3 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya

  • November 11, 2018

Bagi mereka yang butuh pinjaman dana pribadi, pinjaman online fintech menawarkan banyak kemudahan. Namun, hampir sulit menemukan pinjaman online cicilan dengan pembayaran bulanan. Kami analisa 3 pinjaman uang online terpercaya.

Saat ini, penawaran pinjaman online Fintech tanpa jaminan dan kartu kredit lebih banyak ditawarkan dengan masa kredit pendek, yaitu maksimum 30 hari. Di saat hari ke-30, nasabah harus sudah melunasi pinjaman mereka, membayar pokok dan bunga sekaligus.

Tenor pinjaman jangka pendek – 10 hari sampai 30 hari – memang menjadi fitur pinjaman online. Tujuannya memberikan kredit cepat, langsung cair tanpa ribet serta tanpa jaminan, khususnya untuk kebutuhan emergensi.

Tapi, selain membutuhkan pinjaman tanpa agunan online, kebutuhan nasabah adalah masa kredit yang tidak hanya jangka pendek. Nasabah butuh pinjaman cicilan selama beberapa bulan.

Apakah fintech pinjaman online menyediakan cicilan ? Apakah perusahaan yang memberikan pinjam uang online yang bisa dibayar bulanan ?

Tidak banyak fintech yang menawarkan cicilan kredit. Berdasarkan survei ke beberapa aplikasi pinjaman online, hanya ada beberapa fintech yang menawarkan cicilan.

Pinjaman Online Cicilan

Jenis pinjaman online dengan cicilan memberikan tenggang waktu selama beberapa bulan kepada nasabah untuk melunasi pinjaman.

Pinjaman uang bayar bulanan yang kami temukan adalah penawaran dari 3 perusahaan Fintech.

#1 TunaiKita

Pinjaman Online Cicilan TunaiKita

TunaiKita adalah salah fintech yang menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat dengan cicilan. Cicilan di TunaiKita mulai dari plafond Rp 4 hingga Rp 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan.

Jika semua syarat dipenuhi, TunaiKita menjanjikan pinjaman langsung cair dalam hitungan menit.

Panduan melakukan pinjaman online di TunaiKita adalah:

  1. Install aplikasi TunaiKita di ponsel dari Google Play Store / App Store.
  2. Setelah ter-install, daftarkan akun TunaiKita dan lengkapi profil pengguna untuk mendapatkan skor kredit.
  3. Peminjam akan bisa memilih nominal serta tenor pinjaman pada layar Home di aplikasi serta memulai pengajuan. Pilih produk pinjaman yang paling cocok dan lanjutkan pengajuan dengan mengikuti instruksi yang ada.

Keseluruhan proses dari registrasi sampai ke pengajuan pinjaman akan memakan waktu tidak lebih dari 15 menit. Lebih baik jika bisa menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan (KTP dan NPWP) berikut juga akses ke identitas digital Anda (Facebook atau LinkedIn) sebelum memulai proses agar bisa mempercepat dan mempermudah keseluruhan proses.

Yang penting diperhatikan adalah:

Pertama, pada saat ini, pengajuan pinjaman tunai pribadi di TunaiKita hanya bisa dilakukan di aplikasi berbasis Android. Pengajuan tidak bisa dilakukan di website atau aplikasi yang berbasis ios.

Kedua, sebagai pinjaman uang tunai pribadi, TunaiKita meminta sejumlah syarat yaitu: Warga Negara Indonesia berusia 21 sampai dengan 55 tahun dan harus memiliki KTP dan NPWP yang masih berlaku serta memiliki rekening bank yang terdaftar atas nama peminjam sendiri.

Khusus persyaratan rekening bank, TunaiKita saat ini hanya bisa melakukan pencairan ke 7 (tujuh) bank yaitu: BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank dan Bank Mega. Peminjam tidak dapat melengkapi aplikasi jika tidak mempunyai salah satu rekening bank tersebut.

