BPJS Kesehatan:  Tanya dan Jawab Hal – Hal Penting yang Sering Ditanyakan

  • November 23, 2014

Setelah artikel mengenai BPJS Kesehatan muncul, banyak pertanyaan datang. Maklum ini adalah program jaminan kesehatan yang baru dari pemerintah dan bersifat wajib. 

Banyak dari pertanyaan – pertanyaan tersebut menanyakan hal yang sama. Daripada menjawab hal yang sama beberapa kali, saya berpikir lebih baik dituangkan dalam bentuk Tanya Jawab.

Tanya Jawab BPJS Kesehatan ini akan terus diperbarui berdasarkan informasi yang saya peroleh di media maupun masukkan dari teman – teman pembaca. Jadi ini akan jadi living document.

Harapannya, semoga pemahaman kita semua mengenai BPJS Kesehatan semakin baik dan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Semoga semua masyarakat Indonesia bisa mendapatkan dan menikmati layanan kesehatan yang lebih baik dan lebih layak dengan biaya yang terjangkau.

Ini bukan situs RESMI BPJS Kesehatan. Namun, tulisan ini menggunakan sumber-sumber resmi BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, tidak semua pertanyaan bisa dijawab.

Dasar Hukum Jaminan Sosial

Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Peserta BPJS Kesehatan

Peserta BPJS adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran. Artinya, dengan BPJS, semua masyarakat bisa menikmati perlindungan jaminan kesehatan dengan biaya terjangkau.

Apakah Wajib menjadi Peserta BPJS Kesehatan?

Kepesertaan BPJS Kesehatan bersifat wajib. Meskipun yang bersangkutan sudah memiliki Jaminan Kesehatan lain.

Kapan Wajib Menjadi Peserta BPJS Kesehatan ?

Sesuai peraturan perundangan bahwa untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) dari BUMN, BUMD, Badan Usaha skala besar, sedang mapun kecil wajib mendaftarkan pegawainya paling lambat sebelum 1 Januari 2015.

Bagi masyarakat yang merupakan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja paling lambat adalah 1 Januari 2019.

Jika punya asuransi swasta, apakah masih harus menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Sesuai dengan undang-undang yang berlaku, meski sudah memiliki asuransi swasta, seluruh masyarakat Indonesia tetap harus terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Terkait asuransi swasta yang dimiliki masyarakat, jika suatu asuransi swasta bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melalui skema koordinasi manfaat atau CoB, maka peserta BPJS Kesehatan yang memiliki asuransi swasta tersebut bisa memperoleh manfaat lebih, khususnya dalam manfaat non medis, seperti naik kelas ruang inap, berobat keluar negeri, dan sebagainya.

Bagaimana Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan?

Prosedur Pendaftaran bagi Pekerja Penerima Upah (PPU) dilakukan secara kolektif melalui perusahaan ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Untuk peserta mandiri,  pendaftaran peserta dapat dilakukan diseluruh kantor cabang BPJS Kesehatan, melalui Bank yang bekerjasama seperti BRI, BNI dan Bank Mandiri, serta secara online melalui situs BPJS Kesehatan.

Apakah Persyaratan Pendaftaran ?

Untuk pendaftaran melalui Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pengisian Formulir Daftar Isian Peserta, dilampiri dengan pas foto terbaru masing-masing 1(satu) lembar ukuran 3 cm x 4 cm (kecuali bagi anak usia balita), serta menunjukkan/memperlihatkan dokumen sebagai berikut:

  1. Asli/foto copy KTP (diutamakan KTP elektronik)
  2. Asli/foto copy Kartu Keluarga
  3. Foto copy surat nikah (bagi yang telah menikah)
  4. Foto copy akte kelahiran anak/surat keterangan lahir yang menjadi tanggungan (bagi yang telah mempunyai anak)
  5. Fotocopy buku rekening salah satu diantara Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, yaitu BNI, BRI dan Mandiri.

Apakah Persyaratan Pendaftaran Online ?

Peserta dapat  membuka website BPJS Kesehatan. Pilih Menu Layanan Peserta kemudian pilih Pendaftaran Peserta  dan lakukan pengisian data peserta pada kolom yang tersedia beserta email untuk mendapatkan Link Aktifasi. Setelah itu peserta untuk dapat membuka email dari Admin BPJS Kesehatan dan klik Link Aktifasi untuk mendapatkan Virtual Account.

Selanjutnya peserta dapat melakukan pembayaran pada 3 Bank yang telah Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan (BNI,BRI,Mandiri). Setelah anda melakukan Pembayaran, anda dapat mencetak e-ID BPJS-Kesehatan dengan cara mengklik/membuka ulang Link Aktivasi Pendaftaran yang ada di email Konfirmasi mengklik/membuka ulang Link Aktivasi Pendaftaran yang ada di email Konfirmasi

Ketentuan Pendaftaran Peserta 

  1. Peserta wajib memiliki NIK yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau Kartu Keluarga.
  2. Atau peserta dapat juga menggunakan KTP non elektronik yang masih berlaku, sepanjang NIK pada KTP tersebut sama dengan NIK Kartu Keluarga dan dapat ditemukan pada data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Peserta dapat mendaftar di Kantor Cabang BPJS Kesehatan dimana saja, walaupun KTP peserta yang bersangkutan tidak sesuai dengan wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.
  4. Peserta dapat memilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sesuai dengan alamat domisili terakhir (tidak harus sama dengan alamat pada KTP Peserta).

KTP Kota A, tapi tinggal di Kota B. Apa bisa membuat Kartu BPJS Kesehatan di Kota B?

Bisa. Jika mendaftar sebagai peserta mandiri (perorangan), Anda bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan di kota manapun. Nantinya, fasilitas kesehatan tingkat pertama Anda akan disesuaikan dengan tempat tinggal atau domisili Anda di Kota B, bukan disesuaikan dengan domisili KTP.

Apakah buat KTP, SIM, dan Paspor wajib memiliki kartu BPJS Kesehatan ?

TIDAK BENAR bahwa pembuatan maupun perpanjangan KTP, SIM, dan Passpor wajib memiliki kartu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan belum bekerjasama dengan lembaga-lembaga tersebut terkait dengan hal tersebut.

Apakah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan berbeda ?

Ya berbeda. BPJS Kesehatan adalah badan publik yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan adalah badan publik yang menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pension, dan jaminan kematian.

Apa bukti terdaftar peserta di BPJS Kesehatan?

Setiap peserta yang telah terdaftar pada BPJS Kesehatan berhak mendapatkan identitas peserta yang paling sedikit memuat nama dan nomor identitas tunggal.

Berapa Iuran BPJS Kesehatan perorangan?

  • Sebesar Rp.25.500,- (dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
  • Sebesar Rp.42.500 (empat puluh dua ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • Sebesar Rp.59.500,- (lima puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Berapa Iuran BPJS Kesehatan untuk pegawai di perusahaan non-pemerintah?

Iuran ditanggung oleh perusahaan dan pegawai/peserta dengan ketentuan sbb:

  • Sampai dengan 30 Juni 2015 sebesar 4,5% (empat koma lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan: (1) 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja; dan (2) 0,5% (nol koma lima persen) dibayar oleh Peserta.
  • Mulai 1 Juli 2015 sebesar 5,0% (empat koma lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan: (1) 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja; dan (2) 1% (satu  persen) dibayar oleh Peserta.

Kapan iuran dibayar?

Paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan kepada BPJS Kesehatan. Apabila tanggal 10 (sepuluh) jatuh pada hari libur, maka iuran dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

Bagaimana terlambat bayar iuran ?

Ingin tahu jawabannya? Simak selanjutnya di Bagian Kedua Tanya Jawab (klik disini).

Demikian tanya jawab ini disusun berdasarkan informasi dari situs BPJS Kesehatan dan informasi publik lainnya. Semoga bermanfaat.

Update:

Perhatian ketentuan terbaru mengenai Iuran, Sanksi dan Denda terkait keterlambatan membayar Iuran BPJS Kesehatan. Simak disini.

Panduan dan Tanya Jawab BPJS Kesehatan

762 Responses

  1. Sri Maryani

    saya dai perusahaan , dengan adanya program dabu, saya mau memasukkan tambahan keluarga (bayi baru lahir) untuk salah satu peserta harus memasukan NIK, sedangkan NIK belum ada . Bagaimana? mohon informasinya. Terimaksih

    Reply
    • admin

      dalam artikel ini sebenarnya sudah dijelaskan mengenai masalah bayu baru lahir. saya kutipkan “Bagaimana Penjaminan untuk Bayi Baru lahir ?

      Bayi anak ke-1 (satu) sampai dengan anak ke-3 (tiga) dari peserta pekerja penerima upah secara otomatis dijamin oleh BPJS Kesehatan.
      Bayi baru lahir dari: (1) Peserta pekerja bukan penerima upah; (2) Peserta bukan pekerja; dan (3) Anak ke-4 (empat) atau lebih dari peserta penerima upah; dijamin hingga hari ke-7 (tujuh) sejak kelahirannya dan harus segera didaftarkan sebagai peserta. Apabila bayi sebagaimana dimaksud dalam huruf c tidak didaftarkan hingga hari ke-7 (tujuh) sejak kelahirannya, mulai hari ke-8 (delapan) bayi tersebut tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan.”

      Reply
      • Akhmad Yusep.S

        Admin yth, saya ingin tanya apakah jika saya daftar bpjs dgn KK dan KTP kota A kemudian 1bln kedepan KTP saya sdh pindah ke kota B.apakah saya hrs langsung lapor ke bpjs terkait perpindahan KTP tersebut.terima kasih

      • admin

        Yang harus Anda pastikan ketika pindah adalah mengubah faskes I. Perubahan faskes I ini perlu memberitahu pihak BPJS.

      • richa

        saya sudah mengajukan e klaim di bpjs bekasi kota tapi gagal apakah saya bisa mengajukan registrasi lagi di kantor bpjs cabang yang berbeda sedangkan saya mengajukan lewat e klaim lagi selalu ada pemberitahuan bahwa data anda sedang dalam proses pengajuan,
        mohon jawabannya.terima kasih

      • admin

        Richa,

        Saya tidak paham maksudnya e-klaim. Apakah ini pendaftaran pesert atau apa ya.

        salam

      • fachry

        saya pernah terdaftar sebagai anggota bpjs,itupun terdaftar dari perusahaan dan sudah 1 tahun ini saya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut,begitu saya cek nama keanggotaan saya memang masih tercantum sbg peserta bpjs.nah yang saya mau tanyakan adalah apakah saya masih bisa melanjutkan tapi pribadi ataukah saya harus membuat ulang
        lagi,dan bagaimana soal biaya apakah ada dendaan atau bgaimana biasanya ya.
        trims

      • Herlina dem

        Bila ada satu org dr anggota kk pergi begitu saja dan tdk mau meneruskan bpjs sedangkan anggota yg lain tetap ingin melanjutkan, bgmn solusinya

    • dery

      saya mau bertanya??? apakah cara pembayaran BPJS melalui internet banking mandiri bisa menggunakan nomor NIK tanpa nomor VA??

      Reply
    • yenni

      Saya mau daftarkan ade saya bpjs tetapi ade saya tidak punya rekening bank kalau ade saya pake rekening saya apa boleh tetapi kk saya sama ade saya beda kknya tapi alamat rumahnya sama tolong jawabannya ya trum.

      Reply
  2. Irwan

    Saya ingin tanya mengenai sakit mata, seperti min atau plus yang membutuhkan kacamata. Apa masuk dalam jaminan BPJS? Terima kasih sebelumnya

    Reply
      • tika

        saya mau tanya : Mau ganti Nama di kartu BPJS Kesehatan pakai KTP bisa tidak, soalnya waktu daftar pakai KK, KK dan KTP Namanya beda yang benar itu Nama’y di KTP’y…
        Terima Kasih

      • sholy

        Kemaren kan saya daftar bpjs kesehatan kelas 1..nunggu 14 hari mau bayar..lalu kemaren sudah ke bank mau bayar Kok virtual acound nya salah yang seharusnya saya ambil kelas 3 jadi kelas 1..itu gimana ya. Bisa diurus kembali ke kelas 3 atau kelas 1..trimakasih

  3. harris

    kami sekeluarga sudah menjadi peserta BPJS, pada tanggal 27 Nov 2014 istri saya sakit, dan saya bawa ke puskesmas, ternyata tensinya 200/100. dokter Puskesmas memberikan pertolongan I dengan memberikan obat yg di taroh dibawah lidah dan diberikan oxigen. alhamdulillah dlm waktu kurang dari 30 mnt sdh turun menjadi 150/90. tapi tgl 1 des 2014, istri saya terasa tidak enak lagi dan dada sebelah kiri terasa agak nyeri, kemudian sy bawa ke klinik Kimia Farma di pamulang, setelah di tensi tekanannya 180/90, kemudian dokter memberikan rujukan utk di rawat di RS yg menerima anggota BPJS. kemudian kami dirujuk ke salah satu RS swasta yg menerima kepesertaan BPJS dan disarankan utk langsung masuk ke UGD, malam itu juga kami ke RS tersebut, setelah diperiksa dan ditensi oleh dokter jaga, tensi istri saya 185/110. selanjutnya saya tanyakan ke dokter tersebut, apakah istri saya harus di rawat ?
    tapi dokter tsb mengatakan ; karena istri bapak peserta BPJS, di RS ini ada aturannya, yaitu bagi peserta BPJS yang dapat langsung dirawat apabila tekanan darahnya mencapai 200, atau dada kirinya terasa nyeri yang AMAT SANGAT.
    pertanyaan saya apakah benar RS yang menerima Pserta BPJS untuk dirawat ada persyaratan seperti itu (utk penyakit hypertensi harus tekanannya 200 dan utk gejala jantung harus menunggu nyeri yang SANGAT) ?
    KALAU IYA PERCUMA SAJA KAMI IKUT BPJS.
    Mohon Infonya ? terimakasih

    Reply
    • lania

      Mau nanya dong….klo yg punya bpjs semasa hidupnya ga prnh menggunakn bpjs kemudian orng trsbt meninggal trus uang bpjs yg sllu d bayar sm orng trsbt nantinya kmna?apa hangus bgtu sj apa d kembalikn…k ahli waris

      Reply
      • admin

        BPJS itu bukan asuransi, apalagi unit link yang ada unsur investasinya. BPJS itu adalah jaminan kesehatan dari pemerintah. Tidak ada pengembalian dana di BPJS.

    • Rohmah hidayah

      Selamat pagi…

      Saya mau bertanya
      Saya kan sudah mendaftar di E klaim. Untuk mencairkan dana jht
      Sudah ada balasan dri pihak bpjs ke email saya klw. Proses sudah terekam.tunggu pukul 19.00 pada selasa malam..tp kenapa sampe sekarang gda kabar nya juga ya pak

      Reply
  4. anshar

    maaf saya mau tanya di bandung – rancaekek rumah sakit swasta yang nerima pasien bpjs rumah sakit apa aja ?

    Reply
  5. feny afifah

    saya mau bertanya…
    perusahaan mendaftarkan saya k bpjs secara kolektif, namun katanya harus menggunakan foto copy e-ktp, jika tidak maka berkas tetap dikirim k perusahaan pusat namun tidak terdaftar k bpjs. sedangkan e-ktp saya hilang, setelah saya bikin ktp baru malah dapat ktp manual bukan elektronik. bagaimana dengan nasib kepesertaan bpjs saya?
    lalu bagaimana saya dapat melihat sudah terdaftar atau belumnya karena sampai saat ini saya belum menerima kartu bpjs atau tanda telah terdaftar bpjs dikarenakan pendaftaran bjs dikolektif dikantor pusat saya…
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Sebaiknya cek via perusahaan karena pendaftaran via perusahaan prosesnya harus lewat perusahaan. Bisa juga tanyakan ke Hotline BPJS disini.

      Reply
      • syaidina umar

        jika kartu jamsostek sudah tidak aktif bunga yang ditetapkan masih berjalan tidak./saldo kita nambah

  6. Badruddin

    Klo misal kita sdh ke puskesmas/ dokter umum kmd ternyata dirujuk utk rawat inap di RS. Apakh harus rawat inap di RS pemerintah atau kita bisa memilih RS swasta yang menjadi rekanan BPJS? Tks

    Reply
      • Dwina Septiani

        permisi admin saya mau tanya kalo bayi baru lahir dan belum ada bpjs hanya ibu bayi sajaitu juga dari kantor dan sekarang bayi nya yang baru lahir haus masuk picu dari rs di kasih waktu 2hari untuk pembuatannya. itu bagaimana?

  7. rina

    Mau nanya saya didaftarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja bpjs sedangkan kantor suami belum terdaftar. pertanyaan nya jika nanti kantor suami juga mendaftar bpjs yang mengcover saya dan anak2. apakah akan double bayar??

    Reply
    • admin

      Ini saya tidak tahu persis. kalau di peserta mandiri, ini hampir mungkin tidak terjadi karena basisnya adalah NIK yang unik, jadi tidak mungkin seseorang terdaftar dua kali. Tapi untuk perusahaan saya tidak tahu.

      Reply
      • ambar

        bapak/ibu admin kenapa menjawab pertanyaan seperti itu, tidak professional, seharus anda mewakili institusi (bpjs) bisa memberikan jawaban yg jelas

      • admin

        Situs ini bukan perwakilan BPJS Kesehatan. Kami mengumpulkan bahan-bahan dari sumber resmi BPJS dan membaginya untuk pengunjung blog ini. Kita belajar bersama. Jika ingin menghubungi BPJS, bisa kontak hotline BPJS disini.

      • Ahmad Rohkib

        Saya bantu menjawab untuk pertanyaan ini. Kebetulan saya PIC sebuah perusahaan. Di aturan Badan Usaha bila BU tersebut menggunakan jasa layanan BPJS Kesehatan maka ketika mendaftar keluarganya juga otomatis didaftarkan. Yang penting nama anggota keluarga ada di KK. Bahkan pembantu juga bisa didaftarkan. Syaratnya tadi, nama dari peserta ada di KK. Istri, anak otomatis terdaftar. Yang jadi masalah adalah apabila seorang karyawan itu bujang/ lajang. Yang ditanggung perusahaan hanya karyawan yang bersangkutan. Sedangkan anggota keluarga lain harus daftar melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat. Semoga membantu. ^_^ Tidak akan ada kasus double bayar karena NIK setiap warga negara berbeda da sudah terekam di system online. Apalagi yang KTP sudah online maka lebih mudah. Yang memungkinkan terjadi double bayar adalah bila seseorang memiliki 2 KTP. 1 KTP online 1 lagi KTP hasil nembak. Itu bisa double bayar. Semoga pengalaman saya membantu.

      • shin than

        Admin, ijin menambahkan sedikit untuk pernyataan ibu Ambar “Yang jadi masalah adalah apabila seorang karyawan itu bujang/ lajang. Yang ditanggung perusahaan hanya karyawan yang bersangkutan” Kebetulan saya PIC sebuah perusahaan juga 🙂 . Di aturan Badan Usaha untuk peserta (karyawan) bujang/ lajang dapat menanggung orang tua (ayah & ibu) serta adik (anak ke-4 dan ke-5 dari orang tua) dengan syarat nama-nama tersebut ada dalam satu Kartu Keluarga. Namun dikenakan biaya 1% dari jumlah yang dibayarkan peserta. yaa,, lumayan lebih hemat dibanding daftar mandiri. Semoga dapat menambah informasi pembaca 🙂

      • radina

        oohh bisa yah, saya sudah terdaftar di perusahaan cuman saya dftar diri saya saja karna masih lajang kalau mau nambah caranya gimana ? saya mau nambah ayah, ibu dan 2 adik saya apa masih bisa kalu sudah terdaftar ?
        terima kasih

      • admin

        Kalau pendaftaran via perusahaan, yang boleh ikut serta bersama Anda hanya anggota keluarga inti. Untuk anggota keluarga lain, mereka harus daftar sebagai peserta mendiri. Penjelasannya baca di artikel ini.

      • tami

        Jika dalam satu kk hanya saja yang baru mengatifkan kartu bpjs.apakah kartu bpjs nya bisa digunakan untuk berobat

  8. maulia

    apakah setiap peserta BPJS harus punya rekening salah satu bank diatas atas nama peserta sendiri2?

    Reply
    • admin

      Tidak harus karena Anda bisa bayar di teller bank-ban tersebut. Tapi kalau punya kartu ATM bank-bank tersebut jelas akan lebih mudah.

      Reply
      • Ahmad Rohkib

        Kalau untuk sekarang mendaftar mandiri/ perseorangan harus memiliki rekening disalah satu bank tersebut. Karena buku tabungan menjadi syarat mendaftar. Berbeda dengan perusahaan. Lebih mudah. Tanpa perlu rekening atau foto. Cukup hubungi PIC perusahaan tempat Anda bekerja.

      • admin

        Ya betul. BPJS mengeluarkan persyaratan bahwa pendaftaran mandiri/perseorangan harus punya rekening di bank untuk pembayaran iuran BPJS (BNI, BRI dan Mandiri). Trims sharing-nya

    • admin

      Keputusan apakah pasien perlu dirujuk ke rumah sakit atau tidak, ada ditangan faskes I. Bukan di pasien.

      Reply
    • Bpk ADHI

      Jika peserta sudah berumur 21 thn dan menikah, tp kk blum dikeluarkan apakah bisa mendaftar bpjs kesehatan sendiri….

      Reply
  9. Heri

    Apakah kalo sakit gigi bisa langsung periksa di puskesmas terdekat, yang bukan sesuai alamat rumah tinggal

    Reply
    • admin

      Untuk faskes I, peserta harus ke puskesmas, dokter keluarga atau klinik, dimana peserta terdaftar. Tidak bisa pergi ke faskes I yang bukan dimana peserta terdaftar.

      Reply
      • mery

        menurut admin, tidak boleh berobat ke fas I yg bukan di tunjuk sewaktu mendaftar. bagaimana bila kita kerja di luar kota yang jauh dari tempat tinggal dan tidak memungkinkan berobat ke fas I/klinik yang tercatat di kartu BPJS nya?

      • admin

        Lapor ke kantor BPJS Kesehatan di daerah tersebut. Kantor akan menunjukkan dimana faskes I yang bisa digunakan.

  10. M.Riduan

    bpjs yang terhormat,
    Ditempat saya bekerja di Jambi dilakukan sosialisasi bpjs dan disebutkan yang ditanggung bpjs 5 anggota keluarga.
    pertanyaan saya : anggota keluarga saya 3 orang (saya,istri dan anak 1 umur 13 tahun) dikarnakan bpjs menanggung 5 anggota keluarga, saya berencana memasukan ibu kandung saya (domisili di Medan)dan ibu mertua saya (domisili di jambi)dalam anggota keluarga saya, apa saja persararatan yang dibutuhkan ibu dan mertua saya untuk bisa menjadi anggota bpjs.

    Reply
    • admin

      Yang dimaksud adalah Keluarga inti meliputi istri/suami dan anak yang sah (anak kandung, anak tiri dan/atau anak angkat), sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang. Diluar keluarga inti, yaitu orang tud, adik/kakak, mertua, boleh tetapi harus membayar iuran tambahan.

      Reply
      • sari imawati

        Setahu saya, BPJS Ketenagakerjaan memang menanggung 5 orang meliputi suami, istri dan max 3 anak dengan premi 0.5% dari gaji pekerja Ybs yang masih dalam 1 KK.
        Kelas yang didapatkan juga tergantung dari besar kecil gaji.
        Apabila Bapak ingin memasukan Ibu / Mertua, maka harus membayar tambahan premi sebesar 1% per orang dari Gaji.
        Untuk info selenkapnya bisa ditanyakan ke Lembaga BPJS Ketenagakerjaan. Terima kasih

      • admin

        Trims infonya. Ini mungkin maksudnya BPJS Kesehatan ya, bukan BPJS Ketenagakerjaan.

      • Uya' Al

        BPJS menanggung anak maksimal umur 21 th sebelum anak bekerja atau menikah, dan atau anak maksimal umur 25 th jika anak tersebut masih kuliah.

  11. dadangsuhandi

    BPJS yang terhormat,
    Bagaimana jika peserta BPJS Kesehatan perorangan / mandiri mengundurkan diri dari kepersertaan BPJS Kesehatan, langkah apa saja yang harus ditempuh
    Tksh

    Reply
    • admin

      Situs ini bukan milik BPJS. Lapor ke BPJS. Anyway, jika Anda tidak lagi membayar, otomatis keanggotaan berhenti.

      Reply
      • Harry

        maaf mau tanya rumah sakit mna ya yang trima bpjs,orang tua saya sakit batu empedu dan ginjal.dkter mnyrankan agar cepat di ambil tindakan klo tidak bsa pecah atau infeksi

      • harry

        tolong bantuan infonya,,dmna lg ya rmh sakit yg trima bpjs yang menyediakan ERCP untuk batu empedu dan ginjal,sudah beberapa rmh sakit tidak bisa menangani..yang ada mlah di rujuk,,kebenaran ada salah satu rs yg mempunyai alat trsebut,2 hari kami mengurus bulak balik ke rs trsebut.tpi knp harus indent 2 blan,klo kya bgini bisa meninggal orang tua saya.sedang kan dkter sudah menyarankan hrus cpat di ambil tindakan klo tidak bsa infeksi dan pecah,,kami sekeluarga pasarah saja,ternyata memang uang cash yang berbicara,ya bginilah jd orang susah…

      • admin

        Cek disini daftar rumah sakit BPJS. Sebelum ke rumah sakit, Anda harus ke faskes I dulu untuk minta rujukan.

  12. lia yuliana

    bagaimana cara nya kalau saya mau pindah faskes Tingkat I kec. Tambora ke faskes Tingkat I Klinik Taman Anggrek. terima Kasih

    Reply
  13. Joko

    Jika ada perbedaan penulisan gelar haji di KTP dan di e-ID BPJS, apakah nanti di permasalahkan dalam penggunaan fasilitas tersebut ?
    Contoh ;
    Nama di KTP : H Daliman
    Nama di e-ID BPJS : Daliman, H

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Harusnya tidak ya karena yang dijadikan acuan adalah id BPJS yang dibuat berdasarkan NIK di Kartu Keluarga.

      Reply
  14. walden manurung

    bpjs yg trhormat
    sy peserta perorangan mohon info, hari ini sy baru bayar iuran (lwt 1 hari dri tgl 10) apakah sdh dikenakan denda telat bayar ? dan sy membayar langsung 2 bulan, bagaimana cara mengetahui bahwa sy telah melunasinya dan kemana harus bertanya.
    trims

    Reply
  15. HRD

    Mohon penjelasan atas beberapa pertanyaan kami :
    1. Kode tipe Faskes A, B, C, I4, SC dlsb itu belum kami pahami, nohon penjelasan rinci selain dari singkatannya serta kelengkapan fasilitas serta dokternya
    2. Pembayaran premi maksimum adalah atas gaji 4.725.000 saja bukan?
    3. Apa pengaruhnya penulisan asuransi swasta di formulir 34 kolom? apakah mempengaruhi pemberian manfaat dari masing2 provider?
    4. Apakah karyawan yang berdomisili di bodetabek dapat memilih pilihan Rumah Sakit, Apotik, dan Optik di wilayah Jakarta?
    5. Apakah RS non Provider dapat langsung diambil sebagai penjamin tingkat pertama? Bagaimana prosedur pemanfaatan RS non Provider ini?

    Reply
    • admin

      Kalau sudah kerjasama dengan BPJS, ya harus melayani peserta BPJS. Detilnya ada di perjanjian kerjasama antara Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan.

      Reply
    • admin

      nanti ada link-nya dikirim via email (di email yang memberitahukan no virtual account). Link tsb diklik nanti bisa cetak kartu BPJS.

      Reply
  16. Koperasi Taksi Indonesia

    saya mau menanyakan untuk Badan Usaha seperti kami ini dengan jumlah karyawan yg sangat terbatas, untuk pendaftaran BPJS min berapa orang? untuk bisa ikut pendaftaran BPJS. dan syaratnya apa saja. terima kasih

    Reply
    • admin

      Tidak ada batasan jumlah karyawan. Untuk perusahaan saya tidak terlalu paham prosesnya. Silahkan hubungi Hotline BPJS (cek disini nomernya)

      Reply
  17. KOMARA ABDULKADIR

    saya terdaftar di kartu keluarga kakak ipar, sedangkan kakak ipar & istrinya sdh menjadi peserta ASKES. sdh otomatis tdk lagi membayar. (sdh dipotong dari pensiunnya). yang ingin saya tanyakan. Bagaimana caranya mendaftar menjadi peserta BPJS ? …… apakah pada formulir pendaftaran harus mencantumkan nama kakak ? …… berhubung dia yg akan membayar iuran tiap bulannya ? ……terima kasih.

    Reply
    • admin

      Di KK Anda, ada NIK kan ya. Pakai itu saja sudah cukup. Anda daftar sebagai peserta mandiri. Coba lakukan secara online (baca disini caranya)

      Reply
  18. Hari Purwanto

    Adik saya masuk rumah sakit pada posisi keikutsertaan BPJSnya belum efektif sehingga biaya harus ditanggung sendiri. Sampai dengan BPJSnya efektif, perawatan masih harus diteruskan. Dapatkah biaya berikutnya langsung dialihkan ke BPJS? Apa benar pasien harus pulang dulu dan masuk lagi dengan fasilitas BPJS seperti penjelasan petugas BPJS di rumah sakit? Pasien tidak mungkin meninggalkan rumah sakit karena menjalani perawatan di ICU.

    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Coba tanya ke hotline BPJS atau konsultasi ke faskes I dimana adik terdaftar.

      Harusnya kalau gawat darurat tidak perlu rujukan dulu. Rujukan diurus sambil jalan. Tapi definisi gawat darurat itu yang perlu dicek dgn pihak BPJS.

      Reply
      • diyana

        dear admin, teman saya pernah mengalami kecelakaan ditempat kerja, tangannya kena belahan kaca yg harus dibwa kerumah sakit u/ dijarit, saat teman sy kasi kartu BPJS kesehatan ke RS tersebut, knpa dibelit2kan? harus pake surat keterangan kerja ditempat kerja, harus bawa surat rujukan dari puskesmas, baru bisa ditangani, kalo bgtu kan bisa cepat kehabisan darah kalo harus berbelit2 kayak gtu? akhirnya teman saya ikut umum krna proses yg berbelit2. *daripada khilangan banyak darah, mending kehilangan uang 700rb rp.*. dan kata tmen saya BPJS kesehatan itu hanya bisa dipake untuk yg badannya panas tinggi mencapai 39drajat lebih, kalo belum segitu gak bisa pake BPJSnya. apa benar seperti itu?

  19. novy

    saya novy, saya mau tanya soal BPJS. seandainya suami saya baru daftar pada bulan ini, apakah BPJS bisa di gunakan pada awal bulan pd saat melahirkan nanti??? mohon bantuannya. tims

    Reply
    • admin

      Selama kartunya sudah ada seharusnya bisa langsung digunakan. Tidak ada masa tunggu, seperti dalam asuransi kesehatan, dalam BPJS. Yang jelas peserta harus melakukan pengecekan kandungan di faskes I.

      Reply
  20. akuka

    Mau bertanya:
    Apakah medikal check up lengkap (tes darah, urine, dll) bisa gratis, untuk pemegang kartu BPJS?

    Reply
    • admin

      Medical check up tergantung rujukan dari faskes I. Jika memang secara medis dinilai perlu oleh faskes I, BPJS menjamin medical check up tsb. Tapi, kalau faskes I melihat tidak perlu, BPJS tidak menjamin medical check tsb.

      Reply
  21. crispina

    Mohon penjelasan saya tinggal di malang,kalo nanti saya melahirkan di sragen prosedurnya bagaimana,saya oleh dokter direncanakan SC,karena kehamilan beresiko….terima kasih

    Reply
  22. pancaputra

    apakah orang terlantar baik yg sakit jiwa maupun tdk mendapatkan pelayanan BPJS secara gratis

    Reply
    • admin

      Kalau yang gratis, yaitu yang iuran BPJS Kesehatan dibayar oleh pemerintah, kriterianya ada. Cek kriterianya disini.

      Reply
  23. sulaeman

    Bpjs yg trhormt.saya mw tany nih.pelynn kshtn I.saya kn di klinik kimia farma cilegon.saya lg ada di bogor di rmh org tua.saya sakit blh kh saya brobat di klinik kimia farma bogor.trmksih atas pnjlasannya

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. Harus lapor kantor BPJS di Bogor dulu, nanti ditunjukkan faskes I yang bisa digunakan di Bogor.

      Reply
  24. miftachul

    kalau salah satu daftar KK ada yang meninggal, bagaimana dengan bpjsnya? apa harus konfirmasi dengan surat kematian? trus, kalau ada anggota keluarga yang hilang?

    Reply
  25. anwar budiman

    mohon bantuanya.. begini ayah saya sakit kemarin udah tes leb d rm sakit tarkait rujukan.. trenyata da hasil yang kurang baik dari hasil dokter itu ayah sy d ponis tumor di lehernya… sy minta penanganan ke pada rm sakit trkait… tetepi sy beberapa kali bulak balik rm sakit seperti mengacuhkan keinginan sy untuk segera memberi tindakan dokter. kira kira bagus nya sy mesti bagaimana mohon bantuanya terkir adik sy ke rm sakit, malah di minta biyaya untuk oprasi….
    yang sy ingin tayakan apa biyaya itu mesti di bayar apa giman

    Reply
  26. ayu

    Mau tanya :
    1. Apabila ada proses perubahan untuk memperbaiki kekurangan dari sistem BPJS, Apakah perlu juga untuk merubah/mengganti produk hukumnya, Jelaskan
    2. Strategi apakah yang harus kita lakukan untuk memeperluas cakupan pelayanan untuk sektor informal. Jelaskan
    3. Apabila hingga tahun 2019, cakupan kepesertaan belum sampai seluruh penduduk indonesia,bisakah program JKN dikatakan gagal?Jelaskan
    4. Dapatkah untuk memperluas cakupan kepesertaan dengan dukungan dari lintas sektor, jika dapat ditolong jelaskan dengan contoh

    Reply
  27. bryan

    strategi apakah yang hars kita lakukan untuk memperluas cakupan pelayanan untuk sektor informal. Jelaskan

    Reply
  28. fitri

    bisa ngga klu data yg udah masuk di bpjs bisa di ubah?? soalnya sya baru2 aja daftar melalui online tpi sy lupa sandi email yahoo saya,, jdi sya tdk bsa masuk ke yahoo untuk aktivasi bpjs sya.. kira2 konfirmasinya tadi bsa ngga melalui fb aja..??

    Reply
  29. salamun

    nama anak saya Raysa tetapi di BPJS terdaftar dengan nama Rasya…
    apakah saya harus mengubah nama anak saya dengan nama yg sebenarnya di data BPJS?
    Kalau iya, bagaimana caranya..
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Sebaiknya data yang disampaikan adalah data yang akurat karena ini menyangkut rekam medis. Coba hubungi Hotline BPJS atau kantor BPJS terdekat untuk konsultasi.

      Reply
  30. DJOKO

    Pembayaran Premi untuk Pekerja Penerima Upah, baik Staff biasa atau Manager apakah semua dikategorikan masuk kelas II untuk rawat inapnya? Apakah ada standar Upah minimal untuk ketentuan klas rawat inap?
    Trim’s

    Reply
  31. fery

    bisakah saya lgsung ke RS dengan membawa kartu BPJS jika ternyata hari itu hari libur sehingga saya tdk memperoleh surat rujukan dr Puskesmas?

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. Harus ada surat rujukan dari faskes I. kecuali keadaan gawat darurat.

      Reply
  32. retno

    Saya pegawai negeri yang askes saya otomatis menjadi peserta BPJS, saya ingin melakukan operasi di rumah sakit swasta di kota lain yang menurut saya fasilitas lebih memadai. Setelah ke faskes 1 (puskesmas tempat askes saya terdaftar), bisakah saya langsung minta rujukan ke rumah sakit swasta tersebut atau saya harus ke rumah sakit daerah dulu? Terima kasih

    Reply
    • admin

      Minta rujukan ke Faskes I, itu proses yang wajib di BPJS. Tidak bisa langsung ke rumah sakit. Nanti faskes I yang akan memutuskan apakah peserta bisa mendapat rujukan ke rumah sakit atau tidak karena bisa faskes I menilai bisa cukup ditangani oleh faskes I (tidak perlu ke rumah sakit). kalau dirujuk ke rumah sakit, fakses I yang akan memutuskan di rumah sakit mana operasi dilakukan.

      Reply
  33. Imel

    Bpjs terhormat. Mohon informasi. Untuk pembayaran iuran dilakukan sampai umur berapa? Kemudian jika ingin melakukan pemasangan gigi palsu implant, apakah di cover oleh bpjs? Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Iuran BPJS dibayar terus selama masih menjadi peserta. Ini bukan seperti asuransi unit link yang bayar dalam waktu terbatas. Soal gigi palsu, cek dengan dokter gigi apakah ditanggung atau tidak karena setiap kondisi berbeda-beda.

      Reply
  34. handik

    Bpjs kesehatan says mau tanya, apakah peserta yang terkena microtia sejak lahir juga bias mendapatkan pelayanan Dari bpjs, yang says maksud disini adlah: baik ITU operasi bedah sekaligus pembuatan daun telinga ITU sendiri apakah juga ditanggung Oleh bpjs? Terima kasih

    Reply
  35. agnes

    Selamat pagi,
    saya mau tanya kalau lupa username dan passwordnya Edabu bagaimana karena tidak ada konfirmasi di email? kami baru bulan pertama terdaftar.. terimakasih

    Reply
  36. agnes

    siang,
    sudah daftar BPJS bulan desember dan sudah dapat E-DABU tapi kok belum muncul tagihan preminya padahal katanya tanggal 1 Januari sudah keluar?

    Reply
  37. mustika

    kemaren,saya konsultasi kesehatan kandungan pada klinik,tetapi BPJS tidak menanggung untuk cek rahim,cek kesuburan,dan program hamil,bagaimana dengan kami yg sudah bayar BPJS ,,harapan bisa memeriksa kesehatan,,klw untuk mengeluarkan uang pribadi,,mungkin sangat banyak,makanya kami ikut BPJS,,tolong kebijaksanaannya.trimks

    Reply
    • admin

      tanya ke faskes I untuk pastinya. setahu saya harusnya bisa karena tidak ada dalam daftar penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS.

      Reply
  38. atin joko s

    ada yang saya mau tnyakan
    saya sudah pernah di daftarkan ke bpjs oleh perusahaan saya (outsorsing)
    di tempat kan di perusahaan lain trs perusahan (out sorsing saya dah bangkrut) dan dia ternyata juga gak membayar tanggungan bpjs dan tidak menutup acount saya di bpjs? yang jadi pertanyaan apakah saya bisa menutup acount saya sendiri???? sedang kan saya sudah di ikut ke bpjs istri terimaksih

    Reply
  39. SINTA

    Mohon bantuanya,jika perusahaan saya sudah terdaftar pd 24Des2014 dan apakah masih bisa para karyawan saya baru didaftrakan via edabu januari 2015? krna bulan lalu terhambat cuti bersama. Dan yg dimaksud kolom ”TMT TERDAFTAR DI BPJS KESEHATAN” itu bgmn pnjlsanya? karna sdh saya coba masukan data sesuai ,ttp responya “TANGGAL MULAI TERDAFTAR PESERTA TIDAK BOLEH BERLAKU MUNDUR”
    Mohon bantuanya,terimaksih

    Reply
  40. ocha

    Maaf tadi minggu jam 3 sore tanggal 11/1/15 saya daftar bpjs 1 keluarga vis online, saya sudah daftar mengikuti sesuai prosedural bpjs,, sudah berhasil terdaftar dan di perintahkan untuk mengecek email konfirmasi dari bpjs, tetapi sampai sekarang jam 10:44 pm belum ada balasan dari admin bpjs, mohon bantuannya

    Reply
  41. syukra

    Saya seorang PNS dan sudah memiliki kartu ASKES, sedangkan suami saya bekerja di perusahaan swasta. BPJS anak-anak dimasukkan kedalam BPJS suami. Perusahaan suami meminta foto kopi kartu BPJS saya dengan faskes I , padahal dalam kartu ASKES saya tidak tercantum faskes I, dimana informasi faskes I dapat saya peroleh.

    Terima kasih

    Reply
  42. ani safitri

    klo sya hanya punya rekening ank syariah, dapatkah sya membuat kartu BPJS?

    Reply
  43. nanda

    Saya menjadi keanggotaan bpjs sudah 1 tahun secara mandiri tapi di bulan ke 3 sejak terdaftar bpjs sy tidak bekerj lagi sampai saat ini, jadi mungkin ±8 bulan sya tidak bayar iurannya… apa sy bisa ubah ke anggotaan bpjs sya yg semula mandiri menjadi PBI ( yang di biayai pemerintah ) kalau bisa apa syarat dan ketentuan yang berlaku… terima kSih

    Reply
    • admin

      Persyaratan detilnya bisa ditanyakan dan dikonsultasikan ke BPJS. Setahu saya, syaratnya cukup ketat.

      Reply
      • andrio hartono

        Selamat sore pak, Mau bertanya. Contoh ;Jika saya bekerja dan istri saya bekerja diperusahaan beberda. Saya sudah didaptarkan Bpjs oleh perusahaan saya bekerja beserta keluarga saya. Yang menajdi pertanyaannya adalah apakah istri saya harus ikut didaftarkan bpjs ditempat dia bekerja. Sedangkan Istri saya kan sudah saya daftarkan bersama saya dikantor saya. Terim kasih

      • admin

        Andrio,

        Sampaikan ke perusahaan istri Anda karena perusahaan yang berkewajiban mendaftarkan karyawan ke BPJS.

        salam

  44. mahsun asari

    salam sejahtera,
    saya mau tanya min.kalau telat bayar bpjs lebih dari 6 bulan kan bpjs tidak aktif lagi.ketika kita ingin menggunakan kartu bpjs nya cara mengaktifkannya kembali apakah cukup membayar semua tunggakan iuran kita atau kita harus datang ke kantor bpjs untuk mengaktifkannya kembali?
    terimakasih.

    Reply
  45. jeffri

    saya mau tanyakan perihal :
    saya bekerja di perusahaan swasta begitu juga istri, kami bekerja di perusahaan yang berbeda, kami sama2 di daftarkan perusahaan masuk bpjs,,
    pertanyaan :
    apakah dengan terdaftar di 2 perusahaan berbeda ( sama2 kelas 1 ) kami mendapatkan benefit lebih?? ( spt non medis : Ruangan inap ) atau kah naik kelas dari kelas 1 ke vip bisa di tanggung ke 2 bpjs tersebut
    mohon pencerahannya…terimakasih

    salam
    Jeffri

    Reply
  46. Nova

    Selamat siang pak, saya mau tanya. waktu itu saya sudah daftarkan salah satu anggota keluarga saya di BPJS di bulan oktober. dan sekarang saya mau mendaftarkan SELURUH anggota keluarga saya. tapi saya punya kendala pak ketika sya mau mendaftarkan lagi tulisannya begini “salah satu keluarga sudah terdaftar silahkan menghubungi kantor BPJS terdekat” masalahnya saya tidak punya waktu ke kantor BPJS apakah ada alteernatif lainnya? terima kasih

    Reply
  47. adhi

    Bpjs kesehatan yang terhorhat..saya mau tanya, apakah peserta yang terkena microtia sejak lahir juga bias mendapatkan pelayanan Dari bpjs, yang saya maksud disini adlah: baik itu operasi bedah sekaligus pembuatan daun telinga itu sendiri apakah juga ditanggung Oleh bpjs? Terima kasih. 🙂

    Reply
  48. wahidin

    Selamat Sore semua, mohon info nya , kami karyawan Yayasan, Kami Dulu sebagai peserta Jamsostek, setelah peralihan sampai bulan APRIL 2014, kami tidak melakukan Pendaftaran ke BPJS, pada bulan ini, Januari 2015, kami baru akan mendaftar ke BPJS, tetapi kami tetap diharuskan membayar tunggakan di BPJS bulan Mei s/d Des 2014, apakah memang betul begitu aturannya, logikanya kan baru mau memdaftarkan ke BPJS, kenapa dikenakan Tunggukan dari Bulan Mei s/d Des 2014, terima kasih atas responnya

    Reply
    • rezqy

      Dear Admi….pencerahannya tentang Comment ini, bapak wahidin…! apa ada surat edarannya atau semacamnyalah misalnya perdir atau permen…Selamat Sore semua, mohon info nya , kami karyawan Yayasan, Kami Dulu sebagai peserta Jamsostek, setelah peralihan sampai bulan APRIL 2014, kami tidak melakukan Pendaftaran ke BPJS, pada bulan ini, Januari 2015, kami baru akan mendaftar ke BPJS, tetapi kami tetap diharuskan membayar tunggakan di BPJS bulan Mei s/d Des 2014, apakah memang betul begitu aturannya, logikanya kan baru mau memdaftarkan ke BPJS, kenapa dikenakan Tunggukan dari Bulan Mei s/d Des 2014, terima kasih atas responnya

      Reply
  49. widodo

    Saya dari perusahaan sudah terdaftar di klinik yg terdekat dr rumah saya,yang saya pertanyakan bila saya berada diluar kota apa bisa saya berobat di klinik dimana saya berada

    Reply
    • admin

      Lapor ke kantor BPJS di luar kota. Mereka akan menunjukkan dimana faskes I yang bisa digunakan.

      Reply
  50. widodo

    Saya sudah terdaftar diklinik ditempat saya tinggal,yg saya pertanyakan bila saya lagi diluar kota dan saya sakit apa bisa saya berobat di klinik yg berada dikota itu

    Reply
  51. adi darma

    saya sudah mendaftar via bank dan sudah mendapatkan nomor virtualnya tapi belum sempat membayar iuran pertama untuk di tukar dengan kartu BPJS, karena via atm selalu sibuk line nya, apakah ada tenggat waktu untuk pembayaran iuran pertama saya? kalo ada tenggat waktu, berapa lama tenggat waktunya? saya kawatir harus daftar ulang dan proses dari awal lagi. terima kasih

    Reply
  52. teguh santoso

    kami sudah jadi anggota bpjs yang saya tanyakan kemarin istri saya periksa dirumah sakit islam surabaya dan hasil diagnosa dokter diperut istri saya terdapat batu kristal sama dokter disarankan operasi nah kira-kira beaya yang kami siapkan berapa

    Reply
    • admin

      Kalau sudah menjadi peserta BPJS dan mengikuti kelas kamar yang sesuai, seharusnya gratis. Tapi pastikan lagi dengan rumah sakit, apakah ada obat atau biaya operasi yang tidak ditanggung oleh BPJS.

      Reply
  53. Desi IndahPermatasari

    selamat malam, saya mau log-in ke dalam link edabu.bpjs-kesehatan.go.id saya berhasil melakukan pendaftaran pegawai yang pertama. tapi kenapa setelah saya berhasil mendaftarkanpegawai pertama, saya tidak sengaja memencet tombol back. dan saya punkeluar dari pendaftaran pegawai. setelah saya log-in kembali dengan memasukkan username dan password ada tulisan seperti ini “User ini belum terdaftar. Silakan daftar melalui admin cabang.” apa yang harus saya lakukan ya? terimakasih

    Reply
  54. Budhi Tendean

    Selamat sore,saya mau tanya,kenapa passaya daftarkan salah satu anggota dari saudara saya beda dengan waktu saya daftarkan anggota saya.yang menjadi pertanyanan saya :
    – klau dulu kita bisa mendaftarkan satu persatu anggota keluarga kita secara online dengan cara bertahap.
    – kenapa klau sekarang daftar secara online kok sangat rumit & harus satu keluarga masuk semua tidak bisa secara bertahap/satu persatu?bgaiamamna klau masyarakat yang tidak punya uang untuk mendaftar kan satu keluarga cuman bisa dengan cara bertahap?ko BPJS merubah sistem online yang membuat masyarakat menjadi enggan untuk mendaftarkan.n kasihan sama orang yang udah membantu bpjs dengan cara online menjadi tidak bisa lagi.tolong klau bisa program online dikenbalikan kesemula.Trimakasih

    Reply
  55. Dedah J

    Saya daftar bpjs tanggal 20 januari,terus bayar berikutnya bulan apa??pebruari atau maret ??terima kasih

    Reply
  56. DESI

    Selamat siang, mau tanya, apakah maksud dari tanggal mulai terdaftar peserta tidak boleh kurang dari tanggal PKS badan usaha?
    saya daftar di e-dabu tanggal 02/01/2015 dan dikolom TMT sudah mengisi pertanggal 01/02/2015 tetapi program e-dabu tetap tidak valid.
    terimakasih

    Reply
  57. Sutama Wisnu

    Terimakasih banyak atas informasi yang dishare melalui blog ini, sehingga saya tidak perlu bertanya lagi dan sudah terjawab oleh pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

    Sayangnya banyak pembaca blog ini yang ‘asal tanya’ bahkan ada yang cenderung menyalahkan, padahal ini bukan Officialy BPJS, hanya berusaha untuk sahre pengalaman dan ‘belajar bersama’. Semoga pembaca-pembaca yang lain lebih teliti dan jangan asal marah-marah sembarangan.

    Dari pengalama dan pertanyaan-pertanyaan diatas ternyata BPJS memang mempersyaratkan keadaan medis darurat dengan batas yang tinggi (semoga batas ini memang layak dan tentu saja sudah mendapatkan persetujuan dari para dokter ahli di bidangnya) karena kesehatan sifatnya bisa sangat fluktuatif. Sebagai contoh tensi yang masuk penanganan darurat kalau sudah diatas 200, bayangkan saja kalau kita atau orang terdekat kita saat ditensi tekanannya 195 dan terpaksannnya harus balik lagi ke fakes tingkat I.

    Yang kedua tentunya masyarakat kita butuh informasi lebih banyak mengenai program BPJS ini, bagi kita yang ada di dunia maya semestinya sudah bisa mencari informasi di internet tetapi bagaimana dengan warga negara yang masih kesulitan mencari informasi, semoga hal ini terus ditindaklanjuti oleh BPJS karena program ini telah menjadi program Nasional tahun 2019 yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara.

    Reply
  58. anton

    maaf saya mau nanya, saya mendaftar online dengan memasukkan nomor kartu keluarga dan langsung muncul jumlah anggota keluarga saya. Disitu tercantum ayah ibu kakak dan adik. Yang menjadi persoalan adalah ayah saya sudah tidak tinggal bersama kami dan pergi menghilang bersama perempuan lain entah kemana, tentu saja saya tidak ingin membayarkan iuran bpjs ayah saya, tetapi di sistem mengharuskan kepala keluarga ikut menjadi peserta bpjs. Bagaimana solusinya? thanks

    Reply
  59. abdul munif

    pak saya dari jepara..saya dan istri saya sudah terdaftar bpjs.. dan istri saya mau nglahirin tpi puskesmas yg tercantum pada kartu saya/istri.. tidak 24 jam.. apakah bisa langsung ke RS walopun persalinan normal….? mksihh..

    Reply
    • admin

      Konsultasi dgn faskes I (puskesmas teman terdaftar). Tanpa rujukan dari faskes I, peserta tidak bisa langsung ke RS, kecuali kondisi gawat darurat.

      Reply
  60. Abdi

    KTP orang tua umur 69 Tahun adalah KTP seumur hidup dengan 15 digit, tapi system BPJS tidak menerima KTP 15 digit, tapi harus 16 digit. Bagaimana solusinya? Trims

    Reply
  61. Nitha Rahayu

    Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya, jika mutasi faskes / pindahan faskes salah seorang peserta melalui e-dabu, jika seorang peserta itu sudah mempunyai keluarga, bagaimana prosesnya? apakah hanya peserta itu saja yang didaftarkan, atau suami/istri dan anaknya ikur di daftarkan juga?

    Reply
  62. TURMUDI

    mw tanya nih kenapa setelah nomer KK aku masukkan setelah diwahnya da kode tetapi setelah aku masukkan kode ternyata prosesnya salah shingga aq coba berpa x. pa emang da kunci lain cara untuk memasukkan kode.
    n ku tanya lagi aku udah pny bpjs kesehatan waktu aku berkerja di perusahaan tetapi udh lama aku kluar pa bsa aku ngurus yang baru sb di perusahaan kemungkinan aku udah lama ga bayar sdngkan jk anggota keluargaku udh terdaftar mslahny blum dpat kartuny. tlong solusiny.
    tks

    Reply
  63. Nitha Rahayu

    Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya, jika mutasi faskes / pindahan faskes salah seorang peserta melalui e-dabu, jika seorang peserta itu sudah mempunyai keluarga, bagaimana prosesnya? apakah hanya peserta itu saja yang didaftarkan, atau suami/istri dan anaknya ikut di daftarkan juga? terima kasih

    Reply
  64. Husain

    salam…obat2 apa saja yang tidak di tanggung oleh BPJS?
    atau samapai harga berapa obat ditanggung pak?

    Reply
    • admin

      Jenis obatnya harus ditanyakan ke rumah sakit atau BPJS. Biasanya sewaktu diawal atau selesai perawatan, pihak rumah sakit akan memberitahu obat apa yang tidak ditanggung oleh BPJS sehingga harus dibayar sendiri oleh peserta.

      Reply
  65. wahyu

    Admin yang terhormat saya mau tanya apakah JAMKESMAS dan BPJS itu sama fungsinya dan apakah JAMKESMAS sekarang masih berlaku setelah ada program BPJS? Terima Kasih atas waktunya

    Reply
  66. Herlina

    Dear Admin,

    saya mau tanya, untuk registrasi aplikasi e-dabu bagaimana prosedurnya. apakah form registrasi tersebut sudah bisa kami download, karena saya cek di web bpjs kesehatan belum ada, dan dokumen perusahaan apa saja yang perlu dilampirkan untuk registrasi aplikasi e-dabu

    Reply
  67. Hasbi Sohir

    Asllm…..WrWb, saya dan istri beserta ketiga anak saya sdh masuk anggota peserta BPJS. yang saya mau tanyakan adalah anak saya yang pertama sekarang ada di jepang dalam program PEMAGANGAN selama 3 tahun. bisakah keanggotaan anak saya ini di non aktifkan selama 3 tahun sampai dia kembali ke Indonesia. dan ketentuan apa / langkah apa saja yg harus saya lakukan, agar setelah pulang nanti BPJSnya bisa aktif kembali. trima kasih sebelumnya. Wsllm.

    Reply
  68. mardiah

    Saya PNS yang dulunya dapat askes untuk suami n dua anak saya. Dari pengalaman askes berdasarkan pangkat dan golongan saya dapat fasilitas kelas 2 untuk rawat inap. Pertanyaan bagaimana saya mendaftarkan keluarga saya untuk ikut BPJS apakah langsung kartu askes berperan sbg BPJS atau hrs daftar lagi? Dari informasi yang saya baca, anak tertanggung bisa berjumlah maks 3 ?

    Reply
  69. ahmad raihan fadilah

    Assalamuaikum…yang terhormat admin bpjs…saya baru buat kartu bpjs e id melalui online dan sudah d cetak e id..diemail diberitahukan bahwa dapat digunakan 7 hari setelah aktivasi…apakah bisa di gunakan untuk keadaan darurat..karena menyangkut dengan keselamatan…mohon arahannya…sudah d check dokter dan d tes darah…apakah boleh langsung ke RS fatmawati???karena darurat

    Reply
    • admin

      Sudah ke faskes I belum? Lihat di kartu Anda disitu ada tempat faskes I. Kondisi gawat darurat itu ada kriterianya dari BPJS, bukan perasaan atau kriteria peserta.

      Reply
  70. desy

    Selamat pagi..saya peserta bpjs bogor.yg saya mau tanya di rs mana yg bisa ada tindakan papsmear..terima kasih

    Reply
    • admin

      Anda harus ke faskes I dulu, mereka yang akan memberikan rujukan ke rumah sakit mana Anda bisa berobat.

      Reply
  71. mien

    Selamat siang, saya mau nanya : saya sudah terdaftar sebagai peserta bpjs (dulu jamsostek) dari kantor suami. bagaimana ya cara mengetahui kami ini memperoleh ruang perawatan kelas berapa.

    Reply
  72. Kiki Kurnia

    maaf mau tanya, ini saya udah daftar bpjs tp saya salah ngasih alamat email, jadi gx dapat pesan dari bpjs nyak. itu gimana ya?

    Reply
  73. rendi

    misi pak,,
    saya mau bertanya,,saya kan sudah daftar bpjs bersama istri,,kebetulan istri saya edang hamil sekarang 9 bulan,,tingal nunggu waktu,
    istri saya sementara tingal di subang bersama ibu nya,karna khawtir di lembang bandung tidak ada yang memperhatikan selagi saya kerja,
    nah pertanyaan saya,apakkah bisa melahirkan mengunakan bpjs di kota lain mengunakan kartu bpjs kesehatn,sedangkan istri saya faskes nya di lembang ,mohon di tunggu jawaban nya

    Reply
    • admin

      Setahu saya seharusnya bisa. Anda perlu koordinasi dengan kantor BPJS dimana akan melahirkan karena mereka akan menunjuk faskes I untuk istri Anda di kota tersebut dahulu.

      Reply
  74. max kondoy

    maaf saya ingin bertanya, bagaimana cara nya untuk pindah faskes? apakah bisa dilakukan secara online? atau harus datang langsung ke kantor BPJS ?
    Kemudian jika kita terlambat membayar bagaimana caranya untuk melihat tagihan yg harus kita bayar?

    Reply
  75. ade fitria ningrum

    Mohon bantuannya,
    saya sm ibu saya jadi satu di kartu keluarga,terus ibu saya sudah terdaftar di BPJS teteapi saya baru mau mendaftar.itu cara nya bagaimana ya? apakah bisa dilakukan secara online? atau harus datang langsung ke kantor BPJS ?

    Reply
    • admin

      Kalau BPJS mandiri (bukan perusahaan), Anda daftar sendiri bisa. Bisa dilakukan secara online.

      Reply
  76. Nevica

    Mohon infonya, saya sekeluarga ( saya, suami dan 3 anak) sudah terdaftar di BPJS Mandiri. Tetapi hari ini dikantor ada info, akan diikutsertakan ke BPJS Perusahaan. Ada yang tahu syarat2 merubah dari BPJS Mandiri supaya bisa didaftarkan ke BPJS perusahaan. terima kasih

    Reply
  77. jun

    Apakah anggota BPJS atas nama perusahaan bisa melakukan general checkup secara kolektif ? thanks

    Reply
  78. must

    Admin saya mau tanya, saya mau daftar bpjs , tetapi Αϑα anggota keluarga sudah terdaftar , gimana caranya yach klo daftar ?

    Reply
  79. sita

    untuk ade fitria,apabila salah satu anggota keluarga yang ada pada kk sudah terdaftar ,maka untuk anggota keluarga yang lain tidak bisa di daftarkan secara online,harus datang langsung ke kantor bpjs terdekat

    Reply
  80. BONI

    BPJS Kesehatan Mempersulit Proses Pendaftaran OnlineBPJS Kesehatan Mempersulit Proses Pendaftaran Online
    Saya mengamati dan memperhatikan bahwa proses pendaftaran BPJS Kesehatan secara online terus dipersulit oleh pihak BPJS sendiri. Di tengah antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap BPJS terutama kalangan menengah ke bawah, BPJS Kesehatan dengan perangkat IT dan websitenya terus berusaha untuk mempersulit proses pendaftaran online.
    Pada awal diberlakukannya pendaftaran oline masyarakat sangat sulit untuk melakukan pendaftaran. Websitenya sangat sulit dibuka dan pengiriman email konfirmasi pendaftaran selalu gagal. Ini menyebabkan banyaknya data sampah yang dipelihara Server BPJS Kesehatan. Data sampah tersebut adalah data calon pendaftar yang tidak bisa mendaftar dengan sukses, bukan semata-mata kesalahan data isian namun disebabkan system yang masih belum siap untuk menerima pendaftar yang banyak. Sehingga data tersebut menghalangi proses registrasi online disisi lain data tersebut hanya memenuhi server BPJS, tidak bisa dimanfaatkan oleh BPJS, bahkan menghalangi calon peserta untuk menyelesaikan pendaftarannya.
    Website yang susah diakses, pendaftaran yang gagal dan aktivasi yang tidak berhasil serta pembayaran ke bank yang gagal, mewarnai proses pendaftaran online selama bulan-bulan tersebut.
    Solusi yang diberikan BPJS hanya satu, silakan dating ke Kantor BPJS terdekat. Sementara kita sendiri tahu bahwa di Kantor BPJS begitu banyak antrian, bahkan untuk sekedar nomor antrian saja, calon peserta tidak kebagian.
    Setelah sukses mengatasi lambatnya akses website antara bulan Agustus sampai dengan Oktober 2014. Bulan Nopember Desember layanan website sudah mulai lancar, proses pendaftaran hampir selalu berhasil. Sebagian calon pendaftar merasa puas dan sangat mudah melakukan proses pendaftaran online, bahkan di jam sibuk pun proses pendaftaran lancar.
    Namun sejak Januari 2015, tiba-tiba website BPJS menampilkan perubahan dratis dalam proses pendafataran online. Sistemnya berubah 180 derajad. BPJS mencoba menggunakan dataeksternal yaitu data kependudukan yang terhubung dengan server e-ktp sebagai pintu gerbang pendaftaran.
    Dengan system ini calon peserta cukup menginput data nomor Kartu Keluarga (KK), maka secara otomatis data keluarga akan muncul, sehingga hanya orang yang ada didalam KK itu saja yang muncul dan harus didaftarkan. Secara teori cukup dan sangat baik, namun dalam realita banyak sekali menemukan permasalah disebabkan karena sumber data eksternal kependudukan sendiri yang masih belum update.
    Berikut permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pendaftaran online BPJS Kesehatan sejak bulan januari 2015.
    No KK tidak ditemukan
    Saya melihat sebuah KK asli yang diterbitkan oleh Disdukcapil ketika diinput untuk verifikasi awal tertulis data tidak ditemukan. Ini adalah sebuah keanehan, apakah KK tersebut palsu atau aspal, sehingga KK yang diperoleh dari instansi berwenang tidak ditemukan dalam server yang katanya online. Padahal KK tersebut bisa disebut baru karena keluaran tahun 2014 juga.
    Nah disini saya melihat bahwa ternyata data dari Kabupaten-kabupaten tidak semuanya update ke data server pusat kemendagri, sehingga ketika diloading oleh BPJS menampilkan pesan seperti itu. Inilah permasalahan pertama yang saya jumpai.
    Dan ketika dikonfirmasi ke call center BPJS 500400, ternyata petugas belum dilatih bagaimana cara menangani sebuah permasalahan teknis, mereka hanya menanyakan nama penelpon saja, harusnya jika petugas bermaksud membantu calon peserta atau ingin menindaklanjuti dengan investigasi harusnya menanyakan nomor KK nya berapa datanya apa saja, dan dicatat dalam sebuah pengaduan untuk kemudian dikonfirmasikan ke instansi terkait yakni kemendagri, karenaotoritas yang menerbitkan KK adalah Kemendagri dan instansi vertikal di bawahnya.
    KK Ditemukan namun datanya tidak valid
    Ada lagi kasus KK berhasil di loading namun datanya tidak lengkap. Pernah kami menemukan data yang berhasil diverifikasi melalui proses awal pendaftaran namun ternyata datanya tidak lengkap atau tidak update. Di Website BPJS tercantum 2 anggota keluarga sementara di KK terbitan 2014 terdapat 3 anggota keluarga. Artinya data eksternal yang diambil oleh BPJS dalam menampilkan anggota keluarga tidak valid dalam hal ini tidak update sesuai dengan KK terbaru.
    Dalam hal ini bisa diambil kesimpulan bahwa proses pendaftaran sekarang sejak Januari 2015 menggunakan basis data yang salah atau tidak tepat, yakni data yang tidak lengkap (kasus pertama dimana ada data KK yang tidak ditemukan) dan data yang tidak update (kasus kedua KK keluaran terbaru namun tidak semua anggota keluarga muncul).
    Kondisi ini sebenarnya sudah disadari dan ditemui oleh BPJS Kesehatan ketika membuat list combo tentang data Desa / kelurahan, karena banyak desa atau kelurahan hasil pemekaran yang belum masuk data pusat Kemendagri, sehingga BPJS kesehatan menggunakan opsi tambahan Desa lainnya dalam setiap pilihan desa atau kelurahan.
    Namun untuk data penduduk yang tidak lengkap dan tidak valid akan menjadi penghalang besar bagi calon pendaftar jika system pendaftaran yang baru ini dipertahankan, system yang digunakan bulan Desember sebenarnya sudah baik dan sangat kecil sekali masalah yang ditemui oleh pengguna, sehingga system yang lama boleh dikatakan sudah cukup bagus.
    Proses Pendaftaran Yang Harus Sekaligus atau Bersamaan.
    Mengutip ketentuan yang ditampilkan dalam website BPJS sebelum mengisi form pendaftaran yang ditulis seperti ini “SESUAI PERATURAN PRESIDEN NO.111 TAHUN 2013 PASAL 11 AYAT (3) : SETIAP PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH WAJIB MENDAFTARKAN DIRINYA DAN ANGGOTA KELUARGANYA SECARA SENDIRI-SENDIRI ATAU BERKELOMPOK SEBAGAI PESERTA JAMINAN KESEHATAN PADA BPJS KESEHATAN DENGAN MEMBAYAR IURAN”.
    Disamping secara penulisan tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia yang benar dalam hal ini EYD (menuliskan dengan huruf besar semua), juga harus dilihat secara keseluruhan baik secara semangat atau tekstual dalam memahami Peraturan Presiden itu sendiri. Sehingga BPJS sebagai institusi kenegaraan harus memiliki ahli bahasa sekaligus ahli hukum yang mengamati dan mengawasi setiap publikasi yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan bahasa yang baik dan benar atau belum serta dasar hukum untuk pelaksanaan teknis pendaftaran bertentangan dengan semangat diadakannya JKN atau tekstual dari peraturannya.
    Dalam perpres tersebut dinyatakan seperti itu namun juga diberi kelonggaran untuk mendaftar hingga 1 Januari 2019 (Pasal 6 huruf 3.c. Perpres No 111 Tahun 2013). Perpes tersebut “memberikan pilihan” untuk mendaftarkan secara sendiri-sendiri atau berkelompok, namun BPJS melalui pendaftaran online “mengharuskan” untuk mendaftaran sekaligus semua anggota keluarganya. Padahal semangat dalam perpres tersebut adalah semangat bertahap dalam proses pendaftaran (Pasal 6 huruf 3.c. Perpres No 111 Tahun 2013). Bahkan jika ada calon peserta mendaftar hingga 1 Januari 2019 pun harus tetap dilayani.
    Kenyataannya tidak semua masyarakat mampu untuk mendaftarkan sekaligus semua anggota keluarganya. Mungkin bulan ini 2 orang dulu, setelah ada kemampuan bulan berikutnya mendaftarkan lagi anggota keluarga yang lainnya, begitu dan seterusnya. Namun hal tersebut dihalang-halangi oleh BPJS dengan mewajibkan, kalau mau daftar ya harus seluruh anggota keluarganya. Ini sungguh bertentangan dengan semangat yang ingin dicapai dalam perpres tersebut. Padahal kesempatan mendaftar masih dibuka secara bertahap hingga Januari 2019, kenapa BPJS membatasi pada saat ingin mendaftar harus semuanya langsung didaftarkan?.
    Setiap Masalah Berujung “Silakan Hubungi Kantor BPJS Terdekat”
    Ini juga akan menjadikan masalah tersendiri jika semua masalah, yang seharusnya bisa diselesaikan secara online, harus berujung “Silakan Hubungi Kantor BPJS Terdekat”. Beberapa permasalahan yang bisa dilakukan oleh calon peserta secara online diantaranya.
    1. Bisa mendaftarkan setiap anggota keluarganya secara bertahap. Jika ini diakomodir maka kepesertaan dibangun atas kesadaran secara bertahap, bukan dengan paksaan secara halus dan kasar. Secara halus seringkali ketika peserta baru mendaftarkan sebagian anggota keluarganya, ketika dirawat di rumah sakit ditolak karena menggunakan e-id sehingga harus menukarkan e-id ke kantor BPJS, setelah sampai di BPJS untuk cetak kartu harus mendaftarkan kembali anggota keluarga yang belum terdaftar.
    2. Verifikasi data oleh peserta. Jika ini diakomodir, maka kesalahan input data peserta bisa dihindari, karena seringkali data yang diinput sebelumnya bisa berubah, misaljenis kelamin yang sudah diinput sebagai perempuan, namun ketika di bawah status dalam KK dipilih sebagai anak, tiba-tiba jenis kelamin berubah menjadi laki-laki, padahal harusnya tetap perempuan. Begitu juga data lain, ada yang salah input, missal format tanggal lahir dsb. Jika calon peserta diberi kesempatan untuk verifikasi data maka kesalahan input data bisa dihindari.
    Implikasi Pendaftaran dengan Basis Data Awal KK akan menimbulkan masalah jangka panjang.
    Sebagaimana diketahui bahwa penggunaan KK sebagai verifikasi awal akan menyulitkan BPJS dan calon peserta itu sendiri. Karena data KK akan bersifat dinamis, KK bisa berubah dengan berkurangnya anggoa keluarga (meninggal atau menikah) dan juga bertambahnya anggota keluarga (kawin dan melahirkan). Perubahan tersebut secara otomatis akan membuat simpang siur dalam proses keanggotaan BPJS dalam hal ini status seseorang bisa berubah dari anggota keluarga menjadi peserta karena berubah status menjadi anggota keluarga (dalam kasus nikah dan kemudian menjadi kepala keluarga). Dan juga dari peserta yang meninggal, sehingga kepesertaannya berakhir.
    Melalui tulisan ini saya mengharapkan:
    – 1. Proses Pendaftaran Online dikembalikan ke cara sebelumnya yaitu seperti proses pendaftaran akhir tahun 2014 yang sederhana dan mudah.
    – 2. Bisa mendaftarkan satu per satu anggota keluarga tanpa harus sekaligus namun bisa bertahap.
    – 3. Bisa verifikasi data sebelum dikirim atau dicetak kartunya. Bisa diberi kewenangan untuk edit data 1 kali saja sudah cukup

