Suku Bunga KPR Paling Rendah 2014: Di Bank Mana?

  • April 17, 2014

Bagaimana suku bunga KPR di 2014? Saya kembali melakukan survei ke sejumlah bank. Hasilnya, tidak terlalu menggembirakan dibandingkan tahun lalu. Namun masih ada bank yang menawarkan bunga KPR lebih rendah dibandingkan yang lain.

Memasuki 2014, kondisi kredit rumah kurang bersahabat.

Pertama, sejumlah peraturan Bank Indonesia (BI) memperketat persyaratan Loan to Value (LTV) pengambilan kredit rumah kedua keatas. Implikasinya, calon nasabah harus menyediakan porsi dana sendiri lebih besar dibandingkan sebelumnya untuk melakukan pinjaman rumah kedua keatas.

Misalkan harga rumah kedua senilai Rp 500 juta, maka maksimum pinjaman dari bank adalah Rp 300 juta (LTV 60%). Sisanya, Rp 200 juta, harus dibayar dari kocek sendiri.

Kedua, kenaikkan suku bunga acuan BI di paruh kedua tahun 2013 berimbas pula pada kenaikkan bunga kredit KPR. Era bunga rendah kredit rumah sudah berlalu. Sekarang, calon nasabah harus menghadapi pembayaran cicilan kredit pemilikan rumah yang lebih besar.

Saya melakukan survei pada akhir Maret sampai awal April 2014 mengenai berapa bunga pinjaman KPR di BTN, Mandiri, CIMB Niaga, Permata, BNI, Panin, BII dan Commonwealth. Apakah masih ada bank yang menawarkan bunga pinjaman rumah yang rendah?

Cara Perhitungan Bunga KPR

Sebaiknya kita pahami dahulu bagaimana cara penetapan bunga kredit rumah. Meskipun hal ini sudah pernah dibahas dalam tulisan sebelumnya mengenai Cara Perhitungan Suku Bunga secara lebih detil, penjelasan singkat ini lebih untuk me-refresh ingatan.

Paling tidak, ada tiga hal penting:

  • Bunga Efektif. Cara perhitungan bunga KPR adalah menggunakan sistem bunga efektif. Artinya, bunga dihitung dari sisa cicilan kredit rumah. Ini berbeda dengan sistem bunga flat, yang umumnya digunakan dalam kredit tanpa agunan (KTA), dimana bunga dihitung dari plafond. Implikasinya tingkat bunga KPR terlihat lebih tinggi dari bunga KTA. Pastikan ketika membandingkan bunga KPR menggunakan bunga efektif, bukan bunga flat.
  • Bunga Tetap. Bunga tetap artinya bunga pinjaman rumah tidak berubah, meskipun kondisi bunga di pasar berubah. Selama bunga tetap berlaku, pembayaran cicilan kredit sama. Namun, bunga tetap berlaku hanya dalam batas waktu tertentu, misalnya 1 atau 2 tahun pertama masa kredit.
  • Bunga Mengambang. Setelah masa bunga tetap selesai, bank menggunakan bunga mengambang. Artinya, tingkat bunga berubah – ubah sesuai kondisi pasar. Secara umum, tingkat bunga mengambang lebih tinggi dibandingkan bunga tetap. Akibatnya, pembayaran cicilan kredit meningkat ketika bunga tetap selesai dan mulai menggunakan bunga mengambang. Anda membayar cicilan lebih mahal dengan bunga mengambang.

Kondisi Suku Bunga KPR 2014

Kondisi bunga pinjaman KPR yang dipotret dalam survei ini adalah periode akhir Maret sampai awal April 2014. Mungkin kondisi bunga sudah berubah saat ini atau saat nanti Anda datang ke bank, atau bisa pula kondisinya masih sama dengan hasil survei saya.

Kondisi bunga saat ini, pastinya saya tidak tahu. Karena tingkat bunga KPR sangat dipengaruhi oleh suku bunga acuan BI (BI rate) yang ditetapkan secara berkala oleh Rapat Dewan Gubernur BI.

Secara umum, yang saya amati, jika suku bunga acuan BI berubah, maka bunga kredit rumah ikut berubah. Meskipun perubahannya tidak seketika, membutuhkan waktu. Ada lag antara bunga acuan dan bunga pinjaman.

Oleh karena itu, jika bunga acuan BI naik, Anda sebagai nasabah kredit rumah, harus alert. Kemungkinan besar cicilan bulanan kredit ikut naik (kecuali mengambil KPR Syariah atau masih dalam masa bunga tetap).

Dalam tabel dibawah ini (unduh tabel lengkap disini), saya meringkas bunga KPR di Bank BTN, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BII, Permata, Commonwealth dan Panin.

bunga KPR 2014

Beberapa hal yang menjadi catatan penting sebagai berikut:

1. Bunga KPR 2014 Naik Cukup Besar

Tingkat bunga 2014 meningkat di semua bank yang di survei dibandingkan survei tahun 2013. Kenaikkan ini terjadi baik di bunga tetap maupun bunga mengambang. Tidak ada bank yang tidak meningkatkan tingkat bunga KPR. Semuanya terkena imbas.

Selama bunga acuan BI masih tinggi dan belum turun, bank – bank penyalur kredit rumah hampir dipastikan tidak akan menurunkan tingkat bunga mereka. Mengambil pinjaman rumah saat ini berarti membayar cicilan lebih mahal.

2. Bunga Tetap Menjadi Pelipur

Bunga tetap masih menjadi andalan bank untuk menarik calon nasabah KPR. Karena bunga tetap lebih rendah dibandingkan bunga mengambang, cicilan nasabah lebih ringan selama periode bunga tetap. Keuntungan ini yang getol dipromosikan oleh bank.

Namun, jika diperhatikan, masa bunga tetap tidak seragam antara bank. Ada variasi yang cukup lebar. Beberapa bank menawarkan periode bunga tetap yang cukup panjang. Dari umumnya selama 2 tahun, saat ini ada bank yang memberikan waktu sampai 5 tahun, atau bahkan 10 tahun. Namun, ada pula bank yang hanya menawarkan bunga tetap dalam satu periode saja, misalnya 2 tahun atau bahkan hanya 1 tahun.

Periode bunga tetap menjadi penting karena dalam masa itu nasabah memperoleh keringanan bunga. Masa bunga tetap yang relatif panjang bisa dipertimbangkan bagi yang ingin kepastian dan tidak mau deg-deg kan tiap bulan menunggu tingkat bunga yang selalu berubah – ubah.

Bagi Anda yang punya penghasilan tetap dan naik setiap tahun, cicilan tetap bisa jadi pilihan karena menawarkan kepastian. Masa bunga tetap sebaiknya dipilih yang sesuai dengan kemampuan cash – flow Anda.

3. Hati – Hati dengan Bunga Mengambang

Banyak yang tidak sadar soal ini. Bahwa selama masa kredit, sebagian besar cicilan dihitung berdasarkan bunga mengambang. Bunga tetap hanya berpengaruh di masa awal kredit, rata – rata hanya 2 atau 3 tahun pertama. Sisanya bunga mengambang.

Karena itu, tinggi rendahnya bunga mengambang sebenarnya sangat penting dan bahkan lebih penting dibandingkan bunga tetap.

Sayangnya, calon nasabah sering tidak aware soal ini. Selain, karena nasabah tidak tahu, cara menjual kredit rumah pun memang menitikberatkan pada bunga tetap yang terlihat lebih menarik karena lebih rendah.

Maka dari itu, penting calon nasabah melihat seberapa tinggi bunga mengambang di bank tempat akan mengambil pinjaman. Sebagai contoh, KPR BTN memiliki bunga tetap 1 tahun yang cukup tinggi, 11.50%, namun bunga mengambang 13.00% yang sangat bersaing.

Hati – hati dengan bunga mengambang. Ketika melakukan survei, jangan hanya tergiur rendahnya bunga tetap, namun pastikan Anda sanggup membayar cicilan dengan bunga mengambang.

4. Simulasi KPR: Berapa Jumlah Cicilan

Dalam survei yang lalu, banyak pertanyaan mengenai “berapa cicilan per bulan yang harus bayar?”.

Ini pertanyaan yang lumrah. Cicilan itu adalah jumlah konkrit yang harus kita hadapi dan bayar setiap bulan. Selama kita masih sanggup membayar jumlah cicilan, don’t care soal bunga, begitu kira – kira.

Untuk mempermudah, saya membuat perhitungan simulasi kredit di excel. Dengan ini, Anda dapat melakukan sendiri simulasi KPR BTN, Mandiri, CIMB Niaga dan seterusnya.

Silahkan ambil tabelnya disini. Anda perlu mempersiapkan informasi bunga (yang didapat dari tabel diatas), nilai pinjaman dan jangka waktu, yang nanti perlu dimasukkan ke dalam perhitungan.

Update:

Simak update ‘Suku Bunga KPR Terendah di 2016‘. Hore! Bunga KPR sudah turun di 2016, yang bisa dilihat rangkumannya dalam tabel berikut.

Suku Bunga KPR Termurah 2016

Siapa Suku Bunga KPR 2014 Terendah?

Seperti Survei Tahun 2013, KPR BCA masih menawarkan bunga terendah diantara bank – bank yang disurvei di 2014 ini. Baik dilihat dari sisi bunga tetap maupun bunga mengambang, BCA memberikan bunga lebih baik dibandingkan bank lain.

Setelah KPR BCA, KPR lain cukup bersaing. Misalnya, antara Bank Panin dan Mandiri. Bank Panin menawarkan bunga mengambang yang lebih rendah. Bank Mandiri unggul di bunga tetap 2 tahun yang 10.00% paling rendah diantara bank lain, kecuali BCA.

Yang juga menarik adalah KPR BII. Walaupun bunga tetap dan bunga mengambangnya cukup tinggi, namun bank ini berani menawarkan jangka waktu bunga tetap yang cukup panjang, sampai 10 tahun. Paling panjang dalam survei ini. Bunga tetap dengan waktu sepanjang ini menawarkan keuntungan tersendiri karena cicilan pinjaman rumah menjadi lebih rendah dibandingkan cicilan dengan bunga mengambang.

Bank – bank lainnya, seperti CIMB Niaga, Permata, BNI, dan Commonwealth, bersaing cukup ketat. Perbedaan bunga cukup tipis diantara mereka. Namun, perlu dipahami bahwa bunga bukanlah satu-satunya faktor penentu keputusan nasabah memilih kredit rumah di suatu bank. Ada faktor – faktor lain yang tidak kalah berpengaruh, seperti persyaratan, kecepatan proses dan kerjasama developer, dimana bank – bank ini mungkin lebih unggul dibandingkan aspek bunga.

Survei ini memberikan gambaran kondisi bunga KPR terkini di Maret – April 2014. Anda bisa menggunakannya sebagai patokan ketika ingin mengambil kredit kepemilikan rumah.

Jika ingin tahu lebih lanjut soal bagaimana pinjaman rumah atau KPR, simak di Panduan Mengambil KPR dan Bagaimana Mengelola Keuangan Keluarga.

survey bunga KPR 2016

234 Responses

    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Nah itu dia. Kita harus perhatian bunga floating karena itu yang paling besar dampaknya. Salam

      Reply
  1. indra murdianto

    Suku bunga yang trdaftar saat ini dari beberapa informasi trmasuk dari bank sendiri tidak sama ,beberapa waktu yg lalu saya dapat fasilitas kpr permata keluarga dari th 2011 dan tahun pertama hingga 2014 sudah 3 x kenaikan dari awal angsuran Rp.3,499xx dan suku bunga sebesar 13,25 keanikan yg cukup besar menjadi Rp 4.415xx padahal saat ini informasi nilai suku bunga skitar di 10,0 % s/d 12.5% tapi kenapa tidak turun turun,jika pada saat kenaikan langsung naik dan saya sampai mengajukan permohonan penyesuaian hanya di acc cuma 12.50 % saja..Gimana nih..kenaikan sampi hampir satu juta…

    Reply
  2. User KPR BTN Syariah

    Pengalaman Saya :

    Saya Realisasi Bulan Februari 2014 , KPR BTN Syariah Surabaya, Kredit : Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta) Jangka Waktu 15 Tahun, Angsuran per bulan : Rp. 6.801.700,- (kalau ditotal semuanya 180 x cicilan bisa mencapai 1 Miyar lebih..

    *Bagaimana Pendapat Admin.

    Apakah Saya Salah memilih KPR di Bank Syariah ini ? Apakah seharusnya saya memilih jangka Waktu yang lebih pendek (10 tahun) ? Atau gimana? Karena setelah realisasi saya baru menyadari bahwa semakin lama jangka waktu kredit, margin bank akan semakin tinggi dan mempengaruhi cicilan perbulannya.

    Saya sedikit menyesal kenapa tidak tau website ini sejak awal sehingga tau tata caranya.

    Apakah memang KPR BTN Syariah margin paling tinggi dari Bank Syariah Lain?

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Semakin lama jangka waktu kredit, semakin besar bunga yang akan Anda bayar. Itu sebabnya total pembayaran menjadi lebih besar. Jika memilih jangka waktu lebih pendek, memang total pembayaran menjadi lebih kecil, tetapi cicilan bulanan Anda akan lebih tinggi. Saya pribadi memilih cicilan KPR dalam jangka waktu panjang karena peningkatan nilai rumah dan tanah biasanya lebih tinggi dibandingkan bunga KPR bank. Misal, bunga saat ini sekitar 12-13% setahun, bandingkan dengan kenaikkan harga properti Anda. Kenaikkan harga properti yang lebih tinggi ini membuat pinjaman Anda menjadi menguntungkan. Salam

      Reply
  3. za1

    min, brarti th 2014 bunga kpr terendah adalah BCA 9,5% yg ingin sy tny kan :
    1. Selain bca ada ga yg lebih rendah bunganya?
    2. Kira2 di bca bunga tetap ada tdk klo ada sampai brapa thn?
    3. Apa syarat mengajukan kpr di bank?
    4. Kira2 brapa lama proses pengajuan kpr hingga cair?
    5. Rekomendasi dr admin bank mana yg terbaik di thn 2014 ini?

    Maklum sy blum pernah hutang di bank dan pingin hutang di bank, klo jwbnya terlalu panjang kirim via email aja min.
    Trim’s atas bantuannya.

