Berlangganan
Follow Facebook Page
Follow Twitter

Banyak hal kita tidak tahu, tapi sebenarnya sangat penting, ketika memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk keluarga kita. Ini tujuh tips bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Sejak artikel mengenai memilih asuransi kesehatan muncul, banyak pertanyaan datang ke email saya setiap hari. Minta saran, tukar pendapat, curhat dan tidak jarang kritik. Kolom komentar juga tidak sedikit berisi ungkapan pembaca – pembaca yang bertanya dan berkomentar.

Ini tentu hal yang luar biasa. Karena awalnya, tulisan tersebut dibuat sebagai sharing pengalaman saya  (betapa tidak mudahnya) mencari perusahaan dengan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang cocok dengan kebutuhan keluarga. Responnya ternyata luar biasa.

Dari sini, saya jadi sadar bahwa banyak masalah dihadapi orang ketika memilih asuransi kesehatan. Ini bukan produk yang user-friendly seperti gadget, tanpa perlu baca manual book, semalam pakai langsung bisa. Ini adalah produk asuransi yang fitur dan ketentuannya kompleks.

Saya ingin semua orang di Indonesia bisa memilih produk asuransi yang manfaatnya sesuai kebutuhannya. Bukan karena pilihan si agent atau bujukan teman, tapi karena memang itu pilihan dia atas dasar pemahaman apa kebutuhannya.

Tapi, untuk itu, mereka harus tahu bagaimana cara memilih yang baik.

Temuan – temuan di lapangan saya rangkum, renungkan kembali, dan diskusikan dengan teman – teman di asuransi, kemudian intisarinya saya tuangkan dalam tujuh tips cara memilih asuransi kesehatan dibawah ini.

Tips#1: Ajukan Asuransi Kesehatan Saat Sehat

Pernah saya menerima email dari seseorang yang ingin mengasuransikan ibunya yang saat itu sedang dirawat di ICU sebuah rumah sakit di pinggiran Jakarta. Dia mengaku, “ saya baru sadar betapa pentingnya asuransi setelah ibu saya masuk rumah sakit”.

Saya jawab, “terima kasih atas kesadaran Anda. Tapi, dugaan saya, kecil sekali kemungkinan perusahaan asuransi akan menerima permohonan asuransi kesehatan Ibu Anda. Saran saya, lebih baik Anda yang segera mengambil asuransi kesehatan”. Email saya tidak dijawab. Tidak tahu dia kecewa atau kaget atas jawaban itu.

Di dalam asuransi kesehatan dikenal yang namanya ketentuan ‘pre – exisiting condition’. Kondisi penyakit yang sudah ada sebelum Anda menjadi nasabah asuransi kesehatan. Penyakit – penyakit yang sudah ada ini umumnya tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Walaupun, dalam kondisi tertentu bisa saja perusahaan asuransi mau menanggungnya.

Poinnya sederhana, ajukan diri Anda ke asuransi, ketika sehat. Saat sudah sakit, sangat besar kemungkinan asuransi menolak permohonan Anda.

Hukum kerja di asuransi adalah hukum kemungkinan. Dari setiap polis yang diterbitkan ada kemungkinan nasabah sehat, ada kemungkinan nasabah sakit. Kemana nantinya nasabah, sakit atau tidak, tidak ada yang tahu. Makanya, perusahaan asuransi bisa beroperasi dan untung.

Kalau nasabah yang diterima sudah sakit, asuransi pasti rugi karena biaya rumah sakit lebih besar dari premi polis. Makanya perusahaan asuransi tidak mau terima nasabah yang sudah menderita sakit.  Mereka lembaga profit, bukan lembaga sosial.

Jadi, jika merasa butuh asuransi kesehatan, ajukan saat ini juga. Jangan ditunda. Semakin cepat, semakin baik karena semakin kecil kemungkinan sudah punya penyakit, semakin besar kemungkinan disetujui permohonannya.

Tips#2: Ajukan Asuransi Kesehatan di Usia Muda

Makin bertambah usia, apakah risiko sakit atau kematian makin tinggi? Of course, iya. Itu sudah hukum alam.

Perusahaan asuransi memperhitungan premi asuransi kesehatan berdasarkan hukum tersebut. Meskipun kondisi sehat, orang berumur lebih tua membayar premi lebih mahal dari yang umur lebih muda. Umur menentukan tingkat premi.

Karena itu, ajukan asuransi sedini mungkin. Pertama, Anda menghemat karena membayar premi asuransi kesehatan lebih murah. Kedua, risiko sudah terkena penyakit lebih kecil disaat muda, sehingga kemungkinan diterima asuransi lebih besar.

Sayangnya, saya melihat banyak teman – teman yang masih muda dan punya cukup pendapatan (untuk bayar premi) enggan mengambil asuransi. Alasannya, merasa sehat dan melihat asuransi sebagai biaya. Tidak menganggap manfaat asuransi sesuatu yang tangible, yang bisa dilihat dan dinikmati (gadget itu tangible). Ini tentu pemikiran yang salah.

