Kartu Kredit Itu, Kawan atau Lawan Ya?

  • February 1, 2016

Jika bicara soal kartu kredit, ada yang merasa bahwa penggunaan kartu ajaib ini sangatlah tidak perlu. Paranoid terhadap kartu ini. Takut kalau-kalau terlilit utang, sebagaimana sering kali orang katakan.

Nah, apakah kartu kredit sedemikian menyeramkannya? Kartu itu kawan ataukah lawan? Tidak sedikit yang masih bertanya seperti itu.

Hei, zaman telah berubah. Kebutuhan hidup makin bergeser ke arah yang disebut ‘modern’. Tak luput, promo kartu kredit menjadi satu kebutuhan yang dicari. Sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya, katakanlah uang. Uang bisa jadi kawan, bisa pula jadi lawan, benar? Oleh karena itu, tidak perlu se-paranoid itu terhadap kartu satu ini.

Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit

Asal, tentu saja bijaksana menggunakan kartu kredit. Sama halnya penggunaan uang yang bisa saja habis dan bahkan minus, pun demikian halnya. Memang terkadang kartu ini bisa membuat penggunanya terlena.

#1 Satu Kartu Saja

Ada anggapan dan pandangan bahwa memiliki lebih dari satu kartu memberikan nilai prestise tersendiri. Namun, pandangan umum tidak selalu harus diadopsi. Oleh karena itu, jika memang Anda cukup dengan satu kartu saja ya sebisa mungkin pergunakan satu kartu saja terlebih dahulu. Hal ini karena punya lebih dari satu kartu, itu artinya akan ada lebih banyak promo yang akan ‘menggoda’ Anda.

#2 Lunasi Tagihan Sesegera Mungkin

Kartu kredit sesuai dengan namanya tentu adalah kredit atau pinjaman. Oleh sebab itu, segera setelah tagihan datang, segera lunasi pinjaman Anda tersebut.

#3 Limit Kartu Sesuai Kemampuan

Ya, bagaimanapun, sesuaikan limit kartu Anda dengan kemampuan atau gaji. Dengan begitu, Anda bisa batasi penggunaanny pula karena terdapat limit.

#4 Bertransaksi secara Bijaksana

Perlu diketahui bahwa terdapat biaya tambahan 3% apabila kartu digunakan pada mesin kartu yang tidak sesuai. Oleh karena itu,pastikan Anda menggunakan kartu kredit di merchant atau tempat yang mendukung kartu Anda. Jadi, jika tempat atau merchant tersebut tidak mendukung kartu yang dimiliki maka sebaiknya bayar tunai saja atau gunakan kartu debit.

Kartu kredit dari bank ternama juga bisa jadi jaminan bagi penggunaan Anda. Hal ini karena bank ternama pasti memiliki jaringan yang luas. Kartu kredit ANZ adalah salah satunya. Kartu kredit dari Bank yang sudah berdiri sejak Indonesia belum merdeka ini punya jaringan hingga seluruh dunia. Tidak hanya itu, beberapa keuntungan lainnya adalah: suku bunga yang rendah sehingga tagihan Anda tidak membengkak, dapat melakukan pembayaran minimum dan juga fasilitas Airport Executive Lounge. Terdapat banyak promo yang diberikan oleh kartu dari ANZ ini karena jaringan merchant kerja samanya luas.

Jadi, masih berpikir kalau kartu kredit itu tidak menguntungkan? Kartu kredit bisa jadi kawan, bisa jadi lawan. Tergantung Anda. Bukan salah kartu kreditnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ikuti berita terbaru Duwitmu.com!