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. (1) BCA setahu saya yg terendah sejauh ini. (2) bunga tetap sampai 5 tahun. (3) Syaratnya punya penghasilan yang cukup, ada dokumen rumah yang jelas dan siap membayar uang muka. (4) kira – kira 2 minggu kalau semua syarat lengkap (5) tergantung, masing2 bank punya kelebihan sendiri. Kepentingan saya mungkin berbeda dengan kepentingan Anda, sehingga yang buat saya baik mungkin tidak baik untuk Anfa. Sebaiknya Anda tentukan dulu maunya apa, baru kemudian mencari bank-nya. Salam

      Reply
  4. Irena

    Artikel ini sangat membantu sekali. Terima kasih Pak. Tetapi ada yang mau saya tanyakan, boleh ya dibantu.. Apabila saya hendak mengambil cicilan rumah seharga 295jt di BCA dengan jangka waktu selama 15 tahun, berapa cicilan yang akan saya bayar per bulannya. Dan secara persyaratan brp minimal penghasilan saya agar dapat di accept oleh BCA

    Reply
    • admin

      terima kasih sudah berkunjung. perhitungan bunga bisa cek disini. ada perhitungan cicilan disitu. syaratnya Anda harus tahu bunga KPR yang berlaku berapa. Cek ke banknya dulu karena bunga itu berubah-ubah setiap saat. minimal penghasilan bisa cek di web BCA. salam

      Reply
  5. prasetyo

    saya mau tanya tingkat suku bunga dibank tahun ini sekitar brapa persen – brapa persen..??
    Trimakasih

    Reply
    • admin

      Suku bunga apa, pinjaman atau tabungan. Di bank ada banyak sekali suku bunga. Maunya suku bunga apa? Kemudian, suku bunga di bank itu sangat dinamis. Bisa berubah-ubah setiap bulan, atau bahkan mingguan jika kondisi ekonomi sedang fluktuatif. Sebaiknya langsung datang ke banknya untuk menanyakan kondisi bunga terkini. Salam

      Reply
  6. fitri

    admin..mau konsul dikit, ak mau kredit kendaraan, ak bingung pilih bank yang rate bunganya rendah?kira2 ak mau yang jangka waktu 3 tahun saja. apa ada beda suku bunga kpr dengan kredit dkendaraan?bedanya apa? bank yang bisa direkomendasikan apa ya?terima kasih

    Reply
    • admin

      Suku bunga kendaraan lebih tinggi dibandingkan KPR. karena risiko kendaraan lebih tinggi dibandingkan KPR. Ada dua pilihan jika ingin mengambil kredit kendaraan: bank atau lembaga keuangan. bank punya bunga lebih rendah tapi proses lebih ketat dan lebih lama, sedangkan lembaga keuangan bunga lebih tinggi tapi proses lebih cepat dan lebih mudah. silahkan dipilih sesuai kebutuhan Anda. saya tidak update mengenai suku bunga kredit kendaraan, sehingga maaf tidak bisa memberikan update saat ini. Kalau ada pameran kendaraan di mall, biasanya sales-nya menawarkan kredit, bisa cek disitu berapa bunga saaat ini. Salam

      Reply
  7. udhin

    Sy ambil kpr pokok 272jt diBTN dg bunga promo fixed 7.49 selama 2th, saat ini sdh tahun kedua, selama 25th. Dan berdasarkn info yg sy dpt saat ini floating rate BTN 13%, bagi sy apa yg mimin sarankan ke sy utk kpr sy? Dan mungkin apa ngk sy pindah ke bank lain mggunakan bunga promo yg ditawarkan bank bca misalnya dith ketiga?

    Reply
    • admin

      Bisa saja di take-over ke bank lain. Perlu dihitung berapa biaya take-over. Minta bank BCA utk hitung prakiraan biaya take-over. nanti bandingkan biaya take over dengan keuntungan dari penurunan bunga. salam

      Reply
  8. donal

    Dear admin. Trims sebelumnya atas tread nya yang sangat membantu ini. Min, mau curcol nih. Saya ada target kpr rumah seharga 290 jt. Rencana akan saya dp 90jt. Kira2 berapa ya total dana yg harus saya siapkan untuk biaya kpr, biaya notaris dan biaya lainnya.. trims ya admin

    Reply
    • admin

      Saya tidak tahu pasti karena itu tergantung tarif notarisnya. dugaan saya mungkin biayanya sekitar 10 juta lebih. tapi sekali lagi itu hanya dugaan ya. cek dulu saja ke notaris, biasanya mereka mau kasih estimasi.

      Reply
  9. Budiarso

    Boss, mau tanya nih. Apa benar bunga KPR untuk rumah baru dan rumah bekas berbeda?. Berapa selisihnya ?. Dan kenapa beda ?.

    Tengkyu

    Reply
    • admin

      Umumnya bunga rumah bekas lebih mahal, walaupun tidak selalu. Penyebabnya karena risiko rumah bekas lebih tinggi dari rumah baru. kenapa lebih tinggi? baca disini.

      Reply
  10. Jon Siahaan

    salam kenal adm. saya mau minta sarannya, saya saat ini sedang mengurus KPR rumah oleh bank BTN dengan nilai KPR Rp. 104.000.000,- sedangkan yang di setujui bank Rp. 97.500.000,- dengan jangka 240 bulan. pada waktu pengajuan saya meminta 120 bulan tapi kenapa jauh sekali bank menetapkan 240 bulan. saya sangat kecewa sekali dengan hasil itu, apa yang harus kami lakukan dan bagaimana caranya untuk mencari bank lain untuk pengajuan KPR tersebut? mohon batuannya admin. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Dugaan saya kenapa bank memperpanjang jangka waktu dari 120 bulan ke 240 bulan karena mungkin pendapatan Anda dianggap tidak cukup untuk membayar cicilan dengan jangka waktu 120 bulan. Cicilan akan lebih tinggi untuk jangka waktu lebih pendek. Biasanya bank menganut maksimum cicilan adalah 30% dari penghasilan. Tidak boleh lebih tinggi dari 30% karena kalau lebih tinggi dianggap tidak akan sanggup membayar. Jika ternyata cicilan diatas 30% penghasilan, solusinya adalah meningkatkan penghasilan atau menurunkan cicilan. salah satu cara menurunkan cicilan adalah memperpanjang jangka waktu kredit.

      kalau tidak puas, boleh saja cari ke bank lain. Silahkan datang ke bank yang menyediakan KPR, nanti disana ada marketing yang akan membantu. Bank itu pada dasarnya ingin memberikan kredit, termasuk KPR. Jadi kalau ada nasabah datang ingin KPR, bank dengan senang hati akan membantu.

      Reply
    • Chikyta

      Salampak Jon dan Admin
      Saya juga pakai kpr BTN hampir sama kasusnya seperti Bapak, padahal saya sudh deal 15 th kpr dan segala macam berkas sudah 15 tahun,akan tetapi ketika saya ngecek bulan ke 5 dengan rekening korang, tiba tiba berubah tanpa sepengetahuan saya (tanpa telpon, tanpa surat, tanpa email). Bagaimanakah solusinya menurut Admin? Apakah saya Take over ke Bank Lain saja? Jujur saya sangat kecewa dengan Bank BTN. Terimakasih..

      Reply
      • admin

        Kalau memang berubah sebaiknya ditanyakan ke pihak Bank, alasan perubahahannya apa. Umumnya bank menerapkan bunga tetap minimum selama 1 tahun. Jadi, seharusnya selama 1 tahun pertama, bunga KPR Anda tidak berubah.

        Jangan cepat-cepat memutuskan untuk take-over ke bank lain. Hitung dengan cermat karena proses take over butuh waktu dan biaya. Coba baca ini mengenai proses dan biaya take-over.

  11. Jon Siahaan

    berarti pihak bank hanya melihat pendapatan tetap seorang nasabah saja ya adm. bagaimana dengan saya yang pendapatan tetap saya Rp. 4.000.000,- pada saat ini, karena pada waktu saya mau membeli rumah tersebut, saya melihat nilai KPR rumah tsb yang tertera pada brosur rumah, saya mampu dan saya menentukan sesuai dengan kemampuan saya yang mempunyai pendapatan tetap didalam perusahaan. pertanyaan saya bagaimana lagi kalau saya adalah pekerja dengan status tidak tetap apakah saya dapat memiliki rumah??? dan satu lagi adm. ke bank mana saja saya mengajukan KPR rumah saya diatas dengan suku bunga yang rendah?? mohon petunjuknya adm. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Reply
    • admin

      Itu dugaan saya bahwa pendapatan Anda mungkin dianggap bank belum cukup untuk cicilan dgn jangka waktu 120 bulan (makanya diubah ke 240 bulan). Bisa saja bank punya pertimbangan lain. Silahkan ditanyakan langsung ke bank kenapa memperpanjang jangka waktu. Kalau pendapatan tidak tetap, bank biasanya punya pertimbangan tertentu dengan melihat bagaimana usahanya selama ini. Mereka tetap bisa mengambil kredit. Kalau ingin tetap mengambil kredit dengan jangka waktu yang lebih cepat, Anda bisa menambah uang muka, yang akan jadi pertimbangan bank. Mengenai bunga KPR, saran saya Anda datangi saja bank menanyakan langsung berapa bunga KPR saat ini. Saya belum melakukan survei lagi, selain yang sudah saya tulis di web.

      Reply
  12. yusriel

    Sya mau bertanya,apakah level suku bunga di Indonesia ini hanya bergerak naik? Tdk prnh turun? Krn suku bunga dikatakan floating itu kan ada saatnya naik dan jg turun,smntra yg sya alami di BTN,jumlah angs selalu naik slama 3 thn ini.

    Reply
    • admin

      suku bunga di pasar naik turun. masalahnya apakah itu disesuaikan ke bunga KPR atau tidak, itu kebijakan masing – masing bank. cek ke banknya saja. apalagi kalau melihat suku bunga SBI, yg jadi acuan, mengalami penurunan. kadangkala, tapi tidak selalu ya, ada bank yg tidak menurunkan bunga (meskipun bunga pasaran turun) kalau tidak diminta oleh nasabah. Dalam perjanjian kredit, penentuan bunga adalah kebijakan bank.

      Reply
  13. Yussie Gustiani

    Dear admin saya mau tanya..saya sudah ambil kpr btn dgn pkok hutang sya 316jt dan bunga 11,5% slama 240bln.kalau dihitung bunga plus pkok jadi 840jt apakah mmg sgtu ya ktentuan bunganya karena klw dbandingkan bunga bank lain BTN besar skli..apa mmg bgtu kbijakannya mohon infonya ya admin..tx

    Reply
    • admin

      Cek dulu apakah bunga BTN memang lebih besar dari bank lain. kalau bunganya lebih besar ya wajar nominal bunga jadi besar. itu 20 tahun kredit. hitungan kasar saja, kalau setahun 10% maka 20 tahun sekitar 200% – meskipun harusnya lebih kecil dari 200% krn bunganya efektif, jadi tiap tahun porsi bunga turun. kalau menurut saya hitung2 bunga bank ya seperti itu. kalau mau kecil beban bunganya, ambil jangka waktu yang lebih pendek, pasti porsi bunga kecil. tapi, kalau periode kredit pendek, cicilan jadi naik. jadi masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. silahkan Anda pilih mau yang mana: cicilan tinggi, kecil bayar bunga atau cicilan kecil, bayar bunga tinggi.

      Reply
    • Catur Elyk

      Saya berencana ngambil rumah kpr btn syariah dengan harga jual 475 jt.dp 73 jt.harga kpr 402 jt.kira kira berapa biaya yang harus saya siapkan untuk AJB.BBN.BPHTB.PPN dan NOTARIS

      Reply
  14. dani

    Saya Nasabah BTN, plafond kredit Rp.84 juta. jangka waktu 10 tahun. Cicilan 1.2 juta. ternyata di tabel pembayaran, diuraikan bunga dan pokok Rp.300rb pokok dan 900rb bunga. jika hutang pokok saya kalian 120 bulan (Rp.300.000 x 120 = 36.000.000). Pertanyaannya : Bagaimana cara untuk perhitungan cicilan dan uraian pokok bunga kredit?

    Reply
    • admin

      Anda bisa cek sendiri perhitungannya disini, disitu ada file excel yang bisa di download untuk menghitung berapa porsi pokok dan bunga dari pinjaman kita.

      Reply
  15. Indria Mattulada

    Dear admin, mau nanya nih. Saya punya rumah di grand depok city. Mau dijual karena suami sudah tak ada dan saya ingin dekat anak2 di Makassar, jadi rencana mau beli rumah di Makassar. Kebetulan depan rumah anak saya ada yg mau jual rumah seharga 575jt. Untuk itu saya ingin mengambil pinjaman kpr di bank. Masalahnya uang cash saya tidak cukup untuk uang muka. Bolehkah saya agunkan rumah di Depok sambil menunggu terjual? Begitu rumahnya laku akan saya lunasi pinjaman bank tersebut. Kalau bisa, bank mana yang disarankan?

    Reply
    • admin

      kalau saya tidak salah memahami, maksudnya rumah Ibu yang di Depok ingin diagunkan ke bank sekaligus dijual. Secara teknis bisa saja. Di bank ada yang namanya KPR multiguna dimana ibu bisa menjaminkan rumah untuk mendapatkan kredit. KPR Multiguna hampir ada di semua bank.

      Hanya, sewaktu nanti rumahnya dijual, ibu harus menjelaskan ke calon pembeli bahwa rumah ini sedang diagunkan ke bank. Calon pembeli bisa punya pilihan mengambil alih kredit Ibu atau tidak. Kalau calon pembeli tidak mau mengambil alih, artinya Ibu harus melunasi kredit terlebih dahulu, supaya bisa dijual ke pembeli. Dalam pelunasan dipercepat ini, ibu harus siapkan uang cash untuk melunasi kredit rumah yang di Depok tersebut. Kadang kita bisa minta ke calon pembeli untuk memberikan tanda jadi atau uang muka yang bisa digunakan untuk melunasi kredit tadi.

      Reply
  16. panjie

    mau tanya,.. jika teman sy pinjam uang ke bank bni dengan mengagunkan sertifikat rumah dan tidak sanggup lagi untuk mengangsur apakah bisa meminta keringanan untuk menghapus bunga plus meminta pemotongan hutang pokok pinjaman. sedangkan dia hanya mampu melunasi 50%-70% saja. mohon infonya

    Reply
    • admin

      Mengajukan ke bank bisa saja. Silahkan diajukan jika memang ada alasan yang kuat. tetapi, yang saya tahu bank akan sulit memberikan keringanan, apalagi meminta potongan pokok pinjaman. Di samping itu, ada jaminan rumah yang bisa dieksekusi oleh bank setiap saat.

      Alternatif lain: pertama, menjual rumah yang sekarang, uangnya bisa dipakai untuk melunasi pinjaman yang masih tersisa; kedua, restrukturisasi kredit, minta perpanjangan waktu pinjaman, misalnya dari 10 tahun menjadi 20 tahun, sehingga cicilan menjadi lebih kecil.

      Reply
  17. deww

    Mohon infonya untuk kenaikan suku bunga bank setelah masa bunga flat habis itu paling sedikit kenaikannya di bank mana. saya ambil kredit rumah bekas di bank BTN, sedangkan setelah proses dan saya cek untuk angsuran dengan pinjaman dan tenor sama antara BTN dan BNI lebih ringan BNI untuk angsurannya dengan beda sekitar 300rb. Tp dari info teman2 setelah flat-nya habis kenaikan angsuranya lebih tinggi di BNI sekitar 200 sd 300rb. Sedangkan kenaikan angsuran BTN saya setelah bunga flat habis sekitar 50rb. Bagaimana menurut anda, bank mana yg lebih menguntungkan dengan kenaikan bunga setelah angsuran flat habis rendah dan juga angsuran lebih ringan. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Biasanya, tapi ini biasanya ya, bank yang bunga flatnya rendah, akan menaikkan bunga cukup tinggi setelah bunga flat selesai (disebutnya bunga fleksibel). Makanya, ketika survei KPR, Anda sebaiknya cek tidak hanya bunga flat tapi juga bunga fleksibelnya berapa. Dari situ bisa dilihat perbandingan antara bank seperti apa. Anda sebaiknya survei ke bank untuk menentukan mana bank dengan bunga yang paling cocok buat kondisi keuangan Anda.

      Reply
      • Dimas.H.Saputro

        admin punya data fleksibel BNI ? Jika ada datanya dimohon ijin untuk di share soalnya saya pengguna kredit BNI untuk rumah, biar saya bisa dapat mempersiapkan planing keuangan kedepannya, jika tidak memungkinkan, rencana saya akan saya pindah ke syariah, menurut mimin gmn y, apakah menguntungkan atau tidak? tks

      • admin

        Data floating rate BNI terbaru, saya belum punya yang paling update. Mungkin dikisaran 12 sd 14% saat ini.

        Soal Syariah atau bukan, itu tergantung tujuan keuangan Anda apa. Baca disini soal plus-minus KPR Syariah.

