Perbandingan Asuransi Pendidikan, Melihat yang Terbaik

  • January 30, 2015

Ini adalah hasil melihat perbandingan beberapa solusi asuransi pendidikan untuk mempersiapkan biaya sekolah anak. Mana yang terbaik ?

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah membahas bahwa terdapat banyak cara untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Sebagai orang tua, kita perlu tahu cara-cara tersebut. Sehingga nantinya, bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan.

Untuk melihat mana yang terbaik, saya akan mengambil contoh dari kasus nyata, seorang sahabat yang baru saja mempersiapkan dana pendidikan anaknya. Pengalaman ini akan saya gunakan sebagai bahan belajar kita bersama. Tentu saja, saya sudah minta ijin beliau.

Studi: Andi & Putrinya

Nama sahabat saya Andi. Umurnya 32 tahun. Punya putri semata wayang, Sabina, umur  1 tahun.

Andi bekerja di bank asing sebagai Senior Manager. Gajinya 20 juta sebulan. Istrinya tidak bekerja. Saat ini Andi belum memiliki perlindungan asuransi jiwa.

Tujuan keuangan Andi adalah ingin memiliki dana pendidikan yang bisa dicairkan di setiap jenjang (SD, SMP, SMA dan Kuliah). Dia sangat sadar bahwa biaya sekolah naik setiap tahun. Apalagi, sekolah incarannya adalah sebuah sekolah nasional plus di bilangan Cilandak, yang biayanya tidak murah.

“Saya siap menyisihkan 5 sd 10% gaji setiap bulan untuk pendidikan Sabina. Tolong dibantu, supaya gaji saya tiap bulan tidak habis gak jelas”, pesan Andi.

Dana Pendidikan

Saya menghitung program persiapan dana pendidikan yang bisa diambil oleh Andi. Berikut ini rencananya:

  • Iuran per bulan: Rp 1,000,000
  • Periode Pembayaran: bulanan selama 20 tahun (sampai anak selesai kuliah).
  • Umur anak: 1 tahun
  • Tujuan: menabung untuk menyiapkan dana pendidikan di setiap jenjang SD, SMP, SMA dan Kuliah. Memiliki proteksi jiwa dan kecelakaan untuk Andi sebagai kepala keluarga, yang bisa melindungi dana pendidikan anak jika Andi mengalami musibah.

#1 Unit Link

Paling pertama, saya menghitung berapa hasil dan proteksi yang bisa didapatkan, jika Andi mengambil  asuransi jiwa unit link. Unit link menyediakan investasi dan proteksi dalam satu paket. Saya minta dibuatkan proposal ke salah satu agen asuransi kenalan saya.

Sengaja saya menyarankan Andi untuk memilih masa pembayaran sampai Sabina selesai kuliah, yaitu 20 tahun. Meskipun unit link memberikan kemungkinkan masa pembayaran lebih pendek, misal 10 tahun, saya tidak menyarankan itu karena masa pembayaran yang pendek akan menggerus hasil investasi sehingga dampaknya dana pendidikan jadi tidak optimal (selengkapnya penjelasannya baca disini).

Dalam proposal ini, saya juga tidak menyarankan Andi mengambil rider, seperti kesehatan atau penyakit kritis (critical illness) karena adanya rider semakin menggerus hasil investasi dana pendidikan. Ingat, rider itu tidak gratis, ada biaya asuransi tambahan yang harus dibayar dengan memotong nilai investasi

Untuk investasi, saya menyarankan Andi memilih saham atau ekuitas, dengan  asumsi return 14%, sesuai dengan saran return dari asuransi. Karena periode investasi yang cukup panjang, saya berani menyarankan Andi menggunakan saham dengan asumsi return setinggi itu.

Saya tahu beberapa perusahaan asuransi berani mematok asumsi return investasi saham di unit link pada angka diatas 14%, bahkan ada yang diatas 20%. Tapi, lebih baik kita konservatif pada asumsi return, daripada terlalu agresif yang akhirnya tidak terealisasi sesuai yang dijanjikan di proposal.

Hasilnya adalah:

  • Estimasi total dana pendidikan yang diterima Rp 412,550,000, yang dicairkan bertahap sesuai jenjang pendidikan (detail lihat tabel dibawah). Khusus untuk masa kuliah, dana dicairkan setiap tahun karena masa kuliah cukup besar biayanya. Ingat: hasil ini adalah prakiraan yang tergantung kinerja instrumen investasi (saham).
  • Proteksi jiwa Rp 400,000,000 juta; kecelakaan Rp 800,000,000 dan cacat tetap Rp 400,000,000 (proporsional tergantung jenis cacat tetap).

#2 Asuransi Term Life dan Reksadana

Dalam skema ini, saya memberitahu Andi untuk mengalokasikan sebagian dana membeli asuransi term life dan sebagian lagi untuk berinvestasi di Reksadana secara online (karena bisa mulai dari Rp 100 ribu dan fee-nya gratis).

Jenis reksadana yang dipilih adalah saham, dengan asumsi return 14% mengikuti solusi #1 supaya simulasinya sebanding. Saham dipilih karena memberikan return investasi tertinggi dan cocok dengan periode investasi yang cukup panjang. Masa pembayaran sama dengan solusi #1, yaitu 20 tahun.

Hasilnya adalah:

  • Estimasi total dana pendidikan yang diterima Rp452.068.985, yang dicairkan bertahap sesuai jenjang pendidikan (detail lihat tabel dibawah). Ingat: hasil ini adalah prakiraan yang tergantung kinerja instrumen investasi (saham).
  • Proteksi jiwa Rp 500,000,000 juta; kecelakaan Rp 1,000,000,000 dan cacat tetap Rp 500,000,000 (proporsional tergantung jenis cacat tetap).

#3 Pro-Graduate

Seperti dijelaskan dalam artikel lalu, Pro – Graduate adalah produk asuransi yang memberikan manfaat pasti. Berbeda dengan solusi #1 dan #2 yang sifatnya investasi, sehingga hasilnya tidak pasti.

Dalam memilih Pro-Graduate, kita perlu  menyampaikan ke pihak asuransi ingin mengambil periode pembayaran yang berapa tahun. Berdasarkan itu, pihak asuransi menghitung jumlah premi dan menentukan berapa jumlah pasti yang bisa ditarik saat anak masuk kuliah.

Hasilnya adalah:

  • Iuran Rp 1.220.000 per bulan. Masa pembayaran lebih pendek, yaitu 10 tahun.
  • Total pencairan selama anak kuliah Rp 187,500,000. Pencairan hanya sejak mulai kuliah. Selama SD, SMP dan SMA tidak ada pencairan dana.
  • Jumlah pencairan disiini pasti, dijamin oleh Manulife, sebesar yang tercantum di proposal.
  • Proteksi adalah pembebasan iuran sampai kuliah selesai jika terjadi musibah dan tambahan dana, yaitu Rp 112,500,000 untuk jiwa dan 150,000,000 kecelakaan. Esensinya, jika terjadi musibah, anak bisa tetap menerima dana sesuai yang tercantum di proposal.

Mana yang Terbaik ?

Ketiga solusi dana pendidikan diringkas dalam tabel dibawah ini.

asuransi pendidikan

Saya menilai bahwa ketiga solusi tersebut punya keunggulan sbb:

#1 Unit Link – Kemudahan Investasi dan Asuransi
#2 Reksadana + Term life – Return dan Proteksi Lebih Optimal
#3 Pro-Graduate – Kepastian (Risiko Rendah) Dana Pendidikan Kuliah.

Hasil ini saya sampaikan kepada Andi. Karena di titik ini, keputusan ada di tangan dia. Mau pilih yang mana? Mana yang menurut dia adalah solusi terbaik?

Begitupun dengan Anda. Ketika sudah ada hasil dari masing-masing solusi, keputusan di tangan Anda untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan.

Kesimpulan

Sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya, saya membahas bagaimana hasil dari masing-masing solusi. Dengan menggunakan skenario kasus nyata, hasilnya menjadi lebih riil.

Anda bisa menilai sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dana pendidikan anak. Masih ada pertanyaan? Silahkan tulis di comment, nanti saya akan menjawabnya atau baca artikel-artikel lain.

Ingin tahu lebih jauh, bisa Konsultasi Dana Pendidikan GRATIS.

GRATIS Konsultasi Premi Asuransi Pendidikan

358 Responses

  1. vera

    Nice article, Mas 😀
    Terima kasih untuk infonya. Menurut saya biaya kuliah yang diasumsikan tampaknya kurang besar. Dengan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya mencapai 15-20%, maka 20 tahun kemudian.. wow mngkn harus dicari dulu dengan inflasi dan kenaikan biaya pendidikan, maka berapa perkiraan biaya kuliah yang dibutuhkan, apalagi untuk jurusan kedokteran.

    Salam.

    Reply
    • admin

      Trims inputnya. Ini lebih ke ilustrasi. Jika hasil dirasa kurang, tinggal ditingkatkan jumlah yang harus ditabung. salam

      Reply
      • hesty

        Admin. Tlg pencerahan & solusinya donk. Gaji suami sy 15jt/bln. Anak sy berumur 4th. Rencana mau ambil asuransi pendidikan (ya walaupun sbnrnya sdh telat) tapi tak apalah. Sy mencari asuransi pendidikan yg bs dambil dsaat diperlukan jd tdk mematok 5/10th baru bs dambil & tdk ada potongan embel2 asuransi kesehatan. Jd murni utk pendidikan. Rencana bwt pendidikan 500/bln. Tlg ya admin dbantu. Asuransi apa yg sesuai keinginan sy. Sy pun blm bgtu paham soal investasi reksadana. Sy liat manulife itu pnya infestasi reksadana ya? Kiranya admin bs memberikan solusinya. Terimakasih 🙂

      • admin

        Hesty,

        Saran kami ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Cukup 1 juta sebulan sudah bisa dapat dana pendidikan berkisar 800 juta sd 1 M (tergantung usia anak) dan perlindungan asuransi Rp 1M. Itu sudah cukup. Simulasi kami kirim via email.

        salam

  2. Tina

    Trima kasih artikelnya, membuka mata saya..
    Kalau gaji saya 10juta, punya anak 2, yg pertama kelas 1 SMP Dan yg kedua 6 SD, berapa uang yg bisa saya sisihkan utk pendidikan mereka sampai kuliah ya..dan program apa yg tepat.. Mohon sarannya..

    Reply
    • admin

      Kami jawab via email untuk spesifikasi produknya dan berapa yang harus ditabung. salam

      Reply
  3. rita

    Seandainya gaji suami saya 16 jt/bln.punya anak 2 orang,yg sulung kelas 2 SMP dan yg bungsu kls 5 SD.
    berapa dana yg sya sisihkan un kuliah mereka di jkt/bdg,sampai selesai.tlg infonya.

    Reply
    • admin

      kami jawab via email. besar kecilnya dana tergantung produk apa yang Anda pilih. kalau produknya tepat tidak perlu dana besar, tapi kalau produk yang dipilih salah, Anda harus menabung dalam jumlah besar.

      Reply
  4. Rizal

    Artikel yang mencerahkan..
    Untuk karyawan dengan penghasilan 10jt/bln, 2 anak , SD kelas 3 dan 4thn.
    mohon saran utk program yg tepat, investasi dan proteksi.
    salam

    Reply
  5. wiwid

    sy seorang ibu dgn 1 anak yg usia < 1 th & dia sdh mjadi peserta bpjs. jika penghasilan sy 6 jt/bln brp dana yg hrs sy siapkan utk biaya pendidikannya sampai selesai kuliah? produk apa dan dr perush apa yg sebaiknya sy ambil? tks

    Reply
    • Aqnie

      Saya dan suami berpenghasilan total 11jt/bln
      Saya,suami dan anak sudah mnjadi peserta bpjs, dan suami sudah memiliki asuransi jiwa dr perusahaan, untuk perencaan biaya pendidikan anak, investasi atau asuransi apa yang bisa saya ambil? Terima kasih

      Reply
  6. Datia

    Saya baru berencana menikah dan belum punya anak, apakah bisa saya membuat unit link? Jika bisa, dengan gaji yg hanya 4jutaan proteksi apa yg sebaiknya saya ambil?

    Reply
    • admin

      Asuransi apa yang ingin dibeli?

      (1) Jika belum punya tanggungan, sebaiknya tidak perlu dulu beli asuransi jiwa karena asuransi jiwa ini tujuannya untuk memberikan proteksi kepada orang yang hidupnya bergantung (secara ekonomi) kepada Anda. Lebih baik Anda melakukan investasi dulu. nanti setelah menikah dan jika istri Anda tergantung secara ekonomi kepada Anda baru beli asuransi jiwa.

      (2) Untuk perlindungan biaya kesehatan, jika tidak ada dari kantor dan merasa BPJS kurang memadai, Anda bisa ambil asuransi kesehatan.

      Reply
  7. Ady

    Saya berpenghasilan 10 juta/bulan, dengan 1 anak yang baru lahir. Saya, istri, dan anak sudah menjadi peserta bpjs kesehatan. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan untuk sampai selesai kuliah S1 bahkan jika mungking sampai S2?Produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana? Terimakasih.

    Reply
  8. lina

    Saya berpenghasilan 8 juta/bulan, anak saya baru 1, umur 1 tahun. Saya sudah ikut asuransi kesehatan Pru****ial. Saya, suami dan anak dalam proses menjadi peserta BPJS. Saya ingin mengambil asuransi pendidikan sekaligus proteksi kesehatan bagi anak saya hingga dia selesai S1 dan jika bisa, sampai S2. Mohon masukannya. terima kasih

    Reply
  9. cipto

    saya beserta istri berpenghasilan total 13 juta/bulan dengan anak baru usia 3bln. saya sudah ikut asuransi unit link dengan premi 500rb yang hanya mengcover saya sendiri. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan jika ingin dicairkan setiap awal masuk SD, SMP, SMA sampai selesai kuliah S1? Produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana? Terimakasih.

