BPJS Kesehatan:  Tanya dan Jawab Hal – Hal Penting (Bagian ke 2)

  • February 9, 2015

Ini adalah bagian ke DUA dari Tanya Jawab BPJS Kesehatan Bagian 1. Perlu ditekankan bahwa ini bukan situs resmi dari BPJS Kesehatan. Tetapi, jawaban-jawaban dikumpulkan dari sumber-sumber resmi. 

Tujuannya supaya kita semua bisa belajar dan berbagi bersama. Selamat Membaca!

Bagaimana jika Menunggak Iuran ?

Keterlambatan pembayaran lunas iuran jaminan kesehatan sebagaimana dimaksud, dikenakan denda administratif 2% (dua persen) per bulan dari total iuran yang tertunggak dan ditanggung pemberi kerja.

Keterlambatan pembayaran Iuran lebih dari 6 (enam) bulan, maka pelayanan kesehatan dihentikan sementara.

Besarnya Iuran berlaku sampai kapan?

Besaran iuran jaminan kesehatan ditinjau paling lama 2 (dua) tahun sekali yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden.

Bagaimana Mengakses Manfaat BPJS ?

Manfaat dapat diakses melalui fasilitas kesehatan milik pemerintah atau swasta yang menjalin KERJASAMA dengan BPJS Kesehatan.

Bagaimana Pola Pelayanan  BPJS Kesehatan?

Pola pemberian pelayanan kesehatan yang oleh BPJS Kesehatan adalah pola rujukan berjenjang. Pola rujukan berjenjang adalah pola pemberian layanan kesehatan dimana pelayanan primer diberikan oleh PPK tingkat I, namun apabila diperlukan rujukan spesialistik akan dirujuk ke PPK lanjutan.

Anda tidak diperkenankan langsung berobat ke Rumah Sakit tanpa membawa rujukan. Ini dimaksudkan agar tidak ada penumpukan pasien di Rumah Sakit. Karena untuk penyakit ringan bisa diselesaikan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Bagaimana Syarat Layanan di Rumah Sakit?

Jika ingin menggunakan fasilitas kesehatan lanjutan, yaitu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buat Surat Rujukan. Anda harus memiliki surat rujukan dari penyedia fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera di kartu seperti Puskesmas, klinik maupun dokter yang telah dipilih. Pihak Puskesmas, klinik maupun dokter tersebut akan memberikan surat rujukan ke Rumah Sakit apabila pasien memerlukan penanganan lebih lanjut.
  • Siapkan Dokumen Persiapkan dokumen-dokumen untuk berobat sebelum berangkat ke Rumah Sakit tujuan antara lain: 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga; 1 lembar fotokopi KTP; 1 lembar fotokopi kartu BPJS Kesehatan; 1 lembar fotokopi Surat Rujukan dan Kartu BPJS Kesehatan asli
  • Datang Lebih Awal. Biasanya Rumah Sakit yang Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan memiliki banyak pasien. Datang lebih pagi agar mendapat nomor antrean awal. Sabar menunggu sampai nomor antrean Anda dipanggil.
  • Pasien Gawat Darurat. Untuk kondisi gawat darurat pasien BPJS Kesehatan dapat langsung menuju Rumah Sakit tanpa perlu menggunakan surat rujukan dari klinik kesehatan tingkat pertama.
  • Biaya Tanggungan Pasien. Meskipun telah menjadi peserta BPJS Kesehatan, namun ada kalanya Anda tetap membayar sejumlah uang. Ada jenis obat-obatan yang tidak tertanggung dalam BPJS Kesehatan. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya tambahan bila rawat inap di atas kelas yang tertera pada kartu. Misalnya Anda terdaftar sebagai pasien kelas II, namun karena berbagai hal Anda akhirnya dirawat di kelas I, selisih biaya tersebut yang harus Anda tanggung. Namun demikian biaya yang dikeluarkan relatif kecil bila dibandingkan jika Anda tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Apa Fasilitas kesehatan Kerjasama dengan BPJS Kesehatan ?

  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama: Puskemas, Fasilitas Kesehatan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Polisi Republik Indonesia (POLRI), Praktek Dokter Umum / Klinik Umum, terdiri dari Praktek Dokter Umum Perseorangan, Praktek Dokter Umum Bersama, Klinik Dokter Umum / Klinik 24 Jam, Praktek Dokter Gigi, Klinik Pratama, RS Pratama.
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan: Rumah Sakit, terdiri dari RS Umum (RSU), RS Umum Pemerintah Pusat (RSUP), RS Umum Pemerintah Daerah (RSUD), RS Umum TNI, RS Umum Bhayangkara (POLRI), RS Umum Swasta, RS Khusus, RS Khusus Jantung (Kardiovaskular), RS Khusus Kanker (Onkologi), RS Khusus Paru, RS Khusus Mata, RS Khusus Bersalin, RS Khusus Kusta, RS Khusus Jiwa, RS Khusus Lain yang telah terakreditasi, RS Bergerak dan RS Lapangan.

Bagaimana fasilitas kesehatan tingkat pertama?

  1. Untuk pertama kali setiap peserta terdaftar pada satu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan kabupaten/kota setempat
  2. Dalam jangka waktu paling sedikit 3 (tiga) bulan selanjutnya peserta berhak memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama yang diinginkan
  3. Peserta harus memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat peserta terdaftar, kecuali berada di luar wilayah fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat peserta terdaftar, atau dalam keadaan kegawatdaruratan medis

Catatan: Peserta dapat memilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sesuai dengan alamat domisili terakhir (tidak harus sama dengan alamat pada KTP Peserta).

Bagaimana Jika Peserta Terdaftar di Luar Wilayah ?

Untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat tujuan, maka peserta wajib membawa surat pengantar dari Kantor BPJS Kesehatan tujuan.

Apaa Manfaat yang Diperoleh ?

  1. pelayanan kesehatan pertama, yaitu Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) dan Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP)
  2. pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) dan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL)
  3. pelayanan persalinan
  4. pelayanan gawat darurat
  5. pelayanan ambulan bagi pasien rujukan dengan kondisi tertentu antar fasilitas kesehatan
  6. pemberian kompensasi khusus bagi peserta di wilayah tidak tersedia fasilitas kesehatan memenuhi syarat

Pelayanan promotif dan preventif 

  1. Penyuluhan kesehatan perseorangan
  2. Imunisasi dasar – Baccile Calmett Guerin (BCG), Difteri Pertusis Tetanus dan Hepatitis-B (DOT-HB), Polio dan Campak.
  3. Keluarga Berencana (konseling, kontrasepsi dasar, vasektomi dan tubektomi) dan skrining kesehatan (Pelayanan diberikan secara selektif yang ditujukan untuk mendeteksi resiko penyakit dan mencegah dampak lanjutan dari resiko penyakit tertentu).

panduan bpjs

Apakah Persalinan Dijamin ?

Persalinan yang ditanggung adalah persalinan sampai dengan anak ketiga, tanpa melihat anak hidup/meninggal.

Apa Manfaat Pelayanan Gigi ?

Pelayanan Gigi dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, yang terdiri dari:

  1. administrasi pelayanan, meliputi biaya administrasi pendaftaran peserta untuk berobat, penyediaan dan pemberian surat rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan untuk penyakit yang tidak dapat ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama
  2. pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasimedis
  3. premedikasi
  4. kegawatdaruratan oro-dental
  5. pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi)
  6. pencabutan gigi permanen tanpa penyulit
  7. obat pasca ekstraksi
  8. tumpatan komposit/GIC
  9. skeling gigi (1x dalam setahun)

Apa Pelayanan Tidak Dijamin?

Ingin tahu pelayanan yang tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan, silahkan simak di Tanya Jawab bagian ke 3. Klik Disini.

Update:

Perhatian ketentuan terbaru mengenai Iuran, Sanksi dan Denda terkait keterlambatan membayar Iuran BPJS Kesehatan. Simak disini.

GRATIS Konsultasi Premi Asuransi

481 Responses

    • Nurhandayani

      Faskes bpjs sy cilandak timur sesuai ktp jaksel suami sy PNS tp krn sy tugas di jakut klau sakit rs yg dekat di jakut , tp selalu ditolak berobat dipuskesmas krn faskesnya cilandak ntuk minta surat rujukan jg ditolak mohon penjelasan mslh ini

      Reply
      • admin

        Nurhandayani,

        Yang saya tahu, proses di BPJS harus dimulai di Faskes I yang tercantum di kartu, kecuali gawat darurat.

        salam

      • khalil

        saya di kelas rawat 1, Gimana caranya pindah rujukan, dari pukesmas ke klinik terdekat,
        karena pukesmas jauh dari rumah saya dan pelayanannya kurang sopan.

      • admin

        Rujukan diberikan oleh Faskes 1. Jika ingin dirubah sepertinya harus bicara dengan faskes 1.

    • Zulfan

      Klu orang tua yang kita jamin iuranx dan telah meninggal dunia lebih dari 14 hari apa kita tetap lapor k bpjs,gma iuranx apa sy setop atau bagaimana

      Reply
      • cucu

        Sy m tnya dong knp kartu bpjs pnya bapa sy bulan maret 2016 tidak bs dbyarkan pdahal bulan februarinya bisa, sedangkan pnya ibu sy bisa d byrkan pdahal bikin kartunya bareng , kira2 knp y?

    • erni

      Saya mau tanya….saya peserta bpjs di jakarta tp skrg tinggal di daerah cibinong,iuran tidak saya byarkan selama 1 tahun,apakah kartu bpjs msh bs aktif? Bila sudah tdk aktif,bgm cara mengaktifkannya kembali? Dan apakah bs di pakai di cibinong? Terima kasiah

      Reply
      • admin

        Erni,

        Jika menunggak 6 bulan, otomatis kartu berhenti. Harus mengurus kembali ke kantor BPJS.

        salam

    • riska

      Saya mau tanya..tadi saya memBayar bpjs 26.010 tp saya malah membayar 25.500..
      bagaimana cara membayar kekurangannya yg kurang 510 rupiah

      Reply
      • Soleh Fadillah

        itu denda keterlambatan ya? biasanya akan di akumulasikan di bulan berikutnya. tidak apa-apa, kartu masih aktif koq.

    • arie

      saya pengguna BPJS Kesehatan Mandiri.,. sudah 3 bulan tidak bayar kemarin tanggal 20 Agustus 2015 sudah saya bayar semuanya., tapi di dalam pengecekkan online belum tertera.,., bagaimana, apakah sudah masuk ke BPJS nya????

      Reply
    • Diah Intarni

      bagaimana ya cara menonaktifin bpjs karyawan yang sudah tidak berkerja di prusahan yang terdaftar, apa bisa datang langsung kekantor bpjs atau harus diurus oleh pihak prusahaan?
      kalo diurus oleh pihak prusahaan persyaratan yang harus dibawa apa saja?
      Terimakasih

      Reply
      • admin

        Diah,

        Yang saya tahu, perusahaan tidak membayar iuran dan memberitahu BPJS soal peserta yang sudah berhenti tersebut.

        salam

    • NONAME

      SAYA MAU TANYA, KALO UNTUK PENERIMA BANTUAN YANG SUDAH TERDAFTAR DI BPJS, TAPI KARTUNYA BELUM JUGA TERCETAK BAGAIMANA? SEDANGKAN KALAU INGIN DAFTAR BARU SUDAH TIDAK BISA KARNA SUDAH TERDAFTAR.

      Reply
    • ero

      Dear Min,
      Mau nanya nih terkait COB, sebelumnya saya punya asuransi swasta dan sekarang ikut BPJS juga, masalahnya ternyata ditempat saya tinggal RS pemerintah tidak kerjasama dengan askom saya dan RS Swasta sebaliknya belum kerjasama juga dengan BPJS, nah jika saya berobat dengan BPJSK ke RS Pemerintah apakah bisa di klaim ke askom saya? karena info yang saya denger RS Pemerintah tidak mengeluarkan kwitansi rincian pengobatannya.
      thanks.

      Reply
      • admin

        Ero,

        Setahu saya, COB belum bisa dijalan sepenuhnya. Tapi silahkan ditanyakan ke pihak asuransi langsung.

        salam

    • khadiman

      asalammungalaeku ibu/bapak bpjs; perusahaanku tempatku kerja kan udah tutup bisakah aku cairkan hak pekerja di cair kan di kampung halaman kalao gimana caranya dan gimana poseddurnya trmksh

      Reply
    • Noni

      Mau nanya, jangka waktu penggunaan kembali kartu bpjs untuk operasi sedang brp bulan ya atau ada biaya tambahan lainnya? Bln ini tgl 8 sy baru saja melakukan operasi sedang, hendak melakukan operasi kedua. Terimakasih

      Reply
    • SANJAYA

      Assalamualaikum,
      saya mau tanya pak, kalau rujukan BPJS ke RS yg mahal apakah tambahan biayanya akan lebih besar dibanding ke RS yg murah, atau sama saja?

      Terima kasih

      Reply
    • rachmadi hartanto

      saya peserta BPJS kesehatan kelas II,dan saya ingin bertanya apakah BPJS bisa untuk konsultasi dokter anak,karena anak saya umur 2,8 th agak terlambat bicara nya apakah ini bisa di cover dengan BPJS.Saya sekeluarga terdaftar di salah satu klinik tetapi belum ada dokter anak nya yg ada hanya dokter umum.tolong info nya cukup sekian dan terima kasih.

      Reply
      • admin

        Rachmadi,

        Silahkan konsultasi ke Faskes I. Disana Anda bisa mendapatkan penjelasan. Selama diberi rujukan oleh Faskes I, BPJS akan mengganti.

        salam

    • rani

      Saya ingin cek kesehatan saja soalnya ada beberapa keluhan,apa bisa langsung cek kesehatan ke RSUD,?

