9 Pinjaman Online Terbaik Melalui Aplikasi Mobile

  • June 24, 2017

Kemajuan Financial Technology menghadirkan kemudahan dalam melakukan pinjaman. Salah satunya melalui aplikasi mobile, yang saat ini sudah dihadirkan oleh 9 Fintech terbaik di Indonesia. Apa saja mereka ? Bagaimana keunggulannya dibandingkan pinjaman konvensional ?

Selama ini, inovasi perusahaan Fintech pinjaman adalah pengajuan kredit secara online melalui website. Calon nasabah cukup masuk ke website untuk mengajukan pinjaman.

Tetapi, sejalan perkembangan teknologi dan menjamurnya penggunaan smartphone, pinjaman ditawarkan tidak lagi melalui website. Namun juga lewat aplikasi mobile (mobile apps).

Mobile apps bisa diunduh di Google PlayStore dan Apple IOS. Mobile apps menawarkan personalisation yang membuat proses peminjaman lebih nyaman, mudah dan cepat.

Itu sebabnya trend di Fintech global adalah bergesernya pinjaman online dari website ke mobile apps. Melalui website sudah mulai ditinggalkan karena dianggap kurang memanjakan nasabah.

Pinjaman Online

Di Indonesia, trend pinjaman via mobile apps ini baru dimulai dan masih sangat awal. Namun, melihat cepatnya perkembangan pengguna smartphone, pinjaman via mobile apps hanya tinggal tunggu waktu untuk naik daun di beberapa tahun ke depan.

#1 UangTeman

Pinjaman Online Fintech UT

UangTeman adalah pelopor pinjaman online di Indonesia. Mulai beroperasi April 2015.

Saat ini, selain melalui website UangTeman.com, calon peminjam bisa mengakses pinjaman dengan mengunduh aplikasi mobile di PlayStore dan IOS.

Aplikasi mobile menawarkan kemudahan. Salah satunya adalah kecepatan proses pencairan yang diklaim oleh UangTeman bisa dalam waktu 15 menit jika semua persyaratan dipenuhi.

UangTeman melayani nasabah tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak hanya itu, di 2017 pelopor Fintech ini rajin berekspansi sampai ke Bali, Makassar, Jambi, Palembang, Lampung dan Balikpapan.

#2 Win Win

pinjaman fintech

Win Win adalah pinjaman online bermarkas di Surabaya. Mulai muncul di 2016.

Selain melalui website, pengajuan Win Win sekarang bisa lewat aplikasi mobile. Tampak di website mereka, pengajuan di aplikasi mobile dipromosikan cukup gencar.

Saat ini, daerah yang bisa diproses oleh Win Win baru mencakup Jakarta dan Surabaya. Jumlah pinjaman paling tinggi adalah Rp 2 juta dengan masa pinjaman paling lama 30 hari.

Dalam website, Win Win menyebutkan bahwa mereka wajib bertatap muka secara langsung dengan calon nasabah. Tujuannya adalah me-validasi persyaratan dokumen.

#3 Rupiah Plus

Pinjaman Online

Rupiah Plus adalah pinjaman online yang baru muncul di 2017. Rupiah Plus hanya bisa diakses via aplikasi mobile yang tersedia di Google Playstore.

Aplikasi RupiahPlus hanya menawarkan dua pilihan nilai  pinjaman, yaitu 600 ribu atau 1.2 juta dengan dua pilihan tenor 7 hari atau 14 hari.

Sayangnya, informasi mengenai persyaratan dan ketentuan tidak disampaikan diawal di aplikasi ini. Calon peminjam harus memasukkan no telpon dan email terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

#4 Julo Finance

Online Fintech

Julo hanya bisa diakses melalui mobile apps.

Julo menawarkan pinjaman dengan cicilan. Masa cicilan adalah 3 bulan sampai 12 bulan dengan nominal pinjaman Rp 2 juta sampai 8 juta.

Persyaratan penting adalah status wajib pekerja yang tempat tinggal di Jakarta. Ini dibuktikan oleh slip gaji minimal Rp 3 juta, yang wajib diunggah ke aplikasi mobile saat melakukan pengajuan.

Pengajuan harus menggunakan smartphone milik sendiri yang aktif digunakan dalam 2 bulan terakhir.

#5 DanaCepat

DanaCepat menawarkan pinjaman lewat mobile apps saja.

Perbedaan paling menyolok dengan Fintech lain, DanaCepat memberikan pinjaman awal maksimum Rp 1 juta dalam waktu paling lama 14 hari.

Nilai pinjaman bisa ditingkatkan asal Credit Score nasabah meningkat di DanaCepat. Dalam aplikasi mobile, setiap nasabah akan mendapatkan credit score yang dibuat oleh pihak DanaCepat.

Sayangnya, syarat dan persyatan dokumen tidak dijelaskan rinci dalam aplikasi mobile. Kita harus mengajukan pinjaman dahulu, mengisi no telpon dan email, baru bisa mengetahui persyaratan dokumen dan ketentuan.

#6 Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman KTA dari AmarBank. Mereka baru saja memiliki aplikasi mobile, sebelumnya pinjaman melalui website.

KTA Tunaiku ditawarkan di nominal Rp 2.5 juta sampai 10 juta dengan masa cicilan 6 bulan sampai 12 bulan.

Proses pengajuan layaknya KTA di bank. Ada sejumlah dokumen yang harus disampaikan dan, yang paling membedakan dengan Fintech lainnya, adalah pihak Tunaiku harus bertemu atau paling tidak kurir mereka harus mengambil dokumen pengajuan yang perlu ditandatangani oleh calon peminjam.

Dalam website, Tunaiku menyebutkan bahwa “Staff kami akan datang untuk verifikasi dokumen pendukung dan memberikan kontrak asli untuk ditandatangani”.

#7 TunaiKita

TunaiKita adalah pinjaman online yang beroperasi di awal 2017.

Pinjaman di TunaiKita hanya bisa via mobile apps, yang harus diunduh via Google PlayStore. Dalam keterangan, aplikasi masih dalam tahap beta version.

Berbeda dengan pinjaman online yang biasanya payday loan, TunaiKita menawarkan pinjaman dengan cicilan. Mulai dari tenor 3 sampai 6 bulan dengan jumlah pinjaman Rp 1 sampai Rp 7 juta.

Tingkat bunga berbeda – beda tergantung skor kredit yang dihasilkan. Di website disebutkan bahwa “Setiap pelanggan bisa mendapatkan perhitungan berbeda tergantung skor kredit, nominal dan tenor pinjaman”.

#8 Modalku

Modalku adalah P2P lending, yang memanfaatkan dana masyarakat untuk menyalurkan pinjaman. Belum lama ini, Modalku meluncurkan aplikasi mobile.

Target pinjaman di Modalku umumnya adalah UMKM, dengan nominal pinjaman sampai Rp 2 Miliar dengan masa cicilan 24 bulan.

Karena jumlah pinjaman relatif besar, proses persetujuan memakan waktu ± 5 hari kerja. Hal tersebut disampaikan dalam halaman mobile apps mereka.

Salah satu fitur Modalku adalah calon peminjam bisa mengajukan melalui mitra mereka, yaitu Bukalapak, Moka, Tokopedia dan sebagainya.

#9 Koinworks

Koinworks adalah Fintech P2P Lending. Selain melalui website, mereka memiliki aplikasi mobile.

Mereka menawarkan pinjaman untuk usaha, kesehatan dan pendidikan. Nominal bisa sampai Rp 500 juta dengan tenor cicilan 6 sampai 24 bulan.

#10 KlikACC

KlikACC adalah platform P2P Lending yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 2 Miliar dengan masa pinjaman 3, 6 dan 12 bulan. Pinjaman dibawah 100 juta tidak perlu jaminan, sedangkan diatasnya perlu.

Bunga ditetapkan mulai dari 1% per bulan berdasarkan jenis produk atau keputusan pihak KlikACC. Dengan kata lain, bunga bisa lebih besar dari 1% per bulan.

Pinjaman ditujukan untuk UMKM. Tidak jelas dalam situsnya apakah terdapat produk pinjaman konsumer atau tidak.

Kesimpulan

Kehadiran Fintech yang menawarkan pinjaman online melalui aplikasi mobile memberikan alternatif akses keuangan kepada masyarakat. Sekarang, Anda yang membutuhkan kredit, tidak lagi harus ke lembaga perbankan.

Tentu saja, kemudahan ini, perlu dibarengi sikap bijak dalam memilih pinjaman online terbaik. Semuanya kembali lagi ke pribadi masing – masing. Teknologi itu netral pada dasarnya.

Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!