    Reply
  10. Nuri

    Selamat siang..
    Suami saya penghasilan 6-7 jt, saya Ibu rumah tangga dgn 1 anak usia 15 bulan.. Utk investasi dana pendidikan mohon masukannya.. Terimakasih

    Reply
  11. sandy yudha

    saya berpenghasilan 5jt/bulan dengan 1 anak umur 13 bulan. saya, istri dan anak sudah ikut bpjs. berapa dana yang harus disiapakan sampai s1. produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana?

    terima kasih

    Reply
  12. Ratna

    Saya dan suami berpenghasilan 12 jt/ bln, dgn 1 anak 14 bln dan skrg sdg mengandung anak ke 2, kami sdh pny asuransi pru***** , dan sdh mengikuti bpjs, kmi ingin memiliki dana pendidikan utk kedua anak kmi dan produk apa yg cocok, apakah kmi perlu asuransi term life lg

    Reply
  13. Vera

    Saya PNS, dengan gaji bersih (setelah potong sana sini) sekitar 2jutaan. Tapi saya juga berbisnis dengan penghasilan sekitar 3-4juta sebulan. Suami saya tenaga guru honorer dengan gaji 1,5jutaan. Kami memiliki 1 anak (7thn) yang saat ini kelas 1 SD.
    Sebagai PNS saya memiliki asuransi kesehatan (Askes) yang juga menanggung anak dan suami.
    Saya ingin mulai mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak saya kuliah nanti. Sebaiknya asuransi/investasi apa yang saya ambil? Saya prefer memilih produk asuransi/investasi syariah.
    Mohon pencerahannya, trmksh

    Reply
  14. munir

    penghasilan saya 7 juta/bulan, saya belum menikah tapi memiliki adik yang berumur 6 tahun. Saya ingin mengambil asuransi pendidikan sekaligus proteksi kesehatan bagi adik saya hingga dia selesai S1 . Mohon masukannya. terima kasih

    Reply
    • admin

      Bisa. Anda ambil program yang mengcover adik Anda dengan Anda sebagai penanggung. Detilnya saya jelaskan via email karena ada data-data yang diperlukan.

      Reply
  15. novia eka rahmawati

    Sy seorang ibu rumah tangga dengan 2 anak sd kelas 3 dan yg kecil 2 tahun suami sy berpenghasilan 5 juta perbulan sy ingin ikut asuransi pendidikan dan kesehatan yg bisa menanggung seluruh keluarga kira- kira asuransi apa yg cocok

    Reply
  16. apri

    mat mlm.. saya dan istri pegawai swasta, usia 33 thn, penghasilan kami 10 jta/bln dengan 1 anak baru lahir.. masing2 kami telah tercover dengan asuransi Kesehatan & jg BPJS Kesehatan..
    berapa Dana pendidikan anak Kami yg harus Kami siapkan sampai jenjang S1 & yg lbih Tinggi lg? produk apa yg tepat dan perusahaan mana yang pas utk Hal tsb?
    terima kasih…

    Reply
  17. bakti

    ass,gaji sy 4-4,5jt/bln utk ksehatan udh dicover dr bpjs+sinarmas sklrg.anak sy umur 1,5th product apa yg tepat utk biaya pendidikan anak s/d kuliah dgn premi yg terjangkau.mksh

    Reply
  18. adrian

    malam,sy wiraswasta anak 1 br mau masuk smp yg k 2 br berumur 3th,asuransi pendidikan apa yg pas utk sy persiapkan sampai jenjang S1/lebih,mengingat penghasilan sy yg tidak tetap?ada tdk yg pembayaran premi tiap bulanya d bwh 1jt?sy sangat buta sekali tentang asuransi/dunia perbankan,terima kasih.

    Reply
  19. angky

    Selamat siang saya (pegawai swasta) dan istri (PNS) dengan masing2 salary 6 juta serta saya baru 1,5 tahun nikah dan baru memiliki bayi. saya lagi berencana untuk memilih asuransi pendidikan dan kesehatan.Dan 1 atau 2 tahun kedepan ada rencana mau kredit rumah Produk apa yang tepat (benefit)untuk masa depan keluarga saya sesuai dengan kemampuan keuangan kami Terima kasih

    Reply
  20. Irene

    Thanks atas artikel nya, sungguh sangat bermanfaat. Sy mw konsult sdkit. Apakah anda tahu produk 2in1 hoki pr*****ial insurance?
    Sy berniat ingin ikut asuransi itu dgn premi 1jt/bln slama 10thun atas nama suami sy tapi dgn tujuan uang tersebut nanti dicairkan untuk pendidikan anak sy (umur 4bln). Mnurut anda apakah itu efektif? Sy pertimbanganny karna disamping proteksi untuk suami sy (jika terkena penyakit kritis), lalu uang tsb bs untuk anak sy nantiny. Mohon bantuan pencerahanny, thanks a lot ^^

    Reply
  21. mala

    Saya memiliki 1 anak usia 23 bulan, dan penghasilan 10 juta/bulan. Saya ingin menyisihkan dana saya untuk investasi dan untuk pendidikan anak saya hingga k jenjang S2. Mohon bantuan. Terimakasih

    Reply
    • admin

      Anda perlu kombinasi antara asuransi dan investasi. Asuransi perlu yang uang pertanggungan besar dan investasi yang hasilnya cukup mengejar biaya pendidikan.

      Reply
  22. Fitri

    Saya memiliki anak usia 2 tahun dengan penghasilan suami 5 juta per bulan.
    Kami ingin memiliki investasi dan menyisihkan dana untuk biaya pendidikan. mohon sarannya skema apa yang cocok bagi kami. Trims

    Reply
  23. marisyah junaedi

    Info yg sangat membantu. Saya jadi ingin bertanya sesuai kondisi saya,yaitu: jika saya berpenghasilan 4,5 jt/bln (asumsi gaji terendah karena fluktual) & suami saya berpenghasilan 4jt/bln,anak 1 masih <1th. Mohon dibantu dibuatkan simulasinya untuk investasi dan asuransi pendidikan anak smpai S1.Terimakasih

    Reply
  24. Satrio

    PNS berpenghasilan bersih (setelah potong sana sini ) 5 jt/ bln, dgn 1 anak umur 9 bln , sdh mengikuti bpjs, setelah nemu situs ini baru tersadarkan betapa bodohnya saya selama ini, ‘keluar masuk’ asuransi karna kurang pengetahuan (pernah terdaftar di AXA mandiri, Cigna dan Prudential).mudah2an belum terlambat tuk memulai kembali. Akhirnya kepikiran Dana pendidikan utk anak dan Investasi Reksadana.
    Mohon Pencerahannya mas/mbak Admin..
    terimakasih sebelumnya.

    Reply
  25. ahmad husaini

    saat ini saya berumur 29 th, dan saya mendapatkan karunia yg tidak saya duga, yaitu memiliki anak kembar.. Dan saya mulai berfikir untuk masa depan mereka nantinya. Saya berpenghasilan 12jt per bulan, mohon bantuan untuk simulasi pengeluaran untuk asuransi dari 3 pilihan di artikel ini. Terima kasih!!!

    Reply
  26. Etty

    Saya punya bayi umur 3 bln masih bingung memilih dana pendidikan untuk anak saya. Mohon dikirim form simulasi melalui emali saya.
    Terima kasih

    Reply
  27. Agus Prasetyo

    Saya karyawan kontraktor yang gajinya gak tetap dan kadang nganggur untuk menunggu proyek selanjutnya. Skrg gaji saya 12jt/bln, dikaruniai anak dg umur 7 tahun dan 3 tahun. Mohon dibantu dibuatkan simulasinya untuk tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan anak sampai lulus S1.
    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
  28. violeta

    artikelnya bermanfaat sekali untuk saya yg msh awam.
    saya irt 28 th yg sdg mengandung 5 bln.suami krywn swasta dg gaji sktr 5-6 juta.mohon untuk dibuatkan simulasi apabila saya brncana untuk memilih asuransi pndidikabn sd S1 untuk anak kami nnti.tks.mohon bntuannya.

    Reply
  29. Bayu

    Terima kasih atas artikel yg bermanfaat.
    Saya wiraswastawan berpenghasilan 6-12 jt per bulan, mempunyai anak usia 2 dan 1 thn. Saya berencana mengambil asuransi pendidikan untuk anak saya yang pertama. Mohon masukannya terkait rencana saya tersebut, dan jika bisa saya sangat senang jika diberikan pula rekomendasi asuransi dari perusahaan mana yang harus saya ambil.
    Terima kasih banyak atas waktu dan masukannya.

    Reply
  30. silvia

    artikel yang menarik, mohon untuk dibuatkan simulasi asuransi pendidikan utk anak sy yg kedua usia 2 bulan, sy, suami dan kknya sudah ada asuransi kesehatan, jd ingin yg pure pendidikan. Terima kasih atas perhatiannya

    Reply
  31. Dini

    Saya Ibu bekerja dengan penghasilan 3jt/bulan, saya sudah mengambil asuransi pendidikan untuk anak saya dengan premi 400/bulan dan periode masa 10 th. membaca artikel Bapak, apakah mungkin saya menambah periode pembayaran menjadi 20th (sampai anak lulus kuliah?) Apabila saya pertahankan periode bayarnya 10th dan saya tidak mencairkan dana sampai anak saya masuk kuliah, apakah biaya kuliahnya nanti tercukupi dengan asuransinya? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Semakin panjang tentu semakin baik. Setahu saya asuransi akan dengan senang hati menerima pembayaran yang lebih panjang.

      Kurang tidaknya, Anda harus buat simulasi dengan membandingkan hasil yang akan diterima dan prediksi biaya sekolah nantinya.

      Reply
  32. lia

    mohon dibantu simulasi asuransi pendidikan terbaik, penghasilan 7 jt/ bln, umur anak 4,5 thn serta masukan asuransi mana dengan proses pencairan terbaik. terima kasih pak sekali.

    Reply
  33. ogla

    Terima kasih atas artikel yg bermanfaat dan informatif.

    Saya karyawan berpenghasilan 15 jt per bulan dan istri juga bekerja. kami mempunyai anak usia 1 bulan. Saya berencana mengambil asuransi pendidikan untuk anak saya. Mohon masukannya terkait rencana saya tersebut, dan jika bisa saya sangat senang jika diberikan pula rekomendasi asuransi dari perusahaan mana yang harus saya ambil serta maanfaat apa saja yang harus saya ambil.
    Terima kasih banyak atas waktu dan masukannya.

    Reply
  34. Haga

    Saya seorang karyawan dg gaji per bulan Rp. 5jt. Mohon dibantu simulasi asuransi pendidikan terbaik dengan kondisi keuangan saya. Anak saya saat ini berusia 1 tahun. Terima kasih

    Reply
  35. wina

    salam.

    saya sedang kebingungan memilih produk asuransi pendidikan terbaik dari beberapa asuransi ternama. mohon saran dan rekomendasi asuransi pendidikan terbaik bagi putri saya, usia 4 bulan, dengan penghasilan saya 8 juta/bulan. terima kasih.

    Reply
  36. Ichs

    mohon dibantu simulasi asuransi pendidikan terbaik, penghasilan 6 jt/ bln, umur anak 1,5 thn serta masukan asuransi mana dengan proses pencairan terbaik. terima kasih pak sekali.

    Reply
  37. abdiyahnurul

    Dear,

    Mohon dibantu untuk pemilihan asuransi pendidikan terbaik baik untuk pencairannya maupun kredibilitasnya, usia saya 28 thn dengan anak umur 1 thn..
    terima kasih

    Reply
  38. ira

    mohon dibantu simulasi asuransi pendidikan (tanpa kesehatan) kedua anak saya umur 2th dan 7th, penghasilan 10 jt/bln, serta mohon masukan asuransi mana yang terbaik. terima kasih

    Reply
  39. elisa

    mohon penjelasannya..saya mau mempersiapkan biaya kuliah anak saya 4 thn lagi dgn perkiraan kebutuhan 100 jt.. saya selama ini nabung 500 rb..invertasi apa yg cocok?

    Reply
    • admin

      4 tahun lagi itu waktu yang pendek, Anda harus investasi di Reksadana yang paling aman, yaitu Pasar Uang atau Pendapatan Tetap.

      Tapi, Reksadana yang aman itu, returnnya rendah, sekitar 4 sd 8% setahun. Jadi Anda harus menabung lebih besar lagi untuk mencapai target 100 juta. Yang jelas 500ribu sebulan tidak akan cukup.

      Reply
    • mei

      Anak sy 2 th mau mencari tabungan pendidikan yg pasti dan bs diambail berjenjang SD. SMP. SMA .KULIAH mhn infonya dimana sy bs menyimpan yabungan tersebut. Tks

      Reply
      • admin

        Mei,

        Silahkan datang ke bank untuk cari tabungan pendidikan. Ada banyak pilihannya.

        salam

  40. fauzie

    mohon pencerahannya… saat ini saya ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk anak saya mulai TK sampai lulus kuliah nanti. Perlu diketahui saat ini anak saya berusia 6 bulan. Saya tertarik untuk ikut asuransi pendidikan, untuk itu mohon saran:
    1. Asuransi pendidikan produk/perusahaan apa yg patut saya ambil dari segi kebonafidan perusahaan dan keuntungan investasi
    2. Berapa perkiraan premi minimal yg harus saya bayarkan (tiap bulan/triwulan/semester/tahun) agar dapat mengcover kebutuhan dana pendidikan di masa depan sampai anak saya lulus kuliah, menimbang laju inflasi dan proyeksi ekonomi mendatang.
    sekian dan terima kasih banyak…

    Reply
  41. santoso

    Artikel yang sangat berguna dan membantu sekali.
    Dari ketiga contoh di atas, saya tertarik dengan asuransi pendidikan tipe Unit Link.
    Mohon informasi, contoh ilustrasi Unit Link pada artikel di atas menggunakan produk asuransi apa dan jenisnya apa ya?
    Karena saya kesulitan menemukan produk asuransi pendidikan seperti yang dicontohkan ilustrasi berbasis unit link seperti tersebut di atas. Mohon sharenya ya. Terimakasih banyak 🙂

    Reply
  42. Tuti

    Terima Kasih untuk artikel yang bagus namun apa boleh saya minta informasi lebih lanjut mengenai :

    1. Produk asuransi untuk biaya sekolah anak SD hingga Kuliah ?
    2. Investasi atau asuransi mana yang lebih penting ?

    Salam,

    Reply
    • admin

      1) Sudah kami kirim penawarannya via email

      2) Dua-duanya penting karena punya fungsi yang berbeda. Keduanya saling melengkapi. Jadi harus ada.

      Reply
  43. teguh

    Saya butuh info asuransi pendidikan untuk anak saya,berumur 9 th dan 5th saya umurnya 34 th , untuk ke2 anak tersebut. saya sediakan 500 rb perorang mohon sarannya,asuransi plus proteksi yg menurut bpak terbaik
    trims

    Reply
  44. DN

    Saya termasuk awam tentang asuransi dan investasi, terbantu sekali dengan artikelnya.. Kebetulan saya ingin mencari proteksi dana pendidikan untuk anak saya yg 2 bulan lagi lahir, suami umur 26 tahun, kami bekerja namun jika di gabung, gaji hanya 9 juta.. Bisakah dikirimkan realisasi dana yang harus disiapkan minimal untuk persiapan dana pendidikan anak kami, yg bisa dicairkan tiap jenjang (SD-kuliah)?
    Produk apa yg kira2 cocok ya?
    Thanks in Advance 🙂

    Reply
  45. Arief

    Terima kasih untuk penulis, artikelnya sangat membantu untuk mengilustrasikan pilihan dana pendidikan dengan lebih riil.

    Untuk opsi no. 2, dari total uang yang dikeluarkan sebanyak 1.000.000, berapakah komposisi antara asuransi dan reksadananya?

    Regards,
    Arief

    Reply
    • admin

      Arief,

      Untuk komposisinya, kita bebas menentukan mau alokasi berapa. Biasanya ditentukan dulu mau UP asuransi jiwa berapa, kemudian akan tahu preminya. Dari premi tersebut, sisa dana dari budget yang ada, dialokasikan ke Reksadana.

      salam

      Reply
  46. dwi s.a

    mohon pencerahannya. anak saya usia 20 bulan. saya ingin menyiapkan dana pendidikan berbasis syariah yg bisa cair disetiap jenjang pendidikan. produk keuangan seperti apa yg bisa saya pilih dan berapa iuran perbulan agar anak saya bisa mendapatkan pendidikan sesuai keinginan. terima kasih

    Reply
  47. thesa

    Terimakasih infonya, sangat berguna bagi kami. Mohon bantuannya lebih details :
    1. Anak pertama kami usia 4th
    2. Anak kedua kami usia 1th.
    3. Kami sebagai orangtua usia 33 dan 35.

    Yang kami butuhkan adalah :
    1. Persiapan dana pendidikan untuk kedua anak kami saat kuliah beserta proteksi nya
    2. Asuransi kesehatan murni untuk kami ber 4.

    Sebelumny kami setiap bulan membeli schroder dana prestasi Idr 250,000 dan BNP paribas pesoan idr 250,000/bln namun terpaksa berhenti krn kondisi keuangan kami. Namun saat ini kami ingin memulai lagi untuk menabung dana pendidikan anak dan asuransi kesehatan untuk kami ber4. Mohon bntuan pilihan insurance company dan ilustrasi dana yg dperlukan. Saat ini kami hny ikut bpjs kelas 1. Sy sm sekali tdk tertarik unit link. Kami ingin yg murni ya pak. Ada info terbaru dr manulifa yakni product insurance murni MIULTIMATE, mohon reviewny jg. Trimakasih sebelumny

    Reply
  48. Dyasvianti Ratna Hapsari

    Sama dengan Pak Faizie, mohon bantuannya..
    Anak saya umur 6 bulan.
    Trims.

    Reply
  49. meilita

    Terima kasih atas artikelnya Pak..

    Mohon pencerahannya, Saya karyawati dgn gaji 10jt/bln.. suami wiraswasta.. ingin punya asuransi (bkn unit link) atau tabungan pendidikan utk 2 anak saya yg besar kls 2 SD dan yg kecil TK B. Saat ini sdh ada asuransi kesehatan dari manulife.

    Budget utk masing2 anak 500rb pak

    Kira2 tabungan atau asuransi pendidikan apa yg cocok y

    Terimakasih atas penjelasannya

    Reply
  50. KOJEY

    Saya ingin mencari proteksi dana pendidikan untuk anak saya yg berumur 8 bulan, usia saya 30 tahun, & gaji saya hanya 4 juta. Bisakah dikirimkan realisasi dana yang harus disiapkan minimal untuk persiapan dana pendidikan anak kami, yg bisa dicairkan tiap jenjang (SD-kuliah)?
    Produk apa yg kira2 cocok ya?
    Thanks..

    Reply
    • admin

      Kojey,

      Perlu tahu dulu data-data Anda untuk bisa membuat simulasi dan rekomendasi. Penawaran kami kirim via email.

      salam

      Reply
  51. puspa

    mohon bantuan informasiny, pertanyaan kira2 sama dengan pak Faizie,umur saya 32 tahun penghasilan 10jt/bln dan anak umur 19 bulan..terima kasih

    Reply
  52. Arianti

    Assalmlkm,

    Terimakasih sudah memberikan info dan pengetahuannya. Ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kami(readers) yg lagi butuh saran dan strategi dalam mengelola keuangan.
    Semoga kita sukses dalam keuangan 😀

    Reply
  53. Acep

    Assalamualaikum, terima kasih atas bantuan informasinya.

    Saya mempunyai 2 anak (Anak ke 1 saat ini SD kelas 4, dan anak ke 2 saat ini SD kelas 2), saya masih bingung dengan tabungan pendidikan / Asuransi pendidikan, tolong masukan nya pilih yang mana agar anak ketika masuk kuliah nanti dana tersedia dan terlindungi sampai dengan tamat kuliah, terima kasih yaaa

    Reply
    • admin

      Acep,

      Saran saya Anda menggunakan Asuransi Jiwa Murni dan Reksadana untuk hasil yang optimal.

      salam

      Reply
  54. kurnia

    saya pegawai dengan gaji 4,5/bln, dengan anak usia 19 bln, sudah ikut bpjs,saya masih bingung dengan tabungan pendidikan / Asuransi pendidikan, tolong masukan nya pilih yang mana agar anak ketika masuk kuliah nanti dana tersedia dan terlindungi sampai dengan tamat kuliah, terima kasih

    Reply
    • admin

      Kurnia,

      Saran saya Anda tempatkan di Reksadana karena saat ini Reksadana yang mampu mengejar kenaikkan biaya pendidikan yang cukup tinggi setiap tahun.

      salam

      Reply
  55. Yulianto

    sy seorang ayah dengan 2 anak yg usia 8 tahun & 1 bulan … sdh mjadi peserta bpjs. jika penghasilan sy 12 jt/bln brp dana yg hrs sy siapkan utk biaya pendidikannya sampai selesai kuliah? produk apa dan dari perush apa yg sebaiknya sy ambil? tks

    Reply
    • admin

      Yulianto,

      Untuk tahu berapa yang harus disiapkan per bulan, Anda harus tahu prakiraan biaya sekolah yang akan dituju. Saran saya Anda ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Saya tidak menyarankan asuransi pendidikan atau unit link karena besarnya potongan biaya untuk komisi yang menyebabkan kecilnya jumlah dana pendidikan yang akan diterima nantinya.

      salam

      Reply
  56. Dian

    Assalaamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih untuk artikel yang bermanfaat dan mohon bantuannya,,
    Saya pegawai yang berpenghasilan kurang lebih 9jt/bln, saya mempunyai anak kembar umur 3,5th, dan saya jg bingung dgn asuransi pendidikan/tab. Pendidikan untuk anak saya, saya jg punya kewajiban utk mencicil rumah 3,5jt/bln, saya jg ikut investasi di Bank Mandiri 7,2jt/th,, tolong masukan nya pilih yang mana agar anak kembar saya ketika masuk SD-kuliah nanti dana tersedia dan terlindungi sampai dengan tamat kuliah, terima kasih banyak.

    Reply
    • admin

      Dian,

      Coba dilihat lagi apakah investasi 7.2 juta tersebut sudah bisa mencapai tujuan keuangan Anda atau tidak. karena dengan kondisi penghasilan sekarang, Anda sudah sangat mepet.

      salam

      Reply
  57. cisca

    Kalo penghasilan 7jt/bln. Anak saya baru 1 usia 1 tahun, rencana usia 2 tahun mau sy masukkan ke kelompok bermain dng estimasi biaya di solo 5jt. sy mau menyisihkan untuk biaya sekolah anak sy smp kuliah di solo. Kira2 progam apa yg cocok? Kebetulan untuk asuransi ksehatan anak sy sudah ikt bpjs.Trmksh.

    Reply
    • admin

      Cisca,

      Jawaban detail kami kirim via email. Saran dari kami, Anda jangan mengambil asuransi pendidikan. Coba ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Term Life.

      salam

      Reply
  58. sari

    Suami sy seorang wiraswasta, mengingat penghasilannya tidak tetap, sy ingin menanyakan asuransi pendidikan untuk anak sy usia 4 th apa ya? Dgn premi dibawah 1 juta/bln. Mksh

    Reply
  59. suyanto

    mohon dibuatkan ilustrasi dana pendidikan untuk anak saya umur 6 thn/tk besar, untuk saat ini saya hanya bisa menyisihkan uang 500 rb/ bln, kira kira asuransi apa yang cocok.?

    Reply
    • admin

      Suyanto,

      Saran kami ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Cukup 1 juta sebulan sudah bisa dapat dana pendidikan berkisar 800 juta sd 1 M (tergantung usia anak) dan perlindungan asuransi Rp 1M. Itu sudah cukup. Simulasi kami kirim via email.

      salam

      Reply
      • Anggun

        Maaf pak bisa dikirimkan via email juga simulasinya untuk saya..krna sya brniat untuk mengukuti asuransi sktar 1jta perbulan untuk anak saya usia 4tahun..dan rekomendasi asuransinya..trims

  60. Rina Hidiawati

    selamat siang, mas admin

    artikel yg sangat bagus, dan membuka mata saya bahwa persiapan dana pendidikan memang harus diperhitungkan dari jauh hari. saya mempunyai putri usia 1 tahun, saya dan suami bekerja, tp kl digabung penghasilan kami satu bulan hanya sekitar 7jt an. untuk kesehatan kebetulan sudah terdaftar BPJS dari perusahaan tempat saya bekerja, apa perlu ikut asuransi kesehatan yg lainnya? saya masih bingung, kira kira produk asuransi dan proteksi apa yang tepat untuk pendidikan anak saya hingga tamat kuliah s1 nanti? mohon saran dan masukannya terima kasih.

    Reply
  61. wahyu

    mohon pencerahannya,

    saat ini saya sedang mencari produk asuransi pendidikan yang tepat untuk anak saya yang baru lahir. Pendapatan saya saat ini sebesar 6jt/bulan, dan untuk untuk fasilitas kesehatan telah tercover dari perusahaan (asuransi kesehatan). mohon masukan/saran Bapak untuk produk investasi pendidikan seperti apa yang cocok bagi saya.

    terima kasih

    Reply
  62. Widya

    Saya pegawai dan istri juga bekerja, skg lg hamil anak pertama. Kami masing” sudah mendapat asuransi kesehatan dari perusahaan tempat bekerja kami. Kami berencana ingin memilki dana untuk anak kami sekolah dari SD hingga kuliah atau umur 20 th. Penghasilan kami digabung 15 juta per bulan. Mohon petunjuknya apa yg cocok? Terima kasih.

