≡ Menu

KPR BTN: Bunga Bersaing, Jangkauan Luas dan Tenor Panjang

Mungkin bagi sebagian orang, KPR BTN (Bank Tabungan Negara) dianggap hanya untuk rumah – rumah ukuran kecil, atau sekarang disebut rumah sederhana. Bukan hal yang 100% salah karena memang BTN paling banyak membiayai rumah – rumah skala kecil, bahkan sampai muncul istilah rumah BTN.

Namun, KPR BTN sebenarnya lebih dari itu. Punya fitur yang lebih unggul dibandingkan bank lain. Mari kita lihat. Mungkin cocok dengan kebutuhan KPR yang sedang Anda cari saat ini.

Dapatkan GRATIS Panduan Mengambil KPRklik disini.

Jaringan KPR BTN Terluas

Bisa dipastikan bahwa BTN memilik jaringan KPR yang paling luas. Menurut situs bank ini, jumlah jaringan mencapai 820 outlets per Juni 2013. Tersebar di semua propinsi, dari Aceh sampai Papua.

Beberapa teman yang memiliki bisnis properti di daerah pelosok sangat mengandalkan KPR BTN dalam pembiayaan pembelian rumah – rumah mereka. Beberapa alasan yang mereka sampaikan.

Pertama, KPR BTN bisa dengan mudah ditemukan, bahkan sampai di pelosok kota – kota kecil. Sementara, bank – bank lain biasanya tidak memiliki perwakilan KPR di kota – kota kecil tersebut.

Lho, bukannya beberapa bank punya jaringan kantor cabang yang lebih luas dari BTN. Betul bahwa jaringan kantor cabang mereka lebih luas. Tetapi, tidak semua kantor cabang tersebut memiliki perwakilan yang menangani KPR. Akibatnya, KPR harus dikirimkan ke kantor wilayah yang memakan waktu lebih lama dan biasanya birokrasi menjadi lebih panjang.

Dengan adanya perwakilan BTN di kota tersebut, proses pengajuan pinjaman menjadi lebih cepat dan komunikasi lebih mudah. Tidak perlu pengiriman aplikasi dari awal ke kantor wilayah. Pengiriman ke kantor wilayah tetap bisa terjadi, namun untuk kepentingan proses lebih lanjut, yaitu persetujuan kredit diatas nilai tertentu, atau jika terjadi penyimpangan yang perlu persetujuan pejabat lebih tinggi.

Kedua, karena KPR BTN punya perwakilan di kota tersebut, kantor ini memiliki local knowledge mengenai kondisi di daerah tersebut. Tidak jarang ditemukan  kondisi yang berbeda di kota – kota tertentu, yang membutuhkan penanganan yang berbeda. Dalam kondisi ini local knowledge menjadi penting untuk memahami kondisi tersebut dan mempercepat proses pengurusan.

Kalau tidak ada kantor perwakilan dan penanganan aplikasi dilakukan di tingkat wilayah, local knowledge menjadi terbatas. Pengalaman teman – teman di daerah,  keterbatasan local knowledge membuat aplikasi lebih cenderung ditolak, terutama jika terdapat hal – hal yang spesifik di wilayah tersebut yang  membutuhkan dispensasi kebijakan.

Jangka Waktu KPR BTN Terpanjang

Jangka waktu kredit adalah faktor yang penting dalam KPR. Kenapa? Tidak layaknya seperti kredit mobil atau kredit konsumsi yang digunakan untuk membeli barang yang nilainya cepat terdepresiasi, nilai aset properti yang dibiayai oleh KPR cenderung meningkat setiap tahun. Aset properti mengalami apresiasi.

Ini wajar, sesuai dengan ungkapan bahwa tanah di dunia ini tidak mungkin bertambah lagi, sementara demand terus meningkat (kenaikkan jumlah penduduk), sehingga nilai aset pasti naik.