      Reply
      • admin

        Rani,

        Harus ke Faskes I dulu. Baiknya Anda baca dulu prosedur menggunakan BPJS yang banyak dibahas dalam blog ini.

        salam

      • mamahkia

        bisa pakai BPJS tapi kalau alasan medis (ada rekomendasi dokter) harus pasang gigi palsu, atau jika dokter menyatakan kalau saudara tidak menggunakan gigi palsu maka akan ada masalah kesehatan lain yang terganggu, itu bisa menggunakan BPJS.

        salam

    • arin

      Salaam.
      Saya mau tanya
      Kalau misalkan bulan Ini belum byr Tagihan.sudh lewat tanggal 10..apkh kartu lgsung tidak bisa dipkai untuk berobat?
      Misalkan tidak bisa..lalu kita bayar dhulu sblm brobat n ingin pakai krtuny lgsung..bisakah? Atau ad tenggat waktunya baru bisa dipakai brobat?

      Reply
      • admin

        Arin,

        Lunasi dulu tagihan peserta. BPJS tidak ada sistem klaim. Bukan seperti asuransi.

        salam

    • Devi

      Saya peserta askes dr depkes apakah bs di naikan kelas mis kelas 3 ke kelas 1 dengan menambah pembayaran tiap blnnya? Tks

      Reply
    • ratih

      selamat siang, apa saya boleh tanya untuk penderita hernia di malang jawa timur selama tahun 2015 berapa ? untuk kepentingan pembuatan skripsi. terimakasih. mohon bantuannya

      Reply
    • nuraeni

      Saya mau tanya dafatar bpjs pake ktp sementara bisa ga soal nya ktp nya blum jadi

      Reply
    • faruq

      Bagaimana cara mengaktifkan kembali bpjs yang sudah telat membeyar selama lebih dari 6 bulan dan apa saja persyaratannya?

      Reply
    • juli

      saya sudah suami istri .. dan istri saya skarang sdang mengandung .bisakah saya buat bpjs .namun memakai kk orang tua si istri ..karna dya blum masuk kk saya .. dikarnakan proses pembuatan e ktp yg lama

      Reply
    • dhynie

      pak mau tanya donk klo bpjs dari pabrik bsa d lnjut ga soalnya saya udah kluar dari pabrik

      Reply
      • mamahkia

        BISA, datang saja ke kantor BPJS Kesehatan, tunjukan kartu BPJS, nanti akan dipandu oleh tim BPJS memilih kelas berapa yang akan diambil untuk melanjutkan BPJS tersebut.

        salam

    • agustina

      saya telah membayar iuran bpjs mandiri (pribadi) pada tanggal 09-12-2015, saya pindah perusahaan yang lain dan ingin melanjutkan iuran pada perusahaan tsb, yang saya ingin tanyakan:
      1. seharusnya iuran bulan januari 2016 yang dibayarkan, apakah mungkin bisa dibayar pada bulan desember 2015 untuk iuran januari 2016?
      2. periode pembayaran mulai terhitung tanggal berapa sampai dengan masa periode itu sendiri
      misal tgl 9-12-2015 bisa dibayarkan kembali tgl 25-12-2015?.

      terima kasih

      Reply
    • anita

      Pak mohon pencerahaannya dan bantu cari solusinya.saya terdaftar anggota bpjs kelas 2 dibekasi.karna kendala keuangan dmn sy uda tidak bekerja,dan usaha suamiku mendapat musibah kebakaran menyebabkan saya tidak membayar tagihan hingga 6bln.kemudian saya pindah keja ikutsuami.dan saat ini suami blum bekerja dan kami mwnumpang pd ortu suami.saya ingin tetep meneruskan bpjs dan ingin pindah kelas 3.tapi saya tidak sanggup membayar tunggakan 6bln tersebut.mengingat anggota keluarga 5orang.adakah solusi kwringan dari bpjs untuk msalah saya

      Reply
      • Dewi Sofrina

        Saya peserta BPJS mandiri, dari tahun 2014, dua bulan ini saya belum bisa membayar iuran BPJS karna banyak pengeluaran setelah akhir tahun pelajaran. Kemarin saya divonis sakit usus buntu, tapi saya belum bisa melakukan operasi karna kartu BPJS saya non aktif. Pada saat saya mau bayar di Agen Pospay tertulis respond ” No. Identitas tidak dikenal ” apa maksudnya ? padahal saya sering bayar lewat Pospay tersebut.

    • heru

      Saya mau tanya jika baru 1 kali periksa difaskes dan seterusnya dibidan apakah bisa minta surat rujukan ke faskes yg pernah saya datangi, masalahnya istri saya sudah ingin di sc karna kondisi bayi tak memunginkan lahir normal..terima kasih

      Reply
    • ifhannurfadillah

      Bisa gak ya bikin bpjs kesehatan baru tapi pake rekening orangnya sudah meninggal

      Reply
    • Sally Posundu

      Saya menjadi anggota BPJS Kesehatan Mandiri sejak Juli 2015 kemudian mendapat pekerjaan dan di tempat saya bekerja mendaftarkan saya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apakah saya harus tetap membayar BPJS Kesehatan saya rutin setiap bulan atau itu sudah otomatis terbayar bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang dibayar dari potongan tiap bulan gaji saya oleh pihak Perusahaan?

      Reply
      • admin

        Sally, gampangnya Anda dapat kartu BPJS tidak. Kalau tidak dapat kartu berarti belum jadi anggota BPJS. salam

    • siti

      Untuk bpjs mandiri bolehkah berhenti membayar premi setelah mendapat bpjs yg ditanggung perusahaan?

      Reply
    • Talka

      Kami sekeluarga peserta bpjs kesehatan dan daftar di DKI Jakarta,
      Kenapa kartu bpjs kami tidak bisa dipakai diwilayah lain (kab Pandeglang)
      Petugas kesehatan setempat tidak bisa menerima kami dan di haruskan mutasi terlebih dahulu ke pandeglang
      Jadi kami mohon penjelasan apakah prosedurnya harus begitu. Dan apakah hanya bisadigunakan di wilayah dki jakarta
      Dan apa manfaatnya bagi keluarga kami masuk bpjs kalau tidak bisa dipakai didaerah lain dan kemana dana iuran kami
      Terima kasih
      Talka

      Reply
      • admin

        Talka, Faskes I kartu Anda dimana lokasinya? Anda harus berobat di Faskes I yang tercantum di kartu BPJS. salam

    • elias

      Pasien BPJS datang dgn membawa surat permintaan rongent dari rumah sakit A sampai diloket pendaftaraan rumah saki B pasien tersebut dimintai surat rujukan dari yankes fase 1. namun pasien tersebut tdk memilikinya, dan petugas loket menyarankan agar dapat dilayani tetapi dikenakan sebagai pasien swasta.

      Reply
    • irfan

      Apa kah bole periksa ke tempat lain selain di ajukan di tempat yg tertulis di bpjs

      Reply
    • purnama

      Mau tanya nih kalo bpjs perseorang .apakah bisa di cair kan atau tidak ?

      Reply
    • Fredy dwi cahyo

      Kalau BPJS kita terdaftar di puskesmas kec.cengkareng, jkt lalu kita ada di serang Kota dan mw berobat ke puskesmas atw klinik terdekat yg bekerjasama dgn BPJS, apakah bisa?

      Reply
    • batara

      Faskes saya di cibinong bogor dan akan masuk rumah sakit cipto karena keterbatasan alat…tetapi puskesmas cibinong tidak mau memberikan dengan alasan diluar wilayah….mohon petunjuk….

      Reply
    • saagus susanti

      saya sudah terdaftar sebagai peserta bpjs kesehatan diperusahaan saya, perusahaan tempat suami saya bekerja juga akan mendaftarkan suami ke bpjs kesehatan, apakah bpjs kesehatan saya harus di nonaktifkan terlebih dahulu agar dapat ikut ke dalam bpjs suami, mengingat iuran bpjs suami saya kelas 1? terima kasih

      Reply
    • Adam

      mau tanya pak, saya sudah mendaftar BPJS Kesehatan via online dan mendapat Virtual Account melalui email dengan tanggal pembayaran ditentukan maksimal sampai 7 juli 2016 untuk aktifasi, tetapi saya lupa untuk membayar hingga tanggal 9 juli 2016, apakah VA tersebut masih berlaku ataukah saya harus daftar ulang? terima kasih

      Reply
    • eny

      saya pengguna BPJS dan sudah menikah, bulan lalu saya mendaftarkan keluarga saya (orang tua) dimana kk nya ada 3 orang, ayah, Ibu dan adik saya. kartu BPJS sudah di dapatkan. setelah 1 bulan berjalan, pada tanggal 10 kemarin saya bayar iuran pertama. Namun yg saya bayarkan hanya BPJS ayah dan adik saya saja. apakah BPJS ayah dan adik saya tetap bisa digunakan jika hanya membayar untuk 2 BPJS saja?

      Reply
    • kartono

      sya baru bikin bpjs kesehatan tapi saya tiba tiba di kasih kartu KIS dari desa apa yang harus sya lakukan

      Reply
    • Dewi Sofrina

      Saya nunggak bayar iuran BPJS 3 bulan, ketika saya mau bayar di Agen Pospay tempat saya biasa membayar keluar respond ” Nomor Kartu Identitas tidak dikenal ” setelah diulang – ulang beberapa hari jawaban tetap sama, apakah maksud dari pernyataan tersebut ? terima kasih.

      Reply
    • raiaditia

      mau tanya adik saya sakit dbd di rumah sakit dokter slmamet garut saya mau nanya untuk pembelian darah di luar rumasakit apa bisa di clam uang nya apa tida

      Reply
    • Siti rahmayati

      Saya sudah kerja selama 3 tahun tp saya masih karyawan kontrak yg diperpanjang kontrak kerja setahun sekali . Apakah saya berhak mendapatkan bpjs sedangkan saya jg memiliki kartu kjs dari pemerintah

      Reply
    • lina

      assalamualaikum…bgaimna jika pesrta askes yang sudah beralih k BPJS masih dipotong gajinya 2 kali ? pdahal sdh ad bpjsnya

      Reply
    • Wiwin

      Sy mau tanya, kondisi sy sekarang sedang kurang sehat minggu kmarin sy baru keluar ranap tapi harus pergi ke luar kota krna ada kepentingan. Jika sy harus dirawat inap kembali pada saat sy sedang di luar kota, apakah bisa pakai bpjs? Bpjs sy terdaftar di dki jkarta.

      Reply
    • TIa

      siang .. saya mau tanya dong min kalo misal nya status non aktif tapi iuran masi berjalan apakah itu bisa di proses untuk pencairan jamsostek nya?
      trims

      Reply
    • debbie yuni

      kalo saya mau keluar dari bpjs bantuan pemerintah menjadi bpjs mandiri harus lapor ke dinas sosial dan itu butuh waktu berapa lama untuk mengurus perpindahannya?

      Reply
    • maureen

      saya mau tanya dong admin….saya tadinya punya kartu KIS trs dr perusahaan di berhentikan jadi kartu BPJS dgn faskes kelas 2…tp ketika saya berhenti dr perusahaan trsbt kartu saya di non aktifkan…pas saya masuk UGD kartu BPJS saya tdk dapt dipakai dgn alasan krtu non aktif…bagaimana saya mau mengaktif kan kembali ya admin…

      Reply
    • via

      saya dulu adalah peserta kesehatan perusahaan dan saya resing ke perusahaan baru.. dan di perusahaan baru juga ada bpjs sesehatan perusahaan. masalahnya apakah selama iuran bpjs lama saya akan di kenai denda/biaya bila perusahaan lama sudah menonaktifkan id bpjs. kebetulan mau mengurus ke bpjs kesehatan perusahaan yang baru. *** (sekitar 5 bulan saya belum pindahkan status bpjskesehatan corpot). terima kasih

      Reply
    • TRI SIWI IBAR SANTOSO F

      Tanggal 20 juni 2010
      karena keadaan darurat kecelakaan saya dirujuk ke rs swasta yang belum kejasama dengan askes. saya operas patah tulang 6. kaki, tangan, dan kepala. biaya 49 juta lebih. saya menyuruh isteri untuk mengurus klem biaya pengobatan. karena berdasarka petunjuk buku askes pada waktu itu bisa. saya oleh askes magelang disuruh ngurus keaskes kebumen. singkat cerita di askes kebumen minta kwitansi asli. karena sudah dipakai untuk ngurus jasa raharja ya tidak bisa. ya sudah. saya kecewa. apalagi petugas bilang kan sudah dapat jasa raharja. saya berpikir apa pt askes milik jasa raharja? sekarang saya mau nyabut pen saya harus ke rsud kebumen. saya ingin ke RS yang dulu Siaga Medika Banyumas. saya ngga diberi rujukan alias gaboleh kaerna RSUD kebumen katanya sudah mampu. Padal saya lebih manteb ke Siaga Medika.
      Gimanapendapat Bang Admin? Saya jadi kecewa dua kali.

      Reply
    • Yohanes

      Jika pertama bekerja masuk di kelas 2, namun seiring kenaikan gaji menjadi di atas 4 jt, apakah BPJS secara otomatis upgrade kelas 1 atau perusahaan tempat karywan bekerja harus mengajukan kenaikan kelas?
      Serta PEPPRES untuk gaji 4 jt kelas perawatan menjadi kelas 1 , apakag gaji itu termasuk tunjangan tetap atau hanya gaji pokok?

      Terima kasih

      Reply
    • Putra Sigit .W

      saya Putra Sigit .W. Spv. HRD di salah satu Perusahaan di Bantar Gebang, mohon informasi bagaiman cara mengetahui daftar seluruh karyawan dan keluarga karyawan yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan, karena ini penting bagi kami untuk melakukan verifikasi data peserta, mengingat data yag ada di BPJS Kesehatan berbeda dengan Data yang ada di Perusahaan kami.

