6 Alasan Asuransi Jiwa Murni Pilihan Terbaik Perlindungan Keluarga

  • December 1, 2018

Asuransi jiwa murni merupakan pilihan terbaik dalam proteksi jiwa buat perlindungan keluarga. Kenapa ? Apa pilihan asuransi jiwa murni yang tersedia di pasaran saat ini ?

Menurut saya, perencanaan keuangan keluarga yang sehat wajib memiliki komponen asuransi jiwa. Tanpa asuransi jiwa, ada resiko pencari nafkah kena musibah dan tidak ada perlindungan keluarga secara finansial.

Salah satu pilihan terbaik adalah asuransi jiwa term-life atau sering pula disebut asuransi jiwa murni atau asuransi jiwa tradisional.

Asuransi Jiwa Murni

Jenis asuransi tradisional ini memiliki sejumlah karakteristik.

Pertama, program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan selama jangka waktu, yaitu: 5 – 20 tahun masa pertanggungan. Setelah lewat masa pertanggungan, maka proteksi asuransi jiwa akan hilang.

Kedua, manfaat Meninggal diberikan jika Tertanggung meninggal dalam Masa Pertanggungan sebesar 100% Uang Pertanggungan. Meninggal bisa disebabkan oleh sakit atau kecelakaan.

Ketiga, jika selama masa pertanggungan tidak terjadi musibah, premi yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan. Tidak ada pengembalian premi alias hangus.

Dengan karakteristik semacam ini, asuransi jiwa murni memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis asuransi lainnya.

Keunggulan Asuransi Jiwa Murni

Saya mencatat 6 keunggulan jenis asuransi jiwa ini.

#1 Premi Murah

Satu alasan kenapa pilih asuransi jiwa murni adalah premi murah dan terjangkau.

Contohnya, bagi Anda yang berusia 45 tahun, hanya menyisihkan Rp14.568/hari Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan sebesar Rp750.000.000. Ini adalah premi yang terjangkau.

Anda bisa bandingkan premi asuransi jiwa murni dengan jenis asuransi lain, misalnya unit link, maka akan terlihat murahnya premi asuransi jiwa murni.

#2 Uang Pertanggungan Besar

Selain premi yang murah, asuransi jiwa murni memberikan uang pertanggungan yang paling besar. Karena jenis asuransi ini fokus pada proteksi perlindungan jiwa maka uang pertanggungan bisa dioptimalkan.

Anda akan kaget jika membandingkan antara uang pertanggungan yang diberikan oleh asuransi jiwa murni dibandingkan jenis asuransi lain. Bedanya cukup signifikan.

Dengan nilai pertanggungan, yaitu dana yang dibayarkan perusahaan asuransi ke ahli waris jika pemegang polis kena musibah, yang besar maka proteksi asuransi jiwa menjadi sangat efektif. Karena tujuan membeli asuransi pada dasarnya adalah proteksi kepada keluarga dengan nilai yang cukup.

#3 Premi Flat, Tidak Berubah

Selama masa kontrak asuransi jiwa murni, pemegang polis membayar premi yang flat atau sama. Tidak ada kejutan di tengah jalan bahwa pemegang polis harus membayar premi lebih besar.

Preminya sudah fixed. Tidak berubah sampai akhir masa pertanggungan.

Tapi, penting dipahami bahwa dalam asuransi jiwa murni, pemegang polis membayar premi tetap selama masa kontrak.

Contohnya, jika mengambil masa kontrak selama 10 tahun, pemegang polis membayar premi yang sama selama 10 tahun tersebut dan jika lanjut ke tahun 11 dan maka premi akan berubah menjadi lebih tinggi.

Kontrak paling panjang, yaitu 20 tahun, dimana selama 20 tahun premi akan tetap sama.

#4 Tidak Ada Investasi

Kenapa ini jadi keunggulan ? Menurut saya, tidak adanya investasi membuat premi asuransi jiwa murni menjadi lebih murah dan memberikan uang pertanggungan yang besar.

Sifat asuransi jiwa murni yang plain-vanilla, tidak ada embel – embel investasi, mengurangi biaya yang harus dibayar pemegang polis. Ini yang membuat premi asuransi jiwa murni menjadi lebih terjangkau.

Tidak adanya unsur investasi dalam asuransi jiwa murni membuat hilangnya unsur resiko. Anda tidak perlu khawatir bahwa saat nilai investasi anjlok maka Anda harus membayar premi lebih besar dari biasanya.

#5 Cocok Buat Proteksi Dana Pendidikan

Salah satu aplikasi asuransi jiwa murni adalah proteksi dana pendidikan. Bagaimana ?

Selama ini, orang tua menabung untuk memenuhi tingginya biaya pendidikan. Tetapi, seringkali yang dilupakan orang tua adalah memiliki proteksi buat orang tua.

Bagaimana jika orang tua kena musibah dan tidak bisa bekerja lagi ? Perlu proteksi asuransi.

Asuransi jiwa murni adalah pilihannya karena preminya murah dan uang pertanggungan besar.

#6 Bisa Dibeli dengan Banyak Rider

Salah satu manfaat lain asuransi jiwa murni adalah bisa dibeli dengan asuransi tambahan. Asuransi tambahan, disebut sebagai Rider, yang memberikan manfaat diluar proteksi meninggal, yaitu:

  • Asuransi Kesehatan pribadi atau keluarga untuk rawat inap, kecelakaan, dan rawat jalan setelah rawat inap
  • Waiver of Premium: pembebasan pembayaran premi atas ketidakmampuan jika terjadi ketidakmampuan karena sakit atau kecelakaan.
  • ADDB (Kecelakaan dan Cacat Tetap) : manfaat jika mengalami resiko meninggal dan cacat tetap total/sebagian akibat kecelakaan

Perusahaan Asuransi Jiwa Murni

Saat ini, tidak mudah menemukan perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa tradisional atau murni. Banyak perusahaan asuransi sudah tidak menjual lagi produk jenis ini.

Berdasarkan pengalaman mencari asuransi tradisional, saya menemukan dua perusahaan yang menawarkan asuransi term life, yaitu: Manulife dan Sunlife.

#1 Manulife

Asuransi Jiwa Murni Manulife

Produk asuransi jiwa murni Manulife adalah “ProActive Plus”.

ProActive Plus adalah program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan Anda, yaitu: 5 – 20 tahun Masa Pertanggungan.

Ringkasan produk ini adalah:

  • Usia Masuk Tertanggung: Usia Masuk: 18 – (70 – MPP) tahun; Usia Perpanjangan : 19 – 70 tahun
  • Masa Pertanggungan: 5 – 20 tahun
  • Masa Pembayaran Premi: 5 – 20 tahun
  • Metode Pembayaran Premi: Tahunan, Semesteran, Kuartalan dan Bulanan

Pembayaran Premi dapat dilakukan secara tahunan atau diangsur secara semesteran, kuartalan atau bulanan.

Manfaat Meninggal diberikan jika Tertanggung meninggal dalam Masa Pertanggungan sebesar 100% Uang Pertanggungan.

Pengajuan klaim harus disampaikan kepada Penanggung secara tertulis dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender terhitung sejak Tertanggung meninggal dengan memberikan formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya.

Masa Peninjauan Polis (Cooling off Period) yaitu, pemegang Polis mempunyai hak untuk mempelajari Polis dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak Tanggal Penerimaan Polis.

Penting: calon Pemegang Polis dan Calon Tertanggung mempunyai kewajiban untuk menyediakan informasi dan/atau data sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Apabila Manulife Indonesia mengetahui adanya informasi dan/atau data yang tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya maka Manulife Indonesia memiliki hak untuk membatalkan pertanggungan.

#2 Sunlife

Asuransi Jiwa Murni Sunlife

Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Term Life, yaitu produk asuransi jiwa yang memberikan keluarga Anda keamanan, saat ini, dan masa depan.

Sejumlah keunggulan produk Term Life dari Sunlife adalah :

  • Keleluasaan memilih masa pembayaran premi, mulai dari 5, 10, 15, hingga 20 tahun.
  • Bebas untuk menentukan pilihan cara pembayaran premi yaitu bulanan, 3 bulanan, semesteran, dan tahunan.
  • Dapat ditambahkan asuransi tambahan (rider) untuk memperoleh perlindungan yang lebih menyeluruh.
  • Memberikan 100% Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi.

Syarat & Ketentuan:

  • Usia masuk: Tertanggung: 0 – 70 tahun
  • Pemilik polis: minimal 18 tahun
  • Uang pertanggungan: minimal Rp100.000.000
  • Frekuensi pembayaran premi: 5, 10, 15, 20 tahun
  • Masa asuransi: mengikuti masa pembayaran premi

Salah satu yang menarik dari Sunlife adalah penawaran asuransi tambahan, antara lain:

Pertama, penyakit kritis, yaitu membayarkan santunan sejumlah 100% Uang Pertanggungan jika Tertanggung menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam Polis selama masa pertanggungan.

Kedua, waiver of premium penyakit kritis, yaitu membebaskan Anda dari kewajiban untuk membayar premi apabila didiagnosis menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis.

Kesimpulan

Asuransi jiwa murni atau term life atau disebut pula asuransi jiwa tradisional adalah pilihan terbaik buat proteksi keluarga. Premi yang murah dan uang pertanggungan yang besar menjadi keunggulan dibandingkan jenis asuransi lain.

Meskipun saat ini tidak mudah menemukan perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa murni, tetapi beberapa perusahaan asuransi masih mau menjual produk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.