        Kalau ingin kepastian cicilan, KPR Syariah bisa jadi pilihan karena cicilannya tetap sampai akhir tenor. Tapi, cicilan KPR syariah lebih mahal daripada KPR konvensional.

  18. George

    Salam kenal. Butuh bantuan anaslisa atas kasus berikut : Pokok hutang tersisa 330jt, sisa tenor sekitar 12.5 tahun. Cicilan KPR per bulan sekitar 4.5jt. Punya tabungan sekitar 450jt saya depositokan tiap bulan memperoleh bunga deposito sekitar 1.8jt. Total pendapatan per bulan setelah dikurangi biaya hidup dan cicilan lain lain tersisa 10jt. Jika anda diposisi saya apa yang akan lakukan, apakah hutang tersebut saya lunasi atau dibiarkan saja mengikuti jadwal hutang sampai selesai masa tenor nya ? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Saya pribadi suka dengan KPR karena properti itu nilainya meningkat terus selain itu kita mendapat tambahan dari menyewakan properti tsb. Jadi, kalau saya, KPR dilanjutkan saja. Salam

      Reply
  19. Diana

    dengan adanya artikel ini membuat saya mengetahui suku bunga saat ini, jika ada kenaikan/penurunan suku bunga harap diupgrade terus agar saya tidak ketinggalan, karena saya sangat memerlukan informasi tentang suku bunga ini 🙂

    trims.

    Reply
  20. Kuncoro

    Rio Quiserto,
    saya punya KPR BTN ini tahun yg ke-3, awalnya angsuran 2,3jt skrag 2,6jt karena mengikuti suku bunga mengambang. perbedaan yg lumyan buat saya, sedikt kcewa karena dulu sy ga ambil yg syarih dg cicilan 2,7jt
    Bagaimana andai sy take over ke syariah, kekurangan dan kelebihannya?

    terimakasih pencerahannya
    salam
    keuangan keluarga sehat

    Reply
    • admin

      Take Over bisa saja. (+) cicilan jadi lebih pasti sampai akhir kredit. (-) ada biaya take over yg lumayan krn proses kredit diulang dari awal.

      Saya pernah membahas soal untung rugi take over disini.

      Reply
  21. dian

    Salam. Jika saya punya tanah dan ingin dibangun rumah type 48, bagaimana menurut admin apakah bisa saya mengajukan kpr untuk kondisi sprti itu, ataukah lebih murah jika mendapatkan pinjaman langsung dari bank untuk membangun rumahnya sendiri?? Tks.

    Reply
    • admin

      Kalau tanahnya sudah SHM, Anda bisa mengajukan kredit ke bank untuk membangun rumah di atas tanah tersebut, dengan jaminannya tanah itu. Saya dulu pernah melakukannya lewat Bank Niaga. Salam

      Reply
  22. Geregorius

    Slamat mlm pak. Saya punya pinjaman kredit konsumsi di BPD NTT, 144 jt, slma 15 th dg cicilan 2,3 jt perbulan. Gaji perbulan saya trima sebesar 3,9 jt. Jadi kalau dihitung pndpatan saya saat ini hanya 1,6 jt perbulan dan ini tdk cukup. Saya berencna untk take over ke bank lain yg pux bunga kredit tanpa anggunan dg bunga rendah, dan ada kelebihan dana dari take over trsebt yg dpt saya gunakan sbgai modal usah. Kira2 Solusi apa yg tepat bwt saya pak untk mengatasi hal ini, dan bank mana yg tepat bwt saya serta produk kredit spt apa yg baik bwt saya. Trima ksh

    Reply
    • admin

      Take-over bisa saja dilakukan. Coba bapak cek ke BCA dan bank BUMN, karena biasanya bunga mereka cukup rendah. Kalau kredit tanpa agunan biasanya bunganya tinggi karena bank melihat kredit ini cukup beresiko. Kalau mau yang rendah, pindahkan ke kredit dengan agunan, misalnya agunan rumah atau tanah.

      Kalau bapak ingin menambah pinjaman lagi, lebih tinggi dari yang sekarang, apakah tidak semakin memberatkan keuangan bapak? Sementara, bapak sendiri bilang bahwa cicilan sekarang sudah berat. Apalagi bapak ingin melakukannya ke Kredit Tanpa Agunan, yang biasanya berbunga tinggi.

      Idealnya, cicilan pinjaman itu maksimum 30% dari penghasilan kita.

      Reply
  23. snugers

    Assalamualaikum min,
    Salam sejatera..,
    Mohon sarannya juga nih min,
    asap ya klo bisa,
    Ane dalam waktu dekat ini mau beli rumah seharga skitar 350jt,
    sedangkan ane sma keluarga ada uang cash kira2 total 120jt’an,
    kira2 klo admin ad di posisi ane, apa langkah yg diambil, n kpr mana yg di pilih,
    oia satu lg ane mau nanya, bisa ga misal ane pinjam ke bank, trus nominalnya di lebihkan, misal ane punya 100 itu bwt uang muka, trus minta tambahan ke bank 300 jt, jd sisa dri itu bisa bwt bayar cicilannya,
    ditunggu advisenya min..

    Reply
    • admin

      Saya jawab satu-satu.

      (1) Bisa saja. jadi kreditnya sekitat 220 juta karena yang 120 juta sudah dibayar dengan cash sebagai uang muka.

      (2) Proses di bank itu begini. Rumah yang mau dibeli akan dinilai oleh bank (namanya proses appraisal). Pembiayaan dari bank maksimum adalah 70% dari nilai appraisal tersebut.

      Misalnya. nilai appraisal bank atas rumah adalah 350 juta, maka maksimum kredit dari bank adalah rp 245 juta. uang muka cukup 105 juta. Anda pinjam rp 245 juta ke bank.

      Reply
  24. iy

    Salam. Mau tanya kalau kpr di bank dki bunga 11% efective floating fixed 1th pertama. Menurut admin bunganya rendah atau tidak?
    Thx

    Reply
    • admin

      Lumayan rendah karena saat ini bunga fixed disekitar 10 – 13%. Tapi sebenarnya jangan hanya melihat fixed yang rendah saja. Karena fixed itu hanya satu tahun, setelah itu Anda akan menghadapi bunga floating.

      Perlu dicek berapa floating-nya, sehingga Anda bisa ukur berapa kenaikkannya. beberapa bank membuat bunga fixed yang rendah (supaya nasabah tertarik masuk), tapi nanti saat masuk bunga floating, bunganya dinaikkan tinggi diatas rata-rata bank lainnya. Akibatnya, banyak nasabah yang terkaget-kaget kok cicilan naik tidak kira-kira.

      Reply
  25. Munggang H.P.

    Salam kenal. Saya ingin tanya, ketika kita ingin renovasi rumah, apakah sebaiknya tunggu sampai KPR selesai atau bisa dilakukan kapan saja? Apakah ada konsekuensi dari setiap pilihan ini?
    Ketika rumah mengalami kerusakan akibat kesalahan developer sedangkan developernya sendiri sudah kabur, apakah bisa mengajukan komplain ke bank penyedia KPR?
    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Saya jawab satu-satu.

      (1) Ini renovasi mau pinjam lagi atau mau pakai uang sendiri. Kalau pakai uang sendiri, kapan saja bisa dilakukan. Tidak perlu tunggu KPR selesai. Konsekuensinya, seandainya Anda menunggak dan tidak bisa melunasi, rumah bisa disita bank, sehingga uang yang sudah dikeluarkan untuk renovasi akan sia-sia.

      (2) Hmmm…yang pilih developer-nya siapa? Anda sendiri kan. Kenapa kok komplain ke bank-nya.

      Reply
  26. bebe

    Dear admin,
    Tks infonya diartikel ini. Dari tabel bunga diatas kayanya lebih tinggi dari tabel di website bank. Mungkin karna sudh ditambahkan premi risiko seperti penjelasan di wwbsite banknya. Jadi kesannya informasi suku bunga di web tsb menyesatkan. Pertanyaannya
    1. premi risiko itu apa sih?
    2. Trus brpa angkanya?
    3. Apa semua nasabah dikenakan besaran yg sama?
    4. Knpa gak disampaikan scra tranparan besarannya?
    Mohon pencerahannya. Tks.

    Reply
    • admin

      Saya tidak bisa berkomentar soal informasi bunga di web karena tidak tahu bagaimana itu disusun. Yang saya sampaikan di artikel ini adalah suku bunga yang kita hadapi ketika mengajukan KPR.

      Mengenai premi risiko, sederhananya itu adalah kemungkinan nasabah menunggak. jadi ketika nasabah mengambil kredit, ada dua kemungkinan, nasabah bayar terus atau menunggak. bank tidak tahu PASTI, mana yang akan menunggak, mana yang akan bayar lancar. Makanya, ada premi untuk meng-cover kemungkinan risiko menunggak karena jika menunggak bank mengalami kerugian.

      Perhitungan premi risiko cukup rumit dan kompleks karena masing – masing segment atau jenis nasabah bisa berbeda – beda, tergantung hasil analisa dan ‘keberanian’ bank mengambil risiko. Jadi besaran premi risiko bisa sama, tapi bisa juga berbeda antar nasabah. Kemampuan mengelola dan menetapkan premi risiko adalah salah satu keunggulan bank, itu dapurnya bank, makanya informasi ini tidak diungkapkan secara transparan.

      Reply
  27. hindro

    Mau konsul min,klau menurut bapak lebih menguntungkan kpr bank syariah atau konvensional,terima kasih

    Reply
  28. Jimmi

    Dear Admin,

    Tolong minta update bunga fixed terbaru donk… Untuk saat ini fixed rate bunga diatas sudah berubah… dan juga floating ratenya.

    Thanks in advance.

    Sincerely,
    Jimmy

    Reply
    • admin

      Terima kasih masukkannya. Semoga bisa segera di update dengan data yang terbaru.

      Terus terang butuh waktu untuk melakukan update suku bunga KPR karena supaya informasinya akurat kami datang langsung dan mewawancara pihak bank bersangkutan. Tapi semoga saja ini bisa tetap kami lakukan.

      Reply
  29. Mira

    Dear admin,,
    kalo misalnya saya mw renovasi rumah, yg lebih ringan pake kredit bank apa ya? apa sama seperti di atas pake BCA? apa renovasi bisa mengunakan kredit KPR? mohon info min. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Ada kredit renovasi rumah. Biasanya bank yang menyediakan KPR juga memiliki kredit untuk renovasi.

      Bunganya yang murah mana? Saya belum cek lagi kalau utk renovasi. Biasanya bank yang bunga KPRnya murah, kredit renovasinya juga murah.

      Reply
  30. harry

    maf sy ingin tanya.sy kpr d btn sbsar 204jt.selama 15 thn.cicilan 2200000,fix slma 1 thn.yg sy tnyakn pd saat akd suku bunga 9,7% skg d thn 2014 suku bunga 11% lalu bgmn prhitungan’y knp cicilan sy bs mnjd 2741000.krn sy kget dengan kenaikn cicilan yg lumayan besar.trmksih

    Reply
    • admin

      Dugaan saya, itu karena masa bunga fixed yang setahun sudah selesai. Sekarang KPR Anda menggunakan bunga variabel yang lebih tinggi. jadi saat di awal (setahun pertama) bunganya 9.74%, kemudian setelah itu bunganya menjadi 11%.

      Kenapa bunganya menjadi setinggi itu?
      (1) Anda bisa coba menghitung sendiri menggunakan file excel yang sudah saya sediakan disini; atau
      (2) Menanyakan langsung ke pihak bank soal kenaikkan cicilan tersebut. Bank akan dengan senang hati menjelaskannya.

      Reply
  31. kartini

    Ingin bertanya: Apakah mayoritas Bank transparan tentang kebijakan bank pelunasan pokok lebih cepat (sebagian atau keseluruhan). Tindakan tambahan angsuran pokok kan sangat membantu untuk mengurangi bunga, apalagi bila dilakukan dalam masa awal kredit. Tapi saya dengar katanya bank bianaya menerapkan pembatasan kapan debitur bisa melakukan tambahan angsuran pokok. Maksud saya, apakah bank secara umum biasanya terbuka mengenai hal ini, atau ketentuan itu termasuk dalam pasal-pasal dalam akad kredit yang biasnya tersembunyi dan dicetak kecil sekali? Bank manakah yang sangat transparan dalam hal ini? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Soal pelunasan dipercepat, atau pelunasan sebagian, bank cukup transparan soal ini. Ketentuannya ada di Perjanjian Kredit. Anda bisa melakukan dua hal untuk pelunasan:

      (1) Pelunasan Dipercepat SELURUH-nya. jadi kredit diselesaikan lebih cepat. Ini ada dendanya. Mungkin berkisar 1% sd 2% dari sisa pinjaman. Makin cepat dilunasi akan makin mahal dendanya.

      (2) Pelunasan Sebagian. Jadi, Anda membayar lebih besar dari cicilan (tambahan angsuran), sehingga jumlah pinjaman berkurang. Setelah itu, karena pinjaman sudah berkurang, Anda bisa memilih ingin cicilan sama dengan jangka waktu lebih cepat, atau cicilan lebih kecil dengan jangka waktu sama.

      Soal kapan bisa dilakukan, masing – masing bank berbeda- beda, ada yang bisa setiap saat, ada yang setelah masa bunga tetap selesai. Anda harus cek ke masing – masing bank.

      Saya pernah melakukan dengan Bank Niaga dan tidak ada masalah. Saya kira semua Bank cukup transparan soal ini karena itu harus tercantum dalam Perjanjian Kredit.

      Yang Anda harus pastikan adalah dendanya. Semoga bermanfaat.

      Reply
  32. Danny

    Salam.
    Saya ingin bertanya kepada admin yang terhormat.
    Saya berencana untuk membeli rumah second dengan harga 550jt, lebih murah mana jika saya KPR dengan jika saya pinjam uang saja di bank terus uangnya saya pakai untuk membeli rumah tsb. Karena kakak saya punya usaha yang lumayan besar dan sering ditawarin pihak bank untuk pinjaman modal melebihi dana yg saya perlukan utk membeli rumah tsb. Lebih menguntungkan mana ya antara saya KPR kan saja atau saya pinjam uang saja ? untuk penghasilan saya sekitar 6-9 jt/bulan.

    Terima Kasih atas perhatiannya.

    Reply
    • admin

      Umumnya bunga KPR jauh lebih rendah dari bunga pinjaman bank yang lain karena: (1) KPR adalah pinjaman berjaminan. Di bank sering disebut sebagai secured loan. Jika nasabah menunggak, bank punya jaminan yang bisa dijual untuk menyelesaikan kewajiban nasabah. (2) secara umum peminjam KPR lebih patuh membayar dibandingkan pinjaman lain sehingga dimata bank KPR lebih rendah risikonya.

      Berdasarkan itu, saya kira lebih murah Anda memanfaatkan KPR dibandingkan mengambil pinjaman lain seperti KTA atau jenis pinjaman lain.

      Reply
  33. Dita

    Dear Admin,

    Menurut pengalaman dan perhitungan Anda, lebih menguntungkan mengambil KPR dengan bunga fix 2 tahun sebesar 10.5% atau fix 5 tahun sebesar 10.99% dengan tenor selama 10 tahun? Estimasi bunga floatingnya 13-14%

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Profesi Anda apa? kalau pegawai, yang penghasilan cenderung stabil, saya sarankan mengambil fix yang panjang karena lebih pasti. kalau fix tenor pendek, ada risiko fluktuasi bunga floating (bisa naik tapi bisa turun).

