Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan dan Rekomendasinya

Daftar Isi

Asuransi Kesehatan Karyawan Dihapus, Wajib Ikut BPJS, Apa Alternatifny

Asuransi kesehatan karyawan adalah salah satu benefit dari perusahaan yang terlihat menggiurkan bagi kandidat karyawan baru karena menanggung beragam perawatan. 

Umumnya asuransi tersebut menawarkan perlindungan rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, pembuatan kacamata, hingga layanan melahirkan yang dapat dinikmati oleh karyawan serta keluarganya. Umumnya perusahaan yang menyediakan asuransi tersebut telah bekerja sama dengan banyak jaringan rumah sakit di Indonesia, sehingga karyawan bisa menggunakan manfaat yang tersedia secara maksimal.

Anda sedang mencari asuransi kesehatan karyawan? Simak rangkumannya dalam artikel ini.

Apa Itu Asuransi?

Definisi umum asuransi adalah sebuah perjanjian hukum antara Tertanggung (karyawan yang mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan) dan Penanggung (perusahaan asuransi). Dengan adanya perjanjian tersebut, maka asuransi dinyatakan sebagai perjanjian yang terbentuk setara antara kedua belah pihak, yang mana nantinya Tertanggung akan menerima perlindungan finansial dari Penanggung atas kerugian dalam suatu keadaan tertentu.

Dalam kontrak hukum polis asuransi, tertanggung harus membayar sejumlah premi secara rutin kepada penanggung. Kemudian penanggung membayar uang jika terjadi suatu peristiwa yang tidak menguntungkan terjadi, dalam hal ini seperti kematian tertanggung, ataupun kerusakan yang terjadi pada tertanggung atau aset yang mereka miliki.

Apa Saja Peran dan Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan?

Kasus sakit dan kecelakaan bisa menimpa siapa pun dan kapanpun. Seperti yang kita ketahui, biaya berobat akibat dua kasus tersebut bisa dibilang relatif tinggi karena terjadi di luar rencana. Bagi karyawan, tentunya dua kejadian tersebut kerap menjadi hal yang menakutkan karena dapat mengancam produktivitas.

Oleh karenanya, sebagai penyedia lapangan kerja, perusahaan wajib memberikan perlindungan bagi karyawannya, salah satunya melalui asuransi kesehatan karyawan. Berikut ini adalah manfaat asuransi kesehatan karyawan:

  1. Karyawan dan keluarganya dapat memperoleh pengobatan dengan standar yang baik
  2. Meringankan biaya pengobatan dibandingkan jika terdaftar sebagai pasien mandiri
  3. Karyawan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan adanya manfaat perawatan pecegahan yang umumnya disertakan dalam asuransi kesehatan karyawan

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Karyawan

Di Indonesia, terdapat banyak pilihan asuransi kesehatan karyawan, mulai dari asuransi pemerintahan hingga asuransi swasta. Dengan manfaat dan harga premi yang bervariasi, rangkuman kami di bawah ini bisa menjadi awalan untuk mempelajari manfaat yang umumnya diberikan oleh asuransi kesehatan karyawan.

1. Manulife

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Karyawan

Manulife Financial, atau yang lebih dikenal dengan Manulife, merupakan perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan berupa asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, termasuk di dalamnya adalah asuransi kesehatan karyawan. Adapun pilihan produk asuransi kesehatan karyawan dari Manulife adalah Manulife Direct Protection dan Manulife Total Protection.

Meeskipun memiliki keunggulannya masing-masing, kedua produk asuransi tersebut tercatat telah menanggung manfaat yang cukup lengkap berupa penanganan perawatan akibat kecelakaan, pembedahan, hingga penyakit kritis. Dengan manfaat tersebut, biaya premi per karyawan mulai dari Rp 4.000.000,- per bulan, atau Rp 48.000.000,- per tahun.

2. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan karyawan yang diwajibkan oleh pemerintah. Manfaat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan cukup luas, meliputi perawatan pencegahan, rawat inap termasuk pembedahan, dan rawat jalan. Tarif preminya pun terbilang cukup terjangkau yaitu sebesar 5% dari penghasilan karyawan, yang mana 1% dibebankan pada karyawan dan sisanya pada perusahaan.

Selain itu, tarif premi asuransi kesehatan karyawan dari BPJS Kesehatan nantinya akan ditentukan dalam beberapa kelas, berdasarkan jangkaun penghasilannya. Berikut adalah informasi kelas dan besarnya premi yang bisa menjadi acuan:

  1. Kelas I : Rp 150.000,- per bulan
  2. Kelas II : Rp 100.000,- per bulan
  3. Kelas III : Rp 30.000,- per bulan

3. Equity

Equity menawarkan polis asuransi kesehatan karyawan dengan nama Multi Health Care. Dengan memilih asuransi tersebut, karyawan akan mendapatkan manfaat berupa biaya rawat inap, rawat jalan, dan rawat gigi, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Tak hanya itu, asuransi tersebut juga menyediakan manfaat berupa pembuatan kacamata per tahun bagi karyawan dan juga manfaat melahirkan bagi karyawan maupun keluarga karyawan yang terdaftar.

4. Prudential

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, Prudential senantiasa memberikan produk dan layanan asuransi terbaik untuk masyarakat Indonesia, salah satunya melalui asuransi kesehatan karyawan. Asuransi keseharan karyawan yang tersedia di Prudential dibanderol dengan harga premi yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 300.000,-.

Ada berbagai sumber yang menyebutkan bahwa ada berbagai manfaat yang dirasakan saat memilih asuransi kesehatan karyawan dari Prudential, di antaranya:

  • Kemudahan pengajuan polis secara online
  • Kemudahan akses informasi melalui aplikasi PRUworks
  • Kemudahan klaim melalui e-claim submission

5. FWD Insurance

Berasal dari Hong Kong, kini peruasahaan asuransi FWD insurance hadir melayani masyarakat Indonesia dengan program employee benefits yang sesuai dijadikan sebagai asuransi kesehatan karyawan. Dengan memilih FWD insurance, karyawan bisa menikmati kemudahan cek polis dan klaim secara online 24/7.

Sebagai informasi, biaya premi bulanan untuk asuransi kesehatan karyawan dari FWD Insurance, berkisar mulai dari Rp 5.000.000,- per bulan.

6. BRI Life

BRI dikenal sebagai salah satu bank pemerintahan terbesar di Indonesia. Sementara itu, perusahaan BRI Life hadir di tengah masyarakat Indoensia menghadirkan berbagai produk polis asuransi dengan manfaat terbaik. Asuransi kesehatan karyawan yang ditawarkan oleh BRI Life memfasilitasi biaya operasi, rawat inap, rawat jalan, dan rawat gigi.

Dengan coverage tersebut, premi yang dibayarkan per orang mulai dari Rp 50.000,- per bulan. Jadi, segera konsultasikan kebutuhan asuransi kesehatan karyawan untuk cari tahu produk dan premi sesuai kebutuhan perusahaan.

Pertanyaan Seputar Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan

  1. Apa saja yang tidak ditanggung asuransi kesehatan?

    Telah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya bahwa asuransi kesehatan memberikan perlindungan perawatan kesehatan akibat penyakit dan kecelakaan. Namun, ada berbagai kasus yang tidak dapat ditangani asuransi kesehatan, seperti; penyakit kritis, HIV/AIDS, perawatan kosmetik, dan penyakit bawaan. Konsultasikan hal ini pada agen asuransi sebelum membeli polis.

  2. Kapan asuransi kesehatan bisa digunakan?

    Asuransi kesehatan bisa digunakan untuk berbagai perawatan kesehatan, bergantung pada rincian manfaat yang tertera pada polis. Apabila menaggung rawat jalan, asuransi kesehatan bisa digunakan untuk periksa ke dokter jika ada keluhan. Ada juga manfaat rawat gigi yang bisa digunakan untuk tindakan pencegahan dan pengobatan pada gigi dan mulut.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (1 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait