Memilih Asuransi Jiwa Term – Life

  • May 23, 2013

Di awal, saya ingin tegaskan bahwa saya memilih Asuransi Jiwa Term Life, atau sering disebut sebagai asuransi jiwa murni. Kenapa? Alasannya sederhana. Preminya murah dengan nilai pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan proteksi. 

Kalau ada yang murah, kenapa harus yang mahal.

Jika ingin tahu lebih detil, mengapa lebih baik memilih asuransi term – life, bisa membaca sumber berikut ini:

  • Blog financial planner Ligwina Hananto (www.qmfinancial.com). Artikelnya memberberkan keunggulan term-life dibandingkan asuransi jiwa yang lain. Penjelasannya sederhana, “to the point” dan sangat masuk akal.
  • Buku “Jangan Beli Unit Link …” karangan Freddy Pieloor. Buku ini membedah unit link (UL) menggunakan contoh nyata berbagai polis UL dari beberapa perusahaan asuransi ternama. Pak Freddy pernah menjadi agen asuransi. Sebagai the insider, beliau menyajikan penjelasan yang rinci dan insightful.

Dapatkan Gratis – Panduan Investasi Reksadana Tingkat Dasar

Setelah membaca sumber – sumber diatas dan membandingkan dengan penjelasan serta propaganda dari agen yang menawarkan produk lain, anda bisa putuskan sendiri. Perlu asuransi jiwa term-life, seperti saya, atau memilih jenis asuransi jiwa yang lain. That’s your decision.

Pesan saya satu.

Apapun pilihannya, lakukan itu dengan pertimbangan dan pemikiran yang matang.

Jangan asal pilih.

Jangan membeli karena rasa tidak enak atau kasihan. Sungkan dengan agennya, bosan ditanyai dan dikejar – kejar di setiap kesempatan. Belilah dengan keyakinan bahwa asuransi yang dipilih memang paling cocok dan dibutuhkan.

Asuransi jiwa dibeli demi memproteksi masa depan anak dan keluarga. Jika salah memilih, mereka yang akan terkena imbasnya.

Kembali ke asuransi term – life.

Pengalaman saya mencari asuransi term – life, susah – susah gampang. Lho, kenapa bisa susah? Bukannya agen biasanya sangat agresif mencari calon pembeli.

Nah, karena premi term-life relatif kecil, sedikit perusahaan asuransi yang mau menjualnya. Bahkan beberapa perusahaan sudah mulai menghapuskan produk ini dari portfolio mereka.

Tidak itu saja.

Dalam pertemuan dengan beberapa agen, saya merasa asuransi term-life bukan produk yang jadi prioritas untuk ditawarkan.

Jika tidak ditanya, agen tidak menawarkan term-life.

Justru produk lain, yang preminya lebih mahal, lebih agresif dijual. Bayangkan, kalau calon pembeli buta soal soal asuransi dan hanya mengandalkan petunjuk dari agen, bisa dipastikan dia tidak akan mengenal term-life.

Awalnya, saya bertanya – tanya, kenapa bisa seperti ini.

Oh, ternyata, komisi agen ditentukan dari nilai premi.

Makanya, konsekuensi yang logis, term – life yang preminya lebih kecil, bukan jadi prioritas dalam urutan penawaran. Produk lain dengan premi lebih tinggi, sehingga komisinya lebih gemuk, selalu disodorkan terlebih dahulu. Meskipun, mungkin saja, term – life sebetulnya yang paling cocok bagi calon nasabah.

Makanya, saat berniat membeli term – life, perlu siap mental untuk lebih cerewet menanyakan pada agen.

Jangan pasrah.

Tanyakan sejak awal ke agen, sebelum diberondong dengan produk lain, apakah perusahaan asuransi punya produk term – life. Harus sabar dan tidak mudah menyerah saat mencarinya.

Asuransi Jiwa Term – Life

Saya pernah ditawari asuransi jiwa yang di klaim sebagai term – life. Nyatanya, setelah ditelisik lebih dalam, asuransi itu bukan term – life.

Bagaimana memastikan asuransi termasuk term – life? Paling tidak, karakteristik berikut perlu dimiliki.

Pertama, masa pertanggungan yang terbatas, yaitu proteksi hanya berlaku selama periode tertentu. Paling pendek 1 thn, sementara paling lama bisa 20 thn. Jangka waktu perlindungan bebas dipilih, tergantung kebutuhan.

Asuransi yang memberikan perlindungan seumur hidup, atau sampai 99 tahun, jelas bukan term – life. Asuransi jenis ini disebut whole life.

Periode pertanggung menjadi penting. Masa pertanggungan yang terbatas menurunkan harga premi. Makin panjang, makin mahal preminya. Maknya, premi asuransi term – life lebih murah dibandingkan whole life.

Lagian, apa perlu pertanggungan sampai usia 99 tahun?

Rata – rata angka harapan hidup (life expectancy)  di Indonesia berkisar di usia 65 tahun. Tidak sampai umur 99 tahun sebagian besar sudah almarhum.

Lagi pula, jika pun dikarunia usia diatas 65 sampai 99 tahun, anak yang jadi pertanggungan sudah bisa dipastikan telah hidup mandiri sehingga tidak perlu topangan biaya dari orang tua lagi.

Untuk apa punya asuransi dengan masa pertanggungan selama ini, yang konsekuensinya harus membayar premi lebih mahal.

Kedua, yang kritikal, term-life tidak memberikan nilai tunai. Nilai tunai adalah uang yang dikembalikkan ketika tidak ada klaim. Tanpa nilai tunai, artinya premi hangus. Tidak ada pengembalian premi di term – life.

Hal ini yang membedakan term life dengan whole life dan UL yang keduanya memberikan nilai tunai. Pemilik polis berhak mendapatkan kembali nilai tunai tsb jika tidak ada klaim atau nilai tunai bisa digunakan sebagai agunan untuk pinjaman pembayaran premi.

Lagi – lagi soal harga. Dengan tidak memberikan nilai tunai, harga premi asuransi term – life menjadi lebih murah dibandingkan asuransi jenis yang lain. Nilai tunai itu tidak gratis tapi ada harganya. Yaitu, premi yang lebih mahal.

Contoh Asuransi Term Life dari Manulife

Asuransi Jiwa Term Life

Jadi, jika ada yang enggan mengambil term life, dengan alasan hangusnya uang premi, perlu ditanyakan apakah harga premi yang lebih mahal bukannya sama saja, atau bahkan lebih besar, dibandingkan dengan tidak kembalinya uang premi.

Premi memang tidak kembali tetapi kompensasinya harga premi menjadi lebih murah.

Ketiga, jumlah premi asuransi term – life bisa sama selama periode tertentu (misal lima tahun) setelah itu naik, atau meningkat terus setiap tahun.

Misalnya, lima tahun pertama, premi dibayar flat di 1.5juta per tahun, kemudian masuk tahun ke enam naik menjadi 2 juta flat lagi sampai tahun ke 10 dan seterusnya.