Tips#3: Pilih Asuransi Kesehatan, Bukan Cash Plan

Seorang ibu pernah kirim email ke saya menunjukkan penawaran premi asuransi kesehatan yang cukup murah. Waktu itu, preminya separuh dari yang saya miliki dengan ketentuan kamar 1 juta per hari, sementara jatah kamar asuransi saya 800 rb per hari. Jadi asuransi yang saya pilih, terlihat tidak menarik, premi lebih mahal dan tariff kamar lebih rendah.

Selidik punya selidik. Saya tahu alasannya, kamar 1 juta per hari yang disebutkan ibu tadi adalah jenis asuransi yang disebut cash plan. Cash-plan adalah jenis asuransi dengan manfaat berdasarkan berapa lama dirawat inap. Misal dirawat 10 hari, asuransi mengganti 1 juta kali 10 hari, yaitu 10 juta. Tanpa melihat lagi berapa tagihan sebenarnya.

Sedangkan, asuransi kesehatan yang baik adalah yang melakukan penggantian berdasarkan tagihan biaya – biaya perawatan di rumah sakit. Ada biaya kamar, biaya dokter, biaya obat, biaya lab, biaya operasi, biaya spesialis dan lain – lain, dimana masing – masing memiliki plafond sendiri – sendiri. Sehingga dengan skema ini, kecil kemungkinan mengalami overplafond yang mengharuskan kita merogoh kocek sendiri untuk membayar tambahan biaya yang tidak ditanggung asuransi.

Ini ilustrasi betapa berbedanya manfaat asuransi kesehatan dibandingkan cash plan.

Cash plan itu terlihat murah dengan premi yang lebih rendah. Tapi kalau kita hitung dengan baik, membandingkan premi versus manfaatnya, cash plan menjadi mahal.

Jadi cash plan jangan diambil? Boleh saja diambil. Tapi, Anda harus punya terlebih dahulu asuransi kesehatan yang mengganti berdasarkan rincian tagihan biaya perawatan di rumah sakit. Cash plan sebaiknya menjadi proteksi tambahan, misalnya untuk mengganti pendapatan yang hilang (contoh enterpreneur) karena tidak bisa bekerja selama dirawat inap di rumah sakit.

Tips#4: Perhatikan Syarat Rawat Inap

Awalnya, saya berpikir bahwa anytime dirawat inap saya bisa mengajukan klaim ke asuransi. Nyatanya tidak.

Ada syarat – syaratnya. Pihak asuransi menetapkan aturan mengenai rawat inap, sebagai berikut:

  • Rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Artinya jika rawat inap di klinik, pihak asuransi tidak akan menggantinya. Pastikan dengan pihak asuransi, apa yang dimaksud rumah sakit.
  • Berapa lama rawat inap menjadi persyaratan. Ada yang menetapkan 1 hari rawat inap sudah bisa diklaim, tapi ada yang mengharuskan minimal 2 hari rawat inap. Ada yang hanya di UGD (tidak perlu masuk kamar dulu) selama minimal beberapa jam, sudah bisa diklaim karena masuk kategori rawat inap. Persyaratan ini harus jadi pertimbangan saat mengevaluasi penawaran asuransi. Tanyakan ke agen soal ketentuan rawat inap ini.

Tips#5: Satu Polis untuk Satu Keluarga

Buat yang sudah berkeluarga, pasti asuransi kesehatan diperuntukkan untuk lebih dari satu orang. Contohnya, saya mengajukan tiga orang anggota keluarga – orang tua dan anak.

Pertanyaannya, apakah perlu beli beberapa polis untuk masing – masing anggota, atau cukup beli satu polis untuk semua anggota keluarga? Apa bedanya?

Beli satu polis lebih murah dari beli beberapa polis untuk satu keluarga. Saya sudah cek ke beberapa asuransi dan membandingkan premi yang perlu dibayar.

Ini karena asuransi kesehatan, terutama di unit-link, adalah rider (asuransi tambahan) dari asuransi utamanya yaitu asuransi jiwa. Dengan beli polis terpisah, itu artinya semua anggota keluarga harus membeli asuransi jiwa. Sementara mungkin saja, tidak semua anggota keluarga butuh asuransi jiwa (misal hanya pencari nafkah utama yang butuh, anak atau istri/suami tidak butuh).

Oleh karena itu, Anda lebih baik mencari asuransi kesehatan yang bisa menanggung satu polis untuk satu keluarga. Ada? Ada. Saya sudah mengambilnya.

Tips#6: Bisa Double – Claim

Dengan inisiatif pemerintah meluncurkan program jaminan kesehatan nasional, hampir semua orang saat ini sudah memiliki jaminan kesehatan. Meskipun begitu, banyak yang belum puas dengan fasilitas kesehatan tersebut dan ingin membeli asuransi kesehatan tambahan.

Di lain pihak, rumah sakit hanya mengeluarkan satu kwitansi asli. Kalau begitu, klaim terancam tidak bisa dilakukan terhadap asuransi tambahan. Bagaimana bisa mengambil asuransi lain jika begitu?

Itu tidak perlu terjadi jika pihak asuransi menerima double – claim. Itu artinya salah satu pihak asuransi kesehatan  mau menerima kwitansi legalisir (tidak perlu kwitansi asli) untuk membayar klaim. Ini membuat proses double – claim dapat dijalankan.

