10 Situs Beli Asuransi Online Terbaik Terpercaya 2019 (Diawasi OJK)

  • March 27, 2019

Beli asuransi online ? Mungkin banyak Anda yang tidak percaya, tapi itu dulu. Saya review 10 situs beli asuransi online di 2019, yang menawarkan sejumlah keuntungan, antara lain premi murah, klaim online dan cara pengajuan mudah. Mana situs asuransi online terbaik dan terpercaya ?

Saya mengulik 10 situs perusahaan yang diawasi OJK dan menyediakan pembelian asuransi digital secara online. Hasilnya sangat menarik !

Sudah saatnya, masyarakat memiliki asuransi karena fungsi proteksi sangat penting dalam keluarga. Sayangnya, kesadaran asuransi di Indonesia masih rendah.

Masih banyak yang lebih gengsi punya ponsel model terbaru ketimbang beli asuransi. Semoga kesadaran kepemilikan asuransi bisa lebih baik di era milenial dan digital saat ini dimana informasi mudah diakses dan muncul alternatif kanal pemasaran asuransi digital.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang fantastis berdampak pada cara penjualan asuransi di Indonesia. Salah satunya pertumbuhan penjualan lewat digital, yaitu beli asuransi online.

Untuk mendapatkan asuransi jiwa terbaik di indonesia, beli asuransi online memiliki beberapa keuntungan:

Pertama, tidak perlu ketemu sales agen asuransi. Meskipun agen bisa membantu menjelaskan soal produk asuransi (yang tidak mudah), tetapi persepsi orang di Indonesia berhubungan dengan sales asuransi bukan hal menyenangkan. Karena itu, buat Anda yang tertarik ingin beli asuransi tetapi tidak mau berhubungan dengan agen, beli asuransi online bisa jadi solusinya.

Kedua, beli online tidak dibatasi waktu dan tempat. Anda bisa melakukan kapan saja, tidak harus buat janji di tempat dan waktu tertentu.

Semua proses dilakukan secara online dan digital sehingga dapat menghemat waktu dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen.

Di samping itu, asuransi digital membantu masyarakat di luar Jawa yang mungkin selama ini akses terhadap produk asuransi masih terbatas.

Ketiga,  kesempatan mendapatkan premi murah karena dengan online Anda bisa melakukan perbandingan premi asuransi antara produk satu dengan produk lain dengan mudah, tanpa harus mendatangi perusahaan asuransi satu persatu.

Beli online memberikan kesempatan pula melakukan perbandingan dan riset dengan lebih leluasa. Tidak diburu – buru harus segera mengambil keputusan, tetapi Anda punya keleluasaan memutuskan sendiri, mau beli atau tidak.

Keempat, dalam pembelian online Anda mendapatkan akses review produk. Anda dapat membaca review dari produk asuransi dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tersebut.

Pertanyaan selanjutnya, beli dimana ? Bagaimana  cara daftar asuransi digital dan yang juga tidak kalah penting apa asuransi online terpercaya ?

Saya melakukan riset serta browsing di internet dan ternyata sudah banyak situs beli asuransi online di Indonesia 2019.

Perusahaan Asuransi Online

Sejumlah perusahaan asuransi menawarkan masyarakat untuk beli asuransi online melalui situs mereka sendiri. Sebuah langkah yang bagus karena menawarkan kanal pemasaran online buat masyarakat sejalan dengan era digital.

#1 Asuransi AXA

Asuransi AXA Online 2019
Asuransi AXA – Beli Asuransi Online

Sejak 2018, perusahaan asuransi AXA menawarkan beli online untuk produk asuransi berikut ini:

  • Asuransi Kesehatan. Daftar asuransi kesehatan online bisa dilakukan untuk AXA Hospital Plus Life yang merupakan  asuransi kesehatan dan jiwa. Produk ini memberikan manfaat penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan santunan duka serta manfaat pengembalian premi 100% di tahun ke 12 baik terjadi klaim Rawat Inap atau tidak klaim (ROP). Bukan cashless kartu, klaim mekanisme pengajuan
  • Asuransi Jiwa. LIFE & SAVE asuransi jiwa yang memberikan perlindungan  nasabah berupa Meninggal Dunia dan jika Tertanggung tetap hidup sampai masa akhir masa perlindungan.
  • Asuransi Mobil. AXA SmartDrive yang melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan komprehensif dan manfaat yang luas.
  • Asuransi Perjalanan. AXA SmartTraveller adalah asuransi perjalanan online yang melindungi Penundaan Perjalanan; Perlindungan Terhadap Bagasi dan Barang Milik Pribadi; dan Pengurangan Perjalanan. AXA  travel insurance indonesia diperlukan, salah satunya, sebagai syarat pengajuan visa Schengen Eropa.