      Reply
    • Ridhwan Koentoro

      Pada Tgl 22 08 2017 saya berobat di RS dengan BPJS Kesehatan tetapi obat yang telah di resepkan oleh dokter tidak ada, dengan alasan habis…dengan demikian saya harus beli sendiri di Apotik luar dengan uang sendiri…gmana saya cara mengklaim uang saya ke BPJS Kesehatan

      Reply
    • nadran

      sahabat saya terkena tumor di bagian leher (kelenjar getah bening) semua proses dari awal sudah di lakukan. setelah hampir 4 bulan tibalah dia untuk di operasi. Yang tadinya katanya tidak bayar, jadi bayar dengan alasan bayar PA (Pendaftaran Awal). Pihak Manajemen bilang gini “karena kalo PA tidak termasuk BPJS. Kalo mau pindah RS aja yang PA nya sudah masuk BPJS. Bisa tolong di bantu? saya kurang paham

      Reply
  1. sundusiyah

    ass..bu mau tanya,saya da ikutan bpjs secara mandiri sebelum kerja sekarang saya da bekerja di perusahaan saya da bpjs,tapi saya belum terdaftar di perusaah ,yang saya tanyakan apakah saya membayar angsuran sebelum terdaftar atau saya ga bayar angsuran sampai terdaftar,gimana aku bingung harus gimana,,klaw ga bayar angsuran sampai perusahaan terdaftar dgn bpjs saya apa2 ga…maksi

    Reply
    • admin

      Kalau belum tercover BPJS Kesehatan dari kantor, sebaiknya BPJS mandiri diteruskan dulu.

      Reply
  2. aprilia

    mau tanya min. kan sy baru daftar online. tapi belum bayr iuran. masalahnya salah pilih kelas. mau nya kelas 3 tp keliru kelas 1. terus kalo mau pindah ke kls 3 gmn…?????

    Reply
      • sophiati

        Saya tinggal di jakarta timur saya da anak saya belum punya bpjs kesehatan kalau suami saya sudah dapet bpjs kesehatan dari kantor yang buatin.saya mau daftar di jakarta timur tapi kk saya masih kk cianjur bisa gak ya?dan saya mau fakes na juga yg deket rumah d jakarta timur bisa gak?

  3. sukarni

    Admin mau nanya saya berdomisili disamarinda namunabk saya sekarang tinggal di luar profinsi ,apakah anak saya bisa memakai bpjs tersebut dan bagaim anapenggunaanya apakah harus lapor dulu ke kantor bpjs terdkat

    Reply
    • admin

      Dalam kartu BPJS anak Anda, dimana faskes I beliau? Di faskes I tersebut anak harus berobat. Kalau pindah faskes I harus menghubungi kantor BPJS terdekat. Jika sudah 3 bulan, faskes I bisa dirubah.

      Reply
  4. Dwiyanti tuthe

    Ass ,
    Begini bpk/ibu .
    6buln yg lalu ankku mengalami kecelakaan , dan mengalami patah tulang terbuka , dan dihruskan segra dioprsi . Biaya oprsinya 10jt , harga pen . Nah kebetulan sy sudh mnjd peserta bpjs , tp kata doktter klo menunggu bantuan dr bpjs 2-3buln bru kluar dananya , terpaksa sy mngurus jasaraharja. Alhmdullilh pd saat itu jsaraharja memberi kepastian akan cair dananya skitar 1minggu kedepan . Kemudian saya meminjam uang kpd kerabt saya , krn anakku hrus sgra ditangani .
    Nah pertanyaan sya apakh bpjs akan ttp menanggungnya ? Kemarin sy dri mengurus bpjsnya kembli , tp pegawai bpjs dirumh skit tsb menolak berkas sy , ktanya sudh terlambat dan sudh ada jsaraharja yg menanggung , padahal jasaraharja hanya menggung harga pen , sedangkan uang obat2an anakku adlh uang pinjaman semua , saya brhrap kpd bpjs , karena dlu wktu ankku msih drumh skit ada pegawai rumah sakit mendatangi sy dan mengatakan bahwa semua akan di tnggung bpjs yg penting ad kwitansinya . Makanya saya berani meminjam uang , Tpi kenapa berkas saya ditolak ? Apakah krna sudh ada jasa raharja ? Tpi saya rasa jasaraharja dan bpjs tdk ada hubungnnya , karna satu asuransi kesehatan , dan satunya asuransi kecelakaan .
    Mohon solusinya terima kasih.

    Reply
    • admin

      (1) Anda harus menjadi peserta BPJS; (2) Proses pengobatan dan operasi harus dilakukan di fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan BPJS. Tidak bisa, seperti yang Anda lakukan, berobat dulu tanpa ada rujukan atau pengobatan di fasilitas kesehatan BPJS, kemudian biayanya ditagihkan ke BPJS. Anda harus datang dan berobat ke fasilitas kesehatan BPJS yang tercantum di kartu peserta.

      Sebaiknya Anda pahami bagaimana cara kerja dan sistem rujukan BPJS. Bisa baca disini bahan-bahannya.

      Reply
  5. Lestari Pujiastuti

    Ijin bertanya, pabila ingin daftar secara online, tetapi saat akan melakukan registrasi on line, ada keterangan
    “salah satu anggota telah terdaftar, maka untuk melakukan pendaftaran silahkan datang ke kantor bpjs”
    memang ayah,ibu dan adik sy sudah terdaftar via online, tetapi saya belum, saat akan melakukan registrasi, ada keterangan seperti itu.

    Reply
    • admin

      Anda dalam satu KK dengan anggota yang sudah terdaftar BPJS. Urus ke kantor BPJS. Itu ketentuan dari BPJS Kesehatan.

      Reply
      • Arnetty Dama

        sy ingin bertanya ni,??
        Sy ingin membayar tungakan jadi cara membayarnya bagaimana,, dan sy juga ingin mengunakan krtu BPJS,, apa sy harus membayarnya lagi,?? Trimah kasih

  6. Eza

    Mohon izin bertanya, saya adalah peserta BPJS dari perusahaan swasta :
    1. Apakah yang dimaksud Faskes I ?
    2. Bagaimanakah cara berobat jika kita berada dilain provinsi ?
    3. Berapa lamakah kalau kita berubah kelas ?
    4. Terima kasih

    Reply
    • admin

      (1) Lihat di Kartu Anda disitu dicantumkan Faskes I. Setiap berobat dengan BPJS, Anda harus ke Faskes I yang tercantum di Kartu Peserta, kecuali Gawat Darurat
      (2) Hubungi kantor BPJS terdekat yang akan menunjuk Faskes I untuk Anda
      (3) Cek ke kantor BPJS.

      Reply
  7. anggi prabowo

    admin mau tnya . kmarin wktu anak sya bru lahir lgsug sya buat bpjs nya. tapi skrg ada perubahan dengan nama anak saya, jadi nama bpjs dia yg sudah jadi kmaren dgan nama di akte klahiran yg skrg ssudah beda. apakah saya harus membuat bpj yg baru lagi untuk dia ??

    Reply
  8. Dicky Suardi

    Tanya :
    1. Apakah pembayaran bulanan premi BPJS harus dibayar secara manual atau otomatis dipotong oleh bank setiap bulannya?
    2. Jika harus membayar manual, bagaimana kita bisa mengetahui kita masih menunggak atau sedang membayar bulan ke berapa?

    Trimakasih

    Reply
      • Dicky Suardi

        Saya sudah melakukan pembayaran online via bank mandiri, namun setelah cek ke website bpjs di halaman check pembayaran iuran, pembayaran saya belum tercatat. Berapa lama update di website bpjs setelah pembayaran dilakukan?

      • fara

        saya juga tidak bisa check di website resmi. malah muncul data virtual account tidak ditemukan.
        Bagaimana yaa?? soalnya bulan ini terbayar double (manual dan autodebet)

  9. Novika

    Admin mau sharing nih, saya sudah mendaftar di BPJS tapi saya gak tau kalau saya adalah peserta JAMKESMAS, menurut cerita dokter kalau sudah jadi peserta JAMKESMAS tidak perlu lagi mendaftar di BPJS,, tapi sudah terlanjur dan saya juga sudah membayar iuran setiap bulannya selama 10 bulan,, yg mau saya tanya apakah JAMKESMAS saya masih berlaku????

    Reply
  10. Irfan

    Saya mau tanya . Saya terdaftar dalam bpjs kesehatan mandiri tp berhubung saya kerja saya akan dpt bpjs perusahaan . Yg saya tanyakan bagaimana cara mengurusnya . Terimakasih untuk jwbnnya .

    Reply
  11. ratna

    mau tanya kalo ada salah 1 huruf pada kartu bpjs kesehtan itu bagaimana ya?

    Reply
  12. Kaping

    Ass. Admin, saya mau tanya, sebelum saya bekerja saya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan secara mandiri di kelas 3 bersama kedua orangtua saya, lalu saya bekerja dan perusahaan meminta data utk didaftarkan di BPJS Kesehatan bersama perusahaan tempat saya bekerja masuk pada kelas 2.
    Jika saya ingin keluar dr BPJS Keluarga dan ikut ke BPJS Perusahaan, apa langkah yang harus saya lakukan?
    Apkah pihak Perusahaan langsung menenuskan saja atau saya perlu mencabut dulu yang mandiri?
    Mohon jawaban yang jelas, terimakasih. Wass.

    Reply
      • suherman

        Mau tanya saya daftarkan bpjs atas nama orang tua. Tapi saya kelupaan bahkan blm pernah setor ,nah gimana cara ngaktifkan nya lagi..

  13. Soni

    Met’ pagi Pak/Bu. Admin…..
    Mau tanya :
    1. Saya bekerja sbg PNS, bagaimana cara update perubahan golongan kepangkatan dan syarat-syarat apa saja yang harus dilampirkan?
    2. Untuk perubahan data tsb, bisakah secara On line? Dan apabila secara Ofline, apakah bisa diurus disemua kantor cabang BPJS?
    3. Sampai sekarang saya belum menerima kartu BPJS, tapi yang saya gunakan masih kartu Askes. Apakah kartu Askes tsb tetap bisa digunakan atau ada batas waktunya (kadaluwarsa) dan apakah kartu Askes tsb juga berlaku di semua RS yg bekerja sama dengan BPJS ?
    Terima kasih.

    Reply
  14. TRI HARYONO

    APAKAH ORANG TUA KITA YANG DIKAMPUNG (LAMPUNG ) BISA KITA TANGGUNG MELALUI BPJS PERUSAHAAN? SAYA ADALAH ANGGOTA BPJS PERUSAHAAN YANG DIPOTONG DARI GAJI SAYA,
    SELAMA INI ORANG TUA SAYA MEMBUAT BPJS MANDIRI DAN SUDAH SATU TAHUN BERJALAN, PEMBAYARAN TETAP SAYA LAKUKAN MANDIRI MELALUI ATM
    TERIMA KASIH

    Reply
  15. faris waliyuddin labib

    apakah proses approval pendaftaran bpjs harus menunggu waktu yang lama ?
    thx

    Reply
    • admin

      Jujur tidak tahu karena prosesnya dilakukan pihak BPJS dan tidak ada target waktu dalam situs BPJS.

      Reply
  16. ega

    Saya anggota BPJS Mandiri, sekarang tinggal di bogor sedang kartu bpjs saya di jakarta selatan. Saat ini saya sedah hamil tua dan berencana melahirkan di bogor di rumah sakit swasta yang belum bekerja sama secara langsung. pertanyaan saya adalah apakah bisa saya mengklaim biaya persalinan saya. Jika bisa bagaimana perhitungannya? apakah bisa di klaim seluruhnya atau berapa persen dari total biaya yang telah dikeluarkan? saya merupakan anggota bpjs mandiri kelas 1

    Reply
    • admin

      Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan di faskes BPJS. Di BPJS Anda tidak bisa mengklaim biaya seperti itu.

      Reply
  17. Dicky Suardi

    Saya sudah memiliki e-id BPJS, apakah harus ditukarkan dengan kartu id yang normal?
    Adakah perbedaan dalam penggunaannya?

    Trimakasih

    Reply
  18. Ariki

    Saya pernah mendaftarkan karyawan saya di BPJS sebelum bulan january 2015, Saya belum membayar iuran BPJS sampai bulan Maret 2015 dan mendapatkan invoice dari BPJS total invoice bulan february dan bulan maret. Apakah perusahaan saya jika sudah daftar harus membayar tagihan tersebut?

    Reply
  19. subandi

    kalau bisa dari pihak bpjs lebih ketat lagi melakukan pengawasan terhadap rumah sakit2 yang bekerjasama dengan bpjs karena selama ini banyak dari peserta bpjs merasa di rugikan, seringkali saat nebus obat (di apotik)di suruh beli obat sendiri dengan alasan obat tersebut lagi kosong, mohon di tindak lanjuti karena kita bekerjasama dengan bpjs bukan dengan Rumah Sakit

    Reply
  20. irfan lalu

    Sy PNS golongan 3, prtanyaan sy apakah biaya persalinan anak ke 3 masih ditanggung olh BPJS?

    Reply
  21. wachit

    Saya didaftarkan oleh perusahaan saya bpjs kshatan, akan tetapi alamat yg saya pakai alamat KTP,, sedangkan alamat KTP saya jogja, saya tinggal di bekasi,,

    Reply
  22. linda

    kalo udah punya kartu BPJS tapi udah lama gak bayar iuran karna nomer rekeningnya ilang.. gimana ya mengaktifkan kembalinya??

    Reply
  23. ahmad Abubakar

    sy sdh jd peserta BPJS by online, ingin dapat kartu dan pake photo bisa ga ya..?? alamat sy jl Meruya Utara no31 rt001/001 kel Meruya Utara kec Kembamgan Jakarta Barat, sy harus ambil kemana dan apa syarat yg hrs di bawa terima kasih.

