Cara Memilih Perumahan Terbaik

  • November 15, 2014

Rumah adalah kebutuhan utama. Karena itu, memilih rumah adalah keputusan penting. Bagaimana cara memilih perumahan terbaik?

Membeli rumah bukan  proses yang mudah. Selain karena besarnya jumlah uang yang dilibatkan, banyaknya faktor, termasuk emosional, ikut mempengaruhi. Pengalaman saya, proses pemilihan bisa dilakukan dengan efektif jika ada kriteria dalam memilih perumahan terbaik.

Apa saja kriteria tersebut ?

Kriteria Memilih

Berikut ini kriteria memilih perumahan terbaik sbb:

1. Fasilitas Pendukung

Rumah tidak hanya berbicara tempat tinggal, tetapi juga bagaimana bisa hidup nyaman dalam lingkungan perumahan. Karena itu, fasilitas pendukung menjadi krusial.

Apa saja fasilitas pendukung yang dibutuhkan?

Area perumahan berlokasi dekat dengan fasilitas, termasuk pasar modern, mal, sekolah, rumah sakit, dan taman-taman kota.  Tetapi lebih dari itu, kawasan kota mandiri menawarkan fasilitas yang lebih luas. Antara lain perkantoran, universitas dan  mall. Tidak banyak kawasan yang menawarkan fasilitas pendukung  lengkap.

2. Transportasi

Transportasi adalah hal penting, terutama di kota besar seperti Jakarta. Harga properti yang sangat mahal di lokasi strategis di tengah kota menunjukkan pentingnya akses transportasi. Transportasi yang baik memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuni.

Apa ciri fasilitas transportasi yang baik ? Perumahan memiliki beragam moda transportasi. Mulai dari mobil pribadi, bis kota, angkutan kota sampai kereta api. Variasi moda memberikan alternatif buat penghuni.

3. Reputasi Developer

Membeli rumah itu membeli kepercayaan. Pengembangan kawasan tergantung reputasi dan komitmen dari pengembang. Pengembang yang baik akan menghasilkan kawasan yang baik. Maka dari itu, pemilihan developer yang punya reputasi baik menjadi sangat penting.

4. Dukungan KPR

Hampir 70% pembelian rumah di Indonesia dilakukan dengan fasilitas kredit dari bank. Bank punya peran penting dalam pembelian rumah. Bank biasanya hanya akan memberikan fasilitas KPR kepada pengembang yang memiliki kerjasama dengan bank.

Apa Perumahan Pilihan ?

unit link

Apa perumahan yang memenuhi semua kriteria tersebut diatas. Karena lokasi di Jakarta, saya mengambil perumahan di Jabodetabek.

Salah satunya adalah kawasan mandiri BSD City dari Sinar Mas Land. Kawasan ini punya sejumlah keunggulan:

Pertama, kawasan ini punya fasilitas lengkap. Perumahan dari tipe kecil sampai mewah, pasar modern terbaik, rumah sakit, infrastruktur jalan dan taman, serta kawasan niaga dan mall. Tidak hanya itu, perkantoran dan universitas hadir pula. Dengan fasilitas tersebut, penghuni punya kesempatan luas untuk tinggal, bekerja, bersekolah dan bermain di kawasan ini.

Kedua, memiliki sarana transportasi berbagai moda. Mobil pribadi dengan akses tol dalam kota dari berbagai arah, bus kota feeder, serta kereta commuter line yang merupakan moda paling cepat dan murah untuk menjangkau pusat kota.

Ketiga, reputasi pengembang Sinarmas Land. Mereka memiliki pengalaman dan modal mengembangkan kawasan perumahan, niaga dan hotel, di Indonesia dan luar negeri . Menyabet banyak penghargaan properti berskala internasional.

Keempat, banyak bank besar yang kerjasama menyediakan KPR untuk pembelian rumah di BSD City. Ini mempermudah pembelian rumah dan menunjukkan kepercayaan perbankan terhadap perkembangan kawasan ini.

Kelima, BSD City memiliki landbank yang sangat luas. Ini membuat potensi pengembangan kedepan masih sangat besar. Ada banyak kesempatan di kawasan ini.

Kesimpulan

Membeli rumah bukan proses mudah. Tapi dengan menentukan kriteria  prosesnya bisa lebih mudah. Menggunakan kriteria yang ada, BSD City dari Sinar Mas Land adalah perumahan pilihan. Kawasan mandiri ini layak jadi pilihan tempat tinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!