DP Uang Muka KPR Rumah, 5 Cara Mengumpulkan Cepat, Mudah dan Murah

  • October 21, 2018

DP uang muka KPR rumah bisa dikumpulkan dengan mudah, cepat dan murah adalah impian banyak orang. Karena DP atau uang muka adalah syarat mutlak pengajuan KPR rumah. Bagaimana caranya ?

Sebelum membeli rumah dengan pinjaman KPR, satu syarat mutlak adalah Anda memiliki uang untuk membayar down payment (DP) atau uang muka. Karena bank tidak akan menyetujui pinjaman KPR Anda jika DP belum dibayar.

Jadi, punya uang yang cukup untuk membayar DP adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Kita akan bahas bagaimana mengumpulkan uang muka tersebut karena perlu trik dan strategi tertentu, mengingat jumlah minimum DP cukup besar, yaitu 10% sd 20% dari nilai rumah yang akan dibeli.

5 Cara Mengumpulkan DP Uang Muka KPR

Dari berdiskusi dan membaca pertanyaan pengunjung blog, saya jadi tahu bahwa banyak orang berpikir bahwa satu-satunya cara mengumpulkan DP adalah dengan menabung.

Sementara, faktanya ada banyak cara untuk mengumpulkan DP uang muka KPR. Tidak hanya dengan menabung saja.

#1 Investasi di Reksadana

DP Uang Muka KPR Reksadana

Cara pertama adalah melakukan investasi di Reksadana. Kenapa instrumen ini yang saya anjurkan ?

Pertama, Anda bisa berinvestasi dengan sangat murah. Yang saya tahu ada Reksadana yang bisa diinvestasikan mulai dari Rp 50 ribu.

Kedua, Reksadana sangat cocok bagi mereka yang awam dengan investasi karena Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi. Anda tidak perlu menguasai instrumen investasi karena manajer investasi yang akan mengelola.

Hal yang penting diperhatikan adalah pilihan jenis Reksadana, yaitu Reksadana Pasar Uang untuk tujuan mengumpulkan DP rumah. Jenis ini aman meskipun return relatif kecil.

Karena dalam mengumpulkan DP rumah, keamanan menjadi tujuan nomer satu dengan rentang waktu yang relatif pendek.

#2 Mengikuti Cicil DP Developer

Developer pun paham sekali bahwa DP merupakan salah satu kendala orang saat membeli rumah. Makanya, banyak developer menawarkan program cicil DP.

Program cicil DP bekerja sebagai berikut:

  • Anda membayar DP ke pengembang, secara mencicil dalam waktu tertentu, misalnya 1.5 tahun. Jumlah DP ditentukan diawal, yaitu dari harga rumah antara 10% sampai 15%. Selama mencicil DP, Anda belum berhubungan dengan bank
  • Setelah DP selesai dicicil, Anda baru mengajukan KPR ke bank. Bank akan meminta pengembang untuk menunjukkan bukti pembayaran DP Anda.

Program ini membantu Anda yang ingin memiliki rumah tetapi tidak memiliki uang muka.

Namun, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam program ini, yaitu : (1) harga rumah dengan program cicil DP lebih tinggi dibandingkan Anda langsung mengambil KPR; (2) Jika selama program cicil DP berlangsung, Anda berhenti membayar DP sebelum selesai, maka uang yang sudah dibayarkan hangus, kecuali Anda bisa mengalihkan ke orang lain atau mengambil KPR ke bank.

#3 Manfaatkan Top Up KPR 

Buat mereka yang sudah memiliki rumah, meskipun rumah tersebut masih KPR, bisa memanfaatkan rumah yang masih KPR tersebut untuk membeli rumah lain.

Caranya dengan melakukan top up atas rumah yang masih KPR. Dana hasil top up Anda gunakan untuk membeli rumah baru.

Apa itu top up KPR ?

Anda meminta bank melakukan penilaian ulang atas rumah Anda. Biasanya, nilai rumah akan meningkat karena kenaikkan harga tanah.

Dengan peningkatan nilai rumah, Anda bisa meminta bank memberikan pinjaman lagi (top up) atas rumah tersebut. Nah, tambahan pinjaman ini yang digunakan untuk mengambil rumah lagi.

Disamping itu, karena sudah membayar selama jangka waktu tertentu, Anda bisa mengambil pinjaman lagi. Tentu saja ini berarti akan memperpanjang pinjaman KPR yang sudah ada.

#4 Pinjam ke Kantor DP Uang Muka KPR

Tidak semua orang bisa mencoba ini. Tetapi, saya tahu beberapa perusahaan bersedia memberikan pinjaman lunak kepada karyawan untuk menalangi dahulu uang muka rumah.

Karena ini pinjaman lunak, tentu saja, bunga yang diberikan relatif rendah atau bahkan tanpa bunga. Tetapi, mungkin jumlahnya belum tentu mencukupi kebutuhan uang muka karena sangat tergantung pada kebijakan perusahaan.

Yang penting diperhatikan, terutama ketika negosiasi pekerjaan, adalah pinjaman lunak dari kantor bisa menjadi salah satu fasilitas yang bisa Anda pertimbangkan.

#5 Tabungan Emas

DP Uang Muka Rumah KPR Tabungan Emas

Emas adalah instrumen yang sudah terkenal menjadi alat investasi yang aman dan nilainya meningkat. Orang tua kita dulu biasanya menyimpan investasi dalam emas.

Masalahnya emas itu karena barang berharga membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Belum lagi modal yang dibutuhkan untuk membeli emas cukup lumayan.

Tetapi, saat ini muncul inovasi, yaitu tabungan emas.

Dalam tabungan emas, Anda membeli emas secara menabung. Bisa mulai dari 1 gram sampai jumlah yang besar.

Keuntungannya, Anda tidak perlu menyiapkan tempat penyimpanan karena selama Anda menabung emas maka penyimpanan dilakukan oleh penyelenggara tabungan emas.

Jika membutuhkan emas dalam bentuk fisik, Anda bisa meminta emas tersebut untuk dicetak dengan ongkos tertentu dan kemudian mengambil di lokasi yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Jika ingin menjual emas, Anda tidak perlu mencetak dan lalu menjual fisik emas karena cukup menjual kembali kepada penyelenggara di harga yang sudah ditentukan. Hasil penjualan emas akan langsung masuk ke rekening Anda.

Dua penyelenggara tabungan emas yang saya tahu terpercaya adalah PT Antam dan Pegadaian. Keduanya menyelenggarakan tabungan emas terhadap jenis Logam Mulia.

Kesimpulan

DP uang muka KPR rumah adalah persyaratan mutlak pengajuan pinjaman KPR. Tanpa uang muka, bank tidak akan bisa menyetujui kredit rumah meskipun semua persyaratan lain sudah terpenuhi.

Masalahnya, banyak orang tidak bisa atau belum bisa mengajukan KPR karena terbentur tidak punya DP ini. Banyak yang berpikir bahwa mengumpulkan DP hanya bisa via menabung.

Sementara, banyak cara mengumpulkan DP uang muka KPR, selain dengan jalan menabung. Kami menunjukkan 5 cara mengumpulkan DP rumah.

One Response

  1. niken swastika

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga.
    salam sukses selalu 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.