Cara Pengajuan TunaiKita Pinjaman Online Cepat Cair

  • January 15, 2019

Pinjaman online booming di Indonesia seiring hadirnya Fintech yang dipicu penetrasi internet dan kemajuan teknologi keuangan. Salah satunya TunaiKita, fintech kredit online cepat cair, yang merupakan P2P terdaftar OJK. Bagaimana cara pengajuan pinjaman online TunaiKita agar langsung cair? Ikuti review saya.

Kami mencoba sendiri dan menuangkan review pengalaman tersebut dalam tulisan ini.

Langkah pertama adalah saya harus mengunduh aplikasi TunaiKita di Playstore.

Pengajuan di TunaiKita hanya bisa via aplikasi dan tidak bisa melalui website. Karena itu pula, Anda hanya bisa melakukan lewat smartphone.

TunaiKita Pinjaman Online

TunaiKita adalah merk dagang PT. Digital Tunai Kita yang terdaftar dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kerangka P2P (Peer To Peer) atau Lembaga Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi sesuai POJK No 77, 2016.

Mulai beroperasi Januari 2017, PT Digital Tunai Kita (TunaiKita) adalah hasil kolaborasi antara JAS Kapital (JASK) dan Kresna Usaha Kreatif (KUK). Lokasi kantor di Setiabudi Atrium Building, 8th Floor Suite 810 Jl. HR. Rasuna Said Kav. 62 Kuningan, Jakarta Selatan.

TunaiKita menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu: (1) pinjaman jangka pendek dari Rp.500 ribu sampai Rp.5 juta dengan tenor yang fleksibel antara 10 – 30 hari; (2) cicilan tunai mulai dari Rp.4 juta sampai 20 juta dengan tenor 3 – 6 bulan.

Cara Pengajuan dan Syarat

Sebelum mengajukan, ada beberapa syarat dasar yang perlu diketahui, yaitu: peminjam Warga Negara Indonesia berusia 21 sampai dengan 55 tahun, harus memiliki KTP, dan memiliki rekening bank atas nama sendiri.

Anda harus pula tinggal di daerah yang dilayani TunaiKita yang saat ini melayani hampir semua provinsi dan kota di seluruh Indonesia.

#1 Pendaftaran Aplikasi

Saya perlu melakukan pendaftaran (urutan di gambar merujuk penjelasan), yaitu:

Pinjaman TunaiKita Cepat

1. Unduh TunaiKita di Google Playstore

2. Setelah berhasil, aplikasi TunaiKita tersedia di smartphone saya.

3. Muncul simulasi kalkulator pinjaman online yang menunjukkan jumlah pinjaman dan masa tenor pinjaman dengan estimasi jumlah pengembalian (info ditampilkan dibawah info tenor). Klik “Mulai Pengajuan” untuk memulai proses pendaftaran

4. Sebagai nasabah baru, saya harus mendaftar menggunakan no HP. Jika dulu sudah pernah mendaftar dengan no HP tersebut, aplikasi akan mengenali dan jika diperlukan menyediakan fasilitas “Lupa Password”

Pinjaman Online TunaiKita

5. Masukkan No HP yang digunakan pendaftaran. Harap diingat no HP ini digunakan untuk log-in aplikasi

6 – 7. Setelah no HP dimasukkan, muncul pemberitahuan bahwa TunaiKita akan mengakses informasi ponsel. Pemberitahuan akan mengakses informasi ponsel yang digunakan saat mengajukan aplikasi

Pinjaman Online TunaiKita 3

8 – 9. Meminta izin akses terhadap panggilan telepon yang masuk ke ponsel. Pemberitahuan akan melihat SMS yang masuk ponsel untuk membaca kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS.

10 – 11. Meminta izin membaca SMS dan Verifikasi atas kode di SMS.

Pinjaman Online Cepat

12. Setelah verifikasi berhasil, saya harus membuat PIN yang nanti dibutuhkan dalam proses pengajuan pinjaman.

13 – 14. Pemberitahuan akan mengakses lokasi ponsel dan Meminta izin mengakses lokasi ponsel.

15. Meminta izin mengakses ponsel untuk membaca data SMS dan panggilan telepon.

Proses pendaftaran selesai. Selanjutnya adalah proses pengisian data peminjam.

#2 Pengisian Data Peminjam

Setelah terdaftar, langkah selanjutnya mengisi data peminjam, yaitu:

Kredit Online TunaiKita

16. Menentukan berapa pinjaman dan berapa lama akan meminjam. Calon peminjam bisa melakukan simulasi dengan kalkulator yang menampilkan indikasi jumlah pengembalian.

17. Saya memutuskan mengambil pinjaman Rp 500,000 dengan masa pinjaman 10 hari. Jumlah yang saya harus kembalikan saat jatuh tempo antara Rp 550,000 sampai dengan Rp 575,000.

18. Berdasarkan jumlah pinjaman tersebut, TunaiKita menawarkan 3 opsi pinjaman. Saya pilih opsi pertama, yaitu “Sakti”, karena bunga per hari paling rendah.

19. Masuk ke pengisian data peminjam dengan pemberitahuan bahwa semakin lengkap data yang diisi semakin tinggi skor kredit maka semakin besar plafon kredit yang bisa diberikan.

Kredit Cepat TunaiKita

20. Data yang harus dilengkapi peminjam adalah: (a) KTP; (b) Detail Kontak; (c) Verifikasi Video; (d) Akun Online dan (e) Pekerjaan

21 – 23. Melengkapi detail kontak yang mencakup data pribadi dan kontak darurat yang cukup lengkap.

24 – 26. Melengkapi Akun Online yang mana peminjam harus mendaftarkan, paling tidak satu akun online. Beberapa pilihan jenis akun online bisa didaftarkan, mulai dari facebook, linkedIn, e-commerce (Tokopedia, Bukalapak dll) dan Travel (Traveloka dll). Harus mendaftar salah satu akun online, jika tidak maka pengajuan tidak bisa dilanjutkan.

Pinjaman TunaiKita Online

27 – 28. Melengkapi info pekerjaan: bekerja dimana, sudah berapa lama, status kepegawaian, alamat tempat bekerja dan lain-lainya.

Pinjaman TunaiKita Cepat

29 – 30. Memberitahu bahwa akan mengakses kamera ponsel. TunaiKita meminta izin untuk mengambil gambar serta melakukan perekaman video

31 – 32. Memberitahu bahwa akan mengakses tempat penyimpanan data di ponsel. TunaiKita meminta izin untuk mengakses foto, media dan file di ponsel. Artinya, TunaiKita bisa melihat semua foto, video dan file yang tersimpan di ponsel.

33. Diminta mengambil foto KTP, sesuai format yang disediakan, dengan kamera ponsel. TunaiKita akan mengakses kamera ponsel untuk mengakses foto KTP tersebut

TunaiKita

34. Proses pengisian KTP sudah selesai ditunjukkan dengan centang hijau di aplikasi

35. Proses pengisian “Detail Kontak” sudah selesai ditunjukkan dengan centang hijau di aplikasi

36 – 38. Verifikasi video adalah salah satu prasyarat dimana peminjam harus menyalakan video di ponsel dan melakukan perekaman muka dengan video ponsel dengan beberapa pose sesuai yang diminta. Jika berhasil, aplikasi menyatakan verifikasi video selesai.

#3 Persetujuan  Pinjaman

Setelah proses pengisian data selesai, TunaiKita melakukan analisa dan memberikan jawaban pengajuan pinjaman.

pinjaman TunaiKita

39. Hasilnya adalah TunaiKita menolak pengajuan awal saya, tetapi menawarkan revisi pengajuan dengan bunga sedikit lebih tinggi (pengembalian Rp 562,500 vs 550,000 di awal). Saya menerima revisi pengajuan tersebut

40. Dalam halaman berikutnya TunaiKita menguraikan komponen biaya, yang mencakup: bunga, jas dan admin. Dari pinjaman Rp 500,000 saya harus mengembalikkan saat jatuh tempo di hari ke 10 sebesar Rp 562,500 atau bunga 12.5% atau 1.25% per hari.

41. TunaiKita meminta konfirmasi atas perubahan pengajuan dan memberikan waktu max 48 jam untuk memutuskan menerima perubahan tersebut atau tidak. Saya harus memasukkan PIN untuk melakukan konfirmasi

42. Setelah itu, pinjaman di disetujui, approved, dan saya tinggal menunggu pencairan dana masuk ke rekening.

#4 Pencairan Pinjaman

TunaiKita Pinjaman Online

Setelah menerima pemberitahuan persetujuan pinjaman, status di aplikasi TunaiKita menunjukkan bahwa:

42. Pinjaman sudah diterima dan diperbaharui sesuai persetujuan saya untuk melakukan revisi

43 – 45.  Tidak lebih dari 24 jam sejak pinjaman disetujui, dana masuk ke rekening BCA saya sebesar Rp 500,000. TunaiKita memberitahu pencairan tersebut lewat aplikasi (43) dan SMS (44).