Sedangkan, yang satu lagi, premi tahun pertama 1 juta, tahun kedua naik 1.1juta, tahun ketiga naik lagi 1.2juta dan seterusnya.

Jenis premi yang berubah setiap tahun membebankan premi tahun pertama yang lebih murah dibandingkan premi flat. Sementara jenis premi flat, premi awal lebih besar, tetapi preminya tidak berubah selama periode tertentu.

Saya memilih premi yang naik tiap tahun, bukan yang flat. Kenaikkan gaji tiap tahun diharapkan bisa menetralisir kenaikkan premi yang juga tiap tahun.

Jadi, walaupun premi naik, tapi secara prosentase terhadap gaji, pembayaran premi tidak berubah.

Demikian soal asuransi term – life. Bisa direnungkan dan dipertimbangkan, sebelum membeli asuransi jiwa.

Ingin tahu bisa di lihat Premi Asuransi Term Life.

GRATIS Konsultasi Premi Asuransi

224 Responses

  1. purnomo

    bisa diberikan info perusahaan asuransi apa saja yang masih mempunyai produk asuransi term-life?
    rekomendasi perusahaan asuransi mana yang paling TEPAT jika mau mengambil produk asuransi term-life?
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Yang saya tahu, Asuransi Manulife dan Sunlife memiliki produk term-life. Kebetulan, saya punya asuransi term-life dari keduanya. Dalam kasus saya dan keluarga, Manulife lebih murah preminya.

      Reply
    • Sutrisno

      Coba ambil Sequislife pak, ekonomis dibanding ke 2 prusahaan diatas.
      Kalau mau,bisa hubungi agentnya di 021 Sembilan 3 tujuh delapan dua 88 empat
      Regards

      Reply
    • Frans PS

      Yang saya tahu, Asuransi BNI Life memiliki produk term-life. Kebetulan, saya punya asuransi whole-life lebih murah preminya untuk usia mulai 35 tahun cuma Rp.1,1 Juta per semester (6 bulan) selama 5 tahun bayarnya, mengandung Nilai Tunai, UP yang didapat Rp.100 Juta dan Perlindungan Jowa s.d usia nasabah 90 tahun. Nama produknya Smart Protection.

      Reply
      • admin

        Bayar 1.1 juta sebulan (12 juta setahun) dapat UP 100 juta itu MAHAL SEKALI. Di asuransi murni, Anda cukup bayar Rp 400rb bisa dapat UP 700 sd 800 juta (7 – 8x kali lipat lebih tinggi).

  2. Karakteristik Asuransi | SABINALU

    […] Asuransi atau Pertanggungan adalah Perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.  […]

    Reply
  3. Lydia

    Saya liat asuransi term life memang murah sih, tapi apa ada jaminan jika kita sering klaim asuransi akan terus diterima perpanjangannya? Terutama utk produk asuransi kesehatan (karena produk ini yg kita bisa klaim berkali2, kalau jiwa doank kan cuman sekali, yaitu setelah kita mati). Karena asuransi kesehatan kan tetep perlu sampai mati, tetep perlu walaupun anak udah mandiri.

    Kalau di produk asuransi kesehatan pada Unit Link, saya lihat ada yg bisa sampai 65 tahun, 75 tahun. Dan itu dijamin selama memang biaya asuransinya terus terbayar. Biasanya juga cashless.

    Bener ga yah pandangan saya ini?

    Reply
    • admin

      Kalau membeli asuransi jiwa term life, maka Anda harus membeli asuransi kesehatan yang terpisah dari asuransi term life. Asuransi kesehatan umumnya bersifat auto-renewal dan premi berdasarkan range umur, makin tua makin mahal. Walaupun jika dibaca polisnya baik – baik, perusahaan punya hak untuk melakukan review atas perjanjian jika diperlukan. Dalam asuransi kesehatan ada batasan maksimum klaim dalam setahun. Setahu saya, asuransi kesehatan bisa juga menjamin sampai usia lanjut.

      Untuk unit-link yang menjamin sampai usia 75 tahun, Anda perlu cek premi asuransinya berapa. Bisa – bisa saja, asuransi menjamin sampai usia lanjut tetapi biayanya berapa, itu yang jadi masalah.

      Reply
  4. ERWIN

    Sy insurance expert yg memiliki akses ke aemua asuransi yang ada di Indonesia,

    Term life, whole life dan unit link pada dasarnya memiliki peruntukkan masing2.

    asuransi berjangka dibeli biasanya oleh mereka yang masih memiliki nilai ekonomis rendah dengan kemampuan ekonomis jg yg rendah. Tentu lebih murah krn resiko yang ditanggung hanya berjangka.

    Pros: murah, cover besar dan berjangka
    Cons: autorenewal tuk non health tidak pasti, ada prasyrat, demikian jg tuk jiwa. Rentu smakin tua smakin mahal dan sulit tuk perpanjangan terutama apabila ada kondisi yg berubah (logika aja, kan kontrak tahunan)

    Whole life juga murah

    Unit link memang preminya tinggi tetapi menjdi tinggi bukan tanpa sebab atau hanya demi komisi agent dan keuntungan perusahaan, melainkan juga karena semua biaya2 back loading dikedepankan untuk menjamin kepastian berbagai produk whole life di dalam unit link.

    Semua ada hitungan dan prinsip ilmunya,

    Semua hal ada cara cerdas dan timing tepat dalam membeli atau memulai.

    Usahakan janganlah tendensius terhadap salah satu produk tertentu yang bisa menegatifkan sesatu yg positif ketika disesuaikan peruntukkannya.

    Tolong pikir berapa orang yang durugikan krn pernyataan para financial planner yang merasa berhak menjudge produk keuangan dimana hal tersebut berkaitan dengan nyawa dan seluruh aset seseorang, tidak sedikit yang menutup unit link karena berbagai “pencitraan” atau “issue making” sehingga ketika resiko terjadi, mereka pun menanggung segalanya sendirian

    Salam,

    Insurance consultant (all products and brands),

    Efisiensi, optimalisasi portofilio asuransi Anda,
    Erwin

    Reply
  5. Zakiy

    Aku awam di asuransi, mau nanya misal seseorang beli asuransi term life dng kontrak 5 tahun, setelah masa kontrak 5 tahun berakhir tertanggung masih hidup dan tidak diperpanjang lagi kontraknya apa uang premi yang sudah dibayarkan selama 5 tahun akan hangus semua????

    Reply
    • admin

      Dalam term-life, uang premi hangus. Tidak ada pengembalian nilai tunai di term-life.

      Reply
  6. Rahayu Rosgiyanti

    saya memang sudah perbedaannya, tapi menurut saya memang kembali kepada diri masing2 mau memilih yg mana, sedang saya setuju dengan pak erwin. saya memang lbh memilih whole life, produk wholife kebanyakan ditawarkan melalui unitlink, saya tdk peduli dg seberapa panjang usia seseorang alangkah baiknya melindungi/proteksi seumur hidup dg premi flat apalg jika ada guarantee (perpanjangan otomatis) dan mendapat nilai tunai. menurut saya memang antara keduanya ada kelebihan dan kekurangan masing2.
    sekedar tambahan termlife jg banyak dijumpai di bumiputera dan jiwasraya

    Reply
  7. marthin

    saya beli term life di AIA
    ternyata setelah 1 tahun di putus secara sepihak oleh AIA tanpa pemberitahuaan sama sekali. padahal saya sudah kasih danan per[anjangan ke agen, dan sudah kirim ke AIA. tapi baru tau tiba tiba dana mau di refund, karena alasan produk sudah di putus.
    apa AIA bisa di tuntut?

    Reply
    • admin

      Sebaiknya baca polisnya terlebih dahulu, khususnya mengenai aturan perpanjangan polis asuransi. Dari situ, Anda bisa menilai apakah ada pelanggaran yang dilakukan atau tidak? Semoga membantu.

      Reply
  8. mariani

    Apa semua butuh asuransi jiwa ya, misalnya suami istri bekerja dengan gaji yang sama besar lalu semua pengeluaran (biaya hidup mingguan dan bulanan, dana pensiun, dana pendidikan anak, dan dana darurat) bisa dipenuhi dari satu gaji saja..

    Reply
    • admin

      Terima kasih sudah berkunjung. Asuransi jiwa dibutuhkan untuk memproteksi hilangnya sumber pendapatan pencari nafkah karena meninggal dunia. Salam.

      Reply
  9. Wulan

    Saat ini saya punya asuransi jiwa dr Cigna dengan premi terjangkau dan kalau kita bayar 1 tahun dapat diskon 10% dan ada pengembalian premi 25% apabila tidak ada klaim selama 2thn. Namun UP nya maks hanya 500jt.. Mohon rekomendasi Asuransi Jiwa dengan UP sktr 1 – 2M dengan Premi yang tidak jauh berbeda dari asuransi saya sblmnya. Sebagai tambahan data Usia saya 32thn dan tidak merokok. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Kalau mengambil asuransi murni (tradisional) dengan usia seperti Anda, UP 1 – 2M itu masih cukup murah (dibawah 1 juta sebulan). UP 500 juta itu relatif kecil mengingat tingginya biaya hidup saat ini. Saya butuh beberapa info tambahan untuk bisa melakukan simulasi dan advis. Permintaan data sudah dikirimkan via email. Mohon dicek. Salam

      Reply
  10. Adi abdurrahman

    Saya usia sekarang 49 tahun, ingin asuransi term life manulife selama 20 tahun dengan up 1 milyar, tolong dihitungkan berapa premi yang harus saya bayar setiap tahunnya ?, terima kasih.

    Reply
    • admin

      Saya perlu beberapa data – data Anda untuk bisa menghitung premi. saya sudah kirim email menanyakan data-data tersebut. Salam

      Reply
  11. akhyar

    Saya usia 28 th,
    ingin mencari asuransi jiwa term-life.
    bisa berikan opsi utk UP > 1M, dgn pilihan premi yg murah pak 🙂
    say tunggu.

    thx

    Reply
    • admin

      Baik. saya akan hitungkan. Preminya sih cukup murah kalau term life, apalagi umur Anda masih muda. Dugaan saya UP 1 M, preminya dibawah 1 juta sebulan. Saya perlu data2 Anda untuk bisa menghitung premi. saya sudah kirim email ke Anda. Mohon dijawab. Salam

      Reply
  12. dian

    Dear admin,bolehkah saya minta alamat emailnya? Saya ingin berkonsultasi dan memberikan data pribadi tentang menghitung premi asuransi yang sebaiknya saya ambil.
    Terimakasih

    Reply
  13. Alicia

    saya mau daftar asuransi jiwa murni untuk ibu saya saat ini umurnya 52thn…kira2 pake asuransi dr mana yg cocok ya, yg preminya murah untuk UP 1M…atau adakah saran yg lebih baik lagi,. thanks

    Reply
    • admin

      Ibu Anda masih bisa diajukan untuk asuransi term life. Ada yang preminya relatif murah untuk UP 1M. Saya butuh data pribadi tambahan, yang sudah dikirimkan ke email Anda.

      Reply
  14. erdis

    Kalau asuransi term life manulife atau sunlife yang anda ambil nama produk nya apa ya? Soalnya di webnya banyak sekali produk yg ditawarkan.
    Untuk asuransi AIA yang produk proteksi AIA all in one apakah termasuk jenis term life? Menurut perkiraan anda apakah premi nya (AIA) lebih murah dibanding manulife atau sunlife yang anda ambil dengan UP=1M atau 2M?? Fyi, umur saya 29 tahun, bukan perokok, pegawai swasta kantoran (bukan lapangan), laki-laki.

    Reply
    • admin

      saya butuh data-data Anda untuk bisa membuat perhitungan. Saya sudah kirim email. Silahkan dicek. Salam

      Reply
  15. ivan

    Dear admin, saya ingin mendaftarkan asuransi jiwa murni orang tua saya (ayah 59 tahun, sudah pensiun ; ibu 52 tahun, IRT)..kira2 pake asuransi dr mana yg cocok ya, yg preminya murah untuk UP 1M…
    Kalo saya baca sekilas di atas, saya lebih condong ke Term Life..atau adakah saran yg lebih baik lagi,. thanks 🙂

    Reply
    • admin

      Saya butuh data – data tambahan untuk bisa menghitung/mensimulasi premi asuransi untuk orang tua Anda. Sudah kirim ke email. Silahkan dicek.

      Reply
  16. iman hermansyah

    Dear Admin
    usia saya 32 tahun , perokok, pegawai kontrak, saya ingin mencari asuransi term life dengan UP 1M , Terimakasih

    Reply
    • admin

      Ada yang preminya terjangkau utk asuransi term life. saya butuh tambahan data. silahkan cek email.

      Reply
  17. ferdi

    Dear Admin,
    usia saya 31 tahun , perokok tapi berhenti sudah 6 bulan, pegawai swasta, saya ingin mencari asuransi term life dengan UP 1M-2M(ingin bandingkan nilainya), Terimakasih

    Reply
    • admin

      Okay. Saya butuh beberapa data pribadi untuk menghitung premi. Sudah saya sampaikan via email. Kelihatannya kalau term-life dengan UP sebesar itu tidak mahal. Apalagi umur Anda masih cukup muda.

      Reply
  18. chandra kai

    Dear admin, mohon info asuransi term life dan asuransi kesehatan murni yg bagus dan premi terjangkau. Umur saya 41 tahun, tdk merokok. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Ada beberapa data pribadi tambahan yang saya butuhkan. Saya sudah kirim via email. Silahkan dicek. Untuk asuransi kesehatan, silahkan baca disini untuk referensi.

      Reply
  19. risya

    makasih atas pencerahannya…
    saya ditawari produk tradisional dari sequislife tapi katanya itu ada nilai tunai yang dijamin. tapi karena saya sudah terlanjur takut dengan biaya-biaya tambahan di kemudian hari, saya ingin bertanya:
    1. apakah pada produk wholelife yang ditawarkan, kita sudah pasti bebas dari biaya asuransi dan administrasi selama akhir masa pembayaran premi sampai akhir masa asuransi?
    2. ketika hanya membayar biaya administrasi dan asuransi selama masa pembayaran premi, lalu bagaimana nilai tunai itu tetap terbentuk? padahal masa asuransinya sangat panjang
    terus terang saya tertarik dengan wholelife karena ada nilai tunai selain proteksi yang cukup besar. bagaimana ya sebaiknya? makasi atas tanggapannya.