    Reply
  24. Asep Surasep

    Numpang tanya Min, 1 tahun yang lalu saudara saya membuat BPJS kemudian beliau memakainya dan kemudian beliau meninggal dunia setelah operasi. tapi hari ini ada telpon kepada istrinya dari BPJS yang menyatakan bahwa tagihan sudah membengkak dan harus segera dibayar. apa yang harus kami lakukan selaku ahli waris beliau, supaya tidak ada tagihan. trimakasih

    Reply
    • admin

      Sebaiknya hubungi kantor BPJS Kesehatan. Harusnya kalau ada bukti surat meninggal dunia bisa minta penghapusan.

      Reply
  25. syamsinar surya

    maaf, sya mau tanya. Apakah d puskesmas ada petugas bpjs yg bekerja atau petugas kesehatan bidang bpjs. Terima kasih.

    Reply
  26. indarwati

    Malam
    Saya mau tanya, saya download aplikasi bpjs trs saya habis membayar tgl 1 april lalu saya cek tagihan april tetep nunggak q pikir itu untuk byr mret lalu hari itu jg q tranfer tapi tetep sama tagihan april tetep nunggak, padahal saya tgl 1 april byr smpe 2, mohon solusinya, apakah uang saya hangus apakah mei saya hrus bayar lagi, soaly april saya bayar 2 kali
    Terima kasih

    Reply
  27. yuli

    Misi numpang tanya…
    Orng tua sya.
    Sudh daftar bpjs nih…
    Tp udh lama ad x 9 bulanan mh ga di bayar2 ke bank..
    Nah kita itucharus daftar lgi apa langsung ajah ke bank nih??

    Reply
    • admin

      Kalau menunggak diatas 6 bulan sepertinya sudah ditutup ya BPJS-nya. Untuk pastinya tanya ke kantor BPJS.

      Reply
  28. Nur Rohim

    Pagi.. Saya mau tanya, saya baru menikah. Dan sudah hamil. Saya mau membuat bpjs. Pertanyaan saya. Saya blm memiliki kartu keluarga yg jadi 1 nama dgn suami saya. Apa saya tetap bisa membuat bpjs. Atau saya melampirkan kartu keluarga yg saya masih bersama ibu saya?

    Reply
  29. YOGI

    SAYA SUDAH DAFTAR ONLINE BPJS SAYA SUDAH DAFAT VIRTUAL ACCOUNT TETAPI SAYA BELUM BAYAR DI BANK SELAMA 4 BULAN APAKAH SAYA BISA DAPAT KARTU BPJS KALAU SAYA PERLU DALAM WAKTU SINGKAT MISAL 1 HARI DAN APAKAH BISA DI PAKAI LANGSUNG MAKASIH

    Reply
    • admin

      Dilunasi dulu, setelah itu tanya ke kantor BPJS bagaimana pengurusan yang sudah terlambat seperti ini. Setahu saya ada jeda waktu antara bayar dan penerimaan kartu.

      Reply
  30. uun ulandari

    mengapa jika kita membayar bukan dari no rekening pada saat kita mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS itu biayanya lebih besar?

    Reply
  31. Muhammad amin

    mau nanya nich,saya sudah punya kartu BPJS kesehatan tp ingin berhenti dulu bisa apa ga yach

    Reply
  32. khoiri

    Asalam mualaikum bpjs ak mautanya kalok bayar bpcs itu perbulan selam bayar bpcs belum pernah di pakai apakah tetap membayar ato selama sudah dipakai ya

    Reply
  33. khurum

    Assalamualaikum, saya mau konsultasi kalo dlm satu kk yg satu sdh ikut bpjs perusahaan, sedangkan ortu blm, bisakah didaftarkan ke bpjs scr online dengan no.kk yg sama?,,, terimakasih, mohon di reply bagi yg tau

    Reply
  34. Caca

    Siang..bolehkah saya tanya?bisa ga proses persalinan pake BPJS di luar daerah(kampung halaman),ap cara dan syarat dan penjelasanya..mohon jawabanya bukan cuma lapor ke kantor BPJS

    Reply
    • admin

      Saya bukan petugas BPJS. Saya jawab yang saya memang tahu. Jika tidak tahu, saya sarankan Anda cek sendiri ke kantor BPJS Kesehatan. Do your homework.

      Reply
  35. umi zulvah:-)

    apakah sama pendaftaran bpjs kolektif Lembaga dg bpjs perorangan?

    Reply
  36. Gilar Ferdiansyah

    permisi, numpang tanya,
    saya sudah mendaftar bpjs secara mandiri, dan melakukan pembayaran setiap bulan secara otomatis dan pemotongan langsung dari bank mandiri. skrng saya bekerja di perusahaan dan di daftarkan bpjs, bagaimana cara menghentikan pembayaran otomatis dr bank mandiri agar tidak terpotong secara otomatis tiap bulannya?
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Tidak tahu. Saya malah baru tahu bahwa bisa auto-debit utk iuran BPJS karena selama ini pembayaran tidak dengan auto-debit. Ini PR BPJS bagaimana perlakukan untuk orang-orang yang punya dua akun BPJS – Mandiri dan Perusahaan.

      Reply
      • indri

        Maaf.admin sy mau tnya..
        Sy Kan punya bpjs kampung tapi kalau digunain dirumah sakit dijakarta bisa apa gak?kalau bisa apa saja syaratnya..sebelumnya trima kasih

      • admin

        Indri,

        Cara berobat di BPJS sebaiknya di baca dulu. Sudah banyak dijelaskan dalam blog ini. Jika tidak paham atau kurang jelas, baru ajukan pertanyaan.

        salam

  37. greg

    Saya baru isi dan terjadi kesalahan pemilihan kelas , saya inginnya kelas 3 tapi yang terpilih kelas 1, kemaren sudah ke kantor bpjs tetapi di tolak .mohon bantuannya

    Reply
    • admin

      Kalau BPJS saja tidak bisa bantu, apalagi saya. Tapi harusnya bisa ya perubahan kelas. Mungkin ada jeda waktu sampai perubahan baru bisa dilakukan.

      Reply
  38. didi

    min,kenapa premi dari ATM Mandiri tidak sesuai dengan angsuran bpjs yang seharusnya 59500 menjadi 180000/bulan padahal tidak nunggak.apakah system error

    Reply
  39. dian haerani

    selamat pagi..
    saya mau tanya, klinik pratama yang terdapat praktek dokter gigi nya dmn saja ya untuk daerah bandung timur prov. jawa barat

    Reply
  40. ANNA

    maaf Admin,,mau tanya kalau pakai bpjs bisakah berobat di klinik yg berbeda dengan kecamatan di Faskes 1 yang tertera di kartu bpjs?

    Reply
  41. tri asih

    Sy blm pernah daftar bpjs langsung..jdi sy coba di yang online..tapi saya salah daftarkan..sy tidak bekerja di perusahaan..sy hanya wiraswasta..karna sy blm tau caranys..jdi sy daftarkan usaha saya..padahal harusnya perorangan..tetapi sy blm dapat e ID nya..apakah sy bisa daftar ke bpjs langsung dan merubah ke perorangan..trimakasih

    Reply
  42. syaifuddin yasfak

    mau tnya..q PNS gol IIIA,mau daftarin bpjs untuk org tua q..tp ortu q it udh pnya jamkesmas..lha q kpngn dftarin ortu q biar ikut bpjs(biar bsa kelas I)..kira2 bisa tidak?

    Reply
  43. Iwan

    sy sdg daftar BPJS mandiri, sy tdk bekerja, kalau masuk BPJS perusahaan / sekolah istri, bisa gak ? caranya Gimana Ya ?

    Reply
  44. fernandes sibuea

    Dear bpjs : saya terdaftar dan mempunyai kartu bpjs faskes tingkat 1 dari perusahaan ,tapi saya cek di cek iuran tak ada iuran yg telah di bayarkan.apakah ini akan menjadi masalah pada ke anggotaan saya,mengingat saya sekeluarga telah di beri dan menjdi anggota .mohon share .no bpjs saya 0001300808114

    Reply
  45. Devi

    Saya mau bertanya. Kalau mau berobat di luar provinsi apakah harus ada surat pindah, ktp dn kk baru atau tinggal minta rujukan k kntor bpjs nya? Terimakasih

    Reply
  46. Daryanti

    Selamat mlm admin org tua saya sudah punya jamkesmas saya ingin mengganti nya dgn bpjs iur kelas 1 apakah bisa
    Mohon penjelasannya

    Reply
  47. Ayub

    Selamat pagi,
    Saya mau tanya,saya sudah terdaftar bpjs,tetapi saya belum menerima kartu fisik dari tempat bekerja saya,apakah saya bisa langsung berobat ke puskesmas yg sudah didaftarkan oleh perusahaan saya dengan bpjs?
    Terima kasih

    Reply
  48. deddy rizki.A

    kemarin kami mendapat rujukan dari dokter kandungan karna istri saya harus mlakukan persalinan induksi.namun stelah surat rujukan dari klinik slesai istri saya takut di bawa ke rumkit & meminta waktu 1 hari lagi tuk menunggu masa kontraksi.yg saya mau tanya berapa hari kah surat rujukan itu berlaku?karna jika esok nya harus ke rumkit & mengurus ulang surat rujukan nya terasa repot & pasti pihak klinik marah.tolong di jawab y mind…

    Reply
      • Wendri

        Dear Admin

        Saya sudah daftar BPJS online mandiri di bulan juni 2014 , berhubung Dari kantor mau didaftarin , aku gak bayar preminya . terapi sampai sekarang dari kantor belum bisa daftarin bpjs nya, mohon infonya , gimana supaya BPJS saya bisa aktif. saya belum pernah bayar premi sama sekali .

      • samiran

        Adek saya kecelakaan oprasi hbis 40 jt. Setelah plang sya uruskan bpjs untuk kontrol bulan depan apa bisa. Tks

      • admin

        Silahkan datang ke Faskes I dimana adik Anda menjadi anggota BPJS Kesehatan.

  49. arif widirianti

    mau tanya admin
    saya kan baru daftar jadi peserta BPJS KESEHATAN,, nah pas saya bayar iuran pertama kok krtunya belum bisa kecetak padahal struk pembayaran ad trus saldo saya pun kepotong. saya pun udah bayar 2x per jiwanya. itu solusinya gimana.
    makasih

    Reply
    • admin

      Kalau daftar via online, bukannya kartu bisa langsung dicetak ya setelah komplit pembayaran.

      Reply
  50. dedi

    saya mau Tanya,saya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS di kantor istri saya, lalu apakah saya harus mendaftar lagi di tempat saya bekerja ? kalau iya berarti double kepesertaan dong . terima kasih

    Reply
    • admin

      Saat ini, setahu saya, wajib daftar di perusahaan karena itu ketentuan dari BPJS terhadap perusahaan. Kenapa ?

      Silahkan tanya ke BPJS karena itu kebijakan mereka.

      Reply
  51. Sukardiman

    Saya mau tanya… berapa lama masa berlaku surat rujukan dari Klinik Ke Rumah Sakit ?
    Terima kasih

    Reply
      • adi

        min…harus ada aturan yang jelas donk..tentang Masa Berlaku surat Rujukan faskes I…biar sama semuanya,biar adil dan merata

  52. agus sofyan

    kenapa peserta bpjs yang PBI tidak boleh (dipersulit) pindah faskes ke dikter kelurga atau klinik?

    Reply
  53. ika

    saya sudah terdaftar jadi peserta bpjs mandiri sejak satu tahun yg lalu..tapi kini saya sudah bekerja dan akan didaftarkan bpjs dari kantor..gimana cara berhenti dari bpjs mandiri dan pakai bpjs dari kantor saja?

    Reply
  54. ipung

    Mohon ijin bpk, saya sudah menjadi peserta bpjs namun setelah saya gunakan tidak sesuai dengan Golongan dan Kelas rawat yang saya miliki, bagaimana cara / proses perbaikannnya. yang kedua apakah semua anak yang menjadi tanggungan juga berhak mendapatkan jaminan bpjs meskipun yang bersangkutan sudah tidak berhak mendapatkan tunjangan dalam gaji orang tuanya, trim.

    Reply
    • admin

      Jika ingin merubah kelas bisa, lapor ke kantor BPJS.

      Untuk anak, ada batasan usia dimana mereka bisa ikut BPJS orang tua. Cek batasan usia di ketentuan BPJS.

      Reply
  55. Anti

    Jika sy faskesny terdaftar di puskesmas namun berobatnya di klinik lain bs tidak

    Reply
  56. alkha

    sy sudah melunasi tunggakan iuran bpjs selama 15 bulan, apakah bisa lgsung aktif?

    Reply
  57. yanni

    kalau kartu bpjs sudah jadi apa bisa langsung digunakan? atau harus menunggu berapa lama dulu baru bisa digunakan?

    Reply
  58. na

    sya mo nnya sya sering sakit perut sya prnah brobak ke dokter
    dokter ny bilang kalau sya mngalami sakit yg sma sya mesti kers buat diusg dan cek lebih lanjut penyakit pa yg sya alami
    kan sya ada bpjs dri kantor sya pa kah bsa digunakan buat pnyakit yg sya belum ketahuin

    Reply
  59. a.subagya

    saya daftar via online trus balasan nya ke hapus di email saya gmana cara supaya ada lg balasan itu trimakasih

    Reply
  60. thya

    Saya gak pernah bisa membayar iuran bpjs lew£t atm,skrng sudah telat sembilan bulan,kalo saya mau membayar semua yang blm saya bayar masih bisa gak,,,,,??? Dan harus bayar lewat apa…
    Mksh.

