Kiat Pendaftaran Online BPJS Kesehatan

  • March 8, 2015

Cara paling mudah mendaftar  BPJS Kesehatan adalah pendaftaran via online. Tapi, ada sejumlah ketentuan yang wajib dipahami dalam proses pendaftaran online ini. Ini kiat menghadapinya.

Semua warga negara wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan sesuai perintah undang-undang.  Tidak ikut akan punya implikasi, meskipun saat ini, belum jelas sanksinya. Karena itu, sebaiknya segera mendaftar.

Pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan jalan: (1) Kolektif melalui perusahaan atau tempat bekerja; dan (2) Perseorangan yang dilakukan oleh peserta sendiri.

Untuk kolektif, pendaftaran umumnya diurus oleh perusahaan melalui bagian HRD atau personalia. Karyawan tinggal terima jadi.

Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah cara pendaftaran untuk peserta perseorangan atau peserta mandiri. Karena prosesnya harus dilakukan oleh peserta sendiri, perlu dipahami bagaimana dan apa yang perlu disiapkan selama proses pendaftaran.

Pendaftaran peserta mandiri mengacu pada Peraturan BPJS Kesehatan No 4 Tahun 2014. Sesuai peraturan ini, pendaftaran perseorangan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  • kantor cabang sesuai dengan daerah tempat calon peserta berdomisili;
  • situs BPJS Kesehatan;
  • Bank dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Pendaftaran online di situs BPJS Kesehatan adalah salah satu cara yang mudah dan cepat. Tapi, ada sejumlah ketentuan yang perlu dipahami calon peserta ketika melakukan pendaftaran online ini.

Daftar Online

Dengan daftar online, calon peserta tidak perlu datang ke kantor. Cukup melakukan pengisian formulir di situs BPJS Kesehatan.

#1 Dokumen Wajib Dipersiapkan

Sebelum memulai  pendaftaran, sejumlah hal sebaiknya sudah dipersiapkan dahulu karena akan mempermudah proses pendaftaran online.

Hal – hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Data NIK yang tercantum di KTP-elektronik atau Kartu Keluarga
  • KITAP/KITAS atau paspor untuk warga negara asing
  • Menentukan Fasilitas Tingkat Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), atau sering disebut Faskes I,  yang nanti akan dipilih. Mengingat sangat krusial, karena semua proses jaminan BPJS Kesehatan harus dimulai dari sini, sebaiknya pilih FKTP yang lengkap dan memang bisa diakses oleh peserta dengan mudah. Lakukan riset sebelum memilihnya. Karena setelah dipilih, peserta hanya bisa mengganti setelah 3 bulan.
  • Membuat rekening tabungan di salah satu bank yang menerima pembayaran BPJS Kesehatan, yaitu BNI, Mandiri dan BRI. Tidak berlaku untuk peserta mengambil kelas III.
  • Menyiapkan nomer telpon seluler dan email. Kedua hal ini wajib disampaikan dalam pendaftaran online.

#2 Situs BPJS Kesehatan

Pendaftaran online dilakukan di website BPJS Kesehatan.  Setelah masuk ke dalam situs, calon peserta melihat halaman muka dan pilih ‘Pendaftaran Online (e-registration)’ yang ditampilkan di sisi sebelah kiri.

daftar_1

Setelah diklik, calon peserta dibawa ke halaman ‘Syarat dan Ketentuan’ yang menyebutkan sejumlah ketentuan menjadi peserta BPJS.  Halaman ini harus disetujui oleh peserta dengan mencontreng kotak dibawah yang menyebutkan bahwa ‘Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan’.

daftar_1_2

Setelah menyetujui, peserta masuk ke tombol pendaftaran yang dicantumkan di bagian bawah kana halaman ini.

#3 Ketentuan Pendaftaran

Ini adalah proses yang berubah secara signifikan dibandingkan pendaftaran BPJS Kesehatan sebelumnya.

Dalam pendaftaran BPJS saat ini terdapat ketentuan bahwa “PERATURAN PRESIDEN NO.111 TAHUN 2013 PASAL 11 AYAT (3) : SETIAP PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH WAJIB MENDAFTARKAN DIRINYA DAN ANGGOTA KELUARGANYA SECARA SENDIRI-SENDIRI ATAU BERKELOMPOK SEBAGAI PESERTA JAMINAN KESEHATAN PADA BPJS KESEHATAN DENGAN MEMBAYAR IURAN”

Berdasarkan ketentuan ini, BPJS mewajibkan pendaftaran semua anggota keluarga. Itu sebabnya BPJS melakukan pengecekan ke data kartu keluarga (KK) dimana calon peserta harus memasukkan Nomor Kartu Keluarga.

daftar_1_3

Setelah nomor dimasukkan, sistem BPJS secara otomatis membaca data kartu keluarga yang tersimpan di database Dukcapil (Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Hasilnya, semua anggota keluarga di dalam KK akan ditampilkan.

Penting: jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar di BPJS Kesehatan, proses pendaftaran online berhenti. Calon peserta ini harus  mengurus pendaftaran di  Kantor BPJS Kesehatan.

Sesuai ketentuan, anggota keluarga  yang wajib ikut adalah adalah suami, istri, serta anak (kandung, tiri atau angkat) dari peserta. Untuk anggota keluarga tambahan yang terdapat dalam 1 Kartu Keluarga (contoh : Orang Tua, Mertua, Pembantu, Supir) dapat didaftarkan menjadi menjadi Peserta BPJS Kesehatan.

Esensi ketentuan ini adalah BPJS mengharuskan pendaftaran peserta sekaligus dengan semua anggota keluarga. Calon peserta tidak diperkenankan mendaftarkan sebagian anggota keluarganya dulu, misalnya bulan ini 2 orang dulu, setelah ada kemampuan bulan berikutnya mendaftarkan anggota keluarga yang lain dan seterusnya. BPJS mewajibkan jika ingin daftar maka harus seluruh anggota keluarga secara bersamaan.

Proses selanjutnya adalah calon peserta dibawa masuk ke Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) elektronik.  Formulir ini wajib yang data-datanya wajib diisi.

#4 Pengisian Data – Data

Dalam Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) elektronik, calon peserta mengisi sbb:

  • Mengisi NIK yang tercantum pada KTP elektronik atau Kartu Keluarga
  • Mengisi Nomer KITAP/KITAS dan Paspor bagi Warga Negara Asing
  • Memilih Fasilitas Tingkat Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  • Memilih Kelas Perawatan
  • Mengisi alamat korespondensi apabila alamat tidak sesuai dengan KTP, dan
  • Mengisi nomer rekening

#5 Penerbitan Virtual Account

Setelah FDIP diinput, BPJS melakukan proses validasi data calon peserta. Peserta bisa melihat semua anggota keluarga yang akan terdaftar dalam jaminan kesehatan BPJS.

Jika semua data sudah valid, BPJS menerbitkan Virtual Account. Calon peserta melakukan pembayaran ke Virtual Account tersebut.

#6  Penerbitan Kartu Identitas

Setelah calon peserta melakukan pembayaran iuran ke Virtual Account, BPJS menerbitkan kartu identitas Peserta.

Masa berlaku kartu Peserta tersebut adalah dimulai 7 hari setelah calon Peserta melakukan pembayaran iuran pertama.

Yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan yang sering muncul dan penting dibahas adalah sebagai berikut:

Ketentuan Bayi Baru Lahir

Bayu baru lahir yang didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan, tidak wajib memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK). Namun, pendaftaran bayi baru lahir wajib mencantumkan Nomer Kartu Keluarga orang tuanya.

Masa Berlaku Jaminan BPJS

Kapan BPJS bisa digunakan ? Kartu peserta mulai berlaku 7 hari setelah calon peserta melakukan pembayaran iuran pertama.

Jangan lupa selalu menyimpan nomor Virtual Account baik-baik, karena nomor tersebut akan digunakan setiap kali melakukan transaksi pembayaran iuran bulanan.

asuransi kesehatan (1)

Kesimpulan

Dalam beberapa artikel BPJS Kesehatan di blog ini muncul banyak pertanyaan yang sama mengenai proses pendaftaran. Jawaban atas pertanyaan tersebut coba disampaikan dalam artikel mengenai Kiat Pendaftaran Online BPJS Kesehatan ini. Semoga bermanfaat.

Panduan dan Tanya Jawab BPJS Kesehatan

104 Responses

    • iwan jayadi

      ketika saya mendaftar bpjs online saya salah ngambil kelas. bagaimana caranya merubah kelas 1 ke kelas 2.saat ini saya sudah mendapatkan virtual account tapi blm saya bayarkan jadwal bayarnya tgl 15 sampai 31 agustus.terimakasih atas bantuannya

      Reply
    • Adrellia

      keluarga saya sudah mendaftar bpjs, hanya saya saja yang belum mendaftar. ketika saya ingin mendaftar online kenapa di web bpjs orang tua saya di bilang blm mendaftar, padahal orang tua saya sudah mempunyai kartu bpjs tersebut. mohon petunjuknya. terima kasih

      Reply
  1. aya

    saya mau nanya. saya ingin mendaftarkan bpjs saya dan mama. tapi di kk masih ada 4 orang. karena papa sudah meninggal. dan adik saya sekarang berdomisili di lampung. tetap bisakah mendaftar? katanya harus mencantumkan semua anggota keluarga di kk. tapi di kk masih terdaftar 4 orang. thanks

    Reply
    • admin

      Harusnya KK di update sesuai kondisi. Sebaiknya lapor ke kantor BPJS Kesehatan mengenai ini karena jika tidak Anda membayar semua anggota yang tercantum di KK.

      Reply
      • linda setyowati

        Kalau saya sudah mendaftarkan orang tua dan kakak saya dan sudah membayar. Tapi tidak lama kemudian ibu saya meninggal dan kakak saya pindah kota. Bisa tidak saya tidak membayar iuran bulanan mereka. Saya membayar iuran saya saja. Makasih ya

      • admin

        Yang meninggal iurannya harusnya distop tapi perlu lapor kantor BPJS untuk update data keluarga. Untuk kakak yang diluar kota, Anda harus tetap membayar.

      • Lidya

        Pak Mohon bantuaanya, apabila kami mempunyai karyawan di luar kota,

        namun kami ingin mendaftarkan mereka ke BPJS Kesehatan perusahaan kami.

        Namun Domisili perusahaan kami berada di Jakarta.

  2. Erwin H

    Selamat pagi.
    kalau misalnya KTP/KK di kab bandung apakah boleh mengambil di faskes yang ada di kota bandung/cimahi? atau harus faskes yg terdekat dr tempat tinggal/domisili kita? terima kasih.

    Reply
    • admin

      Boleh saja. Faskes I tidak harus sama dgn KTP/KK. Lokasi Faskes I terserah peserta. cari yang peserta paling convenience.

      Reply
  3. Erwin H

    selamat siang.domisili saya di kab bandung apakah boleh mengambil faskes tk 1 yang ada di kota bandung/cimahi atau hanya mengambil faskes yg terdekat saja? terima kasih.

    Reply
  4. suwarso

    sebagai calon peserta BPJJS mandiri, apakah saya harus mendaftarkan anak saya yang sudah menjadi peserta di perusahaan?

    Reply
  5. achmad

    saya berada di purwakarta tepi ktp saya berasal dari kota lain apakah saya bisa mendaftar bpjs di purwakarta..?

    Reply
  6. beby

    Pagi bu/pak.
    Sjak sminggu lalu sy daftar bpjs melalui online di bank BRI. tetapi kk sy yg berjumlah 4org trnyata di website bpjs hny berjumlah 3org. Sebab itu sy tdk bs melanjutkan proses pendaftaran. Yg sy ingin tnyakan.. bagaimana cara nya agar anak k2 sy bs muncul di website bpjs. Karna kata cs bank status anak sy offline. Jd hrs d onlinekan dlu statusnya br bisa dilanjutkan proses daftarnya. Trims

    Reply
  7. marham

    1 keluarga saya ada 5 orang. orang tua saya keduanya pns. dan adik saya masih usia 20 tahun. jadi kami smuanya menggunaakan askes. namun berhubung saya dan kaka saya sudah lwt usia. kami mnyimpulkan untuk mmbuat bpjs. itu bagaimana solusinya?