    Reply
  63. luqman_hakeem

    bagus skali pencerahannya… mohon dibantu pak sy pnghasilan krg lebih 8 jt/bln + penghasilan istri krg lebih 5 jt/bln dan kami punya 3 anak yg pertama msh SD umur 9 thn kedua TK 5 thn ketiga 2 thn.. utk pendidikan tentunya ingin yg terbaik sebaiknya dgn tabungan pendidikan / asuransi pak dan pakai metode yg mana yg paling baik ?? terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Luqman,

      Kami menyarankan Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni untuk Dana Pendidikan. Tidak menyarankan Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan karena potongannya besar sehingga hasilnya minim. Simulasi dana pendidikan kami kirim via email.

      salam

      Reply
  64. angi

    Ulasan yang sangat bagus sekali.. saya IRT dan suami berpenghasilan 11 jt / bulan, anak masih bayi, saya harus menyisihkan berapa ya untuk dana pendidikan anak saya ? Bisa minta tolong dibuatkan skemanya mas kirim email saya..saya juga ada mempunyai rencana menabung emas untuk menutupi kekurangan biaya kuliah nanti apakah efektif ?.Terima kasih banyak

    Reply
  65. ucha

    minta tolong dibuatkan estimasi jumlah tabungan untuk 3 th kedepan anak kuliah pak. mohon email saya. tks

    Reply
    • admin

      Ucha,

      Estimasi tergantung pilihan Tabungannya karena bunganya berbeda -beda. Silahkan Anda datang ke bank disana sudah ada simulasinya.

      salam

      Reply
  66. Pranowo

    mohon saran pak untuk rencana pendidikan sampai kuliah anak umur 1 tahun. saya umur 35 tahun, income 8jt/bulan. saya sudah ikut asuransi jiwa dan bpjs. anak sudah ikut bpjs. sebaiknya saya pilih asuransi pendidikan yang mana?
    terima kasih sebelumnya

    Reply
  67. Rizqi

    Mohon saran, saya mencari tabungan pendidikan yang dapat dicairkan berjenjang, dan terdapat proteksi/jika terjadi sesuatu dengan orangtua, premi tersebut dapat terus berjalan.
    Umur saya 31 tahun dengan penghasilan 5 jt per bulan, suami saya berumur 31 tahun dengan penghasilan 8 jt per bulan.
    anak 1 dan berumur satu tahun.

    mohon sarannya, tabungan pedidikan seperti apa yang sebaiknya saya ambil untuk anak kami.
    Terimakasih.

    Salam,
    Rizqi

    Reply
  68. Luthfi

    Mohon Saran gaji saya 6jt/bln istri ibu rmh tangga Anak umur 1bln kesehatan sudah d tanggung kantor semua.sebaikny saya pilih asuransi pendidikan yg mn?tks

    Reply
  69. ENDANG SRI LESTARI

    min mau tanya, anak say a1 usia masuk 10 bulan suami bekerja gaji 3juta nah saya ditawarin asuransi oleh prudent, asuransi jiwa tuk suami tetapi ditengan perjalan uang bisa diambil untuk biaya sekolah dll
    saya dak kel sudah ikut bpjs
    nah saya mau tanya
    lebih baik saya ikut asuransi
    atau tabungan pendidikan?

    Reply
    • admin

      Endang,

      Saran saya Anda ikut Reksadana karena return lebih tinggi dan potongan lebih kecil. Tapi, kalau tabungan pendidikan vs asuransi pendidikan, asuransi relatif lebih baik karena return lebih tinggi. Tabungan pendidikan itu aman tapi return kecil.

      salam

      Reply
  70. Misri

    Sya dan suami brpenghasiln sktr 13-15jt/bln.anak sya 1 umur 8bln.sya masih bingung pilih yg mana asuransi yg baik atau tab untuk pendidikan anak sya hingga kuliah kelak.mhon bantuannya

    Reply
  71. Syam

    Saya usia 29 Tahun, penghasilan 10 juta /bulan, dan memiliki 1 orang anak berusia 3 bulan. Saya pribadi sudah asuransi kesehatan di AXA juga di BPJS.
    Mohon saran, untuk kepentingan masa depan keluarga saya, saat ini saya masih bingung memilih apakah memilih asuransi pendidikan atau asuransi yang sifatnya investasi. Saya ingin agar anak saya nanti terjamin pendidikannya sampai perguruan tinggi.
    Mohon saran dan silmulasinya ya Pak.
    Thanks

    Reply
    • admin

      Syam,

      Saran kami ambil proteksi dana pendidikan yang bisa mencapai tujuan pendidikan anak-anak. detil kami kirim via email.

      salam

      Reply
  72. yuni

    Assalamualaikm
    Trimakasih tentang artikel diatas…
    Sya ibu rumah tangga,
    Suami sya brumur 30th. Anak sy brumur 4th. Penghasilan suami sktr 3jt perbulan.
    Kami ingin menyisihkan uang untuk biaya pendidikan putra kami sekolah.
    Produk asuransi apa yg bagus utuk kami, krena suami saya memiliki riwayat stoke saat berumur 29th. Produk asuransi yg bs menjamin pendidikan dan mengcover suami dan anak kami.
    Trimakasih

    Reply
    • admin

      Yuni,

      Ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni untuk persiapan dana pendidikan. Hasilnya akan lebih optimal.

      salam

      Reply
  73. Agus

    Mas rio, saya pegawai swasta berpenghasilan 5 jt/ bln.anak saya berumur 1 th.saya ingin menyiapkan dana pendidikan untuk anak saya, saya tertarik dengan produk investasi reksadana.kira2 produk reksadana yg terjamin apa ya dan berapa besar yg harus saya sisihkan setiap bulan.thks

    Reply
    • admin

      Agus,

      Satu anak cukup 500rb sebulan di Reksadana, itu sudah bisa dapat sekitar 800 jutaan sd 1 M-an untuk dana pendidikan. Sudah lumayan cukup. Detilnya kami kirim via email.

      salam

      Reply
  74. Dewi

    Saya dan suami brpenghasiln sktr 20jt/bln.
    Anak saya 1 berumur 9bln.
    Mohon saran, untuk kepentingan masa depan keluarga kami, saat ini saya masih bingung memilih apakah memilih asuransi pendidikan atau asuransi yang sifatnya investasi.
    Mohon saran dan silmulasinya ya Pak.
    Thanks

    Reply
    • admin

      Dewi,

      Ambil Reksadana + Asuransi Jiwa Murni. Hasilnya bisa sekitar 1M untuk Dana Pendidikan dan 1 M untuk proteksi jiwa. Hasilnya akan lebih baik dibandingkan penawaran asuransi pendidikan.

      salam

      Reply
  75. siaoyang

    Salam admin..mau nanya kalo saya penghasilan 10jtperbulan. Trus anak saya skg kelas 6 sd apakah masih bisa memiliki polis pendidikan dan kalau bisa produknya apa ya….trus bagusan masuk reksadana atau asuransi untuk pendidikan anak..terimakasih

    Reply
    • admin

      siaoyang,

      Kami menyarankan Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni.Tidak menyarankan asuransi pendidikan karena potongannya banyak.

      salam

      Reply
      • indah

        Saya dan suami bekerja,gaji saya 3jt/bulan dan suami saya 1,5 jt/bulan. Saya punya anak bru usia 4 bulan. Saya ingin menabung untuk biaya pendidikanny nnti. Kalau gaji segitu kira2 apa bisa…untuk membuat tabungan pendidikan.

      • admin

        Indah, bisa saja kenapa tidak? Misalnya Reksdana, Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 100rb. salam

  76. Jimbar

    mohon pencerahan gan: saya berusia 37 tahun, PNS, istri juga punya 3 anak semuanya pakai BPJS. penghasilan berdua 6 jt/bln ++. mhn bantuan untuk mempersiapkan asuransi pendidikan anak sampai kuliah dan pilhan reksadan bagi pemula kya saya

    Reply
    • admin

      Jimbar,

      Kami menyarankan Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Anda bisa mulai 500rb sd 1 juta sebulan sudah bisa dapat sekitar 1 M saat anak kuliah nanti.

      salam

      Reply
  77. barley

    usia saya 33 Tahun, penghasilan 3 juta /bulan, dan memiliki 1 orang anak berusia 8 bulan.
    sebaiknya saya pilih asuransi pendidikan untuk anak saya bagaimana ya ?
    Saya ingin agar anak saya nanti terjamin pendidikannya sampai perguruan tinggi.
    Mohon saran dan silmulasinya ya Pak.
    Thanks

    Reply
    • admin

      Barley,

      Saran kami ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Cukup 1 juta sebulan sudah bisa dapat dana pendidikan berkisar 800 juta sd 1 M (tergantung usia anak) dan perlindungan asuransi Rp 1M. Itu sudah cukup. Simulasi kami kirim via email.

      salam

      Reply
  78. Khairun Mawan

    Saya berpenghasilan 10jt/bulan. Anak dua, yang pertama 6tahun dan yang kedua 1bulan. Produk apa yang cocok untuk saya untuk mempersiapkan keduanya masuk kuliah s1..atas jawabanya terimaksih pak

    Reply
    • admin

      Khairun,

      Saran saya ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Cukup 1 juta sebulan sudah bisa dapat dana pendidikan berkisar 800 juta sd 1 M (tergantung usia anak) dan perlindungan asuransi Rp 1M. Itu sudah cukup. Simulasi kami kirim via email.

      salam

      Reply
  79. aurel

    mohon infonya ttg asuransi jiwa termlife dan reksadana sesuai jenjang pendidikan.trimakasih

    Reply
  80. harlina

    Saya ingin mencari proteksi dana pendidikan untuk anak umur 5th,usia saya 34th dengan penghasilan 6jt bisakah di kirimkan realisasi yg harus saya keluarkan untuk dana pendidikan saya yg bisa di cairkan pada jenjang sd-kuliah,produk apa yg cocok,terimakasih

    Reply
    • admin

      Harlina,

      Saya tidak menyarankan asuransi pendidikan atau unit-link karena potongan (komisi) besar sehingga bisa kurang nanti dana pendidikannya. Saran saya Anda investasi Reksadana dan beli Asuransi Term Life (Asuransi Jiwa Murni). Asuransi Term Life: 500,000/bulan

      Reksadana memberikan return diatas kenaikkan biaya pendidikan, sementara asuransi melindungi anak dari berbagai risiko (meninggal, cacat) orang tuanya. Keunggulan pilihan ini adalah hasilnya paling optimal (proteksi paling tinggi dan investasi paling besar).

      Jika ingin tahu lebih detail bisa kirim email ke duwitmu.keuangan@gmail.com

      salam

      Reply
  81. Chairunnisa

    Salam Kenal Pak Rio

    Pak, mohon sarannya, penghasilan saya 4jt/bln. anak baru 1 usia 1 tahun. saya ikut asuransi unit link dr prudential dgn premi 350rb/bln sedangkan dikantor saya sudah dapat asuransi. saya ikut reksadana saham dgn iuran 100rb/bln rencana untuk pendidikan anak. yg ingin saya tanyakan? 1. apakah benar saya masih ikut asuransi dgn unitlink prudential itu atau harus saya tutup ya pak? karena seperti nya saya belum merasakan manfaatnya, lalu saya pindahkan ke asuransi anak atau utk investasi lainnya. 2. apakah tepat pilihan saya pak dengan reksadana saham untuk rencana biaya pendidikan anak saya? atau mengikuti asuransi pendidikan? saya galau. mohon pencerahannya Pak Rio. terima kasih

    Reply
    • admin

      Chairunnisa,

      Saya tidak menyarankan asuransi pendidikan atau unit-link karena potongan (komisi) besar sehingga bisa kurang nanti dana pendidikannya. Saran saya Anda lanjutkan Reksadana dan beli Asuransi Term Life (Asuransi Jiwa Murni). Asuransi Term Life: 500,000/bulan

      Reksadana memberikan return diatas kenaikkan biaya pendidikan, sementara asuransi melindungi anak dari berbagai risiko (meninggal, cacat) orang tuanya. Keunggulan pilihan ini adalah hasilnya paling optimal (proteksi paling tinggi dan investasi paling besar).

      Jika ingin tahu lebih detail bisa kirim email ke duwitmu.keuangan@gmail.com

      salam

      Reply
  82. Roni Ntau

    saya usia 33 thn,anak 1 usia 3 thn,pegawai swasta berpenghasilan Rp 3 jt/bulan,.untuk persiapan biaya pendidukan anak saya,.bagusnya saya ikuti asuransi atau tabungan pendidika n? mohon sarannya, terima kasih

    Reply
    • admin

      Roni,

      Saran saya Reksadana + Asuransi Term Life karena lebih murah dan tidak banyak potongan (komisi). Detilnya saya kirim via email.

      salam

      Reply
  83. HERRY PRASETYO W

    Saya usia 40 thn, anak 1 usia 11 thn yang berpenghasilan Rp 8 jt/bulan. Untuk persiapan rencana biaya pendidikan anak saya….bagusnya saya mengikuti asuransi atau tabungan pendidikan ??? mohon penjelasan dan sarannya, terima kasih

    Reply
  84. Siti mukaromah

    Saya seorang PNS penghasilan 3 jt/Bln.suami berwira usaha dengan penghasilan rata2 2,5 jt./Bln.memiliki seorang anak usia 4 thn.seluruh anggota keluarga sdh memiliki askes.sampai saat ini sya blm memiliki rumah ( masih ikut ibu), investasi apa/ tabungan yg tepat agar sya dpt memiliki rumah 5 thn kedepan serta pendidikan anak sya terjamin SD-kuliah.mohon saranya terima kasih

    Reply
    • admin

      Siti,

      Saran saya ambil Reksadana dan Asuransi Jiwa Murni. Cukup 1 juta sebulan sudah bisa dapat dana pendidikan berkisar 800 juta sd 1 M (tergantung usia anak) dan perlindungan asuransi Rp 1M. Itu sudah cukup. Simulasi kami kirim via email.

      salam

      Reply
  85. reka

    anak saya usia 1th sudah terdaftar BPJS, saya sanggup 500rb/bln.
    kira2 jenis asuransi/investasi apa yg cocok untuk pendidikan sampai kulaih selesai?apakah harus ikut asuransi kesehatan lagi?trimakasih

    Reply
  86. Anisa

    Sore pak, mau saran nya dong. Saya kary.swasta dengan gaji 2jt/bln. dan suami kary.swasta juga dengan gaji 15jt/bln. saat ini kami hanya punya bpjs untuk kesehatan. belum memiliki rumah tp punya cicilan mobil. dari mana saya harus memulai berinvestasi. untuk kesehatan, jaminan hari tua, pendidikan anak, dan rumah. terimakasih.