Cara pengajuan beli asuransi online di AXA tergantung pada produk yang dipilih karena untuk asuransi jiwa dan kesehatan dikelola oleh AXA Financial dan untuk asuransi umum oleh AXA General Insurance.

AXA menggabungkan semua bisnis asuransi miliknya di Indonesia dalam satu website sehingga konsumen bisa mendapatkan penawaran produk yang komprehensif.

Di dalam situs AXA, tidak hanya soal beli asuransi online, tetapi tersedia juga informasi dan edukasi soal asuransi, termasuk cara klaim online. Proses klaim adalah hal yang sangat penting buat nasabah.

#2 FWD

Asuransi FWD Online Digital
FWD Beli Asuransi Digital

FWD adalah PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) yang merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group.

Cara daftar dan beli asuransi online di FWD adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke website FWD yang khusus untuk beli asuransi online
  2. Pilih  pekerjaan Anda.
  3. Lengkapi data diri dan pilih metode pembayaran yang sesuai
  4. e-policy akan dikirim ke email Anda

Jenis asuransi dijual online FWD adalah:

  • Asuransi Kecelakaan Diri. Manfaat Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan sampai dengan Rp. 1.000.000.000 (satu miliar Rupiah). Manfaat diberikan untuk kecelakaan akibat kegiatan beresiko tinggi termasuk nonton konser, travelling atau olahraga ekstrim.
  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life). Asuransi jiwa term life dengan Uang Pertanggungan (UP) hingga Rp 1.000.000.000 untuk meninggal dunia kecelakaan di tahun pertama dan kedua. UP hingga Rp 1.000.000.000 untuk meninggal dunia akibat sebab apapun di tahun ketiga dan seterusnya. Dapat diperpanjang secara tahunan sampai usia 80 tahun. Batas usia masuk dari usia 18 sampai 55 tahun.

Khusus asuransi jiwa, ada ketentuan calon pemegang polis SETUJU:

  • “Saya dalam kondisi sehat dan tidak sedang menderita / pernah mendapat pengobatan / mendapatkan gejala penyakit jantung, paru, stroke, tekanan darah tinggi, kanker/ tumor, kencing manis, sirosis, penyakit ginjal, HIV/AIDS atau komplikasi yang terkait HIV/AIDS. Dalam 1 (satu) tahun terakhir, saya tidak pernah dirawat di rumah sakit dan/atau didiagnosa dengan hasil tidak normal dan/atau diberitahu memiliki risiko terhadap penyakit-penyakit tersebut di masa yang akan datang.
  • Saya tidak pernah memiliki riwayat pengajuan atau polis asuransi yang ditolak, ditangguhkan, diberikan ekstrapremi, diterima dengan ketentuan khusus atau dibatalkan karena misrepresentasi atau penyembunyian informasi.

Ketentuan ini perlu diperhatikan dengan cermat karena jika kondisi ini sebenarnya Anda alami (misalnya menderita Jantung atau pernah mendapat ekstra premi dari asuransi lain), tapi Anda bilang ‘Setuju’ dengan pernyataan diatas, Anda punya resiko saat mengajukan klaim ditolak karena memberikan informasi yang tidak benar.

Jangan anggap remeh dengan klausul yang ada di Asuransi, baca dengan benar dan pahami, karena klausul mengikat pemegang polis secara hukum.

Setelah pengisian data, Anda mendapatkan simulasi premi. Ini bagus karena membantu Anda memutuskan kemampuan membayar premi.

Simulasi Premi dan Manfaat Asuransi Jiwa

Seorang pria usia 35 tahun mengambil Manfaat Asuransi Uang Pertanggungan Rp500.000.000 dengan Premi Dasar Rp123.000/bulan.

Manfaat adalah: (1) Jika Pria ini Meninggal Dunia karena Kecelakaan pada 2 (dua) tahun pertama polis, maka FWD Life akan membayarkan Uang Pertanggungan sebesar Rp 500.000.000 (lima ratus juta Rupiah) kepada Penerima Manfaat. (2) Jika Pria ini meninggal dunia karena Sakit atau Kecelakaan pada tahun ke-3 dan seterusnya, maka FWD Life akan membayarkan Uang Pertanggungan sebesar Rp 500.000.000 (lima ratus juta Rupiah) kepada Penerima Manfaat.

Ada catatan yang perlu Anda perhatikan baik-baik: Premi tidak dijamin dan dapat berubah sesuai dengan perubahan jenis pekerjaan Tertanggung.

Artinya, jika jenis pekerjaan Anda berubah, premi bisa berubah. Tidak ada jaminan premi akan selalu sama.

#3 Asuransi Zurich

Asuransi Perjalanan Zurich Online
Asuransi Perjalanan Zurich Online

Asuransi Zurich menjual asuransi perjalanan secara online. Zurich Click adalah portal online pemesanan asuransi perjalanan Zurich.