    Reply
  8. joko wiyanto

    saya rencananya akan daftar sebagai peserta bpjs.Yang ingin saya tanyakan :
    1.Apakah setiap calon peserta wajib mempunyai rekening bank BRI/BNI/Mandiri.
    2.Anak saya kan baru saja meninggal dunia,apakah KK nya harus di rubah dulu
    baru daftar.
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  9. Wheny

    Saya mau mendaftarkan untuk ibu & Adik-kakak saya.
    Saya sendiri berbeda KK dengan mereka. Tapi saya berencana untuk membayarkan iuran rutin-nya setiap bulan.
    Apakah boleh mengisi no rekening BNI / Mandiri / BRI-nya dengan milik saya, krn yang bayar iuran bulanannya kelak adalah saya.

    Reply
      • Annie Rose

        Selamat sore Bapak Admin..Saya ingin mendaftar BPJS melalui online…
        Namun mengapa ketika saya memasukkan no KK saya, selalu saja muncul tulisan no KK anda tidak dapat divalidasi / tidak terdaftar, sehingga registrasi tidak dapat dilanjutkan…Padahal Kk saya jelas2 dikeluarkan oleh kelurahan/kecamatan dilokasi tempat tinggal saya. …Mohon penjelasannya..Terimakasih untuk bantuan anda..

    • Sucipto Kuncoro

      @Ibu Wheny, boleh kok bu, tidak masalah nomor rekening bukan miliki sendiri asal iurannya dibayarkan (sama saja seperti BPJS anak yang dibayarkan orang tua). Kalau mau lebih yakin tanya ke hotline BPJS di nomor 1500400.

      Reply
  10. Maya Ristiana

    saya daftar online bpjs, pas sampai tahap memasukkan nomor rekening trs kirim email ada peringatan bahwa harus mengisi nomer rekening, padahal udah diisi. dan udah saya ulang berkali kali.. itu bagaimana? mohon koreksi dan solusinya, terimakasih

    Reply
  11. aqila

    Saya mau membayar iuran bpjs untuk pertama x yang nantinya itu struknya d kasih ke bpjs nya lagi..
    Yg saya mau tanya, bolehkah saya membayar via rekening bri dimana sebelum nya yg saya cantumkan di form pendaftaran bpjs adalah nomer rekening mandiri..?
    Trimakasih

    Reply
  12. lala utama

    Saya mw nambah bpjs utk ank sy yg ke2,apakah bs diwakilkan oleh org lain/via online?tq min..

    Reply
  13. EVA ARYANTI

    mf min mau tanya status saya single parent nama saya msk ke kk ade saya ade saya keluarganya uda bikin bpjs saya blm klo daftar online bisa ngga ya min karna harus ada kepala kk nya

    Reply
  14. vika

    Saya sekeluarga ada 7 orang sudah dapat bpjs gratis kemudian adik lahir dan sudah masuk kk sekarang sdah 3 tahun tapi belum di daftarkan bpjs dan baru mau daftar.Apa bisa?

    Reply
  15. Heri Kuswanto

    Saya mau mendaftarkan BPJS saya, Ayah, ibu dan Adik (1KK).
    Nah kira-kira BERAPA Rp iuran yg harusa sy BAYAR per Bulannya ???
    >> Apakah 4XRp25.500 =Rp102.000

    Ataukah Kalau daftar 1 KK iurannya lebih murah…???
    Saya Pernah baca “1%X Gaji gitu”
    Tapi masalahnya Saya “Pekerja Bukan Penerima Upah” ???

    Mohon dibalas CEPAT ya…??? Butuh banget nih infonya.
    Thanks,

    Reply
      • Heri Kuswanto

        1. Yang ini Gan… Kalo 1 KK ada 4 orang mk BPJSnya bayar 4XRp25.500 =Rp102.000 ???

        ——————————————————————
        2. Oya, Apakah bisa kalau saya cuma Mendaftarkan BPJS untuk Ayah dan ibuku saja ???
        Dan nantinya Pembayaran Lewat ATM saya ?? (Tapi saya tidak daftar dulu untuk saat ini).

        3. Kalo Daftar BPJS apakah harus datang sendiri ???
        Nggak bisa diwakilin anaknya ???

        MAKLUM AWAM banget nih..