    Reply
    • admin

      Coba saja di ATM apakah total tagihan selama 9 bulan muncul tidak. Jika tidak, Anda harus selesaikan di kantor BPJS.

      Reply
  61. nitha

    jika saya mau berobat ke jakarta menggunakan kartu bpjs lampung, bagaimana caranya ya?dan rs mana yg saya tuju?

    Reply
  62. Dewi

    Saya sedang hamil 8bulan, dan saya periksa bukan di faskes 1 yg tertera di kartu.. Saya periksa di bidan yang bekerjasama dengan bpjs juga Yang saya mau tanyakan apabila saya dalam keadaan darurat harus cecar.. Bisakah minta rujukan dari bidan saja.. Tanpa rujukan dari faskes 1 yang tertera di kartu untuk ke RS

    Reply
  63. Ahmad arifudin

    Saya tenaga kerja, saya sudah dapet kartu bpjs, sedangkan istri saya kartu bpjs belum dapet, gmana agar dapat kartu bpjs. Dan langkahnya.

    Reply
  64. nunu

    Maaf saya mo nanya klo misalnya bpjs qt ikut prusahaan lalu qt kluar.nha itubpjs bs kita lanjutkan atau daftar sendiri lg.?????

    Reply
  65. aditya listianto

    Istri saya hamil 8 bulan, dan saya baru mendapatkan fasilitas bpjs dr perusahaan. Selama kehamilan 8 bulan faskes 1 belum pernah digunakan.yang saya ingin tanyakan apakah bisa langsung meminta rujukan dr faskes 1 ke RS untuk persalinan tanpa harus memakai pelayanan dari faskes 1 ?

    Reply
  66. suryadi

    Saya baru membayar premi iuran bpjs hari ini,kapan kartu bpjs saya mulai aktif dan bisa digunakan

    Reply
  67. febri

    Saya mau tanya bagaimana spya kita pindah faskes 1 yg dulu dng yg sekarang?

    Reply
  68. RICO

    Berapa hari masa berlaku surst rujukan dari rumsh sakit primer ke rs yang lebih lengkap?

    Reply
  69. willy

    masa berlaku surat rujukan rumah sakit primer ke rs yang lengkap berapa hari?

    Reply
  70. jo

    Istri sya hamil bpjs istri di wilayah cinere.sedangkan faskes 1 ad dicinere..
    Sya tinggal dngan mertua dkat faskes 1 dijakarta selatan dan blm prnah periksa di faskes cinere..ap boleh jika dlm keadaan darurat ke faskes 1 jakarta selatan..mhon pencerahan nya

    Reply
    • admin

      Bisa utk kondisi darurat. Tapi, keadaan darurat itu ada definisinya dari pihak BPJS. Jadi pengertian darurat bukan dari pemahaman pasien tapi sesuai juklak BPJS.

      Reply
  71. yosephin rosalina

    Saya didaftar BPJS oleh kantor saya meliputi suami dan anak juga (kelas 2), tapi baru-2 ini suami juga akan mendaftar untuk semua keluarga (kelas 1).
    Jika saya ingin naik grade ikut yang suami di kelas 1, apakah bisa BPJS yang lama dari kantor saya di tutup? dan pindah ke yang kelas 1?
    Pls informasi detailnya?
    thanks…

    Reply
    • admin

      Yosephin,

      Harusnya Anda bisa ikut dengan kelas suami. Soal pembayaran, iuran dibayar via kantor suami.

      salam

      Reply
      • Robert Prabowo

        Prosedurnya bagaimana pak, kasus saya sama. Istri dibayar kantor kelas II. saya kelas I, mau pindah ikut saya tidak bisa karena istri sudah terdaftar di tempatnya kerja. Terus kalau istri pindah ikut saya berarti dia harus keluar BPJS dulu ke biaya pribadi? kalau keluar, bila kantornya di audit akan bermasalah dong karena dia tidak dapat BPJS.

  72. Eni

    Mohon info. Kakak saya sekeluarga peserta bpjs kelas 1. Ketika dibawa ke IGD karena gejala stroke dan harus dirawat inap, dimasukkan ke kamar kelas 3. Yang mau saya tanyakan, bukankah peserta bpjs berhak atas kelas rawat inap yang sesuai dengan kelas bpjs yang dibayarnya? Bila memang harus upgrade kelas rawat inap, bagaimana cara perhitungan biaya yang harus dikeluarkan dari dana pribadi pasien? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Coba cek ke kantor BPJS mengenai perhitungannya jika membayar kelebihannya. Setahu saya bisa.

      Reply
  73. oka

    Assalamualailum wr.wb
    Mau nanya, seandainya kita tidak pernah klaim ke bpjs dalam kurun waktu tertentu, apakah iuran yang saya bayarkan bisa ditarik kembali? Terima kasih

    Reply
  74. Ratu Dewi

    Min saya mau tannya,tadi saya k kntor bpjs mau bikin bpjs sndiri..knpa gabisa?? Katanya di tmpat kerja suami saya sudah ada terdaftar.padahal sudah lama juga gada kejelasannya soal bpjs d tmpat kerja suami saya..jadi kalau gtu gmna? Apalagi saya sbntar lagi melahirkan

    Reply
    • admin

      Ratu,

      Yang saya tahu jika sudah terdaftar dalam 1 kartu keluarga maka akan masuk dalam keanggotaan suami. Anda harus mengurus kartu di kantor suami.

      salam

      Reply
  75. Manson htp

    saya beserta anak istri saya terdaftar sebagai pengguna BPJS kesehatan tertanggal 25 maret 2015, pada saat pendaftaran sesuai persyaratan bahwa saya harus membayar untuk 3 bulan pertama dan sudah saya bayar, seharusnya saya baru akan melakukan pembayaran lagi untuk bulan JULI ini, tetapi pada saat saya mau bayar kenapa di BPJS saya sudah menunggak 2 bulan ?

    Reply
    • admin

      Cek ke kantor BPJS. Setahu saya, pembayaran adalah untuk 1 bulan pertama. nanti setiap bulan kita bayar lagi.

      Reply
  76. Fendy

    Hai min sedikit cerita, ibu saya terkena usus tersumbat yg membuatnya harus di operasi. Operasi dilakukan 2x di RSIA Jakarta Utara, operasi pertama sudah selesai dan sekarang dalam masa perawatan sambil menunggu operasi ke-2 yg akan dilakukan 3/4hr dari skr. Saya besok baru mau mendaftar BPJS, ada 2 pertanyaan yg mau saya tanyakan.
    1. Bisakah operasi ke2 ibu saya tetap bisa di rumah sakit RSIA Jakarta Utara?

    2. Bisakah pembayaran operasi ke1 dan biaya perawatan saya claim? Mengingat biaya sampai saat ini kisaran 55jt ( pinjaman sana sini )

    Terima kasih

    Reply
    • Fendy

      Pertanyaan 1 karna rumah saya domisili Jakarta Pusat. Apakah tetap bisa di Jakarta Utara?

      Reply
    • admin

      Fendy,

      Terima kasih sudah berbagi. Perlu dipahami bahwa sistem kerja BPJS Kesehatan bukan seperti Asuransi Kesehatan. Tidak ada sistem klaim di BPJS Kesehatan.

      Anda harus berobat ke Faskes I yang tercantum di Kartu Peserta. Nanti dari Faskes I, Anda akan dirujuk (jika dianggap perlu) ke Rumah Sakit. Tidak ada biaya yang harus dibayar dalam proses ini.

      salam

      Reply
  77. wisnu

    bagaimana cara mendaftar bpjs d’luar tanggungan keluarga,,ato org tua saya,,

    Reply
    • admin

      Wisnu,

      Pendaftaran BPJS secara online merujuk pada kartu keluarga. Silahkan orang tuanya mendaftar dengan menyiapkan dokumen yang diminta. Cek di Pendaftaran BPJS Online.

      salam

      Reply
  78. danu

    Mas, salah gambar tuh.. Artikelnya membahas bpjs kesehatan, tapi gambarnya bpjs ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan tidak sama dgn BPJS Ketenagakerjaan mas. Itu dua instansi yg benar-benar berbeda. Mohon dikoreksi. Terima kasih.

    Reply
  79. Erika KUrniawati

    SElamat siang Admin…
    Mohon informasi, saat ini saya sedang mengandung dng usia kandungan 30 minggu. Saya peserta BPJS Merah Putih. Berencana melahirkan di Praktek Dokter Swasta yang tidak bekerja sama dengan Jejaring BPJS, bolehkah biaya persalinan tersebut di klaimkan ke kantor BPJS..? kalau dulu waktu masih Askes kan bisa, kalo saya tidak salah ingat dapat pengembalian sekitar 30 %. Terima kaih atas pencerahannya….

    Reply
    • admin

      Erika,

      Anda harus periksa di Faskes I yang tercantum di kartu BPJS. Di BPJS tidak ada sistem klaim.

      salam

      Reply
  80. Lucky

    dear admin,
    mau tanya kalau saya didaftarkan oleh org tua mengikuti program bpjs mandiri kelas 1, kemudian masuk ke dalam program kelurahan kelas 3 (kartu ada 2)
    dan skg mengikuti program bpjs (kelas 2) dr perusahaan. kartu bpjs kesehatan perusahaan tidak dapat dikeluarkan karena bentrok dengan bpjs mandiri dan program PBI sehingga hrs dicabut kelas 1 dan 3 jika ingin keluar kartu bpjs kesehatan, kantor saya berkedudukan di kabupaten dan rumah tinggal saya di kotamadya, selama ini saya selalu dikenai potongan bpjs kesehatan dr perusahaan, mandiri pun tetap dibayar, apakah memang harus mencabur bpjs mandiri dan PB I (kelas 1 dan 3)?
    terima kasih.

    Reply
  81. Dearby

    Ass admin
    Saya mau tanya bisakah dalam satu keluarga di daftarkan dengan faskes yg berbeda??
    Saya domisili di jakarta sementara 3 anggota keluarga yang lain di daerah,,

    Dan bisakah tiap anggota keluarga di daftarkan di kelas yg berbeda?? Apa harus sama??
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Dearby,

      Yang saya tahu Faskes dan Kelas harus sama. Tapi untuk pastinya cek di kantor BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  82. Feby

    Mohon infonya, kartu BPJS saya sdh 3 bulan belum terbayar, kalau saat ini saya mau periksa di dokter keluarga… apakah kartu sdh terblokir?? apa sebelum periksa, saya harus melunasi dulu? tks.

    Reply
    • admin

      Feby,

      Setahu saya, tidak bisa ya. Tapi mungkin bisa dicek ke Faskes I, apakah mereka mau terima atau tidak.

      salam

      Reply
  83. adzhary zilziani

    Salam..
    Pak saya mau tanya , saya udh pnya kartu bpjs trnyata NIK nya tdk sama dngn ktp sdangkan soal nya saya mau di operasi jdi saya hrus bgaimana? Apakah dlm 1 hari bisa selesai pengurusannya?

    Reply
  84. Agus

    Maaf mau tanya, klo merubah faskes 1, apakah merubah tanggal awal kepesertaan? Sya merubah faskes 1 tidak langsung ke kantor bpjs tpi nitip ke seseorang yg bkn pgwai bpjs. Pas sudah berubah faskes 1 nya dan di bawah barkode tertulis tanggal sekarang juli 2015, bukan tgl awal kepesertaan sya tahun 2014, apakah itu benar atau berpengaruh? ( Kartu bpjs hasil print biasa sperti hasil online, bukan sprti kartu resmi bpjs.)
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Agus,

      Harusnya tidak ya. Coba saja datang ke Faskes I yang baru, apakah Anda diterima atau tidak.

      salam

      Reply
  85. Fany

    Saya mau tanya , jika setelah membayar apakah langsung bisa digunakan ? Dan kalau langsung masuk UGD , apakah bisa walau tanpa krtu bpjs? Trims min

    Reply
  86. mei ike sugiyanti

    Ass…Says mau ty..sy kan sdh dftr bpjs lwt on line & sy jg sdh dpt no virtual account ny…yg jd mslh wktu mau byr bpjs pertama kali tdk bisa…no yg masukan tdk terdftr…sy jg sdh ke bank tp jg sm sj ….pdhl no ny sdh sy cek bner2….lalu brp jangka wktu dr dftr on line ke pembyran pertama kali…..mohon jwbn ny soalny binggung.

    Reply
    • admin

      Mei,

      Saya tidak tahu berapa lama. Biasanya tunggu beberapa hari. Jika tidak bisa lapor ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  87. ike

    Ass…..sy mau ty sy kan dftr bpjs lwt online wktu mau byr pertma kali kok nomer yg anda masukan tdk terdftr…sy jg sdh ke bank tp jg sma jwbn ny…sy harus bgimna sy binggung…

    Reply
  88. ita

    Sore… mau tanya, klo punya katu bpjslampung tapind gunakan d jogja bis g?
    Begitu juga dengan kartu askes?
    Makasih

    Reply
      • AHMAD

        PA, SAYA MAU DAFTARKAN ISTRI SAYA VIA ONLINE TAPI RT DAN RW NYA KO GA BISA DIGANTI, KENAPA YA PA, TERIMA KASIH

      • admin

        Ahmad,

        Saya tidak paham maksudnya. Sebaiknya, jika menulis komentar, Anda menggunakan huruf yang pantas, tidak huruf kapital semua.

        salam

  89. Syaiful

    Mw tanya nich…
    Saya terdaftar di bpjs jakarta barat. Tetapi saya menggunakannya bpjs tersebut di jakarta timur.
    Apakah itu bisa…

    Reply
  90. agus

    Mo tanya…bila sakit dan malam hari faskes1 tutup apa bisa langsung ke faskes lanjutan

    Reply
  91. Erwin H

    Selamat pagi.
    saya mau tanya apa benar kartu BPJS hanya bisa digunakan pada hari kerja saja? soalnya pada waktu tetangga saya hari minggu berobat ke faskes yang tercntum di kartu katanya hanta bisa digunakan sewaktu hari kerja saja.sehingga kalau di luara hari kerja kartunya tdk bisa dipakai alias harus bayar sesuai dengan pasien umum.terima kasih.