Anda bisa memasukkan data perjalanan di portal Zurich untuk mendapatkan penawaran harga premi dan coverage asuransi perjalanan. Zurich travel insurance, salah satu, yang bisa digunakan untuk pengurusan visa Schengen ke Eropa.

Pada saat pengajuan , Anda langsung mengetahui jumlah premi berdasarkan paket asuransi perjalanan Zurich yang Anda pilih.

Yang menarik, proses klaim bisa dilakukan secara online melalui situs Zurich click. Anda bisa pula mengecek status klaim yang sudah diajukan.

Fasilitas klaim online ini sangat membantu karena proses klaim selalu menjadi concern utama nasabah. Dengan pengajuan klaim yang bisa online, pasti akan membantu pemegang polis.

#4 JagaDiri

Asuransi Jagadiri Digital Online
Asuransi Jagadiri Digital

JagaDiri adalah portal asuransi PT Central Asia Financial (CAF) izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 13 Maret 2013 dan anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Jagadiri menawarkan berbagai produk asuransi secara online, yaitu:

  • Asuransi Kesehatan. Produk yang ditawarkan antara lain adalah (1) perlindungan Demam Berdarah; (2) Satu premi untuk sekeluarga, termasuk rawat jalan dan jika tidak klaim uang dikembalikan uang 25%; (3) premi mulai dari 90 ribuan per bulan (untuk usia 20 tahun Plan 300) dan jaminan uang kembali.
  • Asuransi Kecelakaan. Perlindungan kecelakaan dan premi kembali.
  • Asuransi Jiwa. Jika Tertanggung Meninggal bukan karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 100 (seratus) % Uang Pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir. Jika Tertanggung Meninggal Dunia karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 200% (dua ratus persen) Uang Pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

Portal Komparasi Keuangan

Selain perusahaan asuransi, yang sudah disebutkan, muncul cara pemasaran asuransi digital lain, yaitu portal komparasi keuangan. Portal ini menawarkan dan menjual produk keuangan, salah satunya asuransi, dari berbagai perusahaan.

Anda bisa membandingkan secara leluasa dan mengajukan permohonan asuransi yang melalui situs komparasi ini.

Namun, perlu dicatat bahwa: portal komparasi ini BUKAN perusahaan asuransi tetapi mereka bermitra dengan perusahaan asuransi, sehingga pada dasarnya situs ini adalah broker asuransi online.

Cara kerja portal komparasi asuransi sebagai berikut (1) Anda menyampaikan data pribadi, (2) berdasarkan data konsumen tersebut portal memilah, menganalisis dan menyampaikan daftar produk asuransi yang cocok dengan profil nasabah (3) nasabah memilih dan portal menyampaikan secara sistem digital ke perusahaan asuransi (4) keputusan dari perusahaan asuransi.

Terkait klaim, Anda tidak bisa melakukan klaim asuransi secara online lewat portal ini. Portal sebatas mengelola sales penjualan asuransi.

Untuk klaim, nasabah harus mengurus sendiri dengan berhubungan langsung ke perusahaan asuransi.

Berikut ini portal asuransi yang saya kunjungi dan lakukan review:

#5 Tokopedia Asuransi

Kejutan datang dari raksasa e-commerce Tokopedia. Ternyata, toko maya ini berjualan asuransi secara online.

Tokopedia sudah bukan situs jual beli toko online semata. Belakangan ini, seiring dengan masuknya pendanaan kelas kakap, toko e-commerce ini bertransformasi menjadi super app yang menyediakan berbagai macam fasilitas, termasuk beli asuransi online.

Saat ini  Tokopedia masih hanya menawarkan Asuransi Kesehatan. Jenis asuransi kesehatan yang menawarkan  keuntungan mulai dari penanggungan biaya perawatan rumah sakit, persalinan, dan juga kecelakaan.

Saya lihat beli asuransi kesehatan online di Tokopedia punya fitur menarik:

  • Terdapat 52 perusahaan asuransi menawarkan asuransi kesehatan. Pilihannya bervariasi sesuai kriteria yang Anda inginkan
  • Calon nasabah bisa memilih sesuai filter, yaitu:  Cashless; Rawat Inap; Rawat Jalan; Rawat Gigi serta Indemnity. Ada pilihan pula, premi kembali atau premi tidak kembali
  • Melakukan sortir berdasarkan kriteria yang Anda pilih, misalnya, premi termurah, atau benefit kamar terbesar. Sortir ini membantu proses pemilihan dengan lebih cepat.
  • Mudah membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lain dalam hal manfaat, premi dan kriteria asuransi kesehatan. Anda bisa bandingkan maksimal 3 perusahaan.

Bagaimana daftar asuransi online di Tokopedia ?