    Reply
    • admin

      Anisa,

      Saran saya untuk investasi gunakan Reksadana, sedangkan untuk proteksi gunakan asuransi jiwa murni.

      salam

      Reply
  87. Ama

    Mohon saran, saya mencari tabungan/Asuransi pendidikan dan terdapat proteksi jika terjadi sesuatu dengan orang tua, premi tersebut dapat terus berjalan. dan berbasi syariah
    saya karyawan swasta
    Umur 29 tahun dengan penghasilan 10 jt per bulan,
    anak 2
    Anak pertama SD kelas 4
    dan Anak ke 2 berumur 3 bulan

    mohon sarannya, tabungan /Asuransi pedidikan seperti apa yang sebaiknya saya ambil untuk ke 2 anak saya.
    Terimakasih.

    Reply
  88. nenti

    selamat malam,
    terima kasih pak rio infonya sangat bermanfaat,dan saya mau minta saran bbrpa bulan ini saya terpikir untuk ikut asuransi pendidikan untuk anak saya yg berusia 1.5 tahun. disini saya bekerja sbg karyawan swasta dan suami saya juga sama. total penghasilan kami 15 juta/ bulan dg msh mmpunyai cicilan rumah dan mobil. u/ kesehatan kami telah terdaftar bpjs dan asuransi dr perusahaan kami bekerja. kira2 untuk investasi/asuransi pendidikan yg seperti apa yang cocok untuk anak saya sampai dg kuliah di perguruan tingg?dan brpa nominal yg harus kami sisihkan tiap bulan?dan produknya dari perusahaan mana?mohon sarannya, terima kasih

    Reply
  89. ponty

    sore pak,

    mohon saran untuk premi asuransi. penghasilan saya +/- 15 juta per bulan. untuk anak usia 6 & 1 tahun.
    terima kasih

    Reply
  90. Fery

    Saya berencana untuk membeli produk asuransi pendidikan untuk anak, perkiraan sktr 300 – 400rb / bulan bisa disisihkan untuk anak saya yang sekarang berusia 3 bulan.

    Mohon informasi mengenai simulasi dana pendidikan dan produknya, asuransi manakah yang paling cocok untuk anak saya ketika besar nanti?

    Mohon saran untuk simulasi dana pendidikan dan asuransi yang digunakan

    Terima Kasih

    Reply
  91. Nina

    Assalamu’alaikum saya punya dana 300ribu tpi saya mau beli asuransi pendidikan anak nanti kuliah, sekrang ank saya 6 tahun, mohon petunjuknya prodak apa, dan berapa lama angsurannya terimakasih

    Reply
  92. Giri

    Salam Pak,

    Saya meminta saran dan rekomendasi terkait dengan Persiapan Dana Pendidikan bagi anak saya.
    Saya dan istri memiliki joint income sebesar 13 juta/bulan, usia anak kami saat ini 6 bulan.
    Apakah ada rekomendasi produk yang memberikan hasil dana pendidikan yang paling tinggi diantara produk lainnya ?
    Apakah anda bisa memberikan sedikit simulasi untuk saya ?
    saya dan istri mem-budgetkan dana pendidikan untuk anak kami 500-1 juta/bulan.

    Terima kasih.

    Reply
  93. midhiy

    saya dan suami total penghasilan 6jt saja/bln saat ini, br menikah ingin tahu gmn caranya membuat reksadana + term life untuk anak kami nanti, dan brp yg harus kita setor perbulan nya… terimakasih

    Reply
  94. Adit

    Mau nanya gan total gaji saya dan istri saya 15jt/bln
    Anak sy berumur 6 bulan. Rencana mau ambil asuransi pendidikan. Saya mencari asuransi pendidikan yg bs dambil disaat diperlukan jd tdk mematok 5/10th baru bs dambil & tdk ada potongan embel2 asuransi kesehatan. Jd murni utk pendidikan. Rencana bwt pendidikan 500ribu/bln.
    Asuransi apa yg sesuai keinginan saya ?

    Reply
  95. Atit

    Suami saya berpenghasilan 10 juta/bulan, dengan 3 anak, umur 9 th, 8th, dan 8bulan . Saya, suami, dan anak-anak sudah menjadi peserta bpjs kesehatan. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan sampai selesai kuliah S1 untuk ketiga anak saya?Produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana? Terimakasih

    Reply
  96. maiia

    Thanks atas info nya , cukup membantu pengetahuan saya tentang asuransi.
    karna sebelumnya saya sudah pernah beberapa kali ikut asuransi tapi kandas di tengah jalan.

    saya mohon bantuan saran dan masukkan dari mas admin .

    1. anak pertama kami 8 tahun
    2. anak kedua kami 7 tahun
    3. anak ketiga kami 5 tahun

    gaji suami saya 25 jt/bln , umur suami saya 36 dan saya 29 ..

    mohon saran nya , tabungan/ asuransi apa yang tepat bagi anak2 kami.

    dan apakah kami perlu lagi untuk mengikuti asuransi term life? jika harus bagaimana cara nya?

    terimakasih

    Reply
    • admin

      Maiia,

      Apakah orang tua sudah memiliki proteksi asuransi jiwa untuk kepentingan keluarga dan anak-anak? Jika belum sebaiknya memiliki proteksi jiwa.

      Asuransi Term Life adalah salah satu pilihan untuk mendapatkan proteksi jiwa dengan premi murah.

      salam

      Reply
  97. Febri

    sy seorang ibu, dan awal tahun depan akan lahir… jika penghasilan sy 6 jt/bln brp dana yg hrs sy siapkan utk biaya pendidikannya sampai selesai kuliah? Yang mana yang lebih optimal, apakah reksadana ataukah tabungan pendidikan? tks

    Reply
  98. sydney

    Saya pelaut usia 34thn penghasilan skitar 8jt/bln dlm setahun nganggur 2-3 bln tanpa penghasilan. Untuk kesehatan sy menggunakan bpjs
    Anak 2 yg paling besar 13thn kls 2smp yg bungsu baru 6 bulan.
    Yg saya ingin tanyakan asuransi pendidikan apa yg cocok untuk saya anak saya yg smp dan bayi saya..
    Terimakasih

    Reply
  99. Uswah

    Salam mas rio..
    Saya dan suami pns. Umur saya 32 dan suami 33 th.total penghasilan kami perbulan 12jt. Anak 2 umur 5th dan 1th. Asuransi kesehatan dari kantor.Rencana mau ambil cicilan mobil.
    Mohon info dan simulasinya sebaiknya produk asuransi/ reksadana ( produk syariah)yang cocok untuk persiapan pendidikan kedua anak kami SD-kuliah S2, dan bisa diambil setiap jenjang pendidikan ? Berapa jumlah yang harus di sisihkan untuk sebulan? Terimakasih.

    Reply
  100. Noviyanto

    saya dan istri total penghasilan 6jt saja/bln saat ini,kami baru mempunyai anak berumur 2 bulan dan ingin ikut asuransi pendidikan reksadana + term life untuk anak kami nanti, yang bisa ditarik pada saat anak mau masuk masing2 jenjang sekolah.,tidak harus menunggu 5,10,15 thn br bisa diambil. premi yg diinginkan 500rb / bulan dan mohon saran untuk asuransi pendidikan reksadana + term life yang bagus..terimakasih

    Reply
  101. HERU

    Dear Admin,
    Penghasilan saya 10 juta/ bln. Anak saya 1. Umur 11 tahun ( sekarang kelas 6 sd ). Saya berencana ikut asuransi pendidikan yg bisa dicairkan untuk tiap jenjangnya . Saya sendiri sudah ikut asuransi link. Mohon bisa dibantu untuk jenis asuransi yg tepat. Premi yg mampu saya bayar antara 500 – 1 juta per bulan. Terima kasih.

    Reply
  102. Zulhelmi

    Saya berusia 37 thn penghasilan 10juta/bln mempunyai 2 orang anak yang pertama umur 5 tahun yang kedua baru 5 bulan, saya ingin membeli asuransi pendidikan utk kedua anak saya sampai mereka selesai kuliah. Kira2 yg mana cocok buat saya? Tolong kasih penjelasan beserta simulasi nya, Tks.

    Reply
  103. restee vanny

    sy ibu rumah tangga. suami saya berniat ikut asuransi untuk mengcover kami sekeluarga ( asuransi paketan) tujuannya supaya menjadi andalan ketika sakit dan berharap dana invest asuransi bisa terkumpul untuk biaya pendidikan anak kami yg berusia 19 bulan. suami berusia 33thn. sy 25thn dan penghasilan suami sekitar 6jt/bln.
    mohon petunjuk dan saran agar kami tidak salah dlm membeli asuransi. trims

    Reply
  104. Ocha

    Sy punya Anak umur 9 bulan, ingin pilih asuransi kesehatan n pendidikan yg baik gimana yach? Sy ingin investasi pendidikan u/ setelah d luar Negeri Anak saya. Sebaikx ambil yg mana? Dan per bulan bayar berapa? Klu asuransi kesehatan cukup 1 aja atau bisa ambil lebih dari 1?

    Terima kasih

    Reply
  105. elisa

    Pak, saya seorang ibu berusia 40 thn berpenghasilan 5jt/bln, ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk 1 anak yg sekarang berusia hampir 5 thn. Suami sudah tidak pernah menafkahi lagi. Tolong dibantu lewat email dana pendidikan apa yg sesuai? Terima kasih banyak

    Reply
  106. yulia

    Mas apa ya asuransi kesehatan yang baik untuk anak saya 2,5 tahun dan 6,5 tahun dan asuransi pendidikan / tabungan pendidikan / reksadana baiknya untuk pendidikan mereka?

    Reply
  107. Abraham

    Selamat siang semoga sukses selalu. Saya beserta istri ditotal berpenghasilan total 14 juta/bulan dengan anak baru usia 10bln. saya mengikutsertakan anak saya asuransi jiwa murni tanpa unit link dengan premi 500rb, sedangkan saya pribadi menggunakan asuransi jiwa unit link dengan premi 500rb, istri saya belum ada asuransi namun kami mengcover dg BPJS kelas 1 untuk kami berdua. Saya juga berinvestasi di 3 reksadana autoinvest bank commonwealth dengan biaya 300rb masing2 reksadana 100rb. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan jika ingin dicairkan setiap awal masuk SD, SMP, SMA sampai selesai kuliah S1? Produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana? Apakah ada yang kurang dari investasi dan proteksi kami? Terimakasih.

    Reply
  108. arief

    Pak,usia sy 30th.Sy punya 2 orang anak.anak ke-1 umur 5th(tk),anak ke-2 umur 3th.penghasilan sy tdk menentu /bln nya.gmn solusi buat tabungan pendidikan anak2 nantinya.terima kasih sblmnya..

    Reply
  109. enno

    Pa, usia saya 35 thn anak 1 umur 9 bln, anggaran utk anak saya 500/bln investasi apa yg cocok untuk biaya pendididikannya reksadana/asuransi pendidikan, saya sdh punya unit link di axa 400rb/bln

    Reply
  110. Eko

    Dear Pak Rio,
    Saya pegawai swasta usia 32th dgn penghasilan 15jt/bln dan baru mempunyai anak umur 1bln. Saya berencana membeli produk asuransi pendidikan utk mempersiapkan biaya pendidikan anak saya sampai jenjang kuliah. Mohon pencerahan kira2 produk apa yg sesuai dgn kebutuhan saya?saat ini untuk kesehatan sudah dicover bpjs dan simas dari perusahaan. Terima kasih

    Reply
  111. Febri

    Pak, Saya Febri, usia sy 26 th. Sy punya 1 orang anak umur 4 bulan. penghasilan sy tidak tentu (sekitar 7,4 jt/bln). Saya ingin membuat rencana pendidikan untuk anak saya sampai dia lulus S1. setelah membaca artikel bapak, saya tertarik untuk berinvestasi reksa dana. kira2 simulasinya seperti apa ya Pak? Terima kasih banyak..

    Reply
  112. Tya

    Pak, suami saya berpenghasilan 12jt/bulan. saya sbg istri tidak bekerja dan memiliki anak berusia 2 tahun. apakah langkah tepat yg harus kami ambil (tabungan/ asuransi) untuk persiapan dana pendidikan di jenjang SD s/d kuliah min. S1. Kondisinya sekarang adalah suami belum memiliki asuransi jiwa.
    mohon balasannya metode dana pendidikan apa yg terbaik. terima kasih.

    Reply
  113. tarmin suroso

    usia sy 34 thn, penghasilan sy ma istri 7 jt.anak umur 6 bln kami dh py bpjs dn sy dh py asuransi unit link dn anak dh sy bkin tabungan pendidikan.klo sy ngambil reksadana cocok y yg mn y..

    Reply
  114. eka

    Suami sy berpenghasilan 5 jt/bln, usia anak 0 bln, sdh ingin utk persiapan dana pendidikan anak, kalau kesehatan sudah ditanggung oleh kantor, kira3 yg cocok utk dana pendidikan yg mana ya

    Reply
  115. Hasan

    Wah bagus sekali pencerahannya pak, usia sy sudah 37th, gaji 15jt, anak 4th, dan skrg istri lg mengandung anak ke 2. Sudah invest reksadana lewat ipot utk pensiun, tp blm punya asuransi sama sekali.

