BPJS Kesehatan:  Tanya dan Jawab Hal – Hal Penting (Bagian ke 3)

  • February 10, 2015

Ini adalah bagian ke TIGA dari Tanya Jawab BPJS Kesehatan – bagian 1 dan Tanya Jawab BPJS Kesehatan – bagian 2. Perlu ditekankan bahwa ini bukan situs resmi BPJS Kesehatan. Tetapi, jawaban-jawaban dikumpulkan dari sumber-sumber resmi. 

Tujuannya supaya kita semua bisa belajar dan berbagi bersama. Selamat Membaca!

Dalam darurat, apa bisa mengakses fasilitas kesehatan yang tidak kerjasama dengan BPJS Kesehatan?

Dalam keadaan darurat pelayanan kesehatan dapat diakses pada fasilitas kesehatan yang tidak menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

  1. Pelayanan Gawat Darurat adalah pelayanan kesehatan yang harus diberikan secepatnya untuk mencegah kematian, keparahan dan atau kecacatan, sesuai dengan kemampuan fasilitas kesehatan.
  2. Peserta yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat langsung memperoleh pelayanan di setiap fasilitas kesehatan. Kriteria kegawatdaruratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Peserta yang menerima pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, akan segera dirujuk ke fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan setelah keadaan gawat daruratnya teratasi dan pasien dalam kondisi dapat dipindahkan.

Pada peserta yang mempunyai asuransi kesehatan tambahan siapa yang akan menjamin biayanya?

BPJS Kesehatan dan penyelenggara program asuransi kesehatan tambahan dapat melakukan koordinasi dalam memberikan manfaat untuk peserta jaminan kesehatan yang memiliki hak atas perlindungan program asuransi kesehatan tambahan.

Pelayanan Tidak Dijamin

  1. Pelayanan kesehatan yang dilakukan tanpa melalui prosedur sebagaimana dalam peraturan berlaku
  2. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kecuali untuk kasus gawat darurat
  3. Pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh program jaminan kecelakaan kerja terhadap penyakit atau cedera akibat kecelakaan kerja atau hubungan kerja
  4. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri
  5. Pelayanan kesehatan untuk tujuan kosmetik dan/ atau estetik
  6. Pelayanan untuk mengatasi infertilitas (memperoleh keturunan)
  7. Pelayanan meratakan gigi (ortodonsi)
  8. Gangguan kesehatan/penyakit akibat ketergantungan obat dan/atau alkohol
  9. Gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri, atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri
  10. Pengobatan komplementer, alternatif dan tradisinal, termasuk akupuntur, shin she, chiropractic, yang belum dinyatakan efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan (health technology assessment/HTA)
  11. Pengobatan dan tindakan medis yang dikategorikan sebagai percobaan (eksperimen)
  12. Alat kontrasepsi, kosmetik, makanan bayi dan susu
  13. Perbekalan kesehatan rumah tangga
  14. Pelayanan kesehatan yang sudah dijamin dalam program kecelakaan lalulintas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
  15. Pelayanan kesehatan akibat bencana, kejadian luar biasa/wabah
  16. Biaya pelayanan lainnya yang tidak ada hubungan dengan manfaat jaminan kesehatan yang diberikan

Layanan Ibu Hamil

Untuk memeriksakan kehamilan, datang langsung ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tercantum di kartu BPJS Kesehatan Anda atau jejaringnya. Di sana akan mendapat pelayanan kesehatan oleh tenaga medis profesional. Tenaga medis di faskes juga memiliki kompetensi yang memadai.

Jika terdapat masalah medis dalam kehamilan Anda yang tidak dapat ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama akan memberi surat rujukan ke fasilitas tingkat lanjutan.

Pelayanan yang dijamin meliputi: a) pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care / ANC) untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, b) persalinan, c) pemeriksaan bayi baru lahir, d) pemeriksaan pasca persalinan (postnatal care / PNC) terutama selama nifas awal selama 7 hari setelah melahirkan, dan e) pelayanan KB.

Pelayanan ANC dan PNC dapat dilakukan di fasilitas kesehatan pertama seperti puskesmas, klinik, atau dokter keluarga. Pemeriksaan ini dilakukan di tempat yang sama, kecuali dalam keadaan darurat. Tujuannya agar ada keteraturan pencatatan pantograf, monitoring perkembangan kehamilan, dan memudahkan administrasi klaim kepada BPJS Kesehatan. Perlu diketahui, pemeriksaan ANC di tingkat lanjutan hanya dapat dilakukan jika terdapat indikasi medis yang mengharuskan Anda mendapat penanganan spesialis di fasilitas kesehatan lanjutan

Dimana Persalinan Bisa Dilakukan?

Persalinan normal diutamakan dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Penjaminan persalinan normal di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan hanya dapat dilakukan dalam kondisi darurat. Yang dimaksud kondisi darurat adalah perdarahan, kejang pada kehamilan, ketuban pecah dini, gawat janin, serta kondisi lainnya yang mengancam keselamatan jiwa ibu dan bayinya.

Jika melahirkan caesar, apa ditanggung BPJS Kesehatan?

Jika dokter/bidan yang memeriksa pasien peserta BPJS Kesehatan memvonis bahwa persalinan bisa dilakukan secara normal tapi pasien meminta tindakan caesar, maka biayanya juga tidak dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Bagaimana untuk Bayi Baru lahir ?

Bayi anak ke-1 (satu) sampai dengan anak ke-3 (tiga) dari peserta  pekerja penerima upah secara otomatis dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Bayi baru lahir dari: (1) Peserta pekerja bukan penerima upah; (2) Peserta bukan pekerja; dan (3) Anak ke-4 (empat) atau lebih dari peserta penerima upah; dijamin hingga hari ke-7 (tujuh) sejak kelahirannya dan harus segera didaftarkan sebagai peserta.

Apabila bayi sebagaimana dimaksud dalam huruf c tidak didaftarkan  hingga hari ke-7 (tujuh) sejak kelahirannya, mulai hari ke-8 (delapan) bayi tersebut tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Apa Pendaftaran BPJS Kesehatan ditutup 2014?

Tidak benar bahwa pendaftaran BPJS Kesehatan ditutup akhir tahun 2014.

BPJS Kesehatan tetap membuka untuk pendaftaran, bukan hanya sampai dengan akhir Desember 2014. Bahkan, sesuai dengan roadmap cakupan kepesertaan yang menyebutkan di tahun 2019 seluruh rakyat Indonesia sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan dan apabila ditahun 2019 tersebut sudah tercapai Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan tetap membuka pendaftaran bagi peserta baru khususnya bagi bayi yang baru lahir, warga Indonesia yang baru kembali dari luar negeri, penduduk asing yang baru masuk ke Indonesia, dsb.

Apa Perbedaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan ?

Pada dasarnya keduanya dua hal yang sama. JKN adalah nama program Program Negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi  seluruh rakyat, sementara BPJS Kesehatan adalah badan publik yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan.

Apakah peserta yang pindah tempat kerja atau pindah tempat tinggal tetap dijamin oleh BPJS Kesehatan?

Peserta yang pindah tempat kerja atau pindah tempat tinggal masih menjadi peserta program jaminan kesehatan selama memenuhi kewajiban membayar iuran. Peserta yang pindah kerja wajib melaporkan perubahan status kepesertaannya dan identitas pemberi kerja yang baru kepada BPJS Kesehatan dengan menunjukan identitas perserta.

Apa ada perbedaan antara peserta kelas I, II, dan III?

Perbedaan antara peserta kelas I, II, dan III hanya terletak di manfaat non-medisnya saja, seperti ruang inap jika peserta BPJS Kesehatan dirawat inap. Sementara untuk manfaat medis, seperti mutu/kualitas obat, jumlah obat, kualitas pelayanan dokter dan tenaga medis, tindakan medis yang dilakukan dalam menangani penyakit peserta BPJS Kesehatan, serta manfaat medis lainnya, adalah setara.

Bagaimana jika peserta pindah kelas rawatan ke yang lebih tinggi?

Selisih biaya menjadi beban peserta dan/atau asuransi swasta yang diikuti peserta.

Bagaimana jika kartu peserta hilang?

Peserta melapor ke BPJS Kesehatan dan akan mendapatkan penggantian kartu dengan menyerahkan: (1) Surat pernyataan hilang dari yang bersangkutan (bermaterai cukup) dan  (2) Menunjukan KTP atau Kartu Keluarga yang berlaku.

Apa saja perubahan kepesertaan yang bisa dilakukan ?

  • Pindah Puskesmas/Dokter Keluarga/Dokter Gigi:  Dapat dilakukan minimal setelah 3 (tiga) bulan peserta terdaftar pada Puskesmas/Dokter Keluarga/Dokter Gigi sebelumnya.
  • Pindah Tempat Tinggal: Mengisi Formulir Perubahan Data Peserta (FPDP) dan menunjukkan : Asli Kartu Peserta, Asli KTP atau surat keterangan pindah domisili
  • Pindah Tempat Bekerja atau Perubahan Golongan Kepangkatan atau Perubahan Jenis Kepesertaan (PNS aktif menjadi Penerima Pensiun)
  • Perubahan Daftar Susunan Keluarga: Pernikahan, Pergantian Anak, Pengurangan Peserta atau Perceraian.

Berhenti dari Tempat Bekerja, Apa Bisa Tetap Menjadi Peserta BPJS Kesehatan?

Kepesertaan BPJS Kesehatan tidak hilang meskipun keluar dari tempat kerja. Untuk mengurusnya, silahkan melapor ke Kantor BPJS Kesehatan dengan membawa surat keterangan sudah tidak bekerja lagi. Selanjutnya, peserta tetap bisa memperoleh jaminan kesehatan dengan beralih menjadi Peserta Mandiri.

Setelah keluar dari tempat kerja, peserta segera melapor ke BPJS Kesehatan untuk merubah status kepesertaannya dan membayar iuran sesuai kelas yang dipilih dan bisa berbeda kelas dengan saat dulu masih menjadi karyawan. Pembayaran iuran disesuaikan dengan kelas yang dipilih.

dana pensiun

Bagaimana jika terdapat perubahan anggota keluarga peserta BPJS Kesehatan, seperti kelahiran, atau kematian anggota keluarga?

Peserta melaporkan perubahan susunan keluarga kepada pemberi kerja atau langsung kepada BPJS Kesehatan paling lambat 14 hari kerja sejak terjadi perubahan anggota keluarga.

panduan bpjs kesehatan

Bagaimana Cara Mengubah Nama/Alamat/Data Lainnya yang Salah Saat Pendaftaran Online?

Pengubahan data hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat . Segera melapor dan mengurus perbaikan data dengan  membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy buku tabungan (BNI, BRI, atau Bank Mandiri) dan pasfoto ukuran 3×4 dua lembar.

Bagaimana Pembayaran Virtual Account melalui Bank ?

Peraturan baru mulai 1 juni 2015. Virtual Account (VA) baru bisa dibayarkan setelah 14 hari dan kartu langsung aktif. Kalau bapak sudah bayar iuran pertama di hari ke-15, artinya kartu sudah langsung aktif. Untuk pengecekan bisa di website BPJS (bagian cek pembayaran iuran), melalui sms gateway BPJS (ketik: tagihan [spasi] nomor kartu; kirim ke 087775500400), atau melalui aplikasi BPJS di playstore. Akan ada keterangan kartu sudah aktif atau belum.

511 Responses

    • DADAN

      permisi saya mau tanya, salah satu anggota keluarga saya sudah mendaftar bpjs di tempat kerjanya, adakah cara lain untuk mendaftarkan anggota keluarga yang lain secara online selain ke kantor cabang bpjs?

      Reply
      • admin

        Dadan,

        Harus ke kantor BPJS jika anggota keluarga sudah terdaftar karena untuk pendaftaran online BPJS menggunakan data kartu keluarga.

        salam

      • jamaludin

        Apakah bisa mendaptarkan orang tua kita,tapi biaya kita yg nanggung

    • elisa

      Saya anggota bpjs wilayah surabaya. Sekarang sedang hamil dan ingin melahirkan di desa. Apakah saya tidak bisa mendapat fasilitas bpjs jika saya tidak berpindah wilayah kepesertaan? Jika bisa bagaimana caranya?

      Reply
      • admin

        Elisa,

        Silahkan baca lagi di blog ada penjelasan cara pindah Faskes I. BPJS pada dasarnya bisa dipakai di seluruh Indonesia.

        salam

    • paramu dyta

      maaf saya mau bertanya pemotongan premi bpjs kesehatan yang sudah terdaftar di bpjs kesehatan sebuah perusahaan berapa ? di hitung hanya per peserta atau per KK?

      Reply
    • Andri

      Permisi sya mau tanya, berkenaan dengan istri saya yg akan melakukan program kehamilan yg menggunakan bpjs, pda saat pengurusan bpjs istri sya msih dalam status lajang.. apa perlu merubah data ke kantor bpjs?
      Dan yg ke dua, status bpjs saya ikut sbg pekerja dan istri saya bpjs mandiri, apa bisa tanpa merubah / meng cover bpjs istri saya? Karena punya istri saya kelas 1 dan sya kelas 2, maksud sya statusnya tetap.
      Mohon informasinya. Terima kasih

      Reply
      • admin

        Andri,

        Sebaiknya status dan segala hal yang berubah dilaporkan ke BPJS agar data-data akurat. Laporkan ke kantor BPJS.

        salaam

    • INDAH

      1 kk kan ada 3 anggota.tiap anggota punya (VA) sendiri sendiri. Apakah bisa saya bayar atas nama saya sendiri dan yang laen belum bayar? Trimakasih

      Reply
    • Sissi

      Permisi saya mau tanya, bila saya belum menikah, masih tinggal dengan bapak ibu, bisakah saya membuat bpjs sendiri? karena bpjs milik anggota keluarga lain sedang diurus oleh kantor perusahaan tapi tidak tau jadinya kapan. Sedangkan saya butuh bpjs segera. terimakasih.

      Reply
      • admin

        Sissi,

        Untuk BPJS mandiri menggunakan kartu keluarga sebagai basis. Jadi nanti semua anggota keluarga ikut serta.

        salam

    • Mel

      Pemisi sy mw tanya. Bagaimana cara menutup account BPJS Kesehatan? atau bisakah dialihkan k orang lain? Terima kasih

      Reply
      • admin

        Mel,

        Keanggotaan BPJS itu wajib untuk semua warga negara sesuai Undang-Undang. Tidak bisa dialihkan.

        salam

    • Redha Syahreza

      Saya Redha Syahreza Ingin bertanya,Saya Melihat adanya kerancuan dalam peserta pemegang Kartu BPJS yang telah usai menjalankan oprasi,yang mana seorang pasien peserta BPJS mendaftarkan diri menjadi pasien di Rsu.Melati perbaungan untuk mengangkat penyakit kista yang diderita pasien,setengah jalan saat berlangsungnya oprasi pengangkatan penyakit kista itu ditemukan 1 penyakit lagi pada tempat yang berdekatan yakni (Usus Buntu),hingga ke dua penyakit berhasil diangkat,namun ketika usai oprasi seorang Dokter mendatangi pihak keluarga pasien untuk meminta Biaya pengangkatan penyakit Usus Buntu yg telah diangkat bersamaan dengan penyakit kusta pasien,dengan mengatakan satu penyakit(usus buntu)tidak menjadi tanggungan BPJS,Pertanyaan saya”APAKAH Dalam satu kali OPRASI dalam Pengangkatan Penyakit pasien peserta BPJS ditemukan kembali 1 penyakit baru saat berlangsungnya Oprasi tersebut dikenakan biaya sebesar 3 juta terhadap penyakit baru tersebut??walaupun saat oprasi pengangkatannya dilakukan bersamaan memakai kartu BPJS?

      SALAM SAYA;REDHA SYAHREZA,MOHON JAWABANNYA YA…..

      Reply
      • admin

        Redha,

        Silahkan langsung ke kantor BPJS. Ini teknis yang sebaiknya didiskusikan dengan pihak BPJS.

        salam

    • fitri

      mau tanya pak..ortua saya kan pensiunan pegawai negeri..dia punya kartu askes daerah..karena sudah tua dan sakit beliau ikut saya di cibubur..yang saya mau tanyakan apakah kartu askesnya dapat di gunakan untuk berobat di jakarta? bagaimana caranya pak? saya harus mengurus kemana? dan apa saja syarat syaratnya..sudah 2 bulan ini biaya berobat beliau kita bayar pribadi.

      makasih.

      Reply
    • andi

      permisi admin saya mau tanya . saya pernah mendaftarkan bpjs pada tahun 2014 , bpjs saya hilang dan saya tidak melanjutkan pembayaran bpjs kelaas III apakah bisa saya membuat ulang bpjs baru dan mengganti ke kelas I . Terimakasih sebelum nya apabila berkenan menjawab

      Reply
    • Tasmidi

      istri saya guru TK Petra 9 di surabaya,oleh pihak sekolah diwajibkan ikut BPJS lewat sekolahnya ,pada hal selama ini sudah ikut askes saya (PNS gollongan IV ) ketika dirumah sakit dapat fasilitas kelas 1,jika pakai BPJS di sekolahnya tentu dapat fasilitas lebih rendah,dan hari ini saya baru tahu kalau jatah layanan kesehatan istri saya dicabut dari dokter keluarga askes saya dan dialihkan ke layanan BPJS disekolahnya .saya ingin layanan kesehatan istri saya ,dikembalikan ke dokter keluarga untuk keluarga saya.(lebih dekat dengan rumah kami ) dan kekawatiran saya ketika dirawat di rumah sakit dapat layanan di kelas 3 .

      Reply
    • Nano

      agan mau tanya donk…
      kl lewat dari 3 x 24 jam apa masih bisa kartu BPJS di gunakan, di rumah sakit…
      soal’a anak di rawat di ruang NICU kartu BPJS nya blm jadi…
      saya lupa bikin BPJS emergency…
      itu bagai mana agan…
      saya minta tolong donk masuk kan nya…
      dan saya harus bagai mana…

      Reply
    • Panca satria

      Permisi bpk/ibu saya mau tanya klw sudah terdaftar di BPJS online apakah kita mendapatkan kartu BPJS.

      Reply
      • luluan

        pgi admin sya mau tnya….sya sklrga udh telat byr bpjs…..bpjs kami yg kmrn itu kls 1 tp kami nunggak dan ingin turun kelas jd kelas 3 gmna caranya lalu apakah bisa kami daftar lwt online

      • admin

        Tidak bisa via online utk perubahan kelas. Dugaan saya, Anda wajib menyelesaikan tunggakan dulu.

    • andre

      Misi min mau tanya . Saya sekeluarga kan ikut asuransi BPJS dan memilih kelas 1 … apakah ada tunjangan kematian untuk peserta BPJS ? Dan kalauada syarat apa aja.

      Reply
    • Budhy Perdana

      Permisi saya mau tanya , kan saya bayar iuran bpjs lewat atm terus ini iuran kan sudah naik ,
      nah jadi saldo nya itu ge mna ? di tambah sama saldo lama atau mulai baru lagi

      trms

      Reply
    • gerda

      Maaf saya mau bertanya, didalam kartu keluarga saya ada anggota yg belum trdftar bpjs. Jd saya mau turun kelas kata petugasnya hrus didfttkan dlu yg satu blum itu. Nah pertnyaaan saya saya mau dftrkan tp kelas 3. Sedangkan saya mau turun kelas dri kelas 2 ke 3 , apakah anggota klrga saya yg blm trftar itu mempengaruhi kmi saat pindah kelas?

      Reply
    • tri hartono

      saya dan keluarga sudah terdaftar di bpjs di jogja. kebetulan saya dipindah tugaskan keluar kota dmn saya tidak mengajak anggota keluarga saya untuk ikut pindah ( anggota keluarga masih tinggal di jogja ) jadi saya cuma seorang diri di luar kota. apakah saya bisa menggunakan fasilitas bpjs saya di luar kota seorang diri. tanpa mengubah faskes bpjs anggota keluarga saya yang lain?kalo bisa bagaimana caranya?

      Reply
    • Zoelhilda

      Jika mengganti askes ke bpjs persyaratan apa saja yg diperlukan dan bisa kah menggantinya secara online, ,
      Dan jika langsung ke kantor bpjs bisakah di wakilkan anak dari pemilik askes.
      Makasi

      Reply
    • ceny

      saya memiliki askes, dan jika saya ingin memiliki kartu bpjs. yang saya dengar harus mengurus surat keterangan, mohon contoh suratnya

      Reply
    • wiwi

      salam …

      saya mau bertanya tentang pemeriksaan laboratorium, anak kaka saya pergi ke Puskesmas untuk pemeriksaan penyakitnya … kemudian dirujuk ke RS Budi Kemuliaan … dia adalah anggota BPJS juga tetapi kenapa pemeriksaan laboratorium harus bayar ya? bukankah pemeriksaan lab itu ditanggung juga karna itu adalah bagian daripada pemeriksaan yang dibuat.

      saya juga peserta BPJS dan sedapatnya saya dan anak saya sakit kami tidak dikenakan biaya untuk pemeriksaan laboratorium…apakah ini bergantung dengan Rumah Sakit yang dirujuk atau apa ya? kalau sudah dibayarkan apakah bisa di claim ?? mohon penjelasannya

      terima kasih

      Reply
    • Nur Ain indah H.

      bagaimana pengurusan suami pns memakai askes seandainya tempat perobatan dipuskesmas mau pindah tempat keperobatan lain yang dekat dengan rumah apakah persyarannya ke bpjs

      Reply
    • suhadi

      salam sejahtera untuk semua admin and fam, saya orang awam yang tdk memahami kalimat ini
      ” Bayi anak ke-1 (satu) sampai dengan anak ke-3 (tiga) dari peserta pekerja penerima upah secara otomatis dijamin oleh BPJS Kesehatan. ”

      ” Bayi baru lahir dari: (1) Peserta pekerja bukan penerima upah; (2) Peserta bukan pekerja; dan (3) Anak ke-4 (empat) atau lebih dari peserta penerima upah; dijamin hingga hari ke-7 (tujuh) sejak kelahirannya dan harus segera didaftarkan sebagai peserta. ”
      tolong di perjelas, terima kasih

      Reply
      • admin

        Kalau anda karyawan, anak 1 sd 3 dari istri sah, akan dicover dalam BPJS Kesehatan yang didaftarkan oleh perusahaan. Selebihnya banyar sendiri.

    • sari

      Bagaimana cara pindah kelas bpjs.. Dari kelas 2 ke kelas 1??
      Tadi saya sudah menanyakan ke kantor Bpjs d daerah saya..Katanya, tidak bisa..karena sekarang saya sudah menikah..Sebelum itu saya belum menikah dan saya memakai Bpjs Mandiri.
      Lalu saya diminta untuk memindahkan Bpjs Kesehatan saya ke tempat Suami dengan kelas Bpjs kls 2..
      Apa seperti itu semestinya?

      Reply
    • Lia

      bisa tidak ya, BPJS dijadikan penjamin ke-dua apabila pasien punya 2 asuransi ?

      Reply
    • Maulana Yusuf

      setiap bulan saya selalu bayar iuran bpjs secara normal tapi kenapa bulan september ini biaya yang harus dibayar tidak normal alias 1,1juta padahal saya tidak pernah nunggak setiap bulannya.
      mohon jawabannya pak.
      Thanks

      Reply
    • Erna

      Maaf mo tanya.
      Bagaimana jika anggota keluarga ada yg meninggal Juli 2015, tapi sampai saat ini blm lapor ke kantor BPJS. Dipikir otomatis langsung tidak aktif.
      Dan biasanya kita bayar iuran yg masih hidup bisa. Tp bulan ini mo bayar kok tidak bisa?
      Katanya ada tunggakan atas nama yg meninggal itu?
      Dan yg mo tanyakan bagaimana prosesnya pembayaran? Apakah kita harus bayar tagihan yang meninggal?? Thx u.

      Reply
    • ebenlbs

      awalnya saat didaftarkan kepersertaan bpjs didalam kartu keluarga ada 4 orang dan yang menjadi peserta dan bayar iuran hanya 1 orang. September tahun 2016 kartu keluarga sudah dirubah dan masing-masing memiliki KK.karena sudah dirubah KK kemana harus disampaikan agar bisa membayar yang 1 orang tersebut.apa bisa disampaikan secara online?

      Reply
    • tina

      admin numpank tanya..kalo dikk da kluarga yang tinggal diluar negri dan ga tinggal diindonesia da lama apakah harus tetep bayar bpjs?klo ga gimana caranya yah soalnya tiba2 disru bayar bpjs hampir sejuta padahal da dikonfirmasi kalo orngnya da ga tggal diindo,ditanya kenapa bayar segtu mereka jawabnya denda karena stu org ga bayar (org yg tggal diluar ) thanks

      Reply
    • Tasriana

      kedua orang tua saya terdaftar di BPJS mandiri, BPJS saudah satu tahu tidak dibayar, sekarang sudah kami bayarkan, apa kartu BPJS nya sudah bisa kami gunakan pak ?

      Reply
    • Ovie

      Saya PNS Kementerian Lembaga, mau menanyakan apakah benar untuk kelahiran anak ke-3 dapat ditanggung oleh BPJS? Karena setau saya yang ditanggungan Negara hanya 2 anak saja. Terima kasih.

      Reply
    • Ary

      apakah pasien BPJS yang meninggal dunia di jalan atau di rumah kasus (DOA) masih bisa dijamin jika pasien BPJS tersebut dibawa ke IGD RS setempat ??? terimakasih

      Reply
    • Sarinah

      Assalamualaikum,
      Selamat pagi…
      saya ingin menanyakan mengenai status Penangguhan Peserta itu maksudnya seperti apa yaaaa?
      Dan jika ada karyawan baru masuk ke sebuah perusahaan dan BPJS dari perusahaan yang lama masih ada tunggakan, apa yang harus dilakukan oleh pengurus BPJS di perusahaan yang baru? Mohon bantuannya dalam menjawab.

      Terima kasih.
      Salam

      Reply
      • admin

        Maaf kurang bisa menjawab. Langsung tanyakan ke pihak BPJS. Tapi setahu kami, semua tunggakan harus dibayar dulu.

    • selvy anggraeny kusni

      saya mau bertanya, kalau saya status single, sy di daftarkan bpjs kesehatan dari kantor. apakah bpjs kesehatan itu bisa meliputi orangtua atau hanya saya saja ?

      Reply
    • RiNai

      ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb.. maaf sebelumnya saya mau bertanya, bagaimana cara kita seandainya ingin merubah faskes ke dokter, dapatkah perubahan tersebut kita si pemakai BPJS mengubahnya sendiri secara
      online ?

      Reply
    • dwiyanto

      orang tua saya sudah meninggal tp kartu bpjs dan ktpnya hilang karna pindah rumah.namun sampai sekarang saya masih membayar angsurannya ..yang saya punya sekarang surat kematian dari rumah sakit, potocopi, ktp dan bukti pembayaran..mohon pencerahannya pak

      Reply
    • deden kuswara

      saya mendaftarkan keluarga saya bpjs kesehatan,saya membuatnya baru dan sudah 3 bulan kartu bpjs tidak apa apa dan tiba tiba anak saya mau berobat diklinik yang sesuai dikartu bpjs tidak bisa kata orang kliniknya” klinik kesehatannya sudah dipindahkan sama bpjs dan tidak terdaftar lagi diklinik ini” . tapi kenapa sekarang klinik yang saya daftarkan dikartu bpjs tiba tiba dipindahkan diklinik lain yang menurut saya kurang pelayanannya.dan kenapa sekarang kartu bpjs keluarga saya dan saya cek malah ada tulisan “data peserta yang anda cari tidak temasuk peserta perorangan”. padahal saya bayar pribadi dengan uang sendiri

      Reply
    • Fendi

      Pak saya selama 3 tahun tidak bayar BPJS(premi), tapi saya sudah bayar premi tersebut dengan lunas dan kartu BPJs saya aktif kembali, apkah BPJS saya masih kena denda klau rawat inap setelah sejak waktu dikatifkan kembali (sudah melebihi batas 45 hari).sekian terimah kasih informasinya

      Reply
    • badri

      saya sekeluarga mempunyai kartu BPJS mandiri tapi karena mendapatkan pelayanan yang kurang berkenan sehingga kami tidak pernah lagi membayar iuran sampai saat ini . kalau ada niatan pindah ke bpjs yang di bayar perusahaan , apakah kami harus membayar semua tunggakan nya. terimakasih

      Reply
    • mai

      saya ingin menanyakan bagaimana jika diperusahaan baru sudah dibuatkan bpjs sedangkan diperusaan lama saya juga punya.

      Reply
    • yanti teti cahyanti

      selamat pagi , saya mau tanya , saya daftar bpjs di tempat kerja saya yg lama , dan pada bulan agustus 2016 bpjs saya sudah di non aktifkan oleh perusahaan padahal saya masih bekerja sampai bulan november 2016 . per bulan desember saya bekerja di tempat baru , dan saya pun membuat peralihan bpjs ke tempat baru saya bekerja , tapi kata tmpat baru saya bekerja , no krtu bpjs saya gabisa peralihan ke tempat baru karena masih ada tunggakan pada kantor lama , tapi stts nya bpjs saya sdh d non aktifkan oleh perusahaan lama ?
      pertanyaan saya : 1 . klo sudh non aktif knapa gbisa peralihan ke kantor baru ? dan bagaimana caranya supaya bisa aktif kembali di kantor baru ,?
      2. klopun ada tunggakan dan hrs di bayar dlu , saya byar kmna ? / bisa trf ga ?

      tolong jawabannya , di tunggu , terimakasih.

      Reply
    • Retno Liesetiyawati

      selamat siang
      saya mau tanya, kalau anak saya di terima jadi PNS di Kementrian jakarta, sementara ini karu keluarga n KTP masih Jogjakarta. Sedangkan anak saya sdh punya anak3 yg dua ikut ke satu ikut saya di jogja. Bagaimana cara mendaftar dan mengurus askes/BPJS nya. kalau dgn KK dan ngurus di jogja apa bisa..???Karena rencana anak saya mau minta pindah jogja, karena suami mau buka usaha di Jogjakarta.
      tolong informasinya ya pak, sekian dan trimakasih atas bantuannya.