Dengan nilai properti yang seperti itu, financial planning menyarankan jangka waktu kredit rumah dilakukan sepanjang mungkin. Apa tidak khawatir?Seandainya menunggak pun, hasil penjualan aset diperkirakan masih lebih tinggi dibandingkan jumlah hutang, sehingga debitur tidak akan rugi.

Begitu teorinya kenapa jangka waktu KPR sebaiknya lama, selain karena bertujuan menurunkan beban cicilan bulanan.

Nah, masalahnya jangka waktu pinjaman KPR di Indonesia dianggap masih belum optimal, maksimum hanya 20 tahun. Ini dibawah jangka waktu yang umum terjadi luar negeri di ekonomi lebih maju, yaitu jangka waktu KPR bisa sampai 30 tahun.

KPR BTN berbeda dengan yang lain.

Jangka waktu kredit bisa mencapai 25 tahun. Mereka adalah bank dengan penawaran tenor KPR terlama.

Dengan begini, pengambilan KPR bisa lebih optimal dan lebih menguntungkan bagi debitur.

Suku Bunga KPR BTN

Berapa bunga KPR BTN? Bunga dibedakan berdasarkan rumah baru dan rumah lama. Rumah baru punya bunga yang lebih rendah di 8.49%, sementara rumah lama 9.75% per tahun untuk bunga tetap di tahun pertama. Bunga mengambang baru saja naik ke 12.5% dari sebelumnya di 11.5% setahun. Selengkapnya bisa dilihat di tabel ‘Bunga KPR BTN Sept 2013’.

KPR BTN

Namun, definisi rumah baru dan rumah lama perlu diperhatikan. Yang masuk kategori rumah baru adalah pembelian dari developer yang sudah bekerjasama dengan BTN. Pembelian rumah dari pihak lain, bisa developer atau individual, yang  tidak memiliki kerjasama dengan BTN akan dianggap sebagai rumah lama dengan bunga lebih tinggi.

Jadi, kalau beli rumah baru dari developer yang tidak ada kerjasama dengan BTN, maka KPR menggunakan bunga rumah bekas yang lebih besar.

Pilihan masa bunga tetap hanya ada 1 tahun. Setelah 1 tahun, bunga akan kembali ke bunga mengambang. Ini pilihan yang cukup terbatas karena jika dilihat di beberapa bank lain, masa bunga tetap bervariasi dari 1, 2, 3 sampai 5 tahun lamanya.

KPR Bersubsidi Melalui KPR BTN

Satu keunggulan lain adalah penyaluran KPR bersubsidi dilakukan melalui BTN. Kalau ingin mengambil KPR dengan bunga murah yang disubsidi pemerintah, proses pengajuan melalui BTN.

Program ini disebut KPR BTN Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Keuntungan utamanya adalah bunga tetap 7.25% sampai masa kredit selesai (maksimum 15 tahun) dan uang muka minimal di 10%.

Tingkat bunga subsidi ini  boleh dikatakan sangat rendah.  Bandingkan dengan kondisi bunga KPR saat ini yang rata – rata di kisaran 8-9% lebih untuk bunga tetap. Itupun bunga tetap dibatasi hanya di 1 – 2 tahun pertama saja.

Tentu saja, sejumlah persyaratan ditetapkan guna memastikan KPR bersubsidi disalurkan tepat sasaran ke golongan kurang mampu. Misalnya, syarat adalah pengajuan hanya bagi orang dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta dan pembelian rumah harga dibawah Rp 100 juta.

Kelihatan bahwa KPR BTN, yang selama ini dianggap hanya untuk rumah sederhana, memiliki sejumlah keunggulan. Silahkan dimanfaatkan keunggulan tersebut jika dirasa sesuai dengan kebutuhaan akan pendanaan untuk pembelian rumah atau aset properti yang lain.

Artikel lain soal Rencana Keuangan:

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Read previous post:
Over Kredit Rumah, Apa Untung dan Ruginya

Over kredit rumah dipandang sebagai salah satu solusi menghadapi naiknya bunga KPR. Dikarenakan bisa menurunkan tingginya bunga. Namun, perlu paham...

Close