Meskipun saat ini hanya punya satu asuransi, Anda harus antisipasi bahwa selalu ada kemungkinan memiliki asuransi kesehatan lain. Karena itu, pilih asuransi yang bisa menerima double – claim.

Tips#7: Asuransi Kesehatan Murni

Saya pernah membaca seorang pengamat Reksadana menulis di kolomnya bahwa dia ‘terpaksa’ memilih asuransi kesehatan unit – link karena tidak ada asuransi kesehatan murni. Padahal, dia sudah punya investasi di Reksadana.

Dalam unit link ada porsi investasi, sehingga pengamat ini yang membeli asuransi kesehatan unit link sebenarnya melakukan pemborosan karena dia sudah punya investasi di Reksadana. Lebih baik uangnya digunakan untuk menambah investasinya di Reksadana.

Saya tidak bilang jangan membeli unit link. Tidak sama sekali. Beli produk yang memang sesuai kebutuhan Anda, itu pesan saya.

Artinya, kalau anda sudah punya investasi, misalnya di Reksadana, emas, properti, mengapa perlu beli produk asuransi yang punya unsur investasinya. Lebih baik beli produk asuransi kesehatan murni yang tidak punya unsur investasi.

Premi asuransi kesehatan murni lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan unit link. Atau jika preminya sama, manfaatnya lebih besar di asuransi kesehatan murni.

Pesannya jelas. Beli produk sesuai kebutuhan Anda. Kalau memang belum punya investasi, beli asuransi kesehatan unit link merupakan satu hal yang bisa dilakukan.

asuransi term life

Kesimpulan

Asuransi bukan produk yang user-friendly seperti mobile phone atau tab. Apalagi asuransi kesehatan. Pengertian produknya cukup kompleks dan banyak disclaimer-nya. Sayangnya, banyak yang tidak mau baca polis dan belajar memahami pengertian asuransi kesehatan pilihannya. Akibatnya, pilihan kerap kurang tepat (premi mahal, manfaat kecil dan lain – lain), yang berujung komplain sia – sia ketika klaim rawat inap tidak diganti sesuai harapan.

Saya berterima kasih kepada teman-teman yang sudah banyak memberikan komentar dan masukkan terhadap artikel saya sebelumnya soal asuransi kesehatan. Selain menambah wawasan, saya belajar banyak soal masalah – masalah yang dihadapi seseorang ketika mencari asuransi kesehatan. Membantu menghindari kesalahan itu berulang, saya rangkum semuanya dalam tujuh tip bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Ingin tahu apa asuransi kesehatan yang cocok untuk keluarga Anda atau orang tua Anda, bisa konsultasi disini. Semoga bermanfaat.

139 Responses

  1. andi

    Sekedar sharing. Pre-existing condition biasanya diakali oleh asuransi dgn cara adanya masa tunggu (biasanya 1 tahun atau lebih).
    Namun untuk group insurance, biasanya masa tunggu ditiadakan. Jadi kalau mau bisa join ke asuransi group agar tdk perlu ada masa tunggu

    Reply
    • admin

      Betul pre-exissting biasanya baru bisa diklaim setelah 2 tahun sejak asuransi disetujui. meskipun dari case2 yang saya lihat, perusahaan asuransi tidak selalu menerapkan pre-exisiting. semuanya tergantung hasil analisa perusahaan asuransi. kalau group insurance, ini harus bersama-sama dan ada ketentuannya. jadi buat individual tidak semudah itu join ke group insurance.

      Reply
      • venty

        pak, apa ada ya produk asuransi yg mau menanggung pre existingnya hypertensi klasifikasi ringan klo ada asuransi apa ya?

      • admin

        Mengenai pre-kondisi, terus terang sulit menentukan dari awal apakah hypertensi akan diterima atau ditolak oleh pihak asuransi. Karena setiap nasabah punya kasus yang berbeda-beda dan asuransi punya pertimbangan tertentu yang berbeda untuk setiap kasus. saya tahu ada klien asuransi yang menderita hypertensi dan diterima oleh pihak asuransi.

        Saran saya, ajukan saja dulu permohonan asuransi kesehatannya, karena prosesnya juga gratis. Dari situ baru bisa tahu pasti apakah hypertensi diterima atau tidak.

  2. Fudianto

    Cash Plan bisa digunakan untuk mencari “Untung” jika sudah memiliki asuransi kesehatan.
    Untuk dobel claim dengan 2 perusahaan asuransi berbeda, hanya butuh Surat Koordinasi. Jadi perusahaan A membayarkan sejumlah klaim dengan meminta kwitansi asli, lalu perusahaan A membuat Surat Koordinasi (jika dminta nasabah), kemudian Surat ini digunakan sebagai dokumen untuk klaim di perusahaan B.

    Reply
    • admin

      terima kasih atas masukkannya. utk double claim, ada juga asuransi yang hanya membutuhkan kwitansi legalisir. salam

      Reply
  3. andi

    Admin, bisa ulas ttg BPJS lebih lanjut? Saya masih penasaran dgn manfaatnya. Karena bisa cover sampai ratusan juta per tahun dan tdk ada masa tunggu alias kondisi apapun diterima. Bbrp org yg sy kenal sdh dpt manfaat dr ini

    Reply
    • admin

      Trims sarannya. Mungkin ini jadi salah satu masukkan untuk topik-topik berikutnya. Salam

      Reply
    • admin

      Saya ambil asuransi kesehatan yang bisa satu polis untuk satu keluarga karena menurut saya lebih efisien. Itu ada di Manulife.

