SUKUK Ritel, Investasi Aman, Return Bagus, Cukup 5juta untuk Keuangan Keluarga

  • September 2, 2016

Kebutuhan para keluarga adalah mencari investasi yang aman, return-nya lumayan, namun syarat investasinya terjangkau. Banyak instrumen bagus di pasaran, tapi mensyaratkan jumlah investasi yang tinggi. Kendala ini dijawab oleh SUKUK Ritel karena cukup 5 juta sudah bisa investasi di instrumen ini.

Tidak mudah buat para keluarga muda mencari instrumen investasi untuk dana pendidikan anak yang cocok dengan kondisi keuangan mereka. Karena terbatasnya dana investasi.

Mereka masih di tahap awal siklus keuangan keluarga. Baru menikah, punya anak dan karir di pekerjaan atau usaha sedang berkembang. Kondisi keuangan rata-rata cukup ketat sehingga tidak mungkin menempatkan dana investasi dalam jumlah besar.

Keluarga ini bukannya tidak sadar pentingnya investasi. Mereka sangat sadar, sangat melek keuangan, tapi karena penghasilan yang masih terbatas.

Apa instrumen yang cocok untuk keluarga ini ?

SUKUK Ritel bisa jadi pilihan utama karena Aman, lalu memberikan Return Diatas Deposito dan Cukup Investasi mulai 5 juta.

SUKUK adalah Surat Berharga Berbasis Syariah yang Diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia. Instrumen ini memberikan bunga, disebut kupon, yang jumlahnya tetap dan dibayarkan tiap bulan kepada pembelinya.

Disebut sebagai Sukuk Ritel karena bisa dijual kepada investor individu dengan pembelian minimal Rp 5 juta. Pembelian juga sangat mudah karena bisa dibeli lewat bank sebagai Agen Penjual.

Baca jugaReksadana Terproteksi, Investasi Aman dan Return Diatas Deposito

Keuntungan

Banyak keuntungan dari pembelian SUKUK Ritel, sebagai berikut:

#1 Return Diatas Deposito

Return yang diberikan Sukuk Ritel cukup menarik, lebih tinggi daripada bunga deposito bank umum nasional. Imbalannya sekitar 8.3% setahun, lebih tinggi dari deposito yang 6%.

Membeli Sukuk Ritel sangat mudah. Calon investor dapat membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah.

Hampir seluruh bank besar, baik nasional maupun asing, bank syariah, dan perusahaan sekuritas yang kredibel, telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dapat membeli Sukuk Ritel.

#2 Berbasis Syariah

Sukuk Ritel adalah surat pernyataan kepemilikan terhadap Aset SBSN yang diterbitkan sesuai fatwa Ijarah Asset to be Leased dan mendapat opini syariah dari DSN-MUI.

Sukuk Ritel bukan pernyataan utang namun mencerminkan bukti kepemilikan terhadap Aset SBSN (underlying asset) yang disewakan/akan disewakan. Investor Sukuk Ritel akan menerima ujrah atau uang sewa dalam jumlah tetap secara berkala dari transaksi tersebut.

#3 Bisa Dicairkan Lebih Cepat, Bisa Jadi Jaminan

Bagaimana jika ingin mencairkan ? Karena secara ketentuan jangka waktu investasi pada Sukuk Ritel adalah selama tiga tahun, dimana pada akhir periode, investor akan kembali menerima pokok pembeliannya.

Untuk mencairkan lebih awal dari jatuh tempo, itu bisa dilakukan.

Investor harus menjual Sukuk Ritel di pasar sekunder dengan harga pasar. Pasar sekunder ini bisa diakses via agen penjual atau sekuritas.

Selain itu, jika membutuhkan dana, Sukuk ini dapat dijaminkan. Agen Penjual Sukuk Ritel menyediakan fasilitas dimana investor dapat menjaminkan Sukuk Ritel jika memerlukan likuiditas sebelum jatuh tempo.

#4 Cukup Investasi 5 Juta Rupiah

Untuk keluarga yang dananya terbatas, Sukuk Ritel bisa jadi solusi. Investasi di Sukuk Ritel sudah bisa dari Rp 5 juta.

Cukup investasi awal Rp5 juta. Selanjutnya berlaku kelipatan dan maksimal investasi Rp5 miliar.

#5 Hasil Dibayar Tiap Bulan dengan Pajak Lebih Rendah dari Deposito

Hasilnya Sukuk adalah tetap dan dibayarkan setiap bulan. Imbalan Sukuk Ritel dibayar dalam jumlah tetap setiap bulan hingga jatuh tempo.

Pajak lebih rendah. Imbalan Sukuk Ritel dikenakan pajak 15%, lebih rendah dibandingkan pajak terhadap bunga deposito 20%.

Baca juga: Memulai Usaha dengan Pinjaman Bank, Asalkan Penuhi Syarat ini

Apa Resikonya

Dalam setiap investasi, penting kita pahami resikonya. Apa resiko Sukuk Ritel ?

Resikonya hampir tidak ada. Karena Sukuk Ritel adalah investasi yang dijamin oleh Pemerintah.

Jadi, bisa disimpukan ini adalah instrumen yang sangat aman karena pemerintah dibelakangnya. Hampir sama keamanannya dengan deposito.

Baca juga: KTA Bank Online

Kesimpulan

Mayoritas keluarga mengandalkan tabungan dan deposito sebagai instrumen untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Namun, nyatanya ini bukan pilihan karena bunganya super-mini sehingga tidak akan cukup mencapai tujuan keuangan keluarga.

Nah, Sukuk Ritel bisa menjadi alternatif yang menarik karena menawarkan imbalan yang lebih tinggi dari deposito tetapi tingkat keamannya hampir sama dengan deposito.

Kenapa tidak dicoba ?

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.