10 Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit Proses Cepat dan Syarat Mudah

  • November 18, 2017

Bosan dengan sulitnya pengajuan KTA ke bank karena persyaratan kartu kredit ? Sekarang sudah banyak pilihannya. Kami mencatat 10 pinjaman KTA tanpa kartu kredit proses cepat dan syarat mudah.

Saya bayangkan banyak yang frustrasi mengajukan KTA ke bank, terutama mereka yang tidak memilki kartu kredit.

Bank mewajibkan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA. Tanpa itu, pengajuan kredit sudah pasti ditolak.

Persyaratan ini menyulitkan dalam 2 hal:

Pertama, masyarakat yang belum memiliki kartu kredit sudah pasti tidak bisa mengajukan KTA. Sementara, pemilik kartu kredit sangat sedikit karena persyaratan kepemilikan kartu kredit yang ketat.

Kedua, akses kredit buat masyarakat menjadi terbatas, terutama mereka yang 1st time borrower. Mereka yang belum pernah punya catatan pinjaman menjadi mustahil untuk bisa mengajukan KTA.

Memang, saya pernah menemukan ada bank yang berani menawarkan KTA tanpa kartu kredit, tetapi setelah dicek lebih lanjut, ternyata persyaratan lainnya tidak mudah dipenuhi. Contohnya, bank ini mensyaratkan rekening bank 3 bulan terakhir, slip gaji terakhir dan NPWP, sebagai pengganti kartu kredit.

Ada beberapa situs keuangan yang saya temui di pencarian Google yang menawarkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit. Tetapi, setelah membaca, saya kecewa dengan hasilnya karena situs tersebut hanya menawarkan satu KTA saja yang tanpa kartu kredit dan itupun ternyata masih milik sebuah bank yang memiliki persyaratan lain yang tidak mudah dipenuhi.

10 Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

Dalam situasi pasar seperti ini, selalu muncul peluang, karena potensi permintaan kredit KTA dari mereka yang tidak punya kartu kredit, besar sekali. Catatan saya, dengan jumlah kepemilikan kartu kredit di Indonesia tidak sampai 10 juta orang, artinya ada jutaan orang yang potensial ditawarkan KTA tanpa Kartu Kredit.

Karena penasaran, saya melakukan pencarian sendiri. Hasilnya ternyata amat menarik.

Ada 10 pinjaman KTA tanpa kartu kredit yang tersedia di pasaran saat ini. Ke 10-nya tidak meminta kartu kredit dalam persyaratan pengajuan pinjaman.

Siapa mereka ?

Mereka berasal dari perusahaan Fintech yang menawarkan KTA online, yang memanfaatkan teknologi Big Data untuk mengevaluasi kredit, tanpa perlu informasi kartu kredit.

Ke 10 nama KTA online yang saya kumpulkan adalah sebagai berikut:

#1 UangTeman

Pinjaman KTA Tanpa KK

UangTeman adalah pelopor pinjaman online sejak 2015. Plafond pinjaman Rp 1 juta sd Rp 6 juta dan wajib dilunasi dalam periode 10 hari sampai paling lama 30 hari.

Proses pinjaman dilakukan 100% online tanpa ada tatap muka. Tidak ada persyaratan kartu kredit dalam pengajuan. Syarat hanya KTP dan selfie Foto.

Pinjaman bersifat harian (payday loan) karena bunga dihitung secara harian selama masa pinjaman. Keuntungannya, pelunasan dipercepat tidak dikenakan denda tetapi hanya menghitung jumlah bunga berdasarkan hari pinjaman yang sudah dilakukan.

#2 Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman online yang dimiliki Bank Amar. Jumlah pinjaman Rp 2 juta sampai Rp 15 juta dengan masa cicilan paling lama 12 bulan.

Meskipun dimiliki oleh bank, Tunaiku tidak meminta kartu kredit sebagai persyaratan. Sesuatu yang cukup anomali dalam perbankan.

Dugaan saya, karena Tunaiku ini adalah produk pinjaman online, sehingga persyaratan dokumen mengikuti umumnya Fintech.

Karena bagian dari bank, proses di Tunaiku mengharuskan staff mereka untuk verifikasi dan memberikan kontrak asli untuk ditandatangani oleh nasabah. Proses ini yang berbeda dengan umumnya Fintech non-bank yang memproses aplikasi 100% online tanpa tatap muka.

#3 RupiahPlus

RupiahPlus ini cukup unik karena mengandalkan aplikasi mobile untuk pengajuan pinjaman. Pengajuan tidak bisa via website.

Jumlah pinjaman hanya tersedia 2 pilihan, yaitu Rp 600 ribu atau Rp 1.2 juta dengan dua masa pengembalian 7 hari atau 14 hari.

Dokumen yang diminta hanya upload foto dan tidak diperlukan kartu kredit. Tetapi, dalam proses pengajuan calon nasabah harus melakukan rekaman via video call, yang membutuhkan sinyal bagus dan paket data yang memadai.

#4 Drrupiah

Drrupiah adalah salah satu pinjaman online. Model bisnisnya hampir sama dengan UangTeman.com.