      Reply
  4. antony

    pak, apakah asuransi kesehatan murni bisa untuk semur hidup ? artinya dijamin tidak ada penolakan sepihak oleh perusahaan asuransi ketika melakukan perpanjangan polis tiap tahun ? bagaimana suatu ketika kita sakit misal nya kanker, tentu tidak ada jaminan medis penyakit tersebut bisa sembuh total, ini akan menjadi penyakit seumur hidup, nah … dgn kondisi ini bisa2 sewaktu perpanjangan polis , akan di tolak oleh perusahaan asuransi nya, karena kerugian sudah didepan mata. apa solusi nya pak , jika ingin mengambil asuransi kesehatan yg bisa menjamin seumur hidup kita kalau kita jatuh sakit dan penyakit tersebut tidak bisa sembuh. saya sampai sekarang sangat bingung utk mengambil asuransi yg mana , mohon advice nya. saya berusia 33 tahun, istri 26 tahun dan punya 1 anak usia 2 tahun berjalan. saya ingin mengambil asuransi kesehatan utk saya ,istri dan anak. dan asuransi jiwa utk saya dan istri. tapi satu2 dulu, saya mau fokus ambil yg kesehatan dulu. takut salah pilih pak. budget saya perbulan saat ini mampu menyisihkan 2 juta / bulan utk kebutuhan asuransi kesehatan dan jiwa. terima kasih sebelum nya pak, saya antony – domisili cengkareng – jakbar.

    Reply
    • admin

      Ini jawabannya perlu cukup detil. Saya kirim via email. Please check email-nya.

      Intinya, asuransi kesehatan dan jiwa yang Anda butuhkan itu ada dengan premi yang cukup terjangkau (mulai dari Rp 500 rb per bulan).

      Reply
      • Eka

        Pak tlg di email ke saya jg jawabannya…karna pertanyaan saya sama seperti bapak Antony…terima kasih
        Salam Kenal

      • fatma

        Pak,tolong email ke saya juga,karna pertanyaan saya sama pak,terima kasih..

        Salam Hangat

      • Thiar

        Sy sangat butuh jg info yg ditanyakan ini. Please, share ke email sy jg bang ya.. Thanks in advanced.

      • Hary wibowo

        Pak, share ke email saya jugaya, coz lagi bingung juga nih mau pilih asuransi yang cocok, thanks….

      • admin

        Perlu saya sampaikan bahwa info yang dikirimkan via email itu sebenarnya secara umum sama dengan isi tulisan ini. Kami menyampaikan via email karena ada informasi pribadi yang dibutuhkan, yang tidak mungkin disampaikan dalam forum terbuka. Biasanya jika pembaca membutuhkan informasi spesifik untuk kebutuhan asuransi keluarga mereka, maka infonya disampaikan lewat email.

        By the way, kami sudah kirimkan email ke Anda.

      • prima

        Pak Admin, bisa minta jawaban seperti pertanyaan Bapak Antony. Terimakasih

      • lia

        pak, saya baru mulai bekerja (fresh graduate) dan ingin mengikuti asuransi. tetapi saya bingung asuransi apa yg perlu saya ambil. saya berencana punya 2 jenis asuransi. yg jelas saya ingin mengambil asuransi kesehatan tetapi saya bingung asuransi apalagi yg perlu saya ambil. saya berumur 25th, lajang, merantau di jakarta, belum punya rumah (masih ngontrak), tdk punya mobil, gaji antara 4-5juta dan berencana menyisihkan sekitar 15% untuk asuransi. saya juga ingin berinvestasi, rencana ingin mencoba emas atau forex trader. saya juga ingin meneruskan pendidikan, tetapi masih bingung saya ingin membiayai pendidikan dengan student loan, tabungan atau beasiswa. apakah bapak bisa memberi saran asuransi apa yg harus saya ambil?mungkin bapak juga bisa memberi saran mengenai rencana investasi dan pendidikan saya? terima kasih…

      • admin

        Banyak juga ya tujuan keuangannya. Jika lajang dana belum ada tanggungan, saran saya mulai dengan: investasi, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa (jika sdh punya tanggungan).

      • Fonny

        Pak, tolong kirim ke email saya jg jawabannya karena saya jg lagi bingung. Thanks

      • Andrew

        Pak, apakah saya juga bisa di forward’in untuk hal ini. Karena saat ini saya sudah pakai asuransi kesehatan murni.

    • budiman

      Pak, saya juga punya pertanyaan yang sama, tlg di email kan juga. Terima kasih.

