4 Ciri Aplikasi Pinjam Uang Terbaik 2018

  • November 25, 2018

Aplikasi pinjam uang ios dan playstore merupakan pilihan pinjaman uang cepat online yang menjamur belakangan ini. Apakah Aplikasi Pinjam Uang Terbaik 2018 ? Apa aplikasi pinjam uang online terpercaya ?

Tidak bisa dipungkiri kehadiran Fintech selama beberapa waktu ini, meskipun masih baru, namun sudah membawa dampak perubahan yang signifikan terhadap industri keuangan dan perbankan.

Umumnya, jumlah plafond uang yang ditawarkan Fintech tidak terlalu tinggi. Mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 juta.

Pinjam uang tanpa jaminan dan kartu kredit menjadi penawaran yang umum dilakukan Fintech. Bagaimana mengajukan pinjaman online langsung cair ?

Fintech menawarkan pinjaman lewat aplikasi pinjam uang. Aplikasi tersebut umumnya tersedia di Playstore dimana calon peminjam harus mengunduh terlebih dahulu jika ingin mengajukan pinjaman.

Tanpa menggunakan aplikasi pinjam uang, calon peminjam tidak bisa mengajukan pinjaman secara online. Meskipun banyak Fintech memiliki website, tetapi mayoritas mensyaratkan penggunaan aplikasi untuk pengajuan pinjaman.

Aplikasi Pinjam Uang Terbaik 2018

Dengan banyaknya pilihan, 70 fintech online by the way, bagaimana mencari yang terbaik. Apa ciri aplikasi pinjam uang terbaik di 2018 ?

#1 Pinjam Uang Tanpa Syarat Apapun

Salah satu tujuan mengajukan di aplikasi pinjam uang adalah kemudahan persyaratan. Calon peminjam bisa mengajukan kredit dengan syarat minimal.

Saat ini, persyaratan yang umum diminta oleh perusahaan Fintech online adalah:

Pertama, dokumen yang meminta KTP dan foto selfie. Biasanya KTP diwajibkan yang sudah e-KTP dan harus mengambil foto selfie dengan memegang KTP.

Ada juga yang meminta dokumen NPWP. Ini tentu saja persyaratan yang tidak mudah karena tidak semua orang memiliki NPWP.

Kedua, status pekerjaan sebagai pegawai. Ini menjadi persyaratan penting karena banyak aplikasi pinjam uang online terbaik yang hanya menerima pegawai dan tidak menerima pengusaha.

Alasan ditolaknya pengusaha karena pertimbangan manajemen resiko dari aplikasi pinjam uang. Tidak semua Fintech pinjaman online pribadi berani menerima pengusaha karena biayanya pengusaha dianggap lebih beresiko dibandingkan pegawai untuk jenis pinjaman uang tanpa jaminan online.

Ketiga, masalah coverage area atau wilayah cakupan pengajuan pinjaman online. Hampir semua aplikasi pinjam uang memiliki batasan wilayah pengajuan.

Artinya, Anda yang berlokasi di pelosok biasanya akan sulit mengajukan pinjam uang tanpa syarat langsung cair. Ada baiknya sebelum mengajukan pinjam uang online langsung cair, Anda memastikan apakah domisili tinggal berada dalam cakupan wilayah.

#2 Aplikasi Pinjam Uang Bunga Rendah

Aplikasi pinjam uang memiliki catatan bunga tinggi. Mulai dari bunga pinjaman 1% sehari sampai dengan 2.5% sehari.

Bunga memang bukan menjadi fitur andalan pinjaman online. Jika mencari bunga murah, maka aplikasi pinjam uang tanpa ribet, bukan tempat yang tepat.

Tetapi, itu tidak berarti bahwa tidak ada pinjaman uang online langsung cair yang bisa memberikan bunga bersaing. Dari review beberapa aplikasi pinjam uang terbaik, ada banyak yang menawarkan bunga cukup menarik.

Memang untuk itu, Anda harus rajin menyambangi tempat pinjam uang online untuk menemukan pinjam uang tanpa jaminan online yang bisa memberikan bunga bersaing.

Yang penting diperhatikan dalam perhitungan bunga di aplikasi pinjam uang adalah:

Pertama, bunga dihitung secara harian dan bukan bulanan. Karena itu, bunga tergantung berapa hari Anda meminjam. Semakin pendek, bunga semakin rendah dan sebaliknya.

Kedua, ada tidaknya pinalti jika melunasi lebih cepat dari tenor awal. Misalnya, Anda mengajukan pinjaman selama 30 hari, tetapi di hari ke 10 Anda ingin melunasi, apakah ada denda atau tidak.