      Reply
  1. musaidin

    anak saya dirawat dirumah sakit pakai biyaya sendiri tgl 14 pebruari 2015 sampai tgl 18 pebruari 2015 karna kartu bpjs anak saya blm aktip dan aktip nya tgl 18 pebruari apakah pihak bpjs bisa mengganti biyaya perawatan biyaya sendiri itu

    Reply
    • admin

      Memang ada jeda waktu dari pembayaran sampai pengaktifan kartu. Setahu saya, biaya ini tidak bisa diklaim ke BPJS karena sistem penggantian BPJS itu bukan klaim. Peserta harus berobat di fasilitas kesehatan pertama (faskes I) yang sudah kerjasama dengan BPJS.

      Reply
      • Istini

        Maaf,saya mau tanya.saya sekarang sudah resign dari sebuah perusahaan dan ingin mengurus bpjs yg didaftarkan yg lalu menjadi bpjs kesehatan pbi,apakah bisa?jika bisa,apa saja syaratnya?

      • ely

        Admin sy mau tanya, sy mau mengaktifkan kartu bpjs sy, bagaimana mengetahui total yg hrs sy bayar

  2. FUJI

    diperaturan ada diuraikan utk karyawan sakit 4 bulan pertama mendapat 100% gaji dan 4 bulan berikutnya 75% dan seterusnya , apakah BPJS menjamin gaji tersebut/perusahaan bisa claim ke BPJS ?

    Reply
  3. Erwin H

    selamat pagi.
    Saya mau tanya kalau bayi usia 6 bulan apakah bisa didaftarkan juga sebagai anggota BPJS?
    kalau seandainya bisa pas daftar online kan biasanya harus upload foto,harus diupload juga fotonya atau tidak?
    terima kasih .

    Reply
    • admin

      Bisa. tapi proses pendaftarannya harus tanya ke kantor BPJS karena selama ini BPJS menarik data dari KK. Sementara kalau bayi baru lahir belum terdaftar di KK.

      Reply
      • Erwin H

        ok terima kasih infonya.satu lagi pertanyaannya kalau misalnya kita daftar online setelah mengisi data2 kan tinggal menunggu konfirmasi email dari bpjs.itu prosesnya brp lama? soalnya saya cek dari tadi belum dari konfirmasi dari pihak BPJS padahal email yang diberikan sdh betul..sementara waktu temen saya daftar langsung ada balasan dari pihak BPJS.

  4. AGUNG PRAPTO NUGROHO

    bagaimana mendaftarkan peserta bpjs tambahan di dalam satu KK yang belum terdaftar?
    saya mendaftarkan BPJS secara on line namun satu orang belum di daftarakan kertika saya mau daftarkan secara on line tidak bisa di proses?

    Reply
    • admin

      Sesuai ketentuan dari BPJS, dalam kasus seperti ini, peserta harus melapor ke kantor BPJS.

      Reply
  5. rudiyanto

    Keluarga saya daftar bpjs melalui tempat kerja istri saya. dan ternyata setelah terdaftar. semua peserta di tempat kerja istri saya masuk kelas rawat inap kelas 3. tentu kami sangat kecewa karna salah seorang karywan yg mengurus bpjs tersebut tidak melakukan konfirmasi dulu kepada rekan yang lain. semua karyawan berharap minimal kami mendaftarkan kelas rawat di kelas 2. yang ingin saya tanyakan. apakah dengan kejadian tersebut bisa ditarik berkas, sehingga kami bisa mendaftar ulang masing-masing sesuai dengan keinginan kelas masing-masing karyawan. terima kasih

    Reply
    • admin

      Mengurusnya harus via perusahaan karena ini pendaftaran kolektif lewat perusahaan.

      Reply
      • rudi

        Maaf. berarti berkas bisa dicabut melalui perwakilan perusahaan. dan setelah berkas dicabut. kami bisa melakukan registrasi ulang secara perorangan atau bagaimana. mohon penjelasannya. terima kasih.

      • admin

        Perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya. Kalau mendaftar mandiri, karyawan bayar sendiri. Kalau via perusahaan, ada porsi iuran yang dibayar oleh perusahaan.

      • ZAENAL RIFAI

        kartu Bpjs perusahaan saya hilang apa bisa pakai kartu bpjs mandiri yg masih dimiliki?

  6. sameplanet

    tanya, saya didaftarkan oleh perusahaan ke BPJS. nomor anggota BPJS sudah ada, perusahaan sudah mematuhi kewajiban membayar premi seluruh karyawannya, namun saya belum mendapat fisik kartu BPJS tsb. saya sudah mengontak ke hotline, di cek nama saya belum ada di system mereka (mungkin krn belum terinput dalam system. Sementara saya harus mendapatkan kartu BPJS tsb segera utk pengambilan obat leukimia saya di RSCM. apakah saya bisa mengambil obat tsb hanya dgn menunjukan bukti dari kantor bahwa sy sdh punya nomor BPJS yg sedang di proses tanpa membawa fisik kartu?

    Reply
    • admin

      Anda harus ke faskes I dulu. kalau langsung ke RS setahu saya tidak bisa karena harus ada rujukan dari faskes I (kecuali gawat darurat).

      Reply
      • said habib husein

        adakah sanksi hukum bagi rumah sakit yang tidak bekerja sama meminta biaya perawatan semua sedangkan pasien tersebut sudah mengatakan bahwa dia adalah peserta BPJS, peserta BPJS tersebut lagi mengalami gawat darurat.

        Sedangkan UU Nomor 12 tahun 2013 pada pasal 40 telah diatur.

        tolong dijelaskan pak

  7. yani subagyo

    apa . benar bila dlm kk ada 4 orang hrs semua didaftar jadi anggota bpjs, sedangkan keadaan ekonomi pas-po asan. terimakas ii h

    Reply
    • admin

      Saat ini seperti itu ketentuan BPJS karena menurut UU semua warga negara wajib menjadi peserta BPJS. Untuk yang tidak mampu bisa mengajukan untuk pembebasan iuran BPJS.

      Reply
      • fitri Neldayanti

        apabila dalam satu keluarga ada 2 yang belum didaftarkan ppjs terus saya mau mendaftarkannya tetapi salah satunya terkendala sudah ikut kjs dan mesti di non aktifkan dulu. Apakah yang satunya tidak bisa di buatkan ppjsnya dulu? karena menon aktifkan kjs yg satunya memerlukan waktu sedangkan yang satu lagi urgent sekali buat persalinan.
        terima kasih

  8. Betea

    Saya mau tanya,kalau kartu bpjs terdaftar akhir bulan dan baru aktif 7 hari di awal bulan apa harus bayar lagi di awal bulan tersebut?

    Reply
  9. AIDIL FITRISYAH

    saya terlambat bayar januari,pebruari,trus saya bayar tgl 1 bulan maret,dan di potong sebesar Rp 240.380.00
    Dan saya cek Via online tetapi belum masuk
    apakah memang seperti itu ya?
    tolong Masukan Nya, Makasih…..

    Reply
    • ivand z bastyand

      kok yang ini tidak dijawab ya ?
      Padahal banyak sekali kasus seperti ini dan masyarakat dibuat bingung tanfa ada penjelasan dari siapapun…

      Reply
      • admin

        Ivand,

        Kami bukan pihak BPJS. Kami jawab yang memang kami paham. Silahkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan jika belum terjawab.

        salam

  10. shinta febriani

    apakah jika kita mw ganti balai pengobatan itu prosesnya lama?
    sy terdaftar di bpjs bekasi, melalui kantor tempat bekerja sy ingin mengganti tempai balai pengobatan tp sampai skarang statusnya msh dalam proses. apakah memamng selama itu?
    apakah bisa ganti tempat balai pengobatan melalui sistem online? jika bisa sy gimana caranya

    Reply
    • admin

      ganti faskes I minimal setelah 3 bulan kepesertaan. datang ke kantor BPJS untuk perubahan faskes I.

      Reply
  11. karnoto

    saya mau tanya kk saya di jakarta beserta istri dan kedua anak saya..tp seandainya kedua anak saya ikut neneknya di jawa timur..apakah bisa kartu bpjs yg terdaftar di jakarta di gunakan di jawa timur..? mksh.

    Reply
    • admin

      BPJS berlaku nasional. Tapi berobat di tempat yang bukan lokasi Faskes I yang tercantum di kartu, peserta harus lapor ke kantor BPJS untuk nanti diberitahu dimana Faskes I yang bisa digunakan. Setelah 3 bulan, jika dirasa perlu, peserta bisa mengganti faskes I.

      Reply
      • Nancy

        Jika kita dah brenti dr tempat kerja..terus kita nggak bisa bayar iuran, bagaimana nasib BPJS kita..dihentikan kah? terus kalau mau ikut lagi gimana.. selama terminal dulu apa kita tidak mendapat pelayanan jika sakit

      • admin

        Ada masa terlambat selama 6 bulan maksimum, setelah itu berhenti fasilitasnya. jadi peserta mandiri kalau ingin tetap jadi peserta.

  12. Brudy

    Saya mau tanya :
    1. Bila ada karyawan yang sudah mempunyai BPJS Kesehatan Mandiri apa masih perlu mendaftar lagi sebagai BPJS Kesehatan Perusahaan Swasta Penerima Upah lagi?
    2. Bila ada Karyawan mengalami kecelakaan diluar wilayah atau diluar pulau apa bisa BPJS Kesehatan Perusahaan Swasta Penerima Upah tersebut langsung digunakan?
    3. Bila ada karyawan Kartu Keluarga Masih Ikut Orang Tua dan Istri serta Anak masih ikut Kartu Keluarga Orang Tua Istri apa bisa dimasukkan jadi satu Karyawan,Istri dan Anak jadi satu BPJS Kesehatan Perusahaan Swasta Penerima Upah?
    4. Kelas berapa untuk BPJS Kesehatan Perusahaan Swasta Penerima Upah?

    Reply
  13. rosna dyani

    alm suami saya pns peserta askes. dulu saya belum jadi pns, jd kepesertaannya ikut beliau. skrng suami meninggal dan saya sudah jadi pns, apakah saya harus menjadi/mendaftar jadu peserta bpjs, sementara ini tunjangan anak masih ikut alm suami. mohon penjelasannya. trims

    Reply
  14. FENTY

    SAYA PTT DI SD NEGERI SURABAYA DAN DINAS PENDIDIKAN SURABAYA TELAH MEMBUAT PROGRAM UTK KITA YAITU 2 % DIBAYAR OLEH KITA DAN 3 % DIBAYAR OLEH DINAS. TP ITU HNYA UTK SAYA SAJA, APAKAH SUAMI DAN ANAK SAYA BS MENGIKUTI DAFTAR DENGAN MEMOTONG GAJI SAYA DR DINAS PENDIDIKAN ?

    Reply
    • admin

      Coba cek dengan kantornya. kalau pendaftaran via perusahaan, anggota keluarga otomatis ikut serta.

      Reply
  15. Mulyana

    Untuk pendaftaran BPJS kantor perwakilan di luar kota ( kalimantan ) apakah dapat dilakukan perdaftaran Perusahaan tersebut di BPJS Kesehatan di jakarta? dan apakah karyawan yang berada di kalimantan dapat juga didaftarkan di BPJS Kesehatan jakarta? proses migrasi dari kepesertaan mandiri ke dalam Perusahaan bagaimana? terimakasih atas jawabannya.

    Reply
  16. Didy

    Mohon maaf, saya mau bertanya tentang Test Agregasi Trombosit (TAT) apakah dijamin oleh BPJS? Istri saya oleh dokter konsultan hematologi, didiagnosa hyperaggregation, untuk itu diperlukan TAT di laboratorium, tetapi dokter memberi surat pengantar untuk TAT di Lab. di luar Rumah Sakit, artinya saya harus bayar sendiri.
    Sebagai info, saya sekeluarga adalah peserta BPJS mandiri di kota Semarang, Jawa Tengah.
    Mohon penjelasan. Terima kasih

    Reply
      • Didy

        Istri saya periksa ke dokter internis konsultan hematologi dng surat rujukan dari dokter keluarga faskes I. Dokter internis membuat 2 surat pengantar lab, satu utk lab RS utk hb, trombo dan cholest. total dan trigliserida, ini gratis dijamin bpjs, satu pengantar lagi utk TAT di lab luar RS.

      • admin

        Setahu saya memang ada obat atau pemeriksaan lab yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan.

      • didy

        saya juga tahu itu, kalau tidak semua dijamin BPJS, masalahnya peserta tidak tahu, mana yang dijamin dan mana yang tidak. Jadi untuk itulah saya bertanya, pemeriksaan lab TAT dijamin atau tidak?
        Terimakasih banyak atas kerepotan saudara.

  17. AGUS PRAMONO

    saya dulu karyawan PT.Agape Dyah persada
    saya sudaah 2 tahun resign dari perusahaan tersebut dari tahun 2012 apakah BPJS kesehatan saya sekarang bisa di akifkan kembali? dan artunya sudah hilang

    Reply
  18. Aris

    Sy pernah membayar bulanan dua kali dalam sebulan (karena ada trouble di sofware), Jika pembayaran bulanan BPJS dibayar double atau melebihi jumlah yg ditentukan perbulannya, apakah akan disaldokan ke bulan berikutnya? terima kasih.

    Reply
  19. leny

    saya mau tanya,, saya mau daftar bpjs tapi d KK saya cuma ad 2 org.. saya dan adek saya.. sementara bpk saya tidak ikut saya.. bpk saya jg tdk pny KTP dll.. bagaimana caranya agar bpk saya bs ikut bpjs.. terima kasih..

    Reply
  20. Lia Yulianti

    Pd tgl 5 maret 2015 suami sy divonis oleh dokter dr klinik bpjs terkena hernia dan dirujuk ke rs untuk operasi. Pd saat di rs..dokter memberikan 2 pilihan kpd suami..operasi hernia dg operasi konvensional dan dg operasi laparoskopy. Kalau dg operasi laparoskopy tgkt kesembuhannya lbh cpt hanya saja tdk dicover oleh bpjs. Bpjs hanya mengcover biaya operasi konvensional..yg ingin sy tanyakan..bisa ga ya biaya operasi bpjs itu di upgrade dr biaya operasi konvensional mnjd operasi laparoskopy? jd biaya yg ditanggung bpjs selisihnya kt byr sndr..krn klo biaya sndr biaya operasinya cukup mahal sktr 25jt.

    Reply
  21. didy

    Mengapa anda tutup menu reply untuk topik saya ttg TAT. Saya tahu anda bukan petugas bpjs, tapi anda membuat web ttg bpjs dan menjawab puluhan penanya terkait dng bpjs. Kalau anda memang tidak tahu jawabnya tidak masalah bagi saya.