      Reply
  5. lilis

    pak,, saya blom ikut asuransi,, msh mengamati dan jujur aja saya confused n buta mengenai asuransi,,, jd tlg bisa bpk email ke saya asuransi apa yg bbagus dan sesuai dgn kbutuhan saya,,, single 33 thn
    thanks

    Reply
      • fuad

        selamat sore pak, saya saat ini berusia 24 tahun dan ingin mendaftar ke asuransi kesehatan dan jiwa, manakah yg didahulukan? lalu asuransi mana yang bisa saya pertimbangkan untuk pilihan saya?

        regards

  6. Permana

    Saat ini saya sedang mencari informasi asuransi yang bagus karna saya blom tau banyak tentang asuransi, bisa tolong kirim informasinya Pak. Umur saya 31 tahun, istri 25 tahun dan anak 2 tahun. Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Kami sudah kirimkan via email karena butuh beberapa data pribadi keluarga untuk mengevaluasi apa kebutuhan asuransi Anda dan keluarga.

      Reply
  7. Aldy

    Min,

    Saya masih 23 Tahun, Lajang, perokok. asuransi yang cocok untuk saya apa ya?

    Reply
    • admin

      Tergantung tujuannya untuk apa. Kalau belum punya asuransi kesehatan ya ambil yang jenisnya mengganti berdasarkan tagihan, bisa double claim dan preminya terjangkau.

      Reply
    • admin

      ada banyak asuransi. Tergantung kebutuhan Anda apa. Saya kirim beberapa pertanyaan via email untuk bisa menjawab pertanyaan Anda.

      Reply
  8. Viro Dharma

    Pak tlong diinformasikan asuransi yang tepat untuk saya. Umur saya 22, saat ini saya ingin mengambil asuransi kesehatan yang mudah di klaim (langsung klaim saat itu juga mengantisipasi tidak adanya dana di tabungan). Selain itu asuransi yang mengcover penyakit seperti typus, demam berdarah, dn biaya lab apa ada pak? dn juga ditambah penyakit kritis untuk jangka panjang asuransi saya. mohon pencerahannya.

    Best regrads

    Reply
    • admin

      Ada seperti yang Anda minta. Kami butuh info detail untuk bisa menghitung premi. Sudah kami email.

      Reply
  9. dharma

    – sy membaca artikel bpk, bagus dan membantu juga
    – sy amat telat ikut asuransi,dan blm pny asuransi sama sekali
    – usia 51 blm berkeluarga,mau ikut asuransi kesehatan tp bingung milih,karena ada yg nawari medical s/d usia 85(sequis life) dan medical s/d 75 th(generali), secara logika milih s.d usia 85 tp premi sgt mahal
    – mohon beri saran asuransi yg memberi manfaat bgs dg premi relatif lbh murah atau bgmana mengkombinasikan dg bpjs spt artikel bpk diatas
    – terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Perlu dibuat simulasi untuk bisa membandingkan mana yang terbaik karena ada asuransi yang walaupun usia tua tapi preminya masih terjangkau. kami kirim email utk minta data-data pribadi untuk menghitung premi.

      Reply
  10. nanang

    pak.. untuk product asuransi yang sekeluarga apa namanya yah yang dari manulife ?? lalu saya sudah memiliki asuransi sendiri dari kantor niatnya sih ingin mencari asuransi yang bisa melakukan doubleclaim.. ada referensi yang bagus dan terpercaya pak..??

    Reply
  11. handoko

    mohon informasi jika berkenan melalui japri asuransi kesehatan murni yang cashless dengan 1 polis unuk satu keluarga. Ditunggu PM nya

    Reply
  12. jersi

    Pak mau nanya informasi kelebihan kekurangn asuransi unitlink dibndng traditional.
    Tolong bantuanyah Pak?
    klo menurt Bapak lbh baik yng tradisional atau unitlink?
    misalyah unit link, asuransi ap yng rekomen?
    Terima kasih Pak.

    Reply
    • admin

      Unit Link: nilai uang pertanggungannya relatif rendah dan hasil investasi nya relatif kecil karena banyak potongan di 5 tahun pertama. tapi, unit link menawarkan convenience karena Anda cukup beli satu produk mendapatkan proteksi dan investasi.

      Mana yang paling baik, sesuaikan dengan apa kebutuhan Anda.

      Reply
  13. nadar

    Pak… saya 32 thn n istri 28 thn anak 4 thn, saat ini kami ikut BPJS tetapi kami butuh tambahan asuransi yang bisa double claim dan proses klaimnya agak gampang dan tentunya premi terjangkau.

    Reply
  14. Nunk Hann

    Pak mohon informasi.
    Saya 26 tahun, tahun depan berencana menikah, dan ingin memiliki asuransi bersama. Tapi kami masih kebingungan antara harus investasi+asuransi, atau asuransi murni. Dan kami juga masih bingung memilih merek asuransinya. Mohon rekomendasi untuk asuransi yang sesuai. Kami bisa menyisihkan 3jt untuk premi auransi tersebut. TERIMA KASIH

    Reply
    • admin

      Anda sudah punya investasi rutin belum? Kalau sudah ada, baiknya ambil asuransi murni karena akan lebih efisien. kalau belum ada investasi rutin dan sepertinya tidak punya waktu belajar lagi, bisa ambil asuransi + investasi karena mudah prosesnya.

      Reply
  15. eko

    Admin.

    Asuransi kesehatan apa yg tepat untuk saya (36) istri (36) dan anak ( 13 & 8 ); yg saya butuhkan asuransi yg tidak perlu claim tetapi langsung di cover oleh pihak asuransi no limit untuk pertanggunggannya. Untuk biaya kamar perhari yg setidaknya 1,3 jt. Tolong email asuransi yg mana yg tepat untuk saya. Terima kasih.