Ketiga, selain bunga, beberapa aplikasi pinjaman cepat tanpa syarat membebankan biaya administrasi. Ini trik yang harus diperhatikan karena jangan sampai bunga rendah tetapi biaya administrasi tinggi.

#3 Pinjaman Uang Online Terpercaya

Salah satu tantangan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat saat ini adalah banyaknya yang illegal alias tidak memiliki ijin dari OJK. OJK sudah sering sekali memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada soal empat pinjam uang tanpa jaminan yang tanpa izin.

Bagaimana menentukan pinjaman uang online yang terpercaya ?

Pertama, sebaiknya perusahaan Fintech yang menawarkan aplikasi pinjam uang terdaftar di OJK. Saat ini, lebih dari 70 perusahaan terdaftar di OJK.

Sebisa mungkin, Anda memastikan bahwa tempat pinjam uang tanpa jaminan 1 hari cair terdaftar di OJK. cara mengecek mudah karena daftar perusahaan fintech tersebut terdapat di website OJK.

Kedua, tersedianya layanan nasabah atau customer service yang bisa dengan mudah dihubungi dan jelas tercantum kontaknya. Karena jika terjadi sesuatu Anda bisa dengan mudah menghubungi mereka.

Ketiga, tempat pinjam uang selain bank ini menunjukkan secara transparan hak dan kewajiban, terms and conditions, yang diterapkan dalam hubungan pinjam meminjam nasabah. Misalnya, data apa saja yang diambil oleh aplikasi pinjam uang dalam memproses pengajuan pinjaman.

Selain itu, jika nasabah terlambat, bagaimana proses penagihan dilakukan. Hal tersebut diungkapkan secara gamblang, terbuka dan transparan dalam website atau aplikasi pinjam uang online.

#4 Kemudahan Aplikasi Pinjam Uang

Kekuatan aplikasi pinjam uang adalah pada kemudahan dalam melakukan pinjam uang. Meskipun bunganya tinggi, tetapi kemudahan menjadi daya tariknya.

Jika aplikasi pinjam uang tidak mudah, maka keberadaanya akan dengan gampang dikalahkan oleh bank. Kita tahu bahwa bank menawarkan tingkat bunga dan biaya pinjaman yang lebih murah, tetapi dengan proses pengajuan kredit yang jauh dari mudah.

Ada sejumlah hal yang menunjukkan apakah pinjaman tunai tanpa jaminan langsung cair menawarkan kemudahan, yaitu:

Pertama, persyaratan pengajuan pinjaman tunai. Disini Anda bisa mengecek apakah dokumen yang diminta, misalnya yang mudah hanya mensyaratkan KTP dan foto selfie.

Namun, ada pula pinjaman online mensyaratkan lebih banyak dokumen, misalnya Kartu Keluarga, rekening listrik dan bukti penghasilan lainnya.

Kedua, domisili peminjam. Tidak semua aplikasi pinjam uang menerima seluruh Indonesia. Ada batasan wilayah yang ditetapkan.

Batasan wilayah ini menyulitkan bagi Anda yang tinggal di luar Jabodetabek, misalnya. Karena beberapa aplikasi pinjaman online hanya beroperasi di Jakarta dan sekitarnya.

Ketiga, profesi peminjam, yaitu beberapa fintech pinjaman hanya menerima profesi pegawai dan menolak pengusaha. Tidak semua Fintech seperti itu, tetapi ada beberapa yang memberikan persyaratan semacam itu.

Karena itu, jika profesi Anda pengusaha dan berencana mengajukan pinjaman uang tunai pribadi di aplikasi pinjam uang di playstore, perlu memberikan perhatian soal persyaratan profesi ini.

Keempat, meskipun menonjolkan kecepatan dan menjanjikan pinjaman online cepat, langsung cair dan tanpa survey dan jaminan, tetapi jika dicermati lebih dalam, tidak semua pinjaman online menawarkan kecepatan dalam proses pinjaman.

Contohnya, salah satu aplikasi pinjam uang mengharuskan calon peminjam bertemu dengan kurir perusahaan dan menandatangani perjanjian pinjaman secara tanda tangan basah (bukan secara digital). Tentu saja, cara ini memperlama dan memperpanjang proses pengajuan pinjaman, yang seharusnya bisa lebih dan lebih mudah dibandingkan bank.

Kesimpulan

Butuh dana cepat online ? Ada aplikasi pinjam uang.

Tetapi, mana aplikasi pinjam uang 2018 terbaik. Itu yang perlu Anda perhatikan dan pilih dengan hati – hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.