    Reply
    • admin

      Trims. Masukkannya sangat komprehensif. Saya mendaftar di awal-awal (2014) dan tidak mengalami masalah yang seperti Anda sebutkan. Ini jadi masukkan yang sangat baik buat kita semua.

      Reply
  81. febrianti

    Saya seorang pns, saya sedang hamil 8 bulan. Sy mau nanya. Knp sy minta rujukan k dokter kandungan ndk bisa ya, dr kehamilan awal mpe skrg sy hanya d periksa oleh dokter umum. Apakah mmg bgt prosedurnya. Pertanyaan saya yg kedua, apakah sy boleh lgsng Ke UGD rumah sakit jika sy mau melahirkan. Krn letak rumah sakit lebih dekat dari bidan yg di tunjuk faskes 1. Mohon info. Krn klo askes dulu kan boleh

    Reply
    • admin

      Di BPJS, semuanya tergantung pertimbangan Faskes I untuk memberi rujukan ke dokter spesialis atau tidak. Kalau dilihat petunjuk kehamilan yang ada di web BPJS, memang pemeriksaan kehamilan tidak harus ke dokter spesialis kandungan, tergantung kondisinya. Bahkan standard pemeriksaan oleh bidan itu lumrah di BPJS. Kalau tidak puas, bisa (1) tanya ke kantor BPJS atau (2) ganti Faskes I.

      Setahu saya bisa langsung ke UGD untuk melahirkan karena dianggap kasus darurat. Untuk pastinya, cek dengan Faskes I dulu karena sebenarnya faskes I sudah memberikan rujukan.

      Reply
  82. reisha

    Saya kecewa dengan salah satu klinik yang berada di kab.bandung. saya mau cek kehamilan ternyata di klinik tersebut tidak ada bidan hanya ada dokter umum. Karena mereka bilang pelayanan dengan bidan belum diklaim oleh bpjs di klinik tersebut. Nah jika ada kasus seperti ini? Apakah saya harus terima saja dicek oleh dokter umum, yg sbetulnya itu bukan keahlian dia?
    Atau seharusnya klinik tersebut memberikan saya surat rujukan?
    Karena saya ingin mendapatkan fasilitas yang layak dr bpjs. Terimkasih

    Reply
    • admin

      Kalau pihak faskes I bersedia memberikan rujukan karena kondisi seperti yang Anda sebutkan, itu bisa juga dilakukan. Atau ganti faskes I.

      Reply
  83. Afif MUhtadi

    untuk Operasi , selain surat pengantar ke Puskesmas apakah ada surat lain yg dibutuhkan untuk Proses Operasi Di RS?

    Reply
  84. Agus Rosadi

    Kami bekerja sebagai wiraswasta/ pedagang, sebelum ada BPJS kami mengikuti asuransi swasta untuk proteksi kesehatan kami, untuk meminimalisasi biaya yg keluar jika keluarga kami ada yg sakit. Manfaat yang kami terima dari asuransi swasta tersebut adalah penggantian biaya kamar. Dan sudah beberapa kali kami mendapatkan manfaat dari asuransi swasta tsb. Adapun persyaratan untuk mendapatkan manfaat tersebut (claim), kami harus melengkapi kwitansi/ bukti bayar dari rumah sakit, dan surat keterangan dari dokter.
    Karena manfaat yg diperoleh dari asuransi swasta tsb hanya penggantian biaya kamar, maka kami berinisiatif untuk menjadi peserta BPJS kesehatan mandiri, yang mana manfaat BPJS tersebut lebih lengkap.
    Tetapi kami sampai saat ini tetap menjadi peserta asuransi swasta tsb. Jadi saat ini kami mempunya 2 (dua) asuransi, yaitu asuransi swasta dan BPJS Mandiri, yang sampai saat ini kami bayarkan preminya setiap bulannya.
    Yang menjadi pertanyaan kami adalah :
    Apakah kami dapat memperoleh kwitansi dan/atau surat keterangan dokter ketika kami berobat / dirawat di rumah sakit yang ditunjuk BPJS? Karena kwitansi dan/atau surat keterangan dokter tersebut akan kami gunakan untuk claim pada asuransi swasta kami.
    Mohon penjelasannya. Terima kasih…

    Reply
    • admin

      Saya tidak tahu apakah bisa atau tidak. Harus Anda coba ke pihak rumah sakit. Karena ada yg bilang, dengan menggunakan BPJS, rumah sakit tidak mau lagi mengeluarkan kwitansi karena sudah semuanya dibayar oleh BPJS. Tapi ada juga yang bilang rumah sakit masih mau mengeluarkan kwitansi untuk jaminan BPJS.

      Nanti jika kerjasama koordinasi manfaat antara BPJS dan Asuransi Kesehatan sudah benar-benar berjalan, masalah ini seharusnya sudah bisa teratasi.

      Reply
  85. eliana

    kalau misal daftar BPJS untuk satu KK tapi beda kelas apa bisa?
    misal : suami kelas 1,anak kelas 1, dan istri kelas 2.

    Reply
  86. Anton kurniawan

    Saya pemegang bpjs mandiri , tadi ke puskesmas kec senen setelah diperiksa oleh dokter umum katanya harus test kolestrol tapi harus bayar karena bpjs mandiri itu. Yg termasuk bpjs mandiri hanya test urin saja katanya , karena pemda tidak menanggung selain itu, benarkah demikian? Setiap ke puskesmas peraturannya selalu berbeda…
    Sebelumnya saya ke dr gigi untuk membersihkan karang gigi, dihari saya datang hanya dibersihkan gigi bawah, besoknya disuruh balik lg untuk gigi atas, bukankah ini aneh pak ? Saya harus minta ijin kantor untuk ke puskesmas. Gimana sebenarnya prosedurnya ?.
    Mohon jawaban bapak segera, terima kasih….

    Reply
  87. FEBRI SANURI

    UNTUK PERUBAHAN DATA DALAM PERKAWINAN..ATAU BARU MENIKAH

    SYARAT APA SAJA YANG HARUS DI LENGKAPI??UNTUK LAPORAN PERNIKAHAN TERSEBUT AGAR ISTRI MENDAPAT KAN LAYANAN BPJS…DAN BERAPA LAMA PROSES BPJS UNTUK ISTRI MENDAPATKAN LAYANAN KESEHATAN TERSEBUTT

    Reply
  88. *ard

    Apakah benar,dalam pengecekan kehamilan,faskes 1..!tidak boleh lebih dari 3 kali cek kehamilan,dan yg ke 4 kalinya itu harus membayar tunai….?
    mohon infonya.

    Reply
  89. syarifah nuraeni

    Maaf saya mau tanya. Saya dan keluarga adalah peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran, yang ingin saya tanyakan apakah saya masih harus
    membayar iuran bulanan? Dan pelayanan perawatan kelas berapa yang saya dapat kan?

    Reply
    • admin

      harusnya tidak perlu bayar lagi karena sudah dibayar oleh pemerintah. setahu saya kelas III, tapi untuk pastinya coba cek ke Hotline BPJS atau faskes I yang tercantum di kartu BPJS.

      Reply
  90. nila

    Sy mau tanya,,,anak sy usianya sdh mau 2 bln, sy tdk tau ttg info klo dia bisa terdaftar jd anggota bpjs…apakah anak sy msih bisa jd anggota bpjs skrng?atau harus gmn biar dia terdaftar jd angota bpjs?
    Satu lg yg sy mau tanya…apakah bpjs mengcover biaya pemasangan implan gigi?

    Reply
    • admin

      (1) Anaknya sangat bisa jadi peserta BPJS.

      (2) Implan gigi sepertinya tidak dijamin oleh BPJS.

      Reply
  91. Debora

    Admin,jika perusahaan dibawah 10 orang apa bisa daftar atas nama perusahaan? krn sebelumnya saya ke kantor bpjs batam,dan diinfokan kalo dibawah 10 org tdk bs daftar. apakah wajib mendaftar? dgn mendaftarkan diri masing2?
    thanks

    Reply
  92. wahyu

    Saya mau tanya sistem bayar lewat atm tidak mencantumkan nama bulan yg kita bayar hanya jumlah bulannya saja (saya bayar via bni).bagaimana kalau suatu saat kita lupa bulan ini dah bayar belum ya kita mau cek dimana karna distruk atm hanya ada tukisan suksws pbayaran 3 bulan gak ada keterangan bahkan sampai saya tulis ini aku juga masih bingung saya bayar buat 3 bulan sengan bpjs kelas 3 .kok bisa 102.500 .dan pertanyaan ini ahirnya tak terjawab cek nota pembayaran lama udah hilang .jada saran saya ditulis nama bulan seperti bayar listrik jadi pas liat struk atm terakhir bisa ingat

    Reply
  93. SINTA IRMAYA SIDABUTAR

    maaf min,,numpang tanya…apa sekarang pendaftaran BPJS gak bisa perorangan. apa mesti satu keluarga,,, karna kemarin saya mau daftarkan teman saya untuk perorangan gak bisa. terus apabila kepala keluarga sudh mendaftar dan ingin mendaftarkan istri dan anaknya apa harus pergi ke kantor bpjs. apa tidak bisa online. mohon infonya

    Reply
    • admin

      Betul. Sekarang pendaftaran online, otomatis semua anggota keluarga yang ada di KK. Jika salah satu sudah ada yang terdaftar, tambahan peserta harus mendaftar langsung ke kantor BPJS.

      Reply
  94. Dicky Satria

    Dear Admin, mohon bantuannya cara mengetahui Nomor virtual account, saya sudah terdaftar, namun lupa nomornya.

    Regards
    Dicky

    Reply
  95. Indra Komara

    mohon kepada bpjs untuk memberikan pelayanan kemudahan dalam hal pembayaran premi, soalnya banyak diantra kita yang belum punya rekening, jadi disarankan untuk bisa membayar premi bulanan tanpa harus mempunyai rekening.

    Reply
  96. mahfud effendy

    Pertanyaan kami, program aplikasi on line sekarang ternyata sudah diperbaharui sehingga begitu entry no. KSK nama – nama anggota keluarga akan muncul dilayar monitor, tapi kami mengalami kesulitan karena saat memasukkan no. KSK ada sebagian anggota keluarga yang tidak muncul di layar monitor padahal akan ikut semua untuk menjadi peserta BPJS kesehatan, bagaimana solusinya ?

    Reply
    • admin

      Setahu saya, BPJS menarik data anggota keluarga KK dari dukcapil. Seharusnya semua anggota keluarga yang ada di KK tertarik semua ke BPJS. Hubungi kantor BPJS.

      Reply
  97. zai

    SAYA SUDAH MELAKUKAN PENDAFTARAN bpjs SECARA ONLINE, BUT, TERNYATA SAYA SALAH MEMILIH KELASNYA, SEHARUSNYA KELAS TIGA KEBIKIN KELAS SATU, TAPI SAYA BELUM MLKUKAN PMBAYARAN, BAGAIMANA CARA MERUBAHNYA LAGI MENJADI KELAS III ?

    Reply
  98. iwan

    Saya adalah admin hrd perusahaan yang ikut program bpjs,
    untuk proses pengurusan bpjs kesehatan di semarang sangatlah susah karena harus antri dari pagi sesuai nomer urut, kadang pun masih dilayani di atas jam 2 siang meskipun sudah antri dari pagi. padahal masih banyak pekrejaan lain yang harus saya lakukan di kantor. akhirnya saya di beri alamat website e-DABU
    http://edabu.bpjs-kesehatan.go.id/edabu/
    saya coba buka web site diatas ternyata ada login Username dan password.
    dan saya tidak diberi paswordnya oleh bpjs kesehatan cabang semarang.
    bagaimana cara saya mendapatkan passwornya? soalnya apabila caya telp ke bpjs semarang tidak ada yang angkat. terimakasih

    Reply
  99. Abdul Malik

    Maaf saya mau nanya, saya sudah melakukan perubahan data KK / keluar dari KK Orang tua dan sudah memiliki KK sendiri bersama istri, namun ketika mau melakukan pendaftaran BPJS online untuk orang tua saya, namun daftar No KK orang tua masih melekat nama saya. Sedangan Ketika saya memasukkan no KK saya, nama saya masih belum ada, hanya terdaftar nama istri saya saja. Apakan sistemnya sudah benar-benar online dengan data perubahan kantor CAPIL dan Kecamatan atau belum? Mohon jawaban dan solusinya..
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      Menurut BPJS, sistem mereka online dengan dukcapil soal data KK. Mungkin sebaiknya dicoba lagi.

      Reply
  100. Hendra

    Saya sudah lama menjadi peserta BPJS bahkan mulai di terbitkanya kartu BPJS,
    Yang mw saya tanyakan apakah saya bisa langsung berobat ke rumah sakit,soalny setiap saya sakit untuk faskes tingkat satu yaitu puskesmas pelayananya sangat buruk mulai dari pemeriksaan dan obat,
    Jadi intinya faskes tingkat satu yg tadinya puskesmas di ubah ke Rumah Sakit apakah bisa?

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. BPJS menggunakan sistem rujukan yang harus dimulai dari Faskes I, kecual gawat darurat. Ganti Faskes I jika merasa tidak cocok.

      Reply
  101. suharsono

    Bagaimana cara mendaftar bpjs via online tapi yang di daftarkan dalam kartu keluarga cuma 1 orang

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. Sesuai peraturan BPJS, semua anggota keluarga di KK harus didaftarkan. Sebaiknya datang ke kantor BPJS.

      Reply
  102. GERY

    saya pernah coba daftar bpjs via on line tapi karena saat itu blm sempat bayar ke bank padahal nomor virtualnya udah keluar,,, trus aku coba daftar ulang tapi udah gak bisa diproses,,,langkah apa yang harus saya ambil. tks

    Reply
  103. Nirra

    Selamat Pagi,

    Maaf saya mau tanya, saya sudah menjadi peserta BPJS yang didaftarkan oleh perusahan tempat saya bekerja. 1. Apabila saya tidak bekerja, apakah BPJS saya masih berlaku atau saya harus mendaftar ulang ke BPJS?
    2. Ibu saya sudah menjadi peserta BPJS kesehatan dengan memilih kelas III, dan saya sudah melakukan pembayaran iurannya selama 3 bulan kedepan, yang saya tanya untuk merubah kelas III menjadi kelas I, cara nya bagaimana?
    mohon infomasi…
    terima kasih
    salam

    Reply
    • admin

      (1) Selama iuran dibayar, BPJS kesehatan bisa dipakai. Jika kantor tidak bayar iuran lagi, fasilitas BPJS Kesehatan tidak bisa digunakan.

      (2) Bisa. Harus mengurus ke kantor BPJS.

      Reply
  104. Dyra

    Maaf, untuk pendaftaran anggota BPJS via online itu sudah tidak bisa perorangan ya? saya ingin mendaftarkan ayah dan ibu saya saja untuk menjadi anggota BPJS, ketentuan dari aplikasinya harus terdaftarkan semua anggota keluarga sebab salahsatu kaka saya sudah terdaftar menjadi anggota BPJS dari perusahaannya. Apakah peraturan nya harus seperti itu? Tidak bisa mendaftar perorangan? Trims

    Reply
    • admin

      kalau secara online, semua anggota keluarga yang terdapat di KK harus didaftarkan, sesuai peraturan BPJS. Jika tidak ingin seperti ini harus datang ke kantor BPJS.

      Reply
    • admin

      Ini satu KK atau tidak? Menurut ketentuan BPJS, apabila salah satu anggota keluarga sudah terdaftar, anggota yang lain segera mendatangi kantor BPJS untuk mendaftarkan diri.

      Reply
  105. Ucca Wulandari

    Dear BPJS

    Saya di tugaskan dari Perusahaan untuk mendaftarkan BPJS untuk Karyawan. saya mau tanya jika karyawan yang sudah memiliki Keluarga, biaya iurannya yang di tanggung perusahaan hanya karyawaan yang bekerja saja atau termasuk keluarganya juga?
    Thanks

    Reply
  106. muji asih

    Sy mau tanya Kk dan Ktp sya jawa tapi sy pingin bkin bpjs di jakarta apakah bisa. Terus apakah bpjs sy bsa di pakai di jawa dan jakarta soalny anak sy d jawa.