    Reply
  16. Nopiyanto

    Pak Mohon maaf bisa bantu share asuransi mana yang dapat mengcover semua kesehatan karena baru beberapa hari kemarin dpt penolakan dari pihak asuransi P**.

    Reply
    • admin

      Kita tidak bisa tahu karena masing – masing asuransi punya kriteria sendiri-sendiri.

      Reply
  17. Andi

    Siang..pa klo asuransi untuk rawat jalan ada ga ya..yg saya perhatikan dari semua asuransi rata2 untuk rawat inap atau igd

    Reply
  18. Tri

    Umur 29, single, tidak merokok…
    1. Asuransi apa yang bisa membantu untuk kesehatan, biaya pendidikan S2, dan biaya pernikahan?
    2. Apakah kita bisa meminjam uang di asuransi?
    3. Saya ditawarkan prosuk asuransi Pr——al apakah produk ini recomended.
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      Untuk mewjudkan tujuan keuangan, seperti biaya pendidikan dan biaya nikah, Anda bisa gunakan Reksadana karena hasilnya lebih tinggi. Untuk proteksi jiwa dan kesehatan, Anda baru beli asuransi. Kombinasi ini akan lebih murah biayanya dan lebih tinggi hasilnya.

      Reply
  19. fatma

    Permisi pak, sy istri (27), suami (27) masing2 sudah ikut prudential @500rb/bln, dan Bpjs kelas 1, kami sama2 wirausaha mampu menyisihkan 2jt/bln untuk biaya asuransi kesehatan..
    Kami punya anak (2th) dan (4bln) yg belum memliki asuransi kesehatan, saat ini sy sedang mencari2 asuransi yg mudah diklaim, bisa double claim dan maunya yg 1 untuk 1 keluarga..mohon infonya yah Pak,terima kasih

    Reply
  20. evi

    Saya baru mempunyai anak yang baru lahir. Rencananya mau saya daftarkan BPJS dan saya beri tambahan asuransi kesehatan. produk asuransi apa yang tepat untuk anak saya itu, yang premi per bulannya kecil.. Kalau boleh saya minta info via email perbandingan asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi.. Trims

    Reply
  21. Nofita Shofiana

    Pak tlg infonya ttg asuransi kesehatan yg bisa double claim, bisa mengcover penyakit typus, demam berdarah, miom dan biaya lab, saya rencana ingin mengambil asuransi utk saya, bapak, ibu dan adik saya. Mohon pencerahannya pak

    Reply
    • admin

      Mengenai pertanyaan soal asuransi kesehatan untuk keluaraga, kami bisa membantu memberikan rekomendasi dari beberapa perusahaan asuransi. Kami kerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi.

      Untuk bisa memberikan saran produk dan premi, kami butuh data-data pribadi yang sudah kami kirim via email. Mohon email dicek dan dibalas ke kami.

      Reply
  22. pak joko

    Salam kenal dan salam sejahtera pak Admin,
    Saya seorang PNS berumur 35 th dan istri 25 th belum memiliki anak, untuk profil seperti kami asuransi apa yang sesuai dgn saya dan istri ya pak?

    data tambahan istri bekerja di perusahaan swasta. saat ini kami belum mempunyai asuransi.

    Reply
    • admin

      Anda butuh asuransi jiwa dan kecelakaan karena sudah berkeluarga saat ini. Setelah itu, jika jaminan kesehatan belum memadai, bisa mengambil asuransi kesehatan. Detilnya saya kirim via email karena ada data-data pribadi yang saya butuhkan. Tolong cek email.

      Reply
  23. Nanik Purwaningsih

    Saya ibu (36 th) dengan dua anak yg masih kecil (5 th dan 6 bulan) mencari informasi asuransi kesehatan murni utk keluarga (1 polis utk ibu dan dua anak). Bila dimungkinkan premi terendah tapi manfaat bisa digunakan di luar negeri (Eropa khususnya). Mohon penjelasan via e-mail saja. Terima kasih dan jempol untuk tulisan Anda. Salam.

    Reply
    • admin

      Untuk berobat di luar negeri, ada beberapa pilihan asuransi kesehatan murni yang bisa Ibu pertimbangkan. Kami kirimkan analisanya via email karena ada data-data pribadi yang dibutuhkan.

      Reply
  24. WawanS Gunawan

    Salam kenal, pak admin..
    Saya (30thn) & istri (25thn) belum pny anak, belum punya asuransi kesehatan .. mohon informasi via email ttg asuransi kesehatan murni dgn pelayanan bagus , premi terjangkau .
    Terima kasih , pak admin, saya suka tulisan anda.

    Reply
    • admin

      Sudah di email infonya. Ada beberapa info tambahan yang kami butuhkan. salam

      Reply
  25. Dody Yudho

    Dear Mas Admin.

