sudah sering Anda dengar. Tapi, percayalah, nasehat ini manjur. Kenapa? Paling tidak, saya menemukan tiga alasan.

  • Bekerja berdasarkan hobi, Passion Menghasilkan Karya Terbaik

    Karena semuanya dilakukan dengan sepenuh hati dan tidak memikirkan uang sebagai motivasi utama. Coba saja bagaimana saat Anda melakukan hobi, pasti tidak kerasa habis waktu, semuanya dilakukan dengan senang hati.

    Nah, kalau hasilnya sudah yang terbaik, penawaran yang Anda berikan pasti akan bagus.  Jadi, tanpa diminta – minta, jika melakukan berdasarkan passion, produk yang dihasilkan pasti mumpuni.

    Kalau begitu, Anda tinggal tunggu waktu saja, produk akan dilirik konsumen. Product will talk itself!. Ini jelas karpet merah menjadi wirausaha sukses.

  • Inovasi Mengalir, Tanpa Paksaan

    Pencarian atas peluang usaha terbaru dilakukan dengan senang hati, karena terus ingin memuaskan hobi kita. Dengan sendirinya, hasil produk yang dibuat selalu berkualitas, yang ujungnya membuat peluang bisnis yang lain selalu terbuka.

    Saya banyak melihat bagaimana usaha yang lahir dari hobi menjadi bisnis menguntungkan. Produk yang dihasilkan sungguh punya kualitas yang patut diacungi jempol. Cerminan idealisme yang lahir dari sebuah kesenangan.

  • Tantangan Dihadapi Lebih Mudah

    Berbisnis menghadapi banyak tantangan dan tekanan yang tidak mudah, muncul dari persaingan yang amat ketat. Dalam kondisi itu dibutuhkan keuletan dan kegigihan menghadapinya. Yang tidak kuat akan menyerah. Karena melakukannya dari hobi atau passion, muncul kekuatan menghadapi tekanan kompetisi, menjadi tidak mudah mundur. Semuanya dilakukan bukan semata karena motif finansial, tetapi karena kesenangan. Itu modal motivasi yang kuat untuk bertahan.

    Saya menyaksikan teman yang usahanya jatuh bangun namun tetap bertahan. Keuletannya luar biasa. Ketika ditanya, apa resepnya? Dia bilang kecintaan pada usahanya itu yang membuatnya kuat, apa pun badai yang datang menyerang.

Cari peluang usaha tidak sulit kan. Anda bisa mulai dari hal – hal yang dijalani semua selama ini. Tidak perlu cari jauh – jauh. Semuanya ada di depan mata.  Selamat mencoba!

Ingin senantiasa update soal cara mengelola keuangan, Klik disini follow Duwitmu di Twitter dan Klik disini Fanpage Duwitmu di Facebook.

Artikel lain soal Keuangan:

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Read previous post:
Harga Emas Tidak Selalu Naik!

Apakah Anda punya investasi emas? Kemungkinan besar ya. Dianggap paling aman, safe-heaven, emas menjadi investasi pilihan.  Harga emas diyakini tidak...

Close