Drrupiah menawarkan pinjaman dengan tenor maksimum 30 hari dan tidak mensyaratkan kartu kredit. Jumlah pinjaman berkisar 1 sd 8 juta rupiah, yang wajib dibayar lunas saat jatuh tempo.

Meskipun mengandalkan kecepatan dan kemudahan, tetapi pinjaman Drrupiah dikenakan bunga cukup tinggi, yaitu 40% sebulan dan jika melakukan pelunasan dipercepat maka semua bunga sampai jatuh tempo tetap harus dibayar penuh.

#5 TunaiKita

TunaiKita adalah pemain anyar di pinjaman online. Backup mereka adalah pemain berpengalaman di China, yaitu WeCash.

Pinjaman antara 1 juta sd 10 juta dengan masa cicilan 3 – 6 bulan lamanya.

Untuk persyaratan, TunaiKita tidak minta Kartu Kredit. Namun, proses pinjaman harus dilakukan via mobile apps dan tidak ada pengajuan via situs.

Dalam proses pengajuan, calon nasabah harus memastikan sinyal baik dan paket data mencukupi karena berdasarkan pengalaman kami mencobanya, terdapat beberapa steps yang harus dilalui dan itu membutuhkan waktu cukup lama.

#6 KreditCepat

KreditCepat adalah pinjaman online yang mulai hadir awal 2017. Mereka menawarkan plafond Rp 500 ribu sampai Rp 1.5 juta.

Tidak ada persyaratan kartu kredit. Tetapi, calon nasabah wajib menyampaikan slip gaji dan e-KTP sebagai persyaratan utama.

Saat ini, wilayah operasi hanya di DKI jakarta dan sekitarnya. Belum ada perluasan wilayah sejak mereka mulai berdiri.

#7 Pedeku

Pedeku adalah pinjaman online paling anyar. Produknya hampir sama dengan UangTeman dan Drrupiah, yaitu pinjaman 1 juta sd 3 juta yang wajib dikembalikkan dalam waktu paling lama 30 hari.

Dokumen yang dipersyaratkan hanya KTP saja. Tidak ada permintaan Kartu Kredit.

Calon nasabah wajib berusia 21 tahun keatas dengan minimum penghasilan Rp 2.5 juta sebulan. Dijanjikan dalam waktu 24 jam sudah ada keputusan persetujuan.

#8 Akulaku

Akulaku berbeda dengan pinjaman online yang lain karena menawarkan pinjaman untuk membeli barang yang dijual di situs mereka. Mereka menyediakan fasilitas cicilan selama 1 sd 9 bulan.

Slogan mereka “Nikmati Belanja tanpa Kartu Kredit di AKULAKU”. Jadi jelas Kartu Kredit bukan persyaratan untuk mengajukan kredit.

Hanya saja, Akulaku tidak memberikan pembiayaan 100% karena sebagian harus ditanggung pembeli. Untuk itu, pembeli diminta membayar uang muka sebelum mengajukan kredit.

#9 Cicil

Cicil menyasar pinjaman untuk mahasiswa yang biasanya tidak diterima oleh bank atau lembaga keuangan karena belum punya penghasilan tetap. Disini Cicil memberikan fasilitas kredit untuk pembelian di situs e-commerce yang bekerjasama dengan mereka.

Tidak diperlukan kartu kredit untuk mengajukan pinjaman. Tapi, calon peminjam harus membayar uang muka terlebih dahulu kepada merchant, yaitu sebesar 10% dari harga pembelian, baru pengajuan pinjaman bisa diproses.

Dengan begitu, jumlah cicilan maksimum 90% dari harga beli. Lalu, mahasiswa yang mengajukan cicilan harus mahasiswa aktif serta wajib memiliki KTP dan KTM.

#10 Julo

Julo menawarkan pinjaman KTA sebesar Rp 1 juta sampai Rp 8 juta. Tidak ada persyaratan kartu kredit.

Peminjam mengajukan via aplikasi melalui ponsel pribadi. Tersedia dua jenis kredit: (1) cicilan dengan plafond maksimal Rp 8 juta selama 3 – 6 bulan; (2) pinjaman Rp 1 juta dikembalikkan dalam waktu 30 hari.

Meskipun tanpa kartu kredit, Julo mensyaratkan minimum penghasilan Rp 3 juta, domisili tinggal di Jabodetabek dan harus bersatus pegawai.

Kesimpulan

Hasil penelusuran saya, sekarang pinjaman KTA tanpa kartu kredit sudah banyak tersedia. Anda yang sebelumnya tidak bisa mengajukan kredit, karena tidak memiliki kartu kredit, sekarang sudah bisa.

Terobosan dilakukan oleh perusahaan Fintech. Dari 10 pinjaman KTA tanpa kartu kredit yang saya sebutkan diatas, hanya satu yang dari bank dan itupun berbasis online juga.

Namun, hadirnya alternatif pinjaman jangan sampai membuat Anda jadi buru-buru ingin mengambil kredit. Tetap pertimbangkan plus minusnya dengan seksama demi kesehatan keuangan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!