      Reply
  34. patar tambunan

    Thank you admin.. beberapa bulan lalu saat saya balik ke indo saya beli rumah dengan sistim KPR yang di danai oleh bank BPR. Saya tinggal di Batam dan status saya untuk saat ini bekerja diluar negeri. Status bekerja diluar negeri membuat saya tidak bisa mendapatkan KPR dari bank” umum. Pilihan terakhir jatuh ke BPR yang bunganya sangat tinggi jika dibandingkan dengan bank” umum lainnya, ini dikarenakan kalkulasi kpr dari bank BPR berbeda dengan bank” umum. Saat ini saya berencana untuk balik dan menetap di indo dan berencana untu me refinance rumah saya ke bank” umum untuk mendapatkan cicilah yang lebih ringan. Mohon masukan dari admin mengenai rencana saya tersebut. Thanks

    Reply
    • admin

      Anda bisa melakukan take-over dari BPR ke Bank Umum. Saya pernah membahas soal take over di artikel ini. Silahkan dibaca.

      Pastikan bahwa surat – surat terkait kepemilikan rumah, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) dan IMB, lengkap semua, karena itu dokumen yang diminta oleh bank umum. Selain, dokumen – dokumen penghasilan dan identitas Anda.

      Reply
  35. liona susan

    sy di kota jambi,baru mau akan mengambil KPR,sebaiknya KPR bank apa yg harus sy ambil.yg tentunya tidak merugikan saya

    Reply
    • admin

      ada banyak faktor kita memilih KPR. Misalnya bunga murah, proses cepat, banyak kerjasama dengan developer dan lain – lain. saya tidak tahu kebutuhan Anda apa.

      Reply
  36. Kuta Bali

    Met malam admin sy mau bertanya…2tahun lalu sy ambil kpr di bank bni,tahun 1-2 sy bayar cicilan perbulan 2300.000.dan kini stelah memasuki tahun ke 3.pembayaran naik menjadi 2997.000.dan trus terang sy bingung koq pembayaran bisa meningkat jauh skali.makanya sy putuskan mau menjual rumah tsb.pertanyaan sy klw seandainya sy jual rumah tsb persyaratan apa sj yg harus sy penuhi di bank????trimakasih admin.

    Maaf admin sy bertanya lg klw seandainya sy jual rumah tsb..apakah sy akan mendapat keuntungan dr penjualan rumah tsb.dan berapa bulan bunga yg harus sy lunasi di bank bni??trimakasih..

    Reply
    • admin

      (1) Kenaikkan cicilan karena bunga KPR sudah masuk ke bunga floating yang lebih tinggi dari bunga fixed. Selengkapnya bisa baca disini soal kenapa bunga floating itu tinggi.

      (2) Hak Anda untuk menjual rumah tersebut. Tapi, karena rumah tersebut saat ini dijaminkan di bank (sertifikat dipegang oleh bank), Anda harus melunasi terlebih dahulu pokok pinjaman KPR tersebut supaya sertifikat kepemilikan rumah bisa diambil kembali.

      Artinya, Anda sebaiknya menyiapkan uang sebesar pokok pinjaman KPR di bank untuk melunasinya. Atau, Anda bisa meminta calon pembeli untuk mengambil alih pinjaman KPR Anda di bank, sehingga Anda tidak perlu keluar uang untuk melunasi pinjaman KPR dulu.

      (3) Soal keuntungan dari penjualan rumah bisa saja, selama nilai penjualan rumah lebih besar dari nilai pinjaman plus uang muka yang dulu sudah Anda bayarkan.

      (4) Tidak ada bunga yang harus dilunasi untuk pelunasan pinjaman. Yang harus dibayar adalah sisa pokok pinjaman dan denda pelunasan dipercepat.

      Reply
  37. Arga

    Selamat Siang

    Saya Arga, saya ingin bertanya mengenai KPR BRI.

    Saya ingin KPR dengan jangka waktu 10 tahun. Saya ingin tau sebenarnya bunga flat untuk KPR itu kisaran berapa? karena saya mendapat bunga 10,25% per 2tahun pertama dan tahun ketiga sampai dengan tahun 10 kena 13%

    Ketika saya melihat rincian cicilan, antara cicilan muka dan bungan angsuran lebih besar bungan angsuran 50%. HARGA rrumah 95.000.000 menjadi 140juta lebih kalau dilihat dari cicilan Mohon penjelasannya rumus hitung-hitungannya?

    Mengenai tempo kredit, apakah melihat dari besarnya gaji atau bagaimana?
    Apakah harus menambah DP untuk mendapatkan tempo cicil yang lebih cepat

    Apakah bisa menggunakan KPR dari bank lain selain yang sudah bekerja sama dengan Perumnas

    Terimakasih

    Reply
    • admin

      (1) Bunga flat atau fixed itu ya tergantung bank-nya. Kelihatannya, berdasarkan penjelasan Anda, bunga flat yang Anda terima sekitar 10.25% selama 2 tahun pertama. Setelah itu, bunga floating yang sekitar 13%.

      (2) Saya tidak jelas maksudnya apa mengenai ‘cicilan muka dan bunga angsuran’. Kalau ingin melihat perhitungan bunga, silahkan cek disini yang di dalamnya ada rumus perhitungan bunga KPR yang bisa digunakan untuk melihat komposisi berapa bunga dan berapa pokok hutang.

      (3) Jatuh tempo kredit diputuskan oleh bank berdasarkan pertimbangan permintaan nasabah dan kemampuan membayar cicilan. Kemampuan membayar cicilan ditentukan oleh gaji. Kalau cicilan lebih besar dari 30% gaji (ini rumusan umum, setiap bank bisa berbeda), bank akan mencoba menurunkan cicilan dengan menambah panjang jatuh tempo. Karena dengan jatuh tempo yang lebih panjang, cicilan menjadi lebih kecil.

      DP yang besar akan memperkecil jumlah pokok pinjaman, sehingga bisa mempercepat jangka waktu cicilan. Tapi, ini saran saja, rumah itu adalah asset yang nilainya meningkat setiap tahun, sehingga sebenarnya tidak masalah jangka waktunya panjang. Karena kita meng-kredit sesuatu yang nilainya naik. Kenaikkan nilai rumah diharapkan lebih tinggi dari bunga pinjaman di bank.

      Reply
  38. Arga

    Apakah bisa menggunakan KPR dari bank lain selain yang sudah bekerja sama dengan Perumnas

    Terimakasih

    Reply
  39. Yus

    Dear Admin,

    Apakah ada artikel untuk proposal/ kalkulasi untuk pengajuan kredit bekerjasama dengan Bank untuk , rumah sederhana, untuk para buruh pabrik disukabumi, bila ada mohon dishare, kebetulan ada beberapa lahan SHM , yang menurut yg awam pihak bank, akan setuju..akses masuk mobil, luasnya 3000mtr2, lahan dekat pabrik,permeter 400,000. cocok buat dibuat rumaha karyawan sederhana, type36, bagaimana kalkulasi pengajuannya agar pihak bank mau membiayai dan investor mau kerjasama, nilai angsuran harapannya dibawah 700ribu/buln , please sharenya…

    Salam,
    Yus

    Reply
  40. Alya Zahirah

    admin mau tny, bln ini tagihan KPR sy tiba2 brubah,awlnya 1,722Jt skrg mjd 2,085jt. sy ambil kpr d BTN dg SBDK awalnya 10,45%. tp skrg kok jd 14% ya. gimana c cr hitungnya kok smp ktmu 14%. lalu,apakah cicilan rumah sy ini akn tetap 2,085jt smp lunas(14th lg).trimakasih

    Reply
    • admin

      (1) Dugaan saya masa bunga tetap (fixed) KPR Anda, yang 10,45%, sudah selesai (biasanya 1 atau 2 tahun diawal saja). Setelah masa bunga tetap selesai, KPR Anda menggunakan bunga floating, yang 14% tersebut. Umumnya bunga floating memang lebih tinggi dari bunga tetap. Apalagi, saat ini suku bunga sedang tinggi, sehingga bunga floating yang sebelumnya di tingkat 11-12% sekarang naik ke 14%.

      (2) Bunga floating 14% itu adalah hak Bank menetapkannya sesuai kondisi bunga pasar. Ini tercantum dalam perjanjian kredit KPR.

      (3) Bunga floating tidak akan sama sampai akhir kredit. Bisa berubah – ubah setiap saat tergantung kondisi bunga pasar. Bisa lebih tinggi lagi, atau bisa turun dari sekarang. Tapi, umumnya bunga floating jarang sekali turun sama atau lebih rendah dari bunga fixed (10,45%) yang Anda nikmati selama ini.

      (4) Kalau mau cicilan yang tetap tidak berubah-ubah, coba ambil KPR Syariah. Penjelasannya Klik Disini.

      Reply
  41. ferdy

    bisa gak kita punya rumah yg msh kridit trus mau take over tp harga lama thn 2008/9 skitar 56 skrang harganya 145 jt tahun 2013 tp saya mau jual 190jt tp pembeli memminjam lg kepada bank btn 70% dari harga jual kira2 bisa gak trima kasih

    Reply
    • admin

      Ketika melakukan take-over (cek disini soal untung rugi take-over), bank akan menilai kembali rumah Anda. Rumah akan diappraisal lagi. Hasil appraisal rumah tersebut akan menjadi dasar jumlah kredit KPR yang akan diajukan.

      Jadi, Anda bisa melanjutkan jumlah hutang yang sebelumnya (tidak menambah hutang baru), atau menambah hutang baru karena nilai rumah sudah meningkat. Semuanya terserah Anda.

      Reply
  42. deww

    Minta info, lebih mnguntungkan mana antara take over dan top up untuk kpr rumah bekas. Kpr sudah berjalan sekitar 2thn dan saat ini butuh dana lagi untuk merenov rmh tersebut karena akan dijadikan kos2an. Dan juga biaya2 apa saja yg harus dikeluarkan bila take over dan top up. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Harus dibandingkan antara bunga take-over dengan bunga top up dan biaya-biayanya.

      (1) Take – Over. Anda akan mendapat bunga lebih rendah karena umumnya akan mulai menggunakan bunga tetap selama beberapa tahun. Tapi take-over membutuhkan biaya yang tidak kecil (baca disini penjelasannya) karena prosesnya sama seperti kredit baru.

      (2) Top-Up. Bunga top-up kemungkinan akan lebih besar karena bank biasanya akan menggunakan bunga floating untuk Top – Up (tidak lagi bunga tetap seperti kredit baru). Tapi, dari sisi biaya, Top Up murah karena jumlah biayanya minimal.

      Reply
  43. yaya

    Dear Admin yth

    Saat ini, cicilan kpr bii saya naik 2x dalam 6bulan. feb ’14 14.25% & ulai jul ’14 14.5% dari sebelumnya fix 9.75% (2th). Sisa O/S pinjaman 165jtan. Dari kondisi saat ini dimana Bunga BII paling tinggi saya berencana u take over ke bank lain.
    Mohon saran, saya berencana mau take over ke bank lain sekaligus mau mendapatkan dana tambahan untuk renovasi (nilai pasar rumah sudah 500jt).
    Ke bank mana seharusnya ya, BCA / bank lain (konvensional) atau bank Syariah?
    Setahu saya untuk BCA, biasanya ada nilai minimal pinjaman KPR yang disetujui?
    Mohon sarannya.

    Reply
    • admin

      (1) Biasanya BCA memiliki bunga yang relatif lebih rendah dari bank lain. Bisa dicek. Bandingkan juga proses dan kecepatan persetujuan kredit karena banyak bunganya murah biasanya prosesnya lebih lama.

      (2) Kalau ingin cicilan tetap sampai akhir masa kredit, Anda bisa menggunakan KPR Syariah. namun, biasanya cicilan KPR syariah lebih tinggi di tahun-tahun awal dibandingkan KPR Konvensional. Penjelasan soal KPR Syariah silahkan cek disini.

      Reply
  44. kevin

    Permisi mau tanya, kalo mau ajukan kpr apakah bank mau mengakui dan mempertimbangkan penghasilan diluar penghasilan tetap? Misal, saya kerja berpenghasilan tetap tapi dengan gaji yang masih biasa tapi berencana ingin pindah dari rumah orang tua yang kemudian rumah tersebut akan dikontrakan setelah saya resmi disetujui kpr nya!! (gaji + uang kontrakan, apakah akan dijumlah untuk mengetahui jumlah besaran kemampuan yang akan saya bayar ataukah hanya gaji yang jadi patokan)!! Trims.. 🙂

    Reply
    • admin

      pada prinsipnya semua penghasilan bisa diajukan ke bank, asalkan sbb:

      (1) Bisa menunjukkan bukti adanya penerimaan penghasilan tersebut. Jika baru rencana atau angan-angan, tentu saja, akan sulit diterima oleh bank.

      (2) Penghasilan tersebut sesuatu yang rutin diterima. Bukan sesuatu yang hanya satu kali diterima saja.

      Reply
  45. Aimee

    Dear admin….saat ini sy punya rumah di bogor tapi masih dalam kredit …rumah ini amat sangat tidak berguna karena uang sy mati untuk rumah ini..nah saat ini sy ingin membeli ruko…apakah sy bisa menukar rumah sy yang masih kredit itu dengan ruko yang sy ingin sy beli secara kredit ini, dengan kata lain bisakah bank pemberi KPR melakukan penukaran unit property ini ??

    Reply
    • admin

      Setahu saya tidak bisa karena bank memberikan kredit berdasarkan jaminan rumah tersebut. Yang bisa Anda lakukan adalah melunasi kredit rumah yang di Bogor, misalnya dengan menjualnya. Kemudian, setelah lunas, mengambil kredit baru untuk Ruko.

      Reply
  46. Chubby

    Dear Admin,

    Mau minta masukan.
    Saat ini saya hendak mengambil rumah baru seharga 1M dengan perhitungan 500 juta ambil soft loan di kantor selama 17 tahun , 300 juta cash dan sisa 200 juta itu saya hendak mengagunkan rumah saya yang sekarang di Bank.
    Saya mau tahu kredit dgn Agunan Rumah dengan bunga murah itu yg Ok dimana ya?
    Trus apakah kira – kira kredit saya disetujui oleh Pihak Bank apabila saya meminjam 200 juta dengan perkiraan rumah saya sekarang ini sekitar 350 – 400 juta. Apakah berpengaruh dikarenakan softloan 500 juta kantor itu dari Bank juga.
    Penghasilan saya 13 – 15 juta/bulan.

    Reply
    • admin

      Saya tidak jelas dengan maksud “sisa 200 juta itu saya hendak mengagunkan rumah saya yang sekarang di Bank.” Kalau rumahnya saat ini sudah menjadi jaminan bank, apakah bisa dimintakan tambahan pinjaman lagi 200 juta? Itu harus dipastikan dulu ke banknya, apakah penambahan plafond dimungkinkan.

      Agak berat sebenarnya dengan kondisi Anda. Karena nilai total pinjaman sekitar 700 juta selama 17 tahun. Dengan pendapatan 15 juta, cicilan max 4.5 juta per bulan. Sepertinya 700 juta selama 17 tahun akan lebih dari 4.5 juta cicilannya.

      Reply
  47. Bambang

    Dear Admin,

    Bagaimana dengan pandangan anda pada KPR BRI , dengan bunga 10,25% fix 2 tahun ?
    Berhubung saya mengajukan pada Bank BRI dengan plafon pinjaman 280jt selama 15 tahun dan sudah di setujui pada bulan September 2014 ini. Dan saya pun mengajukan pada Bank lain juga, dan sudah di setujui juga tapi dengan tenor 20 tahun dengan bunga 11% fix 1 tahun.

    Menurut admin, saya lebih baik mengambil keputusan untuk yang mana ya ?

    Terima Kasih.

    Reply
    • admin

      Ini sangat tergantung pada Anda. Apakah ingin cicilan yang tetap atau tidak. Kalau saya, lebih pilih yang cicilan tetapnya lebih lama.