    Reply
  92. Made arya

    Ada beberapa point hal yg saya pertanyakan:
    1. Jika sudah terdaftar BPJS Kesehatan mandiri akan dipindahkan ke perusahaan, procedurenya bagaimana?
    2. JIka peserta bpjs Kesehatan mandiri diterima kerja di perusahaan baru, apakah bisa pindah ke peserta bpjs perusahaan?
    3. Jika daftar bpjs di daerah pertama namun saya kerja di daerah baru, apakah bisa berobat bpjs kesehatan ditempat daerah yg baru?
    4. Bagaimana Procedure Mengubah Fakes Tingkat Pertama jika ditempatkan didaerah baru?

    Demikian yang saya pertanyakan kiranya jawabannya bisa saya ketahui dan dipahami. Terima kasih.

    Reply
  93. naili

    Maaf mau tanya, kalo ingin ganti faskes I ke tempat lain, apakah bisa langsung jadi pada hari pengurusan? Dan bisakah lanfsung digunakan?

    Reply
  94. ferry alamsyah pane

    Slmt mlm..admin sya mau tanya apakh yg pngguna bpjs .tdk dpt pertolongn smntara apabila kamar d rs pnuh.apakh harus d tahankn dakit d luar mnuggu kmar kosong.apa lgi yg d alami pnyakit LEUKIMIA.tolg infonya. mkasi

    Reply
  95. zanext

    admin.. saya mo tnya, paman saya masuk rumah sakit blm ada pbjs, tp di antar langsung oleh petugas puskesmas k RS di karnakan kondisinya sudah gawat darurat..
    lalu kami di suru mengurus bpjs PM1 oleh pihak RS Dalam waktu 2×24 jam.. tapi kami di persulit di kantor bpjs padhal dokumen sdh lengkap plus dari dinas sosial..
    akhirnya kami baru bisa bikin bpjs yang aktifnya 2 minggu yang akan datang.. tapi pihak RS bilang sudah tidak bisa dan harus masuk jalur umum.. karna dah terlanjur di rawat dsna 2 minggu ini kami harus membayr tagihan RS.. yang saya ingin tanyakan solusi biar mamang saya bisa kluar dr RS bagaimana ya min?.. karna dia tergolong orang yang tidak mampu, sedangkan BPJS baru aktif 2 minggu lg dan SKTM spertinya sudah tidak berlaku .. TERIMAKASIH Mohon solusinya

    Reply
  96. rhinaldi

    saya telah daftar peserta bpjs bulan nopember 2014, tidak dilanjutkan sebab VA untuk istri dan anak tidak diterima.. sekarang mau daftar lagi via online.. tetapai jawabannya telah terdaftar, apak bisa bayar sekarang sebab baru dapat VA Kepala Keluarga saja.. anak dan istri tudak dapat VA? mohon tanggapannya

    Reply
  97. Tatti

    Salam . Saya mau tanya nih . Saya kan sudah minta surat rujukan ke RS A hari ini nah ternyata RS A penuh kalau misal saya mau minta surat rujukan lagi ke RS B besok nya apa boleh ? Mohon bantu jawab . Trimakasih

    Reply
  98. LESVI NOPITASARI

    saya tinggal dijakarta, tapi faskes saya di banten (pandeglang). jika saya mau berobat, bisa kah memakai kartunya???
    lalu, ada teman saya yang mau berobat (di jakarta) pakai kartu BPJS, tapi KTP nya di sukabumi. dan di tolak oleh pihak Klinik,
    Mohon Penjelasannya !!

    Reply
  99. Taufik

    Selamat sore,

    Saya ingin bertanya. saya peserta BPJS kesehatan dari perusahaan. di kartu peserta tidak tercantum fasilitas dokter gigi yg ada hanya dokter umum sbg faskes tk I. pertanyaan saya bagaimana caranya saya berobat ke dokter gigi mengingat setelah di cek pd kartu saya tdk ada ref doketr giginya padahal sewktu submit data awal sudah saya cantumkan drg yg saya ingin tuju. demikian dan mohon tanggapannya

    Reply
  100. Tourism Gemza

    Saya hari ini bayar BPJS untuk dua bulan, berarti bulan depan saya tidak perlu bayar lagi kan?

    Reply
  101. herri wijaya

    ass…,sayakan sudah daftar bpjs lewat online dan sudah dapat no.acountnya dan saya sudah bayar iyuran pertama nah yg saya mo tanya masalah kartunya bagai mana ya..apakah harus diambil langsung ke kantor bpjs ?
    atau lewat emil dan qita bisa ngeprint sendiri?
    mohon jwabany tks.

    Reply
  102. joko

    Mau nanya kalau saya sudah terdaftar jamkesmas terus mau daftar bpjs kesehatan lewat perusahaan tempat saya kerja bisa gak.

    Reply
  103. troy adrianto

    Saya dan Keluarga adalah peserta BPJS Perusahaan PT Pos Indonesia di Kab Purwakarta . Yang ingin saya tanyakan adalah fasilitas kesehatan untuk anak saya yang bersekolah di Luar Kota , Bandung . bagaimana agar anak saya tetap bisa dapat fasilitas kesehatan BPJS di Bandung

    Reply
  104. samrdin

    Numpang tanya…
    Apakah benar surat rujukan dr klinik,cm berlaku utk 4x pertemuan saat berobat?trim

    Reply
  105. Dodo

    Kenapa Nomor Tlp BPJS Jika Di Tlp(Berlaku U/ Semuanya dari pusat sampai unit) ga pernah Diangkat Min, Mengingat perannya yg penting bagi masyarakat (seluruh warga negara wajib ikut dlm keanggotaan BPJS).

    Reply
  106. neni afrianti

    ingin menanyakan jika saudara kami sedang sakit, lalu kami baru ingin membuat BPJS, dan apakah biaya rumah sakit bisa ditangani ? mohon untuk bantu jawab dan terima kasih

    Reply
    • admin

      Neni,

      Kepesertaan BPJS tidak membatasi sedang sakit atau tidak. Yang penting jika sudah punya kartu BPJS bisa menggunakannya untuk berobat. Ikuti prosesnya saja.

      salam

      Reply
  107. linda

    min mau tanya..
    saya istri anggota polisi dan orang tua saya PNS, dulu saya ikut askes sekarang sudah di cabut karena sudah menikah, lalu bagaimana cara mengurus bpjs untuk saya sendiri? apakah harus datang ke kantor suami atau mengurus ke kantor bpjs sendiri? karena suami sudah ikut bpjs sebelum kita menikah dan dia menggunakan KK keluarganya dulu saat mendaftar, mohon di jawab..
    terimakasih

    Reply
    • admin

      Linda,

      Coba daftar dulu secara online. Siapkan no KK. Jika tidak bisa, Anda harus daftar langsung ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  108. rahmita

    maaf Mau Tanya bagaimana cara untuk berobat ke Rumah sakit yang berbeda wilayah dengan tempat tinggal? Saya tinggal di Jakarta timur tapi ingin berobat di rs carolus/cipto

    Reply
    • admin

      Rahmita,

      Dipahami dulu cara kerja BPJS terutama mengenai sistem rujukan. Jika belum mengerti juga, bisa ditanyakan lagi.

      salam

      Reply
  109. marta dila

    Aq sdh daftar ortu ke kantor bpjs..setelah di kasih no rekening untuk pembayaran awal n untuk ngambil krtu..ternyata kertas no rekening bank untuk pembayarannya hilang sm saya..gmn cara pebgurusannya ge ..trimaksihh

    Reply
  110. yulia

    min kalau pertama kali dftr bpjs kan perayaratannya fc buku rekening, klo buku rekeningnya bukan dari anggota yg di kartu keluarga bisa ngga ya?

    Reply
  111. Martin

    Slamat pagi mba admin,
    Mohon ijin mau bertanya.
    Bagaimana caranya jika orang tua saya dari daerah (sumatra) mau berobat ke daerah tangerang. Data apa saja yang harus di urus dari bpjs daerah ?
    Mohon diberi penjelasan.
    Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Martin,

      Hubungi kantor BPJS ditempat Anda ingin berobat. Kantor BPJS akan memberitahukan di Faskes I mana bisa berobat.

      salam

      Reply
  112. andy

    Dear admin,

    Kondisi yg saya ceritakan ini dalam keadaan DARURAT…
    Mohon bantuannya, orang tua saya jatuh sakit dan beliau belum memiliki BPJS, pada waktu itu saya buat BPJS untuk ayah saya dan ibu blum saya buatkan. karna pada saat itu ayah saya sering sakit2an. dan ternyata ibu saya jatuh sakit.
    akhirnya saya bawahlah ibu ke RS untuk berobat. sesampai di RS, dari pihak RS menyatakan tidak dapat menggunakan BPJS karna blum terdaftar. Oke, saya terima itu dan akhirnya saya bayar tunai untuk biaya pengobatannya.
    Kemudian saya langsung urus BPJS untuk ibu saya tp sampai sekarang blum jadi.
    Dana saya tanya ke pihak RS :
    Apabila BPJS ibu saya jadi apa bisa saya rubah statusnya dari pembayaran tunai ke BPJS. dengan kondisi semua tagihan yg sudah ada akan saya lunasi semua dan untuk pengobatan selanjutnya akan saya selesaikan dgn BPJS. dikarenakan dana tunai saya sudah tidak ada lagi.
    TETAPI dari pihak rumah sakit bilang kalo dgn cara tersebut tidak bisa. dengan alasan di history ibu saya adalah pasien dengan pembayaran cash/tunai.
    saya sedikit bingung di sini. MENGAPA???
    mohon penjelasannya secepatnya, karena ibu saya sekarang ini tangerang, 29 september 2015 masih terbaring di rumah sakit SARI ASIH, Ciputat-Tangserang Selatan dalam keadaan koma.

    Saya mohon penjelasannya dari Admin.
    saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuannya.

    Andy

    Reply
    • admin

      Andy,

      Yang saya tahu, BPJS tidak menerima reimburse dari peserta karena sistem pembayaran dilakukan langsung antara BPJS dan pihak rumah sakit. Selama kartu peserta BPJS belum ada, calon peserta tidak bisa menggunakan jaminan BPJS.

      Untuk pembuatan kartu, setahu saya sekarang ini dibutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja.

      salam

      Reply
      • abdoeel rohim

        Pagi mind, Mau nanya kalau saya sudah
        terdaftar jamkesmas warna biru ,terus mau
        daftar bpjs kesehatan lewat
        perusahaan tempat saya kerja bisa
        gak. Kata pt nya krtu jamkesmasnya sruh nyabut dlu biar bisa buat bpjs soal nya 1 orang gag bisa punya 2 krtu ksehatan , apa jamkesmas nya hrus di cabut mind?
        Trimakasih sbelumnya
        Mhon untk di bls

  113. trie

    Assalamualaikum.. admin mau tanya di krnkn adik sy seng skt n sy mau urus bpjs apakah hrs oke surat kuasa dr adik sy..trima ksh

    Reply
  114. Anto

    Salam pak..
    Mau tanya, saya punya dua kartu bpjs perusahaan dan ortu. Apakah boleh saya tidak meneruskan angsuran bpjs ortu ?Karena sudah punya bpjs perusahaan. Trus seandainya nanti di klaimkan apa tidak jadi masalah karena salah satu anggota tidak meneruskan atau nonaktif ?

    Reply
    • admin

      Anto,

      Anda perlu tanyakan ke kantor BPJS. Tapi, dugaan saya tidak masalah karena virtual account adalah untuk masing – masing kartu.

      salam

      Reply
  115. sonny

    Permisi
    Barusan saya bayar iuran BPJS kelas 3,untuk bulan2 kemaren cuma 26.500 Rb,tp kok bulan ini jd 51.00 ? Padahal saya ga pernah telat bayarnya??

    Reply
  116. Irmawati basri

    Assl.mau tanya..faskes tingkat 1 sy dokter keluarga ksi rujukan ke puskesmas..tp ditolak ama puskesmas..ktax harus pke faskes puskesmas tersbut bru bsa di layani..pdhal kan sy punya surat rujukan dr dokter keluarga..mhon solusix

    Reply
  117. yurico

    min ,saya kemaren bayar bpjs via atm tgl 6 oktober tapi barusan saya check online masih belum bayar statusnya ,biasanya verifikasi pengesahan pembayarannya berapa hari min .

    Reply
  118. asep

    mas saya mau tanya. saya pns baru mendaftar bpjs kesehatan. apakah kartu saya langsung bisa digunakan ato tunggu 14 hari seoerti peserta umum

    Reply
  119. Yudis

    Selamat pagi Admin, dan selamat berkerja, saya mau tanya masalah rawat inap di faskes I yang diminta untuk membayar rawat inapnya? apakah benar begitu prosedurnya ? sudah ada beberapa contoh dan sudah ada yang membayar.

    terimakasih min atas kesempatannya.

    Reply
  120. ratu

    saya Mau tanya kl askes saya terdaftar di cianjur tapi saya Mau berobat di bandung apakah harus di pindah kan ke bandung askes nya

    Reply
  121. Edi Sudiarto

    Mau tanya ya….
    Dalam kasus gawat darurat, apakah ada penggantian biaya dari BPJS apabila pasien ditangani oleh RS yang tidak kerjasama dengan BPJS? Terima Kasih

    Reply
  122. mega

    selamat siang admin..
    saya seorang karyawan sebuah perusahaan outsourcing dan sudah bekerja selama 1 tahun di perusahaan tersebut. setiap bulan selama 1 tahun ini gaji saya di potong sebesar Rp.42.000 dan kami tanyakan kpd pihak perusahaan uang tersebut untuk biaya bpjs, tetapi sampai sekarang saya belum mendapatkan kartu bpjs.
    yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah terdaftar di bpjs? kalau misal belum terdaftar dan baru di daftarkan bulan ini apakah potongan2 selama 1 tahun ini dpt di akumulasikan?