    Perkenalkan saya dody usia 31 tahun pada tahun 2015. Rencana saya ingin mengambil asuransi kesehatan untuk 1 keluarga ( 1 istri dan 3 anak) walau saat ini baru memiliki 1 anak usia 2,5 th dan istri usia 26 th. Dan saya bukan perokok, plan kami ingin mengambil asuransi syariah. Mohon bantuannya untuk rekomendasinya asuransi syariah apakah yang tepat untuk saya ambil? berdasarkan tips2 dari artikel diatas. Mohon Masukannya kirim via email, terimakasih atas bantuan dan rekomendasinya. Websitenya saya suka sekali, sangat membantu dan informatif

    Salam,

    Dody

    Reply
  26. donny

    pak Saya mau minta pendapat mengenai asuransi yang sudah saya ikuti. Saya bisa japri

    Reply
  27. Andhika

    Salam Kenal, saya ingin menanyakan apa ya kira2 asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga saya dan apa saja keunggulan yang dapat saya peroleh dari asuransi kesehatan tersebut. saya (28), suami (30), anak (2). suami saya bukan perokok. saya menginginkan asuransi kesehatan yang pelayanannya bagus, claimnya mudah, premi terjangkau dan cashless. lebih baik 1 asuransi untuk 1 keluarga atau masing2 anggota keluarga punya asuransi kesehatan sendiri2?

    Terima kasih

    Reply
  28. ari

    pak saya mau tanya pertanyaan,,,
    saya umur 28th tidak merokok, istri 27th, anak 1, 6 bulan
    saya masi bingung mau ikut asuransi yang bisa mengikutsertakan keluarga saya (Istri+ anak), apa ada asuransi yg bisa di recomended ke saya ? sama minta perincian premi nya pak ?
    trima kasih pak

    Reply
      • kuntoro

        Maaf sob sy lg bingung mau pk asuransi apa yg tepat dan pas bt sy yg preminya Di atas 500 n di bwah 1000.000 untk 1 kluarga
        Sy usia 36 thn istri 27 anak 9 thun n yg ke 2 msh 6 bln di kndungn
        Tdnya mau ikut bpjs Sob tp sy pkrkan masa iya kita byar asuransi se umur hidup kita tpa jminan klaem uang kembli apa lg klu bt yg masih anak n trus pengurusnna wktu di rumah skit jg sngt mrepotkn yg g pk bpjs lngsung di layanin n slsai tp yg pk bpjs 3 jm aja blm di periksa dokter
        Tlong sob pncrhannya sy hrus ikut ansursi apa,………???
        Trimaksih

      • admin

        Perlu liha data-data keluarga Anda, sebelum bsa memutuskan mana yang paling cocok dengan kebutuhan keluarga Anda. Email sudah kami kirim untuk melengkapi data-data tsb. Tolong cek email.

    • admin

      Bisa saja. Revisi polis. Harus cek dengan asuransinya apakah ada proses lagi atau tidak, misal cek kesehatan dll.

      Reply
  29. Dwi K

    salam. bisa minta tolong via email rekomendasi sepengetahuan anda asuransi-asuransi yg mudah dalam hal klaim(misal tidak perlu kuitansi asli) kalau perlu yg di RS rekanan cukup tunjukkan kartu saja, bisa double claim, satu polis utk satu keluarga dan ada manfaat asuransi jiwanya secara otomatis bila ambil asuransi kesehatan tersebut. Thx

    Reply
    • admin

      Ada yang Anda butuhkan itu. Sudah kami email detailnya karena perlu data-data pribadi. salam

      Reply
  30. Hendra

    Pertanyaan saya sama seperti Andhika, tolong diemailkan ke saya juga pak
    Thanks b4

    Reply
  31. basuki rahmad

    Artikel ini sangat bermanfaat. Adminnya ramah, responsive dan baik hati menolong memberi penjelasan. Mohon pencerahan via email juga rekomendasi sepengetahuan anda asuransi-asuransi yg mudah dalam hal klaim(misal tidak perlu kuitansi asli) kalau perlu yg di RS rekanan cukup tunjukkan kartu saja, bisa double claim, satu polis utk satu keluarga dan ada manfaat asuransi jiwanya secara otomatis bila ambil asuransi kesehatan tersebut. Terima kasih – salam

    Reply
  32. Vios

    pak, bisa kasih pilihan asuransi kesehatan yg cocok buat saya dan keluarga?saya masih bingung mau pilih yg mana, umur saya 34 tahun, istri 29 tahun, anak 9 bulan, saya perokok, kalau bisa dikirim ke e-mail saya, terima kasih

    Reply
  33. kharis

    Sya karyawan pbrik usia 25thun,
    Punya istri dan baru punya anak.
    Sya ikut asuransi bpjs kelas 1,tapi
    Pelayananya kurang memuaskan.
    Membaca artikel bapak tntang bpjs
    Dan 7tips ni sya jadi lbih paham,tapi
    Sya kurang tau asuransi apa yg harus
    Sya ambil satu paket(sya,istri,anak)
    Tlong di beri tau asurasi ksehatan apa yg cocok buat sya?

    Reply
  34. sugeng saptono

    saya minta bantuannya… asuransi yang terbaik tuk keluarga kami. kami 1 keluarga 3 orang. dan kami ingin punya asuransi kesehatan yang bisa merekrut kekurangan saaat kami butuh biaya tingi tuk kesehatan kami sekelurga. mohon info dan asuransi mana yang harus kami ambil…

    Reply
  35. nata

    Saya mau tanya tentang asuransi, saya ditawari asuransi prudent investasi + kesehatan, umur saya 24 th asuransi di Indonesia yg bagus apa y?