    Reply
    • admin

      Nilai tunai di Whole Life itu berbeda konsep dengan Nilai Tunai di Unit Link. Di whole life, nilai tunai sifatnya guaranteed, dijamin oleh pihak asuransi, bahwa nilai tunai sejumlah yang tercantum dalam polis/proposal tersebut pasti dibayarkan sesuai skedul. Kalau unit link, nilai tunai adalah investasi yang dipilih oleh nasabah, sehingga karena itu investasi maka nilai tunai unit link tidak pasti, bisa naik bisa turun, tergantung kinerja investasi yang dipilih nasabah.

      Mana yang dipilih? Tergantung. Kalau Anda butuh kepastian 100%, pilih Whole Life karena pasti. Tapi, nilai tunai Whole Life itu kecil (bangett). Kalau berani ambil risiko, pilih investasi di unit link atau Reksadana+TermLIfe, yang potensi keuntungannya (berlipat) jauh lebih besar dibandingkan Whole Life. Kalau saya melihatnya, nilai tunai di Whole Life itu seperti deposito: aman, terjamin tapi kecil; sedangkan unit link atau reksadana itu seperti saham: potensi keuntungan besar tapi ada risikonya.

      Reply
  20. edy janto

    Dear admin,
    Saya berencana ikut asuransi jiwa term life yang UP nya Rp 2 milyar. Bisa tolong direkomendasikan dan dihitungkan preminya berapa ?
    Data saya :
    Nama : Edy Janto, tgl lahir 20 Oktober 1969, tidak merokok, tinggal di Jakarta, rencana alokasi premi sekitar Rp 20-24 juta per tahun. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      saya akan kirim email ke Anda untuk follow-up karena ada beberapa pertanyaan tambahan untuk memehami kebutuhan Anda sebelum memberikan saran. Salam

      Reply
  21. hendrik

    Selamat pagi,
    Mohon info asuransi term life yang bagus dengan premi terjangkau.
    Umur saya 36 tahun, tidak merokok.
    Terima kasih.

    Reply
  22. nep

    Bro Admin,

    Mohon info asuransi term life dengan UP 1,5 M. Usia saya 32 thn, pria, tidak merokok, kerja dikantoran, K1, lokasi jakarta. Terimakasih.

    Reply
  23. julia

    Dear Admin,

    Saya seorang istri umur berusia 33th dengan 2 anak 8th dan 9bln..ingin membeli asuransi, saat ini saya sudah jadi peserta jamkesda dan bpjs, sebaiknya saya ikut asuransi jiwa, kesehatan, atau asuransi pendidikan..saat ini saya tertarik asuransi takaful dan sedang diprospek allianz, mohon advisenya…

    Reply
    • admin

      Pertanyaan yang tidak mudah dijawab karena sebenarnya itu tergantung kebutuhan ibu dan keluarga. Menurut saya, yang wajib ada untuk keluarga adalah asuransi jiwa. Jika ingin murah, ambil asuransi jiwa term-life.

      Untuk pendidikan, ibu punya pilihan untuk investasi sendiri lewat reksadana atau beli asuransi pendidikan. Sementara, asuransi kesehatan kalau memang punya budget setelah asuransi jiwa dan pendidikan terpenuhi, bisa saja mengambil lagi asuransi kesehatan (walaupun preminya lumayan).

      Reply
  24. achmad

    Mohon info asuransi termlife dgn premi rendah dan UP sedang, saya pria 32thn,tidak merokok. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Saya sudah kirim email ke Anda untuk melengkapi beberapa data pribadi supaya bisa menghitungkan preminya.

      Reply
  25. ida

    Dear admin, mohon diinfokan asuransi term life yang cocok untuk saya (25) dan suami (26). Kami baru menikah, belum mempunyai anak, tidak merokok. Saya sedang mencari info di Manulife, dan katanya produk Hospital Benefit akan dihapus per 10 Oktober mendatang. Saya ditawarkan produk ProLiving Silver tetapi setelah diperhatikan, itu jenisnya whole life dan UP nya hanya 250juta. Saya baru pertama kali membeli produk asuransi. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • admin

      ada banyak pilihan jenis produk asuransi kesehatan, mulai dari yang biasa sampai yang menanggung cuci darah dan kanker. Pilihannya tergantung kondisi dan kebutuhan bapak/ibu.

      saya perlu tahu kondisi pribadi bapak/ibu utk bisa memberikan saran. sudah saya kirim beberapa pertanyaan ke email bapak/ibu.

      Reply
  26. vicky

    Dear admin, mohon info asuransi jiwa Murni umur saya 34 thn dan suami 36 thn. Mempunyai anak 2, kami tidak merokok. Saya jg minta tolong perhitungan asuransi kesehatan yg bisa klaim berobat jalan di rumah sakit. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Perlu beberapa data tambahan untuk bisa menentukan kebutuhan dan premi polis keluarga Anda. kami kirim via email. Please cek email.

      Reply
  27. Ratna

    Dear admin,

    Kalau saat ini suami sy berumur 36 tahun tidak mgkn bs asuransi term life sampai umur 70th yeah?
    Untuk suami saya baiknya menggunakan asuransi apa dgn harapan UP >2M dan premi brp?

    Reply
    • admin

      Sampai usia 70 tahun bisa. Tidak masalah. Saya perlu data Anda, yang sudah dikirimkan via email.

      Reply
  28. Moko

    Dear Admin, mohon informasi asuransi jiwa murni dengan UP sedang
    Usia 31 th, merokok. terima kasih

    Reply
  29. khanza21

    saya 38 thn dan suami 35 thn sudah mempunyai 2 anak. kami sdh pnya prudential masing2. tp sy ingin pnya asuransi jiwa UP > 1 M , yang preminya terjangkau..mohon infonya ya. terima kasih

    Reply
    • admin

      Kalau ingin uang pertanggungan relatif tinggi, saran saya ambil asuransi term life. saya sudah kirim ke email Anda beberapa permintaan data utk bisa menghitung premi asuransi term life.

      Reply
  30. Diana

    Dear admin, tolong informasi asji term-life (dan yg syariah klo ada) utk pria 26 th tidak merokok dengan UP 1M dan 2 M
    Terima kasih

    Reply
  31. Rina

    Dear admin,
    Mohon informasi asuransi jiwa term-life dengan jangka waktu 20 tahun untuk suami saya 28 tahun tidak merokok dengan UP minimal 1 miliar dengan premi yang terjangkau, kami memiliki 1 anak, Terima kasih

    Reply
  32. taufiq alghozali

    min saya dan istri berusia 25 tahun dan tidak merokok, butuh asuransi jiwa term life jangka waktu 20th dengan up min 1 milyar dengan premi yang terjangkau, mohon dibantu

    Reply
  33. Resti Mortika

    Dear Admin,

    Saya perlu asuransi term life untuk suami saya usia 32 tahun, tidak merokok. Saya ingin asuransi yang cashless, premi terjangkau dengan up yang tinggi. Saya juga perlu rekomendasi jangka waktunya. Untuk saya dan anak saya tidak usah di hitung karena sudah ditanggung perusahaan 100%.