Ketiga, yang penting dicatat bahwa nama di rekening harus sama dengan nama di KTP dan NPWP. Jika tidak sama maka peminjaman dibatalkan oleh TunaiKita, sebagaimana tercantum dalam penjelasan di website mereka.

#2 Tunaiku

Pinjaman Online Cicilan Tunaiku

Tunaiku adalah produk bank yang memberikan pinjaman online tanpa jaminan Rp2 – 20 Juta dengan Syarat KTP Saja!. Tenor masa pinjaman mulai dari 6 bulan sampai 12 bulan.

Bagi yang butuh dana cepat online, syarat pendaftaran adalah: umur 21-55 tahun; Warga Negara Indonesia; Mempunyai Rekening Bank; Bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS); dan Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Terkait bunga dan biaya administrasi, Tunaiku menetapkan bunga cukup murah, yaitu 3% flat. Tetapi, Tunaiku meminta biaya administrasi Rp540.000 di depan saat pencairan pinjaman.

Yang penting diperhatikan:

Pertama, Tunaiku hanya menerima pekerja dan tidak menerima pengusaha;

Kedua, area layanan terbatas hanya di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar.

Ketiga, dalam pengajuan di Tunaiku, proses pinjaman tidak sepenuhnya online karena calon peminjam harus bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak (akan dilakukan dalam 1-3 hari kerja). Ini pula yang menyebabkan proses di Tunaiku adalah 1 sd 3 hari kerja sampai pencairan dana, tidak bisa sepenuhnya menjadi pinjaman online langsung cepat cair.

#3 Julo

Pinjaman Online Cicilan Julo

Julo adalah pinjaman online tanpa jaminan sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000 . Pengembalian pinjaman dilakukan dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dengan biaya jasa peminjaman sebesar 4% per bulannya.

Jula mengklaim sebagai pinjaman bulanan online langsung cair. Kecepatan dan kemudahan menjadi andalan mereka sebagai salah satu pinjaman bulanan online langsung cair

Sebagai aplikasi pinjaman uang yang bisa dicicil, persyaratan pinjaman di Julo antara lain adalah: (1) Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau; (2) Pegawai Negeri / Swasta; (3) umur 21 – 60 Tahun; (4) berpenghasilan min Rp 2.000.000 / bulan dan (5) menggunakan smartphone pribadi.

Dokumen yang perlu diunggah di aplikasi pinjaman Julo berupa: KTP, Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan dan Foto diri dengan KTP. Pencairan dana hanya bisa ditransfer ke rekening bank atas nama Anda sendiri.

Jika berhasil lolos proses uji kelayakan kredit dan verifikasi dokumentasi / referensi, Anda akan menerima keputusan dan pencairan dana dalam waktu 1 – 2 hari kerja.

Meskipun bunga pinjaman Julo relatif rendah, yaitu: 1.5 % hingga 4 % per bulan, tetapi yang penting diperhatikan adalah adanya tambahan biaya provisi sebesar 5% dari pinjaman dikenakan di awal sebelum dana dicairkan ke rekening Anda.

Dengan adanya tambahan biaya didepan ini, secara efektif boleh dikatakan bunga dan biaya pinjaman di Julo tidak murah sebenarnya.

Kesimpulan

Fintech menawarkan pinjaman online cicilan 6 sampai 12 Bulan. Ini merupakan pinjaman uang yang bisa dicicil sehingga tidak memberatkan peminjam dan merupakan pinjaman pribadi non bank.

Bagi mereka yang butuh pinjaman uang sekarang, penawaran Fintech pinjaman online tanpa jaminan ini bisa menjadi salah satu solusi. Namun, penting diperhatikan adalah persyaratan, terms and conditions, khususnya biaya bunga.

Pinjaman uang cepat tanpa syarat dari Fintech tidak murah. Bunganya jauh diatas bank. Itu yang perlu jadi perhatian kepada semua calon peminjam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.