      Reply
  48. meivy

    mohon info suku bunga kpr ter update saat ini.
    saya mau beli rumah teman saya seharga 185 juta,,, kira-kira perbulan saya harus bayar berapa ya.karena saat ini saya masih belum menghubungi pihak bank.
    bingung bgt memilih bank yang tepat, takut kalo keblondrok.

    Reply
    • admin

      Untuk bisa menghitung bunga, butuh info berapa lama kreditnya, bunganya berapa dan berapa uang mukanya. Anda bisa menghitung sendiri dengan menggunakan file excel disini.

      Reply
  49. fatchur

    Mas Fatchur alhamdulillah KPRnya dah di acc Rp. 294.000.000, jangka waktu 15th estimasi angs Rp. 3.114.526/bln fix 1th selanjutnya floating. Estimasi biaya realisasi: 1. Provisi 1% dari kredit Rp. 2.940.000, 2. Biaya admin Rp. 500.000, 3. Asuransi jiwa Rp. 4.619.000, 4. Pajak Rp. 20.000.000, 5. Biaya Notaris Rp. 10.000.000, 6. Asuransi kerugian Rp. 920.000, 7. Blokir 1x angsuran Rp. 3.114.526 total Rp. 42.093.576 dana disiapkan direkening bank bjb sblm realisasi. Perkiraan jadwal realisasi jum’at 19 september 2014.

    Kira2 cicilan tahun kedua dan selanjutnya berapa? Thanks ya pak….

    Reply
    • admin

      Untuk cicilan tahun ke dua dst-nya, pada dasarnya kita tidak bisa tahu karena cicilan itu dihitung berdasarkan bunga floating tahun ke dua dst-nya. Bunga floating di tahun kedua kita tidak tahu dari sekarang.

      Yang bisa dilakukan adalah menggunakan estimasi bunga floating tahun ini sebagai acuan. Memang kurang akurat tapi paling tidak memberikan ancer-ancer. Hitung pakai rumus excel disini dimana pokok pinjaman adalah sisa pokok di tahun kedua dan bunga adalah bunga floating sekarang dengan sisa masa kredit.

      Reply
  50. Christine Sutanto

    Dear Admin,
    Mohon pendapatnya ya,
    Saya mau KPR rumah baru, dgn DP 30%. Harga rumahnya 900 juta.
    Dari pihak developer yg Ada kerjasama itu dgn bank OCBC NISP, mereka menawarkan bunga flat 11,5% utk 3 tahun pertama Dan sisa 2 tahunnya bunga mengambang. Krn saya mengajukan KPR 5 tahun.
    Menurut Admin, apakah tawaran suku bunga tersebut cukup bagus untuk saat ini ataukah sebaiknya saya tanyakan lagi ke bank lain seperti BCA atau BSM?
    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Itu tawaran yang cukup bagus karena rata-rata bunga flat dikisaran itu. Kalau mau bisa saja bandingkan ke bank lain. bandingkan tidak hanya bunga flat tetapi bunga floatingnya juga karena itu nanti yang paling membebani setelah bunga flat selesai.

      Baca disini soal pentingnya melihat bunga floating.

      Reply
  51. Zulfy Adhie

    Hi Admin

    Saya menggunakan KPR permata sejak tahun 2012. Untuk 2 tahun pertama bunga fix 9% dengan jumlah cicilan per bulan 4.1 jt. Sekarang saya memasuki tahun ke 3 (memasuki bunga float) bunga nya menjadi 13.5%. Kenaikan bunga dari 4.1 jt menjadi 4.3 jt. Saya mengira cicicilan per bulan yang harus saya bayar adalah 4.3 jt. Tetapi ternyata musti ditambah lagi dengan membayar cicilan hutang pokok yang jumlahnya sekitar 1jt per bulan, sehingga jumlah cicilan per bulan yang harus saya bayar sebesar 4,3 + 1 = 5,3 jt. Saya baru mendapat informasi juga bahwa pada saat bunga fixed , saya hanya membayar cicilan untuk hutang nya saja tidak membayar pokok hutang. Setelah memasuki bunga float, saya mulai membayar pokok hutang. Apakah memang seperti itu perhitungan nya ? bagaimana menurut admin?

    Terima kasih,

    Reply
    • admin

      Memang ada KPR yang skemanya hanya membayar bunga saja di tahun – tahun awal saja ketika bunga tetap. Pokok hutang baru ditagihkan di tahun kedua dan berikutnya.

      Skema semacam ini seharusnya dijelaskan oleh bank di awal kontrak dan tercantum dalam kontrak.

      Reply
  52. Jumanto

    Dear Admin,

    Saya punya Pokok Hutang KPR dengan Bank Mandiri 280juta,
    dengan cicilan 3,9juta dan bunga 13,5%. sebelumnya 2,8jt(8%)

    Mohon saran, saya berencana mau take over ke bank lain.
    Ke bank mana seharusnya ya, BCA / atau bank Syariah?
    Setahu saya untuk BCA, biasanya ada nilai minimal pinjaman KPR yang disetujui?

    Mohon sarannya.
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Kalau mau take over, saran saya baca dulu artikel ini yang membahas proses dan biaya take over yang cukup besar.

      Syariah dan bank konvensional punya cara yang berbeda. masing -masing punya keunggulan dan kelemahan. Tidak ada yang superior. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Baca tulisan ini soal bagaimana KPR Syariah bekerja.

      Reply
  53. david

    Admin mau tanya… kalau mau pindah dari suku bunga floating ke flat sampai akhir bisa ndak ya sepengetahuan admin, makasi wasalam

    Reply
    • admin

      Kalau di bank konvensional tidak bisa, mereka menetapkan bunga floating sampai akhir mas kredit. Jika ingin bunga fixed (bukan flat), dengan cicilan tetap, Anda bisa mengambil kredit KPR Syariah.

      Soal KPR Syariah, bisa dibaca disini penjelasan selengkapnya.

      Reply
  54. adi

    Numpang tanya ya Admin…
    Kalau mau renovasi rumah, dengan rumah tsb dijadikan agunan, apakah bisa melalui kredit biasa (multiguna) atau harus KPR? Mana yang lebih rendah bunganya.
    Kira-kira berapa persen dari nilai agunan tsb yg disetujui sebagai plafon kredit?

    Reply
    • admin

      Kredit multiguna pada dasarnya bisa digunakan untuk apa saja – sesuai namanya multiguna. Tapi, bunga multiguna relatif lebih tinggi dibandingkan kredit renovasi. Kredit renovasi itu adalah kredit yang ditujukan khusus untuk renovasi, tidak boleh untuk kegunaan yang lain. Keuunggulan kredit renovasi adalah bunganya lebih rendah dari kredit multiguna. Tapi pencairan kredit renovasi tidak sekaligus, bertahap sesuai proses renovasi rumah.

      Maksimum 70% dari nilai agunan. Tapi, kenyataanya bisa saja lebih rendah dari 70%, tergantung pertimbangan bank.

      Reply
  55. novi yunita

    Min.. mau tanya.. kalo pembelian tanah tanpa ada bangunan slain pakai kredit multiguna ada pilihan lain tdk ya? Dan klo boleh tau .. bank mana yg memiliki bunga multiguna terendah ya? Dan janga waktu 20th ada? Makasih byk min..

    Reply
    • admin

      (1) Pakai kredit untuk pembelian kavling tanah juga bisa. Bunganya lebih murah dibandingkan kredit multiguna. Setahu saya Bank Niaga ada kredit tanah.

      (2) Kredit multiguna paling biasanya hanya 5 tahun. Yang murah saya tidak update sekarang, tapi biasanya banyak yang murah di kredit KPR juga murah di multiguna.

      Reply
  56. uthe

    min mau tanya,
    bagaimana jika dapat bunga fix 2 tahun 7% dan tahun ke-3 s/d 15 sebutlah 13% (floating??), cicilan 2,1 jt/bulan,
    apakah pada tahun ke-3 dst cicilan masih tetap sama 2,1 jt/bln atau dihitung lagi berdasarkan jumlah tahun (15-2=13 tahun) dan suku bunga 13%?
    saya bingung karena ada dua kemungkinan, cicilan bertambah atau cicilan tetap tapi bunga/pokok saja yang berkurang porsinya. kira2 yang berlaku yang mana ya?
    mohon bantuannya, trims ya min..

    Reply
    • admin

      dugaan saya cicilan Anda pasti bertambah lumayan signifikan kalau bunga floating nanti di 13% (walaupun belum pasti 13% krn masih 2 tahun lagi). Kenapa?

      (1) Bunganya naik hampir 100% dari 7% ke 13%
      (2) Meskipun selama 2 tahun sudah membayar cicilan, tapi pokok hutang yang berkurang tidak akan besar diawal kredit. jadi porsi pokok hutang Anda masih besar.

      Di tahun kedua, cicilan akan dihitung lagi dengan bunga baru, sisa pokok hutang dan jangka waktu kredit yang tersisa.

      Reply
  57. Eddy Fansuri

    Masih adakah Bank yang dapat memberikan bunga flat 15th dan persyaratan yang tidak berbelit2 untuk KPR mohon beri rujukan (untuk daerah bekasi bantar gebang, serang dan sekitarnya)

    Reply
  58. viyan

    Hallo Om…mohon saran dan solusi
    . Saya ada penawaran kpr dari DKI dengan asumsi cicilan 1.5jt an. Jd dibuatkan ilustrasi sbb: dengan tenor 10 th sy hrs tambsh DP rp.43jt…..15th tambah DP 18.jt……dengan 20th tambah DP 4jt. Suku bunga 10.50% 1thn pettama. Dan tahun berikutnya dengan bunga Floating Efektif. Mohon saran dan madukan untuk jalan mana yg saya ambil menurut efesiensi keuntungan dan bagaimana dgn bunga Floating Efektifnya( brp %) perkiraannya. Terimakasih mohon dpt memberikan masukannya.

    Reply
    • admin

      Pada dasarnya, makin panjang masa kredit, makin kecil cicilan tapi jumlah total bunga semakin besar. Tinggal Anda sanggup cicilan berapa per bulan. Saya cenderung ambil kredit KPR yang paling lama, misal 20 tahun, karena saya percaya bahwa kenaikkan harga properti lebih tinggi diatas bunga KPR. Kondisi terburuknya, misal saya tidak sanggup cicil KPR, kemudian rumah harus dijual untuk melunasi hutang, masih ada untung karena harga rumah plus tanah diatas pokok pinjaman.

      Tidak ada yang tahu prediksi bunga floating satu tahun ke depan. Kalau mau cicilan tetap, ambil KPR Syariah. Cicilannya KPR Syariah memang lebih tinggi diawal tapi jumlahnya tetap sampai akhir kredit. Baca penjelasan KPR Syariah disini.

      Reply
  59. Made S

    Yth. Admin,
    Terima kasih atas informasi yang sangat berguna ini, semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan dan rejeki oleh TYME.
    Saya hendak bertanya, sy ada rencana bangun rumah di kampung saya, dimana tanahnya sudah SHM. Yang hendak saya tanya kan adalah:
    1. Dengan kondisi bunga bank seperti sekarang, Bank apa yang paling cocok untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat?sebagai acuan Yth. admin mengunakan Bank Niaga terdahulu, mohon share pertimbangan nya.
    Rencana jumlah yang akan di pinjem 200-500jt
    2. Apakah saya harus apply KPR atau mengajukan pinjaman dengan anggunan (sertifikat)
    3. Apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hal bunga bank antara mengajukan KPR dengan pinjaman tunai dengan jaminan sertifikat?

    Terima kasih sebelumnya saya sampaikan atas advise dan waktunya

    Salam

    Reply
    • admin

      Kalau untuk membangun rumah, bunga KPR paling murah dibandingkan Kredit Multiguna atau jenis pinjaman lainnya. Beda bunganya cukup besar. Selain itu, jangka waktu pinjaman KPR bisa cukup panjang sampai 20 tahun, sementara pinjaman lain paling max 10 tahun atau bahkan 5 tahun.

      Reply
  60. doni

    min, saya mau tanya, kalau mau mengajukan KPR tetapi memakai agunan sertifikat rumah lama bagaimana? apakah ada Bank yang bisa menerapkan demikian?

    Trims

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. KPR menggunakan jaminan sertifikat rumah tersebut. Kalau menggunakan agunan sertifikat rumah lain, Anda bisa menggunakan Kredit Multiguna (KMG). Tapi, bunga KMG lebih tinggi dari KPR.

      Reply
  61. manalu

    Hi. Admin yg baik. Saya minta info..apakah proses refinance ke bank pemberi kpr akan melihat status bi ceking kita dulu?. Makasih

    Reply
  62. Augustine

    Saya memiliki sebidang tanah yang cukup luas. Rencananya ingin dibangunkan rumah kost.
    Apakah bisa saya menjaminkan tanah untuk membangun rumah kost tsb?
    Penghasilan dari rumah kost akan saya pakai untuk membayar cicilan.
    Jenis kredit apa yg tepat ?
    Apa yang harus saya siapkan agar pengajuan kredit berhasil?
    Terima kasih Pak

    Reply
    • admin

      (1) Bisa dengan kredit konstruksi dimana tanah akan menjadi jaminan untuk membangun rumah tersebut. Karena nilai kredit akan ditentukan oleh nilai tanah sebagai jaminan, jadi pastikan nilai tanah cukup tinggi untuk bisa membiayai pembangunan. Anda perlu membuat RAB.

      (2) Sumber pembayaran tidak bisa dari kos-kostan karena itu belum pasti bagi bank. Anda harus bisa menunjukkan sumber penghasilan lain yang cukup untuk membayar cicilan.

      (3) Anda perlu siapakan dokumen SHM, sumber penghasilan yang jelas dan cukup, dan sejarah kredit yang bagus (tidak pernah menunggak)

      Reply
  63. Nova

    Siang Pak ,

    sudah 1 tahun saya menjadi salah satu debitur di KPR BTN, pas akad kredit saya mendapatkan suku bunga fix 1 thn 9.75% dengan pinjaman 175jt sekarang sudah lewat 1 thn langsung ada kenaikan 14 % yg saya ketahui via telp, tanpa surat pemberitahuan apapun dari pihak bank, sementara kredit saya msh pnjang smpai 25 thn, jujur saya sangat kaget,,,d tahun pertama aj sudah naik 14 % gimana d tahun berikutx?
    menurut bpk apa langkah terbaik yg hrs saya ambil, apakah hrs over kredit ke bank lain?

    Reply
    • admin

      (1) Kenaikkan itu terjadi karena masa bunga fixed sudah selesai. Anda masuk ke bunga floating yang mengikuti suku bunga pasar. Kebetulan bunga pasar sedang tinggi saat ini, sehingga lonjakannya sangat terasa.

      (2) Over-kredit bisa saja dilakukan tapi ada biayanya karena kredit Anda diproses seperti pinjaman baru dan ada denda dari bank (selengkapnya baca disini).

      (3) Kalau Anda ingin cicilan tetap, silahkan pertimbangkan mengambil KPR Syariah. Tapi, di awal kredit, biasanya cicilan KPR Syariah lebih tinggi dari KPR Konvensional (selengkapnya soal KPR Syariah baca disini).

      Reply
  64. Romdhon

    Admin mau nanya bunga terendah tahun 2014 kpr menggunakan bank syariah apa? Admin tahu biasanya suka ada promo kpr kita harus tanya ke bagian apa dibank syariah tersebut. Makasih

    Reply
    • admin

      Saya belum update lagi soal bunga KPR Syariah. Tanya langsung ke counter di bank saja, mereka dengan senang hati akan menjelaskan.