    Reply
    • admin

      bagus kalau Anda menggunakan asuransi term life karena itu preminya murah dan manfaatnya besar. Detilnya saya kirim via email karena ada data-data pribadi yang dibutuhkan. salam

      Reply
  34. Deni Rivani

    Saya lagi cari term life untuk pribadi, usia 39 tahun, tidak merokok.
    UP yg dibutuhkan 1,5 milyar – 2 milyar, untuk jangka waktu 15-20 tahun.
    mohon info produk yg rekomended (Perusahan bagus & Premi Murah).
    terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  35. prast

    Saya lagi cari term life untuk pribadi, usia 35 tahun, tidak merokok. UP yg dibutuhkan 1,5 milyar – 2 milyar, untuk jangka waktu 25-30 tahun. Mohon info produk dari perusahaan yg bagus dan premi murah. Terima kasih..

    Reply
  36. najam

    di prudential ada juga term life nya… nabung 350rbu. dah dpt fasilitas term life, crisis cover, hospital, bebas premi… wlaupun UP meninggalnya nya nggak gede sih..

    Reply
  37. Sandi

    Saya lagi cari asuransi Term Life utk pribadi, usia 30th,tidak merokok, sudah menikah, punya 1 anak usia 3th.
    Kesanggupan bayar premi bulanan maks 500rb. Jangka waktu 20th.
    Mohon info produk asuransi term life syariah & non syariah terbaik.
    Terimakasih

    Reply
  38. vivi

    dear admin,

    minta infonya mengenai asuransi term life ini dunkz.
    usia 35 tahun, bukan perokok dan UP >=1 M.
    trimakasih.

    Reply
  39. bravo

    Mohon bantuan utk term life dgn data sbb: bukan perokok, suami 37 thn, istri 32 thn, anak satu dgn usia 1 bulan, up 2,4 M, jangka waktu 20 thn. Terima kasih.

    Reply
  40. amel

    dear admin, saya sedang mencari asuransi jiwa termlife untuk suami, 31 tahun, tdk perokok dengan UP 1M – 2M, jangka waktu 20-30 tahun. saya sudah mengumpulkan beberapa nama produk termasuk dari manulife, sunlife, takaful, allianz. adakah produk selain dari provider tersebut yang direkomendasikan?
    hal-hal apa saja yang perlu saya jadikan pertimbangan untuk memutuskan mana yang saya pilih? terimakasih

    Reply
    • admin

      Sepertinya itu sudah cukup ya. jangan hanya fokus ke premi yang murah tapi pastikan reputasi perusahaan dan apakah bisa digabungkan dengan asuransi kesehatan murni sekaligus (jika memang butuh perlindungan kesehatan). salam

      Reply
  41. joko

    dear admin, mohon dibantu untuk term life yg cocok untuk saya yg saat ini berusia 28 tahun, terima kasih.

    Reply
  42. agung

    Selamat siang admin YTH

    Saya mau menanyakan asuransi kesehatan term lofe yg cocok untuk saya yg berumur 23 th

    Reply
  43. Wawan

    Dear admin, saya butuh info asuransi term life dan produknya apa saja dan brp premi per bulan atau per tahunnya. Umur saya 31 tahun, tdk merokok, PNS dg pendapatan tetap 4,8 juta per bulan, masih single dan ada rencana ingin beli rumah, tabungan 50 juta, dan tidak punya utang.

    Terima kasih.

    Reply
  44. Dian Rivea

    Dear admin,,
    saya perempuan usia 29 tahun
    suami usia 32 tahun bukan perokok
    Kedua nya bekerja..membutuhkan Uang Pertanggungan Asuransi Termlife sekitar 1,8 M
    Mohon diberi info produk asuransi term life,,
    dengan pilihan: suami UP 1M dan Istri 1M, atau salah satu suami UP 1,8M atau istri 1,8 M
    terimakasih admin

    Reply
  45. Nico Simatupang

    Dear Admin,

    Saya adalah laki-laki usia 37 tahun, sehat, bukan perokok.
    saya ingin membeli asuransi term life dengan pertanggungan Rp. 1,5 M. selama 20-25 tahun
    berapa kira-kira premi yang harus dibayarkan perbulan / pertahun?

    Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Perlu lihat data-datanya dulu. Kami akan kirimkan perbandingan dari beberapa asuransi term life untuk pertimbangan. Silahkan cek email. salam

      Reply
  46. Tere

    bapak saya sudah mengirimkan email kpd bpk data apa saja yg dibutuhkan utk menghitung asuransi term life. terimakasih.

    Reply
  47. ismail

    salam,
    informasinya bermanfaat sekali pa,
    saya 31 th , laki2, tdk merokok, kantoran, menikah, 2 anak, sdng nyari asuransi yg termlife untuk diri sendiri UP nya diatas 1 M, klo bisa premi nya kecil,, mohon info perusahaan asuransi yg cocok .. klo bisa ada asuransi kesehatan yg bagus jg.
    oya 1 lagi untuk ibu sy usia 62 thn, tdk merokok mw sy masukkan asuransi term life, tolong ya pa admin,
    trims.

    Reply
    • admin

      Mengenai pertanyaan soal asuransi term life dan kesehatan, kami bisa membantu memberikan rekomendasi terbaik sesuai kebutuhan dan kondisi Anda dari beberapa perusahaan asuransi. Kami kerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi.

      Untuk bisa memberikan penawaran premi, kami butuh data pribadi yang kami sampaikan via email. Tolong email dicek dan dibalas ke kami.

      Reply
  48. Daud

    Pa kalo Allianz syariah Alliysia Care itu term life bukan ? Kmd kalo utk kejadian kecelakaan kendaraan bermotor apa bisa klaim di asuransi kesehatan?

    Reply
    • admin

      cara cek-nya gampang, apakah ada nilai investasi atau nilai tabungan dari asuransi Anda. Jika ada, itu bukan asuransi term-life. Kecelakaan bisa diklaim ke asuransi kesehatan.

      Reply
  49. Ayu Udianawati

    Dear Admin,

    Saya wanita 31th (bekerja) ,suami 30th tidak merokok (bekerja) dan belum punya anak. Kami sudah memiliki unit link dari prudenial namun kami tertarik untuk memiliki asuransi term life setelah membaca tulisan anda. Apakah sebaiknya kami berdua memiliki asuransi term life? Bisakah kami dikirimkan contoh asuransi term life yang memiliki reputasi yang bagus?

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Perlu tidaknya tergantung apakah Anda sudah merasa cukup dengan uang pertanggungan yang diberikan oleh asuransi Anda saat ini. Kalau belum cukup, asuransi term life bisa Anda ambil.

      Sudah kami email karena perlu data-data pribadi Anda.

      Reply
  50. Reggi

    Dear admin, boleh minta hitungkan,
    Rencana mau join asuransi term life buat ibuku, umurnya 52 tahunan, sehat, dan up sekitar 1 sd 2 M,
    Preminya berapa?
    Trimakasih

    Reply
  51. imam

    Dear Admin,
    Saya pria 36 th perlu asji term life yang syariah dengan UP 1M. Bisakah direkomendasikan alternatif pilihannya? Terimakasih.

    Reply
  52. Lai

    Min saya 32 tahun,suami 42 (agustus), papa 62 tahun, mama 50 tahun.
    Up 1 m, kira2 hitungan seperti apa dan rekomendassi asuransi term life yg murah dan terpercaya?

    Thx min

    Reply
    • admin

      Ini harus beli sendiri-sendiri asuransinya. Kami butuh detil data-datanya. Sudah kami kirim via email. Mhn dicek. salam

      Reply
  53. Santi

    Dear Admin,
    Kami ingin membeli asuransi term life utk keluarga, kesehatan dan pendidikan untuk anak. Mohon direkomendasikan asuransi mana yang cocok.
    Usia saya 36 th, suami 36 th (tidak merokok) dan anak 2 tahun.
    Biasanya syarat2 apa saja yang dibutuhkan utk asuransi term life?
    Terima kasih

    Reply
  54. maria

    asuransi term life apakah preminya bisa kembali? sy mau daftarkan suami usia 43 thn dgn premi 500.000/bulan..apa saja yg bisa di dapatkan dari asuransi term life..mohon email ya untuk jawabannya.terimakasih

    Reply
  55. Bagus

    Sy mau tanya asji term life UP 1 M premi terjangkau apa ya? Tolong kirim via email, terima kasih

    Reply
    • admin

      Terima kasih. Ada beberapa alternatif asuransi term life. Kami jawab via email. salam

      Reply
  56. zizi

    Saya lagi cari term life untuk suami sya, usia 38 tahun, tidak merokok. UP yg dibutuhkan 2 milyar, untuk jangka waktu 20 tahun. mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  57. siswanto

    Saya lg cari asuransi terterm life.. Usia saya 28th, sya tdak merpkok. UP yg sy mau 2-3 untk jangka waktu 30th. Kira” berpa premi yg hars saya bayar? Mohon d bantu.

    Reply
  58. agun

    dear admin
    mohon saran dan info asuransi jiwa term-life dan asuransi kesehatan yang cocok untuk saya (umur 25th,tidak merokok,kerja dikantor yang menggunakn shifting 24jam) kalo bisa yang up nya sekitar 1M dan preminya murah..trima kasih

    Reply
  59. Adi

    Mas Admin, mau nanya asuransi term life yang terbaik dari sisi benefit dan premi yang terjangkau. Usia 42 tahun dan menginginkan UP 1 M. Terima kasih.

    Reply
  60. retno

    Dear admin,
    Saya tertarik dgn pernyataan agan menggabungkan asuransi term life dan reksadana.
    Saya sedang mencari asuransi jiwa untuk suami dan asuransi kesehatan yg lengkap untuk keluarga beserta reksadana untuk investasi, dgn premi yg tdk mencekik.
    Saat ini saya sedang di prospek Allianz dan bertanya pada takaFul.
    Saya ingin jg di infokan oleh manulife agar saya bisa menemukan yg bnar2 sesuai. Bisa di kirim ke email gan info nya.
    Terimakasih.

    Reply
  61. Harry

    Saya seorang suami usia 49 tahun dengan seorang anak usia 17 tahun. Saya tidak merokok, bisa tolong rekomendasikan beberapa produk asuransi term life dgn UP 1 M dari beberapa asuransi ternama yang cocok buat saya.

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    Reply
  62. elsa

    dear admin
    mohon saran dan info asuransi jiwa term-life dan asuransi kesehatan yang cocok untuk suami saya (umur 40th,merokok) kalo bisa yang up nya sekitar 1 – 2 M dan preminya murah..trima kasih

    Reply
  63. Alex

    Yth Admin,

    Mohon bantuan informasi mengenai produk asuransi term-life dari beberapa perusahaan asuransi (untuk saya bandingkan) karena saya berencana untuk ikut asuransi. Saya berusia 37 tahun, pekerja kantoran (bukan lapangan), tidak merokok, istri tidak bekerja dan anak 1. Dengan Uang pertanggungan sebesar 2 M, kira-kira berapa premi yang harus saya anggarkan setiap tahunnya.

    Terima kasih.

    Reply
  64. putri

    Dear admin..
    Saat ini saya sedang bingung menentukan asuransi kesehatan utk keluarga saya.. kira2 asuransi apa yg cocok agar bisa mengcover keluarga kecil kami yg t’diri dari suami dan 2 anak umur 8 dan 2 taun. Tks sebelumnya.

    Reply
  65. Alven

    Nice info min. Saya 5 tahun lalu sudah punya asuransi tp yg unit link karena saat itu tidak terlalu tahu ttg asuransi. Jadi saya tertarik menambah asuransi yg benar-benar asuransi jiwa tidak perlu investasi karena sekarang sudah ada anak dan istri. Saya minta simulasinya min utk asuransi jiwa term-life utk saya. Pegawai swasta 30 tahun untuk pertanggungan 1M & 2M.
    thx

    Reply
  66. rizky

    Mohon bantuan informasi mengenai perbandingan produk asuransi term-life dari beberapa perusahaan asuransi. Saya berusia 32 tahun,wanita,tidak merokok, anak 2. Dengan Uang pertanggungan sebesar 1 atau 2 M, kira-kira berapa premi yang harus saya anggarkan setiap tahunnya.

    thanks

    Reply
  67. Leo

    Dear Admin, mohon bantuan informasi mengenai produk asuransi term-life dari beberapa perusahaan asuransi untuk saya bandingkan. Dengan UP sebesar 1 M, karena saya berencana ambil asuransi termlife. Saya pria berusia 34 tahun, beristri dan punya 2 anak, tidak merokok. Terima kasih.

    Reply
  68. Simangunsong

    Saat ini saya memiliki dana (sisa penghasilan) sebesar 17 juta perbulan dan saya berminat untuk mengikuti asuransi jiwa dan kesehatan.

    Mohon bantuan informasi mengenai produk asuransi jiwa term-life dari beberapa perusahaan asuransi (untuk saya bandingkan) karena saya berencana untuk ikut asuransi. Saya berusia 29 tahun, pekerja kantoran (bukan lapangan), tidak merokok (gaya hidup sehat), istri bekerja. Dengan uang pertanggungan sebesar 1,7 M, kira-kira berapa premi yang harus saya anggarkan setiap tahunnya?

    Kemudian mohon informasi ilustrasi asuransi kesehatan terbaik saat ini untuk saya dan istri saya.

    Terima Kasih.

    Reply
  69. Julyanto

    Dear Admin,
    Mohon Sarannya, Saya lagi cari asuransi term life, usia 26 tahun, tidak merokok. udah menikah, UP yg dibutuhkan 2 milyar, untuk jangka waktu masa premi 20 tahun. mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  70. Ira

    Mohon bantuan informasi mengenai perbandingan produk asuransi term-life & whole life dan yg terbaik utk saya dari beberapa perusahaan asuransi. Saya berusia 27 tahun, wanita, tidak merokok, belum menikah. Dengan Uang pertanggungan sebesar 1 atau 2 M, kira-kira berapa premi yang harus saya anggarkan setiap tahunnya.

    thanks

    Reply
  71. Henny Silalahi

    Mohon saranya saya tertarik untuk asuransi term life, Wanita usia 35 tahun , tidak merokok dan sudah menikah. dengan uang pertanggungan 1M- 2 M berapa kira2 yang harus saya bayarkan pertahunnya? Terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  72. nur

    Saya mau asuransi term life untuk suami sy up 1m dengan usia 35 thn tdak merokok. Mhn diinfo brp yg dbyarkan untuk per 5 thn tiap thnnya. Thanks

    Reply
  73. gusti

    Dear Bapak,
    Mohon sarannya saya tertarik untuk asuransi term life, Wanita usia 37 tahun , tidak merokok dan memiliki 3 anak,suami umur 44 tahun, merokok. Mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). Terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  74. Rifqi

    Selamat siang, mohon sarannya pak, saat ini saya istri dan anak masing2 berusia 29 , istri 29 dan anak 3 tahun, sedang mencari aduransi term life yang relatif nyrah dan bisa mengcover saat ada musibah seperti penyakit dll, kusaran up sekitar 1 m, mohon sarannya pak..

    Reply
  75. panadi

    Mohon sarannya saya tertarik untuk asuransi term life, Pria usia 37 tahun , tidak merokok dan memiliki 1 anak,istri umur 40 tahun. Mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). Terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  76. Andrew

    Dear Admin,
    Mohon Sarannya, Saya lagi cari asuransi term life, usia 27 tahun, tidak merokok. sudah menikah, UP yg dibutuhkan 1.5-2 milyar, untuk jangka waktu masa premi 20 tahun. mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). terima kasih atas bantuannya.

    Reply
    • admin

      Andrew,

      Bagus Anda sudah mulai mencari asuransi di usia yang masih muda karena preminya akan relatif murah dengan manfaat besar. Penawaran kami kirim ke email Anda.

      salam

      Reply
  77. rafy

    Bulan kemarin saya sempat oprasi, dan dokter mengakakan saya terkena asbes. dimana pusar saya mengeluarkan nanah dan harus dioprasi.
    Saya laki2 berusia 31 tahun, istri 20 tahun dan anak baru sekitar 5bulan. kira2 asuransi jiwa term-life, yang bagus dan harga tahunannya terjangkau pa ya, dengan klaim atau langsung bisa gesek di RS. pertanggungan 500jt-2milayar.
    Tolong simulasinya.
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Rafy,

      Kami sampaikan penawaran Asuransi term life ke email Anda. Mohon dicek emailnya.

      salam

      Reply
  78. Dino Difyano

    Saya pria, menikah 3 anak dan tidak merokok. Lahir 24 Juli 1975. cari term life 1-2 M.
    Istri 10 Nov 1976. (asuransi bagus dan premi murah). tks.

    Reply
  79. Marisa

    Pak saya mau tanya, untuk asuransi term life untuk org tua saya yg tinggal 1 satunya, ibu usia 59 tahun kondisi kesehatan baik, kalau UP 500-2M premi perbulan nya apakah ada yg murah? Tq

    Reply
  80. Firman

    Dear Pak Admin,

    Boleh di infokan juga ke saya dengan data diri sbb : laki2 30 tahun, istri 25 thn belum mempunyai anak dan tidak merokok. Mohon kalau ada UP sekitar 1,6 M dengan harga yang masih favourable pak.Trims

    Reply
  81. Yasser Trisatriya

    Dear Pak Rio / Admin,

    Mohon info list Asuransi Term Life dengan UP 3 Milyar & 4 Milyar beserta premi per-bulannya utk perlindungan sampai usia 65 th. Premi flat, tidak ada review/renewal setiap 5 th atau sama seterusnya.
    Usia saya 40 th, tidak merokok, menikah, dengan 2 anak.

    Terima kasih sebelumnya.

    – Satriya-

    Reply
  82. dwi kris

    Dear Admin,

    saya butuh asuransi term life syariah, UP 1milyar

    mohon diinfokan berapa preminya per bulan. asuransi apa sajakah yg mempunyai produk term life syariah

    Trims

    Reply
  83. henry

    salam sehat, terima kasih atas informasinya

    satu yang saya ingin tanya
    1. kalau asuransi jiwa term life, apakah setiap tahu hangus ??
    2. kalau memang benar ini lebih baik, dan banyak perusahaan asuransi menutup atau tidak menawarkan produk ini. bukankah artinya perusahaan itu melanggar ??
    3. kalau sudah mengambil asuransi jiwa term life, lalu investasi kemana ??
    4. kalau asuransi jiwa term life dan investasi berbeda, bukankah itu jadi lebih riskan ???

    Reply
    • admin

      Henry,

      1) Term Life itu hangus karena tdk ada unsur investasi atau tabungan dalam asuransi.
      2) Itu pertimbangan masing-masing asuransi. Yang saya tahu lebih sulit menjual asuransi term life karena mindset orang Indonesia yang ingin premi tidak hangus.
      3) Investasi bisa ke Reksadana, Saham, Emas, properti dan lain-lain
      4) Kok bisa lebih riskan ? Risiko Anda sama, mau investasi lewat asuransi atau investasi langsung (tanpa via asuransi). Asuransi tidak menjamin hasil investasi (baca di proposal dan polis).

      salam

      Reply
  84. fendy

    Dear Admin,

    Mohon infonya utk asuransi term life dr bbrp asuransi. Saya usia 34 tahun, tidak merokok, menikah. UP 1.5M, untuk jangka waktu masa premi 20 tahun. Mohon info produk yg recomended (Perusahan bagus & Premi Murah). terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  85. Boy

    Dear Admin,

    Mohon info Asuransi Term Life dengan UP 2 Milyar & 3 Milyar beserta premi per-bulannya utk perlindungan sampai usia 65 th. Premi flat, tidak ada review/renewal setiap 5 th atau sama seterusnya.
    Usia saya 46 th, tidak merokok, menikah, dengan 3 anak

    salam

    Reply
  86. Dyah

    Yth admin. Saya mau tanya..untuk ikut term life apa harus yang bersangkutan?apa bisa kita yang mendaftarkan ayah atau suami?lalu berapa kira2 preminya perbulan/pertahun untuk ayah usia 56 thn,kadang2 merokok dan suami saya umur 31 tahun,merokok.terimakasih

    Reply
  87. seti

    Admin,
    Bantu hitung premi term life tgl lahir 13 November 1947 pria tidak merokok. UP 500jt.
    Tq