        Thanks,

      • admin

        Heri,

        Pendaftaran bisa online dan jika online semua nama yang ada dalam KK wajib ikut semua. Iurannya adalah jumlah anggota di KK kali iuran per orang.

        salam

  16. rahmat

    Saya coba untk daftar online ibu & adik stlh kk terbaca cm 1 orng data adik saja sedangkan data di kk ada 2 orang?

    Reply
  17. Teguh

    Bagaimana caranya Saya daftarkan BPJS kesehatan di kelas 2 untuk yang bantu-bantu saya di rumah, sedang orang itu sekeluarga belum ada yg daftar BPJS sedangkan BPJS harus wajib mendaftarkan seluruh keluarganya,tidak mungkin saya harus menjamin seluruh keluarganya ?trimakasih

    Reply
    • admin

      Teguh,

      Saat ini itu cara pendaftaran online, harus menggunakan KK. Coba daftar langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  18. yoshi

    Mhn penjelasan. ..
    Sy pns dan ikut KK ibu karna sy msh single…sy mau daftar kan bpjs utk ibu..sekarang kami domisili di Bogor karna tugas sy…sedangkan kk dan ktp kami terdaftar di Jkt…apakah bisa daftar di Bogor? Jika ya bagaimana caranya dan persyaratannya…trims

    Reply
  19. omih sukmawati

    Saya sudah daftar online, dan sudah dapat VA tapi ketika akan melakukan pembayaran pertama via ATM , dan alhasil no VA nya tidak terdaftar itu bagaimana ya? Apa harus melakukan pembayaran pda tgl 10-26 saja? Soal nya saya daftar online pada tgl 27, ketika akan langsung melakukan pembayaran pertama itu tidak terdaftar? Tolong

    Reply
    • admin

      Omih,

      Maksimum 14 hari pembayaran iuran paling lambat sejak pendaftaran dan VA jadi. Jika belum terima, lapor ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  20. lina

    saya mau daftar bpjs kesehatan utk orangtua via onlie tapi websitenya tidak bisa dibuka. mohon bantuannya. terimakasih

    Reply
  21. NURNANINGSIH

    salam sehat sejahtera berkat BPJS

    bisa bantu saya, saya menemui kendala, beberapa hari yg lalu saya mendaftarkan bpjs satu keluarga lewat OL, dalam satu KK ada 5 orang, kepala keluarga, istri dan 3 anak… tapi setelah saya mendaftar yg muncul di anggota KK OL hanya ada 4 orang,,,, nama anak yang no 2 tidak terdaftar, ter update di admin bpjs,,, sedangkan di KK real 5 orang …. apa yg harus saya lakukan untuk mendaftarkan anak yg belum terdaftar…
    makasih

    Reply
  22. NURNANINGSIH

    saya sdh mendapatkan VA BPJS, pembayaran pbjs pertama kali apa harus menunggu 14 hari atau bisa langsung saya bayarkan ke bank yg sdh saya daftarkan…
    karena di laporan nya spt dbwh ini :

    Yth. Bapak/Ibu OLIVER JONATHAN GUNAWAN Ini adalah Nomor Virtual Account Anda, yang bisa dibayarkan pada Bank sebagai berikut : – BNI : 88888 0 1717704494 – BRI : 88888 0 1717704494 – BTN : 88888 0 1717704494 – MANDIRI : 89888 0 1717704494 Sejumlah : Rp.42,500 Batas waktu pembayaran tagihan iuran adalah tanggal 10 setiap bulan berjalan sampai dengan tanggal Pembayaran dapat dilakukan pada tanggal 18/11/2015 sampai dengan tanggal 04/12/2015

    Reply
  23. titis

    saya mau daftar BPJS Online tetapi pas mau memasukan nomor kk selalu tidak bisa ada keterangan bahwa kk tidak terdaftar padahal nomor kk saya sudah benar
    mohon bantuannya
    terimaksaih

    Reply
  24. agus

    Saya peserta bpjs kesehatan pendaftaran melalui HRD via online , ada kesalahan input nama dan tahun kelahiran , apakah bisa diurus secara pribadi atau harus tetap HRD perusahaan ? Thnx

    Reply
  25. MULYADI

    Assalamualaikum Bapak/Ibu Admin.
    Saya beserta keluarga (4 orang) tgl 13 Desember 2015 kemaren telah daftar BPJS via online dan berhasil ada jawaban di email yang saya cantumkan dengan no regs 321529021007002420151213113732 , namun ketika upload aktivasi no virtual acn tidak muncul nomer VA secara utuh 3 Bank untuk bayar iuran, tanggal bayar dst. No VA hanya terdapat pada sisi atas page PDF (hanya no. VA). Pertanyaanya apakah dengan no VA yang ada ketika waktunya (saya perkirakan tgl 27 des 2015) dapat dibayarkan dan muncul untuk upload kartu e-id bpjs kesehatan, kalau tidak bagaimana??
    Terimakasih.

    Reply
  26. endang

    saya masih ditanggung orang tua, orang tua saya pensiunan bumn yg by kesehatannya ditanggung oleh perush ( bukan askes ). bisakah hanya saya yang ikut bpjs kesehatan mandiri?
    thanks

    Reply
    • admin

      endang,

      Pendaftaran BPJS menggunakan Kartu Keluarga sehingga semua anggota KK wajib menjadi peserta BPJS.

      salam

      Reply
  27. hendra kusuma

    Saya terdaftar bpjs lewat perusahaan , namun anak saya yg no 2, tidak terdafta katanya di bpjs no nik ganda , apa maksudnya jelas jelas di kk sama sekali jelas ini yang oon pemerintahan apa bpjsnya

    Reply
  28. ubay alfatih

    Tanggal 13 Desember 2015 lalu Daftar BPJS kesehatan online (mandiri dgn 4 angg0ta keluarga) sukses No reg 321529021007002420151213113732. Masalahnya aktivasi cetak no. Va yang ke empat a/n Mega Oktaviani tidak muncul utuh sebagaimana Va ke 1,2 dan k 3 .ke tiga no. Va ini pada waktunya dapat di bayar, dalam aktivasi muncul cetak kartu tapi tidak dapat dilakukan karena Va a/n Mega Oktaviana tidak bisa dibayar.
    Untuk masalah ini mohon kirim ulang no VA a/n Mega Oktaviani 0001718594043.
    Terima Kasih

    Reply
  29. MULYADI

    Saya satu keluarga 4 orang sudah daftar BPJS online tgl 13 Desember 2015 lalu, berhasil dengan no reg 321529021007002420151213113732. Ketika aktivasi no VA yang muncul hanya tiga, anak saya urutan k empat no VA tidak muncul utuh, ketika jatuh tempo pembayaran iuran tiga no VA sudah dibayar seterusnya untuk upload kartu ternyata tidak bisa ket semua anggota keluarga (4 VA) harus dibayar, bagaimana ini tiga sudah dibayar yang satu tidak bisa sedangkan utk dapat cetak kartu harus bayar semua. Masalah ini sudah dilaporkan di forum ini maupun di BPJS center namun tidak ada jawaban secuilpun.

    Reply
  30. Kurnia

    Orang tua saya sudah mendaftar bpjs. Tetapi saya pindah studi di jogja dan terpaksa pindah KK numpang ke keluarga tante. Apakah saya bisa ikut bpjs dari orang tua saya yg beda KK?

    Reply
  31. desy

    KLO MISALNYA GAK PUNYA REKENING DI KELUARGA , BOLEH GAK MINJEM REKENING ORANG LAIN ??? APAKAH ADA PERMASALAHAN NANTI NYA>???

    Reply
  32. aang

    saya sudah mendaftarkan keluarga kakak saya untuk BPJS online, yaitu kakak saya dan istrinya
    tetapi saya lupa mendaftarkan anaknya, apakah bisa saya mendaftarkan anaknya menyusul
    thanks

    Reply
  33. wahidin

    Saya kan sudah pnya bpjs.tpi sekarangkan saya sudah menikah dan saya mau daftarin istri saya itu caranya gmn y? Coz pas nyoba lewat online eh dlm no kartu keluarga yang tercantum cuma nama saya… nama istri tidak muncul… padahal di kartu keluarga fisik ada

    Reply
  34. april

    kenapa dulu bisa daftar perorangan?

    kenapa sekarang harus langsung satu keluarga?

    Reply
  35. Rifka

    Saya sdh daft bpjs dan pembayaran VA bs dilakukan tanggal 15 Februari (hari ini), apakah akan aktif nya 7 hari setelah hari ini?

    Reply
  36. Aida

    Setelah melihat website bpjs untuk pendaftaran online, ada pilihan 1. Pekerja bukan penerima upah dan 2. Bukan pekerja. Saya baca beberapa artikel, CPNS termasuk pekerja penerima upah. Apakah saya tidak bisa daftar secara online?

    Reply
  37. weni

    min saya mau tanya dong ..
    jika salah satu anggota keluarga di KK sudah terdaftar BPJS apa anggota keluarga yang lain harus daftar langsung ke kantor BPJS ? kenapa ya ? emang ga bisa kalo daftar online saja ?

    Reply
  38. sulizt

    Maaf mau tanya …
    Kalau dalam satu kk boleh apa egak beda kelas rawat. Seumpama bapak/ibuk kls 3 aku kls 2 gtuu bapak/ibuk thankz.

    Reply
  39. sulizt

    Maaf mau tanya …
    Kalau dalam satu kk boleh apa egak beda kelas rawat. Seumpama bapak/ibuk kls 3 aku kls 2 gtuu.. bapak/ibuk thankz.

    Reply
  40. hengky

    Bila 1 anggota keeluarga suddah terdaftar apakah angota keluarga yg lain juuga sudah terdaftar!? Dan uutk proses selanjuutnya apa haruuus dtng kekantor bpjs apa tinggal membayrkan anggota yg lain saja !? Trims

    Reply
  41. Agus Pandetria

    Saya berniat menangung iauran BPJS buat mertua dan ipar saya, namun terkendala dimana KK tidak menjadi satu dg KK saya melainkan dengan kakak dari isteri sementara ini belum bersedia menjadi keanggotaan BPJS, apakah ada cara yang lebih mudah tanpa harus memindahkan di keanggotaan KK milik kakak dari istri saya ke KK saya sehingga saya bisa mendaftarkan mertua dan ipar saya dalam keanggotaan BPJS.

    Reply
  42. yuliffa

    mau tanya jika daftar online kan hanya dapat kartu e-ID, apa bisa ditukar menjadi kartu bpjs yg asli? bagaimana caranya?

    Reply
  43. Mchmad Mariyanto

    Saya mau daftarin saudara saya lewat on line yang muncul kok nama istri sedangkan nama suami dan dua anak gak muncul sedang daftar manual nggak boleh diwakili walaupun masih saudara gimana mengatasinya

    Reply
  44. hesty

    Saya mau mendaftar BPJS secara online untuk keluarga saya dlm 1 KK. Saya juga ingin mendaftarkan ibu saya, tapi beliau tidak 1 KK dengan saya (KK ibu saya seorang diri, ayah sudah meninggal). Saya tidak melihat fitur untuk menambah KK lain di pendaftaran online.

    Pertanyaan saya, bagaimana cara mendaftarkan ibu saya, apa saya mendaftarkan beliau dengan cara biasa secara online (mendaftar baru untuk keluarga dengan KK beda) atau saya harus mendaftar ke kantor BPJS?
    Terimakasih

    Reply
  45. Adenuke

    Saya sudah mendaftar bpjs melalui online dan bagaimana cara mendapatkan kartu bpjs yg asli sedangkan pendaftaran melalui online hanya mendapat virtual card id..thanks

    Reply
  46. budi malik

    pa..adik saya sdah terdaftar bpjs klas 1 melalui perusahaan…lalu sya mw mendaftrkan orng tua sya ke klas 3 …bisa atau tdk pak.?

    Reply
  47. Lydia Annova

    Pa, maaf saya mw tanya.
    1. Apabila sdh pny kartu BPJS dr tanggungan suami, sbg istri (seorang pekerja) perlu dftar lagi bpjs kesehatan sbg peserta dari tempat bekerja?
    2. Pembayaran 1% dari upah tetap atau pendapatan bersih (maaf informasi yg diterima msh simpang siur) ?
    3. Kalau sdh menikah, tp blm pnya KK sendiri (msh gabung dgn orang tua), apakah bisa didftarkan BPJS kes dari perusahaan?. Ataukah harus menunggu smp kk itu sndri selesai ?

    Terima kasih atas jawabnnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.