      Reply
  65. Nyoman

    Numpang tanya mas adm.
    Saya punya KPR BTN dan saya cek rek. koran terakhir sisanya kurang lebih Rp. 16 juta (mau saya lunasi ) spy keluar sertifikat. yang sy tanyakan :
    1. dalam kurun waktu setahun blakangan ini sy sering telat bayar (kata orang BANK bpk kena raport merah) blaclist.
    2. apakah setelah di lunasi saya bisa ajukan pinjaman dana dgn agunan sertifikat rumah.
    3. di bank manakah yg meminjaman dana tanpa blacklist
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      SEMUA bank melihat blacklist. berapa lama telat bayarnya? karena di blacklist ada rankingnya, dari yang telat sekali sampai yang telat sebentar. kalau telatnya diatas 30 hari biasanya sudah masuk kategori berat oleh bank.

      Tapi jangan khawatir, karena ujungnya kan pinjaman Anda lunas, jadi bank biasanya masih bisa menerima orang yang walaupun pernah punya sejarah kredit kelam namun ujungnya berhasil menyelesaikan kewajibannya. Jadi kalau mau mengajukan kredit baru, ajukan saja.

      Reply
  66. Dina Kartika

    Salam sejahtera admin..
    Pencerahan sekali infonya pak, mau Tanya, saya ingin renovasi rumah tipe 45 untuk hrg pasaran rumah saat ini sekitar 280-300 Jt, sy bellum pernah melakukan pinjaman apapun DG bank . agak takut pasti. Krn yg ingin sy renovasi rumah orang tua dan rumah tersebut bellum d balik nama Dan sertifikat.
    Saya ingin melakukan pinjaman ke bank untuk urus surat – Surat rumah Dan renovasi. Krn orang tua sy sdh lnjut usia, yg melakukan pinjaman nya k bank adalah saya, apakah bisa?
    Sy hny membutuhkan 65 jt untuk renovasi, menurut admin bank yg miliki bunga rendah Dan tetap yg baik yg mana?
    Apakah bisa uang pinjaman tersebut sy gunakan untuk balik nama rumah Dan renovasi , tetapi jk Surat rumah sdh jadi sya jadikan anggunan k bank?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Pada prinsipnya, jika Anda meminjam ke bank untuk renovasi, maka harus ada jaminan. Jaminan itu bisa rumah itu sendiri yang akan direnovasi atau rumah lain. Yang pasti jaminan itu harus atas nama orang yang akan meminjam. Kenapa? karena jika nanti pinjaman tidak bisa dibayar, bank bisa menyita jaminan tersebut. Kalau jaminan masih atas nama atau milik orang lain (bukan atas nama peminjam), bank tidak akan bisa menyitanya jika terjadi masalah atas pinjaman.

      kalau ingin pinjam ke bank, pastikan dulu kepemilikan rumah tersebut. Harus jelas dokumen kepemilikannya. kalau masih atas nama orang lain, bank tidak akan memberikan pinjaman.

      Reply
  67. hendra

    saya kridit rumah 10 thn, dengan pinjaman dr bukopin325 juta. cicilan dalam 1-2 tahun ini 2.9 jt, atau sesuai dengan perjanjian awal. Namun sekarang ini cicilan yg ditetapkan bukopin menjadi 4,3 juta. jadi klu ditotal hutang sy ada kenaikan 150jt. alasan bank, krn suku bunga. Yang sy tanyakan apakah bisa cicilan sy bisa turun kembali?

    Reply
    • admin

      Secara teori, cicilan bisa turun jika suku bunga floating yang diterapkan bank saat ini turun. Suku bunga floating turun jika suku bunga nasional turun yang dipengaruhi kondisi perekonomian.

      Reply
  68. Rudy S

    Pagi admin duwitmu.com
    Saya kredit rmh 20 thn di CIMB Niaga sejak Desember 2011
    Periode :
    – 1 tahun pertama bunga flat 9,88%
    – tahun kedua bunga 12,9%
    – desember 2013 – Juli 2014 bunga 13,65%
    – agustus 2014 bunga 13,24%
    – september 2014 s/d skrg 13,99%
    Dari informasi yg saya baca bahwasanya suku bunga mengambang CIMB Niaga sebesar 13,75%. Mohon tanggapan admin. Dan apa yg sebaiknya saya lakukan.

    thanks,
    salam
    rudy

    Reply
    • admin

      kalau masih sanggup bayar, teruskan saja. kalau sudah mengganggu cashflow bisa over-kredit ke bank lain.

      Reply
  69. Tony

    Dear Admin,

    Maaf, saya pertama kali mau ajukan KPR.
    Rumah 650juta, saya rencana DP 350juta, KPR di BCA.
    Kira2 berapa ya hitungan per bulan nya ? dan rumah saya buat atas nama Bapak saya, namun debit nya dari BCA saya. Apakah itu bisa ?

    Thanks,
    Tony

    Reply
    • admin

      Untung menghitung cicilan per bulan silahkan cek disini.

      Yang mengambil kredit Anda, nanti rumah atas nama bapak Anda, itu bisa. nanti bapak Anda harus ikut tanda tangan surat pengikatan jaminan, supaya beliau tahu kalau pinjaman tidak dilunasi maka rumah bisa disita oleh bank.

      Reply
  70. patar tambunan

    wah terimakasih banyak, jadi semakin berhati” dan lebih bijaksana untuk memilih bank pemberi KPR..

    Reply
  71. diah

    Malam, saya mau tanya. Orang tua saya pny rumah di daerah bekasi yang tidak terurus krn orangtua saya jg tinggal di luar kota, saya berencana membeli rumah tersebut. Harga pasar rumah dalam kondisi baik ukuran 72 sharga 350.000.000 lebih. Namun krn kondisi rumah dlm kondisi rusak saya mau beli seharga 300.000.000.
    Apakah ada Bank yg bs membantu proses KPR pembelian rumah orangtua yg msh hidup namun dalam kondisi yg hrus diperbaiki?

    Reply
    • admin

      Bisa sekali, selama surat-suratnya jelas. Bahkan Anda bisa minta tambahan kredit untuk merenovasi rumah tersebut.

      Pada dasarnya, bank akan melakukan appraisal atas rumah tersebut, kemudian menentukan berapa nilai rumah tersebut. Dari nilai tersebut bank menentukan berapa jumlah pinjaman yang maksimum bisa diberikan. Jadi bisa saja pinjaman bank dibawah Rp 300 juta. Semuanya nanti tergantung penilaian bank.

      Reply
  72. dry

    Met malam,
    Saya ada KPR di BNI dengan sisa flapond kredit 250 jt dan jk wkt 10 thn. Dan dlm waktu dekat berniat melakukan pelunasan sebagian sebesar 100 jt sehingga sisa 150 jt hutang.
    Apakah opsi yang tepat?
    A. Jangka waktu tetap tapi cicilan mengecil.
    B. Cicilan tetap tapi jangka waktu berkurang.

    terima kasih

    Reply
    • admin

      Saya pilih A karena kenaikkan harga rumah biasanya lebih tinggi dari bunga KPR.Jadi walaupun mencicil, kita mencicil pada suatu aset yang nilainya selalu meningkat.

      Reply
  73. Fathur Hosen

    Dear Admin.
    Saya punya rumah senilai kurang lebih 300juta.. Rumah tsb dibangun dengan uang sendiri dan sebagian dana pinjaman multiguna dari bank.. Saat ini sisa pinjaman sekitar 80juta.. cicilan Rp.2,9juta perbulan

    Usaha saya membutuhkan modal tambahan dan sekaligus saya ingin memperkecil cicilan perbulan dengan Take Over ke KPR..

    Apakah ada Bank yang bisa memberikan KPR (take over) dengan agunan rumah saya.. ? Saya butuh KPR 200juta saja.. sebagian digunakan utk renovasi dan sebagain menambah modal usaha..

    Terimakasih sebelumnya..

    Reply
    • admin

      Bisa. nanti bank yang meng-take over akan melakukan penilaian kembali rumah Anda. Misalnya, setelah dinilai ulang, rumahnya senilai Rp 300 juta. Bank maksimum akan berikan KPR 70% x 300 juta = 210 juta. Anda ambil 210 juta dimana yang 80 juta untuk melunasi cicilan di KPR yang lama.

      Reply
  74. monash ariane

    Admin sy ingin ambil rumah tanpa dp, dgn booking fee 2juta, harga rumah 191 juta, sebaiknya sy menggunakan kpr bank apa ya admin? Karena kata marketingnya uang booking fee bs balik jika lulus survey/tdk lulus survey, tp hangus jika mengundurkan diri, sy dpt info dr marketing jika menggunakan cimb niaga syariah bunga 15% flat smpai 15tahun tp cicilan perbulan 2.200.000 atau jika pake Btn cicilan per bulan selama 20thn Rp 1.800.000 tp tdk flat, atau menggunakan Btn bunga 12,5 % perbulan cicilan 2.150.000 tp hanya flat smpe tahun kedua tahun ketiga mengikuti suku bunga, sy bingung dan tdk paham sebaiknya sy menggunakan KPR bank mana ya admin?, yg tanpa dp dan cicilan flat ataukah yg tanpa dp tp cicilan mengikut suku bunga mohon sarannya admin sblmnya terima kasih

    Reply
    • hamka

      Selamat malam admin saya sdh booking fee (2.000.000) rumah type 36 luas tanah 96, harga rumah tsb 191 juta, dan saya sedang bingung akan menggunakan bank mana/sistem kpr yg mana, mengingat perumahan yg saya beli tanpa dp, saya sdh bertanya di BTN untuk angsuran 20thn bunga 11,5% sebesar 1,8juta selama 20thn, untuk angsuran 15thn sktr 2,1 juta lbh, pihak marketing menawarkan kpr menggunakan bank CIMB Niaga syariah katanya flat 15tahun bunga 15% sebesar, 2,2 juta ttp smpe 15thn
      Yg ingin sy tanyakan sebaiknya sy menggunakan kpr dr bank mana? Yg lebih murah?, mohon sarannya, terima kasih sblmnya

      Reply
      • admin

        Kalau syariah, cicilannya flat sehingga tidak perlu khawatir lagi, tapi di tahun – tahun terlihat lebih mahal dibandingkan konvensional. kalau konvensional, di dua tahun pertama cicilan murah karena masih bunga fixed, tapi setelah itu bunga naik karena masuk bunga floating.

        Kalau saya pilih syariah karena lebih pasti dan tidak pusing dengan naik turunnya bunga.

    • admin

      Dipastikan dulu apakah betul bisa tanpa DP. Karena sesuai peraturan BI, KPR harus ada DP-nya. Cek dulu dengan pihak bank, apakah mereka mau membiayai pembelian rumah tanpa DP.

      Reply
  75. Andry

    Dear Admin,

    Saya berencana membeli sebuah rumah. Namun saya terbatas pada kemampuan membayar DP 30 persen. Saat ini saya juga sedang mengangsur mobil dengan cicilan +-4 juta per bulan sisa 2,5 tahun lagi.

    Ada rencana untuk mengagunkan rumah orang tua saya sehingga bisa melunasi DP rumah sekaligus melunasi cicilan mobil.

    Menurut admin apakah tindakan saya bisa dibenarkan ? atau sebuah kesalahan karena saya sadari bunga kredit multiguna (agunan) lebih besar
    dibandingkan dengan bunga KPR. Bagaimana tindakan yang terbaik
    yang bisa saya tempu?

    terimkasih

    Reply
    • admin

      Ini masalah prioritas karena dana terbatas. kalau saya, mobil saya jual supaya kredit mobil bisa dikurangi atau beli mobil yang harganya lebih murah. Sisa dari cicilan mobil, saya tabung untuk DP rumah. Setelah DP siap, saya baru ambil KPR.

      Kalau ingin skenario seperti Anda diatas, artinya Anda harus bayar cicilan rumah ortu yang diagunkan dan cicilan KPR rumah Anda. Pastikan Anda sanggup membayarnya karena cicilan dua pinjaman biasanya jumlahnya cukup besar.

      Reply
  76. finand

    Maaf admin.mau tanya,ini saya mau ambil KPR dengan plafon 160.000.000.harga rumah 216.000.000.sedangkan gaji saya cuma 5 juta.saya harus pilih bank mana sebaiknya?makasi

    Reply
    • admin

      Sebaiknya Anda datang ke bank, lakukan survei ke beberapa bank karena preferensi setiap orang berbeda – beda.

      Reply
  77. anha

    sy mau tanya sy sdh 3 tahun nasabah kredit kpr di btn ,trus sy mau take over ke kpr bri .krna sy rasa dibtn terlalu tinggi pak, nah total gaji sy dgn suami sy sekitar 11 jutaan kami pegwai pemerintah trus pda saat di bri gak bisa ngasih take over katanya sisa gaji sy kurang kredit pegawai suami sy dibri 2.5 jt trus sy kreditnya di bri 1.430000 dari potongan itu kan sisa gaji kmi msih banyak mmg perhitungannya di bri gimana ?tlong pnjelasannya krn sy kurang mengerti? thanks

    Reply
    • admin

      Cicilan itu biasanya maksimum 30% dari penghasilan. Dengan gaji 11 juta, total cicilan maksimum 3.3juta (termasuk cicilan di bank lain). Coba dicek apakah total cicilan sudah lebih dari 3.3 juta.

      Reply
  78. anita

    dear admin..
    mau nanya donk..
    saya berencana mau ambl rumah bareng pcar saya… dengan plafon 298 jta…
    tanpa harus dp… kata developer dengan kpr express.. disini saya mau nnya… kira2 jebol ga yah kprny? soalny gaji saya dan pcr saya di totalin kira2 8 jta,,,, sdngkan kami belum merit… kemrin sempat baca syarat2 kpr klo mau memakai slip gaji gabungan.. hrs dgn status menikah.. thanks before…

    Reply
    • admin

      (1) Berapa cicilannya? Cicilan maksimum 30% dari gaji itu aturan umumnya.

      (2) Yakin tanpa DP? Karena peraturan BI mewajibkan DP harus ada minimal 30% dalam KPR. Mungkin ada DP tapi diberikan dalam ‘bentuk’ lain.

      (3) Ya harus menikah karena ketika menikah hartanya sudah menjadi harta bersama (kecuali melakukan perjanjian pra-nikah).

      Reply
  79. dry

    dear,
    Saya Karyawan swasta berasal dari Tangerang dan sedang berdinas di Manado selama 3 tahun.
    saya berencana mengambil rumah ke-2 karena adanya lebih dana cash. sedangkan rumah pertama diTangerang masih dlm proses KPR di BNI. untuk rumah ke-2 saya berencana mengambil di Mandiri di daerah dinas sekarang ini.
    dengan pertimbangan sbb:
    – Rumah pertama sedang dikontrakan
    – Tiap bulan harus menyisihkan untuk perpanjang kontrakan di daerah dinas
    – Harga kontrakan yang naik tiap tahun dan repot untuk mencari lokasi lagi
    – Trend harga property yang selalu naik.
    – Bisa dijual / dikontrakan jika jika pindah tugas ke daerah asal
    – masa dinas masih 2-3 tahun kedepan.
    – Penghasilan hanya sebagai karyawan dan ingin investasi yang baik selain menabung.

    Apakah langkah saya sudah tepat untuk mengambil KPR rumah ke-2 tersebut? atau lebih baik melunasi sebagian/keseluruhan KPR rumah pertama?

    Mohon advicenya

    Regards

    Reply
    • admin

      Ada dua pertimbangan:

      (1) Keuangan Anda sanggup tidak untuk membayar dua cicilan. Ingat: hidup ini bukan hanya masalah rumah. Ada pengeluaran lain yang perlu Anda pikirkan. Jangan sampai karena beban cicilan KPR yang terlalu berat, keuangan Anda bocor.

      (2) Kira-kira total kedua cicilan itu berapa persen dari gaji Anda. kalau sduah lebih dari 30% akan sulit disetujui oleh bank, meskipun bukan tidak mungkin.

