3 Ciri Penting Asuransi Jiwa Terbaik

  • April 23, 2018

Apa yang perlu Anda lihat ketika mencari asuransi jiwa terbaik ? Kami menyarankan 3 ciri penting yang wajib Anda lihat ketika memilih asuransi jiwa terbaik.

Beberapa tahun lalu, saat kami ingin mengambil asuransi jiwa, tawaran banyak datang. Namun, saat itu, karena belum punya patokan, kami bingung sendiri dengan banyaknya ragam fitur dan pilihan yang ditawarkan.

Tidak kurang dari produk asuransi Manulife, Prudential, AIA Financial dan Allianz yang ditawarkan oleh sales agent kepada saya. Belum lagi penawaran juga datang dari asuransi jiwa syariah Prudential dan penyedia asuransi syariah lainnya.

Ternyata, memilih asuransi bukan perkara mudah.

Belajar dari pengalaman itu, saya melakukan riset untuk menemukan ciri yang menentukan bagus tidaknya asuransi jiwa.

Hasilnya adalah kami menemukan 3 ciri penting yang wajib dilihat saat memilih asuransi jiwa.

3 Hal Asuransi Jiwa Terbaik

Apa yang Anda harus perhatikan ketika mencari asuransi jiwa terbaik ? Mana asuransi jiwa terbaik Manulife, Prudential atau Allianz atau yang lain.

Bagaimana perbandingan asuransi Allianz vs Prudential, misalnya, atau Manulife vs Prudential. Itu bisa dijawab setelah Anda tahu apa hal yang harus dilihat saat memilih asuransi.

Dengan tahu hal yang harus dilihat, Anda dapat mengevaluasi penawaran proposal asuransi secara lebih baik ketika menghadapi tawaran dari para sales asuransi.

Kita semua pernah mengalami bagaimana agresifnya tenaga penjual asuransi saat menawarkan produk mereka. Tanpa pemahaman yang cukup soal asuransi jiwa terbaik, Anda akan sulit mengambil keputusan yang tepat buat kebutuhan Anda.

#1 Uang Pertanggungan Besar

Apa tujuan Anda mengambil asuransi ? Let’s get to the basics.

Kenapa kita mengambil asuransi jiwa ? Apa manfaatnya ?

Memberikan perlindungan finansial kepada keluarga jika kepala keluarga mengalami kematian atau musibah cacat tetap yang menyebabkan tidak bisa bekerja dan menghasilkan nafkah.

Artinya, perlindungan yang diberikan harus memadai. Harus cukup.

Jika biaya hidup keluarga saat ini Rp 10 juta sebulan, Anda tidak mungkin beli asuransi jiwa dengan nilai proteksi 100 juta. Itu jauh dari cukup.

Karena itu, ciri pertama yang penting adalah asuransi jiwa harus memberikan uang pertanggungan yang memadai. Jumlah uang yang cukup untuk menghidupi keluarga secara layak.

Persoalan yang kerap mengaburkan banyak calon nasabah asuransi adalah mencampur kebutuhan akan proteksi jiwa dan keinginan pengembalian premi.

Padahal, dua hal ini tidak bisa dijalankan secara bersamaan, karena salah satunya akan mengalahkan yang lain.

Maksud saya, jika Anda mencari UP tinggi maka premi akan hangus, sebaliknya jika premi ingin dikembalikkan maka UP akan kecil. Jadi, Anda harus memilih, mau UP atau pengembalian premi, tidak bisa keduanya.

Saran saya, kembali lagi karena tujuannya adalah proteksi, nilai UP sebaiknya menjadi fokus utama.

#2 Premi Asuransi Jiwa Murah

Banyak yang beralasan belum punya asuransi karena premi mahal. Menurut kami, kejadiannya tidak perlu seperti itu.

Anda bisa mendapatkan premi asuransi jiwa yang terjangkau, selama bisa memilih produk yang tepat. Kesalahan memilih produk menyebabkan premi menjadi mahal.

Apa produk asuransi yang preminya murah ?

Asuransi Jiwa Term Life atau disebut pula sebagai asuransi jiwa tradisional. Asuransi jiwa jenis ini tidak memiliki unsur investasi. Ini adalah asuransi jiwa tradisional yang preminya hangus.

Term Life adalah jenis asuransi yang preminya paling murah. Saat ini, asuransi term life menerima premi bulanan mulai dari Rp 500 ribu.

Saya bilang murah, artinya dibandingkan dengan nilai uang pertanggungan yang diberikan.

Kenapa preminya bisa semurah itu ?

Simpel, karena uang premi tidak ada yang digunakan untuk investasi. Semua uang digunakan untuk membayar biaya asuransi.

Jujur saja, premi murah ini kerap kali bertolak belakang dengan kepentingan agent. Komisi agent dibayarkan dari jumlah premi, makin besar makin besar komisinya.

Oleh sebab itu, penting bagi calon nasabah asuransi mencari 2nd opinion diluar agent sebelum memutuskan membeli asuransi.

#3 Asuransi Kesehatan Keluarga

Inovasi perusahaan asuransi adalah membuat produk dalam satu paket. Tujuannya memberikan premi yang lebih terjangkau dengan manfaat lebih komprehensif.

Salah satunya adalah asuransi jiwa yang digabung dengan asuransi kesehatan keluarga.

Dalam produk ini, Anda bisa mendapatkan proteksi jiwa sekaligus penggantian uang jika anggota keluarga dirawat inap.

Tidak banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan keluarga dalam satu paket. Tapi, saya pernah membaca ada perusahaan yang menawarkan paket tersebut.

Coba tanyakan ke agent apakah mereka memiliki paket asuransi keluarga untuk jiwa dan kesehatan. Itu akan lebih murah buat Anda dan keluarga.

Kesimpulan

Asuransi jiwa terbaik dan terpercaya itu penting dalam perencanaan keuangan keluarga. Karena memberikan proteksi keuangan terhadap resiko meninggal dunia kepada keluarga.

Semoga catatan yang kami sampaikan diatas bisa menjadi panduan ketika mencair asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Jangan takut premi asuransi mahal karena premi tidak perlu mahal. Ada banyak cara supaya Anda mendapatkan premi asuransi jiwa yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.