    Reply
  88. agunk

    Mohon u/ dipilihkan asuransi term-life utk saya. Saya pria umur 30 thn, pegawai negeri, tdk merokok. Harapannya UP antara 500jt s/d 1M. Premi yg sesuai dgn karakteristik sy yg brp ya? Trims

    Reply
  89. Tirza

    Kalo asuransi term life tidak ada payor atau nilai investasi…sehingga jika unt.kesehatan, jikalau sakit dan tidak punya penghasilan…mau gak mau harus bayar premi spy asuransi tidak terputus

    Kalo unitlink, masih bisa ditanggungkan ke nilai investasi atau rider payornya..shg tidak memberatkan…bgmana pandangan Bapak? Terima kasih

    Reply
    • admin

      tirza, termlife harus dgn investasi, yaitu Reksadana atau investasi lainnya (emas dll). investasi ini yang akan membayar jika sakit atau tidak punya penghasilan. salam

      Reply
  90. candra

    saya sudah kirim email soal asuransi term life, mohon dicarikan solusinya. tks

    Reply
  91. Darmani

    Anak saya yg paling kecil usia 3th, saya usia 36th, kebutuhan rumah saat ini 3,5jt / bulan, berapa UP yg pas untuk saya, rekomendasikan dong yg termlife murni syariah.. tks.

    Reply
  92. lilis

    saya ada investasi reksadana untuk saat ini inves 1 jt per bulan selama 10 thn berapa premi term lifenya mohon infonya terima kasih

    Reply
  93. Rahel

    Mohon info asuransi term life 20 tahun dgn up 1,5 – 3 M berikut persyaratannya unt suami sy usia 37 thn, tdk merokok kerja kantoran. Sementara ini sy pny asuransi prudential unit link tp UP nya kecil. Ditunggu infonya.tks

    Reply
  94. Hans

    Mohon info asuransi term life UP 10M. Saya berumur 41 tahun, laki2, tidak merokok, kerja kantoran. Mohon dibuatkan perkiraan preminya utk 15 tahun dan 20 tahun pertanggungan.
    Terima kasih.

    Reply
  95. shandy

    mohon pencerahan berapa premi saya jika saya ingin ikut asuransi jiwa term life dengan usia saya 32th tidak merokok dengan status menikah dan 1 anak umur 2,5 tahun dengan up 1M dan masa pertanggungan 20th..terimakasih

    Reply
  96. bagus putra

    Mohon info asuransi term life UP 2-4 M. Saya berumur 24 tahun, laki2, tidak merokok, kerja kantoran. Mohon dibuatkan perkiraan preminya utk 15 tahun dan 20 tahun pertanggungan.
    Terima kasih.

    Reply
  97. budiono

    Pak…Mohon informasinya utk asuransi term life UP 1M-2M dengan masa pertanggungan 15 dan 20 tahun.
    Laki – laki, Kelahiran Juni 1976,. tidak merokok. terimkasih

    Reply
  98. Tatat

    Halo,

    Saya berumur 31 tahun (lahir 4-6-1985, tidak merokok) dan suami 33 tahun (lahir 1-3-1983, merokok) sedang mencari asuransi term life. Pendapatan kami sama-sama berkontribusi utk keluarga (kami baru punya satu anak). Ingin UP 1-2 M. Terima kasih

    Reply
  99. Rindi Triandi

    Mohon informasinya pak, saya sedang mencari asuransi term life, laki-laki usia 28 tahun, tidak merokok UP 1 – 2 M. kebetulan informasi mengenai asuransi term life sangat minim sekali.
    terimakasih

    Reply
  100. Satria

    1) Pak, jika misalnya kita mengalami kecelakaan lalu lintas apa ditanggung juga oleh asuransi term life?
    2) Jika masa pertanggungan 20 tahun, tarifnya berubah gak selama masa pertanggungan tersebut atau berubah setiap periode tentu (misal 5 tahun)? Ada gak asuransi term life yg preminya tetap gak berubah selama masa pertanggungan 20 tahun tersebut?
    3) Jika masa pertanggungan telah selesai, dan ingin memperpanjang, apakah biaya premi tetap seperti sebelumnya atau malah naik?
    4) Saya laki2 umur 30 tahun, karyawan, dan tidak merokok, bisa tolong kirim proyeksi biaya premi asuransi term life selama 20 tahun dgn UP 1 M/tahun..

    terima kasih atas jawabannya

    Reply
    • admin

      1) meninggal dunia karena sebab apapun ditanggung asuransi term-life
      2) premi tetap. premi tidak berubah selama 20 tahun.
      3) naik
      4) baik kami kirim via email.

      Reply
  101. abdi

    Siang pak.

    saya sedang mencari asuransi jiwa term life dengan UP 1-2 M untuk saya 27 tahun, karyawan swasta, menikah, tidak merokok.
    mohon berkenan untuk mengirim informasinya ke email saya
    terima kasih sebelumnya.

    Reply
  102. satria nugroho

    selamat siang
    saya awam soal assuransi, saya lelaki usia 30thn,sudah menikah istri usia 30thn dan mempunyai 2 putra masing-masing umur 5thn dan 2thn,
    yg ingin saya tanyakan:
    1. apakah ada assuransi bersifat term life dengan biaya premi berkisar 1 jtan/bulan masa untuk 20thn
    2. dan apakah masing2 anggota keluarga mendapat kartu anggota untuk proses chesless di RS
    3. apa saja perusahaan assuransi yg anda referensikan
    mohon semua jawaban di lampirkan via email
    terima kasih

    Reply
  103. HRY

    Salam,
    Saya lagi cari term life untuk pribadi/istri, usia 31 tahun, tidak merokok.
    UP yg diinginkan sekitar 1 – 2 milyar, untuk jangka waktu 20-30 tahun.
    Mohon info untuk produk2 asuransi jiwa term life dan kesehatan yang rekomended.
    Terima kasih atas infonya Pak.

    Reply
  104. Ratih

    Dear Admin,
    Saya sedang mencari asuransi term life untuk saya dan suami, suami usia 32 tahun dan saya 35 tahun, kami berdua tidak merokok.
    UP yg diinginkan sekitar 2 milyar, untuk jangka waktu 20-30 tahun.
    Mohon info untuk produk2 asuransi jiwa term life dan asuransi kesehatan (terpisah dari term life)
    Terima kasih atas infonya Pak admin

    Reply
  105. saya

    salam,
    saya juga sedang cari asuransi murni dengan premi sekitar 1jt/sebulan
    usia 30 tidak merokok
    Mohon rekomendasinya

    Reply
  106. Budiono

    Dear Pak Admin…

    Mohon informasinya utk asuransi jiwa term life UP 1M, pria tidak merokok ,lahir 7 juni 1976
    Jangka waktu 30th…
    Mohon informasinya juga Jika asuransi jiwa murni whole life, berapa preminya untuk UP 1M

    Terimakasih

    Reply
  107. santi

    Salam Pak Rio,
    Saya ingin bertanya mengenai asuransi TM Peace Of Mind. Sejauh yang saya pahami ini adalah asuransi jiwa term life. Bagaimana pandangan pak Rio mengenai asuransi ini? Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.