      Reply
      • dry

        Untuk cicilan rumah pertama 3.7 jt/bln dan plan untuk KPR ke-2 cicilannya +/- 2 jt per bulan.
        Income saat ini 17 juta dan tambahan -/+2 jt perbulan.
        Rumah pertama di kontrakan dengan nilai 25 jt/thn. Saat ini pengeluaran yg harus disisihkan tiap bulan untuk kontrak rumah sebesar 1,2 jt/bln.

      • admin

        Sepertinya tidak masalah ambil KPR ke dua krn 30% dari gaji sekitar 4 jutaan plus msh ada uang kontrakkan. Cukup untuk bayar dua cicilan KPR. tapi Anda harus pastikan keuangan Anda sendiri siapa tidak dengan adanya pembayaran KPR kedua. yang terakhir ini yang paling penting.

  80. julima

    Sy butuh dana sekitar 200 jt dan sy py sertifikat rumah yg rencananya akan sy agunkan..kira2 bank mana dan produkny apa yg bunganya rendah dan jngka wktynya cukup panjang…mohon berbagi penjelasannya.

    Reply
    • admin

      Bisa BCA, Mandiri, Niaga atau Panin. Minta kredit multiguna dengan jaminan sertifikat rumah.

      Reply
  81. ariep

    misi min saya pengen beli rumah seharga 300 jutaan tapi apa bisa tanpa dp??soal nya saya pengen alihkan dana nya untuk buka usaha..misal gak bisa brapa dp yg harus saya bayar?? trus sebaiknya saya kpr ke bank mana??sebaiknya ambil yg brapa bulan??gaji saya 4-5 jt perbulan istri guru sma masih honorer penghasilannya saya kurang tau…trima kasih

    Reply
    • admin

      Tanpa DP tidak bisa karena peraturan Bank Indonesia untuk KPR, peminjam harus membayar DP. Tanpa DP, bank juga tidak akan bersedia memberikan KPR. Coba ke bank pemerintah saja dulu.

      Reply
  82. Leny

    Hi Admin,

    Antara BRI dan mandiri lebih bgs ygmn? Saya ditawari BRI bunga 9.99% fixed 2thn dan mandiri 9% fixed 2thn.
    Thx

    Reply
  83. diana

    Dear Admin, Saya kpr bii dgn fix rate 2 th (cicilan 3.100.000) per bulan. masuk tahun ke-3 ini cicilannya naik menjadi 4.100.000 per bulan karena sudah masuk floating rate sampai tahun ke 15 nanti. saya sudah ajukan ke bca untuk take over tapi tidak bisa, karena sertifikatnya masih belum pecah (masih atas nama agung sedayu). dan itu baru pecah sekitar tahun 2016 info dari bank bii nya setelah mengkonfirmasi ke developer. pertanyaan saya, apakah ada cara lain untuk saya bisa pindahkan ke bank lain/ke bank syariah misalnya yang bunganya lebih rendah? please advice. thank you.

    Reply
    • admin

      Boleh dikatakan selama sertifikat belum pecah, artinya rumah itu secara legal masih milik developer, bukan milik Anda. Buktinya, Anda saat ini belum melakukan Akta Jual Beli (AJB) dengan pihak developer. Karena secara legal rumah itu belum milik Anda, bank lain (selain bank yang sekarang kerjasama dengan developer) tidak akan mau take-over karena kredit diberikan atas nama Anda tapi jaminannya (rumah tsb) belum atas nama Anda.

      Hanya bank yang kerjasama dengan pihak developer yang biasanya mau ambil alih sertifikat yang belum pecah. Coba bicarakan dengan developer untuk memberitahu bank mana yang kerjasama dengan develoiper untuk perumahan Anda. Setelah tahu hubungi bank-nya.

      Reply
  84. dirga blong

    min,kira” kelebihan dan kekurangan dalam menetapkan sekaligus memilih pilihan sebagai konsumen pada besarnya tingkat suku bunga KPR di BPD khususnya bank dki dan bjb apa

    Reply
  85. Tatik Juniantari

    Admin..
    saya mau tanya kalo saya beli rumah dengan KPR.trus harga rumah 700000000. Dengan DP 30% Dan dicicil selama 20 tahun. Kira2 BANK apa yang paling murah bunganya n cicilan perbulan berapa. Kusus untuk denpasar bali

    Reply
    • admin

      Coba cek bank bumn dan BCA. Tapi mencari KPR bukan hanya masalah bunga tapi juga kemudahan proses dan persyaratan kredit.

      Reply
  86. reza

    setelah membaca, artikel webnya sangat bagus & membantu..
    Admin, mohon infonya, cara memprediksi kenaikan suku bunga efektif bagaimana ? sebagai contoh saya sudah mencoba simulasi KPR dari duwitmu.com, dengan suku bunga efektif per tahun 13.50%,

    saya coba cek di http://www.bi.go.id/id/perbankan/suku-bunga-dasar/Default.aspx yang saya jadikan perbandingan bank mandiri suku bunga 11.00%, asumsi saya 11.00% adalah suku bunga flat selama beberapa tahun, lalu 13.50% adalah suku bunga float. apakah benar asumsi saya ?

    1. Cara menentukan / mempredikisi margin besaran suku bunga sampai 13.50% bagaimana ? berhubung suku bunga ditiap bank berbeda – beda

    2. Apakah suku bunga 13.50% bisa naik lagi sesuai dengan bunga pasar ? atau 13.50% adalah margin teraman untuk kenaikan suku bunga untuk setahun kedepan ?

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Bunga mengambang itu mengikuti bunga pasar, jadi agak sulit memprediksinya berdasarkan bunga tetap. kalau bunga pasar meningkat sudah pasti bunga mengambang akan mengikuti. Antara masing-masing bank punya spread yang berbeda-beda antara bunga tetap dan mengambang. Bank yang bunga tetapnya lebih rendah biasanya men-charge bunga mengambang lebih tinggi. Makanya, saya sering bilang, jangan mudah tertarik bunga tetap yang rendah, peminjam harus memperhatikan berapa buang mengambangnya karena itu yang dampaknya paling signifikan selama masa kredit.

      Reply
  87. moses

    Terimakasih Admin,,
    saya mau nanya soal cicilan extra.
    begini ceritanya:

    Saya mau refinancing kredit KPR di Bank BNI.
    KPR ini senilai 500 jt rupiah dengan tenor 20 tahun.
    Kredit KPR mulai dari Agustus 2013.
    Suku Bunga flat 2 tahun pertama 8.49 %/tahun.
    Dengan rincian di atas maka cicilan per bulan selama dua tahun pertama adalah 4,100,000 rupiah.

    Nah, karena saya ada duit tabungan sebesar 50 juta rupiah, saya berniat untuk melakukan cicilan extra sebesar 50 juta tersebut.
    Yang mana tujuan saya adalah untuk mengurangi cicilan perbulan (karena dengan adanya cicilan extra ini akan mengurangi nilai pokok pinjaman).

    Tetapi, menurut BNI, “cicilan extra” ini sama dengan “pelunasan sebagian”, yang mana jika saya melakukan hal itu maka akan dikenakan finalty sebesar 2% (merujuk ke pasal 8 ayat 4 pada akad kredit KPR).
    Nah, ini yang saya yg belum mengerti, karena di pasal 4 akad kredit tersebut tidak ada tertulis finalty sebesar 2 % jika saya mempunya niat baik untuk melakukan cicilan extra. Itu yang pertama.
    Yang kedua, disini BNI seolah-olah menahan saya dengan memberikan finalty untuk melakukan refinancing KPR saya. Mohon bantuannya… Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Harus disadari bahwa pelunasan dipercepat (sebagian atau seluruhnya) itu mengurangi keuntungan bunga dari bank, karena itu bank memberikan pinalti. Biasanya di PK sudah ada jelas ketentuan berapa persen pinalti pelunasan dipercepat (sebagian atau seluruhnya).

      Reply
  88. Diyah Lestari

    Admin yang terhormat, saya memakai BTN untuk KPR rumah saya yang sudah berjalan selama kurang lebih enam bulan dari Juni 2014 (jangka waktu 15 tahun). Kebetulan pada saat membeli rumah tersebut saya mendapat bunga promo sebesar 9.5% 1 tahun. Setelahnya kembali ke bunga efektif sebesar 11.5%. Yang mau saya tanyakan apa selama 15 thn itu angsuran itu tetap dgn bunga 11.5% atau saya setelah 1thn pindah ke BCA untuk mendapat bunga yang lebih murah. Kira2 bank manakah yang bunganya lumayan kecil dan bersaing untuk saya take over kredit kpr? karena pada saat itu cuma bank BTN yang diperbolehkan oleh developer perumahan saya. Terima kasih…

    Reply
    • admin

      Sertifikatnya apa sudah atas nama Anda ? Kalau belum, Anda harus minta supaya sertifikatnya atas nama Anda (proses pemecahan sertifikat). Jika sertifikat sudah atas nama Anda, proses take-over ke bank lain baru bisa dilakukan. Yang biasanya relatif murah adalah BCA dan bank BUMN.

      Selama 15 tahun, bunganya jelas tidak akan tetap di 11.5%, bisa lebih tinggi, tergantung kondisi bunga pasar.

      Reply
  89. Happy

    Saya punya pinjaman di bank jatim sebanyak 80 juta sudah mengangsur 13 kali,,saya mau menaikkan pinjaman karena butuh modal untuk usaha,tetapi pihak bank belum menyetujui karena sering terlambat mengangsur saat jatuh tempo,tetapi saya tetap mengangsur dalam bulan yang sama, Jadi cuma terlambat tanggal,nggak sampai lewat bulan.Gimana solusinya sedangkan saya butuh modal untuk usaha sekitar 150 juta secepatnya?…
    Tolong Dibalas Admin
    Terima Kasih.

    Reply
    • admin

      Cari pinjaman di tempat lain. Itu solusi cepatnya. Bisa juga, kalau ini pinjaman dengan jaminan, Anda pindahkan ke bank lain dan minta dilakukan penilaian ulang atas jaminan Anda. Tapi, proses pindah ini tidak bisa cepat.

      Reply
  90. Happy

    Kalau mau ikut program take over,sarannya admin ke bank mana,yang suku bunganya rendah,dan prosesnya cepat?
    Terima Kasih

    Reply
    • admin

      Cepat dan murah itu dua hal yang jarang sekali terjadi bersamaan. kalau bunga murah bisa ke BCA dan bank BUMN, tapi tidak janji prosesnya cepat. Kalau prosesnya yang cepat adalah Permata dan Niaga, dengan bunga sedikit lebih tinggi.

      Reply
  91. Happy

    Apakah bunga bank (Permata dan Niaga) bisa di nego, kalau suku bunga bank Permata sekarang berapa?
    Terima Kasih..

    Reply
  92. Syauqi

    Sore Admin. Sy berencana membangun rumah, tanah luas 90m2, rencana sy bangun tipe 36 dgn mengajukan KPR senilai Rp. 100.000.000 ke bank commonwealth. Tanah HGB atas nama sendiri. diperkirakan cicilan 1.4jt sampai 10th dengan bunga floating -2% selamanya (promonya spt ini). bebas biaya apapun, kecuali biaya notaris. kira2 menguntungkan atau tidak ya pak admin? atau sy hrs mencari alternatif bank lain? dan biaya notaris tsb bgmna menghitungnya. krn awalnya sy kira ndak pake biaya notaris (tanah sdh milik sendiri). trmksh sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Ini cukup bagus karena sejak awal bunganya sudah bunga floating minus 2%. Saat ini banyak orang menghadapi masalah (silahkan baca di komentar-komentar) karena bunga floating yang tinggi. Dengan program yang akan Anda ikuti ini ada pengurangan terhadap bunga floating. Memang Anda jadi tidak bisa menikmati bunga fixed yang biasanya cukup rendah di 2 tahun pertama.

      Tapi, buat saya diskon bunga floating lebih menarik dibandingkan bunga fixed yang rendah karena beban bunga floating jangkanya lebih lama dibandingkan bunga fixed.

      Reply
  93. Taufan

    Anda benar tentang harus berhati-hati dengan suku bunga KPR. Tetapi tidak hanya itu, sesungguhnya komsumen akan terikat sebagi debitur KPR dalam sekian tahun perjanjian! Sehingga konsumen harus mengenal setidaknya 2 (dua) tahap pemahaman, yakni :
    – pertama : Tahapan Pra Proses KPR, terpenting adalah menyangkut persyaratan dan prosedur, biaya proses, kecepatan dan kemudahan proses dan suku bunga komitmen.
    – kedua : Tahapan Post Proses KPR, terpenting adalah mengenai perlakuan jaminan, tunggakan, penyesuaian suku bunga (adjustable rate), asuransi, pelunasan dipercepat dan gimick produk penambah nilai.

    PRA PROSES KPR, semua penting, terpenting suku bunga. Ada 2 hal yang harus dipahami benar oleh konsumen tentang suku bunga KPR dalam praktik di Indonesia, yakni CARA PERHITUNGAN BUNGA dan SISTEM BUNGA. Angsuran KPR jumlahnya tetap, tetapi apa yang terjadi di dalam angsuran itulah yang harus benar-benar dipahami.
    Cara perhitungan bunga saat ini dikenal dengan beberapa alternatif, yakni :
    – Bunga EFEKTIF, bunga dihitung dari saldo pokok terutang efektifnya. Misal bulan pertama bunga dihitung dari saldo utang pokok awal, bulan kedua bunga dihitung dari saldo utang pokok setelah dikurangi angsuran pokok bulan sebelumnya dst. di bulan-bulan berikutnya s.d. lunas atau dilunasi. Sehingga dalam setiap kali angsuran berlaku rumus : semakin muda usia angsurannya maka semakin besar komposisi bunga dan semakin kecil pokok utangnya berkurang. Jadi bunga dalam angsuran dibayar lebih besar di awal masa angsuran. Itulah terjadi mengapa konsumen merasa utang pokoknya hanya berkurang sedikit di awal-awal masa KPR.
    – Bunga FLAT, bunga dihitung ‘sekali gonjreng’, yakni sekaligus dengan cara mengalikan suku bunga x tahun waktu kredit x pokok kredit, dan hasilnya dibagi rata, itulah kemudian disebut FLAT atau RATA. Untuk konsumen awam, berhati-hatilah dengan dengan cara hitung bunga ini. Apa yang dilihat tak sama dengan yang dibayar. 9% suku bunga flat akan lebih mahal dibandingkan 11% bunga efektif. Hitunglah baik-baik.
    – Bunga ANNUITAS TAHUNAN, bunga dihitung setiap awal tahun kredit (annual). Misalnya bunga angsuran tahun 2014 dihitung dari saldo utang pokok KPR di awal tahun 2014 dan hasilnya dibagi rata pada angsuaran 12 bukan tahun 2014, bunga angsuran tahun 2015 dihitung dari saldo utang pokok KPR di awal tahun 2015 dst. sama sd. lunas. Cara hitung Bunga seperti ini banyak orang menyebutnya kombinasi FLAT dan EFEKTIF.

    Sistem Bunga, dalam KPR di Indonesia dikenal 3 (tiga) jenis, yakni : Fixed Rate (bunga tetap), Floating rate (adjustable rate, bunga mengambang), dan SBP (sistem balloon payment).
    – Fixed rate, suku bunga berlaku tetap selama jangka waktu KPR atau selama jangka waktu tertentu. Umumnya 1 sd 3 tahun pertama KPR, meski jarang, ada juga bank yang memberikannya s.d. 5 tahun. Satu hal yang pasti pemberian suku bunga tetap di awal tahun tertentu BUKAN karena ‘kemurahatian’ bank pemberi KPR, melainkan hanyalah gimick pemasaran biasa, tentu dengan memperhatikan Cost of Fund (biaya dana) masing-masing bank.
    – Floating rate, suku bunga mengikuti kebijakan bank pemberi KPR, rumus sebenarnya adalah disaat cost of fund bank ybs. naik, maka bank tersebut menaikan suku bunga KPRnya, disaat sebaliknya menurunkan suku bunga KPRnya. Apakah pasti begitu???? TIDAK!!! disinilah konsumen HARUS SANGAT HATI-HATI. Saran saya, call a friend! tanyakan pada teman yang pernah KPR di bank yang anda pilih. Karena Floating Rate faktanya adalah tidak sedikit menjadi sistem pembungaan ‘seenak udel bank’. Dimana konsumen tidak berdaya!
    Koreksi untuk tulisan admin, dalam tabelnya seolah terminologi ‘bunga mengambang’ adalah pasti. Bukan! Itu adalah suku bunga mengambang perkiraan saja. Jadi praktiknya tidak pasti sebesar yang disebut.
    Kebetulan saya mengamati penomena ‘fixed rate’ dan ‘floating rate’ dengan cara membandingkan total angsuran yang dibayar konsumen di berbagai bank penyalur KPR. KESIMPULANNYA : kebanyakan floating rate bank adalah fixed rate berikutnya. Jadi sekali disesuaikan TAK PERNAH TURUN LAGI. Jadi ‘kebaikan hati bank’ memberikan suku bunga rendah di awal akan ditagihkan setelah ‘masa bulan madu’ bunga berlalu. Lagi-lagi duit bermata!
    Jadi pilih bank mana dong?? Saran saya pilihlah Bank KPR yang memiliki reputasi. Sayang saya tak boleh menyebutnya disini, bank ini konvensional sekali seolah tak bersaing, tetapi ternyata paling fair. Selamat menebak.
    – SBP atau sistem bunga baloon payment, ini sangat jarang sekali, sejauh yang saya ketahui pernah dilakukan tahun 80an sd tahun 2000an di salah satu bank pemerintah, terkait program KPR subsidi, yakni bunga dalam angsuran tidak dibayar untuk jangka waktu tertentu, misalkan 3 tahun. Dan kemudian dikomoensasi pada masa waktu angsuran berikutnya. Ini dimaksudkan untuk membantu komsumen berpenghasilan rendah supaya tidak terbebani angsuran besar di tahun-tahun awal tetapi berharap telah terdapat perbaikan penghasilan kemudian sehingga angsuran normal dapat dibayar. Maksud baik ini tidak berlanjut karena tingginya NPL (kredit bermasalah) untuk sistem ini.

    POST PROSES KPR, Inilah yang umumnya konsumen melupakan. Padahal tak kalah penting.
    carilah informasi mengenai hal-hal berikut sebelum KPR dijatuhkan pilihan pada Bank tertentu.
    1. Apakah jaminan dikenakan retensi oleh bank, karena apabila ternyata balik nama tidak dilakukan maka bank dapat menggunakan untuk membantu menyelesaikannya. Ingat tidak semua unit rumah yang mau di KPR sudah selesai selesai sertifikat induknya, splitzingnya, bahkan bangunan juga belum kelar, listriknya, airnya. Itulah sebabnya reputasi penjual sangat penting. Ingatlah, anda tak bisa menuntut bank karena sertipikat belum selesai, bangunan tidak kelar, atau listrik atau air belum nyala. Itu tanggung jawab penjual, bank hanya soal utang piutang. Bukan objeknya. Bahkan dalam hal tanah dan rumah objek KPR bank punya posisi kepentingan yang sama beda versi. Konsumen berkepentingan karena objek yang dibelinya. Bank berkepentingan karena objek yang menjamin piutangnya.
    2. Bagaimana anda diperlakukan jika terjadi tunggakan. Hal sepele yang jika tidak diketahui akan menghilangkan kenyamanan. Memang tidak dikehendaki tunggakan. Tapi jika itu terjadi maka dijamin anda akan berharap bank berbelas kasihan. Ingat, tidak semua bank toleran, bahkan sedikit bank pemberi KPR ‘memiliki waktu’ untuk membantu anda jika sedang kesulitan. Bayangkan jika debitur tiba2 di PHK, ….hhhmmm runyam. Saran saya : pilih bank denga reputasi, bukan janji-janji! Call a friend jika perlu.
    3. Adjustable rate, sudah dijelaskan, tanyakan dengan simple : apakah debitur bank anda setelah suku bunganya disesuaikan pernah mengalami penurunan suku bunga pula? Dijamin tak sampai 2 jari. Ya, umumnya adjustable rate adalah fixed rate babak kedua dengan suku bunga lebih tinggi.
    4. Asuransi, simple tapi mematikan, tahukan anda bahwa tidak semua Bank memberikan asuransi sebagai hal yang wajib? Beberapa bank memberlakukannya sebagai opsi atau pilihan bergantung komsumen. Saran saya, tutuplah asuransi jiwa kredit minimal, tambahkan kebakaran jika perlu, mintalah bonus risiko bencana alam atau banjir jika bisa, Namanya asuransi ya biaya yang akan hilang, tetapi ketika terjadi risiko maka akan berjuta syukur terucap. Bayangkan anak/istri menanggung utang suami/bapaknya yang meninggal. Atau kehilangan rumah karena terbakar. Dengan asuransi resiko2 itu dialihkan.
    Satu hal lagi soal asuransi, tanyakan apakah ada premi refundable? Yakni jika KPR dilunasi lebih cepat apa premi atas waktu yang belum dijalankan akan dikembalikan? beberapa bank memberikan fasilitas ini. Tidak semua bank!
    5. Pelunasan dipercepat, simple nya tanyakan konsekuensi finansial jika dilakukan pelunasan KPR sebelum jatuh waktunya. Beberapa bank tidak mengenakan penalty setelah sekian tahun angsuran. Beberapa bank mengenakan sanksi segede gajah. Untuk yang punya rencana pelunasan dipercepat disarankan pilih corak pilih kelir bank.
    6. GIMMICKS KPR, sebagai contoh apa bank itu memberi fasilitas TOP UP, yakni setelah lancar angsur dalam waktu tertentu dinaikan pokok utang (komsumen mendapat cash tambahan untk berbagai keperluan termasuk utk pindah KPR ke unit lain dilokasi lain atau luas lebih besar lebih baik), ada pula bank yang memberikan standby approval (persetujuan di awal) atas produk pinjaman tertentu sebagai apresiasi lancarnya angsuran, dll, gimmicks..

    Selamat berburu KPR rasional,
    Ingat : REPUTASI – HISTORY – NILAI TAMBAH
    Pricing (rate) bukan segalanya

    Reply
  94. Eka

    Admin…rencananya saya mau ambil KPR dgn pinjaman 350jt dgn jangka waktu 15 thn (180 bln). Di bank nagari, di daerah saya menawarkan suku bunga 13,5 % dgn cicilan flat sekitar 4,5jt an/bln selama 15 thn. Di BNI, thn pertama suku bunga 9,9% dgn cicilan 3,7jt an/bln & thn berikutnya dgn suku bunga efektif 13 % dgn cicilan 4,4jt an/bln. Menurut admin, secara keseluruhan lebih menguntungkan yg mana ya? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      (1) Jika pilih Nagari, cicilan sudah jelas Rp 4.5 juta/bulan. Tidak ada fluktuasi.
      (2) Jika pilih BNI, setelah tahun pertama, cicilan bisa fluktuasi: bisa tetap 4.4 juta; bisa naik atau turun tergantung kondisi suku bunga di pasar.

      Sekarang tergantung Anda lebih senang cicilan yang tetap atau yang berubah-ubah.

      Reply
  95. imel

    Misi Admin.. Mau tanya, bila pernah menunggak angsuran 2 bulan, apa bisa mengajukan top up untuk modal usaha?

    Reply
  96. Antho

    Permisi admin, saya ingin membeli rumah seken dengan nilai 370 juta (harga jual cash). Rumah masih dalam status cicilan KPR berjalan 4 tahunan, Apakah mungkin untuk dibuat KPR baru dengan bank yg sama, karena posisi keuangan saat ini belum memungkinkan untuk over kredit (untuk penggantian uang yang telah dikeluarkan oleh pemilik sekitar 150 jt). Atau ada cara lain misalnya take over dengan bank yang lain? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Harusnya bisa ya dengan bank yang sama. Menurut saya, take over dengan bank yang sama, akan jauh lebih mudah. Bicarakan dengan bank dan pemiliknya.

      Reply
  97. Gabrial JT

    mohon bantuan ya, saya punya rumah didaerah perumahan, sampai saat ini semua sertifikat rumah disitu masih dalam proses pengurusan untuk pemecahan dari sertifikat induk, rencananya rumah tersebut mau saya jual dan beli rumah yang jelas status suratnya. mengingat sebentar lagi saya akan pension dari pekerjaan saya. mohon arahannya

    Reply
    • admin

      Dibereskan dulu suratnya supaya Sertifikat Hak Milik rumah tersebut menjadi atas nama Anda. Setelah statusnya SHM baru bisa dijual belikan dengan leluasa.

      Reply
  98. Gabrial

    dear Admin, dalam 5 tahun lagi saya sudah pension, saya adalah pegawai swasta dan hanya sekali menerima pesangon kerja pada saat pension nanti, kira kira usaha apa yang cocok untuk saya lakukan? saya ingin usaha kuliner atau dagang tetapi tidak punya keahlian/pengetahuan. mohon saran

    Reply
  99. faruq Rizalul alam

    1. berapa suku bunga pinjaman ( BI rate) bulan maret tahun 2015 ini?
    2, dengan kondisi suku bunga BI rate tersebut jadsinya suku bungan pinjaman di bank BJB jadi berapa?
    3. perubahan suku bungan tiap berapa periode ? mingguan bulanan?
    4.Jika suku bunga BI rate berubah tanggal hari ini maka perubahan ke suku bungan pinjaman bank apakah berlaku perubahan hari itu ?

    Reply
    • admin

      Perubahan bunga di bank mengikuti perubahan BI rate. Cepatnya perubahan tergantung masing-masing bank. Biasanya tidak sampai 1 bulan. Tapi, kembali lagi itu tergantung strategi bank karena bisa saja bank tidak merubah suku bunganya. Perubahan suku bunga, mingguan atau bulanan, tidak tentu tergantung SBI.

      Pertanyaan yang lain silahkan di googling dan tanyakan langsung ke bank-nya.

      Reply
  100. Indry

    Dear Admin, mau tanya. ada nggak bank yang terima kredit tanah? Saya sangat kecewa kenapa bank bisa kasi pinjaman untuk kredit kendaraan, tapi tidak tanah yang nilai investasinya lebih tinggi?
    Kalau ada bank yang bisa untuk kredit tanah itu bank apa? terimakasih.

    Reply
  101. meydhi

    Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul “Suku Bunga KPR Paling Rendah di 2014: Di Bank Mana?”.

    Reply
  102. kasamago

    Akhir2 ini mulai marak promo perumahan dimana2, menyusul pembangunan gencar2an dimana2 hingga ke pelosok. Bnyk yg menawarkan DP murah meriah, nah tlg ulas fenomena ini. Apakah ada sesuatu yg wajib diwaspadai dibalik DP murah khsusunya terkait pembiayaannny..

    Reply
    • admin

      Kasamago,

      DP murah itu harus dipastikan apakah benar-benar murah. DP yang rendah akan berimbas ke cicilan yang tinggi, karena itu kita harus pastikan apakah sanggup memenuhi cicilan tersebut.

      salam

      Reply
  103. ley

    Dear Admin,
    saya ada cicilan kta dan kartu kredit apakah bisa di cover ke cicilan kpr.

    terima kasih

    Reply
  104. infotentangbank.blogspot.com

    Bagus gan….apabila ingin membeli rumah secara kredit, untuk mengetahui angsuran kredit dan bunga kredit

    Reply
  105. derni

    Dear Rio, apakah bisa mengajukan KPR rumah second di atas harga jual sesungguhnya? Tentu mesti sesuai dengan nilai market/appraisal. Apa saja resikonya? Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Derni,

      Bank memberikan KPR berdasarkan nilai appraisal bank atas bangunan yang akan diajukan KPR. Jika nilai appraisal tinggi dan nilai jual beli rendah, bisa saja nilai KPR diatas harga jual. Tidak masalah buat bank.

      Tapi, Anda berarti harus membayar cicilan lebih besar karena nilai hutang KPR yang diambil lebih besar.

      salam

      Reply
    • admin

      Saran untuk Anda. Jangan membuat comment dengan link (link sudah saya hapus) semacam ini karena (1) sangat mengganggu buat pengelola blog; (2) cara backlink semacam ini nilainya kecil sekali di mata Google dan bahkan beresiko membuat situs Anda kena pinalti.

      Reply
  106. roland

    Mlm admin, sy mau tnya mn yg lebih baik utk kpr dengan pilihannya (1) plafon 308 jt dgn kpr flat 1 thn bunga 10% perbulan 3,4jt setelah itu floating dgn lama kpr 13 thn dan (2) plafon 280 jt dgn promo flat 6 thn bunga 8,8% perbulan 2,5jt setelah itu floating 13 thn dgn lama kpr 19 thn.

    Reply
    • admin

      Roland,

      Tergantung kemampuan keuangan Anda. Karena dua pilihan ini masing – masing punya (+) dan (-).

      salam

      Reply
      • sigit

        Mohon sarannya pak, saya rencana mau take over KPR dengan harapan dapat bunga yang lebih rendah, setelah di KPR bank yang lama masa fix bunganya habis. Namun kendalanya adalah pinalty yang dikenakan pada saat pelunasan sangat besar sehingga meskipun saya sudah mengangsur 15 bulan, dr jk waktu 12 Tahun, nominal pelunasan nyaris tidak berubah dari pinjaman mula mula.
        Untuk itu saya tidak jadi take over, tp berniat menjual rumah yang diagunkan tersebut, apabila penjual hanya meneruskan KPR saya tanpa take over secara resmi, apakah proses spt itu beresiko bagi saya ? kemudian balik nama SHM setelah KPR selesai atau diselesaikan, apakah beresiko bagi kami ? terima kasih.

      • admin

        Sigit,

        Buat Anda tidak beresiko karena sertifikat masih atas nama Anda. Artinya, rumah itu secara legal masih atas nama Anda. Justru yang beresiko adalah bagi penjual.

        salam

  107. denika yana

    Siang admin,,, sya dan suami ada rencana mau kpr rumah 600jt an,, kira2 brpa yaa total cicilan per bln utk jangka wktu 15 th,,, n bank mna ya suku bunga terendah utk saat ini,,,
    Terimakasih sblum dan sesudah”a,,,

    Reply
  108. hedryiks

    Good information, walau ini kpr 2014 tapi tetap berguna untuk diketahui sehingga tau perbedaanya juga, thanks for sharing ya

    Reply
  109. hotman

    min… mau tanya, apa tidak ada lagi bank yg memakai sistem bunga efektif? kenapa semuanya pakai bunga flat?
    trus satu lagi, kata pihak bank, yg buat cicilan tinggi itu bukan bunganya, tapi asuransinya. bgmn menurut admin?
    makasih.

    Reply
  110. denis prayogi

    Permisi pak mau tanya, dengan kondisi bunga yang mengambang dan tenor yang panjang. apa ada kemungkinan cicilan semakin lama semakin turun ? atau tetap ? yang saya coba di excel yg bpk kasih, jumlah pokok semakin lama semakin naik, bunganya turun, tapi angsuran perbulan pokok+bunga tetap saja dengan nominal yang ada diawal. mohon penjelasannya pak

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.