    Reply
  123. yuniarta nensy

    anak saya batuk terus sejak jumat sore, nunggu hari senin Faskes I buka terlalu lama, badan panas dan napas sesak, bisa tidak langsung berobat ke IGD RS pada hari minggu?

    Reply
  124. Ahmad Faisholi

    Selamat siang, ikut nanya.
    Saya kerja di perusahaan di surabaya, ikut bpjs perusahaan, memilih faskes 1 di surabaya, sedangkan istri dan anak saya di solo, apakah istri dan anak saya boleh memilih faskes 1 di solo? Sementara bpjs terdaftar di surabaya. Terimakaaih.

    Reply
    • admin

      Ahmad,

      Faskes I bisa diganti setelah 3 bulan keanggotaan. Ganti Faskes I lapor ke kantor BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  125. Nuri

    Saya mau nanya,saya sudah byr bpjs lwt atm bri.transaksi time out tp saldo saya sdh kepotong.tp saya tanyakan kbpjs ny blm msk.mlh dsuruh tanya k bank bri.sy tanya k bri ktnya sdh msk k bpjs.gmn ini solusinya msk tiap bln sy byr tp tetep g msk k bpjs si?

    Reply
  126. Irah lestari

    Saya mau tanya, kartu bpjs sya udah mti sktar 1 tahun itu klo ingin aktif lagi gmna…. Apa bikin lgi atau byar yg tlat stahun itu….?

    Reply
  127. ifti miftahuliyana

    selamat siang…adek kami pasien RSJ di semarang. adek kami ikut BPJS Faskes 1. tp sudah 2x dalam sebulan ini kabur dr RSJ. kami sempat menyalahkan pihak RSJ yang terkesan kurang penjagaan..sehingga pihak keluarga sll kebingungan cari adek kami. kami sempat ingin melakukan pembayaran di RSj tersebut…kami tanya ke ruangan habis brp biaya adek kami…jawabannya 5jt bu…tp msh dlm tanggungan pihak BPJS…jadi ibu tidak perlu membayar. setelah beberapa hari kami di tlp pihak BPJS RSJ tersebut…kita suruh bayar denda BPJS 5jt…alasannya karna adek kami kabur, padahal kabur dr RSJ kan kesalahan dr penjagaan RSJ tersebut. kami tetap suruh bayar 5jt…dicicil tidak apa2 katanya. yang saya tanyakan apakah ada peraturan DENDA seperti itu di BPJS..jika pasien kabur..dan nominal biaya pengobatan msh dalam tangguan BPJS..?? terimakasih

    Reply
  128. dita

    Gimana caranya untuk cek…. saya terdaftar di faskes mana aja ya? saya lupa soale wkt pengisian formulir sy ada 2 alternatif trims…

    Reply
  129. dina

    Suami sy seorang anggota polisi.. sy mengalami kecelakaan, dan harus dioperasi tulang bahu depan sy patah.. sy difasilitas kels 1 dan dirawat diRS BHAYANGKARA apakah sy harus mengeluarkan biaya lagi untk tindakan operasi seandainya sy melakukan operasi?? Makasih.

    Reply
  130. Oci

    Gimana ya,saya sama suami sdh buat bpjs umum/pribadi karena kantor suami blm ada kepastian ttg bpjs ksehatan.stelah kami buat&sdh brjlan satu bulan.bru ada print out nmor id untuk suami&saya.jdi kmi memiliki nmor id double.saya mau batalkan satu yg di kantor suami karena faskes tingkat prtama yg di pilih HRD tidak jelas almat nya&jatuh nya kami bayar double.mhon penjelasan nya.trims

    Reply
  131. Tri Martopo

    Salam Admin, saya TRI MARTOPO peserta bpjs kesehatan, tgl 13 Nopember 2015 istri melahirkan Normal di RS roemani Semarang dengan biaya persalinan Istri Rp.4.475.350 di jamin askes komersial Inhealt Rp. 2.709.820, Bayi Rp. 1.025.675 dijamin askes inhealt 869.775 selebihnya menjadi tanggunan pribadi, Pertanyaan Saya apakah bisa di reimberskan tagihan tersebut ke BPJS Kesehatan seandainya bisa persyaratanya apa aja? mohon bantuannya dan jawaban secepatnya

    Reply
    • admin

      Tri,

      BPJS tidak menerima reimbursement. Silahkan baca tulisan di blog soal cara melahirkan dengan BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  132. almha

    Ikut nanya
    Suami saya bekrja di perusahhan makassar tpi 2 tahun yg lalu ktp suami dan kk saya ludes terbakar tapi pas perusahaan sya minta ktp saya dan kk saya ter bakar lalu pemotongan gaji suami sya slama 2 thn jalan trus bru bpjs suami sya blum ada
    Yg saya mau tanya apKah sea bisa ambil itu uang di bjps karna rugi saya mah klo gitu

    Reply
  133. dhyan ayu

    Ijin bertanya. Saya didaftarkan BPJS oleh perusahaan. Tapi faskes yang tertera di kartu itu di tentukan oleh perusahaan dan katanya tidak bisa di ganti faskes. Kecuali keluarga inti saya, bisa. Apakah benar seperti itu? Aya selaku karyawan di perusahaan itu tidak bisa mengganti faskes yang ditetapkan perusahaan?

    Reply
  134. achonk cipit

    salam sukses,
    saya mau bertanya.misal saya adalah pendiri perusahaan beranggotakan 10-15 org,apakah saya juga wajib masuk bpjs?jika wajib bagaimana perhitungannya???terima kasih

    Reply
  135. pendi

    Maaf mau tanya, sy mau minta surat rujukan dr faskes 1 ke RSUDsetempat trs dr RSUD ke rumah sakit di jakarta bisa tidak, tanpa bawa pasien nya, karena pihak rumah sakit di jakarta minta persaratanya begitu, mohon di jawab

    Reply
  136. Ryan

    Maaf admin mau tanya,,kalo kita sudah bayar tunggakan bpjs (4bulan) dan kalo mau digunakan kartu bpjs nya harus menunggu brp hari yaa baru bisa dipakai??

    Reply
  137. harmoko

    Admin mau tanya kalau kita mau ambil duit jht di formulir di cantumin tgl 20 kalau kita datang tgl 21 bisa tidak???thank’s admin

    Reply
  138. reza

    sallam,
    pak admin saya mau tanya.

    saya pada awalnya tinggal di cianjur, bersama ayah dan ibu saya. faskes pertama saya di cianjur.

    sekarang saya tinggal di bandung, jika saya ingin pindah faskes ke bandung apakah semua keluarga saya juga akan ikut berubah faskes nya?

    Reply
  139. Ria

    Pak saya mau tanya, saat ini saya dan keluarga tergabung dalam BPJS Kesehatan Badan Usaha.
    Nah pertanyaan saya berapa maksimal anggota Keluarga yang dijamin oleh BPJS Kesehatan Badan Usaha pak ?
    Terimakasih

    Reply
  140. desy wadidah harini

    sebelumnya saya sdh terdaftar di bpjs kesehatan pribadi dan iuran di bulan januari 2016 sdh saya byr, trus ini saya dipindahkan ke bpjs kesehatan perusahaan dan sdh terfatar di bpsj kesehatan perusahaan dan iuran bln januari mau dibayar sm perusahaan. apakah iuran bpjs kesehatan pribadi yg sdh saya bayarkan bisa kembali? klo bisa ngurusnya gimana trus apa persyaratan ?

    Reply
  141. defi

    Keterlambatan pembayaran Iuran lebih dari 6 (enam) bulan, maka pelayanan kesehatan dihentikan sementara, sedangkan sy sdh lbh dr 6 bulan dan sy ingin mendftrkan dr awal lg. apakh bisa atau tdk

    Reply
  142. purwanto

    Mohon infonya,
    Saya terdaftar di bpjs pbi,apakah bpjs pbi saya bisa di gunakan untuk anak istri saya?

    Reply
  143. Trisna

    Saya mau tanya kak,
    Jadi sekitar bulan juni 2015 dari perusahaan tempat saya bekerja memerintahkan untuk membuat BPJS kesehatan secara pribadi dan nanti sistemnya potong gaji yang mengurusi perusahaan,
    Tetapi setelah saya mendaftar BPJS kesehatan untuk iuran setiap bulan saya harus membayar sendiri, padahal saya tidak punya ketiga akun bank yg bekerjasama dengan BPJS . (Disini perusahaan saya tidak sesuai omongan)
    Lalu dari awal pembuatan sampai sekarang saya tidak pernah membayar iuran BPJS.(karena kartunya juga hilang ) Sampai setiap bulan saya diberi surat tagihan pembayaran beserta dendanya. Tetapi saya tidak pernah mengurusnya.
    Akan tetapi karena keluarga saya sangat sederhana, desember 2015 bapak saya memberi saya kartu BPJS katanya itu gratis dari pemerintah, apakah BPJS yg di kasih dari bapak saya bisa Digunakan? Dengan masalah di atas,
    Terimakasih bantuan untuk jawabannya

    Reply
  144. Asep kurniawan

    Misi mau tanya nih saya udah punya kartu jamkesmas tapi hilang untuk mengaktipkannya lagi harus tau no niknya tapi saya ga tau karena hilang. Gimana dung buat tau no nik nya lagi.

    Reply
  145. bakhtiar

    ayah saya dirujuk ke rumah sakit lain karena dokter spesialis yang di tuju tidak ada
    kami dapat rujukan tingkat lanjutan tapi ini sudah 1 bulan yg lalu,apakah masih berlaku surat rujukan ini

    Reply
  146. noer

    saya mau tanya pk kenapa pada saat pembayaran pertama virtual accound tidak terdaftar atau terdeteksi .setelah 14 hari lebih mencoba.dan yg saya heran daftar bareng satu kk v.a istriku bisa terdeteksi atau terdaftar sdangkan v.a ku tidak.padahal lewt indomart.kantor pos.mandiri.bri

    semua g bisa .trs kata petugas bpjsnya suruh nunggu sampe jatuh tempo pembayaran.sampe hari ini uda lewat jatuh tempo msh blm bisa…

    Reply
  147. dede

    Saya mau tanya .apakah melakukan oprasi curret ke RS swasta pake bpjs.harus bayr lagi atw tidk? Persyaratan sudh lengkap.

    Reply
  148. settie

    pak saya mau tanya ..

    saya mash ikut kartu keluarga orang tua saya ,,
    dan saya bekerja di perusahaan yang ingin mendaftarkan saya ikut bpjs tp atas nama pribadi ,
    pas saya daftar ternyata gak boleh salah satu harus semua yg ada di KK . Sedangkan yang ada di KK orang tua dan adik saya . jadi saya daftarkan semua . perkiraan bisa gak kalo orang tua dan adik saya sengaja untuk tidak dibayarkan bpjsnya . lalu semisal adik saya bekerja ,, bisa gak kalo sewaktu2 buat bpjs baru lagi.. mohon di jawab ya

    Reply
    • admin

      settie, BPJS merujuk ke data kartu keluarga dan wajib bagi semua warga negara utk punya BPJS Kesehatan. salam

      Reply
  149. leonardo

    Mau nanya. Bpjs.. saya ikut bpjs jht. Dan bpjs jesehatn. Dari perushaan. Tmpt saya kerja.. dan tiap bln potongn 60000.per bulan.tp kok dapat kelas dua??dan obat obatnya .. generik semua…dan untuk rmh sakit swasata. Terapi laser tdk tanggung bpjs…mohon penjelsanya..

    Reply
  150. leonardo

    Waktu saya operasi fistal benjoln dekt anus. Di rumh sakit pemerintah..Baru 3 hari hbis operasi. Sudah fi suruh pulng. Jln saja masi belum.normal. darah msi.bnyk.menglir. dan obat yg dikasi generik tdak ada nanfaatnya…terpksa saya pkr uang sendri.. beli obat paten.. baru darah bethenti..tolong pada bjs. Agar memberikn .. sangsi atau peringatan. Buat rmh sakit ygambil untung…kita bukan.gratis. tp bayar iuran bulnan…dan oerbaiki obat obatnya… hilngkn generik…di bali saja ada namnya bali mandra.. pengobatn.grtis untuk.msyrajat.. tnpa byar iuran…lucunya. satu kmr dengn saya ..yg bayar iuran.. waktu opersi..

    Reply
  151. Fandy

    Assalamu Wa’alaikum Admin, numpang tanya.
    Sy sdh terdaftar sebagai peserta BPJS (sebelum nikah) yg didaftarkan dan ditanggung sebagian oleh perusahaan tempat sy bekerja. Sekarang sy sdh menikah dan memiliki 1 anak, istri sy juga terdaftar perorangan di BPJS. Tadi Istri sy hendak mendaftarkan anak kami sebagai peserta BPJS perorangan juga.
    Tapi petugas BPJS kesehatan menyarankan agar istri dan anak ikut sy agar tidak perlu banyak membayar.
    Pertanyaam sy: apakah setelah mereka masuk ke dalam kepersertaan sy di BPJS, perusahaan tempat sy bekerja akan mengeluarkan biaya lebih utk BPJS sy atau iurannya tetap sama.?

