6 Cara Dapat Asuransi Jiwa Premi Murah dan Bagus

  • October 30, 2017

Asuransi jiwa penting bagi semua keluarga. Tapi masih banyak, mungkin termasuk Anda, yang belum punya karena terbatasnya anggaran. Bagaimana dapat asuransi jiwa premi murah dan bagus, sehingga meskipun dana terbatas Anda tetap bisa punya proteksi.

Siapa yang tidak ingin punya proteksi asuransi ? Semua pasti menginginkannya.

Sebagai kepala keluarga, saya membayangkan bahwa memiliki proteksi asuransi jiwa itu kewajiban. Karena asuransi adalah proteksi finansial bagi keluarga jika terjadi apa-apa dengan Anda sebagai kepala keluarga.

Itu bentuk tanggung jawab kepala keluarga.

Tetapi, saya juga sadar, banyak keluarga belum punya asuransi karena alasan keterbatasan anggaran. “Untuk hidup sehari – hari saja sudah mepet, apalagi harus bayar premi asuransi”, begitulah kira – kira curhat beberapa orang kepada saya.

Beberapa waktu lalu, ada keluarga muda, dengan 2 anak yang minta tolong ke saya untuk menghitungkan premi asuransi jiwa.Tidak berapa lama setelah hitungan selsai dan saya kirimkan hasilnya, mereka membalas email dan memutuskan menunda karena budget yang belum ada.

Bagaimana menghadapi masalah ini ?

Pertama, yang harus kita semua pahami bahwa asuransi jiwa itu tidak harus mahal. Preminya bisa murah, sangat terjangkau.

Kedua, yang juga penting, selain soal premi, kesadaran akan pentingnya fungsi asuransi dalam keuangan keluarga. Makanya, keluarga harus punya komitmen, pengeluaran untuk membayar premi asuransi jadi prioritas dalam budget setiap bulan.

Dalam tulisan ini, saya ingin membahas bagaimana Anda bisa mendapatkan premi yang terjangkau.

Asuransi Jiwa Premi Murah dan Bagus

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk ini.

#1 Pilih Asuransi Jiwa Murni

Ini yang paling wajib Anda lakukan. Pilihlah asuransi jiwa murni atau term life.

Karena jenis ini yang preminya paling murah. Tidak hanya premi yang murah, tetapi uang pertanggungan proteksi yang besar.

Karena jenis ini tidak memiliki unsur investasi sehingga seluruh uang premi dibelikan proteksi.

Saya berikan ilustrasi asuransi term life ini. Dibawah ini adalah contoh proposal Asuransi Term Life dari Manulife.

  • Seorang wanita dengan usia 40 tahun. Hanya dengan membayar premi Rp 4.9 juta setahun maka beliau mendapatkan proteksi UP Rp 1 Miliar.
  • Premi Rp 4.9 juta setahun tersebut flat selama 20 tahun.
ilustrasi asuransi jiwa

sumber: Agent Manulife

#2 Mulai Sejak Usia Muda

Asuransi menghitung premi berdasarkan usia. Berapa usia Anda sekarang menjadi faktor utama yang menentukan besarnya premi.

Karena itu, Anda yang mulai di usia dini pasti akan mendapatkan premi lebih murah dibandingkan yang mengajukan di usia lebih tua.

Pasalnya, banyak yang enggan mengambil asuransi ketika masih usia muda. Pikirnya, masih sehat sehingga belum perlu.

Resiko kematian kita tidak akan pernah tahu. Sudah banyak kasus mati muda, baik karena penyakit maupun kecelakaan. Dan semakin menunda, Anda pasti membayar lebih mahal.

#3 Jangan Ambil Rider

Rider adalah asuransi tambahan yang ditambahkan dalam proposal asuransi. Tujuan rider bagus yaitu memberikan manfaat tambahan.

Tetapi, implikasinya Anda harus membayar premi lebih mahal.

Jika premi diluar budget, jangan cepat – cepat membatalkan. Anda bisa minta kepada agent untuk mengurangi rider dalam proposal.

Kebiasaan agent adalah otomatis menambahkan rider dalam proposal karena rider meningkatkan jumlah premi. Komisi agent dibayar berdasarkan jumlah premi.

#4 Minimum Premi Paling Murah

Di setiap perusahaan asuransi memiliki batasan premi minimum. Jumlahnya bisa berbeda – beda.

Yang saya tahu ada perusahaan asuransi menetapkan premi minimum 400 ribu per bulan, tetapi ada pula yang 250 ribu per bulan.

Dengan ketentuan premi minimum ini, pihak asuransi tidak akan mau menerima proposal dengan jumlah premi lebih rendah dari ketentuan premi minimum. Meskipun mengajukan nilai uang pertanggungan yang kecil, asuransi tidak akan menerima, jika preminya jatuh dibawah batas minimum.

#5 Gaya Hidup Sehat

Hidup yang sehat bukan hanya penting untuk kesehatan, tetapi memberikan premi asuransi yang relatif murah. Karena jika punya penyakit, asuransi akan membebankan Extra Premi.

Misalnya, premi Anda awalnya adalah Rp 1 juta per bulan. Tetapi, karena ditemukan indikasi penyakit, pihak asuransi menambahkan extra premi sebesar Rp 500 ribu, sehingga total premi yang Anda harus bayar menjadi Rp 1.5 juta per bulan.

#6 Hindari Asuransi Seumur Hidup

Kenapa ? Bukankah bagus melindungi peserta selama mungkin.

Semakin lama masa perlindungan, semakin besar premi yang Anda harus bayarkan. Karena selama itu, pihak asuransi harus memproteksi Anda.

Dengan kata lain, asuransi seumur hidup itu membutuhkan biaya premi yang tidak kecil.

Asuransi seumur hidup itu pemborosan. Karena pada dasarnya, Anda butuh asuransi jiwa sampai usia 70 tahun paling lama. Setelah usia itu, Anda tidak perlu lagi.

Tujuan mengambil asuransi jiwa adalah melindungi keluarga secara finansial dari resiko kepala keluarga mengalami musibah, misalnya meninggal dunia, sehingga kehilangan sumber penghasilan.

Jika keluarga sudah mampu secara finansial, misalnya anak-anak sudah bekerja dan punya penghasilan sendiri, maka sebenarnya Anda sudah tidak perlu lagi proteksi asuransi jiwa. Di usia lanjut, kemungkinan besar anak-anak sudah mandiri dan seandainya Anda wafat pun sudah ada simpanan dana pensiun yang cukup untuk penghasilan keluarga.

asuransi jiwa murni

Kesimpulan

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa memiliki proteksi buat keluarga karena budget keuangan yang terbatas. Sejumlah hal bisa Anda lakukan agar memperoleh asuransi jiwa dengan premi yang murah dan bagus.

Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!