    Reply
  22. susan

    Maaf sebelumnya,saya ingin betanya.saya sudah risen selama 6 bulan dari kantor saya yg dulu sdgkn saya susah trdftr bpjs d kantor saya yg dulu tetapi saya tidak mendapatkan kartunya.apakah saya bisa melanjutkan dengan membayar denda?tetapi saya tidak mempunyai identitas kartu.apa saya harus mendaftar ulang.tetapi saat saya mendaftar ulang di online tidak bisa,maaf ini sangat. ptg.mohon pencerahannya.trmksh

    Reply
  23. Purwi

    Ibu saya (Janda) mempunyai 3 anak. Semua anaknya masih tercantum dalam Kartu Keluarga Ibu. Saya (PNS) dan Adik saya (menjadi istri pegawai swasta) sudah terdaftar dan memiliki kartu BPJS. Adik saya yang nomoer 3 belum menjadi anggota BPJS. Ketika Ibu mau mendaftar BPJS secara on line maka by system harus mendaftar untuk 4 orang termasuk sy dan adik saya yang sudah punya BPJS. Konsekuensinya iuran juga untuk 4 orang. Pertanyaan : Bagaimana caranya supaya bisa mendaftar hanya 2 orang yaitu ibu dan adik saya yang nomor 3?
    Terima Kasih

    Reply
  24. samuri

    Salam sejahtera,
    ijinkan saya menyampaikan uneg-2 saya dan sekaligus ijinkan saya bertanya seputar pembayaaran dan keanggotaan BPJS.Saya adalah seorang PNS (guru) yang diangkat per 1 maret 1990.singkatnya anak saya yang terdaptar dalam gaji dan ASKES pada waktu itu adalah anak ke-1 dan ke-2. sehingga jika anak ke-3 sakit saya harus menanggung biaya mandiri. Setelah diluncurkan BPJS anak ke-3 saya sakit dan oleh teman disarankan untuk memasukkan dalam BPJS yang menurut orang tadi jatah PNS yang ditanggung BPJS adalah sampai anak ke-3.Pada waktu mendaftarkan saya sudah bilang anak ke-3,namun kenapa kok tetap disuruh membayar sendiri dan sampai saat ini saya tetap membayar lewat rekening.Mohon penjelasn :
    1. Apakah memang anak ke-3 dari PNS harus membayar sendiri secara mandiri?
    2.Apakah saya harus tetap membayar BPJS anak ke -3 saya walau kini (sedang diusulkan lewat kantor) sampai anak ke-3 ?
    3.Langkah apa yang harus saya lakukan?
    4.Menurut yang saya tahu dari teman-2 lain dan menurut edaran resmi katanya sampai anak ke-3 menjadi tanggungan BPJS,dan sampai sat ini saya setiap bulan mengirim 59.500 ke BPJS sbagai pembayaran.apakah jika saya hentikan akan berpengaruh pada pengusulan lewat kantor yang baru-2 ini sedang dusulkan.
    Mohon penjelasanya dan terima kasih atas semuanya.Selamat bertugas

    Reply
  25. dofir

    saya mau tanya , kalau da keluarga yang meninggal terdaftar sebagai peserta bpjs tu da jaminanya gak ya…

    Reply
  26. Harlin hasian harahap

    saya mendaftar bpjs kesehatan dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari desa,dan sekarang saya sudah jadi anggota bpjs kesehatan.yang jadi pertanyaan apakah saya harus membayaran iuran tiap bulan ?

    Reply
    • admin

      Kalau untuk yang tidak bayar, Anda harus jadi anggota BPJS Kesehatan PBI. Coba cek ke kantor BPJS Kesehatan.

      Reply
  27. Ray

    Apakah uang yang sudah di setorkan setiap bulan di bpjs bisa diambil beberapa tahun mendatang ? Sistem nya apakah sama dengan jamsostek ?semacam ada tabungan yg bisa di ambil. Thks

    Reply
  28. dewi

    bgmn jk. sy mlahirkan bkn d dokter yg tertera d kartu mlainkan d klinik yg krjsms dg bpjs. ato g tdaftar d bpjs ap saya ttp byr. gmn cry biar g byr

    Reply
  29. marina

    Mau tanya dong…. Sya terdaftar bpjs dgn faskes 1 d puskesmas daerah jaktim, boleh ga ya, klo mau berobat rwat jalan, berobat di klinik d lokasi yg sm (jkrt timur) yg ada keterangan menerima bpjs, atau harus ke puskesmas sesuai awal daftar ya?

    Reply
  30. eko irnoto

    1. Untuk kecelakaan lalu Lintas apakah bisa di caver ama BPJS ?
    2. Apabila ada RS yang tidak mau menerima BPJS ke Mana kita mengadu mohon info No telpnya ?

    Reply
    • admin

      (1) Kecelakaan bisa. (2) RS itu kerjasasama dengan BPJS atau tidak. Kalau tidak kerjasama yang memang tidak terima BPJS.

      Reply
  31. iis susilawati

    berapa lamakah setelah pembayaran bpjs kesehatan bisa di cek pembayrannya berhasil apa tidak di web bjs kesehatan?
    tdi melakukan pembayaran via atm bni melakukan 4 pembanyaran anggota keluarga namun 1 gagal, tpi saldo kepotong. mau ngecek untuk 3 anggota keluarga tadi berhasil apa gak tetapi blum ada datanya di web

    Reply
  32. Jonli harman saragih

    Saya mau tanya .bagai mana cara mengubah tgl,bln,thn lahir dibpjs soalnya beda diktp .seperti istri saya diktp tahun 1987 tepapi dibpjs dibuat thn 1978 .bpjs sy dibuat oleh perusahaan dimana saya kerja pt saya di cirebon tp kmi kerja dan tgl dibekasi .apakah ini berpengaruh buat USG istri saya.terima kasih atas penjelasanya

    Reply
    • admin

      Coba tanyakan ke Faskes I tempat berobat apakah itu pengaruh. Tapi sebaiknya data yang salah diperbaiki ke kantor BPJS.

      Reply
  33. ayano

    saya sudah punya jpjs mandiri jika ingin pindah menjadi jpjs kesehatan perusahaan,,caranya bgai5na??

    Reply
    • admin

      Ini harus ditanyakan ke pihak BPJS karena sampai saat ini setahu saya banyak yang mengalami punya BPJS Mandiri dn BPJS perusahaan dalam waktu yang sama.

      Reply
  34. mutiara anggraini

    saya ingin bertanya,hri ini saya berobat ke faskes tingkat 1,info dkter saya hrus tes darah.namun tdk dpt obat dr faskes 1.akhrnya saya tetap brobat kefaskes 1 dan mendapat obat.dan dokter mangajurkan kpda saya kalau kondisi saya mkin drop bsa lgsg ke faskes tingkat 2 dgn lgsg ke ugd.cara kita lgsg ke ugd bagaimana?apakah ada biaya yg hrus kita keluarkan terlebih dahlu.
    terima kasih

    Reply
    • admin

      Untuk rujukan ada surat pengantar dari faskes I. Selama ada pengantar itu, rumah sakit akan bisa menerima.

      Reply
  35. raminermilena

    saya mau tanya: kalau seseorang tdk menggunakan kartu BPJSnya dan mau dialihkan ke org lain, apa bisa?

    Reply
  36. Hera Yanti

    1. Saya dan suami bekerja diperusahaan swasta yang berbeda. Saya dan kedua anak kami didaftarkan BPJS via kantor suami dan sekarang sudah terima kartu BPJS nya. Apakah memang saya tidak bisa lagi daftar BPJS via perusahaan saya bekerja? apakah memang tidak boleh double?
    2. Kedua Orang Tua saya (tidak bekerja lagi) daftar BPJS kelas II. Tiap bulan saya yang menyetorkan via ATM Mandiri saya. Sudah 3 bulan terakhir ini saya setor lewat tgl 10 namun masih pada bulan yang sama. Apakah ini dikenakan denda?

    Reply
    • admin

      (1) Anda sudah terdaftar di kantor sumai. Mau daftar lagi di tempat lain?

      (2) Setahu saya iya. Tapi untuk pastinya cek kantor BPJS.

      Reply
  37. Yessi

    BPJS sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak, karna ayah saya kmrn tgl 22 april 2015 baru saja oprasi Hernia, dan mulai dr cek pertama sampai saat ini msh dlm rawat jalan lanjutnya saya hanya mengeluarkan biaya 561.500 rupiah selebihnya bpjs yg tanggung.. Trimakasih sdh membantu beban kami bpjs…
    Skr yg mau saya tanya, saya sendiri pemegang kartu bpjs juga, apa bisa digunakan untuk general chek-up, kalau bs syarat nya seperti apa? Makasih… 🙂

    Reply
  38. vitra

    apa bisa jika perusahaan ingin keluar dari BPJS kesehatan,
    bagaimana caranya ?

    Reply
  39. vitra

    apakah bisa perusahaan keluar dari bpjs kesehatan,
    kalau bisa bagaimana caranya ?

    Reply
  40. boy sandi

    asalamualikum,salam sejatera,sy mau tanya sy baru jadi peserta bpjs sy melakukan pembayaran via mandiri pd tgl24 april 2015 dan dapat karu tertulis kepersertaan tgl 01 mei 15,pertanyaan sy apakah sy hrs membayar kembali sebelum tgl 10 mei 2015?klw iya berarti sy hrs 2 x byr dong pada pembuatan pertama kartu tgl24 april dan sebelum tgl 10 mei 2015.tks

    Reply
  41. marahudin

    bagaimana caranya mengurus untuk non aktif kan bpjs apabila peserta meninggal dunia…
    1.kalau harus datang kekantor bpjs,dokumen apa saja yang dibutuhkan
    2.setelah sudah tidak aktif,apakah masih ada kewajiban lainnya atau mungkin santunan dari pihak bpjs?
    thanks

    Reply
  42. erik

    min, kalo peserta bpjs itu sudah meninggal apa tetep harus bayar iuran??

    Reply
  43. Mitha

    Sya Mau Tany Kn sya n suami Udh terdftr Jd anggota BPJS d Kntor Suami saya.,. Nch Udh aktif Jd anggota BPJS tp yang saya heran Kan Kenapa kartu BPJS nya saya blm terima tp udh d potng tiap Bulan. Itu gmn sdngkan Saya bentar lgi mau melahirkan tlng d Jelaskan

    Reply
  44. amie

    sy mau tnya .. sy peserta bpjs di bekasi.. dokter di sbuah RS .. mendiaknosa sy trkena usus buntu & hrs sgera di operasi..
    tp klo sy ingin melakukan operasi nya di RS yg ada di jakarta , .. bs gak ya ?? gmn caranya..??

    Reply
  45. Anjas kurniawan raharja

    Apakah biaya transplantasi ginjal semua dtanggung BPJS

    Reply
  46. agus

    mau tanya: jika baru daftar bpjs dan menggunakannya untuk sesar anak pertama dan sesar itu atas permintaan dokter (memang harus disesar) kemudian belum bayar iuran lagi selama beberapa bulan,,, apakah jika membayar kena denda keterlambatan atau kena denda biaya sesar juga ??? mohon balas.

    Reply
  47. Warsini

    Faskes saya keliru yg seharusnya faskes gambir,tapi saat mendaftar online tercetak faskes Jakarta pusat ..kemana saya harus mencari Surat rujukan? Faskes terdekat sesuai KTP atau faskes yg tercetak di E-ID? atau langkah apa yg harus saya tempuh ..tksh

    Reply
  48. indah

    apakah buku rekening bank harus atas nama pengguna BPJS apa boleh menggunakan buku dengan nama orang lain di luar kartu keluarga?

    Reply
  49. wisnu

    saya dan istri sudah bekerja, istri dan anak saya 6bulan di daftarkan bpjs di tempat istri bkrja (istri dan anak mmbayar sebagian iuran), lalu stlh bpjs istri jadi, saya di terima cpns. apakah istri dan anak bisa ikut melalui saya (agar istri dan anak tidak membayar iuran lg, berhubung tiap bulan saya mendapat tunjangan askes+langsung dipotong jg utk saya istri dan anak saya)

    Reply
  50. ersa efendi

    Dear BPJS

    saya mau tanya untuk perpindahan klinik yang akan dituju untuk anak saya ,karena sekarang ini saya bekerja di semarang sedangkan anak saya ikut neneknya di jakarta.apakah dapat dipindahkan untuk kliniknya

    Reply
  51. Doni

    Bulan ini saya mencoba membayar via internet banking, krn via ATM selalu gagal. Saya mendapatkan error, lalu saya coba lagi baru berhasil. Tapi waktu saya cek keesokan harinya di website BPJS, rekening saya didebet 2 kali. Apakah artinya saya bulan depan tidak membayar?

    Reply
  52. nureza puspa

    saya mau tanya, sebelumnya saya sudah punya BPJS peserta mandiri dibuatkan orang tua, tapi setelah saya bekerja, perusahaan menyuruh saya untuk mengganti BPJS peserta mandiri tsb menjadi tanggungan perusahaan. itu bagaimana caranya ya? apa saya harus urus sendiri atau bisa diwakilkan orang tua lagi?

    Reply
  53. winda manda sari

    saya buat bpjs yang perorangan di buat di sukabumi sedangkan saya tinggal di jakarta mau cek kandungan yang di jakarta apa bisa datang langsung ke rs yang ada di jakarta

    Reply
  54. suryadi

    15 hari lalu saya mendaftar bpjs,hari ini iuran pertama saya tranfer melalui bri,kapan kartu bpjs saya aktif dan bisa digunakan?saya mendaftar di kelas 3

    Reply
    • Sucipto Kuncoro

      Peraturan baru mulai 1 juni 2015. VA baru bisa dibayarkan setelah 14 hari dan kartu langsung aktif. Kalau bapak sudah bayar iuran pertama di hari ke-15, artinya kartu sudah langsung aktif. Untuk pengecekan bisa di website BPJS (bagian cek pembayaran iuran), melalui sms gateway BPJS (ketik: tagihan [spasi] nomor kartu; kirim ke 087775500400), atau melalui aplikasi BPJS di playstore. Akan ada keterangan kartu sudah aktif atau belum.

      Reply
  55. Sih Sarwodadi Teguh

    Mau tanya jika peserta BPJS melalukan pengobatan rujukan dan rawat inap, tetapi biaya telah di bayar sendiri, apakan bisa mengajuagan penggantian biaya kepada BPJS? apa syaratnya? terimakasih.

    Reply
    • admin

      Tidak bisa. BPJS bukan seperti asuransi. Anda harus berobat ke Faskes I yang telah ditunjuk dalam kartu BPJS peserta.

      Reply
  56. Ika

    Bagaimana kita mengetahui berapa bulan tunggakan soalnya saya lupa, kalau kita bayar bank apakah ada menu utk melihat berapa jumlah yg harus dibayar setelah naik karna denda 2 %?

    Reply
  57. sri retnowati

    Bagimna jika domisili sy tuban tp sy sdh ternjur rawat inap dislh satu rmh sakit sby krn keadaan darurat ( ketuban pecah dni) apakah msh hrs mnta srt rujukan dr faskes tgl pertama yg ada didomisili tuban. Terimakasih

    Reply
  58. haris ale

    Kalo ingin memutus surat BPJS karena meninggal dunia itu persyaratanya apa saja ?? dikenakan biaya brapa ??

    Reply
  59. irrzam

    Saya dan istri saya bekerja di prusahaan berbeda dan sudah memiliki bpjs,, sedangkan dalam waktu dekat istri saya akan mengundurkan diri dr perusahaan tempatnya bekerja,, pertnyaan saya, apakah bisa bpjs istri saya, saya ikutkan ke perusahaan tempat saya bekerja??,, dan bagai mana cara mengurus nya??,, trms..