    Reply
  152. Lisdian

    Assalamualaikum.. saya mau tanya, alamat KTP saya di daerah majalengka. Tapi skrg saya tinggal d bamdung dikarenakan sedang kuliah. Jika saya mau berobat ke rumah sakit yang ada di bandung menggunakan bpjs kesehatan, bagaimana alurnya??
    terima kasih

    Reply
  153. la fijara ode

    asalamualaikum, pak bagaimana jika korban adalah anak umur di bawah 16 tahun dan kakinya di amputasi, ketika di pulangakan di kampung kakanya kakinya terasa sakit dab bernana, bgmna dengan pengobatannya, apakah bisa di gunakan kartu bpjs daerah asalnya? kalau bisa bagaimana dengan obat – obatan yang di gunakan selama melaporkan kartu bpjs yang berbeda daerah tersebut?

    Reply
  154. mustofa

    min mau nanya
    saya kan pekerja dipt,terus iuran bpjs udah otomatis dipotong tapi kok ga dikasih kartu bpjsnya ya,soalnya temen2 saya sudah pada dapat,itu kenapa min??
    tolong dibales min

    Reply
  155. zumrotul faridah

    Pak mau tanya,
    Mohon maaf sebelumnya, jadi begini pak/bu, di kantor saya di berlakukan BPJS kesehatan utk karyawan, saya mau daftar tp di tolak dr pihak BPJS alasannya saya terdeteksi sebagai salah satu anggota Askes/Jamkesmas. utk dpat mendaftar sya harus menghapus anggota Askes saya,, mohon bantuan dan bimbingannya perihal masalah ini,, terima kasih

    Reply
  156. rasyid

    Saya mau tanya .
    Kemaren saya bayar bpjs dan berhasil tapi tidak tercetak bukti bayar
    Lalu saya cek saldo masih utuh . Lalu saya ulangin lagi tapi tidak berhasil tertera
    “Kartu anda tidak terdaftar ”

    Hari berikutnya say cb kembali dan berhasil ada buktinya.
    Tapi kenap terpotong 2x
    Pertanyaan nya apakah kalo bayar 2x dalam sebulan .

    Bulan berikutnya harus bayar lagi ?

    Reply
  157. mardani

    apa BPJS tdk ada gunanya di puskesmas padahalkan puskes termasuk layanan instansi pemerintah yg harusnya pasien bpjs setempat free service …klo harus bayar juga buat apa pake program bpjs.
    …mending pake program kesehatan daerah….bpjs PARAH.

    Reply
  158. Andi Fatahillah Jalil

    Kenapa di kartu askes adik saya golongan 4.. akan tetapi pada saat di suruh perubahan data ke BPJS fas kesehatan mendapatkan kelas 1, kenapa dan tolong jelaskan secara detail dr segi admin dan biaya ?

    Reply
  159. Ingeu

    Assalamualaikum.saya mau bertanya.saya mau berobat.faskes saya tingkat 1.sdngkan fskes tingkat 1 itu d puskesmasnya libur kalau hari mnggu.bgmana solusinya saya kermh sakit atau bagaimna?kn tdk mngkin kalau mau berobat menunggu.trmakash

    Reply
  160. Thia

    Halo min,
    kalau saya udah punya kartu jakarta sehat (KJS),
    apakah WAJIB mendaftar di BPJS kesehatan lagi? Karena ditempat saya bekerja mewajibkan membuat BPJS.
    mohon infonya, thankyou

    Reply
  161. charles siregar

    Selamat Pagi Pak
    Saya mau nanya.
    1. Bagaimana cara nya saya mendaftar bpjs ketenaga kerjaan sementara Saya terdaftar dalam bpjs kesehatan faskes tingkat I ? dan apa saja yang harus saya persiapkan ?
    2. Di dalam bpjs ketenaga kerjaan berapa anak yang dapat di tanggung ?
    3. Jika anak kita ada 4 bagaimana mendaftarkan anak keempat jika di bpjs hanya bisa terdaftar 3 anak ?.
    terimakasih
    salam

    charles

    Reply
  162. Suryo Adi Purwono

    Saya semula tinggal di Kota Brebes – Jawa Tengah….sekarang pindah domisili ke kota Nganjuk – Jawa Timur, sebagai peserta Asuransi Kesehatan ingin bertanya bagaimana prosedur pindah pelayanan Askes antar provinsi…trima kasih..

    Reply
  163. Ahmad

    Selamat siang. Saya dan anak istri sdh ikut BPJS. Minggu lalu anak saya masuk UGD rumah sakit/klinik swasta yg belum kerjasama dg BPJS, krn RS yg kerjasama dg BPJS lokasinya jauh. Apakah saya dapat mengklaim biaya RS tsb? Tks.

    Reply
  164. asep

    salam
    om saya meninggal sudah hampir 2 bulan sejak bulan April,namun Pembayaran sudah ke tahun 2017.
    apakah ada santunan buat yang meninggal ?
    Mengenai pembayaran yang sudh ke tahun berikutnya apa mungkin bisa di ganti nama kepemilikan ?,atau sejenisnya
    tolong pencerahannya !
    Terimakasih

    Reply
  165. Darmawan

    Mau tanya : Saya mendapat rujukan dari faskes 1 yg tertera di kartu bpjs dan harus berobat jalan ke specialis penyakit dalam, dan pasien tersebut medical record nya sudah ada di rs yang dahulu merawatnya sewaktu di rawat inap di rs tersebut, tapi sekarang katanya tidak bisa dapat rujukan ke rs tersebut karna domisili saya tidak 1 wilayah dengan rs tersebut padahal msh sama 1 kota bandung, Apakah memang ada aturan yg mengatur bahwa rujukan harus dibagi per wilayah ??padahal masih 1 wilayah, tolong bpk adm berikan informasi tentang aturan tersebut kalau ada berikut UU nya supaya saya dapat memperhatikan untuk kasus berikutnya…terima kasih

    Reply
  166. Rsyid

    saya adalah salah satu karyawan swasta, dan BPJS Kesehatan saya diurus oleh Perusahaan saya, tp ketika saya memilih Klinik FASKES tingkat 1, saya memilih yang dekat dengan rumah saya, akan tetapi Perusahaan mengatakan bahwa klinik tersebut tidak bisa dan hanya klinik-klinik dalam list tertentu yang boleh didaftarkan oleh perusahaan. mohon penjelasannya??

    Reply
  167. Andri

    Saya sudah menjadi peserta bpjs kesehatan kelas 3, setelah berjalan beberapa hari saya lihat di kartu peserta ternyata foto yang terpasang tertukar (fota si Adik tapi yang tertulis nama si B) bagaimana cara merubahnya ? terima kasih.

    Reply
  168. samsu

    saya mau nanya kalo BPJS ketenaga kerjaan bisa untuk berobat ke klinik/puskesmas apa tdk ya ?

    Reply
  169. yus suprawindarum

    Saya sudah menjadi peserta bpjs kesehatan kelas 1, dengan faskes. 1 dr. umum/pribadi, dan waktu sy mendaftar sy tidak mencantumkan faskes. gigi nya, bagaimana cara nya saya bisa menambah kan faskes. gigi nya ya ?

    Reply
  170. nina

    maaf mau tnya jika BPJS berhenti karena sudah pisah ma suami gimana syarat pencabutannya??

    Reply
  171. Ricky

    Mau tanya pak, Temen saya dirawat disalah satu rumah sakit swasta (rekanan BPJS), dikarenakan fasilitas rumah sakit tsb tidak lengkap sedangkan dokter akan mendianogsa penyakit tsb. maka pasien diarahkan utk periksa diluar rumah sakit tsb. yang menjadi permasalah temen saya itu dia harus bayar biaya pemeriksaan tsb dengan mahal.
    Yang saya tanyakan apakah kasus sperti ini bisa diganti oleh BPJS ?
    Dan bgmn Prosedurnya.
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      harusnya kalau pakai BPJS ya tidak perlu bayar lagi. masalahnya mungkin teman Anda itu berobat ke rs lain tanpa lewat BPJS, jadi ujungnya bayar sendiri.

      Reply
  172. eka tiarni

    bagaimana jika faskes tingkat 1 lebih dari 500 jiwa dialihkan kemana faskesnya

    Reply
  173. RIRI ANGGRAINI

    pak saya mau tanya, saya kan belum dan ingin daftar BPJS Mandiri, sebelum menikah suami saya sudah terdaftar bersama orangtuanya sebagai peserta BPJS juga. ada tunggakkan pembayaran kurang lebih 1 tahun dikarenakan ada masalah keuangan. Yang saya mau tanyakan bisa gak dilunasi iuran tunggakan suami saya dulu agar saya bisa mendaftar BPJS, karna kan KK nya sudah terpisah dari orantunya.

    Reply
  174. devi

    mau tanya apa bisa ganti faskes 1. orangtua sdah trdaftar brtahun tahun ..tp ank anknya baru aktif .. kan ganti faskes 1 hrus berdasarkan satu kk.

    Reply
  175. Nita

    Selamat sore. sebelumnya kartu BPJS keluarga saya (Ayah, Ibu dan saya) menunggak. Sekarang sudah saya lunasi untuk ayah dan ibu saya, namun untu BPJS saya belum saya lunasi. Apakah ayah dan ibu saya bisa berobat lebih dulu sementara saya belum melunasi tunggakannya ? Mohon pencerahan

    Reply
  176. purwan

    permisi pak selamat sore, maaf mau tanya sebelumnya saya pernah berobat ke RS poli mata tanpa bpjs. dan di kasih resep obat dari dokter.

    yang saya mau tanyakan, tebus resep dari dokter menggunakan bpjs bisa tidak ya?

    trima kasih sebelumnya.

    Reply
  177. andi m

    Jika nunggak 6 bulan BPJS di non aktifkan… pertanyaannya adalah bagaimana jika setahun lalu sy mempercayakan BPJS cabang Mattoanging Makassar Sulsel Jl. Perintis Kemerdekaan, Depan MTOS, untuk membayarkannya secara otomatis dipotong setiap bulan. lalu petugasnya di cabang nattoangin tsb bilang iya,iya, ok,ok, Tapi… Setelah satu tahun, saya iseng2 Cek di Loket2ppob dan loket alfamidi, ternyata tunggakan saya sdh berbulan2. Berarti pihak bank pernah membayar pada awalnya, selanjutnya telat atau tidak, entahlah… Akhirnya , Status BPJS saya di nonaktifkan… sy sdh lapor www=lapor=go-id dan www=ombudsman.go.id LENGKAP bukti2nya…

    Reply
  178. Defa

    Tolong dong gambarnya diganti, BPJS Kesehatan tidak sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Gambarnya itu gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan. Please be more careful before posting. Terima kasih.

    Reply
      • ahmad fauzan

        yth.admin
        1.apakah dalam satu keluarga bisa memilih faskes yang berbeda?
        2.dan apakah satu keluarga mendapat kartu bpjs sendiri- sendiri?
        3.apakah rujukan faskes 1 bisa di gunakan di rumah sakit swasta?
        mohon pencerahanya makasih….

  179. Elga

    Permisi saya mau tanya jadi waktu pertama daftar BPJS keluarga saya hanya mendaftarkan ayah, ibu dan adik saya yang paling kecil karena pada saat itu saya masih di tanggung oleh perusahaan. tapi tidak berapa lama kemudian saya keluar dari perusahaan selama 1.5 tahun saya tidak mempunyai BPJS dan sekarang di tempat saya bekerja menggunakan BPJS. Apakah 1,5 Tahun saya itu merupakan Hutang ? karena tiba tiba bulan ini semua BPJS keluarga saya di blokir padahal kami rutin membayarkan iuran nya.

    Terima Kasih

    Reply
  180. Dessy

    Saya PNS memeliki ASKES sudah 10 tahun..apakah perlu di urus menjadi BPJS ? dulu di ASKES saya masih pake KTP Jakarta dan sekarang Sudah pindah ke tangerang dan KTP Tangerang. apakah bisa di gunakan di wilayah Tangerang atau Di jakarta ? mohon pencerahannya pak, karna tidak ada sosialisasinya bagi kami sebagai PNS semenjak ASKES sdh menjadi BPJS ..bapak kan tau sendiri gaji kami sdh terpotong otomatis tiap bulan untuk ASKES/BPJS

    Reply
  181. lasma

    pa saya mo tanya klo saya punya bpjs bogor kemudian saya pindah ke sukabumi,apakah masih bisa bpjs bogor terpakai,dan apa2 saja syaratnya…..trimakasih

    Reply
  182. Ayu Seventina

    Permisi Pak,

    Pak saya mau tanya, awalnya saya mendaftarkan keluarga saya sebagai perorangan/mandiri sebanyak 5 orang. lalu dipindahkan menjadi badan/perusahaan tempat orangtua saya bekerjaa. Pada saat pemindahan ke perusahaan, hanya ada 4 org saja yang terdapat atas nama badan. Saya mau cek tagihan pembayaran atas nama yang katanya tidak termasuk dalam badan. Setelah saya cek melalui web nya BPJS kesehatan, ada tertulis bahwa “Data Peserta yang anda cari tidak termasuk peserta Perorangan” Pada hal, kata orang tua saya bahwa satu orang tersebut tidak ditanggung oleh perusahaan tempat dia bekerja. Apakah satu orang tersebut masuk dalam data perusahaan itu ya pak ? Terimaksih Pak 🙂

    Reply
  183. M. Yunus

    Perkenalkan saya : M.Yunus, saya punya masalah
    1. istri saya sdh lama tidak bekerja di suatu perusahaan , saya masih aktif bekerja di Univ. swasta jakarta,
    2. istri saya sakit danmenggunakan kartu bpjs dari Peserta karyawan UP yg meliputi keluarga
    3. ternyata istri saya berobat di tolak karena kartuny7a double
    4. sehub. istri saya tidask bekerja karena per. bangkrut, ternyata istri harus bayar tunggakan sebesar Rp. 500.000
    5. saya tidak terima …. adakah badan hukum yg menyelesaikan permasalahan ini

    Reply