    Mohon saran program/asuransi apa yg tepat utk proteksi dan pendidikan anak sy hingga kuliah nanti.

    Terimakasih.

    Reply
  116. Melphie

    Pak, gaji suami saya tiap bulan 16.5juta..kita berdua sama2 belum mempunyai asuransi ..kira2 asuransi ap yg cocok yah? Dan sekarang saya sedg mengandung anak pertama…asuransi pendidikan n kesehatan mana yg cocok buat anak saya nanti..trima kasih

    Reply
  117. indra

    Pak, saya seorang karyawan berusia 29 th, anak saya 2 th. penghasilan dibawah 10 jt/bln. saya sedang memilih: Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, untuk mempersiapkan sampai perguruan tinggi, mohon diberikan referensi yang cocok untuk saya, tunjangan kesehatan saya & keluarga sudah full cover dari perusahaan jadi tidak butuh unit link. terima kasih.

    Reply
  118. Chrisye Rompas

    Pak, saya seorang karyawan yang sudah menikah dengan total pendapatan bersama per bulan 20jt
    Saya sudah memiliki asuransi unit link dengan premi 1jt per bulan dan saat ini kami ingin mulai mempersiapkan biaya pendidikan (dari SD s/d S1) untuk anak kami yang pertama yang jika Tuhan berkenan akan lahir bulan depan.
    Mohon dibantu untuk metode pengelolaan keuangannya.
    Thanks

    Reply
  119. eka

    Pak, mohon bantuannya saya seorang karyawan berusia 29 th, anak saya 1 th. penghasilan dibawah 9 jt/bln. saya ingin mempersiapkan dana pedidikan sampai perguruan tinggi dan saya juga ingin investasi sedangkan asuransi yang saya miliki yaitu BPJS Kesehatan dan JHT dari perusahan. Mohon pencerahan kira2 produk apa yg sesuai dgn kebutuhan saya? terima kasih

    Reply
  120. Marudut

    Dear Admin,
    Saya seorang karyawan swasta umur 39 thn dgn penghasilan 9 jt per bln. Saya mempunyai seorang istri yang sdg hml 5 bln dan anak umur 2 thn. sy sdh memiliki polis asuransi pendidikan bumi putera untuk anak sy dgn premi 1 jt per bln dgn periode 17 tahun dgn pencairanklaim secara bertahap. yg mau tnykan:
    1. apakah pemilihan polis asuransi sy sdh tepat?
    2. asuransi pendidikan apa yg terbaik untuk anak kedua sy?
    atas infonya sy ucapkan trm ksh.

    Reply
    • admin

      Coba dihitung, apakah pencairan dari asuransi pendidikan itu cukup untuk biaya sekolah anak. Jika tidak cukup, harus segera cari tambahannya.

      Reply
  121. dian

    Saya karyawan swasta dengan gaji 6jt perbulan.
    Anak saya berusia 2th,mohon infonya untuk asuransi pendidikan yang cocok apa ya?
    Terima kasih.

    Reply
  122. Jusman

    saya dan istri total penghasilan 6jt saja/bln saat ini, kami baru mempunyai anak berumur 9 bulan dan ingin ikut asuransi pendidikan/reksadana untuk biaya pendidikan anak kami nanti, yang bisa ditarik pada saat anak mau masuk masing2 jenjang sekolah, tidak harus menunggu 5,10,15 thn baru bisa diambil. Premi yang diinginkan 500rb/bulan dan mohon saran untuk asuransi pendidikan/reksadana yang bagus buat dana pendidikan. terimakasih

    Reply
  123. Desia

    Salam,

    Saat ini saya hamil 7 bulan, saya berencana ikut asuransi atau tabungan pendidikan untuk anak saya kelak pada saat lahir sejak usia 0 tahun dengan harpan jangka waktunya lebih panjang. Gaji saya kisaran 4 juta per bulan. Mohon masukannya, apakah tabungan atau asuransi pendidikan? dan mohon bantuan ilustrasinya.

    Terimakasih banyak..

    Reply
  124. Azizs Indra Jaya

    Saya seorang karyawan di perusahaan swasta dengan pendapatan 5jt/bln, usia saya 31 Thn, istri sy hanya ibu rumah tangga, baru memiliki anak perempuan berusia 9 bln. Dari gaji yg saya terima tiap bulan, sy hanya bisa saving 1jt, krn sy memiliki tanggungan cicilan rmh yang harus saya jalani selama 15 Thn, biaya cicilan rumah Rp 1.950.000/bln dan saat ini cicilan rumah sudah berjalan 3 Thn. Target sy dengan dana saving 1jt/bln itu, saya hanya ingin fokus menabung untuk dana pendidikan anak saya hingga lulus kuliah nanti. Karena untuk asuransi kesehatan, saya sudah dapat dari perusahaan saya bekerja termasuk anak saya. Pilihan mana yang harus saya pilih? Kiranya bapak bisa memberikan pencerahan, Terima Kasih

    Reply
    • admin

      Azizs, dengan dana 1juta/bulan, sangat bisa untuk mempersiapkan dana pendidikan yang memadai, asalkan dipilihkan produk yang tepat, yaitu preminya murah dan returnya cukup tinggi. salam

      Reply
  125. yenny

    Gaji saya 4jt/bln,suami 5jt/bln.saya punya 2 anak umur 4thn (sdh playgroup) dan bayi umur 7bln.saya punya tab berencana 10thn 400rb/bln dan br akan brakhir di 2020,selain itu sy jg ikut asuransi investasi aia 7thn 500rb/bln yg akan brakhir di 2018 dan yg trakhir baru berjalan 2bln sy ikut asuransi hospital life dr cc mandiri untuk berdua sa suami saya sebesar 640rb/bln sampai 8thn dan bs dicairkan 100% apabila kita ada atau tdk ada klaim stlh 8thn.sy merasa blm cukup u biaya pendidikan anak2 sy.asuransi apa yg tepat dgn penghasilan kurleb 9jt/bln.klo ikut asuransi hrs produk apa dan asuransi apa yg pling cocok buat saya.dan yg ikut asuransi sy ato suami saya ya?dan sy sgt tertarik dgn investasi /saham/reksadana online yg bisa mulai dr 100rb,caranya gmn daftarnya kemana kesitus apa dan cara mendaftarnya gmn?sy pgn ikutan punya saham tp gtau gmn crnya.dan sy jg ingin menabung buat DP rumah.
    Terimakasih mohon penjelasan detailnya ya

    Reply
  126. Reny

    Suami saya gaji 18 jt sebulan saat ini kami memposkan 3 jt perbln direksadana saham dgn asumsi 1 jt untuk Dana pensiun,1 jt untuk kuliah anak yg besar yg akan 6 thn lagi kuliah1 jt untuk anak yg kecil kuliah yg skrg berumur 4,5 thn.kami ada bpjs dari kantor suami juga ada asuransi 1 jt perbln untuk sekeluarga juga saya Dan suami mempunya asuransi jiwa murni. Asuransi pendidikan kami ada untuk 2 anak diaxa sebesar 350 rb perbulan peranak Dan juga 200 rb perbulan peranak dibumiputera.menurut bapak cukup tidak semua asuransi Dan investasi yg saya jalankan untuk mengcover biaya kuliah anak saya sedangkan suami saya 20 thn lg pensiun sekarang saya sedangkan memikirkan untuk mrnambah investasi 1 jt perbulan untuk Dana kuliah sih kecil untuk mengcover jika terjadi sesuatu dgn suami saya menurut bapak sebaiknya saya alokasikan kemana Dana 1 jt perbulan apakah ditaro ditabungin pendidikan atau asuransi pendidikan spt pru atau manulife yg bpk ilustrasikan mohon pencegahannya pak terima kasih

    Reply
    • admin

      saran saya: lanjutkan reksadananya, kalau bisa ditambah utk dana pendidikan. Cek apakah UP asuransi sudah cukup, jika belum, lebih baik beli asuransi term life karena UP lebih besar dan premi lebih murah.

      Kalau saya, asuransi yang di unit link akan saya tutup, dananya saya ambil, lalu tempatkan semuanya di Reksadana. Reksadana lebih kecil (sekali) potongannya dibandingkan investasi via Unit Link.

      Reply
  127. yudi

    saya penghasilan 5jt/bln saat ini, saya mempunyai anak berumur 6tahun dan 9 bulan dan ingin ikut asuransi pendidikan/reksadana untuk biaya pendidikan anak kami nanti, yang bisa ditarik pada saat anak mau masuk masing2 jenjang sekolah, tidak harus menunggu 10/20 thn baru bisa diambil. Premi yang diinginkan 500rb/bulan(mungkin 1anak dulu atau jika memungkinkan ikut 2) dan mohon saran untuk asuransi pendidikan/reksadana yang bagus buat dana pendidikan. terimakasih

    Reply
  128. alfi fadhliyah

    Pak, mohon bantuannya…Saya adalah karyawati dengan jumlah penghasilan (take home pay) saya+suami per bulan sebesar 14 juta. Saat ini punya anak usia 3 tahun dan ingin menyiapkan dana untuk sekolah anak sampai kuliah. Mohon bantuannya jenis asuransi/tabungan/investasi apa yg paling optimal untuk kami. Saat ini alokasi untuk persiapan pendidikan anak per bulan sebesar 1 juta.

    Demikian dan terima kasih sebelumnya pak.
    Salam,
    Alfi

    Reply
  129. heri

    Dear Adm, saya ingin konsul terkait dana e[pendidikan, planning klo Tuhan ijinkan anak saya lahir dibulan okt, mohon advice untuk asuransi apa yang cocok. income 25/perbulan usia 33 tahun, dan saya saat ini memiliki sedikit investasi di reksadana juga.thx

    Reply
  130. Eva

    Pak,saya pnya anak umur 2 dan 4 thn. Asuransi pndidikan ap yg preminya 500rb/bln/anak yg aman & menguntungkan? Saya tertarik dgn manulife & bumiputera.. Mana yg lbh bgs ya pak..
    Trmaksh

    Reply
  131. sony

    saya karyawan dengan penghasilan 9 juta/bulan, mohon bantuannya untuk memilih asuransi yang tepat untuk anak saya yang berusia 4 bulan mengenai jenis asuransi/tabungan/investasi apa yang optimal untuk saya. demikian saya ucapkan terimakasih.

    Reply
  132. singgih surnanto

    Hallo pak,

    Sebelumnya terimakasih banyak untuk website-nya yang sangat banyak membuka wawasan untuk saya 🙂
    Aku Singgih, karyawan swasta usia 28th dengan gaji 6.5jt/bln dan istri sebagai IRT. Aku memiliki 1 anak usia 9 bulan. Kantor hanya memberikan fasilitas BPJS kesehatan kelas 1 untuk kita bertiga. Concern aku dan istri menyiapkan dana untuk anakku saat kuliah, kira-kira bentuk investasi seperti apa yang tepat ya pak?

    Terimakasih

    Reply
  133. eko

    salam sukses,saya mau menabung untuk biaya pendidikan anak saya,penghasilan saya 4 juta/bulsn,istri tdk bekerja.saya sekekuarga sdh ada ansuransi kesehatan dr kantot dan saya sdh punya ansuransi jiwa dr allianz premi 300ribu/bln.ansuransi apa buat pendidikan anak saya,umur 5 tahun dan 1 tahun.mohon simulasinya dan nama ansuransi.thamk

    Reply
  134. Widy

    Saya dan suami berpenghasilan 17jt/bln, ada cicilan rumah dan mobil dgn total 6.5jt/bln. Saya mempunyai anak berumur 3 tahun, kira2 investasi apa yg cocok untuk pendidikan anak saya? Saat ini saya hanya memiliki tabungan berjangka sebesar 1jt/bln yang akan selesai di bln juni ini, terima kasih.

    Reply
  135. ike

    Pak, Mohon masukannya, saya dan suami mempunyai penghasilan saya+suami per bulan sebesar 11 juta. Saat ini usia anak kami 1 tahun dan ingin menyiapkan dana untuk sekolah anak dari dasar sama kuliah, mohon masukkannya kira2 asuransi pendidikan apa yang cocok..

    terima kasih

    ole

    Reply
  136. Imelda

    Saya dan suami total penghasilan 12jt/bln, punya 2 orang anak, anak pertama SD dan anak ke-2 umur 1thn, rencananya saya mau buat asuransi pendidikan buat anak saya, asuransi pendidikan mana yang tidak terlalu memberatkan biaya iurannya setiap bulan? angggap lah masing2 anak 500rb/bln.
    mohon sarannya jenis asuransi/tabungan/investasi apa yg paling optimal untuk kami, dan mohon buatkan simulasinya. terimakasih.

    Reply
  137. syaiful

    saya punya 3 anak, tertua 14 tahun, nomor 2 usia 10 tahun dan bungsu 3 tahun, asuransi pendidikan apa yang cocok untuk saya

    Reply
  138. Hilmi Fuad Hasan

    Admin mohon Informasi
    Saya seorang karyawan swasta, penghasilan saya 5 juta/bulan,
    saya sudah ikut asuransi jiwa Al..nz ,
    anak saya yang pertama juga ikut asuransi jiwa Pru…al (inginya untuk asuransi pendidikan) waktu itu belum tahu ada asuransi Pendidikan ,
    anak saya yang ke dua mau ikut asuransi pendidikan, cuman bingung takut salah lagi kayak seperti yang anak pertama.
    mohon informasinya apa program yang cocok bwt anak saya yang k dua ini.

    Reply
  139. Riski

    Siang Admin,

    gaji sy 4.5 juta per bulan. saya mempunyai 2 orang anak, umur 2 thn dan umur 7 bulan. untuk keduanya product apa yang tepat untuk biaya pendidikan mereka sampai dengan kuliah nanti tentu saja dengan premi yang terjangkau. karena gaji saya tidak besar.