    Reply
  36. resep peyek

    bgitu byk pilihan asuransi kesehatan…
    saya bimgung mana yg terbaik ya

    Reply
  37. Bayu Setiawan

    Saya karyawan swasta usia 33 tahun. Status sudah menikah dan sudah memiliki 2 anak. Saya ingin menanyakan asuransi kesehatan untuk 1 keluarga saya (istri, anak 1, anak 2), yang tepat apa ya? mohon infonya bisa diemail ya Pak. Terimakasih

    Reply
  38. amelia kartika

    pak tolong dong sya di bantu, saya masih lajang usia 24th dan rencana bulan 6 tahun ini akan menikah dg calon suami saya berusia 30th. kami sudah memiliki kartu bpjs, ingin menambah asuransi untuk dapat mengcover lbh dr bpjs. namun karena banyak sekali tawaran dr bbrp perusahaan asuransi, sya bingung mana yg tepat untuk kami.

    Reply
  39. wardhana

    pak admin,
    saya umur 33 tahun, istri 28 thn, anak 3 dan 2 thn, menginginkan asuransi medical murni, 1plafon untuk seluaruk keluarga, plafon rawat inap perhari max 1.5jt, dan bisa double claim
    mohon advice dari vendor asuransi mana, jenis produknya apa dan klo memungkinkan mohon simulasi premi nya jg pak
    Regards.

    Reply
  40. hertiana

    Pak, sy dan suami usia 40 th, anak 2 umur 7&5 th. Kami 1 klg sdh ikut askes/bpjs. Rencananya sy ingin ikut asuransi, apa asuransi yg tepat utk kami sekeluarga kesehatan murni/unit link?? Asuransi apa?? Apa ada asuransi kesehatan yg bisa mengcover biaya berobat selain medis/alternatif?? Mhn jawaban dikirim lwt email. Trimakasih

    Reply
  41. Adi

    Selamat pagi, mohon infonya, asuransi apa saja yang bisa menerima klaim pakai kwitansi fotocopy yang dilegalisir. Terima kasih.

    Reply
  42. Diana Putri

    Thanks atas 7 tips dalam memilih asuransi kesehatan yang dipaparkan dalam artikel ini, sangat bermanfaat bagi semua pembaca.

    Reply
  43. Roy

    artikelnya sangat bermanfaat..
    mohon bantuannya, saya juga ingin punya asuransi, umur saya 23 tahun baru mulai kerja, bisa menyisihkan sekitar 500rb/bulan untuk asuransi. kira2 asuransi kesehatan yang cocok untuk saya apa ya? thx

    Reply
  44. Indra

    Pak, saya ada beberapa pertanyaan. Saya baru berkeluarga, umur 27 thn dan istri 22 thn. Pertanyaan saya,
    1. Jika saya dan istri sudah sama-sama mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor, apakah perlu jika saya menambahkan asuransi kesehatan tambahan? Dan untuk asuransi kesehatan tambahan ini yang memperbolehkan double-claim, apakah tagihan seluruhnya akan dibayarkan atau jika terdapat excess (kurang bayar) saja yang dibayarkan oleh asuransi kesehatan tambahan tersebut?
    2. Untuk kasus asuransi kesehatan yang sudah dibayarkan oleh kantor, apa lebih baik asuransi jiwa saja tanpa mengambil asuransi kesehatan tambahan?

    Demikian disampaikan. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      (1) Tergantung apakah Anda sudah cukup happy dengan asuransi kesehatan yang diberikan kantor saat ini.

      (2) Ada dua pilihan mengenai penggantian: diganti penuh (double-claim ) atau diganti hanya sebagian (koordinas manfaat). Ini tergantung penawaran dari asuransi kesehatannya.

      (3) Dalam kondisi Anda, saya sarankan harus punya asuransi jiwa. Asuransi kesehatan optional. Bisa cek disini soal asuransi jiwa yang manfaatnya optimal.

      Reply
  45. yulita

    Pak,saya wanita 26 tahun dan suami saya 27 tahun. Kami sudah ada BPJS, dan asuransi swasta dari perusahaan suami. Namun menurut saya tidak terlalu menguntungkan.
    utk investasi kami sudah ada beberapa reksadana.
    saat ini saya sedang hamil anak pertama.
    dan berencana utk ambil asuransi kesehatan murni utk 1 keluarga.
    kira2 asuransi kesehatan apa yg tepat utk kami.
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Ada asuransi kesehatan murni yang cukup bagus dimana tidak ada limit (diganti sesuai tagihan), rawat jalan, melahirkan, dan gigi diganti. Preminya relatif terjangkau karena tidak ada unsur investasi dan jiwa – murni asuransi kesehatan saja.

      Saya kirim via email detilnya karena perlu data-data pribadi Anda dan keluarga untuk membuat perhitungan premi.

      Reply
  46. Cassytha Khaira

    Dear Admin,
    Bagus sekali artikel nya. Saya dan suami usia 25 tahun dengan 1 anak, boleh bantu kami memilih asuransi yang tepat? please kirimkan advice anda by email. tks untuk konsultasi nya. sukses selalu :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.