    Reply
  60. preseta

    4 hari yang lalu saya daftar melalui online, setelah cetak va, jumlah pembayaran tertulis 0, apakah setelah 15 hari baru bisa saya bayarkan melalui atm langsung sejumlah iuran kelas 1? atau harus cek link aktivasi lagi untuk mengetahui jumlah yang hrs dibayar? tks

    Reply
  61. priyancahshoufan

    Saya seorang PNS dan istri jg PNS punya anak 1.apakah saya boleh mendaftarkan ayah dan ibu saya ikut bpjs.sedangkan saya suda pisa ruma dan pisa KK.bgaimana caranya

    Reply
  62. Rongsok Scooter

    Saya punya bpjs mandiri,
    Ketika melahirkan d rumah sakit umum apa kah bayar ?
    Kalau ada biaya apa saja mesti d tanggung ?Untuk peraturan sekarang kata ny lain lg (6 juni 2015)?

    Reply
    • admin

      Anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan di Faskes I (lihat di kartu Anda). Jika mengikuti prosedur tsb, melahirkan di cover BPJS.

      Reply
  63. Mahadevi

    Saya belum menikah, umur 23 tahun tetapi sudah bekerja di pemerintahan dgn sttus pegawai kontrak, apakah saya artinya sdh lepas dr tanggungan orang tua dan bisa mendaftar BPJS sendiri??

    Reply
    • admin

      Coba saja daftar di situs BPJS Kesehatan. Kalau Anda masih KK dengan ortu, setahu saya ikut dengan orang tua.

      Reply
      • yuyun

        Saya pns. Bagaimana jika bayi usia 7 bulan belum sempat didaftarkan ulang tapi waktu kelahiran kemarin sudah diurus askes nya. Seandainya sakit dibawa ke igd apa bisa pakai askes nya?

      • admin

        Sudah ada kartunya belum ? kalau belum ada kartu tidak bisa. Setelah ada kartu, Anda harus ke faskes I, tidak bisa langsung ke rumah sakit.

  64. Yaurhi Phonna

    apakah ada cara mengklaim bpjs untuk kematian.

    terima kasih,,

    Reply
  65. fei

    Saya sdg hamil ank ke 4, ank ke 1-3 caecar dgn biaya sdri…skrg saya peserta bpjs apkh sy bs caecar ank ke 4dgn bpjs?thx

    Reply
    • admin

      Fei,

      Yang saya tahu BPJS menanggung sampai anak ke 3. Tapi saya mungkin salah. Coba cek ke kantor BPS untuk pastinya.

      salam

      Reply
  66. Nanik

    Maaf sy domisili di kab sangatta kutim dn sdg silaturhim lebaran di samarinda..saat hndak k puskesmas trdekat oleh ptgs loket tdk diperkenankan berobat gigi kr u gigi hrs pny krt jamkesda sdgkn km tdk punya yg kami pny krt bpjs ..dn disarankan k bpjs pusat u ngurus selnjutx dpt ditangani..luar biasa #sakitkudununggu.
    Lalu km pun k bpjs pusat dn trnyata dismpaikan bhw u ngurusnya km hrs membawa srt domisili dr daerah asal dn srt keterangan dr rt dg stempel kelurahan..#luar biasa negeri ini…akhirnya kami pun memilih u jd pasien umum dn k klinik gigi swasta trdekat.
    #luarbiasanegeriku
    Yg mau sy tanyakan apakah prosedurnya memang sprt itu dn jk memang ada revisi dn pembaruan ttg kebijakan apakah memang amat sangat tidak memungkinkan u disosialisasikan…#mungkinsayagagalfokus.
    Semoga bapak2 yg luar biasa mengurusi hal ini jg memikirkan hal tsb…

    Reply
    • admin

      Nanik,

      Saya terus terang tidak tahu mengenai masalah prosedur ini. Silahkan hubungi kantor BPJS Kesehatan di daerah Anda. Alamatnya bisa lihat di salah satu artikel di blog.

      salam

      Reply
  67. Yulianingsih

    Saya mau tanya, jika di faskes pertama saya tidak ada poli yg saya tuju, otomatis saya harus dirujuk kerumah sakit lain. dan jika di rumah sakit lain tsb, apa saya dikenakan biaya atau tidak.
    karna poli yg saya tuju adalah poli paru paru, yg tidak ada di rs faskes pertama saya.
    tolong infonya.
    Trims.

    Reply
    • admin

      Yulianingsih,

      Faskes I akan memberikan rujukan. Anda harus mendapat rujukan dari Faskes I.

      salam

      Reply
  68. nuris

    Saya bru pindah kk tp masih dlm satu kota. Saat ini sy sedang hamil. Sblmnya kontrol kandungan di rs. Bukan di faskes 1 . Krtu bpjs saya masih pake yg lama. Kalo saya melakukan persalinan apakah harus ke faskes yg lama ataubisa di puskesmas terdekat spy bs pake bpjs?

    Reply
    • admin

      Nuris,

      Yang saya tahu, semua pelayanan kesehatan BPJS harus dimulai dari Faskes I. Kecuali kondisi gawat darurat.

      salam

      Reply
      • zulyanifalas

        Anak saya tengah malam muntah sbanyak 7 x dan terakhir buang air 3 x,panas 37,sy bawa ke rs muhammadiyah.kata dr jaga gak bisa pakai bpjs,harus ke gaskes tk 1,lawong tengah malam kok mggak ngerti,yg saya tau ini sudah urgent to.apa itu bukan urgent.bagaimana menghadapi rs yg banyak alasan.apa harus adu argument,trims

      • admin

        zulyanifalas,

        Anda harus merubah ke faskes I yang buka 24 jam. Untuk gawat darurat memang ada ketentuan dari pihak BPJS Kesehatan.

        salam

  69. matyy

    istri saya lg hamil usia 8 bulan…klo saya daftarkan ikut bpjs..apakah bisa digunakan nanti pas persalinan???

    Reply
    • admin

      Matyy,

      Istri Anda harus mulai periksa di Faskes I yang tercantum di kartu BPJS. Setahu saya, tidak bisa hanya persalinan saja, tapi semua proses pemeriksaan kehamilan sejak awal harus di BPJS.

      Selain itu, persalinan di BPJS, sangat bisa dilakukan di Faskes I (bukan di rumah sakit) jika pihak Faskes I memiliki fasilitas persalinan yang memadai dan peserta tidak punya masalah yang serius yang membutuhkan persalinan di rumah sakit.

      salam

      Reply
  70. imam

    Ini saya mau tanya penting. . Salam kenal saya dari purwokerto. Saya sudah ikut menjadi peserta bpjs mandiri 8 bulan. Setelah 8 bulan pihak perusahaan tempat kerja saya mendaftar bpjs. Apa saya bisa pindah program ke bpjs pekerja penerima upah?

    Reply
  71. astri

    saya mendaftar bpjs untuk perawatan kelas 1. di bulan maret saya ada tunggakan 59.500 dan denda 1.190 dan di bulan april saya membayar 179.690, karena saya mengira itu sekalian dengan pelunasan tunggakan dan denda di bulan maret tapi ternyata ketika saya hubungin call centernya ternyata saya membayar lebih dari seharusnya sehingga menurut petugas call centernya akan di alihkan ke pembayaran bulan slanjutnya, yg saya pikir akan di alihkan untuk pembayarn di bulan mei, juni, juli tapi ternyata di pengecekan pembayaran iuran bpjs, saya menunggak bulan juni dan juli, kemana sisa uang dari 179.690 – 59500= 120.190??? dan saya melakukan pengecekakn lagi saya di haruskan membayar 240.000 dan pada hari minggu tgl 2-8-2015, saya ke atm untuk membayar di atm tertera yang harus saya bayar 180.880 berarti masih ada sisa 59.120 tapi saaat melakuan pengecekan di website bpjs saya masih di haruskan membayar 119.000?? apa yang mseti saya lakukan dan mengapa sisa uang pembayar di bulan april yang sebesar 120.190 itu tidak di pakai untuk pembayaran di bulan juni dan juli?? mohon penjelasanya

    Reply
  72. Mohamad Hayan

    Bagaimana bila saya sudah resign dr perusahaan tempat saya bekerja dan ingin mengalihkan menjadi BPJS kesehatan mandiri, mengingat BPJS kesehatan dari perusahaan sudah tidak aktif karena iuran blm dibayarkan selama kurang lebih 1 tahun.

    Reply
  73. Alfa

    Permisi,saya mau nanya. Saya kan terdaftar bpjs dari tempat suami saya bekerja di jakarta. Faskes saya masih jakarta. Sementara saya hamil dan pulang ke kampung jawa timur. Bagaimanakah caranya agar saya bisa melahirkan di kampung saya dengan bpjs?

    Reply
  74. erli

    saya cpns di kalimantan dan terdaftar sebagai peserta bpjs di kalimantan dan sedang hamil. saya berencana melahirkan di bangkalan, madura ( rumah orang tua ). apakah saya harus pindah faskes padahal saya hanya sementara berada di madura ( hanya selama cuti bersalin 3 bln) ? bagaimana prosesnya supaya kartu bpjs saya bisa digunakan di madura?

    Reply
    • admin

      Erli,

      Anda lapor ke kantor BPJS Kesehatan di Madura. Mereka akan membantu mengurus Faskes I yang di Madura.

      salam

      Reply
  75. lita

    Saya ingin brtanya sblmnya saya sudah mmpunyai bpjs mandiri lalu stelah saya menikah saya ingin mengubah faskes biar sama dengan suami saya dari perusahaannya,kini saya telah hamil 8bulan nah apabila khamilan saya tidak bisa ditngani secara normal dan hrus cesar apakah melalui bpjs bisa bpjs yang dari perusahaan suami

    Reply
    • admin

      Lita,

      Anda harus memeriksakan diri di Faskes I yang tercantum di kartu peserta. Jika ingin pindah bisa, laporkan ke kantor BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  76. Opi

    Saya mau tanya pak.
    Kami adalah peserta BPJS di Aceh sementara kami pulang ke Demak ( kampung asal) karena istri mau meliahirkan di sana. Gimna caranya BPJS bisa berlaku disana. “Peserta BPJS di ACEH tidak dipungut iuran dari peserta”. Apakah kami bisa menggunkan layanan BPJS itu seperti di tempat aslah Kartu kami BPJS? Dan apakah kami juga harus membayar iuran?
    Terimakasih.

    Reply
  77. Erbin

    Saya dan istri bekerja di perusahaan yg berbeda. Kami sudah mendaftar bpjs atas nama istri. Bagamana caranya untuk pindah menjadi atas nama saya? Trims.

    Reply
  78. dijah

    Saya mau tanya persyaratan untuk mengurus BPJS adik saya yg meninggal? Adik saya terahir berstatus karyawan dan single….terimakasih

    Reply
  79. Octavianie

    Selamat Sore, saya mau tanya, kalau saya mau menambahkan anggota keluarga ke BPJS tapi orangya tidak ikut ke kantor BPJS bisa tidak ya? soalnya orangnya sudah tua, 83 tahun?
    Atau bisakah saya menonaktifkan BPJS saya lalu mendaftarkan kami berdua secara online? Terima Kasih. Selamat Sore.

    Reply
  80. dwita

    Mohon maaf saya mau tanya, prosedur pelayanan BPJS di apotek itu seperti apa? Langsung dg membawa resep dokter dan kartu BPJS atau bagaimana? Lalu apakah semua obat pasti tercover BPJS? Termasuk dorner dan sildenafil.. terimakasih

    Reply
    • admin

      Dwita,

      Dalam pelayanan BPJS Kesehatan, peserta berobat di Faskes I dan rujukan Rumah Sakit yang sudah kerjasama, sehingga peserta tidak melakukan pembayaran.

      salam

      Reply
  81. asep supriyadi

    saya mau nanya pa.
    saya dapat fasilitas bpjs dari perusahaan ful sebelumnya juga jamsostek ful,saya pernah mengalami kecelakaan lalu patah tulang dan pasang pen.
    dokter menyarankan pennya harus segera di lepas,saya mau menanyakan bagaimana mengai biaya operasinya pa,terimakasih.

    Reply
  82. Yuda Brahmana

    siang, saya mau tanya, istri saya PNS dan sudah terdaftar askes. saya dan anak2 saya juga sudah jd peserta askes dibawah istri saya.
    saya karyawan swasta, baru-baru ini, HRD dikantor saya meminta saya untuk daftar bpjs lagi. nanti katanya secara otomatis keanggotaan askes dari istri saya akan terhapus. apa benar begitu.?
    kata hrd saya, kalo tidak daftar perusahaan akan kena sanksi dari bpjs.
    setau saya, pendaftarn peserta bpjs, mencakup seluruh anggota keluarga dalam KK.
    kalo saya harus daftar lagi, apa bisa saya tarik istri dan anak2 saya dalam keanggotaan bpjs saya.? jadi nantinya istri saya tidak perlu bayar iuran lagi.
    hrd kantor saya sudah coba minta surat keputusan/ perubahan peraturan kepesertaan ini, tapi malah diminta bikin surat keberatan.

    mohon bantuan pa..

    Reply
    • admin

      Yuda,

      Kantor memang wajib mengikutsertakan karyawannya ke BPJS, termasuk anggota keluarga di dalam KK. Soal keanggotaan yang double, belum ada penjelasan dari BPJS sejauh ini.

      salam

      Reply
  83. Elfans

    Mohon pencerahan, saya adalah karyawan swasta dan istri saya pns, sewaktu perusahaan tempat saya bekerja mendaftarkan saya ke bpjs dan pihak bpjs menawarkan apakah ingin ikut bpjs kesehatan tanggungan istri atau perusahaan kemudian saya pilih opsi untuk tetap ikut bpjs kesehatan tanggungan istri, apakah dengan opsi yang saya pilih perusahaan tempat saya bekerja jadi lepas tanggung jawab dan tidak menanggung biaya kesehatan saya dan keluarga? Apakah ada peraturan pemerintah atau undang2 yang menjelaskan hal ini? Mohon pencerahan, terima kasih

    Reply
    • admin

      Elfans,

      Coba lihat kembali di kontrak kerja Anda dengan perusahaan, apa kewajiban perusahaan mengenai fasilitas jaminan kesehatan untuk karyawan.

      salam

      Reply
  84. mutiara dewi

    maaf om, numpang nanya, gini, saya peserta BPJS area Barru sulsel, tp saya kuliah di pare-pare, sulsel jg sih, sya mau nanya bisa gak qlo sya pindah virtual daerah dari barru ke parepare, soalnya susah qlo lagi sakit mau pulang ke barru dulu minta rujukan. qlo bisa, apa aja syarat2x,
    makasih

    Reply
    • admin

      Mutiara,

      Bisa pindah Faskes I. Aturannya setelah 3 bulan. Caranya bisa Anda baca dalam salah satu Tanya Jawab.

      salam

      Reply
  85. iman

    Apakah daftar bpjs bisa dimana saja tanpa harus sesuai alamat tinggal dan apakah ada batasan umur untuk daftar bpjs?