    Terima kasih banyak.

    Reply
  140. Echy

    Sy dan suami sama-sama PNS.Anak pertama umur 2 tahun 10 bln dan anak kedua 7 bulan.Asuransi pendidikan yg mana yg pling bagus?? dan sy jg pengen beli asuransi kesehatan utk ibu dan adik sy.Mohon bantuannya,makasih Pak

    Reply
  141. Iwan Ahadian

    Pak, mohon bantuannya saya seorang wira usaha berusia 40 th, anak saya berusia 5 tahun dan 8 tahun. saat ini penghasilan rata-rata per bulan sekitar 25jt. saya ingin mempersiapkan dana pedidikan untuk anak sampai perguruan tinggi dan saya juga ingin memiliki dana pensiun. Mohon pencerahan kira2 produk apa yg sesuai dgn kebutuhan saya? terima kasih

    Reply
  142. Ayin

    Sy seorang PNS pnya anak 1 sudah SMP kelas 2,,,, gaji sy setelah dipotong sana sini tersisa 3 jt. Sy ingin tahu berapa kira2 saya harus menyisihkan uang untuk biaya kuliah anak saya. Jika ikut asuransi, sebaiknya asuransi apa dan bagaimana skemanya

    Reply
  143. Veena

    Saya dan suami mempunyai bisnis, yang penghasilan pertahunnya tidak tentu dan tidak sama. Kadang kami tidak ada cukup pemasukan dalam sebulan, tapi kadang2 mendapatkan pemasukan yg cukup besar. Kami memiliki 1 puteri usia 2 tahun. Apakah yg harus kami lakukan utk mempersiapkan dana bagi masa depan dan pendidikannya. Apalagi saya dan suami sdh cukup berumur, usia diatas 40tahun. Mohon masukannya. Thanks

    Reply
  144. evi

    Terimakasih buat artikelnya menarik tp saya kurang paham soal asuransi.

    Pak, mohon bantuannya…Saya adalah karyawati dengan jumlah penghasilan (take home pay) saya+suami per bulan sebesar 5 juta. Saat ini punya 1 orang anak usia 7 bulan dan ingin menyiapkan dana untuk sekolah anak sampai kuliah. Mohon bantuannya jenis asuransi/tabungan/investasi apa yg paling optimal untuk kami. Saat ini alokasi untuk persiapan pendidikan anak >1jt

    Salam Evi

    Reply
  145. junah

    ka saya sedang bekerja diluar negeri saya ingin punya dana pendidikan buat adik saya sekarang adik saya baru masuk SMA mohon pengarahannya
    terimah kasih

    Reply
  146. Lala

    Terimakasih atas artikel yang bermanfaat pak, semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin.

    Keadaan rumah tangga yang tidak harmonis menyebabkan saya akan bercerai dengan suami, dan memiliki 1 orang anak berusia 2 tahun. Semenjak saya mengandung hingga sekarang saya berhenti bekerja, jadi pemasukan selama ini hanya dari suami sebesar 4 juta rupiah saja per bulan,

    Saya tertarik dengan investasi + term life atau jenis pro-graduate,
    Saya mau bertanya, setelah bercerai, sebaiknya proteksi di atas namakan ayahnya atau saya? menimbang ayahnya akan bertanggung jawab untuk biaya anak senilai 1 jt/bulan saja. rencana hak asuh anak akan bersama ibu.
    jika ats nama ayah, apakah pada saat pencairan , si ibu kandung berhak ikut mengurus/mengambil?
    mana yg sebenarnya terbaik untuk kasus seperti saya?

    mohon penjelasannya pak, terimakasih 🙂

    Reply
  147. adri

    Pak, anak saya umur 2 tahun ikut rencana mau ikut asuransi pendidikan pruden , info dari agen bahwa disitu kesehatan ditaggung, bagaimana dgn asuransi itu?
    Saya juga mau ikutkan anak saya utk asuransi pendidikan murni, saya coba2 cek di bni life, nah bagaimana dgn reksadana dimaksud? Tolong infokan cara mendaftar dan simulainya.terima kasih

    Reply
  148. Dody

    Kalau boleh tau asuransi jiwa murni yg dimaksud apa nama produknya (UP 500, Kecelakaan 1M). Saya sudah punya investasi untuk pendidikan anak & pensiun, tp blm ada untuk proteksi jiwa, saat ini saya msh mengandalkan kantor & bpjs. Tks

    Reply
  149. Jafles

    Usia saya 43 tahun, memiliki anak usia 2 tahun. Penghasilan 6 juta/bulan.
    Saya ingin berinvestasi untuk pendidikan anak saya dan dana pensiun saya nanti.
    Dari penjelasan bapak, saya tertarik dengan reksadana+asuransi term-life.
    Jika ada simulasinya mohon di kirim.
    Menurut bapak reksadana+asuransi term-life yang terbaik?
    Terima kasih atas bantuannya

    Reply
  150. Dina Rettha

    Pak, suami saya berpenghasilan 10juta/bln tetapi kantornya tidak memiliki asuransi. jd kami mengandalkan bpjs. saat ini anak kami ber-umur 3bln dan kami berniat memiliki asuransi kesehatan utk saya dan anak serta asuransi pendidikan utk anak. menurut bapak, brp premi yg tepat dan dr perusahaan apa? terima kasih banyak atas sarannya..

    Reply
  151. victor

    usia saya 35 tahun, gaji 10 jt/bln & memiliki anak 3 th. kesehatan keluarga saya sdh dicover perusahaan dan saya sdh memiliki asuaransi unit link. untuk anak saya, instrumen apa yang terbaik untuk pendidikannya. ada tidak produk asuransi & perusahaan yang bisa direkomendasikan. terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  152. Rizki Agustian

    saya seorang karyawan swasta usia 26th dengan penghasilan 3,5 jt/bln, saya ingin mengalokasikan gaji saya untuk pendidikan anak saya yang masih berusia 9 bulan, karena ingin pure di dana pendidikan, serta asuransi apa yang cocok jika nanti saya terkena musibah
    terimakasih

    Reply
  153. Agus

    Saya termasuk awam tentang asuransi dan investasi, terbantu sekali dengan artikelnya..
    Kalau total gaji saya dan istri 5 juta, punya anak 1 anak yang masih berusia 9 bulan, istri sudah ikut asuransi Pru****. berapa uang yang disiapkan minimal untuk persiapan dana pendidikan anak kami, yg bisa dicairkan tiap jenjang (SD-kuliah)?.dan program apa yg tepat.. Mohon sarannya..

    Reply
  154. septinaindhry

    saya seorang ibu berpenghasilan 3 jt dan mempunyai anak berumur 3 tahun. apakah saya bisa berinvestasi apa yang terbaik ? Dari penjelasan bapak, saya tertarik dengan reksadana+asuransi term-life.
    Jika ada simulasinya mohon di kirim.
    Menurut bapak reksadana+asuransi term-life yang terbaik?
    Terima kasih atas bantuannya

    Reply
  155. yudi

    saya dan istri berpenghasilan kurang lebih 25jt/bln
    sudah mendapat asuransi kesehatan dari tempat kita bekerja dan bpjs *walaupun tidak pernah pakai
    kira2 planing keuangan seperti apa yang cocok untuk membiayai anak2 kami kelak sampai lulus sarjana
    anak kami baru 2, yang satu baru dua tahun, adiknya setahun

    mohon bantuannya, karena saya masih awam mengenai investasi/asuransi

    Reply
  156. Egar Astawiguna

    Halo, artikel yang bagus, jadi bahan bacaan yang baik untuk saya yang barus aja memiliki anak pertama.

    Penghasilan saya dan istri 18jt/bulan, dan baru saja dianugerahi seorang putri.
    asuransi belum ada, paling hanya bpjs.
    Saya ingin mulai investasi terutama di sektor pendidikan untuk menjamin pendidikan putri pertama kami yang baru lahir seminggu lalu.

    Mohon bantuannya 🙂

    Reply
  157. Melly

    Artikel yang bagus, untuk memudahkan kita dalam memilih asuransi untuk buah hati. Ada yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki dana 30jt dan ingin membeli asuransi yang dibayarkan nya cukup diawal saja (single payment), kira-kira asuransi apa yang bagus, dan memberikan return yang tinggi. tujuan nya untuk pendidikan anak, yang saat ini anak saya usia 4 tahun. Sebelumnya saya sudah memiliki asuransi pendidikan untuk anak pertama saya usia 6 tahun, tetapi pada saat masuk SD sebagian sdh dicairkan dan ternyata dikenakan bunga, dan bunganya cukup tinggi. Mohon sarannya investasi apa yang bagus.

    Reply
  158. wawan

    Salam,
    kami awam dalam hal asuransi. saat ini penghasilan kami 10jt/bln, belum memiliki asuransi kecuali BPJS dan asuransi kesehatan dari kantor saya. Kami ingin mempersiapkan dana pendidikan bagi anak kami, saat ini berusia 2 th dan istri sdg hamil 4 bln. Mohon saran asuransi yang bgs, kami tertarik dg reksadana dan term life. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  159. Erik

    Hi,artikel yang bermanfaat
    Agan bisa kirim simulasi untuk asuransi pendidikan yg hasilnya optimal usia 35thn anak saya usia 7thn,4thn n 2 thn

    Reply
  160. liya

    hallo,minta pencerahannya..kalo untuk dana pendidikan anak asuransi apa yg harus di pilih berapa setorannya sebulan ..anak baru 1 tahun ..terima kasih

    Reply
  161. siska putri

    Suami saya gaji perbulan 6jt, dan saat ini saat sedang mengandung anak 1. Suami ingin memberikan asuransi pendidikan kepada calon anak kami. Kira2 produk apa yg baik dengan premi 500rb/bulan?
    Suami ditawari asuransi unit link Pru*, tp dengan rider saat saya melahirkan jika terjadi komplikasi maka akan mendapat pernggantian sebesar 10juta, dan jika si bayi masuk dalam ruang NICU PICU maka @hari mendapat penggantian 250rb max sampai 20 hari. Tapi kok saya rasa krn ada rider tsb uang investasinya tidak berkembang dengna maksimal. Mohon sarannya pak….

    Reply
    • admin

      Jangam ambil rider jika tidak perlu. Rider itu menambah premi dan mengurangi jatah investasi dana pendidikan.

      Reply
  162. Antony

    Saya dan Istri berpenghasilan 17 jt sebulan, kami memiliki seorang anak berumur 17 bulan
    Kami ingin memiliki asuransi pendidikan yang dapat menjamin biaya pada saat anak kuliah nanti dengan premi yang bisa kami tanggung per bulan. Usia saya 37 th Istri 36 Th
    Terima kasih

    Reply
  163. Lucia

    Artikel yang bagus dan bermanfaat.
    Saya beserta suami berpenghasilan total 19 juta/bulan dengan anak berusia 25 bulan. Saya dan suami sudah mengikuti program BPJS, akan tetapi belum memiliki asuransi maupun tabungan pendidikan untuk anak kami. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan jika ingin dicairkan setiap awal masuk SD, SMP, SMA sampai selesai kuliah S1? asuransi atau tabungan pendidikan apa yang paling optimal buat kami dan dari perusahaan/bank apa ? Terima kasih.

    Reply
  164. novita

    halo, penghasilan saya 9jt sebulan, belum memiliki anak. apa yg harus dipersiapkan dan investasi apa yang dipilih?

    Reply
    • admin

      Reksadana adalah pilihan terbaik buat Anda. Belum perlu beli asuransi karena masih belum punya tanggungan.

      Reply
  165. sari

    Sy dan suami dg pendpatan 8jt/bln sdh pny tanggungan cicilan mtr 300rban, dan rmh kpr 15thn 1,8jt/bln,
    sy pny anak 1 baru berusia 7bln,, menurut admin tabungan yg cocok utk ank sy kedepannya apa ya,, sampai dia kuliah,, terima kasih

    Reply
  166. Nugroho RA

    Salam,
    Saya dan istri sudah ditanggung asuransi kesehatan dari kantor. Kondisi istri sedang mengandung 3 bulan anak yg pertama ingin mempersiapkan asuransi pendidikan untuk anak kami nanti sampai jenjang sarjana. Asuransi seperti apa yg harus diambil seorang kepala keluarga seperti saya dan produk asuransi pendidikan apa yg sesuai karena dari penjelasan bapak sepertinya reksadana+asuransi term-life adalah yg terbaik.
    Terima kasih, salam sukses

    Reply
  167. erliana

    Saya dan Suami berpenghasilan 7 jt sebulan, kami memiliki seorang anak berumur 3 tahun
    Kami ingin memiliki asuransi pendidikan yang dapat menjamin biaya pada saat anak masuk SD, SMP, SMA dan kuliah nanti dengan premi yang bisa kami tanggung per bulan. Usia saya 30 th Suami 31 Th. saat ini kami tidak memiliki hutang apa pun.
    Terima kasih

    Reply
  168. Reynold Sianipar

    Saya dan Isteri dengan pendapatan +/- Rp 12.500.000/bulan…punya tanggungan cicilan rumah KPR 17,5 thn +/- 4.000.000 /bulan. Saya dan Isteri punya asuransi jiwa ( unit link ) dengan premi Rp 500.000 dan Rp 350.000 per bulan. Punya anak 2 dengan usia 3 thn 3 bulan dan 1 tahun 3 bulan. asuransi atau tabungan pendidikan apa yang paling optimal buat kami dan dari perusahaan/bank apa ? Terima kasih

    Reply
  169. Dodik

    Saya mau menyiapkan dana pendidikan buat anak kami yang berumur 8 bulan. Saya karyawan pabrik perpenghasilan 4 juta / bulan, istri bekerja online gaji 2 – 7 juta / bulan, kasarnya kami dapat penghasilan 6 juta / bulan, tanggungan kami ada cicilan KPR 900rb/bulan. Mohon sarannya investasi atau asuransi pendidikan apa yang cocok buat kami siapkan untuk dana pendidikan anak kami. Terima kasih

    Reply
  170. Risna

    Salam, saya & suami berpengasilan 13jt/bln. kami memiliki 1 putri usia 1thn. Saat ini kami sekeluarga terdaftar pada BPJS, dan saya juga berinvestasi pada reksadana. Jika ingin mengambil opsi 1 diatas (reksadana & term life), untuk dapat memberikan perlindungan yg optimal pd putri kami jika terjadi resiko pada orang tuanya, asuransi apa yg sebaiknya saya ambil? mungkin ada produk2 term life yg bisa disarankan?

