6 Tips untuk Mencari Apartemen Kecil Terbaik

  • December 15, 2015

Pasar perumahan di Indonesia membuat pencarian rumah sebagai sesuatu menantang, sebagaimana yang diceritakan mahasiswa baru atau tetangga yang baru saja pindah.

Jika Anda masih muda dan baru kali ini mencari rumah, atau mencari rumah baru di salah satu pusat kota, pilihan terbanyak bagi Anda adalah apartemen studio, atau unit rumah berskala kecil dengan satu ruangan. Ada batas tipis antara sempit dan nyaman, tapi dengan berpikir sedikit lebih keras, Anda bisa membuat apartemen yang efisien menjadi rumah yang nyaman dan sesuai selera.

#1 Belilah yang Berkualitas

Jika anggaran pembelian rumah Anda terbatas, solusi terbaik adalah untuk mencari apartemen kecil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ketimbang rumah yang lebih besar dengan konstruksi buruk atau masalah lainnya. Ketika Anda mencari perumahan berbiaya murah di Tangerang, Bandung, atau kota satelit yang berkembang pesat, Anda juga harus berhati-hati terhadap pemilik bereputasi jelek dan perbaikan atau pemasangan kabel yang buruk.

Carilah melalui katalog dengan reputasi baik seperti Rumah.com untuk menemukan pilihan yang dapat dipercaya sesuai dengan anggaran Anda.

 #2 Persempit Ruangan Anda

Manusia adalah makhluk yang mempunyai kebiasaan, jadi akan sangat membantu jika Anda membuat ruangan Anda teratur, untuk kesehatan, tingkat stres, dan kualitas hidup. Jika Anda mempunyai sebuah apartemen satu ruangan, jadilah kreatif dan temukan cara untuk membagi ruangan Anda menjadi beberapa area untuk tidur, makan, dan belajar atau bekerja. Pisahkan ruang tidur untuk tidur dan ruang kerja untuk bekerja, dan Anda dapat berfokus lebih baik dan mempunyai kebiasaan tidur yang lebih baik. Cobalah gunakan rak buku, tirai gantung, atau bahkan kepala tempat tidur sebagai penyekat/pemisah ruangan yang kreatif.

#3 Pilihlah Palet yang Menyejukkan

Warna mempunyai efek ampuh terhadap cara kita memandang sekitar, dan warna juga dapat bermanfaat untuk membuat ruang kecil nampak lebih besar membuat ruang kecil nampak lebih besar.

Warna terang atau desain ramai membuat ruang Anda nampak sempit. Pilihlah wara terang dan netral seperti putih dan krem untuk mendapatkan rasa tenang dan terbuka. Jika rumah/apartemen itu sewaan, Anda tidak dapat mengecatnya. Pertimbangkan untuk menempelkan poster atau gantungan dinding atau karpet berwarna terang untuk mempercerah dan menerangi rumah Anda. Perabotan pola warna yang sama dengan dekorasi Anda juga dapat membantu, seperti permadani, karpet, dan ranjang yang sesuai, untuk rumah yang indah dan nyaman yang berkesan luas dan hangat.

#4 Berpikirlah secara Vertikal

Salah satu tantang terbesar dari tinggal di sebuah ruangan kecil yaitu menemukan tempat untuk menyimpan semua barang Anda! Bagaimana Anda tetap teratur tanpa banyak ruang yang tersisa? Dekorasilah dalam tiga dimensi! Bisakah Anda menyesuaikan jepitan baju di ruang kosong pada pintu? Papan penjepit atau gantungan dinding dan rak dinding untuk perkakas dapur, sepatu, atau keperluan kantor. Jadilah kreatif, dan temukan sebanyak mungkin solusi untuk menyimpan benda-benda di atas dan tidak di lantai.

#5 Simpanlah Secara Kreatif

Penyimpanan kreatif sejalan dengan berpikir secara vertikal. Ada beberapa benda yang terlalu berat atau terlalu ringkih untuk diletakkan di dinding, jadi apa yang bisa Anda lakukan dengan benda-benda itu?

Pada ruangan kecil, perabotan multi-fungsi adalah teman Anda. Telusurilah pusat perbelanjaan dan Anda pasti akan menemukan berbagai macam bangku penyimpanan, sofa kompartemen, dan meja kopi: perabotan yang berfungsi maksimal dengan ruang yang luas untuk menyembunyikan barang-barang.

Jika Anda kesulitan membuat ruang untuk perabotan, cobalah melepas pintu lemari dan menggantinya dengan tirai gantung. Tanpa pintu yang harus berayun terbuka, Anda menghemat beberapa meter ruang yang bisa digunakan untuk sofa atau meja.

#6 Kurangi Kekacauan, Kurangi Berantakan

Pada ruangan yang lebih besar, akan lebih mudah untuk mengabaikan kekacauan, tapi tidak ada yang membuat ruangan kecil terasa sempit dan sesak lebih cepat. Salah satu jebakan termudah dalam apartemen kecil adalah mendekorasi secara berlebihan. Jangan merasa perlu untuk meletakkan semua benda agar terlihat, atau karya seni favorit Anda dan gantungan dinding akan terasa seperti menjulang di atas kepala Anda. Jangan merasa perlu untuk mengisi ruang kosong. Pertimbangkan untuk memindah rak atau koleksi Anda, dan memungkinkan adanya ruang kosong untuk apa yang Anda pajang. Perabot penyimpanan akan membantu Anda juga, membuat benda-benda kecil tersimpan agar tidak bertebaran di meja, meja tulis, atau lantai.

Kebersihan juga sangat penting dalam sebuah apartemen kecil, yang bisa menjadi perangkap besar bagi seorang anak muda di apartemen pertama mereka. Temukan sebuah ruang untuk semua benda lebih dulu, dan pastikan bahwa benda-benda itu diletakkan kembali pada tempatnya!

Beberapa Kata Terakhir

Dengan sedikit kreativitas, sebuah rumah atau apartemen kecil bisa menjadi rumah yang indah dan nyaman. Sangat mudah untuk menampilkan kepribadian Anda di sebuah ruangan kecil, khususnya ketika biaya sewa yang lebih rendah menghemat uang Anda.

Jangan takut dengan rumah yang efisien, karena yang diperlukan adalah sejumput kreativitas dan pemikiran. Siapa tahu? Mungkin rumah impian Anda akan berubah menjadi rumah yang lebih kecil dari yang Anda kira!

GRATIS Panduan Dasar KPR

2 Responses

  1. dakomi

    Kalo ngomongin KPR ada baiknya juga cek Appraisalnya bagus apa gaknya

    karena ada beberapa bank ngasi “bunga rendah” ya walaupun bunga rendah itu soso menurut saya

    ada baiknya ngeliat dari aspek appraisal yang bagus 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!