    Reply
    • admin

      Iman,

      Daftar BPJS Kesehatan via online. Cek salah satu atikel ada yang menjelaskan bagaimana cara mendaftar secara online. Tidak ada batasan umur.

      salam

      Reply
  86. haryono

    Selamat pagi. Ijin tanya..
    Ibu saya peserta bpjs dari askes berobat kepuskesmas karena keluhan sakit dibag perut. 3 hari belum sembuh terus dirujuk ke rs pku (Swasta peserta bpjs). Di diagnosa kanker usus kemudian operasi dan dirawat 3 minggu di kelas 1 sesuai askes. Setelah ditanyakan biayanya 60 juta lebih terus dari rs bilang kalau yg ditanggung bpjs hanya 30 jt. Kami pernah menanyakan rinciannya tetapi tidak ditanggapi . yg kami tanyakan kenapa kok masih bayar mahal. Harus di komplain ke mana? Terima kasih

    Reply
      • haryono

        Kami sudah ke bpjs bantul kemudian diberi surat untuk cek ulang di rs. Tetapi perwakilan bpjs di rs tetap membenarkan untuk tetap membayar biayanya sebesar 30 jt, kami harus komplain kemana lagi? Terima kasih

  87. Hairil

    Mau tanya !! Bagaimana perusahaan tidak memasukkan karyawannya ke bpjs kesehatan atau jaminan kesehatan lainnya dan cara melaporkannya g mana ?? Trims

    Reply
    • admin

      Hairil,

      Kami tidak tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke pihak BPJS dulu karena secara ketentuan sudah jelas bahwa semua wajib ikut BPJS.

      salam

      Reply
  88. Arif Rahmansyah

    Maaf om mau tanya
    Saya didaftarkan bpjs secara kolektif oleh perusahaan saya dijakarta , tidak lama dari situ sekitar bulan april saya resign dari perusahaan.
    Tapi belum mendapat kartu bpjs.
    Sekitar bulan agustus , sodara saya yang juga bekerja di perusahaan tersebut datang kerumah memberikan kartu bpjs dari perusahaan lama tempat saya bekerja.
    1.bisakah saya pindahkan faskes1 (Jakarta) itu ke daerah tempat saya tinggal (Cimahi) dan bagaimana tatacaranya .
    2.apakah harus diurus oleh perusahaan atau bisa diurus sendiri, sebab pendaftaran bpjs nya secara kolektif oleh perusahaan. Terimakasih

    Reply
  89. rochim

    Anak sy ada gangguan pendengaran & hrs pakai alat pd ke 2 telinganya.hrg alat sepasang yg manual 8,6jt yg digital 17jt sedang kan dr bpjs kls I hanya menanggung 1jt.apa prosedurnya emang spt ini

    Reply
    • admin

      Rochim,

      Kami tidak tahu. Itu prosedur di BPJS. Setahu kamu, BPJS sudah punya standard biaya untuk setiap tindakan. Selain itu, perawatan harus dilakukan di rumah sakit kerjasama dengan BPJS serta sudah mengikuti sistem rujukan.

      salam

      Reply
  90. darni

    Pagi admin mau nanya apa boleh yah klo ada anak yg pns mau ksi masuk orang tua nya di daftar tanggungan bpjs… gimana?

    Reply
  91. yudi wahyudi

    selamat malam admin saya mau tanya 4 hari yang lalu orang tua saya di oprasi pemasangan ring di RS Santosa bandung dengan menggunakan bpjs setelah oprasi orang tua saya koma harus masuk ruang cvcu,akan tetapi pihak rumah sakit meminta bayar tunai 15 jt.yang saya tanyakan apakah emang seperti itu sementara biaya oprasi tidak sampai batas limit pembiyayaan yang di tanggung bpjs

    Reply
  92. faishal

    Mohon ijin tanya, apakah penghitungan naik kelas dihitung seluruh hari perawatan walaupun naiknya hanya 4hari dari 20hari perawatan,terimakasih

    Reply
  93. corry

    selamat siang,
    usia kandungan saya baru memasuki 7 minggu 3 hari, kemarin control kandungan ke faskes tingkat 1 di Densel II (bali) tetapi disana tidak ada alat yang memadai utk USG kandungan, sedangkan saya pengennya tiap bulan di usg biar tau perkembangan si janin(anak pertama soalnya), lalu saya memutuskan untuk control tiap bulannya ke rumah sakit (biaya tanggung sendiri). pertanyaannya jika seandainya(jangan sampai) nanti hasil USG mengharuskan saya untuk Caesar? apakah saya bisa minta surat rujukan dr faskes tingkat 1 Densel II supaya Caesarnya ditanggung BPJS?

    Reply
    • admin

      Corry,

      Semuanya tergantung hasil diagnosa dan rujukan dari dokter. Bukan pasien yang menentukan, caesar atau normal.

      salam

      Reply
  94. Rizki

    Saat meminta rujukan apakah peserta harus diwajibkan untuk membayar biaya rujukan? Peserta apa wajib diperiksa oleh dokter faskes 1 untuk mendapatkan surat rujukan?

    Reply
  95. Putra

    Selamat Sore,
    saya ingin menanyakan :
    > Untuk operasi caesar apakah biaya perawatan anak ditanggung BPJS ??
    > saya dan istri satu perusahaan dan mempunyai masing kartu BPJS , ketika persalinan
    BPJS siapa yang akan dipakai , punya saya atau istri saya ya ??

    Reply
    • admin

      Putra,

      Ditanggung atau tidak tergantung rujukan dari Faskes I. Jika memang menurut pertimbangan dokter harus operasi caesar, BPJS akan cover. Proses kehamilan harus dilakukan di faskes I BPJS.

      Cek di kartu, istri masuk tidak dalam kartu peserta Anda. Jika masuk, kemungkinan akan ditanggung oleh Anda.

      salam

      Reply
  96. gede juliarta

    kmaren anak saya diajak kerumah sakit jam 2 pgi…langsung saya bawa ke ugd……tapi kok dari bpjs tidak ditanggung biayanya…padahal bpjs saya jaminan kls II

    Reply
    • admin

      Gede,

      Setahu saya, peserta harus ke faskes I dulu untuk minta rujukan supaya bisa ke rumah sakit. JIka kondisi gawat darurat, bisa langsung ke UGD.

      salam

      Reply
  97. dodo

    permisi Admin, sama Mau menanyakan tentang aturan tarif BPJS Kesehatan Untuk Perusahaan, Jika perusahaan Saya ada dijakarta, tetapi melakukan perekrutan karyawan di daerah luar jakarta dan bekerja dimana dia direkrut, maka besaran UMR/UMP yg dipakai sbg dasar penghitungan BPJS itu UMR?UMP Jakarta atau tempat mereka direkrut dan bekerja? terimakasih

    Reply
  98. sarifah

    Permisi Admin,saya mau tanya.saya ikut kepesertaan bpjs tempat ayah saya bekerja.tapi sekarang saya sudah menikah apakah masih ditanggung oleh perusahaan tempat ayah saya bekerja dengan status saya sekarang? Soalnya kalo sudah tidak bisa ditanggung saya akan merubah data saya.terimakasih admin

    Reply
    • admin

      Sarifah,

      Coba cek ke kantornya apakah Anda masih ditanggung atau tidak. Setahu saya setelah diatas usia tertentu, BPJS mengharuskan peserta buat kartu sendiri.

      salam

      Reply
  99. Evi

    Mau tanya, awalnya saya minta rujukan ke rumah sakit swasta tgl 21 september. otomatis rujukan itu akan berakhir 21 oktober. ketika saya minta di cancel untuk rujukannya ke rumah sakit swasta tsb, lalu minta di alihkan ke rumah sakit negri karena biar lebih cepat di proses pnyakit saya (di rumah sakit negri dokter prakteknya tiap hari, sedangkan swasta seminggu 2x). ternya saya harus menunggu setelah masa berlaku rujukan habis,, kenapa demikian … ?.

    Reply
  100. muhamad agus susanto

    kenapa pada saat daftar BPJS kartu keluarga saya yidak ditemukan..padahal KK tersebut di keluarkan bulan juli 2014..tolong dibantu untuk masuk sistem pendaftaran BPJS online…no KK. 3671081407140015

    Reply
    • admin

      Muhamad,

      Itu artinya KK Anda belum terdaftar di database Dukcapil (sistem kependudukan) yang digunakan oleh BPJS. Anda harus daftar langsung ke kantor BPJS.

      salam

      Reply
  101. dewi

    Malam..
    Saya mau brtanya di PT.suami saya bekerja saya sudah di daftarkan sbg anggota bpjs&sudah di kenakan pot.angsura akan ttpi knp kartu bjsp saya belum jadi&blm bsa dipergunakan pdhl sudah ±2bulan.
    thx replpy

    Reply
  102. Bayu

    Selamat sore
    Mau tanya, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta. Ketika akan didaftarkan prusahaan via online, ada keterangan bahwa saya sudah pernah terdaftar Askes ikut ortu saya (ortu PNS). Sedangkan info dari ortu, keikutsertaan saya sudah di coret (karena saya sudah menikah & pisah KK dr ortu). Bagaimana prosedurnya? Apakah saya harus menonaktifkan askes lama saya atau bagaimana?
    Trims

    Reply
  103. rozi

    Selamat malam Bapak admin. Saya mau tanya. Apakah dalam pembuatan pertama BPJS dikenai biaya melebihi Rp. 100.000 ?. Saya tunggu jawaban Bapak ya pak?, terimakasih banyak.

    Reply
    • admin

      Rozi,

      Silahkan dibaca di situs BPJS. Semuanya jelas disana. Setahu saya Anda harus membayar iuran.

      salam

      Reply
  104. Afkar

    Maaf mau tanya Pak.
    – Perusahaan tempat saya bekerja saat ini sudah menggunakan new EDABU. Bisakah saya meminta bantuan HRD di perusahaan saya untuk merubah data saya terkait kelahiran anak saya. Bila bisa, apakah saya tidak perlu lagi melapor ke kantor BPJS untuk melaporkan perubahan data ini ?
    – Perusahaan tempat saya bekerja berdomisili di Bekasi, sedangkan domisili saya di Jakarta. Pada awal pendaftaran migrasi ke BPJS, HRD di perusahaankami hanya menyodorkan daftar Faskes yang ada di Bekasi. Saya waktu itu ikut faskes yang juga ada di Bekasi. Bisakah saya mengajukan perpindahan Faskes dari semula di Bekasi ke faskes yang ada di Jakarta? Apakah juga bisa dengan meminta bantuan HRD di perusahaan saya untuk memprosesnya via EDABU ?
    – Saya dan istri saya sama sama bekerja tapi beda perusahaan. Saya ingin tahu bagaimana status kepersertaan istri saya, apakah istri saya wajib ikut diperusahaannya (sebagai informasi, perusahaan tempat istri bekerja baru saja memberi formulir data BPJS), atau tetap terdaftar di perusahaan saya? Bagaimana dengan anak kami? Apakah mengikut di ayahnya ? atau mengikut di Ibunya? Apakah juga bisa dengan meminta bantuan HRD di perusahaan saya untuk memprosesnya via EDABU ?
    – Apakah seluruh proses diatas yang saya tanyakan bisa dilakukan dalam satu waktu ? Atau harus diselesaikan satu persatu ?
    Demikian pertanyaan dari saya, mohon maaf bila banyak bertanya.
    Sebelumnya terima kasih atas jawaban Bapak

    Reply
  105. noviati susetianingrum

    sepasang suami istri 10 tahun belum memiliki anak … selanjutnya si suami menikah siri dengan wanita lain lalu wanita tersebut hamil … wanita tersebut bekerja di sebuah perusahaan yang mengikutsertakan karyawan nya ke BPJS Kesehatan … pertanyaannya bisakah wanita tersebut di saat melahirkan menggunakan BPJS … terimakasih banyak atas penjelasannya

    Reply
  106. Dhek Menk

    Permisi mau bertanya . Istri saya dulu sudah terdaftar di bpjs pada saat bekerja , setelah berhenti bekerja bpjsnya tidak dibayar apa bisa diaktifkan kembali dan jika bisa aktif kembali apa bisa dipakai untukmelahirkan karena itu bpjs pribadi…

    Reply
    • admin

      Dhek,

      Silahkan urus ke kantor BPJS. Setelah kartu aktif, jaminan melahirkan bisa digunakan selama mengikuti

      Reply
  107. hady

    Mau tanya, kepala keluarga sudah ada jaminan kesehatan dari BUMN (pensiunan-janda) kemudian satu anggota keluarga mau ikut BPJS kesehatan kenapa kepala keluarga harus ikut juga? berarti ada iuran yg mubazir dibayar oleh kepala keluarga tiap bulannya karena kalau sakit/berobat sudah ditanggung oleh BUMN/negara. Bagaimana solusinya? trims

    Reply
    • admin

      Hady,

      Coba daftar ke kantor BPJS. Kalau daftar online, BPJS menggunakan data dari kartu keluarga, sehingga semua anggota yang ada di dalam KK ikut semua.

      Secara ketentuan Undang-Undang, semua warga negara wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  108. joko susilo

    bagaimana kalaw menjadi peserta bpjs yang di buat kan oleh perusahaan,tetapi peserta sudah tidak lagi bekerja lagi di perusahaan itu,bagaimana nasib nari peserta tersebut,apakah kartu itu akan expired

    Reply
  109. Leonardo

    Knpa kartu bpjs kesehatn. Model laminating? Kmpa tifak. Seprti krtu atm? Bisa tidak di upgred?? Knpa jga bpjs jht. Masi pake kartu jamsostek. Semntra logo skrng bpjsjht.. Bisa tidak di upgred??

    Reply
  110. DIYAH FITRIYANI

    Saya ikut bpjs, tetpai sudah setahun ini saya tidak bayar? apakah kartu bpjs saya ini masih berlaku? atauka sudah di tutup/mati secara otomatis.

    Reply
  111. Mery

    admin, saya sudah didaftarkan bpjs dr pihak perusahaan tempat saya bekerja. saya mau ibu saya juga menjadi anggota di bpjs kesehatan. caranya bagaimana apakah bisa mendaftarkan secara online ? sementara dalam 1 kk ini anggota hanya saya dan ibu saya saja. yg saya mau tanyakan apakah bisa daftar online atau harus mendaftar di kantor langsung admin ? mohon jawabannya terima kasih.

    Reply
  112. sitanggang

    Pagi admin…
    Dulu sy peserta bpjs mandiri, tp sempat sy stop pembayaran. Skrng sy sdh PNS, sy mdaftar BPJS pegawai negeri, katanya supaya bs sy mnjadi BPJS pegawai negeri harus mbayar smua BPJS yg tertunggak selama sy BPJS mandiri. Apakah mmg demikian? Dan selama sy tdk byr sampai kpnpun tak bs mndapatkan BPJS pegawai negeri. Tolong dijawab..thks

    Reply
  113. Anggi A

    Selamat siang, saya mau bertanya
    bagaimana prosedur pemindahan peserta dari yang sebelumnya ditanggung oleh perusahaan ayah nya, dan sekarang menjadi peserta di kantor tempat peserta tersebut bekerja ,
    mohon berikan contoh surat keterangan bahwa pembayaran bpjs peserta tersebut ditanggung oleh perusahaan tempat ia bekerja . Trmksh

    Reply
  114. gita maryanti

    kalo mau menghilangkan kuku jempol kaki karena penyakit cantengan bisa pake kartu bpjs gak om?

    Reply
  115. Jonnedi

    Daer Admin ,

    Pertanyaan saya singkat saja..Apakah persalinan anak saya yang ke dua dari istri kedua bisa pakai bpjs ..anak 1 dan 2 dari almarhum istri pertama sementara semua dalam satu KK.

    Trims

    Reply
    • admin

      Jonnedi,

      Bisa selama istri Anda peserta BPJS (ada kartunya). Kemudian, harus ikut prosedur di BPJS yang bisa dibaca di artikel blog ini mengenai Melahirkan dengan BPJS.

      salam

      Reply
      • Jonnedi

        Terima kasih info nya..artinya meskipun anak yang akan lahir ini anak ke 4 sesuai KK .dan baru kali ini rencananya mau lahiran pakai bpjs .

  116. illank sp

    istri sya mlhrkn pada saat pngurusan BPJS kes apakh sya hars ttap bayar biaya prelinanx..????btuh penjlsanx.mksh

    Reply
  117. tampubolon

    Hingga saat ini Kartu BPJS dari perusahaan tempat suami saya be kerja belum diberikan. Alasannya kartu BPJS memang belum didistribusikan ke perusahaan tsb. Mohon info lebih lanjut apakah mungkin hal tsb terjadi ?
    Mengingat pengurusannya dari Bulan Juni 2014

    Reply
  118. Jessie

    saya sudah menikah tetapi sya ingin membuat bpjs untuk sya sendiri,apakah bisa?

    Reply
  119. sukma rukmayana

    assalammualaikum
    mau tanya apa maksud dari pengurangan peserta dan maksud dari paket A dan PAket B ?
    kenapa ada peserta aktif tapi peserta tidak aktif tidak ada ?
    ni tentang BPJS Ketenagakerjaan
    terimakasi

    Reply
  120. Dex

    Maaf bpk/ibu sya anggota bpjs kesehatan.sekarang sya melahirkan .sya ikut kelas 2. Sekarang sya hrus di tindak caesar. Berapa besar tanggungan yang saya dapat ?
    Tlng di jelasin ya pak. Trims

    Reply
    • admin

      Dex,

      Yang saya tahu, operasi caesar ditanggung seluruhnya oleh BPJS jika memang itu rujukan dari Faskes dan rekomendasi dokter bahwa harus operasi caesar.

      salam

      Reply
      • ende saepul anwar

        Gimana kalaw secara sesar v kliniknya cman trima bpjs klw persalinan normal…
        Sedangkan ini semua darurat demi nyawa…
        Apakah bisa biyaya yg di keluarin bisa di klainm langsung ke bpjs…tolong jawab

  121. Andri

    Pak admin saya mau tanya, sebelumnya saya daftar bpjs mandiri kemudian ada program dari kantor. Karena program tersebut saya mutasi kepesertaannya ke kantor. Belum genap 1 bulan saya mau menggunakan bpjs dan informasi dari faskes kartu saya dalam masa penangguhan.
    Yang mau saya tanyakan, bisakah penangguhan tersebut di percepat?

    Reply
  122. Rosita

    Assalamualaikum.

    Saya wanita bekerja mau tanya , jika saya sudah terdaftar di BPJS suami lalu di tempat kerja saya apa perlu BPJS juga , tetapi saya tidak mau mutasi dari BPJS suami saya . Terimakasih

    Reply
  123. yusran soulisa

    assalamualikum..slamt pg. mau tanya saya pengguna jamsostek dan pindah ke bpjs sekarang sudah tidak kerja saya mau oprasi apha yg harus saya lalukan untuk mendapatkan failitas kesehatan ini kembali terima kasih

    Reply
    • admin

      Yusran,

      Kalau belum punya kartu BPJS, Anda harus mendaftar. Coba cek di situs BPJS mengenai cara pendaftaran.

      salam

      Reply
  124. JAJA NURJAYA

    Mohon informasi bagaimana cara merubah kartu BPJS yang salah Tanggal lahir tidak sesuai KK ?
    1.apa persyaratan khusus yang harus dilengkapai dalam merubahnya tersebut ?
    2. Untuk Mengetahui No rekening untuk pembayarannya ? Soalnya orang yang mendaftarkan nya itu pindah g tau kemana…. bagaiman mengatasi masalah ini,,, apakah ada cara secara on line untuk mengetahui no rekening untuk pembayaran BPJS Saudara Saya Ini.

    Reply
  125. irfan firmansyah

    saya mau minta tolong… apa ketika kita keluar dr perusahaan , kita masih memiliki hak bpjs kesehatan selama satu bulan setelah kita resign dr perusahaan ??
    kalo masih ada tolong kasih referensi dimana peraturan tersebut itu….

    terimakasih

    Reply
  126. Sandy

    Pak pekerjaan PNS. saya belum daftar BPJS karna sedang dalam tugas belajar. kendalanya dokumen untk kelengkapan pengurusan BPJS sbgai PNS tidak lengkap dan untuk melengkapinya saya harus balik Daerah. pertanyaan saya adakah cara yg lbh mudah untuk mndaftar di BPJS?

    Reply
  127. mahlil

    Assalamualaikum pak, saya mau tanya istri saya pns sedangkan saya bekerja pada lembaga non struktural yang sumber anggarannya dari apbn, apakah saya wajib membayar bpjs juga mengingat saya sudah masuk kedalam bpjs istri yang pns, mohon arahan pak. terimakasih banyak pak.

    wassalam

    Reply
  128. bayu

    slmt mlm

    sya mau tanya. apakah kalo kita mendaftar umum dlam bpjs dan hanya kepala keluarga yang mendaftar . apakah istri kita ditanggung juga. dan misal nya kita buat bpjs. aktif setelah 14 hari . klo di hari ke 10 kita udah mau pake.. apa sudah ditanggung apa belum.. mkasih

    Reply
    • admin

      Bayu,

      Semua anggota keluarga dalam KK wajib didaftarkan tidak bisa hanya Kepala keluarga. Bisa dipakai setelah dapat kartu BPJS.

      salam

      Reply
  129. Suprapto

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan untuk melahirkan cesar, saya berdomisili di Jakarta Barat, akan melahirkan di Jakarta Pusat, apakah bisa di tanggung oleh BPJS Kesehatan, dan jika akan sterill, apakah sterillnya itu juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dan bagaimana langkah2nya untuk mengurus untuk calon bayinya untuk didaftarkan di BPJS kesehatan . Mhn penjelasannya Terimakasih

    Reply
    • admin

      Suprapto,

      Pertanyaan Anda sudah pernah dibahas tuntas di dalam artikel blog ini yang membahas soal Melahirkan dengan BPJS Kesehatan.

      salam

      Reply
  130. cahyon

    oPermisi..saya mau tanya,saya kerja di cimahi,tp di bpjs kesehatan saya faskesnya di kandanghaur-indramayu sesuai ktp saya.bisakah saya klaim bpjs di cimahi daerah tempat saya bekerja?

    Reply
  131. Laila

    Saya Laila di Cilacap. Tadi saya mendaftar ke BPJS tapi formulir pendaftaran saya ditolak. Dulu saya peserta askes dan sekarang tunjangan kesehatan saya sudah berhenti karena saya telah bekerja. Bapak saya punya BPJS, tapi karena beliau tidak bekerja dan tidak ada penghasilan maka saya tidak bisa didaftarkan oleh Bapak saya. Sedangkan kakak saya mengikuti asuransi kesehatan swasta mengikuti kebijakan perusahaan tempatnya bekerja. Kata petugas BPJS, saya tidak bisa mendaftar BPJS karena kakak saya tidak ikut BPJS. Apakah BPJS memang tidak menyediakan pelayanan kesehatan individu untuk pekerja seperti saya? Terimakasih.

    Reply
  132. Poniman OK

    Permisi Saya Mau Bertanya: Apakah ada peraturan Baru :Pembayaran Rawat nginap dibayar Dengan Uang PRIBADI kalau ada Gangguan/gagal OPERASI??

    Reply
  133. a.jaelani

    min saya mau tanya,saya dan istri saya terdaftar peserta bpjs ditempat yang sama sudah 6 bulan lebih,terus karna faskes y sekarang pelayanannya kurang memuaskan,saya rencana mau pindah faskes,tapi faskes istri saya mau dipindahin ke puskesmas,terus kalo saya mau ke poliklinik,apa bisa?
    trus itu proses nya beràpa lama selesainya?
    memakan waktu berbulan2 atau satu hari juga selesai?

    Reply
  134. diaz k

    min mau nanya, ini saya sakit demam pusing sudah 3 hari. nahh sampai hari ketiga ini saya belum juga sembuh.. saya ingin memeriksakan ke faskes I tetapi ketika saya kesana malah tutup. lalu apa yang harus saya lakukan? dan padahal di faskes itu bertuliskan “24jam” . makasi

    Reply
  135. Bayu

    Saya mau tanya. Apabila bayi yg di daftar kan bpjs lahir sebelum tanggal lahir yang didaftarkan apa masih tercover oleh bpjs min? Tolong minta penjelasan mengenai bpjs bayi sebelum lahir min. Terima kasih

    Reply
    • admin

      Bayu,

      Silahkan baca di blog tulisan mengenai pendaftaran BPJS untuk melahirkan. Disitu lengkap penjelasannya.

      salam

      Reply
  136. yadi

    slmt mlm min sya mau tanya,,, ini kan ibu sya sudah meninggal 1 tahun yg lalu, askesnya itu masih di potong apa enggak min dan askes bisa di claim atau tidak kalo yang punya kartu askes itu sudah meninggal mohon pencerahannya makasih min

    Reply
  137. sri

    mo tanya, salah seorang keluarga saya adalah peserta askes pegawai, dan sekarang sedang hamil anak ke 4 yang terpaksa harus cecar karena kembar. apakah biayanya juga bisa di tanggung BPJS ?

    Reply
  138. diyan

    maaf saya mau tanya…
    saya punya kartu bpjs yg gratis yg dari kelurahan tapi saya ingin masuk ke bpjs suami saya ditempat kerjanya, kira2 bisa langsung atau ada cara2 tertentunya yaa??
    terimakasih 🙂

    Reply
    • Eko

      Mff Admin saya mau tanya apabila ganti anggota baru gmna mmf solnya mau masukan Istri yg Baru ke BPJS dan Yg lama di hapus…tolong solusinya gmn trims

      Reply
  139. Pricillia

    Saya mau tanya min. Apakah bisa pembayaran iuran BPJS di lakukan dengan rekening bank orang diluar KK peserta BPJS? Karena saya memiliki KK sendiri pisah dengan KK orang tua.

    Reply
  140. mualipudin

    Maaf saya mau tanya…saya sudah berhenti kerja 1bulan yang lalu..apakah bisa di pindah ke perusahaan tempat istri bekerja.? Gimana syarat dan caranya..terima kasih

    Reply
  141. Abid mustofa

    Saya mau tanya…saya punya bpjs PBI ikut kk ortu saya,,,sekarang saya sudah menikah dan punya kk sendiri,bagaimana merubah status bpjs PBI saya agar menggunakan kartu kk saya sendiri/pisah dari kk ortu trima kasih

    Reply
  142. Ferdy nainggolan

    Min,saya uda berhenti dari perusahaan 1 bulan lebih bisa gak bpjs kesehatan yang dari perusahaan saya bayar sendiri iurannya,tq

    Reply
  143. anggraini f

    Ass..admin saya mau tanya.maaf kalau pertanyaan saya tidak berbobot.saa sedang hamil dan ikut bpjs baru 1 kali iuran.apa kah jika saya melahirkan bulan depan sudah bisa menggunakan fasilitas dr bpjs?terimkasih sblm dan sesudahnya min..mohon pencerahaannya..

    Reply
    • admin

      anggraini f

      Silahkan dibaca tulisan di blog mengenai Cara Melahirkan dengan BPJS. Pertanyaan Anda disitu terjawab.

      salam

      Reply
  144. rama

    assalamualaikum pak, permisi numpang tanya bulan kmarin istri saya melahirkan dengan mengunakan BPJS tetapi saya masih diminta uang sebesar Rp 1.700.000 sama bidanya padahal persalinan normal ( trus katanya BPJS hanya menanggung biaya persalinan tanpa ada jahitan atau tanpa infus apakah saya bisa mengklaim uang saya kembali ke BPJS

    Reply
  145. nitideviana

    salam,
    maaf saya mau nanya sy dan keluarga peserta BPJS mandiri kelas 3 keikutpesertaan april 2015(sebelum Agustus 2015 bukan).apakah peraturan Bpjs agustus 2015 yg mnyebutkan peserta kelas 3 tidak bisa naik kelas faskes apakah berlaku juga untuk kepesertaan sebelum agustus 2015 juga?seperti saya.

    Reply
  146. Arul

    Saya mau ada sbuah pertanyaan dan smoga dpat membantu sya tentang hal yg blum sy mengerti.
    Saya,istri dan kedua anak sy terdaftar sebagai (PBI)bpjs.sewaktu anak ke3 lahir cesar memakai bpjs yg memakai angsuran.yg jd pertanyaan sy,apakah anak sy ini bs diubah sperti kami…menjdi anggota(PBI)bpjs sperti kami,dan gimna cara mengurusnya???
    Harap bantuan dan penjelasannya,trima kasih..

    Reply
  147. agus ruhiat

    mau tanya saya kerja di perusahaan swasta,
    1.waktu kesehatan di tanggung perusahaan penggantian resep kaca nata Rp.400.000,- klo melalui bpjs berapa penggsntiaan resep tsb??

    2.obat dg resep dokter di perusahaan saya di ganti penuh biaya nya,sejarang melalui bpjs berapa penggantian biaya resep tsb? ???

    maaf dan trima kasih!!

    Reply
  148. Azwin Nugroho

    Saya mau tanya pak.
    Saya baru saja menikah, saya ingin mendaftarkan BPJS untuk istri saya, tetapi KK belum jadi satu alias masih beda KK,. bagaimana caranya saya mendaftarkan untuk istri saya tanpa harus menyatukan KK dulu, karena saya bekerja di luar pulau, untuk mengurus juga memerlukan waktu yg cukup lama, sementara sebentar lagi istri saya melahirkan dan ingin menggunakan fasilitas BPJS kesehatan. mohon infonya.

    Reply
  149. yuliana

    selamat pagi pak..
    mau nanya kalau mau daftar bpjs anak yang umur 4 tahun , persyaratannya apa aja ya pak ?

    Terima kasih,
    Yuliana

    Reply
  150. chidayat

    Asslam….kum.. pak saya mau tanya, perusahaan saya hanya mau membayar bpjs satu orang karyawannya saja( yg kerja saja ), sedangkan anggota keluarga yg lainnya ( istri dan anaknya ) tidak di tanggung, oleh perusahaan, sedangkan keanggotaan bpjs mewajibkan seluruh anggota keluarga yg ada di KK ( kartu kelurga ), bila karyawan tersebut tidak mampu bayar seluruh anggota keluarganya, bagai mana selanjutnya……

    Reply
  151. elan

    maaf pak mau tanya,sy seorang pekerja dan mempunyai bpjs,dan terdaftar di jakarata,skrang sya pindah tapi k daerah sukabumi tapi sya belum merubah alamat dan nama klinik,dan skrg saya mau periksa kehamilan apkah bisa di terima oleh klinik yang bekerja sama dgn bpjs di daerah baru,sebelum saya mengurus kepindahan

    Reply
      • frisilia cika

        Maaf saya mau tanya bagaimana jika ada salah satu dari anggota keluarga yang iurannya belum di bayar selama 1 tahun. Apakah akan bermasalah dengan anggota keluarga yang lainnya? Dan apakah kartu virtual account dapat digunakan untuk berobat?