    Reply
  171. Oni

    Sore Admin,

    Tolong diemail ilustrasi untuk asuransi pendidikan yang terbaik. Usia orang tua 30thn dan 29thn, dan asuransi pendidikan untuk 2 anak (usia 9bulan dan 2.5 tahun).

    Ditunggu, terima kasih.

    Reply
  172. dhini octavia

    terimakasih artikel yang bagus pak.
    saya ingin bertanya saya berusia 19 tahun saya bekerja disalah satu perusahaan obat di gresik jatim, penghasilan bersih saya perbulan adalah 2.500.000, jika saya membuka tabungan pendidikan untuk saya kuliah karna setelah lulus sma saya tidak langsung kuliah tetapi bekerja apakah masih bisa dan kira kira tabungan pendidikan apa yg anda sarankan dan lebih baik menurut anda untuk saya terimakasih.

    Reply
  173. Yenny

    Hai, Tolong di berikan ilustrasi, saran dan masukan untuk asuransi anak (usia anak sekarang 2,5 tahun). penghasilan 5jt /bln.
    Bisa berikan saran produk apa yang cocok dan berapa yang harus di tabung

    Terima Kasih atas saran dan masukannya.

    Reply
  174. Treysia

    Terimakasih Pencerahannya Pak.
    Tolong bantuannya untuk di buatkan ilustrasi untuk dana pendidikan anak .saya dan suami penghasilan +/- 7 jt perbulan. anak 1 umur 3 bulan. untuk asuransi kesehatan kami menggunakan BPJS.Mohon sarannya investasi atau asuransi pendidikan apa yang cocok buat kami siapkan untuk dana pendidikan anak kami dan berapa premi yang harus kami sediakan. Terima kasih.

    Reply
  175. fitria

    dear admin,
    saya wiraswasta dengan penghasilan 5-6 juta/bln
    saya punya 2 anak usia 4th 2 bln dan 21 bln. kami sekeluarga sudah ikut bpjs dapat kelas 2. saya ingin punya asuransi pendidikan untuk kedua anak saya sampai kuliah. berapa yg harus saya sisihkan untuk dana asuransi anak saya. dan saya ingin punya asuransi yg bisa untuk kehidupan anak saya saat saya sudah tidak ada tolong bantuannya. terima kasih

    Reply
  176. Vauji

    Salam,
    Mohon bantuannya juga
    Saya 31 th
    Istri 22 th
    Anak Pertama 3 th
    Anak Kedua 1 th
    Penghasilan: Rp. 20jt / bulan
    Pekerjaan: Pegawai Pemerintah dan Usaha lainnya
    Keterangan: Sudah ada Asuransi dari pegawai
    Mohon bantuan untuk Dana Pendidikan dan Proteksi tambahan yang diperlukan serta investasinya juga.

    Reply
  177. risky

    Terimakasih, paparan dalam blognya sangat menarik utk orang awam seperti saya.
    Dilihat dari studi kasus nyata di atas, option #2, yaitu Reksadana + Term life bisa mendapatkan Return dan Proteksi Lebih Optimal, namun ada sedikit pertanyaan yaitu ke dalam jenis reksadana apakah (Pasar Uang, RDPT, campuran atau saham) utk option #2 agar return bisa lebih optimal untuk pendidikan anak. Selain itu, asuransi term life seperti apakah yang bisa mendukung study case seperti di atas?

    Selain itu, mohon bantuannya utk menginformasikan via email ilustrasi untuk asuransi pendidikan yang terbaik dengan usia orang tua 30thn dan 29thn berpenghasilan 20jt/bulan, dan asuransi pendidikan untuk 1 anak usia 1 thn. Mungkin ada produk2 term life yg bisa disarankan?
    terimakasih

    Reply
  178. Leny Wid

    Terimakasih banyak atas informasinya untuk orang awam seperti saya, saya saat ini memang baru memilih dan memilah untuk tabungan pendidikan anak saya yang berumur 1 tahun. saya tertarik dengan reksadana+term life, apakah bapak punya masukan untuk asuransi termlife yang bagus, karene setiap bertanya ke agen asuransi selalu di infokan untuk produk unit link. Begitu juga untuk reksadana apakah ada rekomendasi untuk reksadana yang bagus? untuk info saya dan suami berencana untuk menyisihkan sekitar 500 ribu-1 juta rupiah untuk tabungan pendidikan anak kami.
    Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Ada asuransi term life yang bagus. Kami kirim via email. Lihat Reksadana berdasarkan ranking-nya, ada dikeluarkan beberapa majalah dan tabloid.

      Reply
  179. yudi

    Waw..penjelasannya mantab..kebetulan anak saya taun depan akan masuk TK A..dan saya baru akan memulai investasi untuk pendidikan anak saya selanjutnya..tertarik iingin ikut reksadana sih walopun masih buta dengan dunia itu..
    sebagai gambaran saya dan istri usia 30 tahun, gaji 20 juta/bulan, kami berdua sudah ikut asuransi pribadi (di luar BPJS dan asuransi dari perusahaan), barangkali bisa dijelaskan investasinya bagaimana untuk pendidikan anak saya kelak..

    terimakasih..

    Reply
    • admin

      Jika sudah punya asuransi, Anda bisa melakukan dua hal (1) cek apakah nilai proteksi asuransi sudah cukup. Jika belum, segera tingkatkan nilai proteksi; (2) investasi di Reksadana (yg sudah banyak sekali dibahas dalam blog ini).

      Reply
  180. Asri

    Selamat Siang,

    Saya dan Suami ingin memiliki asuransi pendidikan untuk anak saya yang berusia 2 tahun 5 bulan dan tahun 2017 akan melahirkan anak ke-2, dan juga ingin memiliki asuransi jiwa untuk suami saya. Apakah sebaiknya mengambil asuransi pendidikan yang ada proteksi asuransi jiwanya atau beli terpisah?
    Terima kasih.

    Reply
  181. Aat Wibowo

    saya dan istri ingin memiliki dana pendidikan untuk anak kami yang berusia 2 thn. Berapa dana pendidikan yang harus disiapkan dari SD sampai selesai kuliah S1? Produk apa yang tepat dan dari perusahaan mana? Terimakasih.

    Reply
  182. Andy

    Selamat sore,

    Saya pria, usia 32 tahun menikah 1 anak umur 1 tahun. Saat ini kami mengandalkan bpjs dan asuransi kantor. Dengan total penghasilan keluarga Rp 15jt per bulan, tolong dibantu:
    1. Ilustrasi asuransi pendidikan yang disarankan
    2. Asuransi term life yang dipakai untuk perhitungan di atas (plus premi yang dibutuhkan untuk target UP Rp 2-3 bio)

    Reply
  183. Marwandy

    Saya usia 34 thn penghasilan 20 jt/ bln, anak usia 8 thn, tlg perhitungkan untuk biaya kuliah di australia, sya sd punys asuransi jiwa term life up 5M, dan juga asuransi kesehatan. Seerta punya reksadana auto collect 3 jt/ bln, dan terkadang saya masih top up reksadana brtkisar 1-2 jt perbulan. Mohon untuk sarannya untuk tujuan kuliah tersebut, trms

    Reply
    • admin

      Yang paling utama, Anda harus cek berapa kebutuhan biaya kuliah di Australia nantinya. Setelah itu Anda buat prediksi (dgn fungsi Future Value di Excel) utk menghitung apakah investasi yang sudah Anda lakukan (3 juta per bulan) cukup atau tidak dengan jangka waktu yang ada sampai anak Anda kuliah.

      Dengan asumsi return 20% setahun (Reksadana Saham), investasi 3 juta sebulan selama 8 tahun (asumsi anak masuk kuliah usia 16 tahun), hasil yang Anda akan terima Rp 700 juta saat anak masuk kuliah.

      Reply
  184. Sisilia

    Selamat malam, mohon konsultasi. Saat ini saya telah mengambil asuransi dgn unit link 1 juta/bln memasuki tahun ke-10. Saya memiliki 1 anak usia 4 th yg saya ikutkan unit link juga 1 jt/bln saat ini memasuki th ke 5. Setelah membaca, saya tertarik utk mengikuti termlife.
    1. Sebaiknya asuransi milik saya ditutup dan diganti dgn term life atau dilanjutkan saja mengingat sdh 10 th?
    2. Unit link anak sebaiknya diapakan ?
    3. Asuransi term life mana yg memberikan UP tertinggi dibandingkan yg lain dgn premi yg sama (target UP 3-4 bio)
    4. Bila mengikuti termlife, mendapat UP saat meninggal saja, ataukah ada kondisi lain yg mendapat UP?
    5. Term life tdk termasuk asuransi kesehatan, sebaiknya mengikuti Asuransi kesehatan dimana, mengambil rider apa saja?
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      ini kalau saya ya: saya stop unit link; uangnya saya taruh di reksadana, lalu saya ambil term life. term life ada meninggal dan kecelakaan dan cacat tetap. ada asuransi term life dengan kesehatan (satu paket) lebih murah.

      Reply
  185. Paskalis Lukito Aji Nugroho

    Selamat siang admin

    Saya berpenghasilan 2,5 juta/bulan, anak saya 1 dan saat ini usianya 1 tahun. Kami sekeluarga sudah mempunyai BPJS Kesehatan dari Perusahaan tempat saya bekerja. Saya ingin menyiapkan dana pendidikan untuk anak saya sampai jenjang kuliah. Saya bingung harus pakai Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan. Kira – kira yang sesuai buat saya tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan dan mohon untuk dibuatkan ilustrasinya.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply
    • admin

      lebih baik beli Reksadana dan Asuransi Jiwa Term Life. Simak tulisan2 sebelumnya di blog soal ini.

      Reply
  186. Bryn

    Pak mohon dibantu, saat ini saya sudah ikut asuransi AXA mandiri mapan cerdas
    dengan premi 500rb per bulan, tujuannya untuk biaya pendidikan anak saya nanti sampai kuliah
    dan maksudnya agar bisa di cairkan per tahap saat SD, SMP, SMA dan Kuliah.
    namun saat membaca artikel bapak saya mulai ragu2 takutnya salah pilih.
    jika saya ingin menyekolahkan anak saya misalnya untuk biaya kuliah jurusan kedokteran
    saran bapak sebaiknya saya ambil produk asuransi apa dan dari bank apa.
    mohon bantuannya pak.

    Reply
    • admin

      Anda harus bisa menentukan berapa target biaya jurusan kedokteran. Kalau melihat biaya jurusan kedokteran, sepertinya berat sekali dengan premi 500 ribu per bulan. Apalagi Anda menempatkan Unit Link dimana dari Rp 500rb tsb tidak semuanya diinvestasikan karena sebagian besar kena potongan biaya asuransi dan komisi.

      Reply
  187. Yogi

    Saya Pratama, usia 42 tahun, penghasilan sekitar 50 jt/bulan. Saat ini anak saya berusia 13 tahun dan 8 tahun dan saya sudah memiliki asuransi pendidikan dengan pertanggungan masing-masing 80 jt selama 16 tahun dan 100 juta selama 17 tahun. Karena satu dan lain hal perusahaan asuransi akan memutus sepihak (mencairkan) asuransi tersebut dengan details sbb:
    1. Asuransi pertanggungan 80 Jt (16 tahun)–> saat ini memasuki tahun ke 11 , harga tunai tahun ke-11 adalah 74.880.000
    2. Asuransi pertanggungan 100 jt (17 tahun) –> saat ini memasuki tahun ke 8, harga tunai tahun ke-8 adalah 54.342.140

    Mohon sarannya, apakah sebaiknya saya menggunakan dana tersebut untuk mengikuti asuransi pendidikan lagi ,asuransi unit link, tabungan pendidikan atau investasi reksadana/emas dengan tujuan agar saya dapat membiayai kuliah anak kedua anak saya tersebut. Kemudian investasi apa yang dapat saya lakukan untuk masa pensiun saya (saat ini saya mengikuti reksadana campuran autodebet 1 jt/bulan, deposito syariah 300 jt, emas, dll)

    Terima kasih

    Reply
  188. trinardiyanti

    penghasilan saya 25 jt per bulan, usia saya 44 tahun ,anak saya sekarang berusia 5 tahun, saya ingin mencari asuransi pendidikan yang tepat untuk anak saya, dan menjamin pendidikannya sampai selesai kuliah , dan bisa dicairkan pada saat anak saya masuk smp,sma dan kuliah,apa asuransi pendidikan yg tepat untuk anak saya ?

    mohon pencerahannya ya pak

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.