Nah ini yang perlu Anda pahami. Tokopedia adalah portal yang mengumpulkan informasi pengajuan asuransi. Informasi pengajuan selanjutnya dilempar ke mitra Tokopedia yang akan berhubungan dengan perusahaan asuransi.

Di situs Tokopedia menyebutkan “Isi aplikasi pengajuan dengan lengkap untuk mempermudah mitra penyedia layanan asuransi dalam menghubungi Anda. Mitra penyedia layanan asuransi akan menghubungi Anda untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai produk asuransi yang Anda pilih.

Tokopedia BUKAN perusahaan asuransi, tetapi marketplace yang menawarkan berbagai produk asuransi. Keputusan akhir dan hubungan nasabah soal polis dan klaim asuransi adalah langsung dengan perusahaan asuransi.

Singkatnya, Tokopedia adalah broker asuransi online !

Kemudian, cara bayar asuransi di tokopedia dilakukan dengan Anda berhubungan langsung dengan perusahaan asuransi. Peran Tokopedia sebatas menyampaikan data pengajuan permohonan asuransi ke mitra Tokopedia.

Melihat ini, saya berkesimpulan bahwa  Tokopedia adalah marketplace asuransi yang menyajikan berbagai ‘menu asuransi kesehatan’ kepada pengunjung. Jika berminat, pengunjung wajib mengisi data dan menghubungi perusahaan asuransi secara langsung.

Tidak ada simulasi premi di Tokopedia sesuai dengan pengajuan. Yang ada adalah informasi umum soal premi.

#6 Cermati

Cermati melayani dan membantu masyarakat menemukan produk keuangan terbaik di Indonesia. Anda bisa mencari, membandingkan dan mengajukan produk finansial tanpa dikenakan biaya di situs Cermati.

Ada 3 jenis produk asuransi yang ditawarkan di situs ini, yaitu: asuransi kesehatan; asuransi perjalanan; dan asuransi mobil. Mereka memiliki kerjasama dengan banyak partner perusahaan asuransi.

#7 CekAja

CekAja adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial. Portal ini, salah satunya, menawarkan perbandingan produk asuransi.

Produk asuransi yang ditawarkan cukup lengkap, yang dibagi dalam dua kategori besar, yaitu (1) asuransi umum serta (2) asuransi kesehatan dan jiwa. Asuransi umum meliputi asuransi kendaraan, perjalanan, properti, mikro, kecelakaan diri, dan elektronik; asuransi jiwa dan kesehatan meliputi kesehatan, jiwa term life, unit link, DPLK, dan BPJS.

#8 PasarPolis

PasarPolis merupakan portal asuransi online di Indonesia yang membantu masyarakat dalam memilih asuransi untuk solusi perlindungan bagi individu dan keluarga. PasarPolis bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi untuk menyediakan opsi-opsi perlindungan.

Portal ini menyediakan pilihan asuransi untuk kesehatan, kendaraan, dan perjalanan. Cara pengajuan dilakukan adalah pengisian data secara online, lalu data pribadi dan kemudian harga premi akan ditampilkan.

#9 RajaPremi

RajaPremi merupakan portal asuransi online yang fokus pada produk asuransi umum (general), yaitu asuransi mobil, asuransi motor, asuransi truk, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan dan asuransi jiwa untuk pasar Indonesia.

RajaPremi.com bermitra dengan beberapa perusahaan asuransi di Indonesia, antara lain Asuransi Central Asia (ACA), Autocillin (Asuransi Adira), Asuransi Sinar Mas, Asuransi Malacca, Asuransi MNC, Asuransi BESS, Asuransi Umum AVRIST, Asuransi Jasindo Indonesia, AXA.

#10 AturDuit

AturDuit menjual asuransi mobil secara online. Portal ini menyediakan simulasi asuransi untuk menentukan pilihan asuransi mobil all risk atau TLO yang termurah.

AturDuit meneruskan aplikasi online ke mitra perusahaan asuransi yang bekerjasama. Portal ini menyediakan pilihan variasi pilihan produk asuransi mobil dari 14 perusahaan asuransi.

Untuk mengetahui fitur dan detail lengkap mengenai masing-masing produk, Anda bisa masuk langsung ke masing-masing  website produk tersebut yang tersedia di portal AturDuit.

Kesimpulan

Seiring kemajuan digital dan penetrasi internet, pemasaran asuransi ikut berubah. Salah satunya, beli asuransi online.

Kanal pemasaran online menawarkan banyak keuntungan, antara lain premi murah, proses mudah dan mudah melakukan perbandingan antar produk. Semoga hadirnya saluran pembelian asuransi secara online bisa meningkatkan kesadaran masyarakat memiliki proteksi asuransi, yang saat ini masih relatif rendah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.