  152. git wahyono

    Mau Nanya Pak,?? Setelah dilakukan Pembayaran Pertama apakah Kartu BPJS bisa langsung digunakan””?? Terimakasih

    Reply
    • admin

      Git,

      Sampai dapat kartunya baru dapat digunakan karena dalam kartu tercantum Faskes I yang menjadi rujukan awal.

      salam

      Reply
  153. Mulkani

    Saya PNS Gol IV,punya anak 2 org ,anak saya yang pertama sudah berusia 21 tahun dan sudah dihapus dari daftar gaji.Bagaimana caranya / syaratnya kalau saya mau daftarkan anak saya tsb sebagai anggota BPJS.
    Trm kasih.

    Reply
  154. Endy Ws

    Dear Pak Admin, mau tanya ..
    Sebelum menikah temen saya terdaftar di perusahaan A dan calon pasangannya terdaftar di perusahaan B.
    Setelah menikah, otomatis mereka buat KK baru atas nama mereka berdua.

    Pertanyaannya :
    1. Bagaimana merubah status BPJS Kesehatan mereka dengan KK baru ?
    2. Karena kedua2nya didaftarkan oleh perusahaan, siapakah yang bisa melakukan perubahan BPJS Kesehatan baik teman saya dan istrinya. Apakah teman saya yang harus ke BPJS, ataukah Perusahaan A atau Perusahaan B ?

    Mohon bantuan pak admin untuk menjelaskan secara detail aturan dan langkah2 yang harus dijalankan oleh keduanya.

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  155. Den Radit

    Untuk iuran yang ditanggung perusahaan hanya hingga anak ke-3. Anak ke-4 dst dengan iuran tambahan. Pertanyaannya, apabila anak ke-3 sudah bekerja dan iuran ditanggung perusahaan namun belum keluar dari kartu keluarga yang lama. Apakah anak ke-4 bisa menggantikan posisi dia sehingga tidak diperlukan iuran tambahan?

    Reply
  156. Andreas

    Mau tanya kalau dalam satu KK tempat tinggalnya berbeda beda apakah fasjes tingkat pertamanya bisa beda beda mengikuti tempat tinggal anggota keluarga?

    Reply
  157. Risna

    Assalamu Alaikum,
    Faskes awalnya puskesmas, saya 4 anggota (ayah, ibu, saya, dan adik) trus saya pindah ke dokter pribadi, namun demikian ibu saya ternyata kesulitan apabila harus berobat ke dokter pribadi karena jadwal prakteknya malam, apakah saya bisa pindah kembali ke faskes awal (puskesmas)?? tapi dalam BPJS hanya boleh pindah faskes sebanyak 1 kali ya???
    Terima Kasih

    Reply
  158. deva

    Maaf sy mau tanya,apakah tindakan blue light/phototherapi pada bayi baru lahir ditanggung bpjs? Trims

    Reply
  159. zaini

    pak… ayah saya dan ibu saya udh gak bekerja karena udh tua.. umur saya 24thu.. itu gmna ya ngurus bpjs,nya

    Reply
  160. alvin

    mas saya mu nanya
    kan ayah saya kerja di ACE Hardware samarinda,terus saya dapat kartu kesehatan,nah kalo mau periksa mata ke rumah sakit/berobat ke rumah sakit gimana..??

    Reply
  161. Popy Ramadhani

    Saya pasien bpjs sedang proses menunggu jadwal opersi pergantian pinggul akibat didiagnosis RA dan dalam proses pengobatan yang telah lanjut ke tingkat propinsi
    Saat ini karena sudah 3 bulan, saya di suruh meminta rujukan kembali oleh rs. Propinsi untuk memperpanjang rujukan, tapi waktu di rumah sakit umum daerah dokter orthopedi d rumah sakit umum daerah saya menolak memberikan rujukan, dengan alasan dokter itu yang akan melakukan operasi terhadap saya padahal saya adalah pasien yang telah terdaftar di rumah sakit umum propinsi karena pengobatan saya tidak bisa dilakukan lagi d rumah sakit umum daerah, dan tiba2 sekarang dokter tidak mau memberikan rujukan k tingkat lanjut, trus bagaimana jalan keluarnya sebaiknya pak?

    Reply
  162. SITA

    maaf saya mau tanya. kalau biasanya saya kontrol di RS A lalu dirujuk untuk operasi ke RS B oleh dokter yang sama2 bekerja di RS A dan RS B, kemudian jadwal operasinya menunngu antrian lama bisa sampe berbulan2. apa bole saya tetep kontrol di RS A yg sebelumnya sambil menunggu panggilan operasi dr RS B?? trimakasih

    Reply
  163. muhamad

    bagaimana cara memasukan istri agar menjadi tanggunga BPJS kantor saya mengingat istri saya dahulunya di tanggung askes(PNS), stelah menikah tidak di cover lagi sama BPJS dr kantor orang tua istri, bagaimana caranya merubahnya dan apa saja yang harus saya siapkan

    Reply
  164. jones maramis

    Mohon bantuan untuk perubahn di kartu JAMSOSTEK saya ada kesalahan tanggal lahir, tidak sesuai dgn data yg lengkap.Tolong prosenya seperti apa karna saya saat ini sudah tidak bekerja habis masa kerja(kontrak selesai) ada perusahan di mana perna saya bekerja sudah tutup.

    Reply
  165. wildy juliansah

    mau tanya soal bpjs…apakah bisa bpjs tk beralih ke bpjs mandiri sedangkan bpjs tk nya sudah di klaim?mohon jawabannya

    Reply
  166. fitria

    Apabila sebelumnya saya dan keluarga saya sudah terdaftar di bpjs pbi dari pemerintah. Namun saya ingin pindah membuat bpjs baru di tempat saya bekerja. Apakah bisa hanya saya sendiri saja yg keluar dari bpjs program pbi dari pemerintah dan ikut bpjs dari tempat kerja saya, tetapi keluarga saya yang lainnya masih tetap ikut di bpjs program pbi dari pemerintah keluarga dan disini status saya bukan kepala keluarga. Mohon infonya 🙂
    Terima kasih | Salam

    Reply
  167. Dandy

    Selamat siang
    saya peeerta BPJS dan mau tanya apakah Pemasangan KB Spiral itu biayanya ditanggung area BPJS kimia farma Batam

    Reply
  168. Cindy

    Selamat siang,
    Maaf mau tanya apakah perubahan data ke kantor cabang bpjs bisa diwakilkan? Atau harus orang yang bersangkutannya yang datang? Saya mau bantu ibu saya yang sudah tua untuk mengubah data bpjs-nya. Ibu saya sulit bepergian apa lagi saya mengendarai sepeda motor.
    Terima kasih

    Reply
  169. Heny

    Saya dan suami beda perusahaan, tapi diperusahaan tempat saya berkerja, mendaftarkan bpjs kesehatan saya dengan status single. Sebulan yang lalu suami mendaftarkan saya untuk ikut bpjs dari perusahaannya karena saat ini saya sedang hamil, agar biaya persalinannya bisa dicover bpjs. Jadi saat ini saya punya 2 kartu bpjs. tapi dari pihak perusahaan saya meminta untuk menutup account dari perusahaan suami karena double account. Yang mau saya tanyakan apakah bpjs dari perusahaan saya tetap bisa digunakan pada saat persalinan nanti karena untuk perubahan statusnya baru akan di proses, sedangkan selama ini untuk kontrol kehamilan saya masih menggunakan yang umum? Apa istri yang berstatus sebagai karyawati tidak perlu ikut bpjs suami? Terima kasih atas jawabannya.

    Reply
  170. Mirza

    Tahun 2014 saya terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri dan di Juli 2015 BPJS saya berubah menjadi BPJS yang ditanggung perusahaan, diawal 2016 ini perusahaan tutup sementara BPJS saya dan karyawan lain sama sekali belum pernah dibayarkan.. Yang ingin saya tanyakan status BPJS saya gimana ya? apakah saya bisa membuat BPJS ulang?

    Reply
  171. putri pancawati

    pak saya mau tanya,di perusahaan A ada karyawan baru bernama si B nah dia dulu pernah keja di perusahan C dan dia sudah terdaftar disana, nah bagaimana mengurus pindahnya dari perusahaan yang lama ke perusahaan yang baru.
    terima kasih

    Reply
  172. Riski Oktakiani

    admin mau tanya dong aku kan mau kerja nih tapi dipersulit karna aku masih terdaftar bpjs kesehatan dari perusahaan mamaku, dan mamaku masih aktif sebagai karyawan diperusahaan itu, waktu aku mau masuk suatu perusahaan, perusahaan ingin aku menonaktifkan kartu bpjs kesehatan itu apa bisa di nonaktifkan ? jadi sekarang aku gak bisa kerja karna bpjs itu masih aktif, bingung tujuh keliling rasanya … tolong dijawab ya min, terima kasih

    Reply
  173. Andi

    Asslamualaikum,Maaf mau nnya.
    Saya skrang krja d jakarta,dan dari kantor telah di buatkan bpjs kesehatan,
    Nah trnyata di kampung saya di buatkan bpjs kesehatan tanpa spengetahuan saya, jadi gimana ?apa saya harus menonaktifkan bpjs yg di jakarta?

    Reply
  174. Faisal

    saya mau nanya pak, bagaimana cara pindah dari BPJS Mandiri ke Bpjs Perusahaan ? trima kasih atas penjelasannya.

    Reply
  175. Grendy

    Mau nanya pak, saya pribadi sudah memiliki bpjs dari perusahaan, dan posisi sekarang berbisnis sendiri n baru menikah.. Pertanyaannya : apakah bpjs kesehatan saya bisa menanggung atau digunakan istri saya untuk persalinan?? Atau apakah harus ada perubahan bpjs perusahaan ke bpjs pribadi?? Mohon pencerahannya.. Terima kasih..

    Reply
    • admin

      Grendy, kalau perusahaaan sudah berhenti bayar iuran BPJS Anda, BPJS tidak bisa pakai. Harus buat BPJS sendiri. salam

      Reply
  176. Nastiti

    sy seoorang pns, sy sdng hamil anak ketiga, krn ada kelainan oleh dokter disuruh h caecar, apakah biaya msh ditanggung bpjs? bgmn syaratnya?

    Reply
  177. HARDI

    Pak Admin, keluarga saya 5 orang yang sudah terlambat pembayan preminya.bisakah saya bayar 3 orang dulu keterlambatanya.sedangkan yang 2 orang bulan berikutnya ?

    Reply
  178. rica

    Selamat pagi pak admin, saya mau tanya. Selama ini sy kan ikut bpjs dan semua anggota keluarga sudah terdaftar dan sudah beberapa kali membayar iuran bpjs nya tanpa telat. Kami semua ada lima orang, saya, suami dan 3 orang anak saya. Nah untuk kali ini apakah boleh saya hanya membayar iuran nya cuma untuk ke 3 anak saya? Saya dan suami tidak bayar.

    Reply
  179. wana

    saya mau bertanya. suami saya sudah mendaftarkan BPJS saya di kantornya. apa saya mesti mendaftar ulang kartu BPJS di kantor saya??

    Reply
  180. lenie

    Untuk pendaftaran BPJS karyawan cabang perusahaan di luar kota (pekanbaru) apakah dapat dilakukan oleh perusahaan di kantor pusat (palembang)? Sementara karyawan itu ber ktp pekanbaru. Kalau bisa, faskes 1 nya di kota mana?Terima kasih

    Reply
  181. yusuf

    permisi , saya mau tanya . bapak saya operasi habis 31jt dan di bayar dengan BPJS dapat potongan berapa ??? terimakasih

    Reply
  182. leny

    Bisakah mendaftarkan karyawan kantor cabang ( padang) di kantor pusat ( jakarta). Sementra karyawan itu berktp padang. Kalau bisa, faskes1 nya di kota mana? Terimakasih

    Reply
  183. INDAH CAHYAWATI

    Selamat siang admin

    bagaimana kalo BPJS sudah tidak di bayarkan sekitar 7 bulan apa langsung mati otomatis atau tidak ?

    dan jika ikin membuat nya kembali harus buat ulang dari awal atau melanjutkan ?

    dan jika kartu BPJS tidak bisa di print ? kata HRD saya data nya ganda itu bagaimana ?

    Reply
  184. basri

    Mau tny admin..kartu peserta jamsostk itu kan nmany di singkt dan ktp yg skrng itu nmany tdk di singkt..bermslh tdk saat klaim jaminan hari tua.trmksih.

    Reply
  185. Istini

    Maaf saya mau tanya.saya mulai tgl 13 des 2015 resign dari sebuah pt dan sudah memiliki bpjs dengan membayar melalui pt tersebut.yg mau saya tanya,bisakah bpjs yg sekarang saya miliki dirubah menjadi bpjs pbi?kalau bisa bagaimana cara mengurusnya?

    Reply
  186. lilis

    min..klo mau rubah kelas di bpjs apa yg bersangkutan hrz hadir di kantor bpjs..apa bisa di wakilkan.?

    Reply
  187. syawir

    mau tanya ADMIN nenek peserta bpjs dia bayar tiap bulan 60rb (kelas satu)setelah di rawat rumah sakit wahidin makassa,kata petugas bpjsnya kamar kelas 1 penuh yang ada yg cuma kelas 3 jd mau tdk mau harus diambil, soalnya di ruang IGD pd saat itu rame banget hampir sama dengan pasar ramenya.. yg sy mau tanayakan apakah klo turun kelas bs diklaim ke bpjs?

    Reply
    • ernawati

      sy peserta bpjs kelas II, karena tidak ada kamar di rs, pada saat anak sy operasi amandel opname di kelas yang lebih tinggi (naik kelas ke vip) karena menurut keterangan petugas kelas itu yang ada, perawtan selama 1 hari 2 malam dan operasi total pembayaran mencapai Rp. 6.003.200 , sementara yang di tanggung bpjs Rp. 2.121.400, bagaimana? apakah ini sudah benar? tks

      Reply
  188. Herman

    Min mau nanya klo melahirkan cesar d klinik yg hanya bpjs faskes 1.sementara untuk opersi tdk berlaku bpjs.sementara kondisi bayi gawat darurat dan pihak klinik tdk memberlakukan bpjs utk operasi.

    Reply
  189. sriwiludjeng

    Anak saya Nama Tri Fahriani Rizqi telah menjadi anggota BPJS di Pekan Baru sudah lebih dari 3 bulan dan pada tanggal 9 Mei 2016 mutasi ke BPJS Surabaya karena akan melahirkan di Surabaya dan sudah mutasi ke Faskes Simo Mulyo, Kemudian mengajukan permohonan pindah faskes ke Nayaka Husada 03 Asem Rowo ditolak dengan alasan belum 3 bulan maksudnya apa. Saya menghubungi nomor Tilpun BPJS Darma Husada sulit masuk. Mohon penjelasan

    Reply
  190. Elfira

    Assalamualaikum
    Sy ingin bertanya
    Saya ikut bpjs ibu saya, ibu saya seorang pns. Tetapi saya sudah menikah, apakah sy boleh menggunakan bpjs yg lama untuk melahirkan karna ibu saya hingga sekarang masih aktif membayar iuran

    Reply
  191. priyadie

    saya ingin melakukan pengurangan peserta bpjs karena perceraian, kalau saya baca salah satu syaratnya adalah menyerahkan kartu asli bpjs, tapi masalahnya kartu asli dibawa oleh mantan istri dan saat ini tidak dapat dihubungi, bagaimana solusinya?

    Reply