Keunggulan dan Kelemahan TunaiKita

Dari pengalaman ini, saya mencatat keunggulan dan kelemahan TunaiKita, yang menurut saya penting buat Anda dalam mempertimbangkan akan mengambil pinjaman online.

#1 Keunggulan

  • Pinjaman online cepat cair dalam 24 jam. Pencairan dana kredit diberikan dalam waktu cepat, yaitu sejak mengajukan sampai uang masuk rekening BCA saya dalam waktu 24 jam.
  • Semua Proses Online: Tidak ada tatap muka, Tidak Ada Telpon Verifikasi, Tidak Survey Rumah. Kecepatan pencairan dalam waktu kurang dari 24 jam tersebut saya alami tanpa proses tatap muka dan semuanya online, yaitu saya tidak di telpon untuk verifikasi dan saya tidak di survey ke rumah.
  • Tidak Ada Persyaratan Dokumen, Hanya KTP dan Foto. Dokumen yang diminta sangat minimal, hanya KTP yang perlu diunggah, lalu saya harus mengambil foto selfie dalam setting sesuai dengan aplikasi. Tidak ada permintaan dokumen slip gaji, dokumen listrik atau PBB.

#2 Kelemahan

  • Meng-Akses Semua Data Pribadi di Ponsel. TunaiKita meminta akses ke semua data di ponsel HP saya. U named it, semua data pribadi di ponsel dilihat, dianalisa dan kemungkinan besar disimpan. Artinya, TunaiKita memiliki info pribadi saya, yaitu no telpon (contact list), foto, lokasi, sms, daftar panggilan telepon (call logs), gambar, info device (IMEI) dan semua data – data lainnya. Ini hal yang berbeda dengan pengajuan kredit KTA ke bank atau pinjaman ke leasing dimana bank tidak mengakses data pribadi.
  • Bunga Pinjaman Mahal 1.25% sehari. Pinjaman saya Rp 500,000 dengan kewajiban mengembalikan Rp 562,500 dalam waktu 10 hari. Itu artinya bunga 12.5% dalam 10 hari pinjaman atau 1.25% per hari. Meskipun menggunakan istilah biaya admin dan biaya jasa (tidak ada istilah ‘bunga’), TunaiKita membebankan saya bunga 1.25% per hari.
  • Pembayaran Dipercepat, Tapi Bunga Dihitung Penuh (Full-Tenor). Saya melakukan pembayaran dipercepat, sebelum 10 hari, tepatnya 1 hari sejak terima uang, saya lunasi kewajiban pinjaman. Tetapi, walaupun melakukan pembayaran dipercepat, bunga yang saya harus bayar tidak dikurangi, tetap bunga full selama tenor pinjaman. Tidak ada diskon bunga untuk pembayaran dipercepat. Yang saya tahu ada pinjaman online lain, bukan TunaiKita, yang mengurangi bunga jika pembayaran dipercepat.
  • Jumlah Pinjaman Kecil. Plafond kredit di TunaiKita relatif kecil, yaitu mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 3 juta. Itupun untuk mengajukan Rp 3 juta dibutuhkan tambahan dokumen yang cukup kompleks.
  • Verifikasi Video. Perlu dilakukan pengambilan gambar dengan menggunakan video dari ponsel dimana setelah itu TunaiKita minta izin mengakses video. Proses ini membutuhkan bandwidth yang besar dan kecepatan ponsel untuk memproses video dengan baik.

Kesimpulan

TunaiKita adalah pinjaman online berbasis P2P yang saat ini terdaftar di OJK. Pengalaman saya mengajukan di TunaiKita memberikan hasil yang cukup menarik.

Kecepatan pencairan menjadi keunggulan TunaiKita karena dalam waktu kurang dari 48 jam dana tunai sudah dicairkan ke rekening saya, dengan proses yang seamless dan tanpa tatap muka. Pengalaman pengajuan di TunaiKita ini sangat berbeda dengan pengajuan KTA di perbankan yang lama dan berbelit-belit.

Namun, TunaiKita mengakses semua data pribadi di ponsel saya. Boleh dikatakan saya membuka dan menyerahkan semua data pribadi yang tersimpan di ponsel kepada TunaiKita.

Disamping itu, biaya bunga dan tidak adanya potongan bunga untuk pembayaran dipercepat menunjukkan mahalnya meminjam di pinjaman online ini. Mungkin ini kompensasi kecepatan dan kemudahan dalam mengajukan pinjaman online.

Semuanya kembali lagi ke Anda, apakah akan memanfaatkan pinjaman online ini atau tidak.

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.