    Reply
  107. Oce

    saya peserta BPJS kesehatan dari perusahaan, pasilitas rawat di RS adalah kelas 2 kalau mau naik kelas, ke kelas 1 (VIP) apa saja persyaratannya. trima kasih

    Reply
    • admin

      Karena daftar sebagai peserta lewat perusahaan, pengurusan pindah kelas harus dibicarakan dengan perusahaan yang kemudian akan melaporkan ke BPJS Kesehatan.

      Reply
  108. Rotua simamora

    Saya mau tanya.beberapa bln lalu kami sekeluarga sudah punya kartu bpjs umum dibatam.sekarang ditempat suami saya bekerja sudah memakai bpjs ketenagakerjaan.saat ini kami dicibinong bogor dan suami sedang sakit.bagaimana caranya agar kami bisa memakai bpjs trsbt.apakah kami melapor kekantor bpjs terdekat agar diganti jd bpjs ketenaga kerjaan dan kami bisa memakainya dicibinong bogor

    Reply
    • admin

      Untuk berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Bukan BPJS Ketenagakerjaan. Sebaiknya segera mendaftar ke BPJS Kesehatan. Bisa dilakukan secara online.

      Reply
  109. Ira Mariana

    Apa perbedaan antara E-id dan e-Dabu? Apa username dan password dalam E-id dan e-Dabu sama?. Terima kasih

    Reply
  110. Ismail Rahayu

    Mohon memberikan informasi, karena nomor VA dari orang tua saya hilang, apakah bisa mengetahui nomor VA atau nomor kartu bpjs secara on line, Mohon dibantu karena jarak orang tua saya jauh dari kantor BPJS dan sudah tua.tks

    Reply
  111. harianto

    Selamat Siang, Admin

    saya berdomisili di jakarta,

    u/ program BPJS perorangan,
    keluarga saya terdaftar di kelas I,

    Dikarenakan Biaya,
    Apakah dimungkinkan untuk penurunan kelas ? ( dari kelas 1 ke kelas 3 ),

    dan bagaimana tata caranya ?

    sebelumnya, terima kasih banyak atas bantuan anda, admin

    salam

    Reply
  112. Adi Cikwarman

    Sblmnya mohon maaf,
    sy mau tanya..Klinik BPJS saya di bogor..
    umpama sy sakit di jawa apakah BPJS sy Bisa di pergunakan atau seperti apa..mohon penjelasan

    trims,
    aadi

    Reply
    • admin

      Harus lapor ke kantor BPJS di tempat dimana Anda sakit, kemudian kantor BPJS tsb akan menunjukkan dimana faskes I untuk berobat. Tapi, kalau kondisi gawat darurat, bisa langsung ke puskemas atau rumah sakit.

      Reply
  113. Sulis

    Pak mau nanya kalau pendaftaran bpjs utk ibu saya tetapi masih pake kk lama (th 2008) apa masih bisa diproses gak ya? Trims

    Reply
    • admin

      Untuk pendaftaran online, peserta harus mencantumkan NIK. Selama ada NIK tersebut seharusnya bisa.

      Reply
  114. peni

    selamat sore.
    mau tanya jika karyawan laki2 menikah, tapi KK nya masih beda dengan istrinya. bagaimana mendaftarkannya?

    Reply
    • admin

      Saat ini, pendaftaran BPJS Kesehatan secara online menggunakan data KK untuk satu keluarga. Coba hubungi kantor BPJS.

      Reply
  115. ĪИИØZЄИ$

    Salam sehat..kakak saya adalah pasien gagalginjal & tertanggung Bpjs di Rs Sanglah Denpasar,seandanya kakak saya pindah k Malang apakah bisa lansung dafttar k RS(Bpjs) d Malang utk melakukan Cuci darah?trimkasih

    Reply
    • admin

      Harus ada alasan kenapa perlu pindah ke Malang dan hal tersebut harus atas rekomendasi faskes I atau RS dimana beliau dirawat saat ini. Bicarakan dengan kantor BPJS terkait.

      Reply
  116. Lutfi

    assalamu’alaikum
    saya mau bertanya, jika dalam satu keluarga telah terdaftar dalam pelayanan BPJS, dan akan mendaftarkan anggota keluarga yang lainnya. apakah tidak bisa didaftarkan secara online?
    karna saat saya melakukan pendaftaran online untuk ayah saya, terdapat perintah untuk mendatangi kantor BPJS terdekat karna salah satu anggota telah terdaftar.

    Reply
  117. trianggoro

    Ibu saya priksa ke klinik yg berkerjasama dg bpjs tapi menggunakan kartu jamkesmas (kelas3) yg sudah terdaftar bpjs pihak klinik tersebut menolak bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya

    Reply
  118. Muhammad Prodika

    Maaf saya mau tanya,saya di buatkan BPJS dari perusahaan di tempat saya bekerja.saya hanya mendapat satu kartu BPJS kesehatan atas nama saya.bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan kartu BPJS untuk Istri dan Anak saya.terima kasih

    Reply
      • ratna

        suami saya peserta bpjs yg didaftarkan perusahaan di surabaya..kami tinggal di jakarta ktp jakarta..no kartu bpjs sdh ada diberitahu dr perusahaan..pertanyaan nya bisakah kartu fisik nya kita ambil di bpjs rawamangun..karena baru 1 kartu bpjs suami yg dikasih..pertanyaan kedua nik dan bulan lahir anak saya di KK tidak sama dg data di NIK Bpjs..apakah akan jd masalah jika tdk diperbaiki..lalu bgmna cara perbaiki nya..mohon penjelasannya..trimakasih

  119. rini

    assalamu’alaikum
    maaf min…mau tanya ini saya kan sudah ikut BPJS dari perusahaan suami.dan sekarang suami sdh tidak bekerja lg diperusahaan itu, bagaimana caranya utk memperpanjang BPJS tersebut untuk menjadi BPJS kesehataan atau BPJS mandiri ????
    mohon pencerahannya.terima kasih.

    Reply
  120. kamal

    saya karyawan kontrak belum mendapatkan faslts bpjs karena kata perusahaan saya harus permanen dulu

    Reply
  121. salman

    tadi pagi coba daftar bpjs via online alhamdulilah sore sdh ada balasan email kalau saya klik aktivasi sekarang pembayarannya sepertinya tanggung apa bisa diaktivasi nya awal bulan ya , apa itu email ada expire nya? trims atas arahannya

    Reply
    • admin

      sebaiknya segera klik aktivasi karena takut tidak bisa. untuk pembayaran cukup fleksibel karena jika tidak dibayar jaminan kesehatan belum berlaku dan setelah dibayar 7 hari kemudian baru berlaku. jadi menunda pembayaran, jaminan kesehatan semakin lama.

      Reply
  122. Firdha

    saya mau tanya, saya sudah daftar bpjs via web, setelah proses pembayaran saya sudah mendapat e-ID . apakah e-ID tersebut harus ditukar dengan kartu bpjs di kantor bpjsnya langsung?

    Reply
    • Erwin H

      Setahu saya tidak usah.E-id sama aja fungsinya sama kartuyang diterbitkan sama BPJS

      Reply
  123. yusi

    Kalau implant gigi palsu di tanggung bpjs gak?rumah sakit di bandung yang terima bpjs yang ada implant giginya di mn saja?

    Reply
  124. Dessy Rossy

    Bagaimana syaratnya kalo no bpjs yg sdh sy daftarkan dari perorangan dipindahkan ke instansi suami?apa saja syarat2 yg diperlukan?dan butuh brp lama untuk menerbitkan kartu yg baru?mohon bantuanya dan jwban secepatnya karna sy lg persiapan untuk melahirkan,trima kasih

    Reply
  125. sandri supangkat

    saya mau tanya klinik faskes saya dimana yah? ini no kartu nya…0001155571222
    trimaksih ditunggu feedback nya…

    Reply
  126. sulastri

    Mohon bantuannya admin..
    Saya mau orang tua mendaftar bpjs melalui bank mandiri, apakah bisa saya wakilkan dan apakah harus sesuai domisili?
    Dan jika tidak bisa mohon infonya alamat kantor bpjs bogor
    Terimakasih

    Reply
  127. Ronald

    Saya seorang wanita karyawan tetap dari suatu perusahaan. Saya disuruh membuat BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan padahal saya mempunyai Askes dari suami (PNS). Yang menjadi pertanyaan saya, Apa perlu mengurus BPJS kesehatan dari perusahaan, jika sudah mempunyai Askes sebelumnya dari Suami?

    Reply
  128. dede haryani

    siang..
    mba maaf saya mau tanya ,kan saya mau bikin bpjs, dan saya baru berkeluarga. apakah saya harus bikin KK baru dulu ataw pake yang punya keluarga dulu. misalnya saya pake KK punya keluarga saya dan suami pake KK yang keluarga suami.
    makasih

    Reply
    • admin

      Coba tanyakan ke pihak BPJS untuk pastinya. Tapi menurut saya lebih baik buat KK sendiri karena kalau pakai KK orang lain urusannya akan lebih merepotkan.

      Reply
  129. Husni

    saya mau tanya
    kalau mau bayar iuran bpjs tanpa rekening bisa nggak?
    soalnya saya gk punya rekening
    kalau mau ngurus rekening saya gk punya uang untuk buka rekening
    mohon jawabannya . . .
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Silahkan datang ke bank terkait, tanyakan apakah bisa membayar BPJS tanpa punya rekening.

      Reply
  130. arief bahtiar

    salam sejahtera,
    saya mau tanya. kalau telat bayar bpjs lebih dari 6 bulan kan bpjs tidak aktif lagi. ketika kita ingin menggunakan kartu bpjs nya cara mengaktifkannya kembali apakah cukup membayar semua tunggakan iuran kita atau kita harus datang ke kantor bpjs untuk mengaktifkannya kembali?
    terimakasih.

    Reply
  131. lia agustia

    Assalamualaikum wr. wb.
    Saya sudah menjadi peserta bpjs dengan cara mendaftar sendiri namun 2 bulan kemudian di kantor saya ada pendaftaran peserta bpjs dan wajib untuk di ikuti setiap karyawan.
    Pertanyaan saya apakah boleh saya menjadi anggota bpjs lagi ?
    di perusahaan dan perorangan . Mohon untuk di jawab pertanyaan saya terima kasih.

    Reply
  132. wiwik netika

    saya mau tanya, apakah pbjs masih besa digunakan apabila kita sudah berhenti bekerja diperusahaan yg menangung biaya bpjs? jika tidak apakah bisa diperpanjangan dengan cara mentrnsfer biaya setiap bulan ke bpjs dengan mengunakan uang pribadi?
    terima kasih

    Reply
  133. Gegon Hardani

    Bagaimana kalo kita bayar BPJS 2x untuk no.VA yang sama (double)? apakah bulan berikutnya tidak perlu bayar lagi?

    Reply
  134. INDRA PURNA IRAWAN

    BOZ KALAU MAU DAFTAR ONLINE TAPI DI KK (KARTU KELUARGA) NYA ADA SALAH SATU ANGGOTA KELUARGA SUDAH TERDAFTAR GIMANA CARANYA? SOALNYA TIDAK BISA MASUK

    Reply
  135. jian

    Saya daftar bpjs sekitar Agustus akhir. Saat ingin membayar kebetulan di bank sedang offline untuk pembayaran tagihan. Dan iitu terjadi 2 hari berturut-turut. Hari ke 3 kebetulan weekend dan hari ke 4 saya harus ke Malaysia selama 3 bulan. Setelah kembali saya ingin membayar bpjs kembali. Tapi saya bingung, apakah bayar sesuai tagihan terhitung dari tanggal daftar, atau pembayar pertama senilai tagihan kelas yg saya ambil?

    Reply
  136. faiq

    saya tinggal di daerah p.gadung jaktim.saya baru akan mengisi form pendaftaran bpjs.saya tinggal dekat RS.Mediros jl.perintis kemerdekaan. bolehkah saya mengisi faskes tingkat1 itu RS.mediros?

    Reply
    • admin

      Lihat di daftar Faskes I, apa saja yang termasuk disana. Faskes I itu puskesmas, klinik. Bukan Rumah Sakit.

      Reply
  137. Agus

    Assalamualaikum pak, saya mau nanya tentang pendaftaran BPJS melalui online. Didalam form pendaftaran online disitu disuruh memasukkan semua identitas anggota dalam satu kartu keluarga beserta dgn foto close-upnya. Yang saya mau tanyakan, ngaruh tidak pak dgn saya mencantumkan identitas adik dan kakak saya (yang ada didalam kartu keluarga saya) dgn pembayaran bpjs, maksudnya gini pak saya mendaftar bpjs hanya untuk saya, istri saya dan juga anak saya. Apakah dgn saya mencantumkan identitas beserta foto adik dan kaka saya diform pendaftara online bpjs, adik dan kaka saya ikut membayar?
    Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb

    Reply
    • admin

      Yang wajib ikut adalah suami/istri dan anak dari peserta. Yang lain, walaupun ada di KK, tidak wajib jadi peserta BPJS.

      Reply
  138. hasniati

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu…
    saya dan suami saya adalah salah satu pegawai non PNS,tapi tempat kerja kami beda,ditempat suami saya bekerja sudah keluar krtu bpjs dari tgl 19-07-2014 yang mana bpjs sya ditanggung oleh suami saya,namun ditahun 2015 ini tepatnya tgl 20 bulan 2 dtempat sya bekerja saya dsuruh buat bpjs lagi,yang jadi pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah saya harus mengurus kartu bpjs lagi dtempat kerja saya sedangkan saya sudah memiliki kartu bpjs yang dtanggung oleh suami saya??
    2.Sebenarnya berapa potongan BPJS jika gaji per bulan Rp. 1.290.000
    3. Apakah potongan bpjs itu ditentukan oleh tempat dimana kami dpekerjakan?
    terima kasih kami sangat butuh jawabannya…

    Reply
  139. ardi

    saya peserta BPJS, tapi ada salah ketik di nama, apakah ini nanti berpengaruh ketika dipergunakan karena untuk berobat, terima kasih.

    Reply
  140. musa al akbar

    Saya peserta BPJS di kota Jakarta.
    Jika saya menggunakan fasilitas BPJS di kota Depok, bisa enggak?

    Reply
  141. Marina

    min saya mau daftar BPJS online kok gak bisa yaa… halamannya gak bisa dibuka???/

    Reply
  142. samsul arifin

    min sy mau tnya nii.sy kan dh ikut bergbung di bpjs mulai bulan 2 thun 2014 dan mulai itu sy byar cmn 4 bulan.stlh itu sy tidak byr iuran lg selma smpai skrng bulan 3 thun 2015,secara aturan kan pembyarn telat 6 buln akan dinon aktifkan semantara.lah ini sy mau byr tunggakn berserta denda melalui atm,dn sy tnyakan apbila sy melakukan pelunasan lewt atm ap nnt diaktikan kembli lyann bpjs secara otomatis ap hrus tetap kekantor cabang untuk mengaktifkan kembali

    Reply
    • samsul arifin

      saya mengalmi tunggakan iuran bpjs selama 12 bulan.sy melkukan pelunasan lwt atm apkah akan diaktifkan kembli secara otomatis bpjs tersebut atau hrus kekantor cabng bpjs untuk mengaktifkan kembli bpjs tersbut

      Reply
  143. alpi

    Saya mau nanya.klo ngga d bayar selama 1tahun.apakah bisa mendaftar kembali atau membayar yang satu tahun itu..

    Reply
    • admin

      Setahu saya 6 bulan menunggak ditutup kepesertaannya. harus lapor ke kantor BPJS.

      Reply
  144. wahyu

    Saya mau tanya, sebelumnya sudah daftar BPJS di kota Medan, dan saat ini menetap di Jakarta. Apakah kartu BPJS saya masih tetap bisa digunakan di kota Jakarta? atau apakah saya harus melakukan perubahan data domisili terlebih dahulu di kantor BPJS?

    Reply
    • admin

      BPJS berlaku nasional. Tapi berobat di tempat yang bukan lokasi Faskes I yang tercantum di kartu, peserta harus lapor ke kantor BPJS untuk nanti diberitahu dimana Faskes I yang bisa digunakan. Setelah 3 bulan, jika dirasa perlu, peserta bisa mengganti faskes I.

      Reply
  145. andi klana putra hutasoit

    Saya andi mau nanya apakah melakukan cek kesehatan bisa menggunakan bpjs kesehatan? Karena cek kesehatan secara rutin adalah langkah baik untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang..trimakasih

    Reply
    • admin

      Anda harus ke faskes I untuk minta rujukan melakukan medical check-up. Keputusan bisa tidaknya ditangan faskes I. Bukan peserta yang menentukan.

      Reply
  146. Hendy Christanto

    dear admin,
    Saya sudah terdaftar di KJS, saat perusahaan mendaftarkan saya ke BPJS Kesehatan, entry dan approved data berstatus selesai.
    Masalahnya saat cek dan pembayaran tagihan/iuran, nama saya tidak termasuk didalam data yang ditagih iurannya.
    Info sementara, saya harus menonaktifkan KJS supaya bisa didaftarkan di BPJS Kesehatan, ada yang bisa bantu bagaimana prosedur penonaktifan KJS tersebut.
    Atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Reply
  147. rina

    yth admin
    saya mau tanya dasar cetak kartu bpjs itu NIK Kartu keluarga atau NIK KTP kita ya ??
    saat brobat dasar nya ID kartu bpjs kah atau berdasarkan NIK KTP
    terimakasih

    Reply
  148. teguh

    Bos ibu saya janda.tinggal di jawa tengah .mau bikin bpjs di tangerang bisa ngga?

    Reply
  149. mcella

    Maaf permisi saya mau bertanya. Saya dari perusahaan, dan saya sedang bingung, saya sudah mem-print semua kartu bpjs pegawai, tapi saat ini saya ingin mengganti gaji dan melakukan mutasi lain nya melalui e-dabu tetapi data pegawai tidak ada/tidak muncul di edabu. Lalu saya harus bagaimana?

    Reply
  150. Franceline Sawitri

    saya sedang melakukan proses pendaftaran BPJS Mandiri, sebelumnya saya sudah pernah terdaftar a/n perusahaan saya, ttp krn saya sudah re-sign, bpjs saya pun sudah saya tarik.
    tapi kenapa saya daftar lagi untuk bpjs mandiri, disitu tertulis kalau ada salah satu nama di KK saya yg sudah terdaftar sbg anggota bpjs ?

    Reply
  151. Alif Indah K

    Permisi saya mau tanya.
    Saya berniat untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna BPJS Kesehatan melalui online namun ternyata waktu saya memasukkan No. KK yg langsung muncul seluruh nama anggota keluarga saya ternyata disitu tertulis bahwa “Salah satu anggota Keluarga telah terdaftar di BPJS Kesehatan a.n ,xxxx, Silahkan datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk proses selanjutnya”
    Jadi kalau saya datang ke kantor pelayanan BPJS kesehatan ini tindakan apa yang harus saya lakukan ?

    Terima kasih

    Reply
  152. wastini

    Admin, sy mw tanya..
    Sy dan suami peserta sdh peserta askes pns,namun anak blm terdaftar, usia anak sy msh 3thn, nmun sdh terdftr dlm gaji suami, nmun blm terdftr dlm KK, apakah BPJS utk anak sy bisa diproses dgn akte kelahirannya sj, walau, blm tercantum namanya di kk ..
    Mhon pnjelasannya …

    Reply
    • admin

      Ini peserta mandiri atau lewat perusahaan. Kalau lewat perusahaan, setahu saya bisa dicover dengan lapor ke BPJS Kesehatan.

      Reply
  153. JANA PUTRA

    saya mau tanya, ibu saya baru meninggal seminggu yang lalu, bagaimana cara untuk tidak mendaftarkan sedangkan di sistem online itu otomatis harus mendaftarkan

    Reply
  154. Lia

    Saya harus mengganti nama di KK dan KTP saya untuk pembuatan pasport -karena ada salah penulisan di KK dan KTP, sehingga berbeda dengan Akte Kelahiran. Jika saya harus mengubah KK dan KTP saya, apakah saya harus mengubah nama di kartu kepesertaan saya di BPJS? Bagaimanakah caranya? Terima kasih.

    Reply
  155. suprianto

    Peserta mandiri bpjs sdh mendaftarkan faskes1 di daerah balikpapan.
    Tetapi dikarenakan pekerjaan yg selalu berpindah tempat /luar daerah ,apakah bisa atau solusi lain jika ada peserta seperti saya ini jika berobat diluar faskes1 yg ditunjuk dikarenakan lain daerah ?
    Agak ribet jg klo sakit harus kembali pulang dulu kedaerah faskes 1 .
    Mohon solusinya thanks.

    Reply
    • admin

      Pada dasarnya, BPJS berlaku secara nasional. Jika diluar daerah, hubungi kantor BPJS terdekat yang kemudian akan menunjukkan dimana faskes I untuk Anda bisa berobat.

      Reply
  156. kristian dedi wibowo

    nanya, apakah kartu bpjs bisa langsung digunakan saat bpjs diurus setelah pasien sudah dirawat di RS? terimakasih admin

    Reply
    • admin

      Kartu BPJS harus jadi dulu dan ada surat rujukan dari faskes I, baru bisa digunakan untuk pasien rawat inap di RS.

      Reply
  157. Budi

    saya budi ingin menayakan mengenai kartu bpjs saya cabang jakarta pusat punya setiap pembayaran melalui Atm tercantum cabang jakarta pusat sedangkan alamat KTP saya jakarta utara penjaringan untuk mendapatkan surat rujukkan dari puskesmas apakah bisa meminta dari puskesmas dipenjaringan

    Reply
    • admin

      Faskes I/Puskesmas Anda dimana? Rujukan diminta dari Faskes I/Puskesmas yang bisa dilihat di kartu BPJS Anda. Puskesmas tersebut bisa dirubah dengan mengajukan ke pihak BPJS setelah 3 bulan.

      Reply
  158. Hendra gunawan

    pak saya mau tany saya bikin BPJS kesehatan yg geratis saya mau berhenti saya dpt dari kantor BPJS kel 2 apakah saya harus pelih salah satu ny atau bisa di gunakan semua nya. terimakasih

    Reply
    • admin

      Maaf kurang jelas maksudnya. Sebaiknya jika menulis menggunakan tanda baca yang benar, supaya pembaca bisa mengerti dan tidak salah paham maksud serta pesan Anda.

      Reply
  159. shofi

    Slmat pagi. Bgaimana bila peserta bpjs telah meninggl bgaimana cara menonaktifkan pak?terimakasih

    Reply
  160. arif yuki

    saya mau Tanya, kalau untuk pindah alamat faskes nya bias dilakukan secara online apa harus ke kantor bpjs, terimakasih

    Reply
  161. SALEM

    Met sore…
    Saya peserta BPJS kesehatan…FASKES TINGGAKAT 1,kelas rawat 3…
    Saya dapat BPJS tahun 2014,itu pun jatuh pertamanya di tangan orang tua saya…Ketika itu saya sedang marantau…Suatu hari anak saya sakit,saya tidak ada biaya untuk mengobati anak saya…Saya kasih kabar ke kampung/orang tua saya,kalau saya tidak punya biaya…
    Orang tua saya bilang sama saya,kalau saya itu dapat BPJS dari pak RT,saat itu saya benar2 tidak tahu apa itu BPJS…Saya bertanya sama orang tua saya,apa itu BPJS…???Karna orang tua saya pun kurang tau juga,orang tua saya bilang..,Kata pak RT kartu BPJS itu bisa digunakan untuk berobat dimana saja/di seluruh indonesia tanpa biaya/berobat garatis…Mendangar kabar dari kampung hati saya sedikit senang,lalu saya suruh orang tua saya mengngirim kan kartu BPJS itu ke alamat tempat saya merantau,dan anak saya pun saya bawa kerumah sakit…
    Di saat saya daftar kan dirumah sakit,petugas RS nya bertanya kepada saya,Bapak pakai kartu apa,BPJS jawab saya…Petugas:bapak bayar berapa perbulanya,di BANK apa???saya gak pernah bayar buk jawab saya…Di lihat nya di laptop,Oh masih aktif,kata petugas RS tadi…Anak saya pun bisa berobat di RS itu,biaya nya pun kenak sedikit selama satu minggu nginap rumah sakit itu…
    Sewaktu di ruang inap,keluarga pasyen sebelah tanya sama saya,pakai kartu apa pak???BPJS jawab saya…
    Semua orang bilang sama saya,Kalau BPJS itu dibayar tiap bulan nya dan melihat tingkatannya…Tapi saya bilang sama mereka kalau saya itu tidak penah bayar,meraka tidak percaya,dan petugas rumah sakit pun bilang sama saya bapak harus bayar,ada no rekening nya sama bapak…gak ada jawab saya…Lalu sewaktu bapak daftarkan gimana???saya tak pernah mendaftar jadi peserta BPJS,itu pak RT nya yang mengantar kan kerumah orang tua saya,jawab saya…
    Sekeluarga saya sampai sekarang BPJS itu saya gunakan,sudah satu tahun lebih…

    Tolong di jelas kan tentang BPJS keluarga saya min,apa memang ada BPJS seperti itu..???

    Reply
  162. puput

    admin, saya mau tanya, saya sekeluarga peserta bpjs,
    anak saya umur 1,5 tahun sementara tinggal dikampung karena suatu hal,
    sedangkan faskes 1 dijakrta barat,
    saya rencananya mau pindah faskes 1 buat anak saya, tapi saya cari faskes dokter anak didaerah kampung saya gak ada, bagaimana enaknya?

    Reply
    • admin

      Faskes I itu wajib. Dalam proses pemeriksaan di BPJS, peserta harus datang di Faskes I dulu. Jika dianggap perlu akan dirujuk ke rumah sakit atau klinik yang ada dokter anak.

      Reply
    • admin

      Bisa jika di KK, hanya ada Anda sendiri. Jika tidak, semua anggota di KK harus ikut didaftarkan. Kenapa ? baca penjelesan lengkapnya disini.

      Reply
  163. Andos

    Salah satu anggota keluarga(kepala keluarga) sudah terdaftar menjadi anggota BPJS-Kesehatan, saat hendak mendaftarkan anggota keluarga yang lain yakni memasukkan Nomor Kartu Keluarga(terbaru, ada NIK), muncul tulisan “Nomor Kartu Keluarga anda Tidak ditemukan, Proses Registrasi tidak bisa dilanjutkan”.
    Mohon sarannya
    Terima Kasih

    Reply
  164. repi

    bagaimana jika sudah terdaftar namun dalam jangka waktu panjang tidak pernah digunakan,, apakah uang iuran kami bisa kembali atau bagaimana?

    Reply
  165. mariyani noer baethy

    Saya tidak berkomentar.tetapi saya mau bertanya.saya punya adik laki-laki,dan istrinya baru melahirkan dlm usia kndungn 6bulan di sesar.sebelumnya kami msih terdaftar pasen umum.dan bayi hrus d rawat di ruangan husus dg alat yg mmbantu proses perawatan,karna lahir prematur dg berat badan 800grm.yg mau saya tanyakan apakah setelah aktif bpjs,bisa langsung pindah dftar menjadi pasen bayi bpjs??secara tidak mungkin bayi di pulangkan kluar dulu,krn dlm kondisi ruangn nicu hsuss bayi.mohon bantuan nya saya harus bgm?? Untuk bicara dan mohon kbijakan dari pihak rumah sakit,dg membawa info apa dari bpjs yg bisa di pertanggung jawabkan agar saya bsa mnerima hak bpjs dg tidk dipersulit oleh pihak RS..

    Reply
    • admin

      Harusnya bisa. Tapi untuk pastinya silahkan koordinasi dengan kantor BPJS Kesehatan. Apakah orang tuanya sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan? Kalau ortunya sudah menjadi peserta BPJS, prosesnya seharusnya lebih mudah buat si bayi.

      Reply
  166. dika triyono

    yth bpjs ada 2 keluarga yg mau mendaftarkan bpjs 1 keluarga inti 1 keluarga pecahan karena anaknya sdh menikah ada 2 no kk ternyata yg terdeteksi itu kk yang inti kk pecahanya tidak terdeteksi, yg inti anggota keluarganya nda sesuai dengan yg tercetak dan anak yang sdh menikah sudah terdaftar dalam bpjs nah kalo mau mendaftarkannya lagi bagai mana & supaya suami dari anak yang sudah memiliki kk juga masuk agar bisa menjadi anggota bpjs.
    mohon penjelasannya

    Reply
    • admin

      Sebaiknya jika menulis, Anda menggunakan tanda baca yang baik, sehingga tulisan bisa dipahami dengan baik dan dijawab dengan benar.

      Reply
  167. Prili

    Apakah bpjs bisa menambal gigi berlubang. Dan apakah bisa jika memasang gigi palsu?

    Reply
  168. rifad

    Bagaimana jika sudah punya jamkesmas yang otomatis sudah terdaftar jadi anggota BPJS,apakah di tempat kerja harus membayar iuran BPJS

    Reply
  169. Katri Jumoko

    admin yth. Bagaimana caranya beralih menjadi anggota bpjs perorangan. Apakah bisa daftar lewat online. Nama saya : Katri Jumoko. Nik : 3201072009610270

    Reply
  170. zay

    apakah faskes1 bisa online..? maksudnya bisa keklinik lain selain yang tertera dikartu bpjs tapi masih satu wilayah…?

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. Harus sesuai Faskes I yang di kartu. Kecuali sedang keluar kota, Anda bisa menghubungi kantor BPJS terdekat untuk minta Faskes I di daerah tersebut.

      Reply
  171. aka

    apakah bisa cair pengambilan dana bpjs, bila daftar nama di bpjs beda dengan ktp…??

    Reply
  172. yenni prasetyaningrum

    mo nanya. saya peserta bpjs dr kantor suami/ polisi. yang saya tanyakan nama saya yg tertera di bpjs keliru, bagaimana prosedur untuk mengurusnya. apakah harus buat baru ataukah diperbarui
    trims

    Reply
  173. hardi waluyo

    BPJS yth; saya adalah seorang pns yang sudah punya kartu askes yang baru yang ada barcode nya, suatu hari berobat ke poliklinik terdekat ternyata tidak diterima katanya harus dirobbah dulu kartunya menjadi kartu BPJS dan alamat poliklinik yang dituju sedangkan sebelumnya katu askes kami sekeluarga tercatat di puskesmas: pertanyaan kami apakah betul begitu aturannya? kemana saya harus merubah kartu ASKES menjadi kartu BPJS ? sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Reply
  174. aryan

    Mohon bantuanya.
    Saya dan istri saya baru menikah ±setahun. Saya berencana mendaftar BPJS tp kami belum memiliki Kartu Keluarga sendiri (masih ikut orang tua masing2) .
    Bisakah kami mendaftar BPJS dgn menggunakan Kartu Keluarga Kami masing2 dgn membawa buku nikah kami..

    Mohonnn penjelasannya,terima kasih sebelumnya

    Reply
  175. ulan

    jika mau memberhentikan iuran gimana yaa..apa aja yang diperlukan, karena salah satu karyawan saya ada yang berenti berkerja.
    terimakasih

    Reply
  176. chairiel ihsan

    Mau tanya min, kalo untuk oprasi laser mata minus pakai bpjs bisa gak & rumah sakit mana yang melayani oprasi menggunakan bpjs?

    Reply
    • admin

      Setahu saya tidak ditanggung karena ini kosmetik. Untuk memastikannya bisa tanyakan ke Faskes I Anda.

      Reply
  177. taufiq

    Saya mau tanya min. Saya dan istri sudah terdaftar bpjs, ini saya bru punya anak umur 2mingguan, yang saya mau tanyakan, untuk anak mulai umur berapa di daftarkan di bpjs? Terimaksih admin. D tunggu jawabannya 🙂

    Reply
  178. susan

    Maaf sy ingn brtnya.sy sdh eisen dkntor lama saya selama 7bulan dan sudah tdk membayar bpjs lagi.sekaranf ketika saya ingin mendaftar kagi kesylitan karena saya sudah terdaftar dibpjs.apakah saya harus meneruskan pembyaran serta membayar denda atau saya membuat yg baru lagi?sedangkan untuk yg kama saya belum mendapat kartu bpjsnya dari kantor saya yg lama

    Reply
  179. yana

    saya sudah terdaftar di bpjs kesehatan sebagai tanggungan dari suami di perusahaan tempat suami saya bekerja..tetapi perusahaan tempat saya bekerja juga meminta data untuk mendaftarkan pegawainya di bpjs kesehatan..apakah bisa saya terdaftar di bpjs di dua tempat?terima kasih

    Reply
  180. Ihwan

    misi gan… saya mau tanya semua family saya udah terdaftar jadi peserta BPJS Kesehatan kelas II melalui tempat kerja saya & orang tua saya jadi family tambahan. kemudia adik kandung saya juga udah terdaftar jadi peserta BPJS Kesehatan MANDIRI kelas I. nah… pertanyaan saya, bisa tidak adik saya dari peserta mandiri kemudian di pindah ke peserta keluarga tambahan ikut saya?
    kalo bisa apa saja syaratnya & bagaimana caranya?

    Reply
    • admin

      Hanya keluarga inti yang dicover via tempat kerja, yaitu Keluarga inti meliputi istri/suami dan anak yang sah (anak kandung, anak tiri dan/atau anak angkat), sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang. Diluar itu harus daftar sebagai peserta mandiri. Tapi untuk pastinya silahkan cek kantor BPJS.

      Reply
  181. Maryani

    BPJS kesehatan saya salah tanggal dan bulan lahirnya , bagaimana cara memperbaikinya, perlu di ketahui bahwa pembuatan BPJS kesehatan saya melalui perusahaan tempat saya bekerja secara kolektif , apakah harus pesertanya sendiri yang datang kekantor BPJS kesehatan terdekat atau kantor saya yang mendaftarkan secara kolektif .
    mohon jawabannya terima kasih

    Reply
    • admin

      Coba bicarakan dengan kantor dulu. Meskipun, setahu saya, Anda bisa langsung mengurus ke kantor BPJS untuk perbaikan data.

      Reply
  182. purwanto

    Gimana langkah atau syarat yang harus di tempuh bila peserta Bpjs yg terdaftar di wilayah tangrang tapi kartu bpjs di pakai di rumah sakit lain wilayah sragen jateng
    seperti halnya melahirkan tidak normal
    Mohon bantuan dan penjelasannya.

    Reply
  183. agus salim

    saya mau tanya, saya sudah mendaftar BPJS kesehatan tapi saya tidak mampu membayarnya tiap bulan, saya juga tdk punya jamkesmas dll. terus ada pendataan untuk bpjs gratis dan z bisa masuk. trus bagaimana apa KK saya Bisa juga dikumpul untuk pendataan atau sudah tidak bisa.

    Reply
    • admin

      Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI): fakir miskin dan orang tidak mampu, dengan penetapan peserta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan iuran dibayar oleh Pemerintah. PBI gratis bayar iuran.

      Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 101/2012 tentang Penerima Bantuan Iuran Kesehatan, Kementerian Sosial (Kemensos) yang bertanggungjawab dan berwenang menetapkan peserta PBI. Jadi, Kementerian yang menentukan setelah melakukan verifikasi data-data.

      Reply
  184. Indri

    Admin gimana kalo syarat bpjs yang harus memiliki no rekening, memakai no rekening atas nama orang lain,apa itu bisa atau harus memiliki no rekening sendiri ?

    Reply
    • admin

      Setahu saya wajib rekening kita sendiri. Mungkin bisa tanyakan ke kantor BPJS untuk beda no rekening.

      Reply
  185. saip ardo pratama

    ass. saya mw nnya kalo saya daftar ke sma ada pertanyaan tentang NIK, trus saya bingung mw pakai NIK yang besar/ pokok di atas, ada juga NIK masing2 anggota, trus bagai mana ya?

    Reply
  186. denny rachcayadi

    maaf saya mau tanya?
    kenapa kartu bpjs istri dan anak saya belum keluar juga sedangkan sudah di daftarkan oleh perusahaan
    tetapi setiap saya di tanyakan ke perusahaan bilang nya dari bpjs nya belum keluar sedangkan istri saya jarak 1blan ini mau melahirkan mohon info nya tks

    Reply
  187. meita rotul

    Admin maaf saya mau tabya..seandainya persyaratan pendaftaran bpjs kurang KK apakah bisa?

    Reply
  188. semara adnyana

    Minta info
    sy terdaftar sbg anggota bpjs yang menanggung istri.
    Mau tanya nih admin, klo untuk persalinan dapat tanggungan gak?
    Boleh gak persalinannya dilakukan di RS Swasta yg bekerja sama dgn BPJS? Tapi di faskes (puskesmas) yg sy dan istri terdaftar ada pelayanan persalinan jg.

    Reply
    • admin

      Ya ditanggung dengan syarat cek persalinan di faskes I (tercantum di kartu). Tidak bisa saat melahirkan saja. Sejak awal harus cek di faskes I BPJS. Melahirkan dimana itu tergantung rujukan dari faskes I BPJS.

      Reply
  189. jodie

    Mau tanya,
    Saya adalah pengguna web BPJS untuk program edabu dan program daftar-admin (e-ID). Mengapa data-data di kedua program web tersebut adakalanya tidak sinkron? contoh, ketika menonaktifkan salah satu peserta badan usaha, kenapa masih ada di edabu maupun di admin? Dan, pada kesempatan lain, ketika menambah peserta baru dan SUDAH di approve, kenapa belum muncul-muncul di program tersebut? Saya serius tanya ini karena kasihan buat mereka yg sudah non aktif, tapi karena datanya masih ada dan aktif, ybs masih harus bayar. Dan, sebaliknya, mereka yang sudah didaftarkan secara online dan sudah jadi peserta aktif, tapi karena datanya tidak tercantum di web daftar-Admin (e-ID), mereka tidak bisa berobat. Padahal mereka sudah membayar BPJS kesehatannya. Tolong untuk bagian admin, maintenance data, atau apapun yang bertanggung jawab di bagian tersebut, tolong programnya dibenahi dengan baik. Karena ini menyangkut kepentingan jiwa manusia.

    Reply
  190. mela meida

    Mohon maaf sebelumnya , saya mau tanya kenapa?? saya kan sudah mendaftar bpjs secara online ,, saya kan sudah masukan e mail saya untuk konfirmasi selanjutnya ,, tapi tidak ada e – mail yang masuk sama sekali ke email saya ,, sampai saya tunggu beberapa lama untuk konfirmasi e mail tetapi tetap tidak ada email masuk ,, nah itu bagaimana saya bisa mendaftarkan ke bpjs ??? Apa permasalahannya,, mohon bantuannya ,, karena saat ini saya sangat membutuhkannya …
    terimakasih,,

    Reply
  191. asri

    Min, saya mau tanya…
    Saya peserta bpjs dengan faskes di klinik A yg bekerja sama dengan bpjs. Sy ingin memeriksakan kandungan sy di klinik tersebut, tetapi ketika sy ty ke bgn informasi, katanya untuk pemeriksaan tidak di cover oleh bpjs dengan alasan yg memeriksa adalah dokter spesialis… apakah prosedurx memang seperti itu?? Yg bisa di cover klo pemeriksaan oleh bidan sementra di klinik tersebut hy ada dokter spesialis?? Bgaimana sy bisa manfaatkan kartu bpjs sy padahal klinik tersebut adalah faskes yg tertera di krtu bpjs sy?? Mohon penjelasanx min….

    Reply
    • admin

      Coba tanyakan kantor BPJS Kesehatan. Setahu saya, Anda harusnya bisa berobat di faskes I tersebut.

      Reply
  192. ANTON PUBIAN

    Mau tanya nih,
    saya itu DAFTAR BPJS Kemaren Pakai Rekening BNI,
    Terus Saya Mau Bayar Pakai Rekening BRI, Tapi Dengan Atas 1 { Satu Nama },
    bisa gk sih….?

    Reply
  193. yayan suryana

    Saya mau tanya,tanggal 8 april 2015 saya membayar iuran bpjs kesehatan untuk kedua orang tua lewat atm mandiri dengan besar iuran Rp 25500, tapi pas saya cek pada aplikasi online untuk pengecekan iuran belum masuk. Mohon penjelsannya,terimakasih

    Reply
  194. yasir

    slamat siang admin, saya mau tanya
    saya kan mendaftarkan perusahaan saya lewat program edabu
    disitu tertulis TMT terdaftar di bpjs kesehatan dan saya isi dengan tgl sekarang yaitu 09/04/2015
    setelah semuanya komplit lalu saya klik simpan
    tapi malah keluar tulisan :”tgl mulai rerdaftar peserta tidak boleh kurang dari tgl PKS badan usaha”
    itu artinya apa ya, ….

    Reply
  195. samuel

    saya mw bertannya saya baru menikah tp katu KK saya belum saya satukan dengan istri saya
    apa bisa istri saya,saya masukan BPJS???

    Reply
  196. Tia Pujianti

    Admin,saya sudah terdaftr BPJS Kesehatan secra mandiri. Lalu saya mendapat pekerjaan di suatu BUMN. Di kantor saya wajib mendaftar BPJS Kesehatan. Saya tidak mendaftar ulang, namun saya menyerahkan nomor peserta BPJS Kesehatan saya ke HR kantor saya. sebab, kantor minta nomor peserta BPJS Kesehatan mandiri saya. Saya sudah serahkan nomor nya, dan di slip gaji saya juga sudah dipotong untuk BPJS Kesehatan. Ketika saya cek online pembayaran BPJS saya, itu ternyata belum dibayar. Solusi nya bagaimana ya admin untuk masalah ini? Terima kasih

    Reply
  197. Ratih Sugianti

    saya sudah daftar online 7 bulan yang lalu, tapi saya tidak sempet urus ke bpjs dan belum sempet bayar angsuran, ketika saya mau daftar ke bpjs, katanya susah, dan itu harus saya yang urus padahal saya bekerja. Yang saya mau tanyakan, apakah masih berlaku pendaftaran yang dulu itu?

    Reply
    • admin

      Sudah dapat nomer akun dari BPJS? Kalau sudah tinggal bayar ke akun tsb. Sepertinya Anda harus mengurus ke kantor BPJS.

      Reply
  198. cute girl

    sy sudah dapat kartu bpjsnya tpi nik di kartunya beda sama nomer ktp gmn ? soalny ktp saya baru karna perubahan alamat kk . terus kartu bpjsny bisa digunakan apa harus bikin baru lgi

    Reply
  199. moch.nurali

    admin mw tnya…seandainya qta trdaftar bpjs ksehatan di kota A trs pada waktu ketika aq skit di daerah kota B ,apakah bpjs sya bsa di guna kan di kota B..tlng bantuan nya..?

    Reply
    • admin

      Bisa tapi harus ke kantor BPJS di kota B dulu, yang nanti akan memberitahukan di faskes mana Anda bisa berobat.

      Reply
  200. Racmad dandung

    Mau nanya min bagaimana cara mengurus jika penerima bpjs kehilangan nomor identitas tunggal.

    Reply
    • admin

      Maksudnya apa yang hilang ya? Harus mengurus dulu identitas yang hilang. Karena itu yang jadi basis BPJS. Untuk lebih jelas bisa ke kantor BPJS Kesehatan.

      Reply
  201. irwan

    saya sekeluarga sudah ikut bpjs kesehatan mandiri bayar iuran sendiri,karna perusahaan saya tidak mendaftarkan karyawanya skitar 1000an orang.
    yg jd pertanyaan bila nanti perusahaan saya mendaftarkan karyawanya apakah karyawan yg sudah ikut bpjs mandiri seperti saya akan ikut terdaftar juga..,,?

    Reply
    • admin

      Saat ini setahu saya Anda akan terdaftar dua kali. Untuk penanganan ini belum ada penjelasan dari BPJS yang saya tahu. Bisa cek langsung ke pihak BPJS.

      Reply
  202. oki setiawati

    mau tanya kan ibu saya ingin mendftar BPJS tetapi tidak bisa karena kartu askes ayah saya masih aktif padahal ayah saya sudah tidak menjadi PNS sejak 10 tahun lalu.Menurut petugas BPJS Kesehatan harus mengumpulkan surat pengunduran diri dari PNS tapi ayah saya tidak punya.Bagaimana cara mendapat surat pengunduran diri itu?

    Reply
  203. mashinta

    Saya mau tanya, kalo uda daftar di bank yg ditunjuk, katakanlah bank bri. Itu apa bisa langsung dpt kartu bpjs nya, atau kita harus mengantri lagi di kantor bpjs nya. Thx

    Reply
  204. dedek talindo

    saya membuat bpjs di kota a,dan ingin menggunakanya dikota b,bagaimana caranya?

    Reply
  205. rohmat

    Prmisi. Mw nany… sya bkerja d prushaan swasta. Dn sdah d daftar kb bpjs oleh peusahaan. Nh bpjs saya it trmasuk bpjs kesehatan atau bpjs ketenagakerjaan

    Reply
  206. yeni indriani

    mau tanya, saya bekerja di sebuah perusahaan swasta dan sudah di daftarkan bpjs kesehatan, karena tidak tahu kalo istri juga bisa mendaftarkan suami dan
    anak lewat perusahaan, saya daftarkan sendiri dan sekarang sudah menjadi anggota bpjs, yang mau saya tanyakan apakah bisa dipindahkan suami dan anak saya dari mandiri menjadi tambahan daftar lewat perusahaan saya. mohon informasinya. terima kasih

    Reply
  207. S hari Y

    Bila dulu ikut perusahaan di dftrkan bpjs dan setelah itu pensiun apakah bisa memperpanjang krt bpjs secara perorangan??dan caranya bagaimana

    Reply
  208. sulaeman

    bagaimana sy mengetahui sy terdaftar di bpjs mandiri atau ketenagakerjaan….sy di daftarkan lewat perusahaan sy.tpi via online.thx

    Reply
  209. euis komalasari

    Apakah bpjs bisa digunakan untuk program kehamilan pada dokter kandungan?

    Reply
  210. ade umar

    saya tinggal di srengsengsawah jaksel,pernah daptar bpjs lewat kantor tempat saya kerja,apakah nama saya sudah terdaptar di bpjs atau belum

    Reply
  211. Babeh

    Numpang tanya, saya coba daftar BPJS perorangan secara online tetapi kemudian muncul tulisan “harus mendaftar sebagai perusahaan” sementara kondisi saat ini saya sudah tdk memiliki perusahaan lagi karena sdh bangkrut, bagaimana dgn kasus saya ini, apakah hrs daftar langsung ke ktr BPJS?

    Reply
  212. desi

    pak saya baru daftar kan ayah saya bpjs lewat online.. saya sudah berhasil tapi di email saya tidak muncul email dari bpjs.. itu gmn ya?? cara lihat data saya yang tadi sudah di entry saat daftar online gmn ya?

    Reply
    • admin

      Pengalaman seperti ini, ada bisa lakukan 2 hal: (1) Menunggu selama beberapa hari; (2) Jika tidak ada juga, kunjungi ke kantor BPJS.

      Reply
  213. ipah nurlatipah

    Saya mu tanya saya kehilangan kartu bpjs saya’sedangkan saya dapet kartu bpjs dari tmpat saya bekerja.bagaimana cara bikin kembali kartunya.terima kasih

    Reply
  214. yani

    Admin, saudara saya mendapat nomor peserta BPJS PIB dari pak RT (melalui surat pemberitahuan). Namun belum mendapat kartu anggota nya, apakah bisa saya mencetak sendiri kartu BPJS tersebut secara online? Bagaimana caranya?

    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Kalau cetak online, Anda harus daftar via online juga, itu yang saya tahu. Coba cek ke kantor BPJS utk pastinya.

      Reply
  215. fery firmansyah

    bpjs ini kan ada 3 kelas nya,
    nah apakah setiap kelas mempunyai batasan pengobatan, setiap pengobatan dirumah sakit..
    misal nya,untuk kelas 2 berobat di sebuah rumah sakit. dan biaya tagihan dirumah sakit itu mencapai 500 juta.. apakah bpjs akan menanggung smua nya itu..

    Reply
    • admin

      Di BPJS tidak ada sistem plafond/limit (seperti di asuransi kesehatan swasta) selama Anda rawat inap di kelas yang ditentukan.

      Reply
  216. fitroh

    kalo kartu bpjs kita hilang apa masih bisa berobat di rumah sakit…?

    Reply
  217. Gregorius Brian

    Saya sudah punya BPJS kesehatan tingkat I secara mandiri sejak bbrp bulan yg lalu. Sekarang kantor saya baru membuatkan BPJS untuk karyawannya termasuk saya. Berdasarkan gaji yang saya peroleh, saya akan dapat BPJS tingkat II. Apakah saya wajib ikut BPJS kantor sementara saya sudah punya secara mandiri dengan tingkatan yang lebih baik ?

    Reply
    • admin

      Ini memang problematik karena sejauh ini BPJS tidak memberikan penjelasan bagaimana jika dua orang punya dua kartu (mandiri dan kantor).

      Bisa disampaikan ke kantor BPJS. Tapi, kalau memang masih ingin membayar yang mandiri, Anda bisa pakai yang kelas kamar lebih baik.

      Reply
      • agus

        kenapa kita harus bayar dengan uang cash setiap resep obat yg di kasih dokter,,padahal kita udah ada kartu BPJS ????

      • admin

        Kemungkinan itu obat yang tidak dijamin oleh BPJS karena memang ada obat yang tidak dijamin BPJS.

  218. agus

    jika kita di beri resep oleh dokter untuk menebus obat apakah kita harus bayar dengan uang cash ?
    sedangkan kita mempunyai identitas BPJS kesehatan?

    Reply
    • admin

      Ada obat yang tidak dijamin oleh BPJS. Diluar itu seharusnya peserta tidak perlu membayar.

      Reply
  219. andhini

    Saya punya 2 anak,yg pertama 4thn 11bln n yg kedua 1th 3 bln..apakah untuk anak2 balita dlm pembuatan bpjsnya hrs menggunakan foto?

    Reply
  220. Darius Saiman

    saya mau tanya, apabila kita sudah terdaftar di BPJS Kesehatan secara pribadi (bayar sendiri) kemudian perusahaan tempat kita bekerja mendaftarkan kita dalam BPJS Kes melalui badan usaha apakh kita perlu mencabut dulu / menonaktifkan kepesertaan kita atau bagaimana?? demikian juga dengan yang sebelumnya sudah memiliki kartu jamskesda atau dia yang sebelumnya memiliki kartu jaminan kesehatan karna istri / suaminya adalah PNS itu bagaimana prosedurnya jika diikutkan dalam BPJS Kesehatan oleh badan usaha?? trims..

    Reply
  221. Lia

    Sy mau tanya, apa masih bisa merubah kelas dari kelas 1 ke kelas 3.sementara kartu saya sudah jadi hanya belum diaktifkan?

    Reply
  222. betty m sembiring

    Apakah bisa naik kelas bpjs dari kelas 2 naik ke kelas 1?

    Reply
  223. tatan

    Saya mau tanya . . Apakah bisa jika istri punya bpjs sedangkan suami baru mau buat bpjs di perusahaan swasta nya,apakah bisa bpjs nya istri keluar dan pindah ke bpjs nya suami.thanks..

    Reply
  224. samuel

    Kalau menggunakan ktp dan kk orang lain untuk ddaftar bpjs bisa gak.

    Reply
    • admin

      Nanti orang lain yang berobat. Ini pertanyaan paling ‘ANEH’ yang pernah saya terima.

      Reply
  225. dhini

    1. apabila saya tinggal di kota A, tapi ktp saya di kota B dan kartu bpjs saya juga pakai data sesuai ktp, apakah saya bisa berobat di faskes kota A tempat saya tinggal? bagaimana caranya?
    2. utk keadaaan darurat & mendesak apakah bpjs bisa memberikan layanan cepat/ misalkan keadaan UGD atau rencana lahiran normal namun ternyata saat proses saat itu harus segera di operasi scesar?

    Reply
    • admin

      (1) Faskes I Anda dimana, itu yang jadi tempat berobat. Faskes I lihat di Kartu. Untuk diluar kota, Anda harus lapor ke kantor BPSJ dulu, nanti ditunjukkan Faskes I mana yang bisa digunakan.

      (2) Gawat Darurat bisa langsung ke semua rumah sakit. Tidak perlu rujukan. Definisi gawat darurat tanyakan ke Faskes I.

      Reply
  226. siska

    Bln ini sy msuk khamilan 8 bln. Klo bln ini sy br bs urus bpjs apakah bln depan sdh bs dpakai???

    Reply
  227. arif

    jika seorang pegawai swasta sudah terdaftar di bpjs istri yang pegawai negeri, apakah suami harus tetap mendaftar bpjs melalui perusahaan tempat kerjanya ? karena hal ini bertentangan dengan pasal 13 ayat a uu no 24 th 2011 . kewajiban bpjs memberi nomor identitas tunggal kepada peserta. karena bila diikutkan akan terjadi pembayaran ganda dan nomor ganda. hal ini juga bertentangan dengan uu no 24 th 2011 pasal 2 bpjs berazas keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    Reply
    • admin

      Setahu saya wajib ya. Silahkan tanya ke kantor BPJS Kesehatan, mekanismenya bagaimana supaya tidak terjadi indentitas ganda seperti yang Anda sampaikan.

      Reply
  228. icho

    Saya mau nnya soal buku rekening, bisa tidak klo tidak menggunakan buku rekening dri ketiga bank tersebut tpi menggunakan buku rekening laen pas daftar BPJS ?

    Reply
  229. Galih

    Selamat pagi,
    Saya ingin bertanya, sebelumnya saya pernah bekerja diswasta dan sudah terdaftar menjadi peserta bpjs kesehatan. Setahun kemudian saya keterima pns di kota lain. Yang ingin saya tanyakan apakah kartu bpjs saya masih bisa digunakan di kota tempat saya tinggal skrg atau saya harus memperbaharui data tmpt tinggal saya skrg ke kantor bjs atau malah membuat kartu bpjs kesehatan lagi dari awal??
    Terima kasih..

    Reply
  230. indah

    Keluarga saya telah membuat bpjs sebelumnya tetapi yang di bayarkan hanya punya ayah saya saja yang 3 lainnya sudah 10 bulan tidak di bayarkan? Apakah saya harus memperbarui keempatnya atau hanya tiga saja

    Reply
    • admin

      Coba cek kantor karena jika telat setelah 6 bulan setahu saya kartu ditutup. Tapi coba cek ke kantor BPJS

      Reply
  231. purwanto

    Bagaimana caranya membuat surat rujukan untuk rumah sakit yang areanya diluar faskes tk 1 ?

    Reply
  232. farzan

    sore min.. bpa saya tgl dikota B tp ktp dan kk di kota A.. apa kah bs membuat bpjs dikota sekarang yg dy tempatin (kota B)? tq

    Reply
  233. fanolo laia

    Saya mau tanya,,karena waktu saya berobat di klinik dan disitu dokter berkomentar atas bpjs saya tidak aktif pada hal saya selalu bayar stiap bulan dan bagaimana cara aktifkan kembali secara online…

    Reply
  234. ellen gold

    Sy mau tanya kan sy baru mau mendaftar baru bpjs tp kan sy dan suami sudah pisah dan kk masih ada nama suami apakah bisa nama suami tidak di masukan karna kan harus sy bayar itu bagaimana ya sy bingung..makasih

    Reply
  235. NIAti

    Mau nanya, saya salah satu karyawti perusahaan astra, peraturan perusahaan karyawati yg sudah menikah tidak dibayarkan lagi bpjs kesehatannya, apakah saya bisa protes dgn peraturan perusahaan saya tersebut? Terima kasih

    Reply
    • admin

      Setahu saya BPJS tidak mengatur sampai kesana. Yang jelas semua karyawan harus memiliki BPJS, itu ketentuannya.

      Reply
  236. edi santoso

    apakah kartu bpjs kesehatan bisa dpakai untuk medical chek up?

    Reply
    • Sucipto Kuncoro

      Tambahan ya pak, kalau atas indikasi medis, medical checkup bisa ditanggung di faskes 2 (melalui proses rujukan).
      Tapi kalau medical checkup atas permintaan sendiri tidak bisa (seperti untuk keperluan kerja/studi). Faskes 1 tidak melayani pemeriksaan lab, kecuali lab sederhana (dahak, urin, darah sederhana). Hanya saja, khusus pasien penyakit kronis bisa mendapatkan pemeriksaan lab rutin di faskes 1 atau lab yang bekerjasama dengan BPJS dengan program PROLANIS.
      Asuransi manapun setahu saya juga tidak ada yang menanggung medical checkup atas permintaan sendiri.

      Reply
  237. Sovie

    Bagaimana cara mengisi data TMT pda pendaftaran,,karena jika tanggal di isi sesuai tanggal sekarag mka akn muncul pertanyaan ini”tanggal TMT tidak boleh kurng dari tanggal PKS badan usaha”maksudnya pha,,,terima kasih 🙂

    Reply
  238. zaytun

    Saya sudah daftar bpjs ketenagakerjaan, tetapi kartu saya tidak bisa dicetak karena ktp tidak online. Lalu saya datang ke kelurahan tempat saya tinggal untuk meng online kan nik ktp saya. Tai saya hanya mendapatkan biodata dari kelurahan. Apa itu sudah cukup untuk persyaratan bpjs terimakasih

    Reply
      • zaytun

        Bpjs kesehatan saya pun tidak bisa karena alasan yg sama dengan masalah bpjs ketenagakerjaan…
        Mohon penjelasannya…

  239. tonny

    min,mau tanya dikit,bgmn jika peserta bpjs perseorangan meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit?apakah mendapat (semacam) asuransi?

    Reply
  240. ali

    mau tanya…saya peserta bpjs di salah satu perusahaan swasta ,anak saya meninggal karna kecelakaan dan anak saya terdaftar di bpjs yang saya ikuti …apakah bisa di klaim kan di bpjs ? kalau bisa gmana caranya?..

    Reply
    • admin

      Saya berduka untuk alm Anak bapak. Yang ingin diklaim apanya ya? BPJS Kesehatan tidak menyediakan asuransi jiwa.

      Reply
  241. linda vonny

    Saya mau mendaftar peserta bpjs. Tp kalau hanya saya seorang saja yg mendaftar boleh atau tidak ya.

    Reply
    • admin

      Semua anggota keluarga di dalam Kartu Keluarga wajib pula diikutkan. Tidak bisa hanya sendiri jika ada anggota keluarga lain di KK.

      Reply
  242. Yauni

    bagaimana jika karyawan yang sdh keluar dr sebuah perusahaan apakah harus mendaftar jadi peserta BPJS baru lagi ???

    Reply
    • admin

      Kalau perusahaan tidak membayar iuran BPJS, peserta otomatis berhenti. Jadi harus daftar lagi.

      Reply
  243. andik

    Saya pernah memiliki bpjs ditempat kerja yg lama…dan sekarang pindah kerja ditempat yg baru oleh perusahaan mau dibuatkan bpjs yg baru tp ternyata tidak bisa karna kartu saya yg lama katanya masih aktif..padahal saya pernah cob pake bpjs saya untuk berobat tp pihak klinik bilang klo sudah tidak bisa dipergunakan karna sudah tdk bekerja di perusahaan yg lama..lalu bagaimana caranya mengurus bpjs yg baru?

    Reply
  244. melya

    misi mau tanya pembayaran asuransi bpjs tertinggi sebesar 59.500 perbulan atau ada yang lebih tinggi? thankyou

    Reply
  245. Tito wiminarso

    Pak mau tanya,ibu saya kan menggunakan akses yang di alihkan ke bpjs,dan dia sekarang mempunyai sakit jantung,setiap bulannya dia harus ke puskesmas dulu untuk meminta rujukan ke rsud,dan itu hanya untuk sakit jantung nya,dia di wajibkan untuk periksa ke dokter spesialis penyakit dalam,waktu saya ke puskesmas, untuk meminta rujukan ke spesialis penyakit dalam,kata pihak puskesmas, pihak puskesmas tidak mengeluarkan rujukan 2 untuk berobat jalan ke rsud,katanya harus meminta rujukan intern dari pihak rsud,antara dokter jantung dan dokter spesialis penyakit dalam, dan itu hanya berlaku 1 kali,untuk selanjutnya, tidak,pertanyaan saya,apakah bpjs hanya mengeluarkan surat rujukan 1 orang untuk 1 penyakit saja,?disini intinya pihak rsud dan pihak puskesmas tidak mau melayani pasien rujukan puskesmas atau bpjs,yang penyakit nya lebih dari 1,mohon infonya yang lengkap makasih min.

    Reply
  246. trya

    Bagaimana kl tgl lahir di kartu BPJS salah, dan berbeda dgn KTP yang kita punya ?

    Reply
  247. ahmad hariri

    Saya mau tanya. Waktu istri saya melahirkan, pihak rumah sakit menolak bpjs istri saya .. krna nik bpjs dan krtu kk berbeda.. padahal saya bikin krtu kk pake e-ktp dan e-ktp istri saya belum ganti tmpat tinggal.. dan saya dri banten sedangkan istri saya dri cikarang. Dan istri saya belum bikin ktp banten

    Reply
  248. Susi

    Saya pns, anak 3 org, suami swasta, saya dah punya kartu askes untuk km suami istri dan anak 3, suami saya kerja di swasta punya asuransi sinarmas untuk saya suami dan juga anak 3, sekarang perusahaan tempat suami tidak lagi ada asuransi , cuma bpjs kesehatan dan bpjs ketenagakerjaan, apakah bpjs kesehatannya sama dengan bpjs kesehatan yg di pns/ askes yg dulu, klu ia berarti dua kali iuran, tlg dijelaskan

    Reply
    • admin

      Susi,

      BPJS Kesehatan ini berbeda dengan Askes. Ada sejumlah perbedaannya. Yang jelas tidak ua kali iuran karena askes sudah dilebur ke BPJS Kesehatan. Silahkan dibaca lengkapnya di artikel-artikel dalam blog ini.

      salam

      Reply
  249. Beni

    Dear Admin,

    Mengenai BPJS kesehatan per seorangan, apabila meninggal dunia apakah dari BPJS Kesehatan dapat klaim untuk meninggal ? dan kalau ada, apa persyaratan untuk proses pengajuan klaim kematian?

    regards.

    Beni

    Reply
  250. hany

    Saya Ingin bertanya, pada saat hari libur panjang maka pukesmas atau klinik tempat rujukan pasti juga libur. Bagaimana cara menggunakan bpjs? Apakah harus menunggu hari libur selesai untuk meminta surat rujukan untuk berobat atau langsung bisa ke rumah sakit dengan alasan pukesmas rujukan sedang libur. Terimakasih

    Reply
    • admin

      Hany,

      Yang saya pahami, kecuali kondisi gawat darurat, peserta harus tetap terlebih dahulu ke Faskes I yang tercantum di Kartu Peserta. Itu sebabnya amat penting memilih Faskes I yang buka 24 jam. Saya lihat ada Faskes I yang buka 24 jam, yaitu klinik swasta yang bukan Puskesmas.

      salam

      Reply
      • Taufik

        Saya mau tanya. Saya pernah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di kantor yang lama dan skrg sudah resign. Kemudian saya ingin merubah dari keanggotaan dari perusahaan menjadi dengan membayar secara pribadi sekaligus mendaftarkan anggota keluarga yang yang ada dalam kartu keluarga. Tapi sampai di kantor BPJS di minta untuk mendapatkan surat dari tempat kerja yang lama. Apakah ada yang punya pengalaman seperti saya? Mohon sharing nya.

      • admin

        Taufik,

        Saya belum punya pengalaman seperti ini. Kalau jadi Anda, saya akan urus suratnya dari kantor sebelumnya.

        salam

  251. Ida ayu putri

    jka menunggak iuran bojs, makan bpjs akan mati otomatis , bukan ? Lantas apa bisa, jika ingin melunasi nya ? apa bisa di akrifkan kembali ? Apa harus re-registration ?

    Reply
    • admin

      Ida,

      Setahu saya setelah 6 bulan tidak membayar otomatis dihentikan oleh BPJS. Untuk pengaktifan kembali silahkan ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  252. Tia

    Saya sudah mendapatkan KJS, namun di perusahaan saya menggunakan BPJS. Apakah perusahaan bisa mendaftarkan saya untuk BPJS? Sedangkan ayah ibu adik saya masih pakai KJS.

    Reply
  253. salmah

    Kmarin kan saya membuat krtu bpjs untuk calon anak saya yg msih d dlm prut,skarang anak saya sudah lahir apa prsyaratan untuk mngganti nama anak calon k nama asli di krtu bpjs nya ya

    Reply
  254. mahardjana

    1.Saat berada diluar kota apakah BPJS bisa digunakan dalam katagori darurat / bukan darurat di RS /dokter yang melayani BPJS.

    2. Apakah untuk memilih Faskes 1 bisa langsung memilih Rumah Sakit ( poli klinik ) yang melayani BPJS
    bukan memilih dokter yg praktek perorangan / puskesmas.

    Reply
    • admin

      Mahardjana,

      1. Bisa. Lapor ke kantor BPJS di tempat yang Anda kunjungi, nanti mereka akan menunjukkan Faskes I mana yang bisa merujuk Anda.

      2. Faskes I sudah ada daftarnya. Saat mendaftar, Anda memilih dari situ.

      salam

      Reply
  255. Romi

    Maaf saya mau bertanya,saya udh 5 bulan resign dari tempat kerja apakah bpjs kesehatannya bisa di lanjutkan tanpa mendaftar lg ,hanya melanjutkan iuran per bulan nya?

    Reply
    • admin

      Romi,

      Coba cek ke kantor BPJS. Setahu saya, jika di daftarkan via perusahaan, Anda harus mengurus untuk menjadi peserta Mandiri (bayar sendiri).

      salam

      Reply
  256. Eka Wulandari

    Pak saya mw tanya,say sdng hmil 8 bln rjukan trkhr wkt usg k dkter kndungan bilng sruh kmbli tgl 1 dy mw lihat ap sy bs normal ato ccar lg,klo ccar lg dy mw jdwalin oprsinya tp klo sblum tgl 1 klo sy sdh ad tnda mlhirkan dy blg bleh lgsung k ugd tnpa srat rujukan,,ap bnar bs sprti yg dkter rs blg pak,,sya tkt nntinya dprsulit klo dsruh mnt rujukan lg,,

    Reply
    • admin

      Eka Wulandari,

      Proses pemeriksaan kehamilan dengan BPJS harus dimulai dengan pemeriksaan kesehatan di Faskes I. Nanti di Faskes I dijelaskan bagaimana proses kelahiran dengan BPJS kesehatan.

      salam

      Reply
  257. Doedoe

    Maaf mau tnya.saya ikut progrm bpjs wktu saya msh lajang/bujang itupun perusahaan yg buatin.skrng saya sdh menikah dan saya pengen buatin kartu bpjs buat istri.apa kartu bpjs saya jg harus ikut dirubah sesuai dengan KTP.dan klu boleh tau syaratnya apa saja.apa bisa diurus sendiri ke kntor Bpjs..trimakasih

    Reply
  258. VITA

    Mau tanya sy sudah terdaftar bpjs mandiri, skrg sy bekerja diperusahaan dan anak sy didaftarkan dr perusahaan tempat sy bekerja. sy skrg tinggal dikota A, tapi anak sy tinggal dikota B. tapi faskes anak sy dikota A yg skrg sy tinggal. Bisa apa tidak diganti faskes ke kota ank sy tinggal? kalau bisa bgmana caranya? trimakasih

    Reply
  259. ARIF FIRMANSYAH

    ADMIN YTH.
    Saya Perwakilan dari Perusahaan,ada beberapa yang mau saya tanyakan,kebetulan saya menggungan new e-dabu.
    1. Jikalau si perserta identitas nya tercantum di kota/kabupaten yang lain,sedangkan untuk faskes I ingin menggunakan faskes I di kota / kabupaten lain?
    Contoh : Andi identitas nya di tasikmalaya,sedangkan andi sekarang tinggal di kuningan dan ingin menggunakan faskes nya di kuningan…..mohon minta kejelasan nya.
    2.Minta kejelasan mengenai ” status ” MENUNGGU PERSETUJUAN.
    3.Kartu nya belun jadi tadi No ENTITAS nya sudah ada,Apakah bisa digunakan?
    mungin sementara itu saja dulu yang saya tanyakan demi kelancaran hak karyawan,Terima kasih.

    Reply
  260. mochamad ridwan

    siang saya mau taya klu sebelumnya saya sudah mempuyai katru bpjs kesehatan perorangan apakah bisa saya alihkan kebpjs yg baru diadakan diperusahaan saya,tetapi saya sudah lama tidak melakukan peyetoran

    Reply
  261. ari iriawati

    Mohon pencerahan, saya memiliki 2 kartu jamsostek. 1 kartu kepesertaan jamsostek saya hilang, keluar dari perusahaan kuranglebih 10 tahun yang lalu. sedangkan yang 1 lagi masih, tidak bekerja +- 4 thun. Pertanyaan saya, apakah bisa mencairkan ke2 nya, dengan data kepemilikan dari kartu yang masih ada. Catatan : saya sudah ke perusahaan yang lama (perusahaan dimana saya bekerja dulu) tetapi tidak mau mencarikan data data kepesertaan jamsostek saya. terimaksih

    Reply
    • admin

      Ari,

      Yang dibahas ini adalah BPJS Kesehatan. Bukan Jamsostek.

      Setahu saya, kartu itu wajib. Jika hilang, peserta harus mengurus kehilangannya.

      salam

      Reply
  262. Ratna Apriyani

    Min. Mau tanya nih. Kalo BPJS yang telah premi masih bisa digunakan ga? Kalo pembayaran tagihan sudah dilunasi semua..

    Reply
    • admin

      Ratna,

      BPJS punya ketentuan mengenai penunggakan premi yang telah dilakukan selama lebih dari 6 bulan. Silahkan cek ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  263. ahmad yunus

    cara mengaktifkan bpjs yg telah nonaktif 8 bulan namun sebelumya dibayarkan oleh perusahaan sekarang sy ingin aktifkan kembali dengan bayar sendiri,, bagaimana cara mengaktifkannya

    Reply
  264. Hasanuddin

    Ingin bertanya :
    1. Ada seorang karyawati diperusahaan swasta tempat kami bekerja, si karyawati ini serumah dengan ibunya dan dalam satu KK. Karyawati dan ibunya ini belum terdaftar sebagai anggota BPJSKES. Ibunya tidak punya penghasilan, tinggal anaknya yang bekerja. Apakah si ibu karyawati tersebut bisa diikutkan dalam keanggotaan BPJSKES didalam naungan badan usaha tempat karyawati ini bekerja?
    2. Saya seorang karyawan swasta dan sebagai peserta BPJSKES dalam badan usaha, memakai kacamata dengan ukuran plus 2.75 dan 2.5, apakah biaya pembelian / panggantian kacamata diganti oleh BPJSKES, kalau diganti berapa limit yang ditanggung BPJSKES. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Hasanuddin,

      Setahu saya tidak bisa ya karena bukan termasuk keluarga inti. Tapi untuk pastinya cek ke kantor BPJS. Untuk limit kacamata, kami tidak tahu.

      salam

      Reply
  265. Dicky

    Halo Bapak / Ibu Admin, Mohon infonya…, istri saya sudah menjadi anggota BPJS…, kondisi sekarang sedang hamil 1 bulan dan kebetulan faskes I klinik tidak ada fasilitas dokter bidan (dokter kandungan). Pada saat kami ke klinik sesuai alamat pada faskes 1, dimana dapat rujukan ke rumah sakit untuk konsultasi ke Dokter Kandungan. yang kami tanyakan, apakah setiap akan konsultasi ke dokter kandungan harus selalu ke klinik faskes 1 dulu atau tidak, karena untuk konsultasi kehamilan ke dokter kandungan selalu dilaksanakan sebulan (1) sekali? Apakah ada solusi lain agar tidak perlu ke klinik tetapi langsung ke rumah sakit rujuk, dengan kondisi istri sedang hamil.? demikian pertanyaan saya, terimakasih atas perhatiannya…

    Salam,
    DICKY

    Reply
    • admin

      Dicky,

      Setahu kami, wajib minta rujukan dari Faskes I. Coba dicek lagi ke Rumah Sakitnya karena pihak Rumah sakit yang akan harus bertanggung jawab saat menerima rujukan peserta.

      salam

      Reply
  266. Budhy Bin Salim

    Mau tanya Pak, saya mau memcairkan dana jamsostek, tapi saya tidak punya buku tabungan, apakah saya boleh makai buku tabungan kakak saya. Trima Kasih…

    Reply
  267. intan nuraini

    saya seorang pns mau tanya apakah anak dalam kandungan harus didaftarkan ke bpjs…dan bagaimana pendaftaran untuk kelahiran anak kembar..terimakasih

    Reply
    • admin

      Intan,

      Setahu saya, sekarang BPJS memungkinkan anak masih dalam kandungan sudah didaftarkan sebagai peserta. Cek ke kantor atau di situs BPJS untuk proses pendaftarannya.

      salam

      Reply
  268. Maulidah

    Saya mau tanya, .Ayah saya peserta bpjs mandiri hampir sebulan yg lalu meninggal, .tetapi sdh hampir 1,5 tahun iuran bpjsnya tidak dibayar. Apakah bila melapor sekarang tunggakan yg selama hampir 1,5 tahun itu harus tetap dibayar atau jd hutang?
    Dan ibu saya belum terdaftar sebagai peserta bpjs, apakah mendaftar saat ini bisa menjadi tanggungan anaknya yg pns yg masih satu KK?

    Reply
    • admin

      Maulidah,

      Cek langsung ke kantor BPJS Kesehatan karena jika tidak dilaporkan maka pihak BPJS masih menghitung kewajiban tersebut walaupun jika setelah 6 bulan menunggak fasilitas BPJS akan berhenti dengan sendirinya.

      salam

      Reply
  269. rafi

    saya sudah 1 thn tdk byr bpjs sekarang istri saya mau melahir kan apakah bpjs saya masi aktif apa kah arus daftar lagi

    Reply
  270. ayuu

    bapak bisa minta bantu bimbingan sebagai bahan skripsi saya karena saya mengambil tema bpjs.terima kasih mohon bantuannya

    Reply
  271. Irfan

    Malem admin
    Sayang ingin Tanya apakah implant Gigi permanen bisa bayar pake kartu bpjs ?
    Sebab implant Gigi permanen sangat mahal
    Terimakasih

    Reply
    • admin

      Irfan,

      Setahu saya tidak dicover oleh BPJS karena itu termasuk kosmetik. Tapi untuk kepastiannya cek ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  272. ichell

    Min,saya baru resign dari perusahaan ygl 25sept dan bpjs saya teruskan ke pribadi knpa tetap harus ada tenggang waktu 14hari ya?
    padahal saya ada keperluan mendesak persalinan secara cesar..
    sedangkan hpl saya awal oktober bln ini,adakah solusi untuk percepataan masa aktif bpjs saya yang baru?

    Reply
    • admin

      Ichell,

      Anda daftar baru lagi sebagai peserta mandiri dan sesuai ketentuan BPJS butuh 14 hari untuk proses. Semuanya sudah dijelaskan di situs BPJS.

      salam

      Reply
  273. joko tristiono

    min mau tanya untuk form 34 kategori tanggal lahir harusnya apa ?
    dd/mm/yyyy atau mm/dd/yyyy.

    saya mengalami kendala..
    untuk form nya sendiri ditaruh format dd/mm/yyyy sedangkan untuk bpjs nya sendiri menggunakan sistem mm/dd/yyyy..

    bagai mana solusinya min ? ..

    saya selalu memeriksa ketika ingin upload ke cek exel migrasi.

    terimakasih

    Reply
  274. amran,sp

    terimakasih atas jawabannya atas semua pertanyaan teman-teman tadi admin, tapi saya mau nanya juga apakah bisa naik kelas kalau sudah terdata di kelas III bisa pindah ke kelas II ?

    Reply
  275. nengsih

    kenapa ketika saya bayar bpjs via atm suda berkali kali saya coba gagal teru,malah d situ tertulis no yang anda tuju blm terdaftar padahal bulan kemaren sukses apakah ada hub dgn telat bayar,padahal saya cuman telat 1 hari,bagaimanakah solusi nya.

    Reply
  276. heri buwono

    apabila ada karyawan yang berhenti bekerja, bagaiman caranya agar perusahaan tidak lagi menerima tagihan iuran karyawan tersebut ?

    Reply
  277. fablio rojev andrea

    Saya ingin bertanya,kapan seorang karyawan mendapatkan hak nya atas BPJS, apakah saat telah diterima sebagai karyawan ( percobaan ataupun kontrak )? apakah karyawan dengan masa probation ( percobaan ) mendapatkan hak atas BPJS ?

    tolong disertai dengan dasar hukumnya.

    Reply
  278. sarwanti

    Saya ingin bertanya, setiap melakukan mutasi di e-DABU kan no tiketnya harus di konfirmasi via email ke BPJS,,tetapi sudah 2 hari ini saya mengemail kenapa selalu gagal ya? trus bagaimana cara mengkonfirmasinya? demikian terimakasih

    Reply
  279. Shandy

    saya telah terdaftar sebagai peserta BPJS melalui istri saya (PNS). namun sekarang saya diwajibkan oleh perusahaan tempat saya bekerja untuk mendaftar BPJS melalui perusahaan.
    Apakah kepesertaan saya menjadi double??
    Bisakah saya menolak tuntutan perusahaan saya untuk tidak mendaftar BPJS? (soalnya saya lebih memilih kepesertaan yang sudah ada, selain itu dikhawatirkan menjadi masalah bagi istri saya dalam pengurusan administrasi kepegawaianya)

    Reply
    • admin

      Shandy,

      Setahu saya tidak bisa menolak, karena perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya akan dikenakan sanksi.

      salam

      Reply
  280. Neni

    Maaf mau tanya, kalo mau merubah status kepsertaan anak ke mandiri bagaimana caranya..?

    Reply
  281. Iqbal

    Saya mau tnya
    Saya baru urus bpjs kesehatan blan 10 2015 tapi kartu asli nya gk ada yang dikasi nya cuma foto copy nya…. Kenapa gk ada kartu aslinya?

    Reply
  282. Surya

    Ktp sy bukittinggi merantau ke rokan hulu riau,2 minggu yg lalu sy kecelakaan sepeda motor,masuk ugd rumah sakit dan pake kartu bpjs,ternyata ga bisa,harus ada rujukan dr faskes 1 b.tinggi(padahal kami dah kasih surat rujukan dari puskesmas tmpt pertama kmi dtolong,di puskesmas aja gratis)
    Apa benar harus ada surat rujukan dr faskes 1 sy yg berjarak 350km dr TKP,sedangkan surat rujukan dr puskesmas t4 kmi tnggal dah ad???!!!…
    Apa resikonya klu kami smua stop ikut bpjs(krn itu kali pertama sy juga mertua mau mempergunakan kartu bpjs sy jg mertua tp jauh dr harapan)

    Reply
  283. adjie

    malam min..

    moga disempatkan waktunya agar bisa jawab pertanyaan sy..

    sy sudah diikutkan bpjs kes oleh perusahaan sejak april 2014, dan baru mengetahui kalau kartu bpjs sy ditangguhkan..

    gaji sy selalu terpotong sesuai dgn jumlah iuran bpjs kes nya tiap bulan, dan yg jadi pertanyaan dana yg dipotong apakah masih ada diperusahan atau “mengambang” di bpjs??

    karena setelah sy tanyakan ke teman sy yg bekerja d hrd tempat lain katanya klo akun bpjsnya tidak aktif artinya dana masih ada di perusahaan, tapi saat sy cek ke hrd sy diinformasikan dana sudah disetorkan dan tidak bisa dikembalikan..

    mohon informasinya min supaya sy bisa ambil langkah hukum jika diperlukan..

    terima kasih..

    Reply
    • admin

      Adjie,

      Coba datang ke kantor BPJS untuk menanyakan status kartu Anda. Status pembayaran iuran bisa dilihat di situs BPJS.

      salam

      Reply
  284. Baskoro

    Selamat pagi Pa Admin,

    Mohon pencerahannya, diperusahaan saya ada karyawan yang tidak bersedia didaftarkan kolektif di perusahaan dengan alasan sudah mendaftar mandiri di Kelas I. Sedangkan jika kolektif di perusahaan sesuai dengan penghasilannya menjadi kelas II.

    Bagaimana sebaiknya menyikapinya agar perusahaan tidak dipermasalahkan dikemudian hari.

    Terima kasih sebelumnya
    Baskoro

    Reply
    • admin

      Baskoro,

      Lapor ke kantor BPJS. Setahu saya, jika perusahaan tidak mendaftarkan karyawan, maka perusahaan bisa dikenakan sanksi.

      salam

      Reply
  285. Dina

    selamat sore,
    saya mau tanya, saya kan ikut daftar BPJS kolektif dikantor, pada saat HRD nya menginput no KTP saya terdapat keterangan bahwa no KTP saya sudah terpakai atau sudah terdaftar namun bukan atas nama saya

    mohon penjelasannya bagaimana bisa hal tersebut dapat terjadi? dan apa yg mesti saya lakukan?

    terima kasih

    Reply
  286. Rustaya JP

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ibu saya terdaftar di KK bersama Alm. Ayah saya. Bagaimana saya mendaftarkan beliau BPJS kesehatan dengan kondisi Kepala Keluarga (Ayah saya) yang telah meninggal?
    Terima kasih.

    Reply
  287. NIKI

    pak saya anggota bpjs ppi di bengkulu mau pindah ke bpjs karyawan bisa tidak kalau di tutup dari cabang bpjs daerah bogor, dan di ganti rujukan dengan ppk yang ada di bogor..

    Reply
  288. syaidina umar

    sy mau tanya jika kartu jamsostek yang sudah tidak aktif apa kita mendapatkan bunga yang sudah di tetapkan/saldo jamsostek kita bertambah

    Reply
  289. yanti

    sore,
    saya mau tanya apabila seorang karyawan A pindah cabang masih diperusahaan yang sama, awalnya di cabang B lalu pindahtugas ke cabang C, apakah kartu bpjsnya yang lama masih bisa digunakan atau terbit kartu baru.

    terima kasih

    Reply
  290. imam syafii

    Yth admin.
    Klo seumpama nma dikatp sama di bpjs gak sama. Gmba nih tindak lnjutnya?????

    Reply
  291. imam syafii

    krtu bpjS saya tuh nmanya g sama min. Klo dktp gda muhammad nya and klo dibpjs ada. Trus itu gmna ? Apa bsa swatu hari saya bnerin itu..mhon infonya.

    Reply
  292. novianto

    Mau tanya pak/ibu; istri saya sedang hamil 5 bulan dan dapat rekomondasi untuk membuat bpjs untuk si calon bayi; sedangkan orang tuanya sdah ada bpjs/ kartu indonesia sehat( jamkesmas…mohon beri petunjuk langkah pendaftaranya?

    Reply
  293. Rika Mamonto

    Pak Saya mau bertanya

    Untuk syarat mendaftarkan kembali karyawan yang sudah memiliki kartu kepesertaan BPJS Kesehatan apa saja ya Pak ? karena kami dari perusahaan lama mau melanjutkan kembali BPJS Kesehatan karyawan yang sebelumnya sudah selesai di perusahaan lama.

    Thanks

    Reply
  294. NURHADI

    Mau tanya pak….. saya mau daftarkan Ibu saya, cuma Ayah saya (kepala keluarga) sudah meninggal dunia. itu gimana cara daftar via online nya…….?

    Reply
    • admin

      Nurhadi,

      Daftar BPJS online mengikuti data di Kartu Keluarga. Perbaiki dulu data KK Anda jika memang sudah berubah.

      salam

      Reply
  295. Rudiyanto

    Dear Admin Yth,

    Jika saya menginginkan Medical Check Up untuk keperluan pekerjaan apakah masih bisa ditanggung BPJS…? terima kasih atas jawaban dan penjelasannya.

    Reply
  296. suryadi

    admin bagai mana kalo kepala keluarga nya sudah meningal apa harus meminta surat kematian dari desa ?

    Reply
  297. Wahyudi

    Ass. Saya Tanya ?
    Apakah Bagi Seorang yang Sudah mempunyai Kartu BPJS Non PBI bisa ganti Ke BPJS PBI

    Reply
  298. PERSONALIA

    Saya mau tanya berkaitan dengan E-dabu BPJS Kesehatan, mohon bantuannya kepada yang mengetahui..
    Ketika dilakukan Approve pada E-dabu BPJS Kesehatan, apakah seluruh data yang ada di E-dabu tersebut dianggap Valid atau hanya yang di Edit saya yang dianggap Valid?
    hal tersebut karena ketika saya melihat data pada System E-dabu BPJS Kesehatan tidak sama dengan data yang saya minta langsung kepada Admin BPJS Kesehatan yaotu data Entitas pada System BPJS Kesehatan…
    mohon pencerahannya….

    Reply
  299. Sarifah

    Saya ingin bertanya,saya tahun 2013 ada mendaftarkan ibu dan adik2 saya menjadi anggota peserta bpjs,krna waktu itu masih bs mendaftar untuk perorang saja jd saya tdk mendaftarkan ayah saya pd saat itu krna ayah sya tidk tinggal dibanjarmasin.pertanyaannya apakh sya bs menambahkan ayah sya menjd peserta bpjs skrg ini?apakah bs sya dftar disini tetapi ayah sya mengunakannya didaerah sampit? Dan menambahkannya dgn rekening ibu sya?mohon jawabannya

    Reply
  300. sarifah

    Sya sdh mendatangi kantor bpjs dibanjarmasin,memang bs sya menambhkn ayah sya menjd peserta bpjs ttpi ktanya kartu bpjs ayh sya tdk dpt digunakn didaerah smpit terkecuali ayh sya mengurus kmbali perpindahn bpjs didaerah sampit,mengapa menjd ribet skli prosedurnya? Pdhl sppu sya yg tinggl didaerah pagatan bs lgsg didftarkn didaerah bnjarmasin untuk berobat tnpa hrs mengurusdikantor bpjs bnjarmasin

    Reply
  301. hasan

    Mau tanya saya mau daftar bpjs buat lahiran istri,,perkiraan dktr hpl nya 3 januari..klo sudah pnya kk baru tp ktp msh proses apa bisa daftar nanti ktp nya menyusul,,msh dlm proses 5-6 hari kedepan,,takut nya ga